Contoh Proposal Pengajuan Dana

Contoh Proposal Pengajuan Dana
14Apr, 2020

Apakah Anda sedang bingung diminta untuk membuat proposal pengajuan dana dan tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Materi tertulis yang dimaksudkan untuk meyakinkan pembacanya tersebut bertujuan untuk membuat orang berkenan mengeluarkan dana.

Oleh karena itu perlu disusun dengan cermat. Selain terperinci dengan detail juga mengandung bahasa yang baik dan sopan. Dengan demikian proposal Anda dapat dipenuhi sesuai harapan. Untuk itu perlu memiliki referensi contoh proposal pengajuan dana yang profesional sebagai bahan acuan.

Format Penulisan Contoh Proposal Pengajuan Dana

Format Penulisan Contoh Proposal Pengajuan Dana

Proposal dibuat sesuai kebutuhannya. Isinya pun menjelaskan tentang data yang diinginkan sebagai representasi proposal. Sebelum membuat proposal lihat dahulu contoh pembuatan proposal pengajuan dana dan struktur dari sebuah proposal yang benar.

Berikut adalah beberapa baian yang lazim disertakan pada proposal untuk pengajuan dana bantuan.

Pendahuluan

Penjelasan singkat tentang acara, seminar atau program yang akan dilaksanakan. Bagian ini perlu dijelaskan dengan terperinci agar calon donatur yang membacanya memiliki gambaran jelas tentang program yang akan didukungnya.

Latar Belakang

Format pengajuan proposal perlu menarik benang merah antara program yang diselenggarakan dengan alasan mengapa perlu meminta dana pada pihak lain. Selain untuk mendapat bantuan dana juga memberikan kesempatan bagi pihak lain yang memiliki visi yang sama.

Maksud dan Tujuan

Bagian ini dapat lebih jelas menggambarkan keperluan dari pengajuan permohonan dana. Selain itu perlu juga menjabarkan hasil apa yang diharapkan dengan melakukan pengajuan dana tersebut.

Anggaran Dana

Lakukan kalkulasi yang benar dan baik agar calon pemberi dana dapat memperhitungkan bantuan apa saja yang sesuai dengan program yang diajukan. Bantuan dana dapat berupa uang dan juga bisa berupa item atau bantuan lainnya.

Penutup

Ringkasan dari tujuan dibuatnya proposal dan harapan dari respon pembaca proposalnya. Umumnya bagian penutup akan berterima kasih untuk para orang yang berjasa untuk mensukseskan acara yang sudah direcanakan dengan rapih tersebut.

Setelah mengetahui susunan format proposal permohonan dana yang baik. Lalu Anda dapat menerapkannya dalam proposal yang akan Anda buat. Perhatikan struktur dan data hingga detail sekecil apapun. Setiap elemen akan memperbesar kemungkinan proposal Anda untuk dikabulkan.

Baca Juga: Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Berikut contoh pembuatan proposal pengajuan dana bantuan berdasarkan struktur yang sudah dibahas di atas untuk berbagai kepentingan.

Contoh Proposal Bantuan Dana Untuk Berbagai Kebutuhan

Contoh Proposal Bantuan Dana Untuk Berbagai Kebutuhan

Apa jadinya sebuah kegiatan atau program tanpa dukungan berbagai pihak terkait. Tentu akan perlu dana yang lebih besar serta waktu lebih lama untuk mewujudkannya. Jadi, ketahui bentuk proposal yang tepat sesuai jenis kegiatannya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh proposal pengajuan dana untuk berbagai kebutuhan. Anda tinggal merubah beberapa detail sesuai dengan data yang Anda miliki.

Anda ingin memulai usaha namun bermasalah dengan dana. Membuat proposal untuk meminta bantuan untuk mendukung usaha Anda bisa dijadikan solusi. Isi proposal selain menjelaskan rencana usaha dalam jangka panjang juga harus memberikan keuntungan bagi pemberi dana agar lebih tertarik untuk memberikan bantuan. Berikut adalah contoh pembuatan proposal bantuan dana untuk mendirikan usaha yang dikhususkan pada perusahaan tertentu.

Contoh Proposal Pengajuan Dana ke PT Mega Food Nasional

I. PENDAHULUAN

Sebagai salah satu tempat yang banyak dikunjungi orang di Tangerang, AEON Mall kerap dijadikan tempat untuk usaha dan juga menikmati berbagai fasilitas didalamnya, terutama usaha kuliner yang diposisikan di lantai teratas dari Mall ini. Pusat kuliner tersebut memberikan opsi rasa nasional dari berbagai usaha fast food lain yang juga berlokasi pada Mall yang sama.

Oleh karena itu pihak AEON Mall memberikan kesempatan bagi usaha kecil dan menengah untuk dapat mengisi tempat untuk menjajakan kuliner khas Nusantara. Banyaknya usaha kuliner yang menarik konsumen merupakan bukti bahwa tempat di AEON tersebut memiliki peminatnya.

Dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh tempat tersebut maka jumlah pemilik warung usaha kuliner juga diperbanyak. Namun tidak sedikit yang terbentur masalah biaya. Selain karena lokasinya yang berada dalam Mall juga biaya maintainance yang tidak sedikit. Oleh karena itu, proposal ini saya buat untuk mengajukan permohonan dana untuk modal usaha saya di Teras Mall AEON.

II. LATAR BELAKANG

Jumlah pemilih usaha kuliner di teras Mall AEON untuk saat ini baru diisi oleh beberapa tenant. Namun, kedepannya dapa dipastikan bahwa memiliki usaha ditempat tersebut akan dapat berkembang dan sukses.

Saya adalah mantan karyawan dari PT. Mega Food Nasional yang berusaha untuk berdikasi dan meneruskan usaha orang tua yakni usaha soto Jakarta. Sebagai orang betawi asli yang tinggal seumur hidup di Jakarta saya sangat familiar dengan cita rasa yang pas dalam semangkuk soto Jakarta yang pas.

Selain itu keluarga sama memiliki resep soto yang terbukti enak dan lezat dengan ramainya warung soto kami. Karena saya cukup yakin cita rasa dan tampilan masakan kami dapat membuka tempat usaha kulinet di Mall AEON.

Saya berumur 25 tahun dengan catatan bank yang bersih dan bagus. Saya juga sudah berkeluarga walau belum memiliki anak. Saya bertempat tinggal di Jl. Cigandu GG.4 Citarik RT. 01/01 kelurahan ciledug kecamatan Tangerang Selatan.

Saya merasa dengan berbekal resep tersebut dan kemampuan saya yang masih muda maka membuka usaha kuliner ditempat seperti Mall AEON dapat dijalani dengan konsisten dan berbuah hasil dalam waktu tidak lama. Ditambah dengan pengalaman kerja saya sebelumnya di perusahaan Anda saya merasa cukup yakin cukup menunjukan kompetensi saya dalam menjalankan sebuah usaha.

Oleh karena itu, saya selaku pemohon dari proposal ini dengan segala kerendahan hati bermaksud mengajukan proposal pengajuan bantuan dana untuk modal usaha yang akan segera saya jalani. Besar harapan proposal saya dapat dipelajari dan dibaca secara seksama.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Pengajuan proposal yang saya serahkan ditujukan untuk memperoleh bantuan dana untuk mengembangkan usaha soto Jakarta di kawasan Mall AEON. Tujuan dari pengajuan proposal adalah untuk membantu penulis untuk dapat meningkatkan taraf hidup dirinya dan keluarga

IV. USAHA

Jenis usaha yang kami ajukan untuk bantuan modalnya adalah Usaha Soto Jakarta, yang sangat sesuai untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti Mall AEON yang berada dipusat kota besar. Walau mungkin banyak usaha lain yang menjual kuliner khas Jakarta atau bahkan menu soto Jakarta yang sama. Soto racikan kami memiliki cita rasa khas yang sudah diturunkan turun temurun. Oleh karena itu, saya merasa dengan berbekal hal-hal tersebut dapat dipertimbangkan untuk mendapat bantuan karena ciri khas kami yang berbeda dengan pelaku usaha lain yang sejenis. Selain itu, usaha soto Jakarta kami dapat dipadankan dengan berbagai produk keluaran PT. Mega Food Nasional yang bergerak dalam bidang makanan juga.

V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN

Terlampir

VI. PENUTUP

Besar harapan saya untuk dapat mengabulkan permohonan yang sudah dijelaskan secara detail melalui proposal ini. Semoga penjelasan tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk membantu saya dan usaha saya tersebut. Dan semoga dapat tercipta hubungan usaha yang baik dan berkesinambungan antara usaha saya dan berbagai produk makanan yang dimiliki oleh perusahaan Anda. Semoga bantuan dan bimbingannya diberkahi oleh Allah SWT

Itulah pembuatan contoh proposal pengajuan bantuan dana yang dapat Anda tiru sesuai dengan jenis usaha dan perusahaan yang ditargetkan. Beberapa kalimat dapat diganti atau ditambahkan bahkan dihilangkan agar proposal Anda lebih pantas dan layak untuk dibaca sesuai konteks dan keperluannya.

Contoh di atas memberikan gambaran pengajuan usaha untuk membantu suatu usaha untuk dapat memiliki modal cukup sesuai dengan kebutuhannya pada perusahaan tertentu.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Usaha

Anda ingin mengajukan proposal bantuan dana dan tidak memiliki target peberi dana yang pasti? Bisa mendekati instansi terkait, perusahaan dalam bidang yang sama atau bahkan individu yang berkualitas dan mampu mendukung usaha Anda. Untuk kebutuhan pengembangan usaha dengan jenis donatur seperti ini dapat menggunakan contoh proposal pengajuan dana seperti berikut.

I. LATAR BELAKANG

Lokasi usaha kami terletak di (Nama Desa/Alamat) berdekatan dengan di pesisir pantai dan juga perbukitan yang hijau. Sehingga memiliki usaha baik didarat atau pantai sangat menguntungkan mengingat lokasi dan posisinya. Terutama untuk beragam biota laut baik ikan hias atau ikan yang dapat dikonsumsi. Mata pencaharian penduduk sekitar banyak yang mengandalkan ikan hasil tangkapan laut yang kemudian dijual kembali atau dikonsumsi sendiri. Bidang usaha lainnya juga terbatas dengan memanfatkan lahan yang ada dan berternak atau berkebun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga untuk dijual dalam skala kecil.

Khusus bagi masyarakat /penduduk yang menekuni profesi sebagai nelayan. Mereka kekurangan sarana prasarana dan hanya mengandalkan cuaca untuk dapat pergi berlayar. Merubah profesi nelayan jadi pelaku usaha untuk pembudidayaan ikan hias atau ikan untuk dikonsumsi juga bukan tanpa kendala. Permasalahan yang kerap terjadi adalah kesulitan mendapatkan bibit berkualitas dan harganya yang sering berubah-ubah.

Selain itu perbandingan antara modal, biaya operasional dan pemasaran masih merupakan masalah mendasar yang menghambat usaha ini untuk berkembang.Sangat disayangkan karena potensinya yang sangat tinggi. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi sisi operasional yang masih kurang seimbang dan bahkan menyebakan banyak pemilik usaha untuk gulung tikar atau menjadikan usaha tersebut sebagai sampingan saja.

Oleh karena itu, berbagai permasalahan diatas berimbas menjadi berbagai produsen yang tidak tuntas dan kurang bisa menjalankan usaha dengan serius. Akibat dari permasalahan tersebut banyak usaha budidaya ikan yang tidak berani mengembangkan modal terutama karena kurangnya modal untuk dapat menciptakan tempat yang layak untuk membudidayakan ikan sesuai dengan standarisasi yang baik.

II. TUJUAN

Secara singkat kami coba untuk menjelaskan tujuan dibentuknya kelompok budi daya ikan (Nama Kelompok Usaha) terletak di(Nama Desa/Alamat) sebagai berikut :

  1. Meningkatkan hasil tangkapan ikan baik untuk konsumsi maupun keperluan ikan hias. Dengan membuat lahan sendiri dan tidak hanya berlayar ke laut lepas dan mengambil selalu dari alam.
  2. Memiliki fasilitas untuk melakukan budidaya yang dapat menghasilkan ikan yang sehat dan layak dijual belikan tanpa alat-alat yang
  3. Merubah pola pikir setiap anggota, bahwa budidaya ikan dapat menjadi profesi utama yang menghasilkan. Anda dapat mulai sebagai usaha sampingan namun potensi masa depannya sangat cerah
  4. Sebagai media berbagi pengalaman dan informasi. Tiap anggota dapat bertukar pikiran dengan membentuk kelompok usaha budi daya ikan baik skala kecil atau menengah sesuai kondisi tiap anggota dan tingkat ekonominya. Ketika tiap orang berusaha dengan sendiri, maka dengan adanya kelompok ini maka tiap orang dapat terbantu dan mendapatkan keuntungan.
  5. Memupuk solidaritas sesama pelaku usaha yang sama, karena tiap orang cenderung memiliki masalah yang sama dan dapat saling bantu membantu.
  6. Membuat wadah untuk memberikan tempat yang aman tanpa malu dengan aktifitas dan profesi yang digelutinya.

III. KENDALA

Dari kegiatan penangkapan ikan secara mandiri baik untuk dijual kembali atau dikonsumsi sendiri dapat berkembang menjadi usaha yang tidak perlu menjadi nelayan harian. Ada beberapa kendala yang terlihat dilapangan sehingga untuk membuat usaha budi daya ikan yang berkelanjutan masih jauh dari realita.

Kendala-kendala tersebut antara lain :

  1. Tidak memiliki fasilitas untuk melakukan budidaya yang memadai. Tempat penangkaran seadanya dan sistem budidaya yang seadanya.
  2. Kurangnya pengalaman dan kemampuan untuk melakukan budidaya ikan dengan baik dan benar. Sementara ilmu yang digunakan adalah pengetahuan antara pelaku usaha dari orang lain yang memiliki pengalaman membuat usaha yang sama
  3. Kurang dan bahkan sampai tidak ada modal untuk memperluas usaha budi daya sesuai standar kelayakan yang cenderung mahal. Tingginya biaya pemeliharaan tidak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh
  4. Kesulitan menemukan calon pembeli secara langsung dan membuat harga masih terlalu mahal dan mengurangi daya beli masyarakat.
  5. Tidak terdapat perkumpulan yang dapat mewakili inspirasi pengusaha budidaya ikan kecil atau menengah yang masih lemah modal dan jalan usaha yang masih belum bisa dijadikan usaha utama.

IV. DAFTAR KEBUTUHAN FASILITAS KELOMPOK BUDIDAYA IKAN

Terlampir

V. PENUTUP

Besar harapan kami untuk dapat membentuk kelompok budidaya ikan (Nama Kelompok Usaha) terletak di (Nama Desa/Alamat) serta perangkat penunjang yang memadai. Selain itu kami juga sangat membutuhkan pengarahan tentang bagaimana membuat budidaya ikan yang berkualitas untuk dapat dijadikan sumber pencaharian yang dapat diandalkan. Kami sangat berharap dapat mengembangkan usaha dimana tiap anggotanya sejahtera serta masyarakat pada umumnya bisa meningkat.

Hal tersebut tentu dapat diwujudkan dengan bantuan dan kepedulian berbagai pihak terkait baik dari pemerintah atau pihak umum lainnya. Bantuan apapun dari instansi maupun pihak lain akan sangat dihargai dan diterima dengan baik sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Diharapkan dapat tercipta sebuah komunitas pengusaha budidaya ikan yang dapat dengan konsisten berusaha dan berpenghasilan secara lancar dan menguntungkan bagi semua pihak.

Demikianlah pembuatan contoh proposal pengajuan bantuan dana yang bisa Anda buat untuk kebutuhan pengajuan usaha. Tinggal mengisi bagian tertentu dengan data sesuai dengan usaha dan nama yang berbeda seusai kebutuhan. Pengisian proposal ini bahkan akan lebih mudah untuk dikabulkan bila didukung dengan data yang menunjang.

Contoh proposal pengajuan dana kegiatan sekolah

Anda yang suka berorganisasi dapat membuat proposal pengajuan dana dari skala kecil untuk kebutuhan sekolah. Ada berbagai event yang diselenggarakan sekolah yang dapat lebih lancar bila dibantu dengan adanya sponsor atau donatur. Pelajari contoh pembuatan proposal bantuan dana untuk kebutuhan sekolah yang mudah diaplikasikan seperti berikut ini.

A. Judul Proposal

Pentas Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA N 70 Jakarta dalam Rangka Acara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

B. Latar Belakang

Hari kemerdekaan adalah waktu yang tepat untuk mengenal pribadi sebagai bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan kebudayaan. Nusantara yang luas memiliki banyak kekayaan alam dan juga budaya.

Pentas seni yang menonjolkan unsur budaya tradisional merupakan wadah yang tepat untuk menerapkan banyak hal positif dan sesuai dengan nilai akademis. Siswa akan menggali kreativitas selain sebagai praktek untuk bidang sosial budaya di sekolah. Melalui pagelaran seni dan budaya, siswa-siswi dapat memperdalam minatnya dalam bidang tersebut. Hal tersebut tentu merupakan suati situasi kondusif untuk memperaktekan bahwa sekolah adalah media terbaik untuk siswa mempelajari sebagai hal. Terutama apabila hal tersebut berkaitan dengan identitas diri.

C. Tema

Dalam kegiatan ini, panitia telah sepakat untuk mengangkat tema “Kesenian Budaya Yang Berkelanjutan dan Demi Merai Kesuksesan Masa Depan”. Melalui tema tersebut diharapkan para siswa-siswi SMA N 70 Jakarta menyadari bahwa budaya yang tahan lama adalah yang dapat terus-menerus digunakan dan mengikuti perkembangan zaman. Siswa diajak untuk berfikir kreatif tentang pemanfaatan seni dan budaya sampai sejauh hal tersebut dapat mempengaruhi masa depannya.

Tema tersebut diharapkan dapat diterjemahkan dalam berbagai kreatifitas yang aplikatif. Karena secara teori mungkin dapat diaplikasikan namu faktanya tidak mudah membuat sebuah ide menjadi realita yang dapat memberikan benefit kepada orang banyak.

D. Macam-Macam Kegiatan

  • Bazar Produk Tradisional
  • Pagelaran musik
  • Pagelaran tari
  • Drama budaya
  • Seni islami
  • Pelelangan produk kreasi siswa
  • Stand up comedy

E. Peserta

Peserta yang ditarget pada acara Pentas Seni ini adalah semua siswa-siswi dari setiap kelas X, XI dan XII SMA N 70 Jakarta. Untuk memeriahkan dan memberikan partisipasi lebih juga akan diundang para guru besera alumni dari SMA N 70 Jakarta.

F. Waktu dan Tempat

  1. Bazar dan Pelelangan produk Kreasi Siswa
    Hari/tanggal: Kamis, 1 Novemner 2020.
    Pukul: 17.00-20.00 WIB.
    Tempat: Lapangan upacara SMA N 70 Jakarta.
  2. Pentas seni budaya dan seni islami
    Hari/tanggal: Jumat, 2 November 2020.
    Pukul: 17.00-20.00 WIB.
    Tempat: Lapangan upacara SMA N 70 Jakarta.
  3. Pentas stand up comedy dan pagelaran musik
    Hari/tanggal: Sabtu, 3 November 2020.
    Pukul: 08.00-15.00 WIB.
    Tempat: Aula SMA 70 Jakarta.

G. Susunan Panitia

Terlampir

H. Anggaran Dana

Terlampir

I. Penutup

Generasi muda adalah harapan bangsa dalam mengembangkan negara menjadi lebih baik. Sedangkan budaya dan seni semakin ditinggalkan karena dianggap ketinggalan jaman dan tidak seru lagi. Jadi hanya generasi mudalah yang dapat membuat sesuatu seperti kesenian menjadi keren dan dianggap penting bagi generasi mudah selanjutnya.

Oleh karena itu panitia sangat berharap untuk dapat bantuan dana dalam bentu apapun sesuai dengan isi proposal yang telah terlampir. Karena tiap dukungan dari berbagai pihak akan dapat mensukseskan acara yang disusun oleh para kaula muda untuk melestarikan seni budaya dan berbagai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh proposal pengajuan dana ke bupati

Pembangunan berskala besar atau menengah yang dapat digunakan bersama-sama perlu mentargetkan ada bantuan dana dari pihak pemerintah setempat. Misalnya pembangunan musholah, taman baca atau klinik masyarakat dapat mengaet dana dengan membuat proposal pada bupati atau walikota.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut adalah contoh proposal pengajuan dana untuk tingkap pemerintahan terdekat.

PROPOSAL RENOVASI PONDOK PESANTREN “NURUL HUDA”

KRAMATWATU RT 02 RW 07 PEJATEN SERANG BANTEN

I. PENDAHULUAN

Pesantren telah menjadi bagian kehidupan masyarakat diwilayah kramatwatu, Serang khususnya. Keberadaannya di terima dengan tangan terbuka dan interaksinya dengan masyarakat sekitar cenderung tentram dan saling menguntungkan.

Oleh karena itu, saat kepentingan agama memerlukan bantuan para maum muslimin dan muslimat secara luas maka inilah saatnya yang tepat untuk menunjukkan dukungan tersebut. Keperdulian untuk kesejahteraan bersama juga perlu didukung dengan fasilitas beragaman yang proporsional dan layak. Di salah satu tempat melakukan berbagai kegiatan keagamaan adalah pondok pesantren “Nurul Huda”.

Di saat pondok pesantren digunakan bukan hanya oleh para santri namun juga masyarakat sekitar maka tiap-tiap individu yang berkenan untuk ikut turun tangan dalam melakukan renovasi pondok pesantren akan sangat dihargai dan kami ucapkan banyak terima kasih.

Ada beberapa bagian dari pesantren yang terbuka untuk masyarakat umum disekitarnya. Seperti musolah yang memerlukan ruangan berwudhu yang lebih luas sesuai dengan jumlah santri dan masyarakat sekitar yang sering menggunakannya.

Renovasi ini diharapkan dapat memberikan ruang lebih luas untuk para jemaah dan betah berlama-lama beribadah karena tempatnya yang kondusif. Oleh karena alasan tersebutlah proposal pengajuan bantuan dana ini dibuat untuk mewujudkan hal tersebut.

II. LATAR BELAKANG PESANTREN

Nama Pesantren : Nurul Huda

Alamat : Ds. Katamatwatu RT. 02 RW. 07 Pejaten Serang Banten

Luas Bangunan : ± 150 m2

Jumlah Jama’ah : ± 40 santri

Kegiatan :

  • Sholat berjamaah
  • Pengajian rutin
  • Pendidikan pesantren
  • Santri yang menginap di pondok
  • Jama’ah tahlilan tiap malam Jum’at
  • Mengaji bagi anak-anak tiap habis sholat magrib
  • Kajian keagamaan ibu-ibu
  • Perkumpulan Bakti sosial pesantren

III. TUJUAN

  1. Meningkatkan masyarakat dan pesantren yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  2. Menumbuhkembangkan masyarakat yang beragaman dan juga berinteraksi sosial dengan warga sekitar.
  3. Memupuk kebersamaan antara pesantren dengan

IV. RENCANA ANGGARAN DAN SUMBER DANA

Terlampir

V. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

VI. PENUTUP

Demikian proposal pengajuan dana untuk pembangunan pesantren kami sampaikan. Setiap doa dan kontribusi pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatuterutama pemerintah terdekat sangat kami harapkan dan hargai. Karena keberhasilan kami dalam membina siswa dan santri dalam skala pesantren memberikan pengaruh pada wilayah dimana pesantren kami berada untuk damai dan bersosialisasi dengan baik.

Besar harapan kami bahwa Bapak Bupati Kramatwatu berkenan memberikan panduan dan bantuan dana untuk mewujudkan keinginan pondok pesantren kami tersebut. Semoga Allah SWT senantiasa memberkati semua tujuan dan niat baik kita semua.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Partai Politik

Ada banyak program dan target yang disusun oleh sebuah partai politik sesuai dengan kebutuhannya. Ada saat-saat tertentu sebuah partai politik akan membuat acara kumpul yang berskala besar dan membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkannya. Ini adalah contoh proposal pengajuan dana untuk kebutuhan partai politik.

PROPOSAL KEGIATAN SILAHTURAHMI ANTAR PENGURUS

PARTAI GERINDRA KOTA GARUT

I. PENDAHULUAN

Keberadaan partai politik menjadi pondasi perkembangan sebuah daerah. Menjadi perwakilan dari sebuah partai politik tertentu akan memastikan inspirasi Anda dapat terselurkan sesuai dengan maksud dan tujuan. Oleh karena itu partai politik perlu memiliki kesamaan misi dan visi sebagai panduan semua anggotanya. Bukan hanya partai politik yang menyeleksi tiap anggota yang ingin bergabung. Tiap individu perlu mengetahui kesesuaian nilai agar dapat berjalan bersama karena memiliki kesamaan tujuan.

Hal ini yang menyebabkan partai politik harus memiliki pandangan dan program yang terecana dan didukung oleh semua anggotanya. Hanya dengan cara tersebutlah maka partai politik dapat membuat perngaruh nyata dalam berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial budaya, politik, agama dan lain sebagainya.

Semua partai, termasuk Partai Gerindra, dituntut untuk melakukan pertemuan antara seluruh pengurus dan beserta para anggotanya untuk meramu konsep dan program yang disepakati bersama untuk mengemban amanat kenegaraan secara profesional dan bertanggung jawab.

Partai Gerindra hadir sebagai bagian dari aspirasi politik yangmnewakili suara rakyat. Oleh karena itu kemajemukan bangsa Indonesia dengan berbagai opini, pendapat dan gagasan perlu disamakan untuk dapat berjalan sebagai partai politik yang memiliki suara bulat yang serempak dan memandang hal-hal penting sebagai bagian dari tugas kenegaraannya.

II. LATAR BELAKANG MASALAH

Sebagai bagian masyarakat Partai Gerindra perlu memiliki kesamaan pandangan terutama secara politik. Hal ini perlu dibarengi dengan persiapan Partai Gerinda dengan mengadakan acara silaurahmi antara pengurus beserta kader – kader politisi lainnya. Dengan demikian semua pihak memiliki orientasi yang sama serta menjunjung kepentingan Bangsa diatas kepentingan golongan.

Acara yang diperuntukan untuk dapat menyambung silaturahmi tersebut juga dimaksudkan untuk para anggota Partai Gerindra saling mengenal satu sama lainnya. Kebersamaan tersebut akan dapat membangun komitmen sebagai dasar untuk menyamakan visi yang dipercayai partai dan juga keinginan rakyat yang diwakilkan secara representatif.

Hanya dengan mengimplimentasikan kedua hal tersebutlah partai politik dapat sepenuhnya menampung aspirasi rakyat dan menyuarakannya dengan baik. Partai politik perlu memiliki dasar edukasi yang mumpuni untuk dapat menyatukan berbagai pendapat dalam satu keputusan mendasar yang disetujui oleh semua orang yang terlibat.

III. DASAR PEMIKIRAN

Yang menjadi dasar pemikiran diadakannya silaturahmi antara pengurus partai Gerinda dan serangkaian kegiatan terkait lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Undang – Undang Nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik Nasional
  2. Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Gerindra Cabang Kota Garut
  3. Hasil Musyawarah Cabang Partai Gerindra Kota Garut
  4. Program Kerja Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra Kota Garut, Jawa Barat

IV. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

Pemilihan pengurus yang baru tentu membutuhkan waktu tertentu untuk menyamakan pandangan, gagasan dalam bentu program yang dibicarakan dan disepakati bersama. Ada pula konsentrasi pertemuan antara pengurus Partai Gerinda tersebut adalah menyoroti program kerja yang sudah dibuat sebelumnya oleh pengurus sebelumnya.

Permasalahan yang dihadapi oleh Partai Gerindra Kota Garut untuk meneruskan program yang sudah berjalan dan membuat program baru yang akan dilaksanakan oleh pengurus baru. Peran dan fungsi partai Gerindra sebelum tampil mewakili rakyat adalah menyamakan persepsi agar dapat melangkah sebagai suatu kesatuan yang kokoh. Adapun permasalahan lain seperti masalah dana partai yang sangat terbatas, program kerja yang belum tuntas dan kemungkinan pergantian eprsonal dalam tatanan kepengurusan menjadi agenda utama yang akan dibahas pada acara yang akan segera dilaksanakan tersebut.

V. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dari dilaksanakannya kegiatan adalah sebagai berikut :

  1. Merealisasi isi dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Gerindra kota Garut
  2. Menyumbangkan ide dan saran untuk pemilihan anggota pengurus partai yang baru dan beserta perangkat penunjang lainnya;
  3. Membangun rancangan program kerja Partai Gerindra beserta segenap kepengurusannya di dalam pembahasan pemerintahan khususnya di kota Garut;
  4. Berkumpul dan saling mengenal para pengurus yang baru saja dilantik dan serah terima jabatannya dari pengurus yangsebelumnya;
  5. Menyepakati perjanjian atau tindakan yang diambil sebagai pernyataan politik. Oleh karena itu perlu kehti-hatian dalam melakukan sesuatu.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban tiap anggota dan kader partai Gerindra untuk memiliki persamaan misi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  2. Meningkatkan partisipasi politik tiap kader partai dan mendorong inisiatif para anggotanya untuk berperan aktif dan terjun langsung ke masyarakat luas mulai dari yang paling dekat
  3. Mendorong keterlibatan rakyat untuk menyuarakan opini dan pendapat sebagai wacana politik sebagai fungsi mensosialisasikan sadar politik dan pendidikan kewargaan secara meluas

VI. RENCANA SUMBER DANA DAN RENCANA PENGGUNAAN DANA

Rencana proposal pengajuan dana ini adalah mengumpulkan sumber dana untuk mendukung kegiatan yang diperuntukan untuk masa depan partai Gerindra. Dana direncanakan untuk dapat diambil dari bantuan hibah kepada Partai Politik dari APBD Kota Garut Tahun Anggaran 2020.

Proposal ini juga bertujuan untuk mengetuk pintu hati para kader yang sekiranya berkehendak untuk melakukan donasi sesuai dengan kemampuannya. Adapun rencana penggunaan dana akan dilakukan sesuai dengan data terlampir.

VII. METODE / CARA PELAKSANAAN

Metode yang digunakan untuk memastikan acara dapat berjalan dengan baik dan lancar adalah dengan membuat panitia khusus yang akan membuat rencana lebih detail. Cara pelaksanaan kegiatan tersebut adalah meminta perwakilan dari tiap cabang partai Gerindra yang berada di wilayak kota Garut.

Lalu membentuk kepanitian yang disahkan dan diakui oleh Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra Kota Garut. Dengan demikian semua keputusan dan hasil dari acara tersebut dapat dipertanggung jawabkan secara profesional langsung oleh Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra Kota Garut.

VIII. TARGET KINERJA / SATUAN HASIL

Hasil dari acara silaturahmi tersebut diharapkan dapat menjadi landasan reaksi partai politik ketika hal yang sama akan berulang lagi. Berikut adalah hasil yang diharapkan akan terjadi.

  1. Meningkatkan kesadaran para anggota partai politik untuk hak dan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai anggota masyarakat yang mewakili partai politik
  2. Meningkatkannya partisipasi politik tiap anggotanya dan bergerak sesuai dengan panduan yang sudah ditetapkan bersama oleh pengurus dan disepakati oleh rapat besar sebelum terjun langung ke masyarkat
  3. Menarik minat rakyat / Masyarakat luas untuk terlibat langsung dengan partai politik dan menyuarakan pendapatnya sendiri. Hal ini merupakan baian dari pendidikan politik bidang kewarganegaraan

IX. PENUTUP

Demikianlah Proposal “KEGIATAN SILATURAHMI PENGURUS DAN OPERASIONAL SEKRETARIAT” Partai Gerindra kota Garut kami susun. Acara tersebut mengumpulkan semua kader yang berada dalam wilayah kota Garut untuk menyamakan pendapat demi kesamaan pandangan sehingga memudahkan langkah polotis lainnya yang dilakukan atas nama partai. Oleh karena itu, acara silaturahmi tersebut sangat penting mengingat perbedaan pendapat dalam partai politik. Pengadaan proposal pengajuan dana ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk mencapai cita – cita partai yang sesuai dengan keinginan Bangsa Indonesia untuk mencapai masyarakat yang sejahtera dan berdaulat.

Maka, dukungan dari pihak manapun dan dalam bentuk apapun akan sangat dihargai dan tidak ada dukungan yang disepelekan. Bahkan bila pilihan politiknya berbeda, sesungguhnya merupakan adalah investasi bagi masa depan partai Gerindra di kota Garut khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Kami tidak dapar cukup berterima kasih untuk semua dukungan dan bantuan dari semua pihak terlibat.

Itulah kami sudah memberikan contoh pembuatan proposal pengajuan dana bantuan untuk kepentingan politik. Anda dapat menyesuaikan isi proposalnya sesuai acara yang akan partai Anda laksanakan segera.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Transportasi

Bila kebutuhan proposal Anda hanya bersifat kecil dengan target dana yang tidak terlalu besar. Anda dapat mencontek contoh pengajuan proposal berikut untuk kebutuhan tersebut. Perhatikan struktur dan isinya dengan baik.

I. LATAR BELAKANG.

Kampus UIN Syarif Hidayatullah merespon adanya perlombaan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh DAAD – Deutscher Akademischer Austauschdienst. Dari lomba tersebut terhitung ada beberapa mahasiswa yang dikirim karyanya sebagai perwakilan kampus. DAAD menyatakan bahwa karya Ilmiah oleh mahasiswa yang bertanda tangan di bawah ini :

Muhammad Ridwan/12345678/Jurusan Ilmu Tehnologi Terapan

Samantha Alisa/123454324/Jurusan Tehnik

Leo Al Bahri /1234645653 /Jurusan Informatika

Dinyatakan layak dan dapat melanjutkan sebagai finalis dalam Lomba Karya Ilmiah Indonesia – German 2022. Final dari acara lomba tersebut akan dilaksanakan di Bonn German pada tanggal 17 April 2022. Oleh karena itu demi kelancaran acara yang menigkut sertakan salah satu mahasiswa dari kampus Syarif Hidayatullah, kami memohon dana delegasi untuk mahasiswa tersebut di atas dapat mengikuti final lomba karya Ilmiah sesuai dengan keterangan yang sudah diberikan.

II. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama Lomba Karya ilmiah Indonesia – German 2022 yang bertemakan“Pengembangan Teknologi Sederhana Yang Berkelanjutan”.

III. DASAR KEGIATAN

Proposal permintaan dana bantuan untuk transportasi ini dibuat berdasarkan surat keterangan bahwa ketiga mahasiswa yang disebutkan di atas dinyatakan lolos dan dapat menghadiri final dari panitia Lomba Karya Imiah Indonesia-German 2022. Dimana tiga orang di antaranya adalah mahasiswa yang tercatat berkampus di UIN Syarif Hidayatullah.

IV. TUJUAN KEGIATAN

Adapun tujuan diselenggarakan agenda ini yaitu:

Untuk membuat karya ilmiah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Selain tidak mencemari lingkungan juga bermanfaat sebagai teknologi tepat guna dan dapat digunakan secara kontinu. Dukungan kampus untuk memungkinkan perwakilan dari Indonesia untuk dapat ikut seleksi final bukan hanya mengangkat nama kampus namun juga mengharuskan nama bangsa.

V. PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17-27 April 2022 di Universitas Bonn, German.Jadwal dan Informasi Kegiatan Terlampir

VI. PERKIRAAN DANA

Terlampir

VII. SURAT KETERANGAN PESERTA FINAL

Terlampir

VIII. PENUTUP

Proposal ini kami susun dan ajukan sebagai permohonan untuk mendapatkan bantuan dana transportasi untuk kepentingan lomba tersebut. Besar harapan kami untuk dapat mewakili kampus untuk acara berskala Internasional tersebut dan membawa kembanggaan saat kembali ketanah air. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Demikianlah contoh pengajuan dana transportasi yang bisa Anda ajukan bila perlu. Contoh pembuatan proposal bantuan dana tersebut dibuat berdasarkan surat yang bisa dilampirkan sebagai dasar pengajuan proposal Anda. Dengan demikian proposal tersebut menjadi lebih detail dan didukung oleh data penunjang.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Lomba

Ada beragam kegiatan sekolah yang cocok untuk dibuat proposal pengajuan dana bantuan. Kegiatan lomba adalah kegiatan paling pas untuk meminta bantuan pihak lain. Bukan hanya bantuan berbentuk uang, sponsor sampai hadiah juga dapat jadi pilihan lain untuk ditawarkan ke berbagai pihak sesuai dengan kemampuannya.

Berikut adalah contoh proposal pengajuan dana yang bisa Anda pelajari untuk kebutuhan menyelenggarakan lomba

Proposal Pengajuan Dana Kegiatan

Lomba Menulis Tingkat SMA Se Kota Cimahi, Jawa Barat

SMA N 2 Cimahi

I. LATAR BELAKANG

Pembinaan dan pengembangan generasi pada sekolah dapat mengandalkan organisasi (Ekstrakulikuler) atau klub yang sesuai dengan keinginan para siswa-siswinya. Oleh karena itu sangatlah penting untuk melaksanakannya sesuai acuan dan tujuan yang menjadi visi dan misi Sekolah.

Peserta didik yang berada di bangku sekolah tingkat SMA juga merupakan generasi muda penerus perjuangan bangsa sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab. Untuk tingkat sekolah peran sertanya adalah berpartisipasi untuk kegiatan berorganisasi dan membuat segala macam perlombaan sesuai minat para siswa yang berada dalam sekolah.

Generasi muda yang berkarya adalah para peserta didik SMAN 2 Cimahi yang akan mengadakan lomba sebagai bagian dari kegiatan Ekstrakulikuler menulis yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun.

Lomba tersebut diharapkan dapat mewakilkan rasa ingin tahu perkembangan literasi dan mensosialisasikan kebudayaan membaca dan enulis yang semakin sulit ditularkan pada jaman sekarang.

Panitia penyelenggara lomba berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan minat para peserta didik SMA N 2 Cimahi dalam bidang tulis menulis. Selain itu proposal ini mengajukan bantuan dana untuk dapat mewujudkan hal tersebut dengan cepat dan bersih sesegera mungkin.

II. LANDASAN HUKUM

Adapun kegiatan lomba tersebut dilakukan dengan mengambil sumber landasan kegiatan ini adalah :

  1. Program kerja Sekbid OSIS SMA N 2 Cimahi 2022/2023
  2. Program Kerja Klub Menulis SMA N 2 Cimahi 2022-2023.
  3. Program Kerja Sekolah tahun Periode 2022/2023

III. BENTUK DAN NAMA KEGIATAN

Kegiatan yang diselenggarakan oleh SMA N 2 Cimahi ini adalah mengadakan lomba Menulis Tingkat SMA Se Cimahi jawa Barat dengan tema Menorehkan ide bijak yang up to date.

IV. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN LOMBA

Hari : Sabtu

Tanggal : 22 Februari 2022

Tempat : SMA N 2 Cimahi Jawa Barat

V. PESERTA LOMBA

(Terlampir)

VI. RENCANA ANGGARAN BIAYA

(Terlampir)

VII. PENUTUP

Demikian proposal pengajuan dana ini kami buat untuk mengsukseskan perlombaan yang kami selenggarakan untuk para peserta didik tingkat SMA yang berada di Cimahi dan sekitarnya dapat berpartisipasi. Besar harapan kami untuk dapat melaksanakan perlombaan tersebut dengan baik dan terencana dengan baik.

Atas bantuan setiap instansi, perusahaan, kelompok dan bahkan individu untuk mewujudkan perlombaan menulis tersebut menjadi acara regional se Cimahi tentu akan memberikan kegembiraan tersendiri pada para peserta didik.

Mudah-mudahan susunan acara dan berbagai kebutuhan yang tertulis dalam proposal dapat menjadi acuan untuk memberikan dukungan baik materiil maupun moril pada kegiatan lomba yang akan diadakan oleh pihak kampus.

Akhir kata kami mengucapkan rasa syukur dan terima kasih sebesar-besarnya untuk para panitia yang sibuk sejak awal perecanaan lomba. Semoga dengan pengajuan bantuan dana ini kita dapat mengadakan acara lomba tersebut dan mengakomodir semua kebutuhan yang akan diperlukan selama perlombaan berlangsung.

Baca Juga: Contoh CV Surat Lamaran Kerja

Demikianlah penjabaran proposal pengajuan dana dilengkapi dengan contohnya. Semoga Anda menemukan proposal yang cukup mirip dengan contoh proposal pengajuan dana yang sudah kami bahas di atas. Tiap contoh mencoba merepresentasikan sebuah kebutuhan untuk membuat proposal yang paling sering ditemukan di masyarakat. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *