Contoh Surat Permohonan Bantuan

Contoh Surat Permohonan Bantuan

Diposting pada

Contoh Surat Permohonan Bantuan – Dalam kehidupan sehari-hari kita terbiasa menghadapi situasi yang membutuhkan bantuan orang lain. dalam kondisi informal, bantuan yang kita butuhkan bisa disampaikan langsung kepada orang yang dituju yang dianggap bisa memberti bantuan walaupun ada juga beberapa kondisi yang tetap membutuhkan sebuah surat.

Namun untuk kondisi formal, kita diharuskan membuat sebuah surat permohonan bantuan kepada pihak yang dimaksud. Sedikit birokratis namun ada maksud dari kewajiban membuat surat permohonan ini. Tidak lain karena dibutuhkannya dokumentasi untuk pengarsipan sekaligus sebagai informasi tembusan kepada pihak-pihak terkait. Surat permohonan bantuan ada banyak jenisnya seperti surat permohonan dana, surat permohonan bantuan hukum dan lainnya.

Surat permohonan bantuan ini bisa dibuat bebas tanpa pakem apapun, jika yang dituju adalah pihak-pihak informal dengan bahasa sesederhana mungkin. Namun untuk surat formal, ada poin-poin yang harus dicantumkan dalam surat agar surat tersebut dapat diterima dan bersifat legal. Namun sebelum membahas isi surat permohonan bantuan, mari pahami lebih dalam apa yang dimaksud dengan surat permohonan bantuan itu.

Pengertian Surat Permohonan Bantuan

Pengertian Surat Permohonan Bantuan

Dalam tulisan ini, yang akan dibahas adalah surat permohonan bantuan secara formal. Sehingga definisi yang dimaksud juga berkaitan dengan surat formal yang ditujukan ke lembaga atau instansi tertentu.

Baca Juga: Contoh Proposal Pengajuan Dana

Surat permohonan bantuan bisa diartikan sebagai sebuah surat resmi yang dikeluarkan oleh seseorang, divisi, instansi ataupun kelompok yang bertujuan untuk memohon bantuan dalam bentuk yang disebutkan dalam suratnya.

Bantuan di sini bisa berbentuk dana, fasilitas,  atau kerjasama yang dibutuhkan agar sebuah kegiatan bisa berjalan dengan baik. Surat ini disebut resmi karena ada orang yang bertanda tangan dan menjadi penanggung jawab.

Poin-poin Penting

Sebagai sebuah surat resmi, ada poin-poin yang harus tercantum dalam surat permohonan bantuan yaitu:

Identitas pemohon

Identitas ini bisa berarti KTP, SIM, Paspor atau tanda pengenal dari instansi yang menjelaskan data diri pemohon dan alamatnya.

Isi surat permohonan

Isi disampaikan dengan jelas dan singkat. Contoh surat pengajuan barang, harus disebutkan jenis barang, jumlah dan periode waktu dibutuhkannya barang tersebut.

Tujuan atau alasan permohonan

Sebutkan dengan jelas dan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami tujuan atau alasan dari surat permohonan ini. Semakin jelas semakin mudah dipahami. Dan seharusnya tujuan surat permohonan berisi hal-hal yang bermanfaat dan berguna banyak orang sehingga pihak yang dituju dapat melihat itikad baik ini.

Batas waktu untuk jawaban yang diharapkan

Untuk sesuatu yang sifatnya urgent, maka dituliskan juga tanggal terakhir permohonan bisa diberikan agar tidak mengganggu dari kegiatan yang direncanakan. Contoh surat permohonan dana, harus disebutkan tanggal dana dibutuhkan sehingga acara bisa dilakukan dengan baik.

Pernyataan kesungguhan permohonan

Merupakan penutup yang menunjukkan kesungguhan permohonan yang diajukan dalam bentuk pernyataan. Di sini juga disebutkan tidak adanya unsur negatif dalam bentuk apapun sehingga permohonan ini tidak akan merugikan siapapun.

Sistematika Penulisan

Dalam surat permohonan bantuan, ada pakem yang harus selalu ada, sehingga surat tersebut bisa dianggap sah dan layak untuk diajukan ke pihak terkait. Hal ini berhubungan dengan birokrasi yang meminta surat yang sesuai dengan aturan instansi/perusahaan mereka. Berikut sistematika penulisan surat permohonan bantuan yang harus tercantum di dalamnya:

Format surat permohonan yang umum beredar adalah sebagai berikut:

  1. Kop surat: Bila perseorangan tidak dibutuhkan. Kop surat menandakan bahwa surat ini berasal dari lembaga/instansi tertentu.
  2. Nomor surat
  3. Tempat dan tanggal surat
  4. Perihal: Biasanya hanya tertulis Permohonan Bantuan/Kerja sama
  5. Isi: Bagian ini biasanya terdiri dari:
  • Pembuka: Biasanya berisi salam pembuka yang bisa berdasarkan agama masing-masing atau menggunakan salam pembuka umum seperti Selamat Pagi dan lainnya.
  • Isi: Merupakan bagian yang berisi tujuan surat dibuat. Cantumkan sejelas mungkin maksud dan tujuan surat dibuat sehingga tidak ada kesalahpahaman pada si penerima surat.
  • Penutup: Menjadi akhir dari isi surat yang diisi dengan ucapan terima kasih sekaligus menuliskan harapan dari si pembuat surat.
  1. Nama serta tanda tangan yang menjadi penanggung jawab kegiatan. Lebih baik lagi jika ada stempel resmi jika surat berasal dari lembaga/instansi tertentu.
  2. Lampiran

Lampiran berisi data-data yang mendukung isi surat untuk meyakinkan si penerima surat.

Pada surat permohonan bantuan dana ada beberapa tambahan yang perlu dimasukkan ke dalam isi surat yaitu:

  1. Sebutkan dengan jelas pihak yang diminta dana: Jika di suatu lembaga biasanya ditujukan ke bagian administrasi/keuangan
  2. Sebutkan organisasi atau kepanitiaan yang mengadakan kegiatan yang membutuhkan dana: Informasi ini harus jelas disebutkan dan tercantum pula alamat dan penanggung jawab dari organisasi tersebut.
  3. Menjelaskan tujuan permohonan dana dan bagaimana penyaluran dana tersebut akan digunakan
  4. Sebutkan jumlah dana yang dibutuhkan sebagai gambaran bagi pihak yang dituju: Tidak selalu ada, tapi untuk beberapa instansi/lembaga membutuhkan keterangan ini.
  5. Menjelaskan teknis pemberian dana yang dimaksud: Bisa dengan menyebutkan penanggung jawab yang mengumpulkan dana atau no rekening penampungan dana tersebut.
  6. Menyebutkan pihak-pihak yang akan mendapatkan bantuan dana tersebut. Sebutkan sejelas mungkin dan sedetail mungkin penerima dana jika surat tersebut merupakan surat permohonan dana sosial. Bisa dalam bentuk draft yang ada di lampiran dan jika kegiatan telah selesai dikirimkan informasi real penyaluran dana tersebut.

Cara Membuat Surat Permohonan

Cara Membuat Surat Permohonan

Gunakan sistematika di atas

Setelah memahami sistematika isi surat permohonan bantuan, maka kita sudah bisa membuat surat ini. Berdasarkan sistematika di atas, buatlah urutan surat dan sesuaikan dengan kebutuhan pembuat surat. Sistematika di atas bisa digunakan untuk semua pihak tinggal menyesuaikan isinya dengan tujuan surat kita.

Baca Juga: Contoh CV Surat Lamaran Kerja

Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menunjukkan kesopanan. Selain itu bahasa Indonesia dipahami oleh semua orang sehingga bisa dimengerti oleh siapa saja.

Penggunaan meterai

Untuk penggunaan meterai ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak semua surat membutuhkan meterai, sehingga kita harus mencari tahu dahulu, diperlukan tidaknya meterai ini.

Jenis-jenis dan Contoh Surat Permohonan Bantuan

Ada banyak jenis contoh durat permohonan bantuan yang beredar. Di bawah ini disebutkan jenis-jenis surat tersebut lengkap dengan isinya. Siapapun bisa menggunakan surat permohonan ini dengan hanya mengganti beberapa poin utama dari surat. Beragam surat tersebut dapat dikelompokkan menjadi:

Surat Permohonan Bantuan Sarana/Fasilitas

Surat Permohonan Bantuan Sarana Fasilitas

Kop Surat

Jakarta, 3 Januari 2020
No: 1/20/FIN-ACC/Workshop
Hal : Permohonan Bantuan Sarana/Fasilitas Ruang Rapat
Lampiran: 1 lembar daftar peserta

Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Kepala Divisi HRD/GA
Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan akan diadakannya acara Workshop Finance for Non Finance untuk para manajer di kantor pusat, dengan ini kami mohon izin dari divisi HR/GA terkait peminjaman ruang rapat besar. Adapun acara workshop akan diadakan pada:

Hari dan tanggal: Rabu – Kamis, 15 – 17 Januari 2020
Waktu: 08.00 – 17.00 WIB
Tempat: Ruang Rapat Utama

Acara akan berlangsung selama 3 hari full day sehingga membutuhkan ruang rapat besar yang berada di bagian depan agar tidak mengganggu aktivitas rutin staf kantor pusat. Mohon juga disediakan konsumsi lengkap untuk acara tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan demi kelancaran acara workshop. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Anwar Ibrahim

Manajer Divisi Finance/Accounting

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana untuk Sosial Musibah

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana untuk Sosial Musibah

Kop Surat

 

Jakarta, 3 Oktober 2019
No: 230/GERBER/JKT/10/19
Hal: Permohonan Bantuan Dana Sosial
Lampiran: 1 lembar

Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Cemerlang Berkah Jaya
Di Jakarta

Dengan hormat,

Indonesia berada di wilayah rawan bencana. Setelah musibah banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, kini Indonesia juga mengalami bencana gempa. Gempa dengan skala 6,5 MMI yang terjadi pada tanggal 26 September 2019 di wilayah Ambon telah merenggut korban jiwa dan ratusan bangunan runtuh.

Yayasan Gerak Bersama Jakarta Kembali mengadakan penggalangan dana guna meringankan penderitaan saudara kita di Pulau Ambon dan Kabupaten Seram. Bantuan ini akan disalurkan kepada warga yang mengalami luka-luka dan kehilangan tempat tinggal.

Kami lampirkan juga laporan penyaluran dana yang telah kami lakukan hingga per bulan September 2019.

Demikian surat ini kami sampaikan, semoga saudara kita di Tanah Ambon dapat merasakan kehangatan dan kasih sayang dari saudara-saudaranya seNusantara. Atas perhatian dan donasinya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Anwar Ibrahim

Manajer Divisi Funding

Yayasan Gerak Bersama Jakarta

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan/Sponsorship

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

Kop Surat

 

Jakarta, 3 Mei 2019
No: 025/DUSEF/TOFI-Sc/V/19
Hal : Permohonan Bantuan Kerjasama/Sponsorship
Lampiran: 1 bundel kegiatan

Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Cemerlang Berkah Jaya
Di Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami pengelola Yayasan Dunia Sains Indonesia, akan mengadakan kegiatan untuk menarik minat siswa SMP dan SMA pada bidang sains. Kegiatan ini juga akan menyaring bibit-bibit muda untuk mengikuti training sains sebagai calon peserta olimpiade sains dunia. Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari dan tanggal: Rabu – Kamis, 15 – 17 Agustus 2019
Waktu: 08.00 – 17.00 WIB
Tempat: Dunia Fantasi Ancol
Kegiatan: Perlombaan dan seleksi Awal peserta olimpiade sains dunia

Acara tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan kepada masyarakat akan sains di kehidupan sehari-hari. Sehingga sains menjadi bagian dari masyarakat. Kami memberikan beberapa bentuk Kerjasama sponsorship yang bisa dipelajari di bagian lampiran sehingga memberi kesempatan pada perusahaan untuk menjadi bagian dari kampanye sains ke masyarakat.

Demikian surat ini kami sampaikan sehingga bisa menjadi jalan Kerjasama bagi perusahaan bapak. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Anwar Ibrahim
Project Officer Dunia Fantasi Science Festival

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan/Beasiswa (perorangan)

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pendidikan Beasiswa

Jakarta, 3 Januari 2020
Hal : Permohonan Bantuan Dana Pendidikan/Beasiswa
Lampiran: 4 lembar

Yang Terhormat,
Bapak/Ibu Gubernur DKI Jakarta
Di Jakarta

Dengan hormat,

Dengan ini saya ingin memperkenalkan diri:

Nama : Sri Rahayu
Alamat: Jl. Kelapa Nunggal 13 Utan Kayu Jakarta Timur
Status : Siswa SMA N 31 Kelas X

Menginformasikan adalah benar sebagai siswa tidak mampu dan hendak mengajukan bantuan dana pendidikan/beasiswa yang ada di sekolah ini. Saya seorang siswa berprestasi semenjak di bangku sekolah SMP dan mempunyai cita-cita untuk meneruskan pendidikan saya ke jenjang lebih tinggi.

Saya lampirkan juga beberapa surat seperti surat keterangan tidak mampu, rekening pembayaran listrik, Kartu Keluarga dan surat keterangan dari sekolah SMA N 31. Jika masih membutuhkan dokumen lain, saya siap menyediakannya.

Demikian surat ini saya sampaikan. Besar harapan saya, bapak/ibu bisa membantu saya dalam mendapatkan beasiswa ini demi kelancaran pendidikan saya. Atas perhatian dan Kerjasama Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Sri Rahayu

Siswa SMA N 31 Kelas X

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pengobatan

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Pengobatan

Jakarta, 27 Desember 2019
Hal : Permohonan Bantuan Dana pengobatan dari Kas RW
Lampiran: 1 lembar daftar tagihan RSU Palmeriam

Yang Terhormat,
Bapak Ari Ketua RW 07
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya menyatakan:

Nama : Roni anak Bapak abeni
Alamat : Jl. Salemba utan barat gang S No. 15 Rt/Rw 03/07
Domisili sejak tahun: 1995

Menyampaikan bahwa bapak saya benar dirawat di RSUD Palmeriam sejak tanggal 20 – 27 Desember 2019 karena menderita DBD. Hingga saat ini masih berutang kepada RSUD sebanyak Rp. 3 juta dan belum bisa keluar dari rumah sakit walaupun sudah sembuh. Bapak saya tidak bisa menggunakan BPJS karena belum melunasi tunggakan selama 3 bulan.

Dengan ini, saya mohon bantuan dari Ketua RW di mana bapak saya aktif dan selalu membayar iuran setiap bulannya, untuk dapat meminjamkan dananya supaya bapak saya bisa segera keluar dari RSUD. Supaya biayanya tidak bertambah besar. Dan selanjutnya, saya akan mencicil per bulannya Rp. 300.000.

Demikian surat ini saya sampaikan dengan harapan yang besar dari Bpk Ari selaku Ketua RW. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Roni
Warga RW 07

Contoh Surat Permohonan Bantuan hukum

Contoh Surat Permohonan Bantuan hukum

Jakarta, 3 Januari 2020
Hal : Permohonan Bantuan Hukum

Yang Terhormat,
Bapak Saut Simanjutak SH.
KANTOR HUKUM SIMANJUTAK DAN REKAN
Jl. Terusan Kopo Barat, No. 17 Bandung Jawa Barat
Telp: 022 – 6872235

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Veila Diandra
No. KTP : 3201016808730008
Tempat Lahir : Purwokerto
Umur/Tanggal Lahir : 40 Tahun/16 Februari 1980
Kebangsaan : Indonesia
Pekerjaan : Karyawati
Agama : Kristen Protestan
Tempat Tinggal : Jl. Ujung Berung Raya, No. 21 Bandung

Dengan ini mengajukan permohonan bantuan hukum atas kasus yang menimpa saya. Saya berharap Bapak dapat mewakili saya akan permasalahan hukum perdata yang terjadi pada diri saya dengan pihak tergugat bernama Sdr. Ariyanti. Permohonan ini sekaligus menjadi surat penunjukan Bapak sebagai kuasa hukum saya.

Demikian surat ini saya sampaikan demi kelancaran urusan hukum perdata saya. Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Veila Diandra
Pemohon

Contoh surat permohonan bantuan merupakan sebuah cara seseorang untuk bisa menyampaikan keinginannya untuk mendapatkan bantuan. Siapa pun bisa membuatnya dan ditujukan ke pihak yang dianggap mampu untuk membantu.

Baca Juga: Contoh Kata Pengantar Proposal

Namun, harus diingat, bahwa sebagai sebuah surat, sangat tergantung pada birokrasi yang ada di pihak yang dituju. Sehingga tingkat keberhasilannya tergantung kepada siapa yang mengirim dan kepada siapa ditujukan. Walau demikian, ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bantuan sehingga layak untuk dicoba.

Tinggalkan Balasan