Fungsi VPS Windows

Fungsi VPS Windows Indonesia

Diposting pada

Fungsi VPS Windows – Windows merupakan sistem operasi yang sangat terkenal milik Microsoft. Sistem operasi ini memiliki banyak pengguna dan sebagian besar adalah yang memiliki PC / Laptop / Komputer.

Mengenal Fungsi  Aplikasi Cloud  VPS Windows

Sementara VPS (Virtual Private Server) adalah server pribadi yang terbagi menjadi beberapa server dalam satu resource yang sama yang sifatnya virtual.

Kedua perangkat ini yang kemudian dipadukan menjadi sebuah fitur terbaru yang disebut sebagai VPS Windows. Jadi, VPS Windows merupakan VPS yang identik dengan penggunaan sistem operasi (OS) windows.

Mengenal Cloud VPS Windows

Salah satu jenis VPS yang beroperasi dengan OS Windows adalah Cloud VPS Windows. VPS Windows Awan merupakan salah satu jenis VPS dengan OS Windows yang memiliki sistem yang dapat berjalanan secara otomatis. VPS jenis ini biasanya mereka gunakan sebagai trading otomatis.

Keunggulan dari Cloud VPS Windows adalah memiliki fitur yang dapat kita setting selama 24 jam full. Hal ini yang membuat VPS banyak peminatnya karena sangat berguna untuk pengembangan bisnisnya.

Selain dapat kita gunakan untuk trading otomatis, VPS ini juga sangat berfungsi untuk active directory, pusat data, serta keperluan website lainnya. Di Indonesia sendiri, Cloud VPS Window sudah memiliki pusat data yang sangat mumpuni sehingga VPS ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan OS Windows.

Dengan berbagai macam fungsi dan fitur yang beragam, rupanya Cloud VPS Windows memiliki harga yang lebih rendah. Inilah yang biasanya diincar oleh para user yang menginginkan agar bisnis onlinenya berkembang pesat dan menghasilkan keuntungan.

Ciri-Ciri Fitur Andalan Cloud VPS Windows

Ciri-ciri fitur andalan dari Cloud VPS Windows ini adalah :

  • Memiliki kinerja, ketersediaan, dan keamanan sesuai dengan yang dibuthkan user.
  • Memiliki spesifikasi tinggi sehingga lebih cepat dan nyaman digunakan.
  • Performa server stabil yang didukung oleh menejemen sistem yang baik.
  • Tersedia berbagai pilihan sistem operasi sesuai kebutuhan user, mulai dari Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012 R2, hingga Windows Server 2016.

Aplikasi VPS Windows

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa OS yang digunakan untuk VPS ada dua jenis, yakni OS Windows dan OS Linux. Namun user lebih sering memilih menggunakan VPS Windows karena sangat mudah untuk digunakan dibanding Linux.

Fungsi VPS Windows

Satu hal yang membedakan keduanya adalah terletak pada masing-masing aplikasi yang digunakan. Tentunya, aplikasi ini berhubungan dengan fitur website yang sedang Anda jalankan. Pada umunya, di OS Lonux tidak menggunakan aplikasi yang ada di Windows.

Beberapa OS pada Windows memiliki / memakai aplikasi yang meliputi ASP, SQL, NET, Frontpage, Access dan Visual Basic Script.

Fungsi VPS Windows

Lantas, apa saja fungsi VPS Windows yang membuat VPS ini banyak peminatnya di Indonesia? Berikut beberapa fungsi VPS Windows yang perlu Anda ketahui.

Dapat Berfungsi Untuk Membuat Hosting

Hosting atau web hosting merupakan server yang kita gunakan sebagai tempat untuk menampung sata-data atau file-file dari sebuah website, yang kemudian bisa menampilkan dengan cara mengaksesnya melalui internet. Data atau file ini dapat berupa gambar, aplikasi, program, script, dan databes lainnya yang dapat tampil saat ada yang  browsing.

Jadi, sebenarnya hosting itu merupakan lahan rumah, sedangkan website ibarat rumahnya, dan isi rumah adalah file-filenya. Oleh karenanya, tanpa hosting, sebuah web tidak akan bisa muncul untuk para pengunjungnya / pengakses internet.

Tak hanya OS Linux saja yang dapat kita jadikan sebagai web hosting, namun OS Windows juga bisa. Hosting tersebut sama-sama bersifat privasi seperti VPS. Sehingga data-data Anda pun selalu dijamin keamanannya.

Cara membuat hosting pada VPS Windows adalah dengan menginstall terlebih dahulu ASP.NET / IIS Web Server. Jika Anda tidak mengerti dengan cara menginstallnya, Anda bisa meminta bantuan provider yang menyewakan VPS kepada Anda.

Perlu Anda ketahui, hosting ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kartu memori pada Hp / smartphone, yang mana kapasitas penyimpanannya harus sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Contoh dari penggunaan hosting adalah website universitas yang memerlukan media penyimpanan data mahasiswa, data dosen, data fakultas, program studi dan jurusan, serta masih banyak data lainnya.

Dapat Digunakan Sebagai Active Directory

Active Directory (AD) merupakan sebuah directory service yang terkandung di dalam jaringan komputer Windows 2003 (atau 2000). Fungsinya adalah sebagai Authenticasi dan Authorisasi untuk akses ke dalam suatu resources jaringan, mulai dari resources yang berada pada local network hingga resources yang melintasi jaringan WAN global corporasi.

AD terdiri atas basis data dan sejumlah layanan direktori yang sangat berfungsi untuk keperluan website Anda. VPS Windows dapat berfungsi untuk AD yang menyediakan sarana untuk melakukan administrasi jaringan secara terpusat.

Jaringan terpusat tersebut dapat beroperasi dalam level domain maupun lintas domain. Syaratnya antar domain harus berada dalam satu direktori yang sama.

AD mengandung beberapa fitur yang meliputi: fitur simplified administration, scability, dan open standard. Dengan struktur AD berupa object, container, organizational unit, domain, tree, dan forest.

Layanan direktori dalam AD 2003 memberikan cara untuk menyimpan, mencari, mengamankan dan mengakses informasi mengenai sebuah resource jaringan dalam organisasi tertentu, misalnya:

  • Informasi mengenai user account, account computer, dan groups yang beranggotakan user account.
  • Sebagai printer.
  • Informasi mengenai server.
  • Sebagai resource.
  • Sentralisasi administrasi.
  • Sentralisasi dan desentralisasi administrasi resource, serta
  • Menyimpan informasi dalam format yang terjamin keamanannya.

Keperluan Database Server

Database server termasuk program komputer yang memiliki layananan pengelola dan program aplikasi basis data dengan menggunakan model pelanggan / server. Sistem menejemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi dari server basis data dan sangat bergantung pada modelnya. Contoh dari SMBD tersebut adalah MYSQL dan Microsoft SQL Server.

Oleh karena itu, database server ini dapat Anda buat pada VPS dengan OS Windows dengan cara melibatkan aplikasi SQL Server atau Microsoft Server SQL. Setelah itu, Anda bisa mengoneksikan database dengan Web Hosting yang telah siap.

Perlu Anda ketahui, ada 12 jenis database yang dapat beroperasi di dalam sebuah komputer yang meliputi:

  • Analytical database: menyimpan data dan informasi dari operasional dan eksternal database.
  • Data warehouse: menyimpan data dan informasi dari tahun-tahu sebelumnya hingga saat ini (terbaru) yang berasal dari database operasional.
  • Distributed database: data yang hanya untuk penggunanya sendiri, yang mencakup dua segmen yakni user database dan operasional.
  • Document-oriented databases: menyimpan data dan informasi sebagai dokumen yang memiliki karakteristik tertentu.
  • End-user database: database yang memiliki banyak file data yang kita kembangkan end-use di workstation.
  • External database: database yang menyediakan akses eksternal ke organisasi / layanan komersial online.
  • Hypermedia databases on the web: kumpulan halaman multimedia yang saling berhubungan di dalam sebuah situs web.
  • In-memory databases: database di memori yang bergantung pada memori utama penyimpanan data di komputer Anda.
  • Navigational database: Berfungsi sebagai navigasi yang dapat menemukan benda dengan mengikuti referensi dari objek lain.
  • Operational database: menyimpan data secara rinci dan bisa kita perlukan untuk mendukung operasi yang kita jalankan.
  • Real-time databases: sistem pengolahan yang mampu menangani beban kerja negara yang senantiasa berubah-ubah.
  • Relational database: termasuk database yang sangat umum banyak orang gunakan saat ini yang mempermudah user untuk mencari informasi yang terstruktur.

Dari keduabelas tipe database tersebut tentunya bisa kita sesuaikan dengan keperluan dalam mengelola website.

Dapat Mengoperasikan Remote Desktop

Remote Desktop merupakan fitur yang tersedia di dalam VPS dengan OS Windows. Mulai dari Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows 7 dan 8, yang mana semua jenis windows ini mengizinkan user untuk terkoneksi ke mesin jarak jauh (virtual).

Sesuai dengan namanya, remote desktop ini menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCPport 3389.

Bila Anda menggunakan VPS Windows, Anda perlu melakukan remote terhadap kinerja VPS tersebut dengan bantuan Windows Remote Desktop. Pasalnya, server privasi ini aktif selama 24 jam dan bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja. Remote Dekstop atau remote access yang mempermudah Anda dalam mengakses segala hal terkait website Anda.

Fungsi utama dari RDP adalah untuk mendownload dan meng-upload kecepatan VPS yang bisa kita remote hingga mencapai kecepatan 100 mb/ps hingga 800 mb/ps. Dengan RDP, Anda bisa melakukan bisnis selama 24 jam (misalnya trading forex) dan membuat proses berjalan lancar tanpa hambatan.

RDP memiliki beberapa kelebihan seperti: tetap menyala meskipun Anda tidak terkoneksi ke aplikasi RDP, memiliki kecepatan yg cukup tinggi dalam proses download dan upload, dapat kita gunakan untuk melakukan hosting website, dapat kita download di situs torrent tanpa takut adanya pelanggaran internet, dan dapat kita jadikan sebagai server game online.

Berfungsi Sebagai Server Backup

Di era teknologi yang serba maju ini, baik hardware maupun software-nya berfungsi untuk mempermudah user dalam mengelola sistem komputernya. Salah satu kemudahannya bisa Anda rasakan dalam teknologi informasi backup.

Backup merupakan proses pembuatan data cadangan dengan cara menyalin data komputer yang kemudian bisa kita arsipkan untuk mencegah terjadinya kerusakan maupun kehilangan data. Server backup sendiri merupakan fitur yang berfungsi sebagai backup data pada server utama di dalam suatu VPS Windows.

Tujuan server backup ini adalah jika sewaktu-waktu server utama down, maka backup server pun siap bekerja. Terdapat sejumlah faktor yang mendorong pengguna VPS Windows untuk melakukan backup, di antaranya:

  • Harddisk sebagai media penyimpanan data dan informasi.
  • Virus komputer merupakan program yang dapat menggandakan, menyalin, dan menyisipkan Salinan dirinya sendiri ke dalam program / dokumen / file lain.
  • Bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi yang tak terencana / tak ada seseorang yang bisa mencegahnya. Sebelum Anda selesai membackup data, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, yang meliputi:
  1. Pastikan data Anda terduplikasi pada lebih dari satu server.
  2. Usahakan ruang penyimpanan yang Anda gunakan terpisah satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain letaknya berbeda dari sisi geografis. Tujuannya untuk mengantisipasi saat terjadinya bencana alam maupun bencana lain yang terjadi. Seperti gunung meletus, tsunami, banjir, gempa, kebakaran, dan kerusuhan.
  3. Data yang sifatnya sensitif harus Anda simpan dalam bentuk terenkripsi. Hal ini bertujuan agar proses pengamanan data tidak bisa terbaca oleh user lain tanpa menggunakan alat / bantuan pengetahuan secara khusus.
  4. Usahakan data yang tersimpan sudah terartur agar bisa Anda mundurkan ke periode tertentu. Hal ini untuk mengantisipasi saat komputer Anda terserang virus. Saat data terkena virus, maka virus itupun ikut tersimpan di dalam fitur backup. Anda pun bisa mengambil data di kala file tersebut belum terkena virus.

Dapat Berguna Untuk Trading Forex

Apa itu trading forex? Banyak yang menganggap dengan melakukan bisnis trading forex, akan menjadikan seseorang lebih cepat kaya. Pernyataan ini belum tentu benar jika Anda belum mengetahui tentang karakteristik trading forex, kelebihan dan risiko yang dapat Anda alami.

Trading forex sudah terkenal di antara pebisnis online, yang merupakan jenis perdagangan mata uang yang berkembang pesat di Indonesia dan dunia. Perdagangan mata uang ini memiliki tujuan untuk mendapatakan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Trading forex juga merupakan pertukaran valuta asing, misalnya dari pembelian Euro yang secara bersamaan juga menjual USD. Meski mendapatkan keuntungan yang cukup besar, namun ada banyak sekali risiko trading forex yang mengancam keuangan Anda.

Oleh karena itu, para trader harus memperhatikan dengan baik apa saja yang mereka butuhkan untuk menyukseskan bisnis forexnya. Seperti dalam pemilihan VPS yang akan mereka gunakan.

Sebagian besar trader lebih menyukai menggunakan VPS Windows yang terkenal murah namun tetap berkualitas. Server ini memiliki kelebihan dapat beroperasi selama 24 jam penuh. Hal ini sesuai dengan kebutuhan para trader yang harus menjalankan bisnisnya kapan pun.

VPS Windows ini juga sangat cocok bagi para trader pemula sebagai media pembelajaran agar bisa menjadi expert. Dengan begitu, mereka akan lebih mengenal bagaimana cara mengoperasikan VPS Windows untuk keperluan trading forex.

Simpulan

Itulah beberapa Fungsi VPS Windows yang harus Anda ketahui dalam mengelola website untuk mengembangkan bisnis online Anda. Berdasarkan uraian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa VPS Windows dapat kita gunakan untuk web hosting, database, backup dan trading forex.

Keenam fungsi tersebut sangat berhubungan dengan fitur yang tersedia di dalamnya. Di mana fitur andalan dari VPS Windows meliputi kelengkapan, ketersediaan, keamanan, kecepatan, dan kenyamanan akan spesifikasi VPS yang akan Anda gunakan. Keenam fungsi tersebut bisa Anda baca lebih jelas lagi ada uraian sebelumnya.

VPS Windows memiliki aplikasi yang sangat beragam yang bisa Anda kelola dengan mudah oleh user, jika membandingkannya dengan VPS Linux. Selain itu, ada pula fitur Anda dari VPS Windows yang harus user perhatikan dengan baik agar tidak terkendala dalam pengoperasiannya.

Saat ini sudah banyak sekali VPS Windows dan Cloud VPS Windows yang provider domain dan hosting di Indonesia tawarkan. Mereka menawarkan berbagai spesifikasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan website yang akan Anda kembangkan.

Baca Juga : Pengertian Domain

Dengan adanya server virtual berbasis sistem operasi Windows, maka bisnis online maupun digital marketing Anda pun akan berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misi yang akan ingin Anda capai.

Sebab semakin banyak pengguna yang memanfaatkan fitur VPS untuk bisnis onlinenya, maka semakin besar pula persaingan global di antara para pebisnis online dan digital marketer. Untuk itu, pilihlah VPS Windows yang berkualitas dan terbaik untuk kemajuan bisnis Anda ke depannya.

Tinggalkan Balasan