Gudeg Paling Enak Di Jogja

Kota Yogyakarta mempunyai banyak area wisata yang bisa Anda eksplorasi di setiap sudutnya. Setiap tahun selalu saja ada yang baru dari kota pelajar yang menjadi tujuan wisata seluruh masyarakat Indonesia ini. Namun, walau ada banyak tempat baru yang menambah semarak kota Jogja, wisata kuliner tradisional selalu masuk dalam wishlist wisatawan termasuk Gudeg paling enak di Jogja.

Kali ini kita akan membahas wisata kuliner dengan menu khas kota Jogja, yaitu Gudeg. Mengapa Gudeg? Karena gudeg adalah makanan tradisional khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang direbus bersama santan dan gula kelapa selama beberapa jam hingga lunak. Dengan gula kelapa sebagai bahan pendamping utama, menjadikan gudeg makanan dengan citarasa yang manis.

Seiring dengan perkembangannya, gudeg Jogja dikenal memiliki dua varian yaitu gudeg basah dan kering. Juga citarasanya mengalami perkembangan, kini tidak selalu bercitarasa manis yang kental, tapi sudah ada yang membuat gudeg sedikit asin dan pedas.

Ini Dia 20 Rekomendasi Gudeg Jogja Paling Enak

Ini Dia 20 Rekomendasi Gudeg Paling Enak Di Jogja

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat gudeg paling enak di Jogja. Anda bisa memilihnya berdasarkan kelegendarisannya, citarasa yang tidak lagi manis hingga gudeg dengan varian yang berbeda dari pakem gudeg yang ada.

Gudeg Legendaris

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Jogja

Menu Gudeg Pawon disepakati oleh para wisatawan sebagai salah satu tempat gudeg enak di Jogja. Karena Gudeg disajikan langsung di dapurnya. Sehingga diberi nama pawon atau dapur ini sangat terkenal dan hanya buka selama dua jam saja menjelang tengah malam.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jogja

Sebelum dibuka, calon pembeli bahkan telah antri dengan setia sejak jam 8 malam di depan pintu menunggu pintu rumah dibuka pada pukul 10 malam. Gudeg yang berada di Jl. Prof. Dr. Soepomo SH No. 36, Warungbroto, Umbulharjo ini memiliki kesan tersendiri bagi pelanggannya. Mengambil langsung makanan nasi gudeg lengkap dari dapur, mengingatkan memori indah masa kecil pengunjung.

Suasana dapur yang sederhana dengan kepulan asap dari kayu bakar, dan bau dapur membuat sensasi makan di sini sangat khas dan ngangenin. Ditambah dengan harga yang bersahaja, tidak heran para pembeli rela antri 2 jam sebelum tempat ini dibuka.

Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu Jogja

Gudeg Yogyakarta ini sudah berusia lebih dari setengah abad sehingga layak masuk ke dalam kelompok gudeg Jogja yang legendaris. Anda bisa menemukan Mbah Lindu yang sudah berusia sepuh sedang dikerumuni pelanggannya yang hendak mencari sarapan di sekitar kawasan Sosrowijayan.

Ciri khas nasi gudeg Mbah Lindu yaitu diracik dengan krecek dan berbagai sayuran dan disajikan bukan di piring tapi di atas pincuk yaitu daun pisang yang ditusuk lidi. Sebagai menu sarapan yang tepat dan mengenyangkan, Anda bisa membeli gudeg ini yang mulai dijajakan dari jam 05.00 pagi hingga jam 10 pagi.

Gudeg Bu Tjitro 1925

Gudeg Bu Tjitro 1925 Jogja

Sesuai dengan namanya, gudeg ini dibuka mulai tahun 1925. Di gudeg Jogja terkenal ini, penyajiannya sudah dilakukan lebih modern sehingga nampak apik. Anda dapat membawa menu gudeg dari tempat ini dengan kemasan dari kendil yang membuat gudeg bisa tahan hingga 2 hari.

Sedangkan kemasan dari kaleng membuat gudeg ini bisa dinikmati hingga 1 tahun ke depan tanpa mengubah citarasa. Keren kan! Rasa gudeg yang otentik tetap dipertahankan tempat ini yaitu berupa tambahan daun pepaya, sambal krecek yang khas dengan tambahan aneka lauk yang lezat.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum Jogja

Gudeg terenak di Jogja lainnya adalah gudeg Yu Djum. Nama tempat ini sudah menjadi bagian ikon kota Jogja. Tidak jarang paket wisata Jogja memasukkan kunjungan ke tempat ini sebagai bagian dari destinasi wisata kulinernya. Hal ini sangat tepat karena setelah generasi ketiga, gudeg Yu Djum tetap dikenal enak dengan citarasanya yang manis.

Di tempat ini, gudeg dimasak dengan menggunakan kayu bakar untuk menghasilkan olahan nangka muda dan gula kelapa yang kental menjadi gudeg yang lezat. Kini gudeg Yu Djum telah berekspansi dengan membuka beberapa cabang. Anda bisa mengunjungi salah satunya atau langsung ke Jl. Wijilan No. 167 yang merupakan outlet pertama gudeg ini.

Gudeg Djuminten

Gudeg Djuminten Jogja

Lokasinya berada di dekat Tugu Jogja dengan desain tempo doeloe yang kental membuat tempat gudeg yang berdiri sejak tahun 1926 ini mudah dicari. Meski telah ada selama hampir 100 tahun, citarasa dan resep gudeg ini tetap sama.

Kuah areh yang gurih dan kental dengan sambal yang nikmat membuat gudeg Djuminten menjadi salah satu gudeg favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.

Gudeg Bu Slamet

Gudeg Bu Slamet Jogja

Wijilan telah menjadi sentra warung gudeg di kota Jogja. Ada beberapa tempat gudeg terkenal berlokasi disini. Dan gudeg Bu Slamet menjadi pionir gudeg di tempat ini yang buka mulai tahun 1946. Gudeg Bu Slamet dikenal dengan rasanya yang kental dan medhok.

Tambahan telur pindang menjadikan gudeg ini makin lengkap dan lezat. Dengan harga mulai dari 10 ribu hingga 30 ribu, Anda bisa menikmati gudeg ini di Jl. Wijilan No. 17, Kraton mulai dari jam 5 pagi hingga jam 8 malam.

Gudeg Permata Bu Pudjo

Gudeg Permata Bu Pudjo Jogja

Berlokasi di Jl. Gajah Mada di depan bekas bioskop Permata, Pakualaman, Gudeg Bu Pudjo yang berjualan mulai dari tahun 1951 masih tetap eksis hingga kini. Citarasa pedas menjadi ciri khas gudeg di tempat ini sehingga menjadi daya tarik bagi mereka yang menyukai gudeg yang sedikit pedas.

Dengan campuran daun pepaya yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga tidak menyisakan rasa pahit, menambah citarasa gudeg Bu Pudjo lebih unik dan lezat. Dan Gudeg ini hanya buka mulai jam setengah 9 malam hingga jam 2 pagi dan mengambil libur di hari Minggu.

Gudeg Pedas

Gudeg Mercon Ibu Tinah

Gudeg Mercon Ibu Tinah Jogja

Menu Gudeg ini melawan pakem gudeg yang ada. Salah satu gudeg terkenal di Jogja ini mengakomodasi pelanggan yang tidak terlalu suka rasa manis.. Dari namanya mercon, tempat makan gudeg ini memang menambahkan cabe pedas pada sayur kreceknya yang mampu membakar lidah penikmatnya saking pedasnya sebagai paduan gudegnya yang manis.

Tempat gudeg yang hanya buka mulai jam 9 hingga jam 12 malam ini berupa lesehan sederhana. Berlokasi di Jl. Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, warung gudeg ini selalu dipadati oleh pembeli yang ingin menikmati rasa mercon pada gudeg yang membuat pembeli berdecak kepedasan.

Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad

Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad Jogja

Gudeg ini memiliki tampilan agak basah, sedikit asin, sedikit manis dan tidak terlalu pedas. Dengan harga yang bersahabat, gudeg ini menjadi tempat favorit mahasiswa UGM selain karena lokasinya yang memang tidak terlalu jauh dari kampus gajah ini.

Tempat ini mempunyai jadwal buka yang cukup panjang yaitu jam 6 pagi sampai jam 9 malam sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan gudeg lezatnya.

Gudeg Sagan

Gudeg Sagan Jogja

Untuk Anda yang tidak terlalu suka rasa manis, bisa memilih gudeg Sagan yang juga menjadi salah satu gudeg Jogja paling enak. Penyajian yang rapi dan porsi yang cukup membuat sebagian pelanggannya menyebut gudeg ini sebagai gudeg priyayi. Gudeg ini bisa Anda temui di Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53, Caturtunggal, Depok, Sleman yang mulai buka jam 9 pagi.

Gudeg Unik

Gudeg Cukupan Batas Kota

Gudeg Cukupan Batas Kota Jogja

Sesuai dengan Namanya, tempat gudeg ini berada di batas kota yaitu perbatasan antara kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman. Gudeg ini bertekstur kering dan manis dipadu dengan kuah kental dengan bumbu yang sangat kuat.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jogja

Kehadiran gudeg ini sangat pas menemani waktu santai Anda di malam hari karena gudeg ini baru buka jam 11 malam hingga jam 3 pagi. Sambil duduk lesehan di pinggir jalan, nikmati sepiring gudeg Cukupan yang lezat dengan teh hangat sebagai pasangannya akan membuat rasa lapar Anda di malam hari teratasi dengan tuntas.

Gudeg Manggar Bu Jumilan

Gudeg Manggar Bu Jumilan Jogja

Di tempat ini Anda akan menemukan bahwa gudeg tidak selamanya terbuat dari nangka muda. Betul sekali! Di tempat ini bahan gudeg yang digunakan adalah manggar atau bunga pohon kelapa.

Untuk mengetahui kelezatannya, Anda harus menyambangi tempat ini yang berlokasi di Jl. Srandakan Km. 8 Mangiran dan tepat di depan BPD Mangiran, Bantul. Tempat ini hanya buka dari jam 5 pagi hingga jam 2 siang. Jangan sampai kehabisan!

Gudeg Yu Narni

Gudeg Yu Narni Jogja

Tempat gudeg yang mempunyai 4 cabang ini terkenal karena murah dan lezat. Buka sejak jam 5 pagi hingga jam setengah 8 malam dengan beberapa cabangnya, membuat pelanggan mempunyai cukup waktu dan pilihan tempat untuk menikmati kenikmatan gudeg yang dikenal dengan citarasa yang cukup manis ini.

Gudeg Yu Narni pernah mencetak rekor MURI sebagai tempat makan gudeg dengan peserta terbanyak yaitu lebih dari 1000 orang peserta.

Gudeg Mbok Mandeg

Gudeg Mbok Mandeg Jogja

Jika Anda menyukai gudeg yang sedikit basah atau bahasa Jawanya nyemek, Anda berada di tempat yang tepat. Nama Mbok Mandeg yang berarti ayo makan gudeg merupakan satu tempat gudeg yang menyajikan gudeg dengan kuah santan yang nyemek atau cukup basah.

Dengan paduan ayam kampung, gudeg gurih dengan rasa yang tidak terlalu manis ini siap untuk Anda nikmati dan Anda bisa mengunjunginya di Jl. Parangtritis Km. 2,5 Mantrijeron mulai jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

Gudeg Ceker Seturan Sedep Raos

Gudeg Ceker Seturan Sedep Raos Jogja

Menggunakan bahan ceker ayam yang banyak disukai masyarakat menjadikan tempat gudeg ini menjadi alternatif cara makan gudeg yang nikmat. Sayur gudeg yang gurih dipadu dengan bumbu santan yang kental ciri khas gudeg menjadi tambah nikmat dipasangkan dengan ceker ayam yang bergizi tinggi.

Selagi Anda menikmati sajian gudeg nikmat ini, live music akan mengiringi setiap suapan gudeg Anda. Suasana malam menjadi tidak terasa di tempat yang buka mulai dari jam 7 pagi hingga 11 malam. Temukan nikmat gudeg ceker ini di Jl. Affandi (Gejayan) No. 30 Yogyakarta.

Gudeg Geprek

Gudeg Geprek Jogja

Dengan memadukan gudeg dan geprek, tempat gudeg ini juga berusaha merangkul kaum milenial. Nikmati kelezatan gudeg yang sudah tidak diragukan lagi dengan paduan ayam bacem geprek yang bercitarasa gurih dan pedas.

Tempat ini menjadi favorit para anak muda yang ingin menikmati gudeg namun tidak melupakan pedasnya ayam geprek yang sedang menjadi tren kuliner saat ini dengan tingkat kepedasan yang bisa dipilih. Berlokasi di Jl. Parangtritis Km. 5 seberang SMA N 1 Sewon dan Jl. Gedong Kunig, Rejowinangun, Kotagede, membuat tempat ini mudah dicari oleh pelanggan setianya.

Bubur Gudeg Mbah Sudinah

Bubur Gudeg Mbah Sudinah Jogja

Mbah Sudinah dikenal telah mampu meracik gudeg lezat sejak usianya 10 tahun. Kepiawaiannya mengolah kuah santan gurih dipadu dengan sambal krecek dan ragam lauk pendamping telah menjadi menu sarapan yang selalu dicari masyarakat Jogja maupun wisatawan. Memadukan bubur dengan gudeg justru memperkuat citarasa gudegnya yang sudah dikenal lezat.

Nikmati menu bubur unik ini di Pasar Pujokusuman, Jl. Kolonel Sugiono, Mergangsan yang hanya melayani sarapan saja di jam 6 pagi hingga jam 10 pagi. Harga yang cukup murah yaitu hanya sepuluh ribu rupiah saja mampu membuat Anda merasa kenyang dengan sarapan bergizi dari Mbah Sudinah.

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk Jogja

Bu Tekluk pemilik gudeg ini dikenal mengantuk pada saat melayani sehingga warung gudeg ini diberi nama demikian, yang dalam bahasa Indonesia berarti Bu Ngantuk. Warung gudeg yang berada di Jl. Affandi (Gejayan) sebelah Gang Bromo ini memang baru buka mulai jam 11 malam hingga jam 5 pagi.

Rasa gudeg di tempat ini tidak terlalu manis dan ada sensasi pedas dari kuah krecek yang mampu membuat rasa ngantuk langsung kabur. Keripik tempe yang renyah menambah nikmat sajian gudeg yang nikmat ini.

Gudeg Song Djie Bu Atmo

Gudeg Song Djie Bu Atmo Jogja

Nama gudeg ini tidak ada hubungannya dengan bahasa Cina sama sekali. Kata Song Djie disini justru merupakan singkatan dalam bahasa Jawa yaitu kosong siji yang berarti kosong satu (01). Bagi Anda yang ingin mencicipi aneka varian gudeg, mulai dari gudeg kering, gudeg basah, bubur gudeg, Anda bisa menemukan semuanya di tempat ini.

Dilengkapi dengan sambal krecek yang unik yang dicampur dengan kacang tolo menambah kelezatan gudeg yang mempunyai 3 cabang ini. Anda dapat menemukan cabangnya di Tegalrejo, Wirobrajan maupun Mergangsan, Yogyakarta. Jam buka tempat ini cukup panjang mulai dari jam setengah 7 pagi hingga jam 10 malam.

Gudeg Mangut Lele Mbah Marto

Gudeg Mangut Lele Mbah Marto Jogja

Penyajian gudeg dengan mangut lele menjadi ciri khas salah satu gudeg Jogja terkenal ini. Lele yang digunakan adalah lele yang sudah diasapkan dan menjadi pendamping menu gudeg. Di tempat ini Anda bisa mengambil nasi dan lauk sesuai takaran perut Anda masing-masing langsung dari dapur yang sederhana. Temukan gudeg ini di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul yang buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam setengah 5 sore.

Baca Juga: Wisata Malam Jogja

Demikian beberapa rekomendasi tempat gudeg terenak di kota Jogja. Pengelompokkan ini hanya untuk memudahkan Anda untuk memilih berdasarkan historis hingga variasi citarasa sesuai dengan selera Anda.

Apapun pilihan Anda, semua tempat gudeg paling enak di Jogja ini sudah membuktikan kelezatan sajiannya yang dibuktikan eksistensi dan usia tempat yang salah satunya hampir berusia 100 tahun. Satu hal yang pasti, belum lengkap rasanya wisata ke Jogja tanpa mencicipi gudeg Jogja yang terkenal enak.

Tinggalkan komentar