Harga Kucing Persia

Harga Kucing Persia
31Mei, 2020

Anda ingin memelihara kucing jenis persia? Sudah tahukah berapa harga kucing persia saat ini?. Sebelum memutuskan untuk mengadopsi kucing jenis ini ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu harga dan jenis dari kucing ini.

Kucing jenis persia ini memang menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta kucing. Bulunya yang lebat, matanya yang bulat, dan hidungnya yang pesek menjadi daya tarik tersendiri. Ada banyak jenis kucing persia yang ada di Indonesia, harganya juga berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Tips Membeli Kucing Persia

Tips Membeli Kucing Persia

Sebelum membahas berapa harga dari kucing jenis persia, Anda harus tahu tips dalam membeli kucing. Jangan sampai Anda menyesal salah pilih kucing jenis persia yang akan Anda adopsi.

Ada 4 tips dalam membeli kucing jenis persia, ini yaitu:

Pilih yang Kisaran Umur 3 sampai 6 Bulan

Tips yang pertama dalam membeli kucing jenis persia adalah pilih kucing dengan usia 3 sampai dengan 6 bulan. Di usia ini kucing belum terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Sangat ideal untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Kucing dengan umur yang masih 3 bulan juga lebih cepat untuk akrab dan masih tergolong jinak. Adaptasi kucing akan jauh lebih mudah jika Anda mengadopsinya sejak umur 3 sampai 6 bulanan.

Pilih yang Sudah Divaksin

Vaksin sangat penting untuk hewan peliharaan termasuk kucing. Jika Anda mengadopsi atau membeli kucing di petshop sebaiknya pilih yang sudah diberikan vaksin.

Harga kucing yang sudah divaksin tentu lebih mahal dibandingkan yang belum divaksin. Namun demi kesehatan dan keamanan Anda lebih baik mengadopsi yang sudah diberikan vaksin.

Cek Kenormalan dan Kesehatan Seluruh Tubuh Kucing

Pada saat mengadopsi kucing jenis persia sebaiknya Anda cek semua anggota tubuhnya. Pastikan semua anggota tubuh kucing lengkap dan tidak ada cacat. Pilih juga kucing yang sehat dan bebas dari kutu.

Anda bisa mengecek kebersihan kucing sebelum mengadopsinya. Pastikan bagian kaki dan telinga kucing bersih dan tidak berjamur.

Cek Jenis Makanannya

Sebelum mengadopsi kucing ada baiknya Anda menanyakan jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh si kucing. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memberikan makan kepada kucing. Adaptasi kucing juga semakin mudah jika dia diberikan makanan sesuai dengan kebiasaannya.

Daftar Harga Kucing Persia Berdasarkan Usia dan Jenisnya

Sudah tahu bukan bagaimana agar mendapatkan kucing jenis persia yang bagus? Di Indonesia ada 4 macam kucing jenis persia yaitu himalaya, flatnose, peaknose, dan medium. Keempat jenis ini mempunyai karakteristik tubuh yang berbeda-beda dan harganya pun berbeda-beda.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai karakteristik dan harga dari setiap jenis kucing ini.

Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya

Persia himalaya ialah kucing jenis persia dari hasil persilangan antara kucing siam dengan kucing persia asli. Persilangan dua jenis kucing ini menghasilkan persia himalaya yang mempunyai karakteristik unik.

Salah satu karakteristik dari persia himalaya adalah warna bulu. Bulu persia himalaya mempunyai colour point atau corak gelap pada bagian tertentu. Corak gelap dari kucing ini ada pada ekor, kaki, wajah bagian tengah, dan ujung telinga.

Warna corak gelap inilah yang membuat kucing ini unik dan banyak digemari oleh pecinta hewan. Corak gelap pada persia himalaya sangat beragam ada coklat kehitaman, abu-abu kecoklatan, dan krem kecoklatan.

Perpaduan warna ini membuat tampilan kucing ini semakin menggemaskan. Dibandingkan persia jenis lainnya, kucing ini mempunyai tubuh yang lebih besar dan kuat. Namun tetap saja kaki dari persia himalaya pendek seperti jenis persia lainnya.

Karakteristik lainnya dari persia himalaya adalah tingkah lakunya. Kucing jenis ini lebih lincah dan suka bermain, namun dia takut dengan ketinggian. Persia himalaya juga termasuk kucing yang aktif dan ramah.

Bulu dari kucing ini juga lembut dan panjang sehingga sangat menggemaskan. Agar bulu kucing jenis persia himalaya ini tetap sehat Anda harus rajin merawatnya dengan memandikan dan memberikan shampo yang tepat.

Kucing jenis persia terkenal dengan hidungnya yang pesek bukan? Persia himalaya ini terdapat dua jenis yaitu persia himalaya ultra face dan doll face. Jenis persia himalaya ultra face mempunyai hidung yang lebih mancung dibandingkan dengan persia himalaya doll face.

Jika Anda tertarik untuk mengadopsi persia himalaya berikut ini adalah daftar harga anak kucing persia jenis himalaya. Sangat disarankan untuk mengadopsi kucing dari kecil agar lebih ramah dan mudah beradaptasi.

Umur

Vaksin

Rentang Harga

3 bulanBelum 3- 4 juta rupiah
3 bulanSudah5 – 6 juta rupiah
6 bulanBelum7 – 8 juta rupiah
6 bulanSudah9 – 10 juta rupiah

Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose

Salah satu kucing jenis persia yang paling banyak dikenal dan disukai adalah persia flatnose. Seperti namanya, hidung dari kucing ini pesek dan cenderung flat. Namun dibandingkan jenis persia lainnya, kucing ini sedikit lebih mancung.

Anda bisa melihat mancung atau tidaknya hidung kucing jika melihatnya dari samping. Bentuk wajah dari kucing ini juga sedikit berbeda yaitu berbentuk bulat tapi agak kotak. Jika diperhatikan bentuk mata dari persia flatnose ini juga lebih kecil dengan bentuk yang bulat.

Karakteristik lainnya yang dimiliki oleh persia flatnose adalah bentuk telinga yang lebih runcing. Jarak antar telinga juga lebih lebar dibandingkan persia jenis lainnya.

Bulu dari persia flatnose ini lembut dan panjang sehingga sangat nyaman untuk dibelai. Namun bentuk kaki dari kucing ini pendek sehingga dia tidak bisa berlari cepat dan meloncat tinggi. Warna dari persia flatnose beragam, biasanya kombinasi antara dua warna seperti putih dan abu-abu.

Kucing ini memang bisa memanjat pohon tapi kurang lihai sehingga dia lebih suka untuk menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan. Persia flatnose sebenarnya sangat aktif jika Anda mengajaknya bermain, letakkan saja mainan di dekat dia maka dia akan memainkannya sendiri.

Sifat dari persia flatnose ini sangat manja sehingga dia cenderung ingin selalu dekat dengan pemiliknya. Tidak hanya itu, persia flatnose juga mudah stres jika terlalu lama ditinggal pemiliknya.

Sebenarnya kucing jenis persia tidak suka jika sendirian dan ditinggal terlalu lama. Oleh karena hal inilah, jika Anda memelihara persia flatnose jangan sering ditinggal. Kucing ini lebih senang untuk diajak bermain.

Kucing persia harganya memang mahal karena keunikannya. Harga dari kucing persia ini digolongkan berdasarkan dari umurnya.

Berikut ini daftar harga dari persia flatnose:

Umur

Vaksin

Rentang Harga

3 bulanBelum5- 6 juta rupiah
3 bulanSudah7 – 8 juta rupiah
6 bulanBelum9 – 10 juta rupiah
6 bulanSudah11 – 12 juta rupiah

Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose

Kucing jenis persia yang paling pesek adalah persia peaknose. Persia flatnose memang pesek tapi persia peaknose lebih pesek. Jika diperhatikan secara seksama kucing ini seperti tidak mempunyai hidung.

Wajah persia peaknose ini mempunyai keunikan tersendiri. Keunikannya yaitu pada bagian antara hidung dan matanya terdapat kerutan yang menonjol. Hal ini menjadi salah satu pembeda persia peaknose dan flatnose.

Persia peaknose termasuk kucing dengan bulu yang panjang dan lebat. Bentuk tubuh dari kucing ini lebih kecil dengan kakinya yang pendek. Tidak salah jika persia jenis ini tidak suka untuk meloncat.

Persia peaknose lebih suka bermalas-malasan dan duduk-duduk saja. Walaupun demikian, banyak pecinta kucing yang sangat menyukainya. Kucing ini juga jarang bersuara karena kemalasannya.

Salah satu daya tarik dari kucing ini adalah bentuk wajahnya yang bulat dengan mata yang bulat besar. Kucing jenis ini juga sangat manja dan tidak suka jika ditinggal sendiri.

Persia peaknose lebih aktif dibandingkan persia flatnose. Anda bisa mengajaknya bermain dan mengobrol untuk menemani ketika di rumah. Kucing ini sangat suka jika diperhatikan dan digendong.

Perlu Anda ketahui, persia peaknose ini juga tidak suka dengan kesendirian. Oleh karena itu, jangan tinggalkan kucing ini sendiri terlalu lama. Karena kucing bisa stres jika ditinggal dalam waktu yang terlalu lama.

Anda tertarik untuk memiliki persia peaknose ini?

Berikut ini adalah harga dari persia peaknose yang digolongkan berdasarkan umurnya.

Umur

Vaksin

Rentang Harga

3 bulanBelum 6 – 7 juta rupiah
3 bulanSudah7 – 8 juta rupiah
6 bulanBelum10 – 11 juta rupiah
6 bulanSudah12 – 13 juta rupiah

Kucing Persia Medium

Jenis persia medium ini merupakan hasil persilangan antara persia asli dengan kucing kampung atau kucing lokal asli Indonesia. Anak kucing persia hasil persilangan ini mempunyai ciri yang menonjol pada bagian hidungnya. Persia medium mempunyai hidung yang lebih mancung.

Bentuk badan dari kucing jenis ini juga tidak terlalu besar. Bentuk kakinya lebih panjang dibandingkan kucing jenis persia lainnya. Karena kakinya yang panjang, kucing ini dapat berlari cepat dan melompat.

Hasil persilangan persia dengan kucing lokal ini menghasilkan kucing dengan bulu lebih lebat dan panjang. Namun bentuk wajahnya tidak terlalu bulat bahkan hampir mirip dengan kucing lokal Indonesia.

Bentuk telinga persia medium ini juga lebih besar dibandingkan persia lainnya. Jarak antar telinga juga lebih dekat seperti kucing lokal pada umumnya. Peranakan persia dan kucing lokal ini yang sering banyak ditemui di Indonesia.

Banyak para pecinta kucing yang mengawin silangkan kucing jenis lokal dengan persia. Tentu saja hasilnya akan berbeda-beda sesuai dengan indukan yang disilangkan. Persia juga bisa disilangkan dengan anggora, dan tetap saja nama kucing ini persia medium.

Warna dari persia medium ini bervariasi tergantung dari warna induknya. Bahkan ada persia medium yang berwarna belang-belang.

Harga dari persia medium ini bervariasi, namun cenderung lebih murah dibandingkan persia lainnya. Berikut ini adalah daftar harga dari persia medium :

Umur

Vaksin

Rentang Harga

3 bulanBelum250 – 300 ribu rupiah
3 bulanSudah350 – 400 ribu rupiah
6 bulanBelum500 – 600 ribu rupiah
6 bulanSudah600 – 700 ribu rupiah

Daftar harga kucing persia dari berbagai jenisnya ini bisa Anda jadikan patokan ketika akan mengadopsi kucing jenis ini.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Sakit

Pastikan kucing yang akan Anda adopsi dalam keadaan sehat dan bebas dari penyakit. Rawatlah kucing dengan baik agar terhindar dari berbagai jamur dan virus yang bisa mengganggu kesehatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *