Goa Jomblang, Lokasi & Harga Tiket

Goa Jomblang atau Jomblang Cave, menjadi destinasi wisata yang menarik untuk para pencinta aktifitas ekstrem yang memacu adrenalin. Goa ini merupakan goa vertikal dan sangat berbeda dengan goa yang ada pada umumnya.

Karena untuk bisa menuju dasar goa, Anda harus masuk ke mulut goa yang ada di permukaan tanah untuk kemudian menuruni goa dengan tali setahap demi setahap. Kedalaman Goa Jomblang pun bervariasi antara 15 meter hingga 80 meter.

Kelebihan goa jomblang ini dibanding goa lain yang ada, tentu pada bentuknya yang vertikal, yang membuat Anda harus menuruninya dengan tali pengaman. Bergelantungan di tali yang mungkin hanya dilakukan sekali seumur hidup tentu memberikan sensasi tersendiri bagi Anda.

Sedikit rasa takut, penasaran, bahkan sedikit ‘nagih’ karena standar keselamatan dan pengamanan yang baik yang diberikan oleh pemandu wisata yang mendampingi, bisa jadi yang Anda rasakan ketika menyusuri goa ini. Selebihnya, Anda harus baca ulasan di bawah ini sebelum memutuskan untuk menjajal goa purba ini.

Tentang Goa Jomblang

Wisata Goa Jomblang Jogja

Goa purba ini tersimpan rapi dan tersembunyi di perbukitan karst. Di antara goa-goa yang ada di perbukitan karst Gunung Kidul, Goa Jomblang merupakan salah satu goa  yang direkomendasikan dan menarik untuk ditelusuri.

Sebagai goa vertikal dengan tipe collapse doline, goa ini menarik bagi wisatawan pencinta alam karena teknis susur goa dilakukan dengan cara menuruni goa dengan menggunakan bantuan tali. Di sekitar lokasi Goa Jomblang Yogyakarta, merupakan hutan konservasi tumbuhan purba dan oleh masyarakat setempat, dijadikan tempat wisata minat khusus.

Baca Juga: Wisata Kalibiru Jogja

Bentuk vertikal dari goa ini terjadi akibat amblasnya tanah beserta vegetasi di atasnya ke dasar bumi, di mana prosesnya bisa ribuan tahun lamanya. Karena lokasi goa ini memang berada di hutan purba.

Amblas tanah ini disebut sinkhole yang membuat goa ini menjadi unik karena di dasarnya ada goa yang luasnya mencapai 50 meter. Sehingga standar dan peralatannya yang disediakan oleh operator paket cave tubing berdasarkan standar keselamatan untuk goa vertikal.

Daya tarik goa ini selain bentuknya yang vertikal adalah pancaran cahaya surga. Yaitu sinar matahari yang masuk ke dalam celah goa dengan ketinggian mencapai 90 meter sehingga membentuk satu tiang cahaya dan menyinari flowstone yang indah dan kedalaman gua yang gelap gulita.

Air yang biasa menetes dari ketinggian menambah keindahan pemandangan ini dan membuat wisatawan terkagum-kagum karena keaslian dan keunikan goa ini.

Selain itu, di dasar goa juga terdapat pohon yang jutaan tahun lalu berada di atas tanah. Sehingga tanaman-tanaman yang semula ada di permukaan kini bisa ditemukan di dasar goa dan mengalami adaptasi dengan keadaan goa yang gelap gulita.

Bahkan ada satu jenis pohon yang ditemukan oleh peneliti dan masih belum diketahui jenisnya. Karena keberadaannya di dasar goa dan baru diketahui sehingga masih terus diteliti.

Operator paket goa sudah membuat beberapa batu pijakan untuk membantu peserta menuruni goa. Dan beberapa lampu dipasang untuk membantu penerangan selama di dalam goa.

Setelah kurang lebih 300 meter, peserta akan mendengar suara gemericik air sungai bawah tanah yang deras. Perjalanan akan diteruskan hingga mencapai lubang di mana cahaya surga menyelusup ke dalam goa yang disebut Luweng Grubug.

Karena keunikannya, goa ini pun masuk ke dalam nominasi destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Untuk Kabupaten Gunung Kidul, memasukkan dua destinasi wisata yaitu Goa Jomblang dan Pantai Wediombo.

Persiapan Wisata Goa Jomblang

Persiapan Wisata Goa Jomblang

Untuk menikmati wisata Goa Jomblang, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, mengingat wisata ini bukan sekedar wisata outdoor lainnya seperti ke pantai. Namun ini adalah wisata alam dengan fisik dan kondisi alam yang berbeda sehingga setiap wisatawan harus menyesuaikan diri dan membawa perlengkapan yang sesuai seperti di bawah ini:

Pakaian

Sesuai dengan namanya goa, maka Anda harus menggunakan pakaian untuk memanjat dan siap kotor. Karena tipe goa ini adalah vertikal dimana Anda akan menggunakan tali untuk menuruni goa menuju ke dasarnya. Gunakan pakaian hiking yang nyaman dan menyerap keringat.

Anda juga akan bertemu lumpur sehingga pakaian yang tidak terlalu tebal akan membantu pergerakan Anda. Jangan memakai baju yang menyulitkan petugas wisata pada saat memasang tali pengaman. Pakailah pakaian yang simple, nyaman dan jangan lupa untuk membawa pakaian ganti untuk mengganti pakaian yang basah atau kotor setelah kegiatan.

Untuk alas kaki, sebaiknya gunakan yang praktis dan ringan dan melindungi kaki seperti sendal atau sepatu gunung. Di beberapa paket Goa Jomblang tour menyediakan alas kaki yang sesuai dengan medan goa.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan alas kaki Anda karena lumpur atau terkena batu. Namun, penggunaan alas kaki dari operator tour tidak wajib. Operator tour hanya mengingatkan saja kepada wisatawan selain karena keterbatasan stok alas kaki yang tersedia.

Kaos Kaki

Sifatnya opsional namun cukup penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan alas kaki yang disediakan operator tour. Selain itu juga, kaos kaki membantu kaki Anda dari terbentur dengan batu yang ada di sepanjang perjalanan dan juga mencegah lecet karena alas kaki.

Wisata goa adalah wisata yang membutuhkan kenyamanan kaki dalam bergerak. Sehingga siapkan perlengkapan yang dibutuhkan agar Anda merasa nyaman berjalan dan bisa mengikuti langkah pemandu wisata dalam menyusuri goa.

Kamera

Di lokasi tersedia jasa tukang foto, namun hanya berada di bagian permukaan goa yang terang. Untuk kebutuhan dokumentasi Anda di dalam goa, silakan membawa kamera masing-masing.

Namun karena kondisi goa yang gelap, sebaiknya lengkapi kamera Anda dengan flash yang memadai. Agar Anda bisa mengabadikan momen selama berada di dalam goa yang gelap di bawah permukaan tanah.

Senter

Senter menjadi perlengkapan wajib bagi wisata susur goa. Siapkan senter kepala dan senter tangan untuk membantu Anda melihat jalan. Walaupun pemandu goa sudah membawa senter sebagai alat bantu penerangan, namun membawa senter dapat memberikan rasa nyaman tersendiri sehingga Anda bisa lebih menikmati perjalanan.

Losion Anti Nyamuk

Berada di alam terbuka tentu Anda akan bertemu dengan nyamuk dan serangga lainnya. Siapkan losion untuk mengurangi dampak gigitan nyamuk hutan yang berbeda dengan nyamuk rumah. Juga untuk meminimalisir efek dari serangga tersebut.

Tas ransel kecil

Jangan membawa tas besar dalam acara susur goa. Karena medan Goa Jomblang Jogja berbentuk vertikal sehingga membutuhkan effort lebih untuk menuruni atau memanjat goa. Bila kita membawa terlalu banyak bawaan akan menyulitkan diri sendiri dan mengganggu perjalanan tim. Karena setiap peserta diharuskan membawa barang-barang pribadinya sendiri.

Tas ransel kecil ini berisi perlengkapan pribadi seperti obat-obatan, kamera, senter, botol minum dan cemilan penambah energi jika Anda merasa membutuhkannya. Jadikan bawaan seringkas mungkin karena di goa ini tidak akan ada jasa porter atau yang membantu membawakannya untuk Anda.

Lokasi Goa Jomblang

Lokasi Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu destinasi wisata di kota Jogja. Persisnya Goa Jomblang ini berada di pegunungan karst yang merupakan ciri khas wilayah Gunung Kidul. Yaitu di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Goa ini menambah daftar obyek wisata menarik yang banyak terdapat di Kabupaten Gunung Kidul. Sebuah kabupaten yang kini makin berkembang dengan dibukanya berbagai jenis tempat wisata mulai dari pantai, goa hingga wisata malam seperti Bukit Bintang.

Sebagai kabupaten yang berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Semarang, Gunung Kidul membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dari kota Jogja. Untuk mencapai Goa Jomblang Gunung Kidul, arahkan kendaraan Anda ke Jl. Wonosari untuk menuju ke daerah Piyungan.

Kemudian lanjutkan perjalanan ke Pathuk dan kemudian mengarah ke Wonosari hingga ke Desa Pacarejo. Medan jalan yang akan ditempuh berupa jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Sehingga pastikan kendaraan siap dengan kondisi jalan tersebut.

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Untuk bisa masuk ke Goa Jomblang Yogyakarta, ada dua pilihan yang bisa Anda pilih:

1. Untuk para caver dengan peralatan yang lengkap, tidak ada biaya untuk bisa melakukan cave tubing. Namun Anda harus meminta izin kepada Kepala Dukuh setempat sehingga tercatat dan dikenali sebagai salah satu peserta. Di sini Anda harus menunjukkan peralatan yang sesuai standar untuk susur goa vertikal yang tentunya berbeda dengan susur goa lainnya.

2. Jika Anda adalah peserta biasa, Anda bisa menggunakan jasa operator cave tubing yang banyak tersedia. Dengan membayar antara 500 ribu hingga 1 juta, Anda bisa melakukan cave tubing dengan peralatan yang standar internasional dan ditemani pemandu wisata goa yang berpengalaman.

Setiap kelompok jumlahnya dibatasi, selain karena masalah jumlah perlengkapan tapi juga untuk kefektifan pemandu wisata dalam menghandle Karena kondisi di dalam goa akan berbeda dengan kondisi lainnya sehingga aspek psikologis juga harus dipertimbangkan.

Dalam satu kelompok bisa terdapat 2 hingga 3 orang pemandu wisata yang akan menemani dan membantu dalam perjalanan susur goa ini.

Jangan lupa untuk membayar biaya parkir untuk Anda yang membawa kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah. Sedang untuk kendaraan roda empat, biaya parkir bisa berubah tergantung musim liburan atau hari biasa.

Jam buka Goa Jomblang mulai menerima peserta susur goa mulai dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang. Hal ini didasarkan atas aspek cuaca dan keamanan untuk peserta. Untuk peserta disarankan untuk datang mulai jam 10 pagi hingga jam 12 siang untuk bisa mendapatkan momen cahaya surga di tempat ini.

Paket Goa Jomblang ini memakan waktu kurang lebih 2,5 hingga 3 jam. Jika dihitung waktu perjalanan dari Kota Jogja, maka Anda membutuhkan waktu kurang lebih 7 – 8 jam. Siapkan fisik dengan baik untuk kegiatan ini.

Perlengkapan caving

Caving Goa Jomblang

Setelah menempuh perjalanan dari kota Jogja yang berjarak kurang lebih 50 km dengan kondisi jalan menuju goa berupa jalan bebatuan kurang lebih 500 meter. Peserta cave tubing akan diminta beristirahat sejenak di sebuah rumah kecil. Karena peserta harus memulihkan tenaga sebelum bersiap menggunakan perlengkapan standar yang disediakan operator.

Operator tur Goa Jomblang akan melengkapi setiap pesertanya dengan perlengkapan yang sesuai dengan prosedur susur goa vertikal. Perlengkapan tersebut adalah:

Helm

Berada di alam terbuka dan di dalam goa membutuhkan helm untuk keamanan kepala. Setiap peserta akan mendapatkan masing-masing dan harus dipasang hingga pas di kepala dengan menjepitkan tali pengamannya.

Untuk pemandu wisata, di helmnya terdapat senter penerang. Sedangkan helm peserta tidak. Namun jika peserta ingin menggunakan senter kepala sendiri bisa dipasang di atas helm.

Tali Carmantel

Untuk kegiatan susur goa vertikal dibutuhkan tali yang kuat untuk menuruni dan menaiki goa yang disebut tali carmantel. Tali ini memiliki diameter yang bervariasi tergantung kebutuhan di lapangan.

Harness

Tali harness dipasang di masing-masing peserta sebagai tali pengaman sebelum disambungkan ke tali carmantel. Pemasangan tali harness ini harus pas dan tepat dengan ukuran tubuh. Supaya kemampuan tali bisa maksimal ketika mengangkat ataupun menurunkan tubuh peserta.

Jika tidak pas di tubuh dikhawatirkan beban tali tidak merata sehingga bisa menyebabkan kecelakaan karena tali putus dan lainnya.

Tali Webbing

Digunakan sebagai alat bantu untuk membuat tali simpul yang dikaitkan dengan tiang penahan beban atau disebut dengan anchor.

Carabiner

Pengait yang disambungkan ke harness atau peralatan outdoor lainnya

Ascender

Alat ini banyak digunakan pemanjat untuk membantu menaiki tebing dan bertumpu pada bantuan tali. Yang secara otomatis akan mencatut tali jika mendapat beban dan mudah digeser jika tidak diberi beban. Untuk wisata Goa Jomblang Jogja, tidak perlu menggunakan alat ini.

Autostop

Digunakan untuk stopper atau pengerem otomatis. Sistem pengereman akan bekerja otomatis Ketika kita melepaskan handle. Selain sebagai pengerem, alat ini juga digunakan untuk menurunkan peserta dari ketinggian atau yang disebut alat belay (belay device).

Sepatu boot

Sepatu yang tepat untuk digunakan untuk kegiatan susur goa. Bentuknya mampu melindungi kaki dari benturan dengan batu-batu dan mencegah lumpur masuk sehingga kaki tetap nyaman dan bersih.

Fasilitas Wisata di Goa Jomblang

Goa Jomblang masih dikelola oleh pejabat desa setempat sehingga belum bisa menyediakan fasilitas umum seperti layaknya yang ada di tempat wisata lainnya. Walaupun demikian fasilitas seperti toilet atau kamar mandi untuk bilas, mushola hingga tempat parkir sudah tersedia. Hanya saja jumlahnya terbatas.

Bahkan rumah kepala dukuh juga dimanfaatkan untuk tempat beristirahat sejenak para peserta cave tubing setelah selesai melakukan kegiatan. Namun, hal ini tidak mengurangi antusiasme wisatawan untuk tetap melakukan cave tubing di goa purba ini.

Menyusuri Goa Jomblang akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tidak terlupakan selama Anda berwisata di kota Jogja. Menikmati keindahan hutan purba di sekitar goa yang dipadati dengan hamparan hijau tumbuhan baik pohon-pohon raksasa hingga aneka tanaman lumut, semak-semak dan paku-pakuan akan menjadi sebuah awalan yang menyegarkan. Kemudian perjalanan selanjutnya menjadi klimaks yang mengesankan.

Baca Juga: Wisata Goa Pindul

Berada di perut bumi dengan kegelapan sempurna membuat Anda makin menikmati keindahan yang masih disaksikan di atas bumi. Dan mungkin bagi beberapa peserta menjadi pengalaman yang memacu adrenalin berada di dalam perut bumi dengan kegelapan abadi. Kesempatan menelusuri goa ini menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pudar oleh waktu dan keunikan tempat wisata lainnya.

Tinggalkan komentar