Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja
08Mar, 2020

Dalam administrasi perkantoran, ada banyak sekali jenis surat yang biasa digunakan. Salah satunya adalah surat pengunduran diri yang diberikan karyawan saat hendak mengajukan resign.

Loh, kok mau mengundurukan diri harus pakai surat? Tentu saja harus, karena bagaimanapun juga Anda harus tetap menjaga profesionalitas kerja dan menjalin hubungan baik dengan perusahaan. Sehingga resign yang diajukan pun bisa diterima dengan baik oleh perusahaan dan diri Anda sendiri.

Jangan sampai ketika akan resign, Anda sama sekali tidak memberikan surat formal dan keluar begitu saja ya. Karena itu malah akan mengurangi nilai positif atau citra baik pada diri Anda di dunia kerja yang lebih professional.

Daftar isi:

Cara Membuat dan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja

Dalam dunia kerja, ada kalanya kita akan bertemu titik ingin berhenti atau sudah tidak ingin berada di perusahaan. Alasannya tentu beragam, bisa karena sudah merasa tidak nyaman atau hal lainnya. Sehinngga muncul keinginan untuk resign dari tempat kerja. Bisa juga karena kita merasa pekerjaan tidak sesuai dengan minat dan kompetensi sehingga membuat kita merasa tekanan.

Baca Juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup

Saat kamu benar-benar sudah memutuskan “Baik, saya akan resign” dari instansti atau perusahaan tempat kamu bekerja sekarang, pastikan kalau proses pengajuan resign kamu lakukan sesuai prosedur perusahaan.

Kok harus seperti ini? Tentu saja harus, bagaimana pun kamu harus keluar dengan sopan dan terhormat. Sehingga surat pengunduran diri yang tepat sangat diperlukan dan bukan hanya untuk formalitas saja. Adanya surat pengunduran diri yang dibuat sudah jelas merupakan wujud atau ada seorang karyawan yang baik.

Manfaat Surat Pengunduran Diri Pekererjaan

Tentunya ketika akan membuat sesuatu pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Termasuk hal yang mungkin kamu anggap sederhana, yaitu membuat surat pengunduran diri. Di atas sudah dijelaskan sedikit bahwa ini demi kesopanan dan citra baik. Namun selain itu ada lagi manfaat surat resign yang perlu kamu ketahui.

Perlu kamu ketahui kalau surat pengunduran dir atau surat resign merupakan jenis suran resmi yang berisi permohonan pada atasan untuk minta berhenti dari pekerjaan. Saat mengajukan surat ini tentunya kita sendiri harus memberikan alasan logis.

Selain itu, yang paling utama adalah tidak menyinggung instansi atau perusahaan atas keputisan kamu sendiri untuk resign. Biarpun alasan kamu resign adalah karena masalah dengan perusahaan, namun tetap saja ya kita harus berusaha professional.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari surat resign:

Bisa Terlihat Lebih Terhormat dan Profesional

Bila kamu mengundurkan diri dengan resmi dan baik, tentu saja perusahaan akan memberikan penilaian secara pribadi pada kamu. Bahwa kamu memang keluar dengan terhormat dan tentunya dengan sopan serta menggunakan tata karma.

Beda lagi hal nya bila kamu keluar dari perusahaan tanpa ada konfirmasi dan surat resign resmi, maka kamu malah akan dianggap kabur. Bisa-bisa gaji tunjangan akhir yang bisa kamu terima pun tidak akan akan diberikan sama sekali.

Memberikan Kesempatan Pada Perusahaan untuk Bersiap Mencari Pengganti

Saat kamu keluar dari posisi tertentu, maka aka nada ruang yang kosong alias posisi yang kosong. Sehingga perusahaan tidak bisa tinggal lama mengosongkan posisi tersebut, apalagi bila sangat berpengaruh pada penjualan perusahaan.

Bahkan ada saja aturan perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk mengajukan pengunduran diri 1 bulan sebelum. Tujuannya ya sudah jelas agar perusahaan tidak kerepotan mengisi posisi yang kosong tersebut.

Menentukan Kejelasan Status dalam Perusahaan

Dengan adanya surat resign yang kamu ajukan pada perusahaan maka perusahaan memiliki data yang jelas terkait kamu atau pegawainya. Sehingga status kamu pada perusahaan juga jelas. Apakah kamu masih karyawan atau sudah bukan lagi karyawan.

Mengakhir Posisi Kerja secara Resmi

Pengajuan surat resign menjadi salah satu proses administrasi akhir kamu dalam perusahaan. Karena setelahnya kamu tidak akan lagi diminta untuk memenuhi syarat administrasi yang berkaitan dengan perusahaan. Yuk, akhiri dengan resmi!

Bagaimana, manfaat surat resign tidak akan merugikan kamu kan? Malah akan memberikan nilai positif untuk kamu sendiri.

Cara Membuat Surat Resign Kerja Yang Benar

Pembuatan surat resign atau pengunduran diri dibuat untuk memberikan kesan positif pada kamu. Karena tentunya, siapa sih yang mau dipandang buruk saat meninggalkan suatu perusahaan? Apalagi bila kamu termasuk karyawan yang sudah bekerja dalam waktu lama.

Oleh sebab itulah dalam proses pembuatan surat resign, kamu memang harus memiliki dan memperhatikan bagaimana etikanya. Penggunaan Bahasa nya pun harus formal dan sopan. Nah, berikut ini merupakan tips atau cara membuat surat resign perusahaan agar bisa diterima dengan baik.

  • Buatlah alasan logis kenapa kamu berhenti bekerja. Alasan yang logis, baik dan sopan merupakan kunci hubungan kamu dengan perusahaan nantinya. Ciptakan hubungan yang harmonis biarpun sudah tidak dalam perusahaan tersebut.
  • Jangan membuat isi surat yang bertele-tele, alias kamu harus to the point. Dengan begitu perusahaan juga bisa langsung tahu isi surat yang kamu berikan.
  • Sampaikanlah permohonan maaf kamu atas sikap selama berkeja di perusahaan, khususnya yang dirasa kurang professional.
  • Sampaikan juga ucapan terimakasih banyak pada pimpinan perusahaan kamu bekerja.
  • Berikan doa yang terbaik untuk perusahaan dan cantumkanlah dalam surat.

Apa Saja yang Harus Ada dalam Surat Resign?

Apakah kamu sudah pernah membuat surat resign? Atau belum sama sekali? Nah, kalau belum coba pahami beberapa hal berikut yang harus ada dalam surat resign. Simak yuk!

Salam Pemuka

Kamu tidak harus membuat kalimat yang kreatif dan panjang lebar saat akan membuat surat resign. Langsung saja nyatakan apa maksud dan tujuan kamu mengirimkan surat tersebut. Cantumkan juga tanggal terakhir kapan kamu bekerja. Nah, di samping itu juga jangan lupa selalu sertakan alasan mengapa kamu mengundurkan diri, namun ingat tidak perlu berlebihan dan bertele-tele ya.

Contoh:

Kepada Yth. Bapak/Ibu…. (tulis nama atasan)

Bersama dengan surat ini saya menyampaikan pemberitahuan serta permohonan pengunduran diri dari jabatan saya saat ini. Pengunduran diri ini akan efektif pada tanggal 02 Juli 2020.

(Biasanya terhitung 2 minggu sampai dengan 1 bulan sejak kamu menyerakhkan surat).

Tidak terlalu sulit kan membuat salam pembuka? Coba yuk.

Cantumkan Ucapan Terimakasih

Nah, langkah selanjutnya yang perlu ada dalam surat resign adalah ucapan terimakasih kamu kepada perusahaan khususnya atasan yang sudah memberikan kesempatan dan kepercayaa pada kamu selama bekerja. Sampaikan juga kalau kamu mendapat banyak pelajaran serta pengalaman berharga selama mengisi posisi kamu.

Contoh:

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan perusahaan kepada saya untuk bisa bekerja pada posisi Marketing (isi sesuai posisi saat ini). Saya sangat menghargai kesempatan yang sudah diberikan dan saya juga banyak belajar atas pengalaman yang sudah dijalani.

Intinya kamu harus menyampaikan ucapan terimakasih dengan sopan ya.

Memohon Bantuan Untuk Proses Transisi

Selanjutnya kamu juga sampaikan keinginan mu untuk mohon bantuan untuk proses transisi atau pemindah alihan tugas ke orang baru yang akan menggantikan mu. Di samping itu kamu juga bisa memberikan janji bahwa semua tugas serta tanggung jawab mu akan selesai sebelum kamu keluar dari perusahaan.

Contoh:

Selamat 3 minggu treakhir ini saya akan berusaha untuk menyelesaikan semua tugas serta tanggung jawab saya. Serta akan melakukan transisi pada anggota tim lainnya. Bila perusahaan membutuhkan bantuan saya untuk keperluan yang berkaitan dengan transisi, silahkan hubungi saya. Terima kasih.

Salam,

(Nama)

Bagaimana, mudahkan? Pada prinsip nya sih kamu tentu dapat membuat surat resign yang sesuai dengan kebutuhan atau prosedur yang diberikan perusahaan. Ya paling tidak, kamu tahu cara membuat email perpisahan kerja yang cukup berkesan.

Format Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Ingat saat kamu hendak membuat surat resign, luruhkan dulu egomu meskipun kamu keluar karena ketidaksukaan pada kebijakan perusahaan.

Gunakanlah kata sesopan mungkin dan jangan asal menulis, kamu haru tetap terlihat formal dan professional ya.

Tulis alasan jelas mengapa kamu resign dari perusahaan, berikan juga argument kuat agar surat resign mu diterima dengan baik.

Sebenarnya terkait resign sendiri, peraturannya sudah diatur dalam Pasal 162 No 13 Tahun 2003 mengenai ketenagakerjaan.

Dimana pengajuannya harus diberikan paling maksimal 30 hari sebelum kamu benar-benar resign. Nah, berikut ini adalah beberapa format pengunduran diri pada perusahaan, coba salah satunya yuk!

Contoh Surat Resign

Bandung, 19 Juli 2020 (Nama kota serta tangga dibubuhkan harus tercantum di pojok kanan atas dan keduanya dipisahkan menggunakan tanda baca koma. Oh iya, jangan lupa juga untuk menggunakan huruf kapota untuk nama kota dan bulannya ya).

Untuk nama dan alamat tujuan juga biasanya akan ditunjukan pada HRD atau pimpinan perusahaan tempat kamu bekerja. Usahakan juga untuk tidak menggunakan frasa di tempat.

Contoh Lengkap Surat Resign

Kepada Yth

HRD PT. Cahaya Abadu

Jl Ki Hajar Dewantara 15A Metro Timur, 34111, Kota Metro

Perihal : Pengunduran Diri

Salam Pembuka (Gunakan salam pembuka seperti “Assalamualaikum” agar lebih sopan, atau bisa juga “salam sejahtera”, dan sebagainya)

Alasan dan Tanggal Pengunduran Diri (Bagian ini akan lebih sensitive ya sehingga kamu harus menulisnya dengan sopan dan logis agar bisa diterima dengan baik.)

Ucapan Terima Kasih dan Permohonan Maaf (Jangan lupa untuk mengucapkan rasa terimakasih kamu pada perusahaan. Bisa juga berterima kasih atas perbuatan baik yang telah perusahaan berikan selama kamu bekerja di sana. Kamu juga sebaiknya meminta maaf biarpun tidak memiliki salah)

Salam penutup & Nama Jelas

Wahidin Kohar

Pada bagian salam penutup sebaiknya kamu samakan dengan salam pembuka yang telah digunakan. Bila di awal kamu menggunakan salam maka di akhir juga gunakan salam. Bubuhkan juga nama jelas serta tanda tangan pada bagian pojok kanan bawah. Bila diharuskan menggunakan materai, kamu juga bisa menempelkan materai sebelum ditanda tangan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Pekerjaan

Berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran diri pada perusahaan yang bisa kamu ikuti

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Ini adalah salah satu contoh surat pengunduran diri untuk perusahaan secara singkat

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Jakarta, 11 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Maju Selaras Bersama
Jl. Ir. Soekarna No 23-25

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Wahidin Kohar bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Maju Selaras Bersama Terus sebagai Customer Service terhitung mulai tanggal 21 Maret 2016.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Maju Selaras Bersama. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Maju Selaras Bersama jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Maju Selaras Bersama semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Wahidin Kohar

Contoh ini sudah sangat jelas dan mudah diikuti kan? Kamu hanya tinggal menyampaikan saja apa maksud dari surat, sampaikan juga data diri kamu secara singkat agar perusahaan bisa tahu dengan jelas karyawannya yang hendak mengundurkan diri.

Bila dibutuhkan materai, kamu juga bisa menempelkan materai sebelum menantanganinya. Biasanya sih beberapa perusahaan memiliki prosedur penggunaan materai, sebaiknya kamu penuhi ya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Adanya Pekerjaan Lain

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dengan alasan karena adanya pekerjaan lain.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Adanya Pekerjaan Lain

Kendari, 2 Agustus 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Karya Badai Topan
Jl. Induk Raya No 12-18
Kendari

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Jaenudin Ihsan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Badai Topan sebagai Staff Operator, terhitung dari tanggal 2 Agustus 2016. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Badai Topan. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Karya Badai Topan apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Karya Badai Topan semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Jaenudin Ihasan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Usia Tidak Mendukung

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri dengan alasan kesehatan maupun usia yang tidak mendukung.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Alasan Kesehatan dan Usia yang Tidak Mendukung

Badung, 01 Mei 2015

Kepada Yth,
Kepala Personalia CV Akhirat Surga Dunia
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan CV Akhirat Surga Dunia berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama : Hamidah Akbar
Departemen : CV. Akhirat Surga Dunia
Jabatan : Staff Mekanik
No. Karyawan : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada CV Akhirat Surga Dunia dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Hamidah Akbar

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Perusahaan

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri sederhana untuk di ajukan pada perusahaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana untuk Diajukan Pada Perusahaan

 

Cianjur, 12 April 2016

Kepada
Yth Pimpinan
CV. Laku Keras Jaya Mobil
Cianjur

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anisa Nurmaidah
Alamat : Jl Bendungan Hilir Kota Asin, Cianjur
Jabatan : Sales Counter

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pertanggal 19 April 2016. Demikian permohonan pengunduran diri saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja ditempat Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Anisa Nurmaidah

Contoh Surat Pengunduran Diri Jelas dan Singkat

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Jelas dan Singkat

Magelang, 6 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Menejer
PT. Maju Lancar
Jalan Harian A245
Magelang

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Anida Hasan bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Lancar sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 29 April 2016. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Lancar. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Maju Lancar atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Maju Lancar semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Anida Hasan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Konsidi Kesehatan TergangguContoh Surat Resign Karena Konsidi Kesehatan yang Terganggu untuk Perusahaan

Bandung, 11 Mei 2015

Yth,
Bapak/Ibu Manager
di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda yangan di bawah ini:

Nama : Zahra Latifah
Posisi/Jabatan : Office Administrator
No. Karyawan : RK4315

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya saat ini, yaitu sebagai Office Administrator di PT Sentosa Jaya Abadi karena alasan kesehatan. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu bisa memahami dan mengizinkan saya untuk menerima pengajuan ini.

Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya pada perusahaan dan rekan-rekan karyawan yang telah memberikan banyak bantuan serta pengalaman selama bekerja di perusahaan. Saya juga memohon maaf jika ada kesalahan baik disengaja ataupun tidak.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Hormat Saya,

Tanda Tangan

(Nama Lengkap)

Contoh Surat Pengunduran Diri Bank

Contoh Surat Pengunduran Diri Bank

Bandung, 31 Januari 2020

Yth, Personalia
Bank Mandiri Syariah (KCP Bandung)
di tempat

Salam hormat,

Dengan surat ini, saya Kahla Ningsih bermaksud mengajukan surat pengunduran diri dari Bank Mandiri Syariah sebagai Manager Training (MT) Officer. Terhitung sejak tanggal 31 Januari 2019 dengan alasan adanya masalah kesehatan dan keluarga.

Saya ucapkan terimakasih banyak atas kesempatan yang sudah diberikan selama saya bekerja di Bank Mandiri Syariah KCP Bandung. Saya juga memohon maaf kepada seluruh staff Bank Mandiri Syariah KCP Bandung bila ada keselahan yang sudah saya lakukan selama bekerja.

Besar harapan saya agar Bank Mandiri Syariah bisa terusa maju dan berkembang dengan baik.

Hormat Saya,

Kahlah Ningsih

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

4 October 2019

To: Mr. David Beckham
HRD Departement
PT Pertamina Tbk
Dear Mr. David Beckham:

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective May 15, 2018.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

Nilo Catur’

Itulah salah satu contoh surat resign dalam Bahasa inggris. Biasanya akan digunakan bila perusahaan mu sudah bertarap intrenasional. Contoh di atas bisa kamu ikuti bila kamu memang masih merasa bingung mau menulis apa. Tidak sulit kok, format di atas tinggal kamu ketik ulang saja.

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana dan Jelas untuk Perusahaan

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana dan Jelas untuk Perusahaan

Jakarta, 11 Januari 2018

Kepada Yth,
Manager PT Sentosa Jaya Abadi
Jl. Kampung Pulo No. 56
Jakarta Utara

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sebagai Kepala Marketing di PT Sentosa Jaya Abadi Tbk., Sesuai dengan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketengagakerjaan dan undang-undangnya yang berlaku, oleh sebab itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ilman Akbar
Departemen : PT Sentosa Jaya Abadi
Posisi/Jabatan : Kepala Marketing
No. Karyawan : 73647364-jrd

Berniat untuk mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Sentosa Jasa Abadi karena factor atau kondisi kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk dapat bekerja dengan baik. Untuk itu saya berharap jika perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, terima kasih atas segala bentuk dukungan dan bantuan saat saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ilman Akbar

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Tanpa Bertele-tele

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Tanpa Bertele-tele

Bandung, 15 Juli 2009

Kepada
Yth. HRD
PT. Sentosa Jaya Abadi

Yang bertandatangan di bawah ini,
Nama : Deri Azhari
Alamat : Jl. Raya Sentosa Kecamatan Alam Barzah, Bandung
Posisi/Jabatan : Customer Service

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 15 Juli 2008.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja dengan profesional pada perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Deri Azhari

Contoh Surat Resign Karena Alasan Membuka Usaha Sendiri

Contoh Surat Resign Karena Alasan Membuka Usaha Sendiri

Jakarta Utara, 04 Agustus 2017

Palembang, 04 Agustus 2017
Kepada
Yth, Ibu Tuti Astuti
HRD PT Alam Gaib
Jln. Merdeka Hingga Mati

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Melisa Akbar
Tempat/Tgl Lahir : Bandung, 23 Januari 1993
Alamat : Jl Burangrang
Jabatan : General Accoaunting

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting PT Alam Gaib akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Melia Akbar

Contoh Surat Pengunduran Diri alasan Keluarga

Contoh Surat Pengunduran Diri alasan Keluarga

Makassar, 18 Agustus 2017

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Dimas Andrean Putra
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dimas Andrean Putra

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris Profesional

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris Profesional

Jakarta, September 25rd, 2015

Mr. Septian Cahyadi
Managing Director
Mudadesign
Jl. Z.A Pagaralam
Jakarta

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from September 30th, 2015. I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation and the date. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company Mudadesign for the support and the opportunity that I have gained while I work here. I wish you and the entire team of Mudadesign success and continue to provide the best for consumers. Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Ahmad Tarnudzy

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris Baik dan Benar

Dear Mr. Susanto

My purpose in writing this letter is to announce my resignation from the Bank ABC that you lead. I will leave my position as personnel manager one week from of the date in this letter.

This is a very difficult decision for me after working for 7 years in your company. I enjoyed my years working in your company and manage a very solid team and successful which is dedicated to all our customers.

I have accepted a position as chief executive officer at Bank BDA. This opportunity gave me the opportunity to grow professionally and I hope we can work together in the near future. Once again, I thank you very much for the guidance and the opportunity to be part of the family of the Bank ABC. I hope the best for you and the company.

Bandung, March 3rd, 2015

Sincerely,

Rizki Ananta

Atau bisa juga dengan menggunakan format berikut ini:

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Semarang, 17 September 2018

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Raung Kautama
Jl. Gatot Subroto No 189
Semarang
Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Raung Kautama sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Resti Maula
Jabatan : Logistic and Planning Manager
Departemen : Keuangan
Alamat : Jln. Brawijaya No 92, Semarang

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Resti Maula

Contoh Surat Pengunduran Diri Pada Perusahaan

Surat Pengunduran Diri Pada Perusahaan

Yth.
Kepala Desa Tajem
di Tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya Dian Nitami, selaku bendahara Desa Madureja mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan tersebut. Alasan dari pengunduran diri saya dikarenakan saya akan berpindah domisili ke Jakarta. Adapun waktu dari pengunduran ini terhitung efektif per tanggal 20 Februari 2019.

Saya selaku bendahara desa mengucapkan banyak terima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan selama ini. Saya juga mohon maaf apabila selama mengemban amanah sebagai bendahara desa Madureja banyak berbuat khilaf dan salah. Semoga Desa Madureja terus maju dan berkembang, serta tetap menjaga kerukunan.

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam surat pengunduran diri ini. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya menyampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Dian Nitami

Bagaimana, untuk contoh-contoh di atas sudah lengkap kan? Kamu tinggal coba mempraktekannya saja sendiri. Bila ingin mengajukan lamaran kamu bisa coba menggunakan templete atau format surat resign yang ada pada contoh di atas. Kamu bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau pun Bahasa Inggris bila perusahaannya masuk dalam skala internasional.

Nah, bila perusahaan meminta kamu untuk mencetak dan mengirimkan email surat pengunduran diri yang telah dibuat maka kamu sebaiknya menggunakan kertas berukuran A4 dan font huruf times new roman, untuk ukurannya standar saja 11-12.

Cara Agar Surat Resign Bisa Diterima dengan Baik

Saat membuat surat pengunduran diri atau surat resign untuk perusahaan, Anda tentunya ingin agar surat yang Anda ajukan bisa diterima dengan baik. Iya kan? Karena bagaimana pun pengunduran diri kamu dari perusahaan merupakan hal penting yang harus segera kamu selesaikan.

Apalagi kalau kamu sudah merasa tidak nyaman berada di perusahaan.

Sehingga sangat penting untuk kamu bisa membuat surat resign secara formal dan sebaik mungkin agar kamu bisa terlihat lebih professional dan perusahaan pun bisa memahami maksud tujuan kamu dengan jelas.

Selain itu, meskipun kamu merasa tidak nyaman di perusahaan, surat pengunduran diri yang dibuat dan diberikan akan tetap menjaga hubungan baik mu dengan perusahaan.

Karena bagaimana pun juga tidak ada orang yang ingin meninggalkan kesan buruk pada atasan atau rekan kerja nya di perusahaan sebelumnya, benar tidak?

Oleh sebab itulah, sebelum menutup artikel ini, sebaiknya kamu kembali memahami bagaimana sih cara agar surat resign yang kamu ajukan bisa diterima dengan baik oleh perusahaan tempat kamu bekerja. Simak ulasan berikut ini.

Menulis Maksud & Tujuan dengan Jelas

Pertama, kamu harus memastikan bahwa surat mu memang benar-benar sudah dibua dengan professional. Surat harus memuat maksud & tujuan dengan jelas alias tidak samar-samar.

Bahkan tanggal pengunduran di rupun harus kamu cantumkan loh. Karena itu juga maksud dalam komponen penting pembuatan surat pengunduran diri.

Cobalah sampaikan dengan jelas pada atasan, tanggal berapa kamu akan mulai tidak aktif bekerja lagi di perusahaan sehinga perusahaan pun bisa bersiap-siap untuk mencari pengganti.

Jangan lupa juga menuliskan nama posisi atau jabaran kamu saat ini agar atasan bisa memahami dengan jelas.

Yang terpenting adalah kamu harus menyiapkan surat lamaran ini setidaknya 2 pekan sebelum kamu tidak aktfi kembali bekerja.

Jangan mendadak ya, apalagi bila perusahaan memiliki aturan baku mengenai siapa saja yang bekerja dan ingin mengundurkan diri harus H-2 minggu atau H-30 hari.

Sampaikan dengan jelas kepada atasan tanggal berapa Anda mulai tidak lagi masuk dan bekerja di dalam perusahaan. Tuliskan juga jabatan terakhir atau posisi yang akan Anda tinggalkan di perusahan, sehingga atasan memahami hal ini dengan jelas.

Jangan Menulis Keluhan atau Komentar Negatif tentang Pekerjaan Kamu

Tentu kamu memiliki alasan kenapa kamu ingin keluar di perusahaan. Baik itu karena sudah tidak nyaman atau ada hal-hal yang membuat mu tidak suka selama bekerja di perusahaan sebaiknya kamu tidak menyampaikan secara terbuka.

Hindari penulisan komentar negative karena itu malah akan memperlihatkan kalau etika kerja kamu sangat buruk. Selain itu meskipun mau resign, kamu juga tetap harus menghormat atasan dan rekan kerja perusahaan. Iya kan?

Sampaikan dengan Lugas & Tidak Bertele-Tele

Selanjutnya saat pembuatan surat pengunduran diri juga harus lugas dan jelas ya alias tidak bertele-tele. Sehingga pihak perusahaan pun bisa paham dengan baik.

Kalau kamu bertele-tele dan terlalu banyak menggunakan kalimat-kalimat tidak penting malah bisa membua penilaian buruk dan pihak HRD malah tidak mau membaca surat yang kamu berikan. Jadi, yuk gunakan kalimat yang lugas!

Menawarkan Bantuan Bila Dibutuhkan

Nah, saat kamu mengajukan surat resign atau penguduran diri maka otomatis kalau sudah keluar posisi kamu akan kosong dan tentunya harus ada orang lain yang menggantikan.

Baik itu mereka yang baru masuk atau pun orang lama yang dipindah posisikan atau dipindah tugaskan untuk menganangi tugas kamu saat ini.

Oleh sebab itulah, kamu bisa coba menawarkan bantuan bila memang dibutuhkan untuk bekerja sama dengan orang tersebut, pada intinya kamu akan memberikan pelatihan khusus.

Sehingga saat kamu keluar dari perusahaan, karyawan baru yang menggantikan posisi mu bisa menangani pekerjaannya dengan baik. Biarpun tidak mudah, tapi bisa sekali untuk dicoba.

Apakah Ada Perjanjian Kerja? Yuk Coba Tanyakan Kembali!

Ketika kamu masuk ke perusahaan dan bergabung pada posisi tertentu, biasanya kamu memiliki perjanjian tertentu dengan perusahaan. Misal berupa kewajiban kerja yang harus dipenuhi, mengenai jam kerja, mengenai gaji, tunjangan, dan lain-lain.

Nah, saat kamu henda mengundurkan diri cobalah tanyakan kembali secara detail mengenai perjanjian tersebut. Sehingga urusan kamu dengan perusahaan pun bisa terselesaikan dengan baik.

Misal, mengenai pembayaran gaji setelah kamu mengudurkan diri, fasilitas perusahaan yang sudah kamu gunakan selama bekerja seperti laptop, handhone atau kendaran, dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk menyampaikan rasa terimakasih yang banyak pada perusahaan tempat kamu bekerja. Ini masuk dalam hal waji dan tidak boleh kamu lewatkan ya.

Mengatakan terimakasih pada perusahaan benar-benar hal penting untuk dilakukan, terlepas dari apa serta bagaimana sih kesa selama bekerja kepada perusahaan. Apalagi dengan bekerja di perusahaan tersebut, kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja yang banyak.

Ingat, luruhkan dulu ego kamu ya bila memang kamu merasa kurang senang dengan kebijakan perusahana. Usahakanlah untuk selalu tetap professional dalam kondisi apapun.

Menjaga Hubungan Agar Tetap Baik

Dengan surat pengunduran diri yang kamu berikan maka kamu bisa meninggalkan kesan baik. Jangan lupa juga untuk berpamitan ya pada rekan kerja dan juga atasan tempat kamu bekerja sebelumnya.

Biarpun terasa kurang penting tapi hal ini juga bisa masuk dalam ketegori penting loh karena mengingat kamu sudah bekerjasama selama beberapa lama dengan mereka. Tentunya kamu juga tidak akan tahu apakah mereka nantinya akan bekerja sama lagi dengan kamu atau tidak. Sehingga akan lebih baik kalau kamu bisa menjaga hubungan tersebut agar tetap baik.

Memang sih mengundurkan diri itu tidak mudah dan merupakan keputusan yang cukup sulit. Apalagi bila ternyata kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut sejak lama, 4 tahun misalnya. Tentunya jalinan kerja dan posisi kamu sudah sangat dipertimbangkan oleh perusahaan.

Biarpun begitu, pastikan kamu melakukannya dengan professional ya, ikuti prosedur pengunduran diri perusahaan bila memang ada. Patuhi peraturannya sebelum kamu benar-benar tidak tercatat lagi sebagai karyawan aktif perusahaan.

Oh iya, sebaiknya juga kamu mengirimkan pesan pada seluruh staff perusahaan atau minimal anggota divisi kamu untuk berpamitan bila memang secara langsung tidak sempat dilakukan. Dengan begitu anggota divisi kamu juga bisa menilai kamu professional dan huungan kamu bisa terjaga dengan baik meskipun sudah tidak bekerja sama.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS?

Itulah pembahasan mengenai contoh surat pengunduran diri atau surat resign. Di atas sudah dibahas mengenai bagaimana tips, apa saja kesalahan serta contoh-contoh surat resign yang baik dan benar.

Sekarang bila keputusan resign kamu sudah bulat maka saatnya kamu membuat surat resign. Jangan lupa untuk membuatnya secara professional seperti contoh contoh yang sudah diberikan di atas. Tidak sulit kok, kamu tinggal ambil laptop mu lalu ketik surat resign mu sekarang juga.

Janga lupa untuk mengkoreksi kembali ya sebelum mengirimkannya pada atasan, minimalisir typo dan penggunaan Bahasa yang kurang sopan agar perusahaan tidak memberikan citra buruk pada kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *