Contoh Resensi Buku

Contoh Resensi Buku Non Fiksi, Fiksi & Novel

Diposting pada

Meresensi sebuah novel memang membutuhkan pengetahuan lebih. Tak hanya dituntut mampu memberikan informasi mengenai isinya saja, Anda juga diharapkan memahami cara penulisannya yang baik dan benar. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa contoh resensi buku non fiksi, fiksi, novel dan cerpen.

Berbagai Pengertian Resensi Buku

Berbagai Pengertian Resensi Buku

Resensi buku merupakan salah satu kegiatan menyenangkan, sebab Anda dapat menginformasikan mengenai kelemahan serta keunggulan suatu karya dengan cara yang baik. Ulasan pada tulisan tersebut harus dibuat menarik agar mampu menarik pembaca. Berikut adalah pengertiannya:

Pengertian Resensi Menurut Panuti Sudjiman

Panuti Sujdiman (1984) menyatakan bahwa resensi ialah hasil penilaian atau pembahasan mengenai sebuah karya tulis (buku dinilai seluruh aspeknya). Bahkan, pemberian kritik juga terkadang dilakukan oleh sang penulis. Opini ini diberikan dengan tujuan pembaca mengetahui kualitas tulisan tersebut.

Baca Juga: Teks Anekdot

Definisi di atas mengandung makna bahwa resensi buku dilakukan dengan cara, membahas konten suatu karya tulis dan menilainya meliputi seluruh aspek (baik alur cerita hingga gaya penulisannya). Penilaian dilakukan secara menyeluruh menurut sudut pandang penulis.

Pengertian Resensi Menurut Saryono

Salah satu tokoh terkenal, Saryono (1997) menyatakan bahwa resensi merupakan tulisan yang mengulas tentang sebuah buku. Itu bukanlah sebuah karangan karena berupa ulasan yakni baik-buruknya karya tulis. Penulis memberikan argumennya mengenai betapa bermanfaat atau tidak bacaan tersebut.

Pengertian resensi menurut Saryono ini memberikan makna bahwa ulasan memuat sisi negatif serta positif dari sebuah karya baik fiksi maupun non fiksi. Terdapat opini pengarangnya sehingga pembaca mengetahui apakah buku tersebut layak atau tidak untuk dibaca.

Pengertian Resensi Menurut KBBI

Menurut KBBI, resensi ialah pembicaraan atau pertimbangan mengenai buku yang mengulas secara menyeluruh. Penulis akan memberikan penilaian karya tersebut dengan pamaparan data-data baik berupa tulisan positif maupun kritikan untuk si pengarang.

Dari definisi tersebut, dapat dimaknai bahwa kegiatan resensi buku itu memberikan penilaian pada sebuah buku dengan bukti yakni berupa data-data positif yang terkandung dalam novel atau karya tersebut. Wujudnya bisa bermakna positif atau pun negatif yang berdasarkan pada opini sang penulis.

Mengenal Tujuan Resensi Buku

Contoh resensi buku sangat dicari masyarakat karena ini memberikan pemahamam lebih dibandingkan hanya membaca pengertiannya saja. Lalu, sebenarnya apa tujuan dari tulisan tersebut? Maksud penulisan suatu karya tulis ialah memberikan info kepada seseorang yang ingin membacanya.

Adanya tulisan mengenai novel atau film ini harapannya dijadikan pertimbangan oleh pembaca sebelum membaca atau menikmati karangan tersebut. Contoh resensi buku non fiksi pun diminati karena tulisan tersebut memuat opini jujur dari perspektif orang lain.

Terdapat penjelasan lebih mengenai kelebihan serta kekurangan dari karya tersebut. Jadi, sebelum membeli atau telanjur meminjamnya di perpusatakaan, Anda bisa memahami sedikit banyak tentang isinya. Dengan begitu, sudah mengetahui apa gambaran dibalik isinya.

Jenis-jenis Resensi Buku

Jenis-jenis Resensi Buku

Resensi buku terdiri dari beberapa jenis. Adanya pembedaan tipe itu dilihat dari cara penyampaiannya. Hal ini cukup penting, terutama bagi Anda yang ingin meresensi suatu karya. Untuk lebih jelasnya, pahami beberapa ulasan di bawah ini:

Resensi Deskriptif

Resensi tipe ini memberikan ulasan mengenai karya yakni mempertimbangkan seluruh aspek dan setiap bagiannya dianggap penting. Tidak heran jika terkadang penulis akan mengulas setiap babnya secara detail dengan tujuan mendapatkan penilaian secara akurat.

Resensi deksriptif ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai pemahaman yang terstruktur. Penilaian dilakukan secara terperinci sehingga ditemukan beberapa pola penulisannya. Tidak hanya gaya tulisan, namun seluruh kontennya pun juga dinilai (menurut suduh pandang pembaca masing-masing).

Resensi Informatif

Resensi informatif itu dilakukan dengan cara memberikan penilaian singkat mengenai suatu karya. Penulisannya dilihat secara menyeluruh, dalam artian pengarang menuliskan opini setelah membacanya hingga tuntas. Kategori tersebut sangat berkebalikan dari resensi deskriptif yang menilai setiap babnya.

Meskipun tidak dilakukan begitu mendetail, namun tipe ini memberikan penilaian jujur pada sebuah karya dilihat secara keseluruhan. Beberapa aspek yang diniali mulai dari konten, gaya bahasa hingga alur cerita. Terdapat pula penjelasan sisi negatif maupun positif yang akan dijabarkan oleh penulis.

Resensi Kritis

Contoh resensi novel tidak bisa menggunakan resensi kritis karena tipe ini memakai ilmu pengetahuan. Kebanyakan karya yang dirensi ialah buku non fiksi sebab mengandung IPTEk murni. Di sini, penulis akan memberikan penilaian terkait penulisan materi tersebut berbekal teori-teori pendukung.

Resensi kritis memberikan argumen secara akurat. Tak hanya sekedar memberikan penilaian terbaik akan buku tersebut. Namun dipaparkan pula data berupa teori atau ilmu pengetahuan sehingga opininya mendapatkan dukungan secara ilmiah (cocok untuk buku non fiksi).

Berbagai Manfaat Resensi Buku

Berbagai Manfaat Resensi Buku

Contoh resensi mampu memberikan gambaran kepada para pembaca. Adanya tulisan tersebut menguntungkan karena sebelum membaca, Anda bisa mengetahui ikhtisarnya terlebih dahulu. Selain itu, pembaca juga akan mendapat beberapa manfaat seperti ulasan di bawah ini:

Sebagai Bahan Pertimbangan

Salah satu manfaat membaca resensi ialah pembaca jadi mengetahui tentang ikhtisar cerita dari buku yang dilirik. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan saat membeli buku tersebut. Bukan hanya dari jenis novel, ada pula ulasan terkait film maupun drama dari berbagai genre.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah karya tersebut layak atau tidak untuk ditonton. Memang, resensi ini hanya berupa opini dan bisa saja pendapat itu berbeda dari perspektif orang lain. Namun, adanya ulasan tersebut dapat memberikan pertimbangan dari berbagai sudut padang.

Ajang Promosi

Manfaat ditulisnya resensi ialah dijadikan sebagai ajang promosi. Ini berlaku bagi pengarang buku serta penerbitnya. Meresensi bacaan dijadikan sebagai wadah untuk memperkenalkan karya tersebut kepada khalayak ramai. Aktivitas itu juga dilakukan demi mempopulerkan keberadaan karya tersebut.

Baca Juga: Teks Eksposisi

Aktivitas resensi ini merupakan media yang bagus untuk mempromosikan sebuah karya secara tidak langsung. Hanya dengan menuliskan sisi positif dari buku tersebut, calon pembaca pun akan merasa tertarik dan penasaran untuk membacanya.

Mendapatkan Reward

Contoh resensi buku ini merupakan salah satu hal yang menguntungkan banyak pihak. Selain pembaca mendapatkan pertimbangan dan opini orang lain akan kualitas suatu karya, penulisnya pun mendapatkan reward berupa uang atau voucher saat tulisan itu diterbitkan di media.

Adanya keuntungan tersebut bisa didapat apabila resensi dikirimkan di suatu media seperti koran maupun website. Mengenai rincian berapa bayaran per tulisan, itu bergantung pada kebijakan tiap perusahaan. Bisa dikatakan, bahwa pemberian reward tersebut sangat menguntungkan kedua pihak.

Mengembangkan Kreativitas

Salah satu manfaat apabila resensi buku dilakukan ialah mampu mengembangkan kreativitas. Anda akan diberikan kebebasan menulis dan diharuskan menceritakan ulang tentang karya tersebut secara singkat. Adanya keunggulan ini sangat baik untuk mengasah kemampuan membuat tulisan.

Saat meresensi buku, Anda akan dihadapkan pada pengembangan kreativitas karena otak dituntut berpikir dan menuangkannya lewat tulisan. Penggunaan kata-kata ini memberikan pemahaman kepada pembaca. Jadi, pastikan memberikan informasi secara jelas dalam tampilan yang menarik.

Unsur-unsur Resensi Buku

Unsur-unsur Resensi Buku

Layaknya Resensi novel yang terdiri dari beberapa unsur penting. Hal tersebut juga wajib ada dalam semua tulisan buku. Tanpa adanya aspek tersebut, keberadaan ulasan dinilai kurang berkualitas. Lantas, apa saja unsur-unsur yang terdapat di dalamnya:

Judul

Judul ialah salah satu hal yang harus ada dalam resensi. Saat membuatnya, usahakan untuk menggunakan kata-kata informatif sehingga pembaca akan tertarik saat membacanya. Umumnya poin itu memuat nama buku atau karya tulisnya.

Ketika membuat judul, usahakan memiliki kesinambungan antara poin itu dengan karya yang diresensi. Semakin menarik tulisannya, dipastikan bisa membuat orang penasaran untuk terus membaca. Dengan begitu, bisa memberikan gambaran mengenai konten yang disuguhkan.

Identittas Buku

Selain harus memberikan judul, Anda juga harus menuliskan identitas buku. Ada beberapa unsur yang melekat pada poin ini, antara lain, judul karangan, nama pengarang novel, harga, dimensi buku serta tahun penerbitan plus cetakannya.

Pemberian identitas buku itu dilakukan sebelum memberikan ulasan mengenai keunggulan maupun kelemahan karya tersebut. Penulisannya pun tidak terlalu sulit karena hanya menginfokan nama pengarang hingga jumlah halaman karya tersebut.

Isi Buku

Bagian ini memuat informasi terpenting dalam resensi buku. Anda harus memberikan ringkasan secara singkat. Berikan alur cerita yang menarik namun tidak bertele-tele, selanjutnya berikan keistimewaan dan kelemahan dari karya tersebut.

Anda bisa memberikan keunggulan tentang jalan cerita serta bagaimana menariknya penggunaan gaya bahasa dalam novel tersebut. Berikan juga, sedikit cerita tentang alurnya, apakah minim konflik, menarik, membosankan atau faktor lainnya (sesuaikan saja berdasarkan pengalaman).

Penutup

Ini adalah poin terakhir yang sama pentingnya dengan unsur lainnya. Penutup itu umumnya menginfokan mengenai untuk siapa buku tersebut ditulis. Selain itu, tujuan penulisan juga diinformasikan dalam tulisan tersebut. Dituliskannya poin ini agar pembaca mengetahuinya secara pasti target dari karya tersebut.

Meskipun penutup ini bagian akhir dari resensi, namun Anda juga harus menyuguhkan tulisan indah sehingga ulasan tersebut dapat dikemas dengan kata yang menarik. Dengan begitu, bisa memberikan bacaan informatif kepada pembaca semuanya.

Langkah Mudah Meresensi Buku

Sebelum meresensi buku, ada baiknya memahami beberapa informasi penting. Terdapat beberapa tips menarik yang bisa dilakukan. Dengan melakukan beberapa trik, diharapkan Anda tidak kebingungan saat membuat resensi. Berikut adalah panduannya:

Membaca Buku

Sebelum melakukan resensi, Anda perlu mengetahui isi dari karya yang akan diresensi. Pilihlah salah satu buku bacaan lalu bacalah dan resapi hingga tuntas. Ada banyak karangan, umumnya terdiri dari 2 jenis yakni fiksi dan non fiksi (bukan rekaan). Dari tiap kategorinya dibedakan dengan genre.

Jika ingin membaca novel, Anda bisa mengambil bacaan bertemakan komedi atau genre lainnya yang disukai. Silakan menuntaskan baca tulisan tersebut dan resapi tiap kalimatnya. Pastikan pula membaca karangan tersebut hingga benar-benar selesai.

Menuliskan Poin-poin Penting

Selanjutnya, tuliskan poin-poin penting yang akan membantu dalam menuliskan contoh resensi cerpen. Untuk itu, catat mengenai ringkasan cerita secara singkat. Selanjutnya cari apa kelemahan dan keunggulan dari bacaan tersebut, baru kemudian isikan identitas buku seperti pengarang dan judulnya.

Menuliskan kembali informasi penting dalam cerita itu sangat penting, sebaiknya cicillah saat membaca buku. Jika Anda harus membuka ulang novel setelah menghabiskannya, ini sedikit kurang efisien. Pastikan gagasan utama dan info lainnya terangkum dengan baik di catatan.

Menulis Resensi

Inilah tahap paling penting. Anda perlu menuliskan isinya secara singkat bergantung pada jenis resensi yang dipilih. Tulisan tersebut diharuskan menyuguhkan opini terkait bacaan dan dikemas dengan ulasan menarik sehingga pembaca tertarik untuk membacanya.

Baca Juga: Situs Download Buku Gratis

Adanya penulisan tersebut memberikan gambaran mengenai baik buruknya suatu karya dalam bentuk opini atau teks argumentatif. Hasil resensi umumnya mengandung sisi negatif dan positif. Meskipun demikian, Anda umumnya akan condong ke salah satu sisinya.

Berbagai Contoh Resensi Buku

Meresensi suatu novel tidaklah sesulit bayangan. Agar lebih memahami tentang cara menulisnya, berikut ada beberapa contoh resensi buku fiksi dan non fiksi:

Resensi Buku Non Fiksi “Cewek Smart”

Resensi Buku Non Fiksi Cewek Smart

Identitas Buku

Judul Karangan             : Cewek Smart

Penerbit Buku               : Gema Insani.

Penulis                         : Ria Fariana

Kota Terbit                    : Jakarta.

Tahun Penerbitan         : 200 halaman

Sinopsi cerita:

Buku ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk perempuan masa kini. Tujuan penulisan bacaan itu ialah untuk membantu wanita ketika menghadapi permasalahan yang dialami. Dalam tulisan tersebut Ria mengupas secara tuntas bagaimana memiliki kepribadian sesuai syariat agama. Di sini digambarkan bahwa muslimah harus memakai kepintaran guna menambah iman dan taqwanya. Jadi, otak harus digunakan beriringan dengan ketetapan hati menjaga Islam. Karangan tersebut memberikan pemahaman lebih mengenai solusi ketika seseorang mendapatkan kendala di hidupnya. Kecerdasan tidak diukuran dari bidang akademik, namun dari bagaimana orang menghadapi cobaan kehidupan.

Keberadaan buku tersebut sangat praktis karena menyuguhkan nasehat-nasehat menyentil dengan gaya santai sehingga mudah dipahami dan diterima oleh remaja. Karangan tersebut juga memberikan info terkait panduan dasar menjadi wanita muslimah berkepribadian baik. Bahkan, pembaca akan diberikan tips bagaimana menjadi pribadi menarik serta cerdas jadi tidak gampang dibodohi orang lain. Bacaan non fiksi itu juga memberikan larangan pada anak muda untuk pacaran tanpa terkesan menggurui.

Kelebihan Buku

Buku ini dapat memberikan panduan hidup terutama bagi wanita hingga menjadi muslimah berkepribadian menarik namun tetap sesuai dengan tuntunan syariat agama. Bacaan itu sangat cocok dibaca oleh anak muda karena bahasa yang digunakan santai dan gaul. Apalagi sampul bukunya juga unik sehingga diharapkan mampu membuat masyarakat lebih tertarik untuk membelinya.

Kekurangan Buku

Meskipun sampulnya sangat unik, namun ilusitrasi pada buku tersebut masih kurang menarik karena menggunakan tinta hitam putih. Bila gambarnya berwarna tentu minat baca anak muda akan lebih meningkat. Alhasil, hingga kini penjualannya kurang begitu laris.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi (Novel)

Contoh Resensi Buku Non Fiksi Dear Nathan

Identitas Buku

Judul Novel                   : Dear Nathan

Nama Penulis                : Erisca Febrianti

Tahun Penerbitan        : 2016

Cetakan                        : Cetakan I

Penerbit                        : Best Media

Jumlah Halaman         : 528 Halaman

Sinopsis Buku

Novel ini mengisahkan tentang 2 anak muda yang mempunyai kepribadian sangat berbeda, bagai bumi dan langit. Salah satunya bernama Salma, gadis lugu nan polos. Suatu hari ia diharuskan pindah ke sebuah sekolah penuh anak-anak jahil. Di sana ia bertemu dengan Nathan, lelaki tengil. Namun, laki-laki itu membantunya terbebas dari hukuman sekolah. Lambat laun keduanya pun dekat dan saling mensupport. Nathan adalah sang pembuat onar di sekolah, namun perangainya sedikit berubah sejak mengenal Salma. Akhirnya, kebersamaan mereka berdua semakin dekat hingga akhirnya keduanya saling menaruh rasa. Sayangnya, lelaki itu belum berani mengungkapkan rasanya.

Kelebihan Buku

Novel ini sangat bagus dan cocok dibaca oleh anak muda terutama SMA. Kehidupan masa putih abu-abu dilukiskan begitu indah sehingga seolah pembaca masuk ke dalam kisah tersebut. Apalagi karakter Nathan begitu unik karena meskipun urak-urakan, namun ia tak ingin menyakiti hati wanita.

Kekurangan Buku

Jika dinilai dari sisi linguistik, penggunaan gaya bahasanya kurang pas karena Nathan menggunakan kata “saya” saat berbicara dalam novel. Ini sangat jauh dari unsur bad boy. Seharusnya pengarang menggunakan kata gue atau aku sehingga lebih nyata situasinya.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi “Kisah-Kisah 25 Nabi Dan Rasul”

Identitas Buku

Judul Buku                    : Kisah-Kisah 25 Nabi Dan Rasul

Nama Pengarang         : Sholechul Azis

Penerbit                        : KunciKom

Kota Penerbitan          : Jawa Tengah

Tahun terbit                : 2013

Ketebalan Buku          : 256 Halaman

Sinopsis Buku:

Buku ini mengisahkan tentang kisah-kisah 25 rosul beserta keteladanannya. Kisahnya disajikan dengan sangat manis karena pengarang menyuguhkan cerita secara runtut yakni memberikan pengetahuan akan mujizat dan sifat-sifat terpujinya. Bacaan tersebut akan memberikan hikmah dan suri tauladan sehingga diharapkan pembaca dapat mencontoh perilakunya.

Buku tersebut mengulas mengenai perjalanan nabi dan rasulnya dengan cara menarik. Seperti yang diketahui, Allah memberikannya keistimewaan khusus berupa mukjizat. Hal tersebut diungkapkan sangat bagus sebab tugas-tugasnya saat berada di dunia dijelaskan secara rinci. Rangkuman kisah-kisahnya mampu memberikan manfaat pada pembacanya.

Kelebihan:

Judul buku ini sangat direkomendasikan karena memberikan manfaat bagi pembacanya. Isinya tak hanya soal cerita saja, namun dilengkapi oleh ayat-ayat Al Qur’an beserta hadist. Selain mengandung kisah, terdapat pula kandungan ilmu agamanya. Apalagi bacaan tersebut memiliki gambar menarik. Alur ceritanya pun mudah dipahami sehingga anak-anak pasti akan menyukainya.

Kekurangan:

Buku ini mengulas 25 nabi secara singkat. Meskipun semua kisah diceritakan, namun perjalanan saat Rasulullah pergi berdakwah tidak diceritakan dalam bacaan tersebut. Seharusnya kehidupan beliau ketika menyebarkan agama Islam pun diulas secara runtut.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi “Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun

Identitas Buku

Judul Buku                    : Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun

Penerbit                        : Wahyumedia

Pengarang                    : Tiga Generasi

Tahun penerbitan       : 2016

Tebal                            : 392 halaman

Harga Buku                : Rp 149.000

Sinopsis Buku

Menjadi orang tua memiliki banyak tantangan terutama saat menghadapi anak pertama. Agar buah hati tumbuh menjadi anak yang berbakti, Anda harus merawatnya dengan baik. Keberadaan buku ini merupakan solusi terbaik. Jika membacanya, ayah serta ibu jadi mengetahui bagaimana cara mengasuh kesayangan. Selain itu, ada banyak tips dan trik dalam bacaan tersebut. Panduannya diberikan sesuai petunjuk dokter serta psikolog anak sehingga anjurannya sesuai.

Buku ini memberikan pengetahuan informatif sehingga Anda tidak merasa panik saat menghadapi bayi berusia 0 hingga 3 tahun. Itu akan sangat bermanfaat bagi yang baru saja menjadi orang tua. Panduannya dikemas dengan cara elegan jadi penjelasannya lebih mudah dimengerti.

Kelebihan Buku

Buku ini memberikan panduan tanpa menghakimi orang tua yang mungkin sebelum belum mengetahui cara merawat anak bayi. Anda tidak akan merasa tersinggung saat membaca tulisan tersebut. Apalagi terdapat ilustrasi berupa gambar sehingga tutorialnya akan terasa mudah dan tidak memberatkan. Ketidaktahuan akan merawat si kecil dapat diperbaiki dengan membaca tulisan itu.

Kekurangan Buku

Bila buku tersebut dibaca oleh orang tua yang telah berpengalaman, mereka akan merasa bahwa teorinya kadang susah dipraktekkan. Apalagi setiap bayi memiliki penanganan berbeda bergantung pada kondisinya. Intinya, terkadang ilmu tersebut sulit diterapkan di kehidupan nyata.

Contoh Resensi Novel “Laskar Pelangi”

Contoh Resensi Buku Novel Laskar Pelangi

Identitas Buku

Judul Buku                    : Laskar Pelangi
Penulis                          : Andrea Hirata
Penerbit                        : Bentang Pustaka

Kota Penerbitan           : Yogyakarta
Tahun Terbit                : 2005
Halaman                       : 529 halaman

Sinopsis

Novel itu menceritakan tentang Ikal, seorang anak yang bersekolah di SD Muhammadiyan Gentong di daerah Belitong. Ia dan 9 temannya memiliki perjalanan menarik. Meskipun hidup dengan segala keterbatasan, namun dia sama sekali tak pernah mengeluh. Uniknya, mereka hampir tidak bisa belajar karena apabila sekolah tidak dapat mencari 10 siswa, maka pendaftaran akan ditiadakan. Saat hampir ditutup, akhirnya muncul seorang anak yang membuat semuanya bernafas lega. Kisahnya sangat mengharukan karena menceritakan tentang perjuangan Ikal dan teman-temannya saat menuntut ilmu di sekolah tersebut. Perjuangan belajar anak-anak tersebut sangat menginspirasi pembaca. Meskipun hidup dalam keterbatasan, mereka menjalaninya santai serta gembira. Nama laskar pelangi ini diberikan oleh Bu Muslimah, salah seorang guru mereka.

Kelebihan Novel:

Tulisan di novel itu sangat menginsipirasi agar anak-anak tetap bersemangat saat mengejar cita-cita. Selain itu, aspek budaya Belitung ditonjolkan sehingga membuat pembaca seolah berada dalam cerita tersebut. Terlebih lagi ada banyak nilai-nilai terpuji bisa dipelajari dari kisah antara lain, pantang menyerah, jujur, tekun, berani dan tabah.

Kekurangan Novel:

Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi ini sengaja mengaburkan jejak sejarah yang menjadi sumber cerita tersebut. Nama tokoh telah disamarkan sehingga membuat pembaca penasaran. Sayangnya, cerita itu berakhir agak menggantung. Namun, kisah itu ada lanjutannya karena ia menuliskan buku hingga tetralogi.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Identitas Buku

Judul Buku                    : Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi

Penulis                         : H Abdurrahmat Fathoni

Kota Penerbit                : Jakarta

Penerbit                        : PT Rineka Cipta.

Tahun Terbit                  : 2006

Jumlah                          : 144 Halaman

Sinopsis Buku

Buku ini berisikan tentang berbagai metodologi penelitian yang bisa dipakai untuk membuat skripsi. Penyusunan karangan tersebut sangat ilmiah karena didukung berbagai pandangan para ahli sesuai bidangnya. Tujuan dibuatnya bacaan itu adalah agar pembaca memahami bagaimana menghasilkan karya tulis berkualitas. Penjelasannya cukup mudah dimengerti sehingga penelitian mahasiswa pun dapat dilakukan dengan baik.

Kelebihan Buku:

Penuturan kata pada buku tersebut sangat jelas jadi para pembaca utamanya mahasiswa dapat lebih memahami bagaimana menghasilkan karya tulis yang baik. Metodologi penelitian itu salah satu unsur penting dalam riset sehingga diharapkan bisa mendalaminya. Jika bagian ini tidak sesuai, riset pun berpotensi kurang berkualitas. Untuk itu, penting sekali membaca panduannya.

Kekurangan Buku:

Meskipun karangan tersebut memuat tentang metodologi penelitian untuk membuat karya tulis, namun terdapat istilah asing yang tidak dijelaskan secara rinci kepada pembaca. Bagi para pemula tentu itu akan sangat membingungkan. Seharusnya penulis memberikan penjelasan lebih rinci sehingga audiens tak merasa kesulitan. Selain itu, buku itu juga tak selalu bisa dipakai karena universitas umumnya memiliki panduan dalam menulis karya ilmiah.

Baca Juga: Contoh Teks Deskripsi

Itulah beberapa contoh resensi buku beserta penjelasannya secara lengkap. Apabila Anda ingin menulisnya, perhatikan terlebih dahulu unsur-unsur apa yang harus dimiliki. Setelah itu, bacalah karangan secara mendalam hingga mengetahui kelebihan serta kelemahannya.

Tinggalkan Balasan