Harga Kucing Anggora

03Jul, 2020

Ada banyak jenis kucing dan banyak diantaranya dijadikan sebagai hewan peliharaan. Misalnya anggora. Harga kucing anggora ini berbeda-beda misalnya tergantung dari jenis dan usianya.

Angora sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Untuk tahu informasi lebih lanjut seperti berapa harga anggora, simak informasi berikut ini.

Pengertian Anggora

Pengertian Anggora

Anggora merupakan salah satu jenis kucing cantik dari Turki. Kucing jenis ini kerap disamakan dengan kucing Persia karena memiliki bulu yang panjang dan lebat. Namun, kucing anggora berbeda dengan kucing Persia.

Baca Juga: Harga Kucing Maine Coon

Perbedaannya ada di bentuk fisiknya. Jika Persia memiliki tubuh gemuk, anggora cenderung memiliki tubuh berukuran sedang. Selain itu anggora memiliki ciri seperti berikut ini:

  1. Kepala berbentuk segitiga yang menyerupai singa.
  2. Memiliki hidung yang lebih mancung jika dibandingkan dengan Persia.
  3. Bulu di bagian leher lebih panjang dibandingkan bagian tubuh yang lainnya.

Karena bentuknya yang cantik tersebut, tidak mengherankan jika harga kucing jenis anggora terbilang cukup mahal. Apalagi jika kucing tersebut merupakan jenis dari anggora asli.

Jika melihat pada jenis-jenisĀ  kucing anggora, binatang peliharaan ini dibagi berdasarkan pada jenis atau keturunannya. Jenis ini akan berpengaruh pada harga dari binatang lucu tersebut.

Jadi, jika Anda Anda ingin memelihara anggora, jangan lupa untuk memperhatikan jenis kucing tersebut.

Jenis Anggora x Anggora

Jenis Anggora x Anggora

Jenis angora ini merupakan keturunan asli atau hasil perkawinan dari anggora dan anggora. Dapat dikatakan jenis dari kucing ini adalah anggora 100% sehingga disebut juga dengan anggora murni atau anggora asli. Banyak yang ingin memiliki anggora asli ini.

Hal tersebut disebabkan karena anggora yang asli memiliki hal berikut ini:

  1. Bulu yang tidak berubah. Umumnya memiliki warna putih bersih.
  2. Wajah kucing yang panjang.
  3. Hidung yang mancung.
  4. Memiliki tulang yang panjang dibandingkan dengan jenis dari anggora yang lainnya.

Lantas, berapa harga kucing anggora untuk jenis ini?

Setidaknya Anda harus menyiapkan dan minimal Rp 3 jutaan untuk anggora asli usia 3 bulan (kitten) yang belum divaksin. Jika jenis yang sudah divaksin, maka Anda harus menyiapkan biaya minimal Rp 7 jutaan.

Harga tersebut belum seberapa. Semakin besar ukuran dan usia anggora asli, maka harganya akan semakin mahal. Untuk jenis anggora asli usia 6 bulan yang belum divaksin, harganya mencapai Rp 8-9 jutaan. Sedangkan anggora 6 bulan yang sudah divaksin, harganya mencapai Rp 12 juta.

Cukup fantastis untuk memiliki kucing jenis ini. Namun, harga tersebut hanya untuk membeli kucingnya saja. Anda tetap butuh biaya tambahan untuk perawatan kucing agar kucing tetap sehat dan cantik.

Jenis Anggora x Persia

Jenis Anggora x Persia

Jenis kucing anggora ini adalah peranakan dari anggora dan Persia. Jenis ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki anggora namun dengan budget yang lebih kecil.

Percampuran antara anggora dan Persia membuat anakannya memiliki bulu dan mata yang cantik yang sama seperti anggora. Akan tetapi, bentuk dari kucing, seperti hidung dan wajah, akan menyerupai Persia.

Jadi, jangan heran jika jenis anggora x persia ini memiliki bentuk yang lebih bulat seperti persia.

Untuk harga, jenis kucing ini memiliki harga yang lebih murah dari anggora asli. Setidaknya sediakan dana sekitar Rp 500-700 ribuan untuk anakan persia x anggora usia 3 bulan yang belum divaksin. Sedangkan untuk yang divaksin dengan usia 3 bulan, Anda harus menyiapkan dana Rp 900 ribu hingga Rp 1 jutaan per ekor.

Jika Anda ingin yang sudah dewasa atau minimal usia 6 bulan, siapkan dana sekitar Rp 1,5-2,5 jutaan untuk kucing campuran anggora-persia yang sudah divaksin.

Jenis Anggora x Kampung

Jenis Anggora x Kampung

Biasanya, anggora yang dipelihara di kampung akan kawin dengan kucing kampung. Jenis kucing ini dapat memiliki perawakan seperti kucing anggora ataupun kucing kampung. Misalnya kepala yang menyerupai kucing kampung namun, bulu di bagian dada dan ekor seperti anggora.

Jenis peranakan anggora x kampung ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki anggora namun dengan harga yang murah.

Untuk peranakan anggora x kampung usia 3 bulan baik yang sudah divaksin ataupun belum divaksin, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 200-400 ribuan. Sedangkan untuk kucing dewasa (6 bulan) dan sudah divaksin, harganya Rp 600 ribuan.

Jenis Anggora Turki Mata Ganjil

Jenis Anggora Turki Mata Ganjil

Anggora mata ganjil atau odd eye merupakan jenis anggora yang sangat mahal bahkan dilindungi oleh hukum karena warna mata yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena kucing ini susah ditemukan dan mendekati kepunahan.

Walaupun begitu, anggora Turki mata ganjil ini masih terlihat di pedalamanan Tuki dan dekat dengan budaya masyarakat Turki.

Untuk harganya, jenis anggora kitten odd eye ini bahkan dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan. jadi, jika Anda ingin memiliki kucing jenis ini, maka Anda harus mempersiapkan budget yang lebih banyak.

Daftar Harga Kucing Anggora

Jika Anda bingung, ingin memilih anggora yang mana, berikut ini merupakan daftar harga kucing dari jenis anggora yang dapat Anda jadikan pertimbangan:

Jenis

Usia

Harga

Angora shorthair1,5 bulanRp 550.000
Anggora kecil2 bulanRp 700.000
Anggoda odd eye2 bulanRp 1.500.000
anggora putih2,5 bulanRp 400.000
Anggora anakan x Himalaya betina hitam2,5 bulanRp 300.000
Anggora sepasang3,5 bulanRp 900.000
Angora kitten jantan3 bulanRp 500.000
Anggora anakan3 bulanRp 500.000
anggora kitten mix domestic3 bulanRp 750.000
Anggora hibah3 bulanRp 500.000
Anggora mix dome4 bulanRp 300.000
Anggora peaknose6 bulanRp 1.500.000
Angora calico betina6 bulanRp 750.000
Anggora betina ekor bundel6 bulanRp 400.000
Angora grey brown7 bulanRp 600.000
Anggora x persia kecil9 bulanRp 2.500.000
Anggora medium jantan1 tahunRp 650.000
Anggora asli betina1 tahunRp 1.500.000

Harga dari anggora dapat berubah sewaktu-waktu dan bisa saja berbeda di tempat lain. Karena hal tersebut, sebelum membeli pastikan jika Anda mengecek harganya dan juga kondisi dari kucing.

Dengan begitu, Anda dapat memperoleh jenis anggora yang sesuai keinginan Anda dengan harga terjangkau.

Cara Memilih Anggora untuk Peliharaan

Cara Memilih Anggora untuk Peliharaan

Selain kesehatan dan harga kucing anggora, Anda juga harus mempertimbangkan faktor berikut ini sebelum memilih anggora.

Ketahui Jenisnya

Jenis dari kucing akan berpengaruh pada harga. Karena hal tersebut, sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu jenis anggora mana yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa menyeleksi mana saja tempat untuk membeli kucing sesuai dengan yang Anda inginkan.

Perawatan

Anggora asli atau murni anggora memiliki bulu panjang dan tentunya butuh waktu dan dana lebih untuk perawatannya. Salah dalam memberikan perawatan akan membuat penampilan kucing kurang menarik, misalnya bulu yang susah untuk disisir.

Karena hal tersebut, jika Anda tidak memiliki dana dan waktu yang banyak, sebaiknya pilih anggora x kampung yang memiliki bulu pendek.

Usia

Pertimbangkan mengenai umur kucing. Umur kucing ini berkaitan dengan tingkah laku dan sifat kucing. Biasanya, untuk kucing dewasa, akan cenderung susah untuk diatur, tidak bisa diajak bermain dan yang lainnya.

Sedangkan jika Anda mencari yang bisa diajak untuk bermain, ingin merawat kucing, ataupun agar lebih mudah diatur, pilih kucing dengan usia sekitar 2-3 bulan. Jika Anda memilih kucing dengan usia di bawah 2 bulan, maka Anda harus bersiap untuk memberikan perawatan yang lebih intensif, misalnya memberi susu.

Jika Anda tidak bisa merawatnya, anak kucing cenderung akan mudah sakit dan kemudian mati. Jadi, pertimbangkan umur kucing sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Jenis Kelamin

Tidak semua orang menganggap jika kucing jantan maupun betina itu sama saja. Tidak sedikit yang menganggap memelihara kucing jantan akan lebih menguntungkan. Salah satunya karena kucing tidak beranak dan Anda tidak perlu mengurusi anaknya.

Jika Anda siap untuk memelihara anak-anak anggora yang lain karena kucing tidak disterilkan, Anda bisa memilih kucing betina. Apalagi jika Anda berniat untuk menjual anakan dari anggora yang Anda pelihara tersebut.

Sebaliknya, jika Anda tidak siap memiliki kucing lebih banyak, dana terbatas dan tidak ingin melakukan kebiri, Anda bisa memilih kucing jantan.

Cara Merawat Anggora

Cara Merawat Anggora

Jika Anda sudah menentukan kucing mana yang Anda pelihara, Anda harus memperhatikan mengenai cara perawatannya. Jangan sampai anggora Anda seperti kucing anggora putih yang Anda miliki terlihat kotor dan kurang menarik.

Untuk merawat anggora, perhatikan mengenai hal berikut ini:

Pilih Makanan yang Tepat

Makanan yang disarankan untuk anggora adalah yang memiliki kandungan protein minimal 40%. Selain itu perhatikan asupannya. Untuk jenis kucing betina, idealnya adalah 300 kcal per hari dan 400 kcal per hari untuk kucing jantan.

Anda dapat memberi makanan 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore. Dengan begitu kucing Anda tetap aktif dan tidak terlalu kekenyangan.

Waktu Bermain

Anggora termasuk sebagai kucing yang membutuhkan kasih sayang berlimpah. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat bermain dengan anggora, kucing justru akan merasa lesu dan kesepian. Karena hal tersebut, luangkan waktu dan tempat untuk bermain agar kesehatan kucing dan keaktifannya tetap terjaga.

Perhatikan Kandang

Perhatikan kandang yang nyaman dan bersih. Jangan lupa, dalam kandang tersebut, siapkan pasir zeolite untuk buang air dan alas. Ganti pasir tersebut per 3 hari agar kandang bersih dan kucing tetap sehat.

Perawatan Tubuh

Sikat bulu per 2 hari sekali dengan sisir metal bergerigi panjang untuk menjaga agar bulu tetap indah dan tidak kusut. Bulu yang kusut akan menjadi hairball dan bisa saja tertelan oleh kucing.

Jangan lupa untuk memandikannya dengan shampoo dan conditioner tepat. Hindari untuk terlalu sering memandikan karena bisa membuat bulu rontok. Selain itu, jangan lupa potong kukunya dan bersihkan telinga.

Kunjungi Dokter

Jangan lupa pergi ke dokter untuk pemeriksaan rutin dan pemberian vaksin. Dengan begitu, kesehatan kucing akan terjaga.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Dengan informasi seputar memilih anggora dan harga kucing anggora tersebut, Anda bisa mendapatkan peliharaan sesuai dengan keinginan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *