definisi sukses menurut para ahli

Definisi Sukses Menurut Orang-orang Sukses

Diposting pada

Terkadang dalam hidup selalu membutuhkan dorongan atau motivasi untuk melakukan yang terbaik. Salah satunya memahami berbagai definisi sukses menurut orang-orang sukses di dunia. Sebab Anda bisa mengambil pelajaran dari pengalaman kesuksesan dari mereka.

Pendapat dan Definisi Sukses Menurut Orang-orang Sukses

Setiap orang memiliki jalan hidup berbeda. Termasuk dalam hal mencapai kesuksesan, mulai dari target masing-masing hingga langkah yang diambil. Tidak heran jika kemudian banyak definisi sukses muncul bukan lagi soal yang paling benar tetapi hanya karena berdasarkan pengalaman tiap individu.

Steve Jobs

Steve Jobs

Salah satu tokoh sukses dunia yang tidak hanya dikenal namun tercatat dalam sejarah. Pendiri produk Apple yang hampir digunakan oleh seluruh penduduk dunia. Meski terbilang sebagai orang kaya ternyata masa kecilnya tidak sama seperti orang kebanyakan. Itulah sebabnya sangat inspiratif.

Baca Juga: Biografi BJ Habibie

Kecerdasannya sudah mulai terlihat sejak kecil yaitu senang belajar membaca. Hingga berpendapat bahwa sekolah sangat membosankan, tidak heran jika sering mengalami masalah akademis dan kedisiplinan. Tetapi menaruh minat pada bidang elektronik meski terbatasnya modal tidak mengurungkan semangat.

Definisi sukses menurut orang-orang sukses salah satunya Steve jobs berpendapat bahwa kesuksesan itu bisa diraih siapa saja. Tidak perlu merasa terbatas meski kekurangan sekalipun. Pasti ada jalan keluar bagi orang yang selalu berusaha dan pantang menyerah. Semua keseriusan akan berbuah pada waktunya.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Anda pasti sudah hampir sering mendengar namanya, beliau pernah menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan Indonesia. Ternyata memiliki kisah perjuangan sangat menginspirasi kaum wanita karena kegigihannya dalam berjuang hingga sukses seperti sekarang.

Meski putus sekolah sebelum duduk di bangku SMA, namun terbukti sukses menjalankan bisnis. Mulai dari jual beli ikan hingga merambah ke penyediaan landasan udara dan pesawat. Hal itu dilakukan agar tidak mengecewakan konsumen saat proses pengiriman.

Menurut beliau, kesuksesan tidak harus dicapai melalui pendidikan tinggi. Selama mampu bertanggung jawab atas pilihan dan tidak putus asa untuk meraihnya maka masa indah itu akan tiba. Bisa jadi membantu sesama yang membutuhkan pertolongan sebagai pembuka jalan untuk maju.

Ingvar Kamprad

Ingvar Kamprad

Pemuda berasal dari provinsi kecil di Swedia Selatan yang berhasil mengharumkan namanya. Ini semua berkat toko furnitur terbesar yang didirikan bernama IKEA. Meski bukan berasal dari orang yang berpendidikan bagus namun kisah suksesnya banyak menginspirasi kaum muda.

Bakat berdagangnya turun-temurun dari keluarga. Kemudian meyakini bahwa langkah yang diambil pun akan menunjukkan jalan kesuksesan. Semua proses dijalaninya dengan penuh semangat tanpa keluhan meski rumit tetapi selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Kesuksesan menurut Ingvar adalah seseorang yang bekerja dengan antusiasme. Jika Anda tidak dapat memperbaikinya setiap waktu, maka merenunglah. Boleh jadi sekitar sepertiga hidup yang sudah dijalani hanya akan terbuang sia-sia.

Travis Kalanick dan Garret Camp

Travis Kalanick dan Garrett Camp

2 orang sukses di bidang programmer yang berangkat dari peristiwa sederhana. Hanya ketika merasa kesulitan mendapat taksi saat akan pergi ke konferensi di Paris. Kemudian menemukan solusi untuk membuat bisnis karena kendala tersebut.

Hanya selang beberapa tahun, meluncurlah Uber. Taksi online terbesar di dunia saat itu dan hampir merambah ke semua layanan termasuk pengantar makanan. Kegiatan promosi gencar dilakukan seperti memanfaatkan selebritis yang sudah menggunakannya.

Bagi Travis Kalanick dan Garret Camp, kesuksesan terkadang berangkat dari kegelisahan. Bisa saja orang lain melihatnya tampak sepele, tetapi jika serius dipikirkan bukan berarti tidak menghasilkan. Hanya membutuhkan niat sungguh serta inovasi yang dilakukan maka akan meraih kesuksesan.

Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim

Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim

Tim orang-orang sukses berikutnya yang sekilas terdengar asing. Tetapi bila membicarakan Youtube, Anda sudah pasti familiar. Aplikasi yang saat ini hampir digunakan oleh seluruh dunia bahkan bisa mendatangkan keuntungan bila digeluti sebagai profesi secara serius.

Persahabatan yang sudah dimulai sejak 2005. Kemudian dua dari mereka mengadakan pesta pada suatu malam namun Jawed tidak bisa hadir. Untuk membagi video keseruan sangat kesulitan, saat itulah mulai muncul ide platform ternama ini.

Kesuksesan berdasar pandangan mereka adalah ide sederhana namun mencakup kepentingan seluruh orang. ketika sudah berhasil mewujudkannya tekuni dan lakukan inovasi. Sebab meraih itu lebih mudah dari pada mempertahankan.

Michele Ferrero

Michele Ferrero

Pengusaha sukses dunia yang namanya sudah sangat dikenal. Berangkat dari keterbatasan toko kecil yang dimiliki. Kemudian memproduksi sebuah permen yang dijualnya menggunakan banyak percobaan hingga akhirnya berhasil menjual di seluruh Italia.

Mendapatkan inspirasi dari Hari Paskah. Kemudian muncul ide untuk membuat permen yang dalamnya menghasilkan rasa manis. Lalu berhasil habis dalam satu jam di penjualan pertama. Hingga beberapa produknya seperti nutella dan lain sebagainya digemari di seluruh dunia.

Menurut Michele Ferrero tidak ada kesuksesan yang datang begitu saja. Semua membutuhkan usaha keras juga kemauan tinggi dalam menjalani. Semua yang dilakukan sepenuh hati pasti mendatangkan hasil luar biasa pula bagi pelakunya.

Jack Ma

Jack Ma

Banyak sekali kisah kesuksesan yang bermula dari kemiskinan. Jack Ma merupakan salah satu tokoh ternama yang menyontohkannya. Bahkan saat ini menduduki posisi sebagai seorang milliarder dunia dengan penggambaran sosok kaya raya.

Berawal dari minat belajar bahasa Inggris sehingga memberinya kesempatan memperbanyak jaringan dengan orang China. Meski tercatat berkali-kali gagal berbisnis akhirnya menemukan kesempatan berpotensi. Berhasil mendirikan Alibaba sebagai toko online terbesar dunia hingga kini.

Cara unik seorang Jack Ma memaknai kesuksesan adalah penghargaannya pada jerih payah. Apapun batasannya, termasuk ekonomi bukan menjadi alasan untuk menyerah dan berhenti. Terkadang kegagalan itulah yang memaksa seseorang untuk bangkit dan berupaya lebih keras lagi agar berhasil.

Ole Kirk Christiansen

Ole Kirk Christiansen

Meski tidak berawal dari kemiskinan, namun kisah kesuksesannya tetap menginspirasi. Berprofesi sebagai tukang kayu yang kemudian bangkrut dan harus menyandang status duda. Ditambah tanggung jawab menghidupi keempat anaknya ternyata memberi celah tersendiri.

Tidak ingin anaknya merasa sedih atas nasib yang sedang dijalani saat itu. Ole berusaha untuk memproduksi mainan agar buah hatinya senang. Perlahan karyanya diketahui khalayak luas dan akhrinya mulai dipasarkan dan diberi nama LEGO atau berarti bermain dengan gembira.

Karena semua perjalanan yang ditempuh, kesuksesan menurut Ole adalah untuk tidak berputus asa. Bukan berarti saat keadaan di bawah berarti harus pasrah akan keadaan. Semua bisa diubah jika seseorang berkehendak dan mau sedikit berupaya untuk mencapai tujuannya.

Phil Knight

Phil Knight

Orang sukses selanjutnya berasal dari kalangan pelari ini begitu populer sekarang. Bukan karena prestasi atletnya, namun mampu menjual sepatu bermerk NIKE. Semua bermula saat melihat kurangnya stok sepatu kets di banyak toko Amerika Serikat.

Upayanya memesan sepatu dari Asia kemudian dijual kembali di Amerika Serikat. Kemudian pada akhirnya memutuskan untuk memproduksi sendiri, hingga suatu ketika membuatkan khusus untuk atlet basket Michele Jordan sebelum terkenal yang harus selalu mengenakannya saat bertanding.

Dari situlah nama NIKE menjadi besar. Phil Knight akhirnya memaknai kesuksesan sebagai upaya berani mengambil keputusan. Tidak perlu menjadi seluruhnya benar, karena seiring waktu bisa dilakukan perbaikan. Tetapi paling penting adalah berani bergerak maju.

Walt Disney

Walt Disney

Sebagai anak desa memang kebanyakan hanya memiliki cita apa adanya. Hal ini tidak terjadi pada Walt Disney. Hobinya unik karena suka menggambar tokoh kartun di mainan kuda-kudaan miliknya yang berpengaruh sampai dewasa sehingga mencari pekerjaan menjadi kartunis.

Perjalanannya tidak selalu mulus meski memiliki keahlian. Beberapa kali jatuh dalam lubang kegagalan. Tetapi pada akhirnya berhasil menjadi pelukis iklan di sebuah agensi hingga memutuskan keluar dari perusahaan karena pengurangan gaji kemudian memulai menciptakan Mickey Mouse.

Satu hal yang selalu dipegang oleh Walt Disney, yaitu selalu berkarya. Memang belum tentu menjamin untuk mendapat nilai uang, tetapi suatu ketika apa yang ditekuni dengan sungguh pasti mendatangkan keberhasilan. Selama memutar otak untuk terus berinovasi dan komitmen.

Elon Musk

Elon Musk

Salah satu tokoh sukses yang tidak bisa dilupakan. Padahal awalnya hanyalah seorang anak-anak pendiam bahkan dikira tuli. Kemudian menjadi dampa perceraian orang tua di usia masih dini sekitar 10 tahun lalu merasakan kebingungan dan kesedihan luar biasa.

Elon Musk harus tinggal bersama ayahnya saja. Terkenal dengan ketegasan sehingga hampir hari-harinya hanya beriis penderitaan. Seringkali mendapatkan perlakuan intimidasi dari teman-teman di sekolah pula. Tetapi semakin hari bertumbuh menjadi kuat dan berkembang.

Kesuksesan yang dijalaninya menurutnya adalah upaya mencari sesuatu yang menenangkan atau disukai. Bidang fisika dan teknologi menjadi kuncinya. Kesedihan dan kesengsaraan memang pasti terjadi dalam hidup tetapi tidak untuk diratapi terus-menerus. Harus ada perubahan yang dicapai.

K. Rowling

K. Rowling

Penulis cerita fiksi ini sudah amat dikenal karena karyanya. Berawal dari seorang pengusaha kemudian merubah 100 persen kehidupannya. Semua ide muncul dari peristiwa yang menimbulkan kemiskinan dan kesedihan dengan masalah bertubi-tubi.

Menulis kisah berjudul Harry Porter. Ketika proses berlangsung banyak masalah menghadang mulai kematian ibu, kelahiran anak pertama, hingga peristiwa perceraian. 7 tahun berlalu hingga buku selesai dirilis kemudian memperbanyak tulisan yang dikonsumsi dewasa.

Baginya keadaan terburuk akan memaksa seseorang untuk melakukan yang terbaik. Awalnya memang untuk bertahan, tetapi seiring waktu semuanya akan berkembang. Jika dijalani dengan penuh kesabaran serta kekuatan maka hasil tidak akan menghianati.

Bill Gates

Bill Gates

Sebagai salah satu orang terkaya dunia tida heran bila sosoknya begitu dikenal. Selama belasan bahkan puluhan tahun berturut-turut terdaftar sebagai pria terkaya. Berhasil mendirikan perusahaan perangkat lunak yang termasuk salah satu terbesar di dunia.

Semua diawali ketika usianya masih muda. Menaruh minatnya di bidang komputer hingga membawa perubahan besar bagi teknologi dunia. Hampir seluruh waktunya digunakan untuk membuat perangkat lunak sebagai upaya sumbangsih ke sekolahnya. Hingga menemukan microsoft.

Bill Gates berpendapat sukses adalah usaha tidak kenal menyerah. Tetapi juga harus diimbangi dengan sifat dermawan apalagi untuk mengurangi angka kemiskinan di negaranya. Sebab percuma jika berhasil namun tidak bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey

Kisah wanita sukses yang selalu menginspirasi perempuan di luaran. Meski hidupnya digambarkan dengan kisah penuh duri namun semuanya mampu dilewati dengan baik. Sampai mengubahnya menjadi salah satu orang terkaya dunia.

Lahir dari orang tua yang belum menikah. Ditambah profesi buruh yang membuat hidupnya semakin menderita. Sampai saat sekolah selalu menjadi bahan ejekan teman karena memakai seragam dari karung goni. Bahkan mendapat perlakuan pelecehan seksual di acara TV.

Kemudian semua berubah sejak bekerja di radio lokal dan menjual tutur katanya yang dapat membangkitkan semangat pendengar. Tidak heran jika kemudian kesuksesan baginya adalah perjuangan tanpa henti. Meski keadaan tidak memberi dukungan, setidaknya langkah harus tetap berlari.

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Indonesia sudah selayaknya patut berbangga pada sosok satu ini. Dikenal dengan sebutan khasnya “Si anak singkong” namun tidak pernah malu mengakuinya. Pernah menduduki posisi sebagai menteri perekonomian serta saat ini sudah membawahi beberapa anak perusahaan.

Meski berangkat dari keluarga tidak mampu. Bahkan harus berusah payah berdagang ketika sekolah. Tetapi mimpinya tidak boleh patah hingga berhasil mendapat kesempatan kuliah di fakultas kedokteran gigi di kampus ternama Indonesia sampai berhasil.

Kunci kesuksesan yang sampai saat ini selalu dibagi ke orang lain, adalah untuk optimis. Jika kebanyakan memikirkan tidak bisa, Chairul Tanjung akan menjadi satu-satunya yang mengatakan bisa. Sebab baginya, upaya memang harus diimbangi dengan keyakinan kuat agar berhasil.

Bob Sadino

Bob Sadino

Tokoh inspiratif Indonesia berikutnya ini memang terlahir dari keluarga cukup mapan. Tetapi seluruh harta warisannya dihabiskan untuk berkeliling dunia. Sampai akhirnya tinggal di luar negeri dan bekerja sebagai sopir taksi gelap hingga mengalami kecelakaan dan mobilnya rusak.

Sejak saat itulah, perjuangannya dimulai. Beralih profesi menjadi kuli batu dengan upah 100 rupiah setiap hari membuatnya depresi. Sampai ada temannya memberikan 50 ayam agar dipelihara untuk mengobati penyakitnya dan menyandang sebutan peternak ayam.

Pada akhirnya Bob Sadino sukses sebagai pengusaha besar karena upayanya menjual berbagai macam barang hingga sayuran. Sebelum tutup usia sempat membagikan kisah inspiratifnya ke banyak orang dengan memaknai kesuksesan sebagai upaya bangkit dari keterpurukan.

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Terkenal sebagai remaja cerdas, berwajah tampan ini juga memiliki kisah kesuksesan yang menginspirasi banyak orang. berkuliah di luar negeri dan berhasil menyandang gelar cumlaude. Sampai diterima bekerja di beberapa perusahaan ternama sambil mendapat beasiswa kuliah lanjutan.

Terapi rupanya proses hidup tidak berjalan semulus itu. Krisis moneter membuat perusahaan besar tempatnya bekerja bangkrut sehingga harus kembali ke Indonesia. Statusnya menjadi pengangguran karena hampir ditolak oleh 25 perusahaan yang dilamar. Pada akhirnya memiliki perusahaan.

Perusahaannya bisa berkembang pesat suatu hari hingga menduduki jajaran tokoh terkaya di Indonesia. Dengan berbagai lika-liku perjalanannya Sandiaga Uno memiliki definisi sukses sebagai balasan dari kerja keras yang tidak ada hentinya, meski berkali-kali terjatuh.

Ahmad Sahroni

Ahmad Sahroni

Tokoh sukses yang kini menyandang julukan “Crazy rich Tanjung Priok” ternyata berasal dari keluarga pas-pasan. Profesinya bermula biasa saja seperti supir hingga pekerja cuci piring. Tetapi saat ini menjadi ketua kumpulan mobil mewah.

Sejak sekolah sudah berusaha membiayainya sendiri dengan menggeluti berbagai profesi. Mulai dari ojek payung, tukang semir sepatu, hingga pedagang yang penghasilannya disisihkan untuk membantu keluarga.

Pada akhirnya setelah berpindah-pindah tempat kerja, ia diangkat sebagai direktur perusahaan oleh atasannya. Kesuksesan Sahroni diperoleh karena upayanya untuk selalu tekun dalam berusaha. Baginya tidak ada yang mustahill jika bersedia bersusah payah untuk menggapai sesuatu.

Baca Juga: Biografi Pahlawan Nasional

Dari semua definisi sukses menurut orang-orang sukses menghasilkan kesimpulan berbeda-beda. Karena bergantung pada pengalaman hidup masing-masing. Tetapi ada satu kesamaan yaitu untuk berusaha keras mencapai sesuatu.

Tinggalkan Balasan