Dampak Positif dan Negatif Internet

Dampak Positif dan Negatif Internet
01Apr, 2020

Hampir setiap hari kita – termasuk anda dan saya – menggunakan internet. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Bisa dibilang, saat ini internet merupakan kebutuhan pokok yang wajib digunakan oleh semua kalangan setiap harinya.

Pada awal masa berkembangnya, penggunaan internet hanya bisa kita temukan di perkantoran, sekolah, ataupun berbagai fasilitas modern berbiaya tinggi. Saat ini tidak. Setiap orang dari semua kalangan, dari desa hingga ke kota, telah familiar menggunakan dan memanfaatkan internet.

Namun seiring berjalannya waktu, internet yang dahulu lebih banyak digunakan sebagai salah satu solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mencari informasi, saat ini juga mengalami pergeseran peran. Internet membawa dampak positif apabila digunakan dan dimanfaatkan secara positif.

Namun juga sebaliknya, bisa memberikan dampak negatif ketika digunakan untuk tujuan yang negatif.

Fungsi dan Tujuan Internet

Fungsi dan Tujuan Internet

Sebelum membahas dampak positif maupun negatif yang bisa muncul akibat penggunaan internet, saya akan terlebih dahulu membahas fungsi dan tujuan internet yang sesungguhnya.

Memudahkan untuk mengakses informasi

Dulu ketika saya masih kecil, saya hanya bisa memperoleh informasi melalui media cetak ataupun elektronik konvensional. Informasi ini tidak bersifat instant. Artinya, apapun yang disuguhkan disana, itulah yang saya pelajari. Saya tidak akan bisa menemukan jawaban atas pertanyaan saya saat itu juga.

Saat ini, kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah. Apapun pertanyaan yang muncul di benak anda, tinggal anda ketik dalam mesin pencarian, dan voilaa.. Jawaban yang anda butuhkan akan tersaji dalam hitungan detik.

Kalau dulu kita harus membeli buku untuk belajar, saat ini kita bisa belajar tentang berbagai hal, kapanpun, dan dimanapun melalui internet.

Memudahkan komunikasi

Sebelum hadirnya internet, kita harus melakukan surat-menyurat dengan cara konvesional untuk bertukar kabar. Selain harus mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk membayar ongkos kirim, butuh waktu yang cukup lama agar surat kita bisa sampai ke alamat yang dituju.

Berbeda dengan saat ini. Detik ini juga anda mengirimkan pesan melalui internet, orang lain akan menerima pesan tersebut dengan jeda waktu beberapa detik saja. Komunikasi menjadi lebih cepat, hidup, dan hangat.

Memudahkan pekerjaan

Keberadaan internet sangat membantu berbagai sector usaha untuk menyelesaikan permasalahan dan mengembangkan usaha mereka. Anda bisa memasarkan produk, mengirimkan report, melakukan order pembelian, berhubungan dengan kantor cabang lain, dan banyak pekerjaan lainnya melalui internet. Hemat waktu, tenaga, serta biaya.

Kemudahan Mengakses Berita

Anda bisa dengan mudah mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia melalui berbagai situs berita online serta media sosial. Selama anda memiliki jaringan internet yang kuat, anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, bahkan hanya dengan gadget apapun yang ada dalam genggaman anda.

Sebagai Media Pertukaran Sumber Daya

Melalui internet, anda bisa melakukan pertukaran data dan sumber daya dengan sangat mudah. Sebagai contoh, hanya dengan mengakses Instagram anda sudah bisa mengetaui wujud, resep, dan rasa dari masakan di Timur Tengah katakana. Anda bahkan bisa mencobanya sendiri di rumah, tanpa perlu berkunjung ke sana ataupun mencicipi citarasa aslinya terlebih dahulu.

Manfaat Internet

Manfaat Internet Dalam Bidang Bisnis

Anda tentu pernah berbelanja online. Atau malah seperti saya, sudah masuk ke level kecanduan belanja online?

Keberadaan internet sangat membantu pelaku bisnis untuk membuka dan menjalankan usahanya tanpa perlu biaya tambahan untuk menyewa ruko ataupun menggaji karyawan. Anda cukup membuat toko online melalui website pribadi anda atau bergabung dengan marketplace yang ada.

Melalui proses online, pelanggan juga mendapatkan berbagai kemudahan. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengunjungi sebuah toko. Mereka juga bisa membandingkan harga dan kualitas produk antar toko dengan sangat mudah.

Manfaat Internet Dalam Study

Kehadiran internet dengan metode belajar onlinenya memudahkan pelajar dari berbagai tingkat pendidikan untuk mempelajari apapun yang mereka inginkan secara otodidak. Anda bisa menemukan apapun yang ingin anda pelajari dalam bentuk e – learning, tutorial, ataupun bebbagai kursus online yang ditawarkan

Manfaat Internet Sebagai Sarana Hiburan

Berbagai platform yang tersedia saat ini memungkinkan kita mendapatkan hiburan melalui internet : youtube, instagram, Netflix, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih – berbayar ataupun tidak – hiburan apa saja yang sekiranya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Baca Juga: Manfaat Internet Dibidang Pendidikan

Dampak Internet Dalam Kehidupan

Dampak Internet Dalam Kehidupan

Segala sesuatu memiliki dampak positif maupun negatif, sesuai dengan tujuan dan penggunaannya. Demikian juga dengan internet. Berikut adalah beberapa dampak yang akan kita rasakan dalam menggunakan internet dalam kehidupan kita sehari-hari :

Dampak Positif Internet

Dampak Perubahan Psikologi

Beberapa eksperimen yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa anak-anak yang diberikan fasilitas internet akan merasakan perubahan dampak psikologis: ada yang meningkat kecerdasannya, hiperaktif, ada juga menjadi pendiam, atau bahkan menjadi brutal.

Anak-anak yang mamp menggunakan dan memanfaatkan internet dengan baik akan memiliki wawasan yang lebih baik, demikian juga sebaliknya.

Meningkatkan Kemampuan dan Daya Kreativitas

Kreativitas tanpa batas dapat diimplementasikan melalui berbagai menu aplikasi yang tersedia. Misalnya tiktok, smule, atau aplikasi lainnya. Melalui aplikasi ini, para pengguna internet akan selalu berusaha mengembangkan kreativitas mereka masing-masing agar mampu menciptakan sesuatu yang unik dan mampu menarik perhatian banyak orang.

Memperluas Jaringan

Keberadaan internet juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk dapat mencari akses dalam bidang apapun. Internet memberikan keleluasan bagi para penggunanya untuk bisa mengakses apapun sehingga jaringan komunikasi menjadi lebih luas tanpa terikat batasan wilayah.

Mempermudah Proses Bisnis

Semua aspek kehidupan mengalami perubahan akibat hadirnya internet, termasuk bisnis. Bisnis yang dulu hanya dilakukan dirumah saja, saat ini bisa dipasarkan ke belahan dunia manapun dengan memanfaatkan keberadaan internet.

Dengan menggunakan aplikasi tertentu, pembeli juga saat dimudahkan karena bisa mendapatkan referensi produk apapun yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Kemajuan Peradaban

Banyak tradisi lama yang mulai berubah sejak hadirnya internet. Misalnya dulu kita harus mengantri panjang untuk membayara tagihan listrik, mencari warung pulsa terdekat untuk membeli paket data, dan berbagai kebiasaan lainnya, kini semuanya bisa dilakukan secara online. Lebih dinamis, ekonomis, dan juga praktis.

Komunikasi Tanpa Batas

Tingkatan yang paling rendah dari manfaat internet adalah kemampuannya untuk mengoneksikan kita dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Semua bisa dilakukan dengan sangat mudah dan menyenangkan, tanpa memerlukan biaya yang besar.

Meningkatnya Pertumbuhan Ekonomi

Kebiasaan berbelanja online ternyata berhasil menghadirkan penyakit baru, yaitu kecanduan. Bagi bisnis, hal ini tentu saja menguntungkan. Ekonomi kecil yang hadir melalui berbagai online shop terus berkembang dengan pesat karena penyakit ini.

Percepatan Informasi

Penggunaan internet mempercepat informasi diterima oleh semua lapisan masyarakat. Dimana saja dan kapan saja, orang selalu bisa mengetahui kabar apapun yang terjadi di belahan dunia lain.

Modernitas

Perubahan pola dan gaya hidup menjadi lebih modern juga terjadi seiring semakin mudahnya memperoleh akses internet. Di kota maupun di desa, anda bisa menemukan banyak hal yang sama, yang berkiblat pada sesuatu hal yang menjadi trending di internet.

Terbukanya Peluang Pembelajaran

Internet dengan segala aplikasi, menu, dan pilihan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan yang sesuai, cepat, dan tepat. Bijak dalam penggunaan internet memungkinkan anda menikmati fungsi dan manfaat internet yang sesungguhnya.

Dampak Negatif Internet

  • Memiliki potensi kecanduan internet dan melupakan kewajiban kita sebagai manusia

Terkadang karena terlalu asyik melakukan berbagai aktivitas dengan menggunakan internet, kita jadi abai terhadap tugas-tugas kita lainnya. Waktu berlalu tanpa disadari, dan kita baru sadar bahwa kita telah menghabiskan sebagian besar waktu kita di depan gadget.

  • Tidak bisa memanfaatkan waktu secara produktif
  • Meningkatnya potensi tindak kejahatan melalui dunia maya seperti penipuan

Kecanggihan teknologi internet saat ini justru banyak dilakukan untuk motif yang tidak benar, contoh sederhana bisa dilihat dari banyaknya keluhan tentang penipuan yang dilakukan oleh online shop.

  • Internet memiliki banyak sekali konten yang tidak pantas dan sangat berbahaya bagi anak di bawah umur

Penggunaan internet oleh anak-anak tanpa pengawasan orang tuanya bisa sangat berbahaya. Meskipun Menkominfo sudah berusaha membatasi, namun setiap hari selalu muncul situs-situs baru yang tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak

  • Semakin mudah muncul berita dan informasi yang tidak benar atau bohong (hoax)

Kemudahan berbagi informasi tanpa adanya sistem filter juga memungkinkan hoax tersebar dengan sangat cepat. Hanya dengan sekali klik, hoax bisa menyebar ke seluruh Indonesia, bahkan ke seluruh dunia.

  • Mempermudah perpecahan dengan meningkatnya resiko provokasi antar golongan

Kebiasaan masyarakat untuk menelan mentah-mentah informasi apapun yang mereka terima tanpa merasa perlu untuk mengecek kebenarannya ini haruslah diwaspadai.

  • Meningkatnya isu – isu SARA yang menyebabkan perpecahan masyarakat
  • Membuat anak – anak lebih suka bermain internet (game online) dibanding menjalankan tugasnya sebagai anak dan pelajar
  • Semakin meningkat aksi cyber bullying

Melalui internet, orang bisa dengan sangat mudah mengungkapkan ketidaksukaan bahkan kebenciannya kepada orang lain, termasuk terhadap orang yang tidak mereka kenal. Jari dengan mudah berbicara tanpa memikirkan dampak yang dirasakan oleh sang penerima hujatan.

  • Proses globalisasi melalui internet membuat budaya asli semakin tergerus
  • Banyak anak – anak yang menjadi terlalu cepat dewasa

Tips Mengatasi Dampak Negatif Internet

  • Menyikapi segala bentuk informasi ataupun postingan di media sosial dengan bijak.
  • Membatasi diri, belajar memilah hal baik maupun buruk yang ditampilkan di internet
  • Melakukan pendampingan untuk anak di bawah umur
  • Memiliki kesadaran bahwa internet hanyalah media untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan kreatifitas, bukan sebagai pedoman hidup
  • Menciptakan komunikasi yang erat dalam dunia nyata

Saat ini internet memang telah menjadi suatu kebutuhan. Internet menjadi barang wajib. Sebagian besar dari kita bahkan mengawali dan mengakhiri hari dengan menggunakan fungsi internet.

Seperti dibahas sebelumnya, internet memiliki dampak positif maupun negative, tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Internet seharusnya digunakan untuk hal-hal yang bersifat produktif dan membangun. Namun tak jarang kita terjebak. Bukan kita yang memanfaatkan internet, namun justru hidup dan sebagian besar waktu kita dikuasai oleh internet.

Baca Juga: Pengertian Internet

Apapun itu, internet hanyalah barang mati. Kitalah yang memegang kendali untuk memastikan penggunaannya bermanfaat bagi diri kita. Jadi, bijaklah selalu dalam berinternet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *