Harga Baja Ringan: Taso, Kencana, Kanal C

Harga Baja Ringan Taso, Kencana, dan Kanal C Terbaru
29Mar, 2020

Baja ringan adalah sebuah material bangunan yang berbahan dasar carbon steel. Komposisi carbon steel pada baja ringan biasanya antara 0,05% hingga 2% dari satu unit baja ringan. Untuk mengetahui harga baja ringan, kalian bisa Cek Harga Baja Ringan Taso, Kencana, dan Kanal C Terbaru Disini.

Baja ringan termasuk material bangunan yang sedang populer saat ini, banyak sekali orang yang memilih baja ringan menjadi salah satu material yang digunakan untuk membangun rumah mereka. Biasanya baja ringan ini digunakan untuk membuat struktur atap rumah. Alasan orang memilih baja ringan adalah karena anggaran yang dikeluarkan bisa lebih sedikit, jika dibandingkan membuat struktur atap rumah menggunakan kayu.

Baca Juga: Kontraktor Bali

Banyak sekali merk baja ringan yang dijual di Indonesia seperti Taso, Kencana, Alfa, dan lain lain. Dengan banyaknya orang yang menggunakan baja ringan untuk atap mereka, pasti membuat kita penasaran apasih kelebihan dari atap yang menggunakan baja ringan sebagai material bangunannya ?. Nah, berikut ini penjelasannya.

Kelebihan Atap Bangunan Menggunakan Baja Ringan

Ringan

Kelebihan yang pertama adalah ringan, baja ringan memiliki bobot yang ringan sehingga lebih mudah dipasang daripada menggunakan kayu.

Tidak dimakan rayap

Kelebihan baja ringan yang selanjutnya adalah baja ringan tidak mungkin dimakan rayap, berbeda dengan atap kayu yang dalam jangka waktu beberapa tahun pasti sudah keropos karena dimakan rayap.

Harga terjangkau

Penggunaan atap rumah menggunakan baja ringan dapat lebih menghemat biaya bangunan karena harga baja ringan lebih murah dibandingkan dengan kayu.

Tahan gempa

Strukrur bangunan menggunakan baja ringan lebih tahan gempa dibandingkan dengan bangunan yang menggunakan kayu.

Tidak mudah terbakar

Baja ringan dilapisi material galvalume, sehingga bersifat tidak mudah terbakar, dibandingkan dengan atap yang menggunakan kayu.

Tidak mudah berkarat

Kelebihan baja ringan yang selanjutnya adalah baja ringan memiliki lapisan anti korosi. Hal ini menyebabkan baja ringan tidak mudah berkarat meskipun sudah digunakan hingga puluhan tahun

Proses lebih cepat

Proses pemasangan atap menggunakan baja ringan memiliki waktu yang lebih singkat dibandingkan menggunakan kayu. Karena untuk merangkai baja ringan hanya dilakukan dengan cara memberikan sekrup saja sebagai penyambungnya.

Tahan dengan segala cuaca

Bahan baja ringan didesign untuk tahan terhadap semua jenis kondisi cuaca dan iklim. Baja ringan juga tidak akan menyusut ataupun memuai meski sering terkena hujan dan panas, sehingga lebih kuat dalam menahan atap.

Mudah didapat

Kelebihan baja rngan yang selanjutnya yaitu mudah didapat. Kita bisa mendapat baja ringan dengan mudah di toko bangunan ataupun toko besi di sekitar rumah kita.
Meskipun memiliki banyak kelebihan, memilih baja ringan sebagai struktur atap rumah juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut penjelasannya.

Kekurangan Atap Rumah Menggunakan Baja Ringan

Tidak sembarang orang bisa memasang

Meskipun pemasangannya mudah, namun baja ringan tidak bisa dipasang oleh sembarang orang, harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional dan berpengalaman. Karena jika terjadi kesalahan dalam pemasangan baja ringan, maka akan menyebabkan kerobohan.

Membutuhkan desain bangunan

Sebelum memasang baja ringan, perlu didesain terlebih dahulu supaya bisa mengetahui berapa kebutuhan baja ringan untuk bangunan tersebut, sehingga pemasangannya juga menjadi lebih mudah.

Tampilannya tidak sebagus atap kayu

Tampilan atap baja ringan tidak sebagus atap dari kayu, untuk itu perlu dipasangi plafon supaya tidak mengganggu pandangan dari dalam rumah.

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan atap yang menggunakan baja ringan, pembahasan yang selanjutnya adalah soal harga. Berikut ini penjelasannya.

Harga Baja Ringan

Harga Baja Ringan Taso

Baja ringan taso adalah produk baja ringan yang diproduksi oleh PT Tatalogam Lestari. Taso merupakan merk baja ringan yang sudah ada dan dijual di Indonesia sejak tahun 1994. Dengan pengalamannya yang lebih dari 20 tahun, kualitas baja ringan taso sudah tidak perlu diragukan lagi. PT Tatalogam Lestari juga sudah 8 kali berturut ā€“ turut memenangkan Top Brand Award.

Hal ini membuktikan bahwa Taso memang sudah layak dikatakan menjadi merk baja ringan terbaik saat ini. Dalam produksinya, merk baja ringan Taso menggunakan bahan baku yang sudah bersertifikat SNI 4096. Hal inilah yang membuat baja ringan taso kuat, tahan lama, dan tidak mudah berkarat. Baja ringan taso memiliki 2 jenis, yaitu jenis Kaso dan Reng, berikut ini adalah daftar harganya:

NO JENIS KETEBALAN PANJANG HARGA / BATANG
1 Baja Ringan Taso Kaso 0,65 mm 6 Meter Rp 95.000
2 Baja Ringan Taso Kaso 0,70 mm 6 Meter Rp 98.000
3 Baja Ringan Taso Kaso 0,75 mm 6 Meter Rp 100.000
4 Baja Ringan Taso Kaso 1,00 mm 6 Meter Rp 150.000
5 Baja Ringan Taso Reng 0,40 mm 6 Meter Rp 55.000
6 Baja Ringan Taso Reng 0,45 mm 6 Meter Rp 60.000

Catatan : Harga yang tertera adalah harga terbaru 2020, harga akan berubah sewaktu waktu, dan harga setiap daerah juga pasti berbeda.

Harga Baja Ringan Kencana

Baja ringan kencana adalah merk baja ringan yang diproduksi oleh PT Kepuh Kencana Arum. Baja ringan kencana juga sudah berpengalaman memproduksi baja ringan dengan kualitas terbaik dan menggunakan bahan baku yang memenuhi Standar Nasional Indonesia. Dengan proses produksi yang bagus, menghasilkan baja ringan kencana yang kuat, tahan lama, dan tidak mudah berkarat.

Meskipun harga baja ringan kencana tergolong cukup murah, namun kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan merk baja ringan lainnya. Seperti halnya baja ringan taso, baja ringan kencana juga memiliki dua jenis, yaitu jenis kaso dan jenis reng. Berikut ini adalah daftar harga baja ringan kencana :

NO JENIS KETEBALAN PANJANG HARGA / BATANG
1 Baja Ringan Kencana Kaso 100 mm 6 Meter Rp 120.000
2 Baja Ringan Kencana Kaso 75 mm 6 Meter Rp 80.000
3 Baja Ringan Kencana Kaso 70 mm 6 Meter Rp 70.000
4 Baja Ringan Kencana Kaso 65 mm 6 Meter Rp 65.000
5 Baja Ringan Kencana Kaso 60 mm 6 Meter Rp 58.000
6 Baja Ringan Kencana Reng 45 mm 6 Meter Rp 40.000

Catatan : Harga yang tertera adalah harga terbaru 2020, harga akan berubah sewaktu waktu, dan harga setiap daerah juga pasti berbeda.

Harga Baja Ringan Kanal C

Kanal C adalah suatu model baja ringan, bukan merk baja ringan. Baja ringan memiliki beberapa model, dan setiap model pasti memiliki fungsinya masing masing. Nah, Kanal C merupakan salah satu model baja ringan. Dinamakan Kanal C karena model baja ringan ini memiliki bentuk seperti huruf C. Baja ringan kanal C biasanya digunakan dalam konstruksi bangunan untuk membuat pagar, atap rumah, dan sebagai penutup dinding.

Baja ringan Kanal C ini juga memiliki beberapa ukuran, yang setiap ukurannya memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda beda. Ukuran ketebalan baja ringan kanal C biasanya adalah 0,60 mm , 0,75 mm, dan 1 mm. Biasanya baja ringan kanal C dengan ukuran ketebalan 0,75 mm digunakan untuk membuat kuda kuda atap dengan bobot beban ringan, seperti asbes, genteng metal, spandek, dan lain lain.

Sedangkan untuk baja ringan kanal CĀ  dengan ukuran ketebalan 1 mm, digunakan untuk membuat kuda kuda atap yang berat seperti genteng keramik, genteng tanah, dan genteng berat lainnya. Baja ringan Kanal C dengan ukuran ketebalan 0,75 mm mampu menahan beban hingga lebih dari 50 kilogram.

Berikut ini adalah harga baja ringan model Kanal C dari berbagai merk baja ringan :

NO MERK

BAJA RINGAN

MODEL KETEBALAN PANJANG HARGA
1 Baja Ringan CBM 75 X 60 SNI K-Steel 0,60 mm 6 Meter Rp 65.000,-
2 Baja Ringan CBM 75 X 65 SNI K-Steel 0,65 mm 6 Meter Rp 68.000,-
3 Baja Ringan CBM 75 X 75 SNI Tangguh 0,75 mm 6 Meter Rp 80.000,-
4 Baja Ringan CBM 75 X 100 CBM 1,00 mm 6 Meter Rp 120.000,-
5 Baja Ringan BMT 75 X 70 SNI BMT 0,70 mm 6 Meter Rp 70.000,-
6 Baja Ringan BMT 75 X 100 SNI 1,00 mm 6 Meter Rp 105.000,-
7 Baja Ringan Prima 75 X 75 SNI 0,75 mm 6 Meter Rp 73.500,-
8 Baja Ringan Alfa Prima 75 X 100 Alfa SNI 100 mm 6 Meter Rp 105.500,-
9 Baja Ringan Taso 75 X 75 SNI Taso 0,75 mm 6 Meter Rp 85.000,-
10 Baja Ringan Taso 75 X 100 SNI Taso 1,00 mm 6 Meter Rp 126.000,-
11 Baja Ringan Taso 75 x 80 SNI Taso 0,80 mm 6 Meter Rp 98.000,-

Catatan : Harga yang tertera adalah harga terbaru 2020, harga akan berubah sewaktu waktu, dan harga setiap daerah juga pasti berbeda.

Karena banyaknya merk baja ringan yang dijual di Indonesia, tentu membuat kita bingung dalam memilih merk baja ringan mana yang terbaik dan cocok digunakan sebagai material bangunan di rumah. Berikut ini adalah tips memilih baja ringan.

Tips Memilih Baja Ringan

Mengecek kualitas

Sebelum membeli baja ringan, kamu perlu mengecek kualitas dari baja ringan yang akan kamu beli. Kualitas baja ringan bisa dilihat dari nilai tegangan tarikan, baja ringan yang bagus memiliki nilai tegangan tarikan sebesar 550 Mpa. Selain nilai tegangan tarikan, kualitas baja ringan juga bisa dilihat dari nilai SAE grade nya. Baja ringan yang bagus memiliki SAE grade 980.

Pilih baja ringan pre fabrikasi

Sebelum memasang baja ringan di suatu bangunan, kamu harus menghitung berapa batang baja ringan yang dibutuhkan, dan dengan ukuran berapa saja. Untuk memudahkan tukang dalam memasang baja ringan, pilihlah baja ringan pre fabrikasi. Baja ringan pre fabrikasi adalah baja ringan yang sudah dipotong dengan ukuran tertentu dari pabrik.

Pilih yang bergaransi

Kamu juga harus memilih baja ringan yang bergaransi. Dari garansi instalasi, pemasangan hingga garansi produksi sehingga kamu bisa mengecek apakah kekuatan baja ringan itu memang benar sesuai dengan standarisasi yang tertera atau tidak.

Baca Juga: Jasa Sedot WC Jogja

Demikian pembahasan mengenai harga baja ringan. Kita sudah membahas tentang kelebihan, kekurangan, harga hingga tips memilih baja ringan yang bagus. Semoga bermanfaat

2 Comments

  • niken swastika 4 April 2020 @ 9:11 AM

    Terima kasih infonya sangat bermanfaat, sukses selalu šŸ™‚

    • admin 6 April 2020 @ 2:10 AM

      Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *