Cara Menjadi Freelance Writer Online

Cara Menjadi Freelance Writer

Diposting pada

Bosen kerja terikat dengan aturan kantor? Kini Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meniti karir yang sukses tanpa perlu ribet karena terikat kontrak dan sebagainya, yakni dengan mengikuti cara menjadi freelance writer. Menariknya itu semua bisa menjadi sumber pundi-pundi rupiah.

Apa Itu Freelance Writer?

Apa Itu Freelance Writer

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih asing mendengar istilah freelance writer tersebut. Padahal kata itu sudah ada dan populer sejak zaman dahulu, tepatnya abad pertengahan.

Lalu apa itu freelance writer? Secara bahasa istilah tersebut bisa diartikan sebagai penulis pekerja paruh waktu atau lebih populer dengan julukan kerjaan part time. Jadi konsep pekerjaan menulis ini bisa dikerjakan kapan saja, di mana saja tanpa terikat kontrak namun tetap bersifat profesional.

Baca Juga: Pengertian Copywriting

Dari segi konsep pekerjaan jelas berbeda dengan sistem kerja pada umumnya. Sebab tidak ada batasan khusus baik secara waktu ataupun tempat. Disini, para freelance writer akan menuliskan sesuatu sesuai permintaan klien dan tentunya akan mendapat bayaran sesuai kesepakatan.

Jenis Tulisan yang Banyak Menghasilkan Uang Bagi Freelance Writer

Jenis Tulisan yang Banyak Menghasilkan Uang Bagi Freelance Writer

Mungkin sebagian besar orang masih bertanya-tanya, para freelance writer menghasilkan karya apa sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Anda perlu tahu, ternyata banyak jenis tulisan yang laku dijual di pasaran, contohnya seperti:

Editor atau Proofreader

Sekarang ini banyak sekali bermunculan website online, maka permintaan pembuatan konten juga semakin tinggi. Tentunya dalam menghasilkan tulisan yang berkualitas, penting untuk terus melakukan perbaikan, di mana dalam hal ini membutuhkan seorang editor.

Fokus pekerjaan seorang editor dan proofreader hanya memperbaiki dan mengoreksi hasil tulisan sebelum diposting di website terutama dalam beberapa hal. Contohnya seperti nada, gaya bahasa, alur cerita, pesan yang disampaikan serta memastikan tidak ada salah pengetikaan atau ejaan.

Copywriting

Copywriting merupakan sebuah tulisan yang dibuat dengan tujuan menarik perhatian pembaca sehingga orang tersebut terpengaruh untuk melakukan sebuah tindakan sesuai arahan dari konten itu.

Tujuan pembuatan copywriting ini sebenarnya untuk mempromosikan suatu produk, baik secara implisit ataupun eksplisit. Seperti naskah iklan ataupun tulisan yang ada di brosur-brosur. Para penulis banyak menghasilkan karya tersebut karena permintaan di pasar cukup tinggi.

Review suatu Produk, Tempat dan Lainnya

Seperti namanya, jenis tulisan ini berisikan tentang ulasan jujur seorang penulis dalam menceritakan pengalamannya mengenal suatu produk fashion, tempat, makanan, buku ataupun lainnya secara detail dan serinci mungkin.

Bahkan ada beberapa perusahaan menggunakan jasa penulis freelance untuk melakukan review. Menurut mereka hal ini penting dilakukan karena berdasarkan penelitian terdapat 20% orang tidak jadi membeli di situs penjualan online sebab tidak bisa memahami deskripsi produknya.

Creative Writing

Jenis tulisan creative writing ini berisikan tentang cerita baik fiksi ataupun nonfiksi. Contohnya seperti novel, cerpen, puisi, naskah film dan biografi. Temanya pun juga sangat beragam, mulai dari drama percintaan, sejarah, komedi, misteri, dongeng ataupun drama.

Jika Anda punya keahlian dan kreativitas dalam berimajinasi serta pandai mengolah kata, tidak ada salahnya untuk mendalami bidang ini. Banyak perusahaan marketing, stasiun televisi dan penerbit mencari bibit-bibit penulis yang memiliki keahlian membuat tulisan jenis creative writing.

Jurnalistik

Jenis tulisan jurnalistik ini umumnya berupa informasi tentang suatu peristiwa yang lagi hangat diperbincangkan masyarakat. Bidang yang bisa diangkat untuk dijadikan sebuah berita juga sangat banyak, seperti kisah selebriti, politik, ekonomi, hukum, olahraga dan lainnya.

Jika Anda adalah tipe orang yang selalu update dengan keadaan di lingkungan serta memiliki jaringan sosial yang luas, maka cocok menggeluti bidang ini. Karena dalam jurnalistik diperlukan keterangan dari pihak-pihak terkait sehingga informasi tersebut tepat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Konten Website atau Blog

Selain beberapa jenis tulisan di atas, ternyata permintaan jasa pembuatan artikel untuk dipublikasikan pada sebuah blog juga sangat tinggi. Biasanya para freelance writer akan diberikan beberapa kata kunci yang lagi trending dan banyak dicari di mesin pencarian supaya dikembangkan.

Jasa pembuatan artikel ini cukup menjanjikan sebab tidak semua orang mampu membuat karya tulisan berkualitas. Sedangkan konten yang dipublikasikan menjadi faktor penentu dari peringkat blog di mesin pencarian, tentunya hal tersebut juga mempengaruhi jumlah pengunjung.

Menulis Resume dan CV

Selain beberapa jenis tulisan di atas, mendalami bidang penulisan resume juga cukup menguntungkan. Karena banyak orang membutuhkan dokumen tersebut. Selain itu, permintaan pasar untuk pembuatan curriculum vitae setiap tahunnya semakin meningkat.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika atau BPS, tingkat pengangguran di Indonesia mencapai angka 5 persen. Tentunya ini menjadi peluang besar bagi seorang freelance writer. Isi dari resume sendiri sederhana, hanya merangkum tentang pendidikan, keahlian dan pencapaian karir.

Translator atau Penerjemah

Teknologi yang semakin canggih membuat orang mudah mengakses berbagai konten dari belahan dunia manapun. Tentunya dalam bisnis memerlukan layanan penerjemah. Jika Anda memiliki keahlian di bidang ini, tentu bisa menjadi peluang besar untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan.

Menjadi seorang freelance writer di bidang penerjemah sangat layak dipertimbangkan. Sebab hanya 20% dari populasi di dunia yang menggunakan bahasa Inggris. Tentunya ini adalah peluang besar, terlebih berdasarkan penelitian, permintaan jasa translate meningkat 18% setiap tahunnya.

Transcriptionist

Dalam bidang transkripsi, Anda hanya perlu merubah file berupa audio atau video menjadi teks. Tentunya menjadi seorang transcripstionist adalah pekerjaan freelance yang sangat layak untuk dipertimbangkan.

Pada beberapa bidang, jasa seorang transcripstionist ini sangat dibutuhkan terutama oleh para mahasiswa yang sedang membuat skripsi. Sebab di situ mereka dituntut untuk membuat verbatim hasil dari wawancara.

Jika ingin terjun sebagai freelance writer bukan berarti harus menguasai semua jenis tulisan di atas. Namun, sebaiknya pilihlah sesuai dengan passion yang dimilik. Ini supaya hasil kualitas karya Anda terus meningkat dan semakin bagus.

Persiapan Sebelum Terjun Menjadi Freelance Writer

Persiapan Sebelum Terjun Menjadi Freelance Writer

Pekerjaan paruh waktu sebagai penulis memang cukup menjanjikan, terlebih jika di tekuni dengan sungguh-sungguh. Apabila Anda berniat untuk terjun ke bidang ini, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Antara lain seperti berikut:

Asah Terus Keahlian Menulis

Sebelum terjun menjadi freelance writer, tentunya Anda harus mengasah kemampuan dalam menulis. Hal ini bisa dilakukan dengan cara terus berlatih membuat karya tulisan dengan berbagai tema sesuai passion.

Freelance writer harus memiliki kemampuan dalam mengolah ide dan kata. Keahlian tersebut bisa terasah dengan terus berlatih menulis. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkannya dengan ikut acara pelatihan ataupun bergabung sebagai volunter sebuah proyek untuk menambah pengalaman.

Banyak Melakukan Review Tulisan Orang Lain

Sebagai bentuk latihan untuk mengasah keahlian dalam bidang menulis, ada baiknya jika Anda banyak mereview hasil karya tulisan orang lain yang bisa di dapatkan melalui postingan blog atau websiter terkenal. Dari situ, nantinya banyak pelajaran ataupun hal-hal penting yang bisa dipelajari.

Dengan banyak latihan mereview hasil karya orang lain, tentunya akan membantu Anda agar menghasilkan tulisan yang bagus serta berkualitas. Jangan pernah merasa gengsi ataupun merasa puas, teruslah belajar.

Belajar Management Waktu yang Baik

Bekerja sebagai freelance writer banyak dipilih karena waktunya fleksibel. Penting buat melatih diri Anda agar disiplin dan belajar bagaimana cara management waktu dengan baik. Karena jika tidak semua pekerjaan akan keteteran.

Penting bagi seorang freelance writer belajar management waktu. Jangan karena tidak ada batasan ruang ataupun waktu membuat Anda menunda-nunda untuk segera menyelesaikannya. Sebab jika tulisan tersebut dibuat secara terburu-buru karena dikejar deadline tentu hasilnya kurang maksimal.

Perbanyak Membaca

Jika ingin menjadi seorang freelance writer penting untuk banyak membaca. Karena dari situ Anda bisa menemukan banyak referensi untuk dijadikan ide tulisan. Bukan hanya itu, dengan melakukan hal tersebut secara tidak langsung mengasah kemampuan dalam mengolah kata.

Baca Juga: Jasa Penulis Artikel Seo Terbaik

Bagi seorang freelance writer, tentunya perlu menguasai banyak kosakata. Sebab dalam menulis sebuah konten artikel yang terdiri dari banyak paragraf, Anda harus mampu merangkai kata sehingga menghasilkan tulisan berkualitas dan enak untuk dibaca.

Cara Menjadi Freelance Writer Sukses

Cara Menjadi Freelance Writer Sukses

Setelah sebelumnya membahas langkah apa yang bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum terjun ke bidang ini, selanjutnya akan diulas beberapa cara menjadi freelance writer yang sukses. Di antaranya yakni:

Tentukan Bidang yang Akan Ditekuni

Pada prinsipnya, freelance writing memang pekerjaan lepas, namun bukan berarti serabutan. Anda harus fokus pada satu jenis tulisan yang memang dikuasai. Apabila saat ini masih bingung mau terjun di bidang mana, pilihlah sesuai passion.

Kenapa lagi-lagi kembali ke passion? Jika Anda memilih terjun pada bidang yang disukai serta dikuasai, tentunya akan lebih bersemangat dan senang dalam mengerjakannya. Tentu hal itu akan berdampak pada hasil tulisan.

Terus Explore Kemampuan yang Dimiliki

Pada umumnya, ketika seorang freelance writer sudah mendapat proyek dan memperoleh penghasilan, ia akan cenderung kembali ke zona nyaman yang membuatnya berhenti untuk berhenti belajar hal-hal baru.

Berhenti belajar dan tidak mengeksplore keahlian yang dimiliki membuat kemampuan dalam menulis stagnan begitu saja. Ia juga akan tertinggal dengan rekan-rekan di bidang serupa yang terus mempelajari ilmu-ilmu baru. Kesalahan tersebut bisa berakibat fatal pada karir Anda.

Bikin Personal Project

Sebelum mencari klien, Anda perlu membuat personal project yang isinya terdiri dari kumpulan hasil karya tulis sebagai modal awal. Dimana nantinya itu bisa dijadikan sebuah portofolio atau bukti untuk ditunjukkan kepada calon klien.

Kenapa membuat personal project itu penting terutama bagi freelance writer pemula? Ya jelas karena untuk meyakinkan calon klien membutuhkan sebuah senjata yang menunjukkan bahwa Anda adalah penulis potensial, tentunya dalam hal ini berupa bukti karya tulis.

Aktif Mencari Klien

Tentunya jika ingin menjadi freelance writer yang sukses dan memiliki penghasilan, Anda harus aktif untuk mencari klien. Dalam hal ini bisa memanfaatkan jejaring media sosial. Selain itu, kini juga banyak situs lowongan kerja penulis lepas di internet.

Tuntutan menjadi freelance writer, Anda harus mampu mengerjakan semua kebutuhan kerja secara mandiri. Mulai dari menentukan harga jual sebuah tulisan, mengurus pembayaran hingga mencari klien.

Mempromosikan Hasil Tulisan

Untuk menjadi freelance writer yang sukses, selain dibutuhkan kemampuan untuk menulis Anda juga harus memiliki keahlian di bidang marketing. Khususnya dalam hal memasarkan serta menjual hasil karya tulis.

Sebab pada dasarnya tujuan akhir seorang freelance writer adalah mendapat penghasilan dari karya tulis yang dibuat. Sekarang ini teknologi sudah canggih, Anda bisa menggunakan berbagai media online untuk melakukan promosi pada masyarakat.

Bersikap Profesional

Dalam pekerjaan apapun, entah sebagai karyawan swasta maupun pekerja paruh waktu, jika ingin sukses dalam berkarir harus bekerja secara profesional. Dimana seseorang harus mampu menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu sesuai kesepakatan deadline.

Jika sebagai penulis freelance Anda tidak bersikap profesional dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, hal tersebut membuat klien merasa kecewa dan dirugikan. Akibatnya bisa jadi kerjasama yang sudah terjalin akan dibatalkan.

Bangun Etos Kerja yang Tinggi

Meskipun hanya bekerja sebagai freelance writer yang notabene cuma pekerjaan paruh waktu. Namun, tetap penting untuk membangun etos kerja dalam diri. Sebab hal tersebut menjadi modal dasar yang mempengaruhi kesuksesan karir Anda di masa depan.

Pada umumnya, klien akan lebih tertarik menjalin kerjasama dengan penulis yang memiliki etos kerja tinggi. Sebab hal itu akan mempengaruhi semangat dan kompetensi dalam bekerja agar menghasilkan karya berkualitas.

Kelebihan Menjadi Freelance Writer

Kelebihan Menjadi Freelance Writer

Sekarang ini banyak orang tertarik menjadi freelance writer. Hal ini karena pekerjaan tersebut dianggap lebih menguntungkan. Berikut ini terdapat beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan jika terjun di bidang tersebut:

Tidak Ada Batasan Umur

Menjadi freelancer, khususnya dalam bidang tulis menulis tidak ada batasan umur untuk memulai karir. Jadi baik Anda sebagai pelajar, karyawan ataupun sudah pensiunan sekalipun tetap bisa menggeluti dibidang ini.

Pendidikan Terakhir Bukan Hal Penting

Jika ingin menjadi freelance writer, latar belakang pendidikan tidak penting dan bukan menjadi syarat utama. Karena sebagai penulis tentunya yang dinilai itu hasil tulisan Anda, bukan ijazah terakhir. Tentunya hal ini sangat berbeda apabila bekerja di perusahaan pada umumnya.

Anda Bebas Memilih Bidang sesuai Passion

Seperti sudah dipaparkan di atas, bahwa ada banyak sekali jenis tulisan yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dan bisa Anda pilih sesuai passion. Tentunya hal ini sangat menyenangkan karena dapat melakukan hobi dengan dibayar.

Bisa Dikerjakan Tanpa Terbatas Ruang dan Waktu

Salah satu kelebihan menjadi seorang freelance writer adalah semua pekerjaan bisa Anda kerjakan dimanapun dan kapanpun. Hanya perlu menggerakan jari jemari di atas keyboard, sambil bersantai di tempat indah. Tentunya sangat mengasyikkan bukan?

Tidak Terikat Pada Satu Perusahaan dan Terbebas dari Konflik Kantor

Sebagai freelancer, Anda dapat bekerja pada beberapa klien, berbeda dengan kerjaan pada umumnya yang terikat hanya di satu perusahaan saja. Selain itu, Anda juga terhindar dari konflik yang banyak terjadi di kantor akibat persaingan tidak sehat.

Bisa Dijadikan Pekerjaan Sampingan

Seperti artinya, freelance merupakan perkerjaan paruh waktu. Jadi tidak menutup kemungkinan untuk memiliki pekerjaan tetap lainnya, misalnya sebagai pegawai kantoran. Namun diluar jam tersebut, Anda dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah tambahan dengan menulis.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Berkualitas

Itulah ulasan mengenai langkah persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum terjun ke bidang tulis menulis, lengkap dengan cara menjadi freelance writer sukses dan beberapa keuntungan menjadi penulis lepas. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Tinggalkan Balasan