Gambar Peta Indonesia Lengkap

Diposting pada

Agar memahami peta Indonesia secara lengkap, seseorang harus mengetahui berbagai pulau yang ada di dalamnya. Ada banyak sebutan untuk ibu pertiwi ini, antara lain negara maritim, negara kesatuan dan negara kepulauan. Bahkan, dibandingkan daerah sekitar, area tersebut memiliki pulau sangat banyak.

Mengenal Letak Indonesia

Di gambar peta Indonesia, negara ini mempunyai area yang strategis sebab terletak di antara 6º LU-11º08 LS dan 95º BT-141º B. Selain itu, daratannya sangat luas yakni 1.922.570 km2. Berkat berada di garis lintang tersebut, bumi pertiwi berada di garis khatulistiwa.

Negara ini memiliki perairan sangat indah dengan luas 3.257.483 km2. Apabila ini dilihat di dalam peta, maka terlihat jelas bahwa Indonesia dikelilingi oleh samudra luas dari Sabang hingga Merauke. Terdapat 5 Pulau berukuran besar, yaitu pulau Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi dan Jawa.

Baca Juga: Peta Dunia Lengkap

Jika ditotal, Indonesia mempunyai pulau sebanyak 17.504 yang mana 6000 pulaunya tidak berpenghuni. Terletak di daerah khatulistiwa, Indonesia memiliki 2 musim yakni panas dan hujan. Banyaknya kepulauan menyebabkan negara ini memiliki banyak kebudayaan unik nan khas.

Indonesia memiliki hutan yang sangat luas. Hal ini pun membuat negara tersebut mendapat sebutan paru-paru dunia. Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun bumi pertiwi juga mempunyai sedikit kekurangan, salah satunya kerap terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor.

Gambar Peta Indonesia

Berikut gambar peta Indonesia

Gambar Peta Indonesia

 

Peta Indonesia Hitam Putih

Peta Indonesia Hitam Putih

Pembagian Waktu di Indonesia

Letak geografis Indonesia membuat negara ini mempunyai 3 waktu yang berbeda. Terdapat tiga daerah yakni Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur. Berikut adalah ulasannya:

Waktu Indonesia Barat

WIB ialah salah satu daerah waktu di Indonesia. Perbedaan durasi dari WITA ialah satu jam lebih lambat. Sementara jika dibanding GMT, selisihnya 7 jam. Terjadinya perbedaan tersebut dikarenakan daerah-daerah yang termasuk Waktu Indonesia Barat terletak pada garis 105º BT.

Letak geografis Indonesia pada garis bujur tersebut menyebabkan daerah satu dengan lainnya memiliki selisih waktu satu jam. Setidaknya, ada banyak provinsi yang termasuk ke Waktu Indonesia Barat. Berikut adalah rinciannya:

  • Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  • Jawa Barat.
  • Jawa Tengah.
  • Jawa Timur.
  • Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Nanggroe Aceh Darussalam.
  • Sumatera Barat.
  • Sumatera Utara.
  • Kepulauan Riau.
  • Sumatera Selatan.
  • Bangka Belitung.
  • Kalimantan Tengah.
  • Kalimantan Barat.

Waktu Indonesia Tengah

Di Peta Indonesia lengkap, daerah yang termasuk dalam WITA berada di tengah. Jika dibandingkan WIB, maka waktunya lebih cepat 1 jam. Namun, bila Anda membandingkan Waktu Indonesia Tengah dengan WIT, durasinya 1 jam lebih lambat.

Sebagai contoh, apabila di Sumatera pukul 13.00 WIB, maka jika Anda berada di NTB, saat itu waktunya menunjukkan jam 14.00 WITA. Adanya perbedaan ini memberikan warna tersendiri. Jika penasaran dengan daerahnya, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Bali.
  • Kalimantan Utara.
  • Kalimantan Timur.
  • Kalimantan Selatan.
  • Sulawesi Tengah.
  • Sulawesi Barat.
  • Sulawesi Selatan.
  • Sulawesi Utara.
  • Sulawesi Tenggara.
  • Gorontalo.
  • NTB
  • NTT

Waktu Indonesia Timur

Khusus untuk Waktu Indonesia Timur, hanya ada 2 pulau yang menggunakannya, yakni Papua dan Maluku. Daerah-daerah tersebut memiliki waktu lebih cepat dibandingkan dengan WIB serta WITA. Hal itu dikarenakan posisinya berada pada garis 135 º BT.

Bisa dibayangkan jika Anda berada di Papua dan menelpon kekasih di Jakarta, maka perbedaannya 2 jam. Jadi, apabila waktu di Manokwari pukul 17.00, berarti di Jakarta Selatan baru pukul 15.00 WIB. Adanya perbedaan durasi ini membuat penyesuaian tersendiri terutama bagi perantau.

Berbagai Flora dan Fauna di Peta Indonesia

Indonesia terbagi menjadi beberapa tipe fauna. Adanya pembagian tersebut sesuai Surat Kemendagri No. 48 tahun 1989. Jika melihat persebarannya pada peta Indonesia, negara ini membagi jenis fauna menjadi 3 tipe.

Tipe Asiatis

Flora fauna di WIB dinamakan Asiatis. Penyebutan jenis itu dikarenakan pohon dan hewannya tidak terlalu beda dengan yang ditemukan di Asia pada umumnya. Wilayah Indonesia barat meliputi Pulau Sumatera, Jawa beserta Kalimantan. Contoh tanamannya yakni: mahoni serta lumut.

Sementara itu, hewan yang ada di WIB antara lain: kancil, beo, beruang madu, gajah, badak bercula satu dan harimau. Adanya keanekaragaman faunanya membuat Indonesia selalu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Tipe Australis

Tipe flora Australis ini bisa ditemukan di area Papua, Sahul dan Maluku. Tanaman yang tumbuh di kawasan ini sangat menarik sebab berada di hutan hujan tropis. Contoh tumbuhannya antara lain: pakis, cendana, siwalan serta eboni. Tak hanya itu, jenis binatangnya pun unik.

Fauna tipe Australis sangat bervariasi. Contoh hewan yang dapat ditemukan di daerah Papua dan sekitarnya antara lain: kanguru, koala, kiwi, kasuari serta burung penghisap madu. Anda juga bisa melihat burung Cenderawasih apabila sedang berada di daerah Waktu Indonesia Timur.

Tipe Peralihan

Daerah yang termasuk dalam tipe peralihan yakni Pulau Timor, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku dan Sulawesi. Binatang daerah ini sangat khas nan unik, antara lain: burung serinit sangihe, kuda sumba, anoa serta komodo.

Sementara itu, flora khas tipe Peralihan juga sangat cantik sekaligus unik. Hal ini dikarenakan daerahnya berada di antara garis Weber dan Wallace. Berbagai tanaman langka bisa ditemukan di pulau Sulawesi serta sekitarnya. Berikut adalah beberapa contohnya

  • Lontar Ajan kelicung.
  • Anggrek serat.
  • Cempaka hutan.

Mengenal Provinsi di Peta Indonesia

Gambar Peta Indonesia Lengkap menampilkan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau serta provinsi. Setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Tak hanya keseniannya, bahasanya pun berbeda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Aceh (Banda Aceh)

Aceh ialah salah satu provinsi yang terletak di Sumatera Utara. Daerah ini memiliki ibukota Banda Aceh. Sedikitnya terdapat 18 kabupaten di area tersebut. Kota itu merupakan tempat pertama dilakukannya penyebaran Islam sehingga memiliki sejarah penting dalam menyebarkan agama tersebut.

Budaya Islam di daerah tersebut sangat maju sehingga mayoritas penduduknya beragama Islam. Tak heran jika Aceh dijuluki sebagai Kota Serambi Mekah. Tak hanya religius, daerah ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang indah serta sumber daya alam gas cukup melimpah.

Sumatera Utara (Medan)

Sumatera Utara ialah salah satu daerah dengan penduduk terbesar nomor 4 di Indonesia. Daerah ini terdiri dari 25 kabupaten dan 8 kota. Bahasa yang digunakan oleh masyarakat asli ialah Batak. Namun, mayoritas orangnya memakai bahasa Indonesia. Ibu kotanya ialah Medan.

Daerah ini terkenal dengan pertumbuhan ekonominya yang bagus di bidang perkebunan. Berbagai tanaman dihasilkan mulai dari kopi, kelapa sawit, tembakau dan cengkeh. Mayoritas areanya berada di Langkat, Serdang serta Deli.

Sumatera Barat (Padang)

Sumatera Barat ialah salah satu provinsi di Indonesia yang beribu kota Padang. Menurut pembagian administratif, daerah tersebut terdiri dari 12 kabupaten dengan 7 kota. Luas wilayahnya sekitar 42.297,30 km². Mayoritas penduduknya beragama Islam dari etnis Minangkabau.

Sumatera Barat terkenal dengan kekayaan hayatinya yang sangat indah. Hal itu dikarenakan mayoritas daerahnya masih memiliki hutan hujan tropis. Bahkan, Anda pun bisa melihat flora langka yakni Raflessia Arnoldi di area ini. Selain itu, biota lautnya juga banyak ditemukan di sini.

Riau (Pekanbaru)

Riau adalah salah stau provinsi yang ada di Sumatera. Jika di lihat di peta, letaknya berada di tengah pulau. Hingga saat ini, daerah tersebut termasuk dalam wilayah terkaya di Indonesia. Hal ini wajar saja sebab perekonomian masyarakatnya berasal dari kelapa sawit, gas alam dan minyak bumi.

Tak hanya itu, Riau juga mempunyai wisata alam mengagumkan. Ada beberapa tempat menarik antara lain: pantai Ketapang, pantai Rupat Utara Tanjung Medang dan pulau Jemur. Meskipun daerah tersebut kaya dengan alam, sayangnya kini penebangan hutan kerap merusaknya.

Kepulauan Riau ( Tanjungpinang)

Kepulauan Riau ialah salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan dengan Kamboja dan Vietnam pada bagian utara. Secara administratif, daerah ini terdiri dari 5 kabupaten serta 2 kota. Uniknya, hampir sebagian besar wilayahnya merupakan perairan.

Kota ini termasuk salah satu provinsi baru di Indonesia sebab keberadaannya merupakan hasil pemekaran yang terjadi pada tahun 2002. Kepulauan Riau mempunyai banyak sumber daya alam antara lain: mineral, timah, bauksit dan granit. Bahkan, Anda juga bisa menemukan pasir besi berkualitas.

Jambi (Jambi)

Jambi berbatasan langsung dengan Sumatera Selatan pada bagian Selatan. Sementara di sebelah Utara, daerah ini dekat dari Provinsi Riau. Wilayah tersebut cukup strategis karena tak jauh dari peradaban kota. Apalagi, kekayaan alamnya sangat melimpah sehingga masyarakatnya makmur.

Kebanyakan masyakaratnya mengandalkan perkebunan dan perhutanan untuk bertahan hidup. Hasil alamnya sungguh melimpah antara lain: karet serta kelapa. Dua komoditi tersebut kerap diperdagangkan ke kota lain. Tak heran jika Jambi menjadi primadona di pulau Sumatera.

Sumatera Selatan (Palembang)

Sumatera Selatan ialah salah satu daerah Indonesia yang terdapat di selatan Sumatera. Daerah ini memiliki ibu kota Palembang serta dianugrahi kebudayaan melimpah. Wilayah tersebut terkenal dengan makanan enaknya antara lain: pempek, tekwan, tempoyak dan sambel jokjok.

Secara administratif, Sumsel terdiri dari 13 kabupaten dan 4 kota. Sektor utama yang menjadi daya tarik pereknomian wilayah ini yaitu industri kemudian pertambangan serta penggalian mineral. Tak hanya itu, perdagangannya pun sangat maju sehingga wajar jika daerah ini begitu makmur.

Kepulauan Bangka Belitung (Pangkal Pinang)

Kepulauan Bangka ialah salah satu provinsi keren yang ada di Indonesia. Daerah tersebut memiliki ratusan pulau berukuran kecil. Namun, hanya ada 50 pulau berpenghuni. Wilayah ini sangat terkenal dengan timah serta kekayaan alam nan eksotis.

Bangka memiliki banyak pantai yang sangat indah dan ekostis. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Sumatera di bagian utara serta tak jauh dari Sumatera Selatan. Kerukunan masyarakatnya cukup baik sehingga kehidupan rakyatnya makmur.

Bengkulu ( Bengkulu)

Bengkulu ialah salah satu provinsi yang berada di barat daya Sumatera. Daerah ini terkenal dengan keseniannya yang unik dan menarik. Di wilayah ini, Anda bisa menemukan berbagai kesenian budaya mulai dari tari-tarian hingga seni musik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Tari Pukek
  • Tari Kejei
  • Tari Penyambutan
  • Tari Putri Gading Cempaka
  • Tari Bidadari Menimang Anak
  • Geritan, cerita sambil berlagu.
  • Serambeak
  • Andei-andei
  • Sambei

Andei-andei ialah seni sastra yang berupa nasihat. Kesenian ini hanya ada di Bengkulu. Sementara itu, sambei merupakan seni olah vokal. Ini biasanya dipersembahkan saat pesta pernikahan suku Rejang. Banyaknya budaya daerah itu menandakan masyarakatnya sangat berbudaya.

Lampung (Bandar Lampung)

Lampung ialah salah satu provinsi terbaik di Indonesia. Terletak di paling Selatan Sumatera, Lampung memiliki 2 kota dan 13 kabupaten. Daerah ini terkenal dengan wisata alamnya yang indah antara lain: Danau Ranau, pantai Tanggamus serta Pesisir Barat.

Selain itu, Lampung juga mempunyai Taman Nasional Way Kambas. Jika tertarik ingin mendatanginya, silahkan ke Kabupaten Lampung Timur. Bahasa asli masyarakatnya ialah bahasa Lampung, namun kini mayoritasnya plural sehingga mereka menggunakan bahasa Indonesia, Jawa dan Sunda.

DKI Jakarta (Jakarta)

Jakarta ialah salah satu kota terpadat yang ada di Indonesia. Banyak orang datang ke DKI demi mendapatkan peruntungan nasib. Meningkatnya perantau ini dikarenakan hampir sebagian besar penduduknya bekerja di perusahaan dan berbisnis. Tak heran jika 70% uang negara asalnya dari sini.

Masyarakat DKI terdiri dari banyak etnis mulai dari Betawi, Sunda, Jawa hingga Tionghoa. Banyaknya penduduk multikultural ini dikarenakan banyak orang sengaja datang ke Jakarta untuk mencari uang. Sayangnya, daerah itu kerap diterjang banjir saat musim hujan.

Banten (Serang)

Banten ialah salah satu daerah potensial di Indonesia. Wilayah ini memiliki 4 kota dan 4 kabupaten. Sektor perekonomian masyarakatnya kebanyakan bergerak di bidang industri. Daerah tersebut memiliki potensi bagus karena terdapat beberapa pelabuhan laut yang siap dikembangkan.

Banten memiliki banyak tempat wisata menarik sehingga banyak pelancong yang datang, baik domestik maupun mancanegara. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja, namun kota ini juga mempunyai desa wisata unik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Gunung Krakatau
  • Rawano
  • Masjid Agung Banten
  • Pulau Umang
  • Gunung Karang
  • Desa Wisata Suka Baduy

Jawa Barat (Bandung)

Jawa Barat ialah provinsi yang ada di bagian barat Jawa. Kebanyakan penduduknya ialah suku Sunda sehingga dalam keseharian menggunakan bahasa Sunda. Mayoritas masyarakatnya bekerja dalam sektor jasa dan manufaktur. Berkat ini, daerah tersebut kini mengalami kenaikan perekonomian.

Kekayaan alamnya sangat indah apalagi beberapa bagian Jawa Barat merupakan dataran tinggi. Hal ini menyebabkan iklimnya cukup sejuk sehingga pas dijadikan destinasi tujuan wisata. Nah, berikut adalah beberapa destinasi menarik yang patut dikunjungi

  • Situ Bagendit (Kabupaten Garut)
  • Situ Cilodong (Cilodong, Kota Depok)
  • Kawah Putih (Ciwidey, Kabupaten Bandung)
  • Saung Talaga (Pancoran Mas, Kota Depok)
  • Pantai Santolo (Kabupaten Garut)
  • Situ Cikabuyutan (Cilebak, Kabupaten Kuningan)

Jawa Tengah (Semarang)

Di Peta Indonesia Hitam Putih, terdapat sebuah provinsi bernama Jawa Tengah. Daerah ini memiliki ibu kota Semarang dengan luas wilayah sekitar 32.000.000 km2. Wilayah tersebut mempunyai 29 kabupaten dan 2 kota. Areanya berada tepat di tengah Pulau Jawa.

Provinsi ini menyimpan berbagai tempat wisata menarik dan indah. Jika berkesempatan berkunjung ke daerah itu, jangan lupa mengunjungi destinasinya. Beberapa destinasi alamnya antara lain: pantai Merganti, Air Terjun Grojogan Sewu, Borobudur, pantai Barakuda Karimunjawa serta Museum Sangiran.

DI Yogyakarta (Yogyakarta)

Yogyakarta ialah salah satu provinsi menarik di Indonesia. Jika melihat ke peta, daerahnya berada di bagian selatan pulau Jawa dan berbatasan dengan Jawa Tengah. DIY memiliki 4 kabupaten dan 1 kotamadya. Jogja memiliki banyak sebutan yakni kota pelajar serta kota budaya.

Provinsi ini memiliki banyak tempat wisata baik alam maupun budaya. Tidak hanya memiliki pantai yang mengagumkan, Anda juga bisa melihat berbagai pertunjukan seni di kota pelajar tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Candi Borobudur
  • Pantai Parangtrititis
  • Goa Selarong
  • Kalibiru
  • Kaliurang
  • Hutan Pinus
  • Selengkapnya Tempat Wisata di Jogja

Jawa Timur (Surabaya)

Provinsi Jawa Timur ialah salah satu wilayah Indonesia yang di Pulau Jawa. Wilayah ini berbatasan dengan Samudera Hindia pada bagian Selatan dan Selat Bali di timurnya. Iklim daerah tersebut tropis basah, namun curah hujannya tidak sebanyak daerah lain di sekitarnya.

Mayoritas penduduknya ialah suku Jawa dan beragama Islam. Namun, bahasa pemerintahannya bahasa Indonesia. Daerah ini mempunyai banyak kesenian tradisional, antara lain: ludruk, reog, parikan berserta Tari Remo. Tak hanya itu, wayang kulit serta ketoprak juga cukup terkenal.

Bali (Denpasar)

Bali ialah provinsi yang terletak di sebalah timur Pulau Jawa dan barat Pulau Lombok. Daerah ini memiliki ibu kota Denpasar. Sebagian besar penduduknya beragama Hindu. Wilayah itu sangat terkenal dengan pariwisatanya. Bahkan, orang kerap menjadikannya sebagai tujuan honey moon.

Baca Juga: Alat Musik Bali

Perekonomian wilayah ini sebagian besar dikuasai oleh pariwisata dan industri. Pariwisata Bali telah mendunia karena daerahnya sangat eksotis serta menawarkan berbagai wisata alam. Tak hanya itu, adatnya juga masih kental sehingga layak dikunjungi. Berikut adalah beberapa destinasi terbaiknya:

  • Taman Besakih
  • Pantai Sanur
  • Bedugul
  • Garuda Wisnu Kencana
  • Pantai Kuta

Nusa Tenggara Barat (Mataram)

Salah satu provinsi yang tak kalah eksotis dengan Bali ialah Nusa Tenggara Barat. NTB memiliki Mataram sebagai ibu kotanya. Daerah ini terdiri dari 2 pulau besar yaitu Lombok dan Sumbawa. Mayoritas penduduknya berasal dari suku Sasak serta Mbojo.

Sebagian besar masyarakatnya beragama Islam. Keindahan pariwisata Lombok sangat indah, bahkan banyak yang menyamakannya dengan Bali. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat menarik. Tak hanya gunung, pantainya pun super eksotis. Berikut adalah di antaranya:

  • Gunung Rinjani
  • Pantai Pink
  • Pantai Senggigi
  • Gili Trawangan
  • Sendang Gile

Nusa Tenggara Timur (Kupang)

Tidak jauh dari Nusa Tenggara Barat, terdapat provinsi NTT. Daerah ini memiliki ibu kota Kupang. Daerah itu memiliki iklim kering sehingga di beberapa wilayahnya ada sabana. Wilayah itu mempunyai 2 pulau utama yakni Sumba, Timor Barat dan Flores.

NTT memiliki banyak ratusan pulau kecil, sedikitnya ada 550 yang ada di daerah tersebut. Kini pariwisata Nusa Tenggara Timur sangat maju, apalagi sejak terkenalnya Pulau Komodo sebagai tujuan wisata. Pantainya sungguh eksotis dan kehidupan masyarakatnya pun berbudaya.

Kalimantan Barat (Pontianak)

Kalimantan Barat ialah provinsi terluas keempat di Indonesia. Luasnya sekitar 143.800 km2. Namun, banyak area tak berpenghuni di Kalbar. Daerah ini mempunyai banyak perairan sehingga mendapat sebutan “Seribu Sungai.” Hal itu dikarenakan banyaknya sungai berukuran besar dan kecil.

Tak hanya digunakan mencari ikan, sungai pun dimanfaatkan untuk berjualan oleh penduduk sekitar. Kebanyakan suku yang mendiami Kalbar ialah Dayak dan Melayu. Mengenai bahasa keseharianya merupakan Bahasa Melayu Pontianak, Melayu serta Melayu Sambas.

Kalimantan Tengah (Palangkaraya)

Kalimantan Tengah ialah provinsi yang beribu kota di Palangkaraya. Daerahnya unik karena di sebelah utara pegunungan. Sementara itu, pada bagian selatan mayoritas rawa-rawa. Salah satu fauna terpopuler di sini ialah Orangutan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan landak, kera dan bekantan.

Bicara tentang sumber daya alamnya, Kalteng memiliki hutan yang sangat luas serta perkebunan. Hasil kebun paling bonafit dari Kalimantan Tengah ialah kelapa sawit. Selain itu, terdapat hasil tambang berkualitas antara lain: besi, zircon dan emas. Tak heran jika masyarakat lokalnya makmur.

Gorontalo (Gorontalo)

Gorontalo ialah salah satu provinsi di Indonesia yang ada di utara Sulawesi. Daerah ini memiliki sebutan “Serambi Madinah.” Luasnya memang tidak terlalu besar yakni sekitar 12.300 km2. Iklim wilayahnya sangat panas karena terletak tepat di garis khatulistiwa.

Meskipun panas, namun daerah ini memiliki banyak tempat wisata yang eksotis. Rugi rasanya jika menyempatkan pergi liburan jika sedang di sini. Tak hanya memiliki budaya islam, destinasi alamnya sangat menarik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Wisata Hiu Paus
  • Anau Limboto
  • Pasir Putih Leato
  • Benteng Otanaha
  • Monumen Nani Wartabone
  • Taman Laut Bitila

Sulawesi Tengah (Palu)

Sulawesi Tengah ialah provinsi yang ada di Pulau Sulawesi. Daerah ini memiliki ibu kota dengan wilayah sekitar 61.841.200 km2. Jika dilihat pada peta buta Indonesia, utaranya ialah Laut Sulawesi. Sementara itu, di sebelah timur terdapat Maluku. Karena terletak di garis khatulistiwa, iklimnya tropis.

Sulteng mempunyai destinasi wisata menarik antara lain: suaka alam, suaka margastawa dan hutan lindung. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengunjungi beberapa danau terbaik seperti Poso serta Lindu. Keanekaragaman alamnya membuat wisatawan beserta peneliti berbondong-bondong ke sini.

Sulawesi Tenggara (Kendari)

Sulawesi Tenggara adalah salah satu provinsi yang berada di garis khatulistiwa. Daerah ini memiliki ibu kota Kendari dengan 4 kabupaten. Masyarakatnya banyak bekerja di sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Bahkan, rakyatnya juga menggunakan kemampuannya dalam bidang pertambangan.

Selain memiliki komoditi yang mumpuni, Sulawsi Tenggara mempunyai wisata alam menarik. Tak hanya menyuguhkan festival keren, masyarakatnya juga memiliki situs benteng bersejarah sehingga wajib untuk dikunjungi. Nah, berikut adalah beberapa destinasinya:

  • Istana Kerajaan Laiwoi
  • Gua Sejarah Watuwulaa
  • Wakatobi Wave
  • Masjid Tua Loghiya

Maluku ( Ambon)

Salah satu provinsi yang berada di sebelah timur adalah Maluku. Daerah ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia pada bagian selatannya. Sementara itu, Laut Seram terletak tepat di utaranya. Hingga kini, wilyah tersebut mendapat sebutan “Kepulauan Rempah-rempah.”

Sebutan itu dikarenakan dahulu daerah tersebut pernah dijadikan pusat perdagangan rempah-rempah. Sayangnya, kini daerahnya termasuk kawasan dengan pendapatan di bawah rata-rata. Maluku mempunyai banyak kesenian tradisional yang menarik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Tari Saureka-Reka (tarian menggunakan pelepah sagu)
  • Tari Cakalele (tarian menggunakan parang dan perisai)
  • Tari Katreji (tarian anak muda)

Papua (Jayapura)

Papua ialah provinsi yang paling luas di Indonesia. Sebelah timurnya ialah Papua Nugini. Luasnya sekitar 316.553.000 km2. Wilayah ini masih sangat permai dan memiliki banyak taman nasional antara lain: Taman Nasional Lorentz serta Taman Nasional Wasur.

Di sini ada banyak flora serta fauna langka yang bisa disaksikan oleh pengunjung. Selain itu, terdapat berbagai hasil budaya khas buatan masyarkat aslinya antara lain: noken, tifa dan pisau belati. Tak hanya itu, Papua juga memiliki makanan khas lezat bernama papeda.

Baca Juga: Gambar Peta ASEAN

Itulah beberapa informasi penting terkait gambar peta Indonesia lengkap. Bisa dikatakan, Indonesia memiliki banyak keanekaragaman hayati yang menarik untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan