Harga Kucing Maine Coon

Harga Kucing Maine Coon
29Jun, 2020

Maine Coon cukup populer di Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, ranking popularitas kucing ini ada di peringkat 5. Meski harga kucing Maine Coon cukup mahal, tak menurunkan minat orang-orang untuk memelihara kucing ini.

Di antara kucing domestik lain, jenis ini tampak lebih perkasa dengan ukuran fisik besar dan daya tahan yang lebih baik. Biarpun demikian, kucing ini tetap tampak manis dan lucu. Anda yang tertarik memelihara kucing jenis ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu

Asal Usul Kucing Maine Coon

Asal Usul Kucing Maine Coon

Cukup sulit untuk menelusuri asal-usul ras kucing ini pertama kali muncul. Ada banyak cerita yang muncul ke permukaan terkait asal-usul kucing ini. Tapi dari semua cerita tersebut, kebenarannya belum bisa 100% dipastikan.

Ada satu mitos yang berkembang dan terasa cukup tidak masuk akal. Mitos tersebut menyebutkan bahwa kucing jenis ini berasal dari persilangan kucing setengah liar dengan racoon. Persilangan alami ini kemudian menghasilkan kucing Maine Coon.

Cerita  lain yang tak kalah populernya menyebutkan bahwa kucing jenis ini berasal dari 6 kucing yang dipelihara Marie Antoinette. Saat Revolusi Perancis meledak, Marie Antoinette ingin melarikan diri. Karena peliharaannya begitu berharga, dia juga ingin menyelamatkannya dengan mengirim kucing-kucing tersebut ke Wiscasset, salah satu daerah di Maine (Negara Bagian AS).

Diantara berbagai cerita tersebut, para pembiak berpendapat bahwa ras kucing ini berasal dari perkawinan antara kucing domestik AS berbulu pendek dengan kucing  berbulu panjang (dari seputaran Eropa). Nenek moyang dari kucing ini, diduga berasal dari kucing Anggora dan Kucing Hutan Norwegia. Kucing Hutan Norwegia juga memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan Maine Coon.

Kucing jenis ini pada tahun 1861 mengikuti kontes kucing untuk pertama kali.  Pada 8 Mei 1895, akhirnya ada seekor kucing betina jenis ini yang berhasil memenangkan kontes. Kucing tersebut bernama Cosey dengan bulu berwarna coklat tabi.

Pengembangbiakan kucing ini semakin intense dilakukan pada tahun 1950 oleh 6 peternak kucing. Pada akhirnya di tahun 1968, lahirlah asosiasi untuk para pengembangbiak kucing jenis ini. Kemudian pada tahun 1985, kucing ini mulai diakui sebagai kucing resmi dari Maine.

Karakteristik Fisik

Karakteristik Fisik Kucing Maine Coon

Saat masih kecil, kucing menkun ini sekilas tampak seperti kucing ras Persia varian Doll-Faced. Hal ini dilihat dari bulunya yang tampak begitu mirip lebat dan panjangnya. Tapi jika dicermati lebih lagi, secara fisik, ada perbedaan signifikan antara kedua jenis kucing ini.

Bentuk Badan yang Besar

Ukuran Maine Coon cukup besar dibanding kucing ras Persia. Bahkan jika dibandingkan dengan kucing-kucing domestik lain, kucing jenis ini tampak lebih besar. Besarnya ukuran tubuh kucing ini kemudian menjadi identitas tersendiri.

Bahkan pada tahun 2010, ada salah satu kucing jenis ini yang masuk Guinnes World Record sebagai kucing terbesar. Kucing tersebut bernama Stewie. Panjang tubuh kucingnya mencapai 123cm.

Ukuran fisik kucing ini secara umum tampak besar, panjang dan memiliki otot yang cukup banyak dan kuat. Kucing ini bisa mencapai berat 6 sampai 12 Kg. Untuk panjang tubuhnya bisa mencapai 1 meter.

Bentuk Kepala

Kepala kucing ini berukuran sedang, dengan bentuk yang sedikit melebar. Untuk bentuk dahinya, sedikit melengkung dan agak lebar. Tulang pipinya juga sedikit menonjol dengan moncong maju.

Moncongnya yang maju ini dianggap sebagai kelebihan. Pasalnya dengan moncong yang maju, daya tahan kucing menjadi lebih baik karena tidak mudah terkena pilek.

Telinga kucing ini juga tampak cukup unik. Bentuknya cukup besar, panjang dan melancip..

Bentuk Kaki

Kaki dari kucing ini relatif panjang, tidak cebol. Ukuran kakinya juga terbilang cukup besar dan berotot. Ukuran ini tampak proporsional untuk menopang ukuran badannya yang cukup besar.

Kucing ini memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili yang membuat jari kakinya berjumlah 6.

Bentuk Bulu

Salah satu faktor yang mungkin membuat harga Maine Coon menjadi cukup tinggi, bisa jadi karena keindahan bulunya. Bulu kucing ini memang tampak indah, lebat menyelimuti tubuhnya yang besar. Bulunya juga terasa sangat halus (teksturnya berbeda, pada warna yang berbeda).

Pada bagian perut, leher, dan punggung, bulu kucing ini cenderung lebih panjang. Panjangnya bulu bagian leher membuat kucing ini tampak seperti singa. Untuk bagian kepala dan bagian kaki, bulunya lebih tipis.

Kucing ini juga cukup adaptif terhadap perubahan musim di level extreme. Bahkan kucing ini cukup tangguh menghadapi berbagai jenis musim. Pada saat musim dingin, bulu kucing ini akan tumbuh lebih lebat dan pada musim panas akan beradaptasi menjadi lebih tipis.

Warna bulu pada kucing ini umumnya berwarna Tabby. Warna sedikit coklat dengan sedikit corak garis-garis.

Karakteristik Sifat

Karakteristik Sifat Kucing Maine Coon

Pada setiap ras kucing, ternyata ada sifat-sifat identik yang dimiliki. Pada setiap ras bahkan sifatnya bisa berbeda-beda. Termasuk pada kucing ras Maine Coon, ada beberapa karakteristik sifat yang cukup identik pada kucing jenis ini. Berikut beberapa karakteristik sifat dari kucing ini:

Independen

Kucing ini tidak manja. Meski suka mencari perhatian keluarga, kucing ini bukan tipe yang akan meminta pangku atau “Lap Cat”. Kucing ini cukup independen, dan memiliki kewaspadaan yang tinggi terutama terhadap orang baru.

Lembut dan Loyal

Hal ini agak sedikit bertentangan dengan ukuran badannya yang besar dan berotot. Ternyata sifat kucing ini cukup lembut dan tidak galak. Mungkin dia akan waspada pada orang baru, tapi tidak akan menyerang secara dadakan.

Karena sifatnya yang begitu lembut, kucing ini cukup toleransi terhadap kehadiran hewan lain. Kucing ini tidak terlalu bermasalah jika harus dirawat bersama kucing jenis lain bahkan dengan anjing. Kucing ini juga cukup bersahabat dengan anak kecil.

Kucing ini juga sangat loyal pada keluarga atau pemiliknya. Kucing ini begitu  sayang pada pemiliknya. Kecerdasan kucing ini yang cukup tinggi membuatnya cukup mudah dilatih.

Suka Bermain/Aktif

Kucing ini terkenal dengan keaktifannya. Kucing ini sangat suka bermain. Bahkan untuk kucing jantan bisa bertingkah sangat konyol.

Kucing ini juga cukup cerewet. Kucing ini suka bersuara terhadap majikan untuk mengajak bermain.

Tidak Takut Air

Umumnya, kucing tidak begitu suka dengan air. Bahkan ada banyak jenis kucing yang akan bertingkah saat akan dimandikan. Tapi berbeda dengan jenis kucing ini, kucing ini cukup cuek dengan air.

Hal ini bisa jadi karena nenek moyang kucing ini yang hidup lebih banyak di kapal. Kucing ini bahkan cukup mahir berenang di air. Fisik kucing ini mendukung hal tersebut, bulunya yang tebal dan tahan air, bisa membantu saat berenang.

Tidak Menyukai Ketinggian

Secara umum, kucing cukup menyukai ketinggian. Bisa dilihat dari kucing-kucing yang sangat suka memanjat atap rumah. Tapi ternyata tidak demikian dengan kucing ini.

Kucing ini lebih menyukai hidup di lantai.

Cara Perawatan

Cara Perawatan Kucing Maine Coon

Seperti yang sudah dibahas di atas, kucing jenis ini memiliki bulu yang lebat, panjang dan juga halus. Mengacu pada kondisi ini, pemilik harus melakukan perawatan bulu dengan lebih seksama. Pasalnya bulu dari kucing ini bisa dibilang adalah daya tarik utama.

Tapi tentu saja perawatan secara keseluruhan juga perlu diperhatikan. Selain perawatan bulu, Anda juga perlu memperhatikan higienitas, dan asupan makanannya.

Berikut beberapa cara perawatan yang bisa Anda lakukan saat memelihara kucing Maine Coon:

Mandikan kucing 1 kali per 2 hari

Anda hanya perlu memandikannya 1 kali untuk setiap 2 hari. Tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda juga perlu memberikan shampo khusus kucing untuk perawatan bulu kucing, jangan gunakan shampo sembarangan, apalagi shampo untuk manusia.

Pastikan juga membedakan shampo untuk kucing dewasa dan untuk kucing anakan.

Dengan memandikannya secara rutin, kucing akan terhindar dari kutu. Pasalnya lebatnya bulu pada kucing ini adalah tempat yang sangat cocok untuk hidup kutu.

Pastikan Mengeringkan Bulu dan Sisir Bulu Dengan Hati-hati

Untuk merawat bulunya tetap halus, Anda juga harus memastikan bulunya senantiasa kering. Terlebih lagi selepas mandi, Anda harus mengeringkan bulunya. Bulu yang dibiarkan terus basah bisa membuat penyakit kulit hingga menimbulkan jamur.

Setelah itu Anda bisa menyisirnya secara hati-hati supaya bulunya tidak kusut, terasa tetap halus dan tetap tampak indah. Tidak seperti merawat Anggora atau kucing berbulu lebat lainnya, Anda hanya perlu menyisir bulu kucing ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

Berikan Asupan Makanan dan Minuman yang Tepat

Sama seperti manusia, kucing juga butuh asupan yang bernutrisi untuk tetap sehat. Tapi nutrisi yang dibutuhkan kucing tidak sepenuhnya sama dengan nutrisi untuk manusia. Anda bisa memberikan makanan khusus kucing, baik makanan kering maupun makanan kalengan.

Meski ukurannya besar, bukan berarti harus memberikan makan dalam jumlah banyak. Hal tersebut bisa membuat kucing menjadi obesitas. Anda hanya perlu memilih makanan dengan nutrisi yang cukup untuk kucing.

Asupan minuman juga harus cukup. Anda juga harus memperhatikan takaran makanan untuk kucing dewasa dan kucing anakan.

Kandang Harus Selalu Dibersihkan

Kandang yang senantiasa bersih akan membuat kucing lebih nyaman. Kandang yang kotor juga bisa menjadi sumber penyakit, dengan demikian Anda perlu rutin membersihkannya supaya kucing tidak terserang penyakit. Kandang yang bersih juga akan mengurangi beban Anda saat memandikan, karena kucing tidak akan terlalu kotor.

Harga Kucing Maine Coon

Harga Kucing Maine Coon

Orang yang bisa memelihara kucing ini derajatnya akan naik. Pasalnya kucing Maine Coon harga nya relatif mahal, terlebih untuk peranakan murni.

Untuk kucing non pedigree (tanpa sertifikat keturunan), harga untuk anakan sekitar  2 juta – 5 jutaan. Untuk kucing dewasa, harganya sekitar 3 juta – 6 juta. Untuk kucing yang sudah senior atau berumur, harganya sekitar 1,5 Juta – 3 Juta.

Untuk kucing pedigree (memiliki sertifikat keturunan), harga untuk anakan sekitar  12 juta – 15 juta. Untuk kucing dewasa, harganya sekitar 10 juta – 20 juta. Untuk kucing senior atau berumur, harganya sekitar 7 juta – 12 juta.

Maine Coon harga mahal biasanya berasal dari keturunan pemenang. Kucing ini bisa Anda ikutkan dalam kompetisi atau kontes.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Untuk memelihara kucing ini memang cukup menguras kantong, namun experience yang didapatkan pasti sangat luar biasa. Selain penampakannya yang lucu, kucing ini cukup unik dengan ukuran badannya yang raksasa. Harga kucing Maine Coon yang mahal rasanya cukup worth it untuk dikeluarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *