Contoh Surat Penawaran

Contoh Surat Penawaran Barang, Jasa & Harga

Diposting pada

Semakin hari, pengusaha memang menjadi profesi yang menarik minat banyak orang terutama kalangan muda mudi. Bagi mereka tentu sudah tidak asing lagi dalam urusan mempromosikan produk. Agar lebih jelas, pahami penjelasan contoh surat penawaran barang, jasa. harga serta cara membuatnya.

Dengan begitu, Anda bisa pelanggan bisa melihat kesesuaian barang dengan tawaran menarik yang diberikan padanya. Tidak menutup kemungkinan mereka akan tertarik dengan produk tersebut.

Pengertian Surat Penawaran

Pengertian Surat Penawaran

Pengertian surat penawaran barang atau jasa sendiri merupakan pernyataan yang dibuat secara resmi untuk menunjukkan maksud ingin menjalin kerjasama dari pengusaha kepada pihak lainnya. Biasanya dapat berupa jual beli atau usaha bersama.

Surat penawaran barang dibuat secara resmi dan formal. Di dalamnya sudah jelas tertera tentang apa yang ditawarkan beserta penjelasan harganya dengan rinci. Tujuan pembuatannya karena terdapat suatu permintaan baik dari calon konsumen maupun produsen.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang

Meskipun biasanya digunakan untuk menawarkan suatu produk baik barang maupun jasa, surat penawaran ini juga dapat dibuat oleh konsumen guna menjalin kerja sama. Tujuannya agar kedua pihak saling memperoleh kesepakatan menjalankan usaha tersebut bersama-sama.

Jenis-jenis Surat Penawaran

Jenis-jenis Surat Penawaran

Meskipun sama-sama digunakan untuk menawarkan produk kepada calon klien, namun terdapat empat jenis surat penawaran dengan fungsinya masing-masing. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan saat menawarkannya. Inilah penjelasannya:

Surat Penawaran Harga

Jenis pertama yaitu surat penawaran harga. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang bisnis dalam memasarkan produknya pada kalangan mitra maupun di masyarakat. Pada umumnya berfungsi sebagai langkah promosi terlebih jika suatu barang atau layanan baru saja dirilis.

Biasanya perusahaan yang menggunakan surat penawaran harga ini akan melampirkan leaflet atau booklet, mengenai produk lengkap beserta penawaran harganya. Dengan begitu, calon klien bisa lebih mudah mengetahui informasinya secara rinci.

Surat Penawaran Kerja sama

Selanjutnya ialah surat peawaran kerja sama. Jenis ini sudah seringkali digunakan oleh banyak perusahaan ketika ingin bekerjasama oleh pengusaha atau instansi lannnya. Biasanya ekspansi usaha ditandai dengan adanya kesepakatan bersama anatara dua pihak.

Bagi perusahaan yang tertarik mengajak kerja sama dengan mitra atau instansi usaha lainnya, maka bisa menggunakan surat penawaran ini. Tujuannya agar calon klien tertarik untuk melakukan investasi sejumlah dana selama bisnis dijalankan bersama.

Surat Penawaran Barang dan Jasa

Jenis surat penawaran ini seringkali dikeluarkan oleh perusahaan penghasil produk untuk ditujkan kepada pihak distributor atau langsung ke masyarakat sebagai konsumen. Meskipun kerja sama antara keduanya tidak dilakukan secara resmi, namun kesepakatan ditandai dengan adanya kegiatan jual beli.

Di dalam surat penawaran barang dan jasa ini, tidak hanya melampirkan mengenai spesifikasinya saja, melainkan juga mencantumkan beberapa metode seperti pembayaran dan pengiriman. Hal tersebut nantinya akan dijadikan sebuah pertimbangan oleh calon klien sebelum membelinya.

Surat Penawaran Produk

Meskipun hampir serupa dengan poin sebelumnya, namun surat penawaran produk biasanya ditujukan kepada konsumen langganan untuk memperpanjang pembelian. Selain itu, barang dan jasa yang ditawarkan juga tidak termasuk baru dirilis sehingga sudah lama dipasarkan.

Surat penawaran produk ini biasanya ditawarkan dalam bentuk paket-paket sehingga menawarkan beberapa promo menarik kepada pelanggan. Mengingat bahwa pihak yang dituju merupakan pelanggan lama, tidak ada salahnya jika suatu produsen memberikan layanan khusus bagi mereka.

Fungsi Surat Penawaran

Fungsi Surat Penawaran

Sesuai dengan pengertian surat penawaran di atas, fungsi dari pembuatannya ialah untuk menawarkan kerjasama berupa jual beli suatu barang maupun jasa kepada pihak yang dituju. Namun terdapat beberapa kegunaan lain, berikut penjelasannya:

Memperkenalkan Produk

Dalam pembuatan surat penawaran barang maupun jasa yang dibuat oleh produsen, tentu hal ini menjadi langkah bagi mereka untuk sekaligus memperkenalkan produk atau merk. Apabila kerjasama telah berhasil terjalin dengan maksimal, maka brand tersebut tentu akan lebih terkenal.

Oleh karena itu, pembuatan surat penawaran bisa menjadi salah satu cara bagi suatu produsen dalam memperkenalkan produk mereka kepada pihak lain. Tidak heran jika menawarkan barang atau jasa bisa melalui langkah ini menjadi lebih efektif, karena kemungkinan jual beli mudah dilakukan.

Mempromosikan Produk

Selain memperkenalkan produk yang masih baru, suatu produsen juga bisa memanfaatkan surat penawaran barang atau jasa sebagai langkah promosi. Terutama jika mereka ingin memperluas pasar atau sudah memiliki brand lama namun tidak kunjung terjual banyak.

Bahkan melalui pembuatan surat penawaran barang atau jasa ini, kesepakatan jual beli yang diinginkan akan lebih mudah terjalin. Tentu saja hal tersebut menunjukkan hasil positif bagi sebuah perusahaan dalam melakukan langkah promosi suatu produk.

Meningkatkan Pemasaran

Secara tidak langsung, produsen yang berhasil menjalin kerjasama dengan pihak lain telah memperluas pemasaran produk mereka. Mungkin sebelumnya target pasar hanya berasal dari satu area saja, namun setelah kesepakatan berhasil, maka penjualan didapatkan dari konsumen baru.

Oleh karena itu, banyak produsen yang membuat surat penawaran barang maupun jasa sebagai langkah untuk meningkatkan pemasaran. Beberapa di antaranya memang menjadikan strategi tersebut dalam menambah target pasar sesuai dengan produk mereka.

Menjalin Kerja Sama

Selain menawarkan barang atau jasa, sebuah surat penawaran juga dibuat dengan tujuan menjalin kerja sama bersama pihak lain. Apabila kesepakatan tersebut membuah hasil positif, maka keduanya bisa berhasil meraup keuntungan bersama serta membesarkan nama perusahaan masing-masing.

Kerja sama yang telah terbentuk memang bertujuan untuk memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Oleh karena itu, di awal kesepakatan akan dibahas berapa presentase pembagiannya. Dengan begitu, masing-masing perusahaan dapat mendapatkan manfaat darinya.

Memperluas Jaringan Usaha

Fungsi terakhir yang tentu Anda dapatkan setelah berhasil mendapatkan kesepakatan dari pengajuan surat penawaran barang dan jasa adalah memperluas jaringan usaha. Hal ini disebabkan karena kegiatan jual beli telah menarik konsumen baru untuk membeli suatu produk.

Selain mendapatkan target pasar yang baru, jaingan usaha akan diperluas berkat adanya kerja sama dengan pihak lain. Jika dua perusahaan saling menjalin bisnis bersama, tentu nama keduanya bisa semakin besar di mata masyarakat karena keuntungannya kian tinggi.

Tujuan Surat Penawaran

Tujuan Surat Penawaran

Pada umumnya, surat penawaran barang atau jasa memilii tujuan untuk menyampaikan maksud dari suatu pihak guna menawarkan produk tertentu kepada pihak lain. Tentunya di dalamnya sudah menjelaskan sekaligus mengenai spesifikasi, keunggulan serta harganya.

Namun beberapa pendapat juga menyampaikan bahwa surat penawaran barang atau jasa berisikan informas lengkap mengenai suatu produk yang akan diperjualbelikan. Tujuannya agar calon konsumen bisa tertarik dengan adanya tawaran tersebut.

Selain itu, surat penawaran juga biasa digunakan sebagai dasar kesepakatan di dalam kegiatan jual beli atau hal lainnya yang dilakukan oleh kedua pihak setelah mencapai kesepakatan bersama. Mengingat ketiga tujuan tersebut menjadikan pembuatannya harus disusun secara teliti dan benar.

Ciri-ciri Surat Penawaran

Ciri-ciri Surat Penawaran

Semua jenis surat yang ada tentu bisa dikenali lewat ciri khasnya berdasarkan tujuan pembuatannya masing-masing. Begitu juga dengan pernyataan untuk menawarkan produk kepada pihak lain ini juga memiliki beberapa karakteristik. Berikut penjelasannya:

Berbentuk Surat Formal

Seluruh pengajuan yang ditujukan kepada instasi tertentu tentu membutuhkan penyusunan surat berbentuk formal. Selain untuk menjaga kesopanan dan rasa saling menghargai, hal ini juga digunakan mengingat bahwa perusahaan memang termasuk badan resmi.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Bantuan

Oleh karena itu, pembuatan surat penawaran barang atau jasa perlu mencantumkan kop surat di bagian atasnya. Hal ini menjadi penunjuk bahwa pernyataan tersebut memang disusun secara resmi. Jika Anda hendak membuatnya, maka perlu memperhatikan hal tersebut agar mencapai kesepakatan.

Berisi Informasi Produk

Mengingat bahwa surat ini ditujukan untuk menyampaikan maksud dari suatu produsen guna menawarkan produk tertentu kepada perusahaan atau pengusaha lainnya, maka penulisannya perlu mencantumkan informasi lengkap terkait barang dan jasa. Tidak lupa juga dengan detail harganya.

Informasi produk yang dituliskan akan memudahkan pihak tertuju untuk memahami mengenai barang atau jasa terkait. Selain itu, mereka juga lebih mudah dalam mengetahui detail harganya sehingga menjadi bahan pertimbangan saat menjalin kerjasama.

Dibuat Sesuai Struktur

Mengingat bahwa surat penawaran barang dan jasa ini bersifat formal, maka Anda harus mengikuti struktur penulisannya. Pembuatannya perlu memperhatikan bagaimana sistematikanya agar pihak yang dituju dapat memahami isinya dengan mudah.

Beberapa cara penulisan surat penawaran barang maupun jasa dapat Anda gunakan sebagai pedoman ketika membuatnya. Dengan begitu, maka hasilnya pun akan terlihat rapi, sistematis dan terstruktur sehingga mudah dipahami oleh pihak yang akan dituju.

Memiliki Aturan Baku

Selain memperhatikan strukturnya agar terlihat rapi, pembuatan surat penawaran juga harus mengikuti aturan bakunya. Mengingat bahwa pernyataan tersebut bersifat formal maka Anda tidak diperbolehkan melakukan kesalahan saat membuatnya.

Beberapa contoh surat penawaran barang dan jasa yang sudah banyak di internet dapat Anda jadikan referensi ketika membuatnya. Selain itu, tetap perhatikan mengenai informasi lengkap mengenai produk serta detail harganya.

Bagian-bagian Surat Penawaran

Bagian-bagian Surat Penawaran

Surat penawaran barang dan jasa yang ditujukan kepada instansi perusahaan memang bersifat resmi atau formal. Oleh karena itu, pembuatannya perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa termuat seluruhnya di dalamnya. Anda tidak boleh melupakannya dan membuatnya menjadi tidak sistematis.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut:

Kop Surat

Di awal pembuatan surat resmi memang membutuhkan adanya kop surat. Begitu pun juga dengan pernyataan yang isinya menawarkan produk kepada perusahaan ini. Anda perlu mencantumkannya karena hal tersebut merupakan salah satu aturannya.

Di dalam kop surat harus mencakup setidaknya tiga informasi, yaitu nama, alamat dan kontak berupa email dan nomor telepon. Ketiganya perlu Anda cantumkan agar surat jelas ditujukan kepada siapa serta tiak akan salah sasaran.

Kepala Surat

Setelah kop surat, Anda perlu mencantumkan kepala surat di bawahnya. Hal ini harus dicantumkan mengingat pernyataan penawaran produk, baik barang maupun jasa tersebut memang bersifat resmi dan harusmm mengikuti kaidah penulisannya.

Di dalam kop surat harus mencantumkan beberapa hal mengenai tanggal pembuatan, nomor, lampiran perihal serta alamat tujuan. Kelimanya perlu dicantumkan tepat di bawah kop agar penerima mengetahui dengan jelas apa maksud dari surat tersebut.

Kata Pembuka

Seperti pada pembuatan surat pada umumnya, dalam menulis penawaran produk kepada instansi perusahaan perlu menggunakan kata pembuka sebelum masuk pada isi dan tujuannnya. Anda bisa mengawalinya dengan beberapa kalimat seperti “Assalamu’alaikum wr. wb” atau “Dengan hormat”.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai tujuan dari penulisan surat penawaran tersebut. Anda bisa melanjutkannya menggunakan kalimat seperti “Dengan adanya surat penawaran ini, Kami dari pihak perusahan A ingin mengadakan kerja sama dengan usaha produk B

Isi Surat

Setelah Anda selesai merangkai kata pembuka, maka selanjutnya adalah bagian isi surat yang menjelaskan seluruh maksud dari pengiriman surat penawaran tersebut. Meskipun ditulis menggunakan bahasa singkat namun harus tetap mencakup semua informasi mengenai produk.

Pada bagian isi surat ini akan dijelaskan secara lengkap tentang spesifikasi produk serta penawaran harganya. Kedua informasi tersebut harus Anda cantumkan dengan jelas. Namun jika ingin menulisnya lebih detail, bisa menambahkan beberapa keterangan tambahan untuk diletakkan di lampiran.

Penutup Surat

Bagian terakhir yaitu penutup surat. Umumnya menyampaikan permohonan dan harapan kepada calon pembeli agar bersedia menjalin kerja sama dengan pihak pemberi penawaran. Tidak lupa untuk menyertakan ucapan salam di bawahnya.

Kelima bagian tersebut perlu Anda cantumkan secara urut agar pembuatan surat penawaran produk ini bisa diterima dengan baik bagi piak dituju. Tentunya mereka akan lebih tertarik kepada produsen yang mengajukan secara benar dan sistematis.

Komponen di Dalam Surat Penawaran

Komponen di Dalam Surat Penawaran

Setelah membahas lengkap mengenai bagian-bagian dari surat penawaran produk, Anda juga harus mengetahui komponen apa saja yang harus terdapat di dalamnya. Beberapa di antaranya bisa dijadikan indikator baik atau tidaknya cara penulisannya. Berikut penjelasannya:

Identitas Perusahaan

Hal pertama harus dicantumkan di dalam surat penawaran ialah mengenai identitas perusahaan pengirim. Dari informasi ini, calon klien atau konsumen dapat mengetahui produsen yang akan mengajaknya kerja sama.

Identitas perusahaan biasanya dapat Anda lampirkan pada bagian kop surat. Dengan begitu, calon klien bisa memahami siapa pengirimnya. Namun tidak ada salahnya jika melampirkannya pada bagian utama dengan mencantumkan profil singkat mengenai produsen untuk dikenal lebih oleh pihak tertuju.

Jumlah Stok Barang

Selain identitas perusahaan, Anda juga harus melampirkan mengenai jumlah stok barang yang akan ditawarkan. Aanya lampiran ini bisa menjadi informasi bagi calon klien mengenai kemampuan pemberi penawaran selama menjalin kerjasama nantinya.

Adanya iformasi mengenai jumlah stok barang bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi klien. Anda dapat melampirkan jumlah produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sehingga calon konsumen akan mempertimbangkannya sebelum tercapai sebuah kesepakatan bersama.

Penjelasan Produk Secara Detail

Setelah Anda menyampaikan jumlah stok barang yang bisa dihasilkan, maka selanjutnya ialah melampirkan penjelasan lengkap mengenai produk. Baik spesifikasi maupun jenis-jenisnya harus terlampir secara detail di dalam surat penawaran tersebut agar calon klien mudah memahaminya.

Informasi mengenai pilihan produk perlu dilampirkan di dalamnya terleih jika terdapat berbagai jenis dengan spesifikasi berbeda. Hal ini juga menjadi pertimbangan bagi klien sebelum mereka menyetujui penawaran kerja sama tersebut.

Harga Khusus

Urusan harga memang menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting dalam kegiatan jual beli. Perihal ini menjadi masalah cukup krusial sehingga Anda harus melampirkannya pada surat penawaran. Mengingat bahwa semua orang tentu memilih biaya terbaik sebelum membelinya.

Tidak ada salahnya jika Anda mencantumkan penawaran menarik berupa harga khusus bagi calon klien tertentu. Hal tersebut dapat dijadikan sebuah keunggulan bagi pertimbangan mereka, sehingga lebih tertarik untuk melakukan kerja sama.

Metode Pembayaran

Setelah urusan harga sudah dijelaskan dengan detail, Anda juga perlu mencantumkan metode pembayaran di dalam surat penawaran. Jika kesepakatan telah disetujui, hal ini akan memudahkan calon klien untuk membayarnya sebagai bukti bahwa kerja sama telah dimulai.

Mengingat bahwa setiap perusahaan memiliki kriteria masing-masing untuk masalah pembayaran, maka dari itu di dalam surat penawaran harga perlu dicantumkan mengenai tata cara membayarnya. Beberapa metode seperti pelunasan atau adanya uang muka harus dijelaskan secara jelas.

Pengiriman Barang

Selain metode pembayaran, tentu calon klien akan bertanya-tanya mengenai pengiriman barang setelah mereka membayarnya. Oleh karena itu, sebagai pemberi penawaran, Anda harus mencantumkannya sehingga menjadi pertimbangan sebelum terjadi adanya kesepakatan.

Masalah pengiriman ini memang berkaitan erat dengan metode pembayaran. Beberapa barang yang perlu keamanan tinggi saat mengirimnya maka perlu mencantumkan hal-hal seperti bagaimana cara pengeman serta jenis transportasi selama pengantaran untuk meyakinkan kembali calon klien.

Sifat Penawaran Terhadap Klien

Terdapat beberapa sifat penawaran yang bisa ditawarkan kepada klien sehingga perlu dilampirkan di dalam surat. Salah satunya yaitu bersifat terikat. Artinya klien dan perusahaan pengirim produk memang menjalankan kerja sama secara ketat terutama jika terjadi adanya perubahan harga.

Sifat penawaran berikutnya yaitu bebas. Artinya apabila terjadi perubahan harga ataupun jumlah produk maka kedua pihak tidak memiliki kewajiban untuk saling memberitahu. Biasanya berlaku pada sebuah layanan jasa, sehingga kerjasama hanya berjalan dalam jangka waktu tertentu.

Administrasi Pendukung

Adanya masalah administrasi juga bisa menjadi salah satu hal yang menjadi ketertarikan sendiri bagi calon klien sebelum sepakat untuk menjalankan kerjasama. Tujuannya agar mereka merasa lebih yakin, bahwa pihak pengirim memang terpecaya sehingga berhasil mencapai kesepakatan bersama.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Beberapa administrasi pendukung yang dapat digunakan yaitu SIUP (Surat Izin Perdagangan), NPWP, serta TDR (Dafar Rekam Jejak). Ketiganya bisa Anda lampirkan dalam membuat surat penawaran produk dengan tujuan agar calon klien merasa lebih yakin untuk menjalin kerja sama.

Contoh Surat Penawaran Barang

Surat penawaran barang akan khusus menawarkan produk berupa hal fisik yang bisa dilihat. Biasanya ditujukan kepada distributor atau konsumen langsung seperti masyarakat pada umumnya. Tidak heran jika hal ini seringkali digunakan sebagai langka promosi. Berikut beberapa contohnya:

Penawaran Usaha Properti

No               : 01/DFG/SYT/78Y/2018

Tanggal       : 07 Juni 2018

Hal              : Penawaran Rumah

Lampiran      : 1 Halaman Berkas

 

Kepada Yth.

Direktur Utama/ Direktur/ Manager/ Kepala Bagian dan Seluruh Karyawan

PERUSAHAAN/ LEMBAGA/ DINAS

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Rumah bagi setiap orang memang menjadi kebutuhan primer dimana tidak hanya sebagai tempat tinggal saja melainkan bisa dijadikan investasi masa depan.

Kami ingin mengucapkan terima kasih atas keinginan Bapak/ Ibu karena telah memberikan kesempatan untuk mengenalkan produk unggulan. Kami dari PT Dharmawan Realty Indonesia adalah perusahaan yang berfokus di bidang properti di Bandung dan sekitarnya.

Bersama ini Kami menawarkan produk sebagai berikut:

 

D’Secret Residence – Dharmawan Bandung Selatan

Luas Bangunan            : 59 m2, 69m2, 90m2

Luas Tanah                  : 78 m2, 90 m2, 150 m2

Sertifikat                      : SHM (Sudah Hak Milik)

Spesifikasi Bangunan   : Terlampir

Total unit                      : 20

Ketersediaan unit          : 4

Lokasi                         : Jalan Gardu Utama (depan Koperasi MAJU JAYA)

Srengseng Sawah, Bandung Selatan 1340

Fasilitas dan Akses      : Minimarket (Indomaret dan Alfamart)

Rumah Sakit (RS Indah Melati)

Sekolah (SDN Daruarsi 02, SMPN 06, SMAN 03 Daruarsi)

Kampus (Universitas Pendidikan, Unversitas Terbuka)

Mall (Pusat Perbelanjaan Town Square)

Supermarket (Superindo, Giant, Hypermart)

Stasiun KRL

Garden Fountain, Foot Accupresure, Playground for Children,

                                   Listrik bawah tanah, gazebo, kolam renang, taman buah

Harga                          : Rp 1.345.670.000 (Tipe Mini Flamboyan)

Rp 1.568.900.000 (Tipe Flamboyan)

Rp 1.678.900.000 (Tipe Maxi Flamboyan)

Sistem Pembayaran     : Pembayaran Cash, Angsuran 20 kali, KPR Bank Mandiri

Penawaran Peralatan Komputer

PT JAYA SENTOSA

Ruko Melati Indah, Jl. Cendrawasih No 09

Kota Baru Pakuwon, Padalarang

 

14 Juni 2017

 

Nomor         : 030/06/XI/2017

Perihal         : Penawaran Peralatan Komputer

Lampiran      : 1 halaman brosur

 

Kepada

Pimpinan PT Sudarmaji Group

Jl. Teuku Umar No 15

Banda Aceh

 

Dengan hormat,

Melalui surat penawaran ini, Kami hendak memperkenalkan diri. Kami dari perusahaan PT JAYA SENTOSA bergerak di bidang distributor perlengkapan komputer.

Berdasar informasi yang telah Kami dapatkan, PT Sudarmaji Group adalah perusahaan properti yang sedang mengalami perkembangan pesat khususnya di Banda Aceh dan akan membuka tiga kantor cabang pemasaran di kota Aceh.

Sehubungan mengenai hal tersebut, Kami hendak menawarkan beberapa peralatan dan perlengkapan komputer sebagai penunjang operasional untuk PT Sudarmaji Group. Kami telah melampirkan daftar produk beserta dengan harganya pada lampiran di bawah ini.

Apabila perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan layanan dan produk dari Kami, maka bisa menghubungi Kami melalui nomor 089-445-667-000. Dengan besar hati, Kami akan menyediakan produk-produk yang perusahaan Bapak/Ibu sedang butuhkan. Selain itu, Kami juga menyediakan sekaligus dengan proses instalasi. Bapak/Ibu juga bisa mendapatkan penawaran menarik apabila melakukan pembelian lebih dari 7 produk.

Besar harapan dari Kami agar perusahaan Bapak/Ibu bisa menjalin kerja sama dengan Kami agar sama-sama saling menguntungkan. Apabila memang diperlukan, Kami siap hadir ke kantor Bapak/ Ibu untuk memberikan penjelasan lebih lanjut.

Kami mengucapkan terimakasih atas waktu dan kerjasama dari Bapak/Ibu

 

Hormat kami,

 

PT JAYA SENTOSA

 

Frans Situmorang

Penawaran Barang Elektronik

PT MANDIRI MAJU ELEXINDO

International Trade Supplier and Contractor

Ruko Indah Bersama, Jl W.R. Supratman No 890 Balikpapan

 

08 Desember 2012

 

Nomor           : 145/09/XII/2012

Perihal           : Penawaran Mesin Peralatan

Lampiran        : 1 halaman brosur

 

Kepada

Yth. Pimpinan PT Buana Megah Sentosa

Jl. Soekarno Hatta No 495

Balikpapan

 

Dengan hormat,

Surat penawaran Bapak Agung No 143/PP/IX/2012 tertanggal 31 November 2012 sudah Kami terima. Melalui surat tersebut, maka Kami berniat menawarkan beberapa produk unggulan Kami, sebagai berikut:

1.     Mesin Tulis Merk Olivetta Rp 1.250.000 setiap unit

2.     Mesin Tulis TSM 890 Rp 2.235.000 setiap unit

3.     Mesin Fotokopi Merk Shirp Rp 5.600.000 setiap unit

4.     Mesin Fotokopi Merk Indojaya Rp 7.000.000 setiap unit

5.     Mesin Hitung Merk Indo Sentosa Rp 3.000.000 setiap unit

6.     Mesin Hitung Merk Shirp Rp 2.100.000 setiap unit

Jika Bapak menyetujui penawaran Kami, mohon untuk menghubungi Kami kembali di nomor 011 888888 atas nama Bapak Budi Santo.

Kami berharap untuk bisa menjalin kerja sama saling menguntungkan bersama perusahaan Bapak. Apabila memang dibutuhkan, Kami siap untuk datang memberikan penjelasan lebih lanjut.

Kami mengucapkan terimakasih atas perhatian dan pertimbangannya.

 

Hormat Kami,

PT Mandiri Maju Elexindo

 

Budi Santo

Penawaran Barang Furniture

PT MERA MELINDA FURNITURE

Jalan Imam Bonjol No 345

Telp 022 – 2435321 Fax 022 – 253522

12 Agustus 2013

 

Nomor    : 027/PSHB/VII/2013

Lampiran : 2 Halaman

Perihal    : Penawaran Produk Furniture

 

Kepada

Yth. Pimpinan Direktur PT PRO PROPERTI

Jl Malabar No 34 Bandung

 

Dengan hormat,

Lewat surat penawaran barang ini, Kami berniat untuk memperkenalkan diri. Kami dari PT MERA MELINDA FURNITURE yang fokus di bidang furniture hendak menawarkan beberapa produk unggulan Kami.

Berdasar informasi yang telah Kami dapatkan, PT PRO PROPERTI merupakan perusahaan yang telah berkembang di kota Bandung dan sekitarnya dan akan memperluas usahanya dengan membuka kantor baru di Denpasar. Sehubungan dengan hal ini, Kami hendak menawarkan kerja untuk memenuhi kebutuhan furniture.

Adapun produk furniture yang ingin Kami tawarkan sebagai berikut:

1.     Meja komputer

2.     Lemari

3.     Meja dan kursi kerja

4.     Sofa ruang tamu

5.     Sofa ruang keluarga

6.     Papan pembatas antar karyawan

Bersamaan melalui surat penawaran ini, Kami telah melampirkan brosur serta petunjuk pengunaannya. Apabila tertarik dengan penawaran Kami, maka Kami bersedia untuk mengirim staff untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai produk di atas sehingga Bapak/ Ibu bisa mendapatkannya sesuai kebutuhan.

Demikian surat yang Kami sampaikan. Kami mengucapkan terima kasih atas waktu dan kerjasama dari Bapak/ Ibu

 

Hormat kami,

 

Indah Sukma Permatasari

Penawaran Peralatan Kantor

PT BERKARYA BERSAMA

Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa No 200 Jepara

Telp 021-2464334 Email: [email protected]

 

Jepara, 11 April 2018

Nomor         : 38/Kar/IX/2018

Perihal         : Penawaran Peralatan Kantor

Lampiran      : 2 Halaman

 

Kepada

Yth. Pimpinan PT Utama Mitra

Jalan Jati Babakan No 35

Jepara

 

Dengan hormat,

Berdasar surat yang telah Kami terima sebelumya dengan nomor 023/mr-u/IX/2018 yang berisikan mengenai permintaan daftar barang peralatan kerja di kantor kepada Kami, maka melalui surat ini, Kami akan menawarkan beberapa produk unggulan Kami.

Bersamaan dengan surat ini, Kami juga melampirkan brosur yang berisikan mengenai produk-produk yang telah Kami buat. Selain itu, Kami menawarkan adanya potongan harga untuk pembelian di bulan ini. Garansi Kami berikan sejumlah 1,5 tahun selama pemakaian untuk masing-masing produk. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar sejumlah DP sebesar 40% dari keseluruhan total biaya dengan penjelasan angsuran pada brosur terlampir.

Demikian surat dari Kami, besar harapan dari Kami untuk bisa menerima pesanan dari Bapak/ Ibu. Semoga bisa menjadi awal kerjasama yang baik bagi Kami dan perusahaan Bapak/ Ibu. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas waktu dan pertimbangannya.

Hormat Kami,

Berkarya Bersama

 

Bambang Sujatmiko

Contoh Surat Penawaran Jasa

Berbeda jauh dengan surat penawaran barang, jenis ini hanya menawarkan produk berupa jasa kepada konsumen secara langsung. Pada umumnya berupa layanan untuk perbaikan atau pengisian suatu acara. Berikut beberapa contohnya:

Penawaran Jasa Konsultan

GR CONSULTANT GROUP

Konsultan Bisnis dan Akuntansi

Usaha Mikro Kecil Menengah

Ruko Indah Melati, Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa No 293

Kendari

 

06 Juni 2013

Nomor  : 21/06/IV/2013

Hal       : Penawaran Jasa Konsultan Bisnis dan Akuntansi

Lampiran : satu berkas

 

Kepada

Yth. Pimpinan Manager PT Perkasa Putra Eka

Jalan Jendral Sudirman No 343

Kendari

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenankan Kami agar bisa menawarkan penawaran jasa konsultan bisnis dan akuntansi kepada PT Perkasa Putra Eka. Berikut beberapa jasa dari GR Consultant Group:

1.     Kursus/ Pelatihan/ Privat/ Dasar Perpajakan/ Dasar Akuntansi/ MYOB Accounting

2.     Pengisian SPT untuk Tahunan dan Masa

3.     Pembenahan Seluruh Sistem Akuntansi

4.     Stock Opname Cabang atau Audit Operasional

5.     Komputerisasi Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil Menengah

6.     Pembuatan Laporan Keuangan pada Usaha Mikro Kecil Menengah

Untuk informasi lanjut, Kami mohon untuk menghubungi pada kontak di bawah ini

Situs : www.grconsultant.com

Email : [email protected]

Tep : 022 345671

Besar harapan dari Kami agar Bapak/Ibu bisa menjalin kerjasama dan saling menguntungkan. Apabila diperlukan, Kami siap hadir untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Kami ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan pertimbangannya.

Hormat Kami,

GR Consultant Group

 

Suci Meiyanti

Penawaran Jasa Katering

PT INDAH DIANA CATERING

Jalan Ahmad Dahlan N.o 67

Surabaya

 

05 Februasi 2012

No        : 204/DC/III/2012

PT PERSADA ELEKTRONIKA

Jalan Senayan Timur No. 34

Surabaya

Hal : Penawaran Jasa Caterig

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, Kami dari perusahaan di bidang penyedia jasa catering berniat memberikan penawaran layanan dan Kami dengan penawaran menarik untuk perusahaan Bapak/ Ibu. Kami akan menawarkan harga khusus apabila perusahaan Bapak/ Ibu tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Kami.

Mengenai menu-menu makanan yang ada, silahkan Bapak/ Ibu lihat di berkas yang sudah Kami lampirkan pada halaman terakhir dari surat penawaran di bawah ini.

Sekian surat penawaran jasa catering ini, Kami menunggu kabar selanjutnya dari Bapak/ Ibu dan semoga bisa saling bekerjasama untuk sama-sama menguntungkan. Terima kasih

 

Hormat Saya,

 

Sumarti

Penawaran Jasa Catering

     CV MASAKAN BUNDA CATERING

  Jalan Gatot Subroto No. 234

Medan

Telp. 0354 768 909

[email protected]

Perihal : Penawaran Katering

Lampiran : Daftar Katering

 

Kepada

Yth. Ibu Dewi Melati

Manajer Operasional

Wedding Organizer Indah Indonesia

Medan Utara

 

Dengan hormat,

Masakan Bunda Catering merupakan perusahaan penyedia catering yang sudah berdiri selama 10 tahun. Bersama surat penawaran ini, izinkan Kami menawarkan jasa catering Kami agar bisa saling bekerja sama bersama Wedding Organizer Indah Indonesia.

Kami berkomitmen untuk selalu memberikan penawaran harga menarik beserta kualitas masakan yang terbaik agar Ibu bersedia bekerja sama dengan Kami.

Terkait menu yang Kami sediakan beserta daftar harganya, dapat Ibu lihat pada berkas yang telah Kami lampirkan pada surat ini.

Demikian surat penawaran jasa catering yang Kami sampaikan. Besar harapan dari Kami untuk bisa bekerja sama dengan Wedding Organizer Indah Indonesia yang Ibu kelola.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

 

Hormat Kami,

Masakan Bunda Catering

 

Adnaya Hermawan

Penawaran Jasa Reparasi AC

JAYA TEKNIK PRIMA

AIR CONDITIONER CONTRACTOR – SALES AND REPARATION

 

Nomor : 009/X/CV-PT/2017

Perihal  : Penawaran Barang Reparasi AC

 

Kepada:

Yth. Direktur PT Mandiri Perkasa Internusa

Di Bekasi

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, Kami ingin mengajukan penawaran harga berupa perawatan serts jasa reparasi AC, sesuai permintaan penawaran yang telah Kami terima sebelumnya untuk perawatan AC di Supermarket Harum Melati kota Bekasi. Di bawah ini merupakan daftar harga yang akan Kami tawarkan kepada Bapak/ Ibu, yaitu :

1.     Service AC = Rp 100.000

2.     Freon 1 PK = Rp 65.000

3.     Freon 1 PK Inverter = Rp 105.000

4.     Freon 2 PK = Rp 80.000

5.     Freon 2 PK Inverter = Rp 150.000

6.     Isi ulang Freon 1 PK = Rp 85.000

7.     Isi ulang Freon 1 PK Inverter = Rp 130.000

8.     Isi Ulang Freon 2 PK = Rp 160.000

9.     Isi Ulang Freon 2 PK Inverter = Rp 230.000

10.   Pemasangan AC = Rp 130.000

11.  Jasa Bongkar AC = 75.000

 

Demikian surat penawaran mengenai perawatan dan reparasi AC ini telah Kami sampaikan, besar harapan dari Kami agar Bapak/Ibu sudi mempertimbangkannya. Kami mengucapkan terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

 

Bekasi, 13 April 2017

Hormat saya,

 

Aziz Al Achmad

Penawaran Jasa Pemasangan, Perbaikan dan Perawatan AC

CV EKSELEN SERVICE

Jasa Pemasangan, Perbaikan dan Perawatan AC

Jalan Tangkuban Perahu No. 98 Bandung Selatan

HP 08967785644

Email : [email protected]

 

Bandung, 24 Desember 2018

Nomor : 07/air-main/II/2018

Perihal : Penawaran Layanan Servis

Lampiran :

 

Kepada

Yth. Bapak Dayat Subekti

Manager Wisma Al Mukmin

Di tempat

 

Dengan hormat,

Bersamaan surat ini, perkenankan Kami memperkenalkan mitra kami kepada Bapak selaku pimpinan dari Wisma Al Mukmin. Mitra Kami merupakan sebuah mitra yang bekerja di bidang pemasangan dan perbaikan AC. Kami melayani banyak servis, baik untuk perbaikan AC, pemasangan AC, pemindahan AC lama, pencucian AC serta berbagai hal yang berkaitan dengan perawatan AC.

Wisma Al Mukmin yang Bapak kelola akan semakin terasa nyaman ketika kondisi AC terawat dengan baik karena adanya kerjasama servis dan perawatan oleh tenaga professional dari mitra Kami. Tentunya semua pengelola penginapan ingin mempunyai mesin AC tahan lama. Berikut ini Kami sertakan daftar biaya pemasangan dan perbaikan AC, yaitu:

1.     Cleaning AC 0,5 – 1 = Rp 100.000

2.     Cleaning AC 1,5 – 2,5 = Rp 120.000

3.     Tambah Freon AC Setiap PK = Rp 135.000

4.     Isi Ulang Freon Ac dari 0 Setiap PK = Rp 180.000

5.     Biaya Perbaikan = Menyesuaikan dari kerusakan yang dialami

6.     Biaya Pasang AC 0,5 – 1 = Rp 175.000

7.     Biaya Pasang AC 1,5 – 2,5 = Rp 240.000

Demikian surat penawaran yang Kami sampaikan kepada Bapak. Besar harapan Kami agar Bapak menyetujui penawaran kerjasama ini. Kami ucapkan terimakasih atas waktu dan pertimbangannya.

Hormat Kami,

 

Ekselen Service

 Penawaran Jasa Bimbingan Belajar

CV. PINTAR BERSAMA PERKASA

Bimbingan Belajar SMA, UN dan SBMPTN

Jalan Imam Bonjol KM 23 Nomor 23 Denpasar

Email : [email protected]

 

Bandung, 23 Februari 2012

Nomor : 14/56/SK-nmb/III/2012

Perihal : Penawaran Jasa Bimbingan Belajar

Lampiran : –

 

Kepada

Yth. Kepala SMAN Bhakti Bersama

Di tempat

 

Dengan hormat,

Mengikuti masuknya pendidikan para siswa di semester genap, dimana para siswa akan menghadapi Ujian Nasional, Kami selaku pimpinan Lembaga Belajar Pintar Bersama Perkasa berminat untuk menawarkan kerjasama dengan bimbingan belajar yang ditujukan kepada siswa kelas akhir.

Diadakannya program bimbingan belajar unruk siswa kelas akhir ini merupakan sebuah kegiatan yang demi kematangan dan kesiapan mereka untuk menghadapi Ujian Nasional yang rencananya akan diadakan di bulan April mendatang. Kami memiliki strategi belajar dengan cara terbaru sehingga dapat membantu para siswa kelas akhir dengan mudah ketika mengerjakan semua soal Ujian Nasional. Tim pengajar yang berada dalam naungan bimbingan belajar Kami, merupakan pengajar yang sudah bersertifikat serta menguasai betul materi-materi Ujian Nasional. Jadi para siswa tentu akan terbantu dengan kualitas pengajar dari Kami.

Jika Bapak/ Ibu berkenan memberikan kepercayaan kepada Lembaga bimbingan belajar Kami, Kami mohon menghubungi nomor telepon 022-897896. Besar harapan Kami jika Bapak/ Ibu sepakat untuk menjalin kerjasama dengan Kami. Atas perhatian dan kerjasamanya, Kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat Kami,

Pintar Bersama Perkasa

 

Anggara Praditya

Contoh Surat Penawaran Harga

Surat penawaran harga sudah biasa dikenal dalam dunia bisnis. Tujuan dibuatnya ialah untuk menjual sebuah produk dengan harga tertentu kepada pihak lain. Biasanya ditujukan ke perusahaan, instansi, toko atau Lembaga tertentu. Berikut beberapa contohnya:

Penawaran Harga Barang Elektronik

PT Bintang Jaya

Jalan Solo Nomor 141 Sleman, Yogyakarta

Yogyakarta, 23 Juni 2012

Lampiran : satu halaman

Perihal : Penawaran Harga

 

Kepada

Yth. Bapak Adi Nugroho

Selaku pemilik toko Jaya Syailendra

Jalan Belimbing No. 24 Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Kami dari PT Bintang Jaya ingin menawarkan beberapa produk Kami kepada Bapak Adi Nugroho selaku pengelola Toko Jaya Syailendra. Penawaran menarik ini khusus Kami tawarkan dalam rangka perilisan jenis produk Kami yang terbaru. Berikut daftar produk dan harga yang akan Kami tawarkan:

1.     TV LED 35 inch merk Samsung Rp 2.500.000

2.     Laptop Acer 15 inch merk Acer Rp 3.600.000

3.     Speaker merk Polytron Rp 2.100.000

4.     AC merk Samsung Rp 3.100.000

Jika berminat dengan beberapa produk yang Kami tawarkan di atas, terdapat beberapa cara pembayaran yang bisa Bapak lakukan untuk menyelesaikan transaksi, yaitu:

–       Pembayaran cash ketika barang pesanan diantar

–       Pembayaran melalui kartu kredit (Bank Mandiri dan BNI)

–       Pembayaran dengan angsuran sebanyak 5 kali dan DP sebesar 50% dari seluruh harga barang yang dibeli.

Demikian surat penawaran harga yang Kami sampaikan kepada toko Bapak. Besar harapan Kami agar Bapak tertarik dengan beberapa produk yang Kami tawarkan. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Direktur Utama

PT Bintang Jaya

 

Santoso Fahri

Penawaran Harga Pasang Instalasi Grounding

CV PERSADA BARU

CONTRACTOR – GENERAL SUPPLIER – CLEANING SERVICE

Nomor : 089/KES/SPM/VI/2016

Lampiran : 1 berkas

Hal : Penawaran Harga Pasang Baru Instalasi Grounding di Day Care Anak Flamboyan Lt. 3

 

Kepada

Yth. Ketua Tim Pengadaan Barang Gizi dan Non Medik

Rumah Sakit Umum Islam Fatmawati

Jalan Fatmawati No 89 Palembang

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya perencanaan dari pihak Rumah Sakit Umum Islam Fatmawati untuk melakukan pekerjaan pasang baru instalasi grounding di day care anak Flamboyan Lt. 3. Dengan ini, Kami mengajukan penawaran haga untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, sebagai berikut:

Adapun penawaran harga yang Kami ajukan adalah sebesar Rp 15.800.000,-

Terbilang : Lima Belas Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah

Demikianlah surat penawaran harga yang Kami sampaikan. Kami mengucapkan terima kasih atas waktu dan kerjasamanya.

 

Palembang, 14 Juni 2016

Hormat Kami,

CV PERSADA BARU

 

Ir. Bam Maulana

 

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa

Penjelasan lengkap mengenai contoh surat penawaran barang, jasa, harga serta cara membuatnya bisa dijadikan referensi bagi Anda yang akan menyusunnya. Hal terpenting yaitu penyusunannya harus bersifat formal karena ditujukan kepada Lembaga resmi.

Tinggalkan Balasan