Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Surat Lamaran Dan Cara Mengirim Lewat Email
10Apr, 2020

Bekerja merupakan cara untuk memenuhi kebutuhan seseorang. Dengan bekerja seseorang juga memiliki identitas bahwa ia bekerja di perusahaan ini.

Di zaman sekarang yang serba canggih karena perkembangan teknologi yang semakin meningkat ini, seseorang lebih dimudahkan dalam mencari lowongan pekerjaan sekaligus dimudahkan dalam melamar pekerjannya.

Sebab, kita tidak perlu repot lagi untuk langsung mendatangi suatu instansi atau perusahaan untuk mencari pekerjaan ataupun memasukkan lamaran pekerjaan.

Daftar isi:

Contoh Surat Lamaran Dan Cara Mengirim Lewat Email

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Di era modern seperti saat ini, contoh surat lamaran kerja via email saat ini lebih banyak dicari oleh mereka yang tengah mencari pekerjaan. Jika dulu surat lamaran kerja selalu dikirimkan via pos atau diantarkan langsung ke sebuah instansi atau perusahaan, kini hanya dengan email para pencari kerja dapat mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan dengan lebih mudah.

Tentu cara membuat lamaran kerja via email ini selain menguntungkan para pencari kerja yang tidak perlu membeli ampop, perangko, ataupun surat-menyurat lainnya, cara ini juga menguntungkan bagi pihak perusahaan, karena proses rekrutmen menjadi lebih efisien.

Pihak instansi atau perusahaan sekarang ini juga sudah mulai banyak yang menggunakan teknologi email dalam proses rekrutmen karyawannya. Karenanya, banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja dan mempersilahkan para pencari kerja untuk mendaftar dan mengirimkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya lewat email.

Jika saat ini kamu ingin apply pekerjaan lewat email dengan melampirkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya. Alangkah baiknya kamu perlu membaca informasi berikut ini sebagai acuan saat mengirim lamaran ke perusahaan tersebut lewat email.

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup

Di bawah ini adalah informasi apa saja yang perlu disiapkan dalam mengirim surat amaran kerja lewat email beserta dengan 16 contoh surat lamaran kerja via email dan Cara mengirim lamaran kerja lewat email untuk berbagai keperluan berikut ini.

Hal Yang Perlu Disiapkan

Lamaran kerja email

Persiapkan Seluruh Dokumen Persyaratan Yang Diminta

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan oleh perusahaan. Pastikan persiapkan seluruh dokumennya dengan benar sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Umumnya perusahaan membutuhkan dokumen-dokumen seperti Scan Ijazah, Sertifikat TOEFL, Sertifikat Pelatihan atau Magang, Scan KTP, Scan Transkip Nilai, CV, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Jangan lupa pastikan seluruh dokumen telah terscan dengan rapi dan jelas, sehingga dapat diterima dan dibaca jelas oleh HRD. Dan ukuran file menyesuaikan dengan permintaan perusahaan agar ukuran file tidak besar dan pastikan format file sesuai dengan apa yang butuhkan perusahaan, seperti “.doc” , “.pdf” , atau “.jpeg”

Menggunakan Nama Lengkap Yang Jelas Saat Email

Banyak yang masih menyepelekan hal yang satu ini, padahal penggunaan nama lengkap yang jelas pada email menjadi hal yang diperhatikan oleh HRD.

Hindari penggunaan nama email dengan tambahan kata-kata yang tidak sesuai. Misalnya ricky_hokage88@gmail.com diubah menjadi rickydarmawan@gmail.com

Untuk email, kamu bisa menggunakan email dari Google yaitu Gmail atau kamu juga bisa menggunakan Yahoo. Keduanya sama-sama banyak digunakan untuk melamar pekerjaan.

Pastikan Kirim Email Sesuai Dengan Informasi Dari Perusahaan

Pada saat email surat lamaran pekerjaan beserta kelengkapannya, pasti perusahaan sudah memberikan informasi bagaimana subjek atau format emailnya. Ada beberapa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja via email, diantaranya Email yang dituju atau penerima CC, Subjek, Isi Email dan Lampiran atau attachment.

Perlu diperhatikan juga, jika kamu ingin mengirim lamaran kerja via email untuk menyesuaikan waktu jam kantor. Yaitu diantara jam 9.00 – 12.00 atau 13.00 – 16.00, dan tentunya pastikan anda mengirim pada waktu lowongan kerja masih ada. Hal ini bertujuan dalam menunjukan diri kamu merupakan pribadi yang profesional.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Dengan Benar

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Dengan Benar

Dalam mengirimkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya via email, kamu bisa menggunakan smartphone atau laptop/pc. Namun disarankan untuk mengirimkannya lewat aptop/pc untuk memastikan dokumen sudah benar dan lengkap.

Disamping itu, kamu juga tetap bisa menggunakan smartphone dengan memindahkan data-data penting yang diperlukan dari laptop/pc ke smartphone.

Berikut Langkah-langkah Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email :

Isi dan Pastikan Alamat Email Perusahaan Sudah Benar

Pastikan kamu sudah double check untuk alamat email perusahan, jangan sampai salah 1 huruf/angkat penulisan email perusahan, karena bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim ke email perusahaan.

Isi dan Pastikan Subjek Email Sudah Benar

Beberapa perusahaan kini mengharuskan untuk mencantumkan posisi yang dilamar didalam subjek email. Hal ini berguna untuk memudahkan perusahan atau pihak HRD untuk mengetahui email yang masuk adalah email dari para pelamar kerja

Contoh Subjek Email seperti berikut:

Misal untuk Posisi Account Receivable

Nah, disini kamu bisa mencantumkan AR – Ricky Darmawan Haryanto di Subjek Email

Namun, ada juga perusahaan yang menginginkan subjek berbeda dari cara tersebut. Kamu harus lebih teliti dalam membaca informasi dari perusahaan khususnya dalam subjek email yang ditentukan oleh perusahaan.

Tulis Lamaran Kerja di Body Email Dengan Lengkap

Tulis Surat Lamaran kerja kamu di body email dengan lengkap dan singkat, jangan terlalu bertele-tele dalam menulis surat lamaran kerja.

Disini kamu bisa menulis surat lamaran kerja dalam bentuk file .DOC kemudian masukan kedalam lampiran, dan juga bisa menulis surat lamaran kerja langsung di body email

Kebanyakan para pencari kerja saat ini masih mengabaikan body email, dan hanya melampirkan attachment yaitu dokumen-dokumen.

Padahal dengan penambahan penulisan surat lamaran kerja di bagian body email bertujuan agar HRD bisa langsung membaca surat lamaran kerja yang kita kirim, dari pada harus mendowload dulu file surat lamaran kerja dalam bentuk doc.

Pastikan Melampirkan Semua Persyaratan Yang Diminta Perusahaan

Pastikan kamu melampirkan semua file yang sudah discan baik itu KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, dan lain sebagainya sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan,

Usahakan agar file lampiran tidak lebih dari 2 MB, Perlu diperhatikan dalam melampirkan file, untuk itu kamu harus lebih teliti, karena setiap lowongan kerja berbeda-beda dalam melampirkan file.

Ada beberapa perusahan yang menharuskan agar semua file dijadikan dalam 1 file PDF, dan ada juga perusahaan yang meminta agar file digabung jadi 1 dalam bentuk .RAR/.ZIP, jadi disini kamu harus lebih teliti lagi dalam membaca aturan dari perusahaan.

Ikuti apa yang diharuskan oleh perusahaan.

Cek Kembali Tujuan, Isi dan Lampiran Email

Jika semua sudah di isi seperti alamat email perusahaan, subjek, lampiran, serta isi email. Maka selanjutnya kamu harus memeriksa kembali semuanya, periksa apakah surat lamaran sudah sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dan yang paling penting adalah periksa apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karna kalau salah surat lamaran tidak akan terkirim.

Kirim Surat Lamaran dan Berdoa

Jika semuanya sudah lengkap dan sesuai persyaratan yang dibutuhkan perusahaan, maka barulah kamu kirim surat lamaran kerja via email.

Jangan lupa juga berdoa supaya surat lamaran ada dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran kamu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

16 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Nah, bagi kamu yang belum terbiasa membuat surat lamaran kerja via email. Berikut ini kami akan informasikan contoh surat lamaran kerja via email yang semoga akan bermanfaat bagi kamu yang saat ini ingin apply surat lamaran kerja ke perusahaan impian kamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email di Perbankan

Untuk bisa bekerja di bank tidak melulu harus memiliki latar belakang pendidikan perbankan, ekonomi atau sejenisnya. Karena saat ini latar pendidikan apapun asalkan memenuhi kriteria D3 atau S1 tetap dipertimbangkan lho.

Misalnya jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru, Pertanian, Teknik, dan lain sebagainya juga memiliki peluang untuk melamar kerja di sektor perbankan.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri

Untuk melamar kerja di bank biasanya tim HRD meminta agar pelamar kerja mengirimkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya lewat email. Berikut ini adalah contoh surat lamaran bekerja di perbankan via email:

To : recruitment@bca.co.id
Cc : –
Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Erika Nurramdhani
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/10/1996
Jenis Kelamin : Perempuan
Status Perkawinan : Belum Menikah
Pendidikan : S-1 Agroteknologi
Telp : 081234567891

Berdasarkan lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Teller. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Scan Surat Keterangan Dokter
  • Pas Photo format .jpeg (1 file)

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih

Hormat saya,

 

Erika Nurramdhani

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sebagai Marketing

Setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang marketing untuk bisa memasarkan produknya. Untuk itu seorang sales atau marketing menjadi garda terdepan sebagai penggerak perusahaan dalam menjual produknya. Semakin besar kebutuhan perusahaan akan hal itu maka peluang menjadi orang yang bekerja untuk marketing juga semakin banyak.

Untuk melamar kerja sebagai marketer pelamar bisa mengirimkan surat lamarannya lewat email yang dimiliki oleh masing-masingperusahaan terkait. Adapun contoh surat lamaran kerja untuk marketing/pemasaran bisa di lihat di bawah ini:

To : hrd@dutaindah.co.id
Cc : –
Subject : Marketing

Yth. HRD
PT. Duta Indah,

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ray Muhammad
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/13/07/1990
Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi
Telp : 08123456745

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Staff Marketing Pemasaran.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai marketing pemasaran di salah satu perusahaan properti swasta. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk berkontribusi pada PT Duta Indah yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan data sebagai berikut :

  • Foto Ukuran 4×6
  • Scan KTP
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Scan Sertifikat PKL
  • Scan Sertifikat Kompetensi

Demikian surat lamaran kerja ini saya, terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Ray Muhammad

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email di Sebuah Perusahaan

Saat ini perusahaan memberikan banyak kemudahan bagi calon pekerja. Yaitu dengan mengirimkan email sesuai dengan informasi dari perusahaan. Dengan cara tersebut maka pencari kerja tidak perlu membuang waktu, tenaga, dan uang hanya untuk sekedar menyerahkan surat lamaran kerja kepada pihak perusahaan.

Karena pasti Perusahaan sudah berpikir ada cara yang lebih efektif dan efisien dalam menyikapi hal tersebut, salah satunya yakni dengan meminta para pelamar untuk mengirimkan surat lamaran via email.

Bagaimana contoh surat lamaran tersebut? Di bawah ini terlampir contoh surat lamaran kerja via email di sebuah perusahaan.

To : hrd@karyapersada.co.id
Cc : –
Subject : Accounting Staff

Yth. Bapak/Ibu pimpinan HRD
PT. Karya Persada

Dengan hormat,
Bahwa saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Rizki Prabowo
Tempat/Tgl Lahir : Surabaya/14/08/1997
Pendidikan : S1 Akuntansi
Telp : 081234567111

Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja untuk perusahaan yang bapak/ibu pimpin sebagai Accounting Staff.

Sebagai pertimbangan maka saya lampirkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan, di antaranya sebagai berikut:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Terbaru
  • Scan KTP
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Scan sertifikat keahlian
  • Scan SKCK

Kesempatan diterima di perusahaan Karya Persada sangat saya harapkan agar saya dapat mengabdi di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini saya lampirkan, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatian dari Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Rizki Prabowo

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sebagai Designer

Profesi sebagai designer saat ini menjadi profesi yang banyak dicari oleh perusahaan. Terutama untuk perusahaan startup. Nah, bagi kamu yang ingin mulai berkarir menjadi seorang designer, kamu bisa langsung mencoba untuk apply surat lamaran kerja via email berikut ini. Berikut adalah salah satu contoh surat lamaran kerja untuk designer.

To : recruitment.hrd@rumahdesign.co.id
Cc : hrd@rumahdesign.co.id
Subject : Internal Fashion Designer

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang ada pada website Rumah Design, bahwa Rumah Design saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Internal Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Siska Kartikasari
Tempat/Tgl Lahir : Semarang/15/01/1994
Pendidikan : S1 Ilmu Komunikasi
Telp : 081234567777

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara di Rumah Design untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Siska Kartikasari

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Tanpa Menggunakan Posisi

Saat ini surat lamaran kerja via email banyak bentuknya, karena masing-masing perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Dengan saat pelamar kerja mengirim email surat lamaran kerjanya beragam tata caranya.

Selain membuat surat lamaran kerja yang sudah berisikan nama perusahaan dan posisi yang hendak dilamar, hendaknya seseorang juga mempunyai file surat lamaran kerja tanpa posisi, agar memudahkan ketika nantinya akan melamar kerja di tempat yang berbeda.

Selain itu juga terkadang terdapat perusahaan yang membuka lowongan dengan tidak mencantumkan posisi. Berikut contoh surat lamaran kerja via email tanpa menggunakan posisi yang bisa dicontoh.

To : hrd@adikarya.co.id
Cc : –
Subject : Operator Produksi
Yth : Kepala Bagian Personalia
Di Tempat

Dengan hormat

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Dimas Winarko
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/11/1995
Pendidikan : STM Teknik Jaringan
Telp : 081234567888

Dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai operator produksi.

Untuk itu, Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

  • Scan SKCK
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Pas foto 4 x 6
  • Scan KTP
  • Scan Trankrip Nilai
  • Scan sertifikat Keahlian

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, Atas pertimbangan dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dimas Winarko

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email untuk Tenaga Kebersihan

Kebersihan merupakan hal terpenting bagi setiap tempat karena berkaitan dengan kenyamanan beraktivitas dan bekerja. Untuk itu sebuah instansi dan perusahaan pasti memerlukan tenaga cleaning service untuk menjaga kebersihan kantor perusahaan tersebut. Untuk itu pasti banyak lowongan yang menyediakan posisi sebagai cleaning service berikut ini.

Menjadi seorang cleaning service disediakan untuk semua kalangan tanpa memandang jenjang pendidikan dari pencari kerja. Karena itu perusahaan biasanya tetap mewajibkan pelamar kerja mengirim surat lamaran via email walaupun di bagian tenaga kebersihan.

Oleh karenanya hendaknya setiap individu mampu untuk membuat surat lamaran kerja via email tidak terkecuali untuk mereka yang melamar di posisi cleaning service. Adapun di bawah ini merupakan contoh surat lamaran kerja via email untuk posisi cleaning service:

To : hrd@saranateknik.com
Cc : –
Subject : Cleaning Servic

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang dimuat pada blog/website di internet, bahwa “PT Sarana Teknik” sedang membutuhkan beberapa lowongan kerja untuk posisi Cleaning Service, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Juli Widodo
Tempat/Tgl Lahir : Malang/23/01/1973
Pendidikan : SMPN 3 Malang
Telp : 081234567365

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam mengisi kandidat sebagai cleaning service.

Bila dikehendaki, saya bersedia untuk memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan di wawancarai. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Juli Widodo

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Simple

Sebuah instansi atau perusahaan pasti memiliki kriterianya masing-masing bagi calon karyawannya. Tak jarang HRD menilai para pencari kerja dari CV dan surat lamaran kerja yang dikirimkan via email.

Untuk itu, kejelasan dalam sebuah informasi CV dan surat lamaran kerja juga ikut dipertimbangkan. Jika biasanya surat lamaran kerja terkesan panjang, kini kamu bisa membuat surat lamaran kerja via email yang lebih simple.

To : HRD@sayurbox.co.id
Cc : –
Subject : Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rani Widya
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/30/07/1997
Pendidikan : S1 Ekonomi
Telp : 081234567555

Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, maka dengan ini saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  • Daftar riwayat hidup
  • Scan ijazah terakhir
  • Scan sertifikat Komputer
  • Scan SKCK
  • Pas foto 3 X 4 Berwarna
  • Scan KTP

Demikianlah surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Rani Widya

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Bagi Yang Berpengalaman

Untuk kamu yang sudah merasakan pengalaman bekerja yang lama, maka kamu bisa mengubah surat lamaran kerja beserta cv nya terupdate sesuai dengan pengalaman kamu. Sekarang ini sudah banyak surat lamaran kerja yang unik sehingga bisa menjadi referensi kamu dalam membuat surat lamaran kerja dan cv terbaru dengan tulisan dan desain yang lebih menarik.

Seperti contoh di bawah ini yang juga merupakan salah satu contoh surat lamaran kerja via email untuk yang berpengalaman:

To : rec@angkasajaya.com
Cc : –
Subject : Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Angkasa Jaya, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 10 April 2019. Dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT Angkasa Jaya.

Berikut data diri saya berikut ini :
Nama : Ratna Andini
Tempat/Tgl Lahir : Wonosobo/21/10/1990
Pendidikan : S1 Management
Telp. : 081234567891

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik, serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Dan saya juga terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Keahlian saya dalam mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, dan juga internet.

Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing support di PT. Cipta Logam. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun bekerja sama di dalam tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Scan ijazah S-1 dan transkrip nilai
  • Scan sertifikat kursus/pelatihan
  • Pas foto 4×6 Berwarna

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan bagi saya untuk posisi ini, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Ratna Andini

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Bersumber Dari Iklan

Di dalam surat lamaran kerja biasanya terdapat keterangan terkait sumber informasi dari lowongan kerja yang diperoleh pencari kerja. Misalnya bisa dari majalah, internet, atau iklan.

Hal tersebut biasa dicantumkan dalam surat lamaran kerja sebagai informasi tambahan. Apalago sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat, sehingga iklan tentang pekerjaan sudah banyak ada di media sosial.

Untuk itu bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan pun harus bisa membuat surat lamaran kerja via email berdasarkan sumber iklan.

Lalu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan ini? Berikut ini terdapat contoh surat lamaran kerja via email berdasarkan iklan:

To : hrd_ciptalogam@gmail.com
Cc : –
Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan Hormat

Sesuai informasi yang saya dapatkan dari harian Kompas pada tanggal 11 April 2019, bahwa PT. Cipta Logam sedang membutuhkan karyawan untuk staff administrasi, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi tersebut, berikut adalah data diri saya:

Nama : Budiman
Tempat/Tgl Lahir : Malang/20/09/1995
Pendidikan : S-1 Manajemen
Telp : 081234567892

Untuk bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan data-data pendukung lainnya dalam bentuk attachment berikut ini.

Saya berharap mendapat kesempatan wawancara agar saya bisa menjelaskan potensi yang saya miliki, demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Budiman

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sesuai Dengan EYD

Surat lamaran kerja adalah syarat utama dalam melamar suatu bidang pekerjaan. Surat lamaran tersebut bersifat resmi yang tentunya tata bahasa yang digunakan pun harus sesuai dengan EYD.

Ketentuan ini biasanya berlaku di semua perusahaan meskipun tidak tertulis. Namun tak semua orang dapat membuat surat lamaran dengan aturan tersebut. Dibawah ini kami sudah berikan contoh surat lamaran kerja via email yang sesuai dengan EYD:

To : hrd@mitrasarana.co.id
Cc : –
Subject : Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ridwan Hakim
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/20/10/1994
Pendidikan : SMAN 5 Bandung
Telp : 081234567830

Berdasarkan informasi kerja yang dimuat di Koran kompas, maka dengan ini saya bermaksud untk melamar pekerjaan pada perusahaan Bapak/Ibu sebagai office boy. Saya pekerja keras, menyukai tantangan, dan suka dengan hal yang baru. Saya akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan dan bekerja sama demi kemajuan perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas-berkas sebagai berikut:

  • Scan Ijazah terakhir
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Scan KTP
  • Foto ukuran 3 x 4
  • Sertifikat Ketrampilan Khusus

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Budiman

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sebagai Guru Pondok Pesantren

Pondok pesantren merupakan sekolah yang berbasis agama islam. Dimana di pondok pesantren tersebut para siswa tinggal di asrama dan menetap di pondok tersebut. Para siswa disebut sebagai santri pondok.

Disana mereka tidak hanya belajar tentang ilmu yang umum, namun yang lebih spesial mereka juga mempelajari ilmu agama yang baik untuk spiritual mereka. Uniknya, para siswa memiliki dua raport, yaitu raport di sekolah umum dan raport di sekolah diniyah (ilmu agama). Ilmu yang dipelajari pun bermacam-macam, mulai dari fiqih, tajwid, nahwu, balaghah, hingga ilmu faraid.

Jika kamu tertarik melamar sebagai salah satu staf pengajar di pondok pesantren ini, berikut kami berikan contoh surat lamaran kerja sebagai guru di pondok pesantren.

From : Azharmustofa@gmail.com
to : nurulfalah@gmail.com
Subject : Lamaran Kerja_Guru Asrama_AzharMustofa

Yth. Pengurus Yayasan Nurul Falah Banten
Di Tempat
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Azhar Mustofa
Tempat/ Tanggal Lahir : Semarang, 11 April 1990
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Agama Islam
Agama : Islam
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto, Kanagarian Sarik Lawas Mudik, Kecamatan Akabiluru, Kota Semarang, Jawa Tengah

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu untuk dapat diterima sebagai Staf Pengurus atau Guru Asrama pada yayasan Nurul falah yang Bapak/ Ibu pimpin.

Sesuai dengan persyaratan yang tercantum, saya pernah mengenyam pendidikan pesantren mulai dari tingkat satu Madrasah Tsanawiyah hingga lulus Madrasah Aliyah, di Pondok Pesantren Darussalam di Semarang, Jawa tengah.

Oleh karena itu saya mencoba mengajukan diri untuk melamar pada posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan beberapa dokumen pelengkap serta daftar riwayat hidup.

  1. Foto copy ijazah S1 beserta transkrip akademiknya yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang
  2. Daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae)
  3. Surat keterangan berkelakuan baik (SKCK) dari pihak yang berwenang
  4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Pas Foto terbaru
  6. Foto copy surat keterangan dan sertifikat-sertifikat kegiatan yang pernah diikuti

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, besar harapan saya untuk dapat diproses hingga tahap selanjutnya di yayasan nurul falah. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,
Azhar Mustofa

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sebagai Dosen

Bagi kamu yang bercita-cira melamar pekerjaan sebagai dosen, maka kamu membutuhkan taktik khusus untuk membuat surat lamaran kerja beserta data pendukung lainnya dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan membuat surat lamaran menggunakan tulisan tangan.

Meskipun lamaran kerja Anda kirimkan via email, namun jangan khawatir Anda bisa menscan surat lamaran kerja yang telah Anda tulis. Pada bagian draft email tuliskan surat lamaran seperti contoh di bawah ini:

From : Ricky Darmawan ricky_darmawan@gmail.com
to : rekrutmen@uki.ac.id
Subject : Lamaran Calon Dosen Prodi Akuntansi_Ricky Darmawan

Jakarta, 11 Agustus 2019

Kepada Yth.
Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Krida Indonesia
Di Tempat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Ricky Darmawan
Tempat/ Tanggal Lahir : Jakarta, 11 April 1994
Pendidikan Terakhir : S2 Magister Manajemen
Agama : Islam
Alamat : Jalan Pulo Gebang, Jakarta Timur

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu untuk dapat diterima sebagai Tenaga Dosen di Universitas Krida Indonesia yang Bapak/ Ibu pimpin.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pelengkap untuk Bapak/ Ibu Dekan pertimbangkan:

  • Foto copy ijazah S1 dan S2 beserta transkrip akademik yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae)
  • Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  • Foto copy akta kelahiran
  • Surat keterangan berkelakuan baik (SKCK) dari pihak yang berwenang
  • Foto copy surat keterangan dan sertifikat-sertifikat kegiatan yang pernah diikuti

Demikian surat lamaran ini saya ajukan untuk selanjutnya dapat diproses sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku. Atas perhatian Bapak/ Ibu Dekan saya sampaikan terimakasih.

Wassalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hormat Saya,

Ricky Darmawan

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email di Perbankan – Contoh Kedua

From : Christina christina@gmail.com
to : recruitment.muamalat@co.id
Subject : Lamaran Kerja_MODP_Christina

Bandung, 19 Juni 2019
Kepada Yth.
HRD PT Bank Muamalat Indonesia Tbk
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan pada website resmi Bank Muamalat Indonesia, bahwa PT Bank Muamalat Indonesia Tbk membuka lowongan kerja untuk posisi MODP Future Leader, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Christina
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto, Nagari Sariek Laweh, Kabupaten Bandung Barat Kota, Bandung Jawa Barat
Tempat/ Tanggal Lahir : Payakumbuh / 07 April 1995
Pendidikan : S1 Ekonomi

Bermaksud untuk mendaftarkan diri pada lowongn tersebut. Bersama email ini saya lampirkan daftar riwayat hidup (CV) serta data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu.
Bila dikehendaki saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/ Ibu untuk dites dan diwawancarai sesuai prosedur. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Christina

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email sebagai Penyuluh Kerja Lapangan

Bagi kamu yang lebih suka kerja di kantor. Kerja di lapangan menjadi pilihan yang pas yakni sebagai penyuluh lapangan. Terutama bagi kamu yang lulusan ilmu sains agro seperti jurusan sosial ekonomi pertanian, perikanan, hama dan penyakit tumbuhan, dan agroteknologi.

Berikut kami berikan dua contoh surat lamaran kerja posisi penyuluh perikanan:

Contoh 1

From : Rini Andini randini@gmail.com
to : dinaskkpjakbar@wib.com
Subject : Lamaran Kerja_Penyuluh Perikanan_RiniAndini

Jakarta, 8 Desember 2018

Kepada Yth.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan
Di Jakarta Barat

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima mengenai lowongan sebagai Penyuluh Perikanan di Dinas KP Jakarta Barat, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung untuk menjadi tenaga kontrak. Saya memiliki pengalaman di bidang teknologi pengolahan hasil perikanan dan diversifikasi produk dalam kegiatan magang.

Berikut sedikit gambaran mengenai diri saya, Saya seseorang yang memiliki motivasi tinggi, suka tantangan, jujur, pekerja keras, memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, suka bekerja sama dengan tim, dan mudah beradaptasi dengan rekan kerja.

Bermodalkan potensi yang saya miliki, saya percaya diri untuk berkontribusi dan menjadi bagian dari program penyuluhan di KP Jakarta Barat ini. Berikut penjelasan singkat mengenai data diri saya:

Nama : Rini Andini
Tempat/ Tanggal Lahir : Jakarta, 7 April 1996
Pendidikan : S1 Teknologi Perikanan Laut
Alamat : Jalan Gunung Sahari Raya No. 13, Jakarta Barat, DKI Jakarta
Telepon : 08994567876
Email : randini@gmail.com

Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak/ Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan bagi saya untuk wawancara di posisi ini, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci mengenai pengalaman dan potensi diri saya.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan Curriculum Vitae beserta dokumen pendukung lainnya. Atas pertimbangan dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Rini Andini

Contoh 2

From : Rini Andini randini@mail.com
to : rekrutmen.mbkp@corp.co.id
Subject : PPB Manajemen Usaha KP/ Kabupaten Tiga Puluh Kota/ Sumbar

Padang, 23 Mei 2019

Kepada Yth.
Kepala Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat KP
Di Jakarta

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rini Andini
Pendidikan : S1 Teknologi Perikanan Laut
Alamat : Akabiluru, Kabupaten Tiga Puluh Kota, Sumatera Barat
Email : randini@mail.com
Telepon : 98756748877

Dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran kerja kepada Bapak/ Ibu sebagai Penyuluh Perikanan Bantu Manajemen KP 2016 di Kabupaten Tiga Puluh Kota, Sumatera Barat.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu selanjutnya, bersama ini saya lampirkan berkas administrasi serta Curriculum Vitae (CV) terbaru mengenai data diri saya.

Demikian permohonan lamaran kerja ini saya buat. Atas pertimbangan Bapak/ Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Rini Andini

Itulah contoh surat lamaran kerja yang merupakan saah satu contoh dari sekian banyaknya jenis surat lamaran kerja. Semoga contoh-contoh yang sudah kami berikan dapat menjadi referensi kamu dalam membuat contoh surat lamaran kerja via email.

Cara Mengirim Lamaran Via Email Dengan Benar

Jika dahulu mengirim surat lamaran kerja bisa lewat pos, sekarang ini mengririm surat lamaran kerja bisa di email langsung ke perusahaan. Namun, seringkali banyak pencari kerja yang masuh mengabaikan tata cara mengirim surat lamaran kerja via email ini. Mengirim surat lamaran kerja melalui email juga harus dilakukan dengan baik dan benar, apalagi jika yang kamu lamar adalah posisi menjanjikan di sebuah perusahaan.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika memilih untuk mengirim surat lamaran kerja via email adalah perihal subjek. Kamu bisa menuliskan posisi yang akan dilamar pada bagian Subjek Email, seperti contoh berikut ini:

Jesslyn Lim – Lamaran Kerja Staff Marketing PT Chan Siu Fan

Jika kamu diminta untuk mengirimkan cc ke alamat tertentu, maka kamu langsung isikan pada kolom cc email. Terkadang beberapa hrd meminta adanya tembusan ke beberapa email. Untuk itu penting bagi kamu untuk memperhatikan ketentuan yang diberikan perusahaan sebelum benar-benar mengirim email surat lamaran kerja.

Selain itu juga kamu perlu mengisi bagian badan email dan jangan sampai mengcopy. Karena tulisan bisa berantakan. Kamu hanya perlu mencantumkan keterangan seperti berikut.

Selamat pagi,

Perkenalkan saya Jesslyn Lim bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai staff marketing di PT Chan Siu Fan. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan CV beserta sertifikat-sertifikat berikut ini.

Terima kasih.

Kemudian kamu bisa melampirkan data-data pendukung lainnya, seperti CV, scan surat lamaran kerja, scan ktp, sertifikat, dan dokumen yang mendukung kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pastikan juga untuk memberikan nama pada masing-masing dokumen dengan benar.

Kamu juga bisa mencari referensi surat lamaran kerja yang paling sesuai dengan posisi yang kamu lamar, agar lebih meyakinkan perusahaan. Kemudian mencantumkan sedikit tentang visi misi perusahaan tersebut dan menyesuaiakannya dengan posisi yang kamu inginkan, sehingga secara tidak langsung kamu bisa mendapatkan nilai lebih bagi tim hrd. Kamu juga bisa bertanya pada senior yang sudah bekerja di perusahaan tersebut bagaimana cara agar memiliki peluang untuk masuk di perusahaan tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Melamar Kerja Via Email?

Setelah proses mengirimkan surat lamaran kerja via email selesai. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan setelah selesai mengirimkan email ke perusahaan.

Cek Kembali Penutupan Lamaran Pekerjaan

Jika kamu sudah mengirim surat lamaran kerja via email, selanjutnya kamu bisa cek kembali kapan penutupan lamaran pekerjaan. Jika masih beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian maka kamu tidak perlu menghubungi hrd atau pihak perusahaan.

Kamu cukup menunggu hingga proses perekrutan selesai. Jika sudah melebihi batas waktu lamaran pekerjaan, maka kamu bisa bertanya progress lamaran pekerjaan kamu atau mencari lowongan lain.

Tunggu Panggilan Wawancara atau Interview

Tetap stand by di dekat handphone dan mencatat semua lamaran kerja yang sudah dimasukkan. Jika sewaktu-waktu ada pihak HRD menelepon, kamu bisa lebih siap untuk menjawbnya.

Persiapkan Interview

Apabila kamu berhasil maka persiapkan diri kamu untuk langkah selanjutnya yaitu sesi interview dengan hrd atau user. Saat ini, sudah banyak tutorial dan tips untuk menghadapi interview agar bisa diterima di perusahaan impian kamu.

Baca Juga: Contoh Interview Bahasa Inggris

Demikianlah seputar informasi tentang surat lamaran pekerjaan via email lengkap dengan contoh surat lamaran kerja via email dan cara membuat lamaran kerja via email, penulis berharap tulisan ini tetap bermanfaat dan menjadi salah satu solusi bagi pembaca dalam membuat surat lamaran pekerjaan via email.

1 Comment

  • Edwin 22 April 2020 @ 3:11 PM

    Halo Mas/Mba Admin, salam kenal.

    Artikelnya menarik dan saya yakin sangat membantu temen-temen yang saat ini berjuang mencari kerja. Terlebih di masa pandemi ini, mencari kerja menjadi semakin sulit.

    Nah, dengan semangat yang sama, saya saat ini sedang mengembangkan sebuah blog yang khusus berisi tips bagaimana menulis surat lamaran kerja yang menarik dan punya selling point di mata HRD manager atau recruiter.

    Untuk, itu jika mas/mba admin tidak keberatan, mungkin berkenan untuk me-review blog saya dan memberikan tautan link agar artikel ini semakin komprehensif dan semakin banyak teman-temen yang sedang berjuang mendapat kerja menjadi terbantu.

    Saya membuat pendekatan baru untuk menulis surat lamaran kerja, yaitu dengan pendekatan copywriting iklan.

    Selain itu masih banyak artikel lainnya yang saya harap bisa memberi pendekatan yang lebih efektif dan memperbesar peluang teman-teman pencari kerja untuk mendapat kerja impiannya.

    Demikian, terima kasih banyak sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *