Harga Kucing Munchkin

Harga Kucing Munchkin Terbaru Semua Jenis

Diposting pada

Harga kucing munchkin terbilang cukup variatif berdasarkan berbagai faktor. Sebagai ras baru bagi dunia pecinta binatang, peminat kucing munchkin sudah banyak bermunculan.

Kucing Munchkin dikenal sebagai kucing kaki pendek dengan bulu yang sangat cantik. Pada tahun 1980 kucing munchkin dinobatkan sebagai kucing dengan kaki terpendek di dunia. Meskipun dijuluki kucing kaki pendek, tapi itulah daya tarik kucing ras asal Amerika ini untuk diperjual belikan.

Asal Mula Kucing Munchkin

Asal Mula Kucing Munchkin

Jenis kucing munchkin tidak berasal dari hasil pembiakan selektif manusia, melainkan dari proses mutasi genetik alami. Gen autosom dominan yang menyebabkan kaki pendek pada kucing ini, disebut sebagai gen yang berbahaya. Serta dapat menyebabkan kematian.

Hal tersebut dapat terjadi jika gen diwarisi oleh kedua induk. Oleh sebab itu kucing munchkin selalu dikawinkan dengan kucing domestik, bukan dari ras kucing munchkin sendiri.

Meskipun perkembangbiakkan tidak selalu menghasilkan keturunan yang sama, tapi peluang selalu ada. Dengan demikian, kucing munchkin akan selalu mengalami perbaikan genetiknya secara terus menerus.

Dari hasil ternakan silang, memunculkan beragam jenis kucing munchkin yang lain. Seperti Kucing Bambino, Skookum, Lambkin, Kinkalow, Genetta serta kucing Napoleon.

Banyak pula yang mengkaitkan gen pembentuk kaki pendek kucing ini dengan perawakan kecil pada anjing. Sehingga disebut-sebut melestarikan kucing cacat.

Namun sampai saat ini, hal itu tidak terbukti. Meskipun memiliki kaki pendek, kucing munchkin tidak pernah mengalami masalah tulang maupun kesehatan. Mereka tetap bergerak lincah seperti tingkah laku kucing pada umumnya.

Baca Juga: Harga Kucing Kampung

Walaupun ada masalah dengan kesehatan, itu sama dengan masalah kesehatan hewan peliharaan yang lain. Berikan imunisasi dan perawatan agar imun kuat, sehingga kucing lebih sehat dan tahan dengan bakteri maupun virus.

Karakter Dan Sifat Kucing Munchkin

Karakter Dan Sifat Kucing Munchkin

Secara fisik, karakter yang dimiliki kucing munchkin adalah keunikan bentuk kaki dan tipe bulu. Kucing munchkin ada yang memiliki bulu panjang dan pendek.

Kaki pendek pada kucing munchkin bukan kelainan pada tulang belakang seperti anjing berkaki pendek.

Walaupun dengan bentuk kaki yang pendek, itu tidak menghalangi keaktifan dari kucing munchkin. Kucing lucu dan menggemaskan ini masih bergerak lincah dari waktu ke waktu.

Bahkan tidak pernah kesulitan untuk memanjat, berlari sampai melompat-lompat. Sehingga banyak yang bilang kalau mirip dengan kelinci, terutama jika sedang duduk.

Sifat lainnya adalah kemampuan dalam beradaptasi. Kucing munchkin sangat mudah berinteraksi dengan lingkungan serta kucing yang lain. Sebagai jenis peliharaan baru, kucing munchkin tidak ragu untuk berbaur secara langsung dengan manusia.

Mudah beradaptasi ditambah keindahan tubuh dan bulunya, membuat kucing ini dilibatkan dalam berbagai acara. Contohnya seperti fashion show, bahkan ada yang menjadi selebgram terkenal.

Perawatan Kucing Munchkin

Perawatan Kucing Munchkin

Perawatan yang diperlukan kucing munchkin sangatlah sederhana seperti pada dasarnya makhluk hidup.

Kebutuhan Hidup

Kebutuhan hidup kucing munchkin perlu disiapkan sebelum dibeli dan tinggal di rumah Anda. Seperti kandang pribadi, pasir, tempat pasir, tempat makan, tempat minum. Kebutuhan lainnya adalah vitamin, baby oil, kapas, handuk khusus serta makanan dan minuman khusus kucing.

Sediakan pula shampo, ini untuk merawat bulu kucing agar tidak kotor dan tetap terlihat indah. Apabila kebutuhan sudah terpenuhi, secara tidak langsung kucing akan mudah untuk dijinakkan dan diajak berteman.

Kebutuhan Gizi

Gizi yang baik akan memperkuat kekebalan tubuh sehingga kesehatannya akan terjaga dengan baik. Beri multivitamin, imunisasi dan periksakan ke dokter. Supaya tahu makanan dan minuman apa yang cocok dengan kucing peliharaan Anda.

Kucing yang masih dalam masa pertumbuhan, membutuhkan asupan gizi yang jauh lebih tinggi. Berikan asupan nutrisi tambahan seperti susu sebelum kucing siap diberikan makanan padat.

Makanan padat disajikan setelah kucing berusia 5 sampai 6 minggu. Anda tidak harus memberinya makanan kucing sampai dewasa. Ketika kucing munchkin sudah berusia 8 atau 10 bulan, mulai dikenalkan dengan makanan rumahan.

Namun tetap sesuaikan porsi dengan bentuk tubuhnya. Pemberian makanan diluar batas kebutuhan, kucing bisa gendut atau mengalami obesitas.

Mandi

Mandikan kucing setidaknya seminggu sekali atau dua kali. Gunakan shampo khusus kucing yang telah disiapkan untuk membersihkan dan merawat bulu kucing agar tidak mudah rontok.

Terutama bila memelihara kucing munchkin yang berbulu panjang, ini akan membutuhkan kebersihan yang ekstra.

Kontrol Kesehatan

Lakukan vaksinasi rutin dan kontrol kesehatan kucing agar tidak terjangkit penyakit. Bersihkan juga gigi, telinga dan kukunya untuk menghilangkan kuman dan bakteri.

Sama seperti manusia, kebersihan pada kucing juga akan membuatnya terlihat segar dan sehat. Anda pastinya juga tidak suka berdekatan apabila hewan peliharaan tampak kotor dan tidak terawat.

Cara Memandikan Kucing Munchkin Di Rumah

Siapkan semua perlengkapan mandi yang telah disediakan sebelumnya. Mulai dari tempat mandi, handuk, hair dryer, sisir, cotton buds, baby oil, bedak khusus kucing.

Sebelum memandikan kucing, perhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.

  • Hindari air masuk ke telinga.
  • Usahakan agar shampo tidak sampai terkena hidung, mulut dan mata.
  • Lakukan semuanya dengan lembut agar kucing merasa nyaman dan tidak berontak.

Setelah mengetahui hal-hal penting tersebut, silahkan memandikan kucing munchkin dengan hati-hati.

  1. Basahi perlahan tubuh kucing.
  2. Aplikasikan sampo sambil mengusap serta memijat dengan lembut.
  3. Bilas sampai benar-benar bersih sehingga tidak ada yang tertinggal.
  4. Keringkan dengan hair dryer atau gosok lembut dengan handuk.
  5. Bersihkan juga telinganya dengan cotton buds atau kapas yang sudah dilembabkan dengan baby oil. Lalu ratakan bulu kucing dengan sisir.

Mengadopsi Kucing Munchkin

Saat mengadopsi kucing munchkin maupun hewan lainnya, ada baiknya jika adopsi sekaligus dua ekor. Agar hewan tidak stress dan memiliki teman.

Ditambah lagi, kucing munchkin akan lebih mudah dilatih jika ada yang bisa ditirukannya. Seperti menirukan gerakan kucing lainnya. Adopsi dua ekor kucing munchkin akan membuat rumah semakin ramai seperti banyak teman.

Baca Juga: Harga Kucing Ragdoll

Untuk mengadopsi, Anda bisa langsung mendatangi tempat jual kucing munchkin terdekat.

Jual Beli Kucing Munchkin

Semenjak dikenal dunia, orang-orang mulai berbondong-bondong membeli kucing munchkin untuk diternakkan. Ada pula yang membelinya untuk dijadikan sebagai teman. Kenapa tidak? Kucing ini tampak manis, lucu, ramah, cerdas, lincah dan sangat menggemaskan seperti boneka.

Bulunya yang tebal, warna dan matanya yang indah, membuatnya tampak seperti boneka yang siap untuk diajak bermain.

Kakinya yang pendek, telah menjadikannya sebagai idola hewan peliharaan terbaru. Perbedaan yang unik itulah yang telah memancing banyak peminat untuk membelinya.

Harga Kucing Munchkin Terbaru

Harga Kucing Munchkin Terbaru

Harga Kucing Munchkin banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti daya tarik, silsilah dan kesehatan. Variasi harga lainnya dibedakan berdasarkan usia, bentuk, jenis kelamin, jenis ras lain, kondisi dan lain hal.

Dengan kesehatan yang baik, silsilah keturunan jelas, dan silsilah keturunan juara akan menaikkan harga jualnya.

Di indonesia, harga munchkin cat terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan ras kucing lain. Ini dikarenakan keanehan tubuh dan kelucuan kucing munchkin yang tidak dimiliki oleh kucing ras lainnya. Kisaran harga kucing munchkin antara Rp1.000.000 sampai Rp7.000.000.

Harga Kucing Munchkin Hasil Anakan

Harga kucing munchkin anakan yang belum mendapat vaksin, dan masih berusia 2 bulan dijual dengan harga Rp. 1.500.000.

Harga Kucing Munchkin Kitten Usia 2,5 Bulan

Pada masa ini kucing munchkin akan terlihat sangat imut dan mungil. Jika ingin melihat perkembangan hewan peliharaan di usia ini, bisa dibeli dengan harga sekitar Rp. 5.050.000.

Harga Kucing Munchkin Betina 3 Bulan

Bila ingin memelihara kucing munchkin dan mengikuti proses kelahirannya, beli saja kucing munchkin betina. Kucing munchkin betina yang berusia 3 bulan, dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 6.550.000.

Harga Kucing Munchkin Kitten 7 Bulan

Anak kucing munchkin berusia 7 bulan mendapat banyak komentar positif dari kalangan cat lovers. Dengan uang sekitar  Rp. 6.000.000, kucing munchkin kitten yang lucu sudah bisa Anda bawa.

Harga Kucing Munchkin Jantan Usia 7 Bulan

Menjadikan kucing munchkin jantan sebagai hewan peliharaan atau teman, juga merupakan hal yang menarik. Harga kucing munchkin jantan sekitar Rp. 4.000.000.

Harga Kucing Munchkin X Persia Atau Hidung Pesek

Kucing jenis ini merupakan hasil persilangan antara kucing munchkin dengan kucing persia. Harga kucing munchkin x persia atau kucing hidung pesek berusia 8 bulan adalah Rp. 950.000.

Harga Kucing Munchkin Napoleon 2 Tahun

Kucing napoleon adalah hasil persilangan antara kucing munchkin dengan kucing himalaya, persia atau exotic.

Kucing munchkin napoleon sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kucing munchkin lainnya. Kucing munchkin Napoleon berusia 2 tahun dibandrol dengan harga sekitar Rp. 7.000.000.

Harga Kucing Munchkin Kitten Berdasarkan Jenis Bulu Dan Pedigree

  • Jenis bulu exotic non-ped dijual antara harga Rp. 4.000.000 – Rp. 7.000.000.
  • Jenis bulu medium non-ped dijual antara harga Rp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000.
  • Jenis bulu long-hair non-ped dijual antara harga Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000.
  • Jenis bulu exotic pedigree dijual antara harga Rp. 15.000.000 – Rp. 20.000.000.
  • Jenis bulu medium pedigree dijual antara harga Rp. 10.000.000 – Rp. 13.000.000.
  • Jenis bulu long-hair pedigree dijual antara harga Rp. 13.000.000 – Rp. 17.000.000.

Harga Kucing Munchkin Adult Berdasarkan Jenis Bulu Dan Pedigree

  • Jenis bulu exotic non-ped dijual antara harga Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000.
  • Jenis bulu medium non-ped dijual antara harga Rp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000.
  • Jenis bulu long-hair non-ped dijual antara harga Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000.
  • Jenis bulu exotic pedigree dijual antara harga Rp. 13.000.000 – Rp. 17.000.000.
  • Jenis bulu medium pedigree dijual antara harga Rp. 9.000.000 – Rp. 12.000.000.
  • Jenis bulu long-hair pedigree dijual antara harga Rp. 12.000.000 – Rp. 16.000.000.

Harga akan berbeda berdasarkan lokasi penjualan, keaktifan kucing, jenis anakan, serta keelokannya. Ada harga yang cukup tinggi bagi kucing yang mempunyai nilai lebih, seperti pemenang. Biasanya kucing yang terlihat bersih, sehat serta lincah akan lebih diminati meski harganya lebih mahal.

Baca Juga: Harga Kucing Himalaya

Dengan mengetahui kisaran harga kucing munchkin, semoga dapat membantu dalam proses tawar menawar. Sehingga setiap biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan apa yang didapatkan.

Tinggalkan Balasan