Hutan Pinus Mangunan Jogja, Lokasi & Tiket Masuk

Menikmati suasana segar di hutan pinus kini tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di kota Jogja telah tersedia wisata alam yang sejenis ini dengan keindahan yang tidak kalah dengan yang ada di luar negeri.  Keindahan hutan pinus dan kesejukan udaranya bisa Anda nikmati di Hutan Pinus Mangunan Jogja. Berada di tempat ini seolah-olah Anda sedang tidak berada di kota Jogja yang panas dan gersang. Deretan pohon pinus yang langsing dan lurus menjadi peneduh alami dari teriknya sinar mentari Jogja.

Semburat cahaya yang menyelusup di antara dedaunan pohon menjadi penerang alami hutan ini. Keberadaan hutan ini menjadi alternatif liburan alam yang mulai digandrungi oleh wisatawan baik yang berasal dari Jogja maupun luar Jogja. Bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Seperti apa hutan pinus mangunan aktivitas, lokasi & tiket masuk ala Jogja ini? Silakan disimak informasi di bawah ini:

Tentang Hutan Pinus Mangunan Jogja

Tentang Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan sebuah kawasan wisata yang dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan Jogja. Luasnya mencapai 500 hektar dengan didominasi tanaman pinus merkusi. Awalnya kawasan ini hanyalah lahan yang tandus dan kering tidak terurus kemudian ditanami dengan tanaman pinus, akasia, mahoni, kemiri, kayu putih dan lainnya untuk mengembalikan kesuburan tanah sekaligus menghijaukan lahan.

Penghijauan ini berhasil dan memberikan dampak positif di mana Kawasan yang semula tandus berubah menjadi hutan pinus yang menarik dan sejuk. Kemudian pihak pengelola berinisiatif menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata hutan pinus Jogja dengan membangun dan melengkapi fasilitas pendukung yang biasa ada di tempat wisata pada umumnya.

Hutan yang berada di kawasan Bantul ini menawarkan cuaca yang segar dengan udaranya yang sejuk dan keindahan jejeran pohon pinus Jogja yang selalu hijau.  Berada di sini dan menikmati kesegarannya mampu memberikan efek relaksasi pada setiap orang.

Di pagi hari atau sore hari, sinar jingga mentari yang menyelusup di antara pepohonan pinus dan jatuh di atas tanah memberikan semburat warna yang indah. Berjalan di antara pepohonan pinus di medan yang berbukit-bukit dipercaya mampu melenyapkan kegundahan dan kekhawatiran yang dirasakan oleh pengunjung. Semilir angin yang membawa kesejukan menambah semangat pengunjung untuk menelusuri setiap sudut hutan ini.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Lokasi Hutan Pinus Mangunan

Lokasi hutan pinus mangunan ini berada tidak jauh dari  kota Jogja yaitu hanya berjarak 24 km dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit dari pusat kota. Letaknya sangat strategis berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini juga dikenal dengan nama Hutan Pinus Imogiri Jogja karena berada tidak jauh dari situs pemakaman raja-raja Imogiri yang terkenal.

Baca Juga: Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Untuk menuju ke lokasi hutan pinus mangunan ini, akses perjalanan sangat mudah. Anda tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Jl. Imogiri Timur yang merupakan akses ke Taman Makam Raja-raja Imogiri. Sebelum sampai makam, Anda akan melihat pertigaan arah ke Mangunan.

Ambil jalur tersebut sampai nanti Anda diarahkan ke dua jalur di mana yang satu menuju ke Kebun Buah Mangunan dan satu lagi mengarahkan ke Hutan Pinus Mangunan. Kedua tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang direkomendasikan untuk keluarga atau acara gathering dari kantor atau komunitas.

Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Saat ini tidak ada biaya tiket masuk hutan pinus mangunan Yogyakarta. Anda bisa masuk ke dalam kawasan hutan ini dengan gratis. Namun jika keperluannya adalah untuk syuting atau kegiatan keramaian, harus mendapat izin dari pihak pengelola dan aparat setempat.

Hutan pinus ini dibuka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga jam 17.30 sore. Waktu yang disarankan untuk mengunjungi tempat ini adalah di sore hari di mana pada saat itu cuaca semakin sejuk dengan sinar mentari yang mulai redup menuju ke arah barat untuk tenggelam dengan menyiratkan semburat cahaya yang indah. Momen menuju sunset banyak ditunggu oleh wisatawan untuk diabadikan dalam foto-foto yang indah.

Tiket parkir ditetapkan untuk kendaraan roda 2 yaitu hanya Rp.3.000,- dan kendaraan roda empat Rp.10.000,-. Namun jika Anda datang dengan rombongan dan menggunakan bis maka dikenakan biaya parkir Rp.20.000.- Hutan pinus ini kerap dijadikan area foto prewedding, syuting iklan bahkan film karena kealamian bentuk hutannya.

Untuk kegiatan keramaian seperti ini, Anda harus mengurus izin terlebih dahulu dan membayar sejumlah uang ke pengelola untuk kegiatan yang bersifat komersial.

Fasilitas Wisata Hutan Pinus Mangunan

Outbond

Outbond Hutan Pinus Mangunan

Wisata alam dengan wahana outbond seolah-olah sudah menjadi satu paket. Sembari menikmati keindahan alam, Anda bisa menjajal wahana outbond yang disediakan.

Untuk menuju wahana outbond hutan pinus mangunan jogja, Anda harus berjalan dulu di track yang sedikit terjal sehingga ada pemanasan sebelum mencoba wahana yang memacu adrenalin Anda.

Spot foto

Spot foto Hutan Pinus Mangunan

Di hutan pinus mangunan ini terdapat beberapa spot foto yang menarik untuk selfi maupun untuk foto beramai-ramai. Dengan properti yang terbuat dari bahan yang alami seperti kayu dan batu-batu alam, spot foto ini menambah ketertarikan wisatawan untuk datang berkunjung.

Ada spot foto yang berbentuk bintang, ada yang berbentuk hati. Dengan sudut pengambilan foto yang tepat, spot foto + background hutan pinus membuat hasil foto menjadi sangat menarik.

Gardu Pandang

Gardu pandang Hutan Pinus Mangunan

Dengan lokasi yang berada di atas ketinggian, keberadaan gardu pandang hutan pinus mangunan menjadi penting di sini. Nikmati keindahan dan hijaunya perbukitan di kota Jogja dari atas gardu pandang yang bentuknya seperti rumah pohon.

Wisatawan harus bergantian untuk dapat naik ke gardu pandang ini karena bentuknya yang kecil. Ada beberapa gardu pandang yang bisa dipilih dan bisa juga untuk menjadi spot foto Anda.

Hammock

Hammock Hutan Pinus Mangunan

Di antara deretan pohon pinus, dikembangkan hammock berwarna-warni yang sangat cerah. Paduan warna terang dengan kayu pohon dan hijaunya daun membuat hammock menjadi sangat menarik ketika difoto.

Ini menjadi salah satu daya tarik baru untuk hutan pinus mangunan ini. Bersantai sejenak di atas hammock, menikmati semilir angin dan memandang ke langit lepas menjadi pelepas kepenatan dan kejenuhan yang sangat efektif.

Panggung Terbuka

Panggung Terbuka Hutan Pinus Mangunan

Di tempat ini tersedia sebuah panggung terbuka dengan kursi-kursi penonton yang melingkar seperti panggung teater sungguhan. Kursi-kursi dibuat dari kayu pohon sehingga menambah kealamian panggung yang kerap dijadikan pusat kegiatan bagi mereka yang mengadakan acara gathering.

Panggung hutan pinus mangunan ini juga bisa dijadikan spot foto seolah-olah Anda sedang tampil di alam terbuka.

Camping Ground

Camping Ground Hutan Pinus Mangunan

Kini sudah disediakan pula camping ground di hutan pinus Mangunan. Menikmati lebih lama suasana alam di tengah hutan dengan ditemani gemerlap bintang di malam hari kini menjadi pilihan bagi beberapa traveler dan penyuka kegiatan alam.

Sebelumnya Anda harus meminta izin kepada pengelola untuk berkemping di sini dengan membawa peralatan camping sendiri. Ketika malam, tidak ada tempat makan yang buka sehingga sebaiknya sediakan makanan yang cukup jika berniat kemping di sini. Dan di larang keras melakukan pengrusakan dalam bentuk apapun selama berada di kawasan hutan ini.

Area Parkir

Area Parkir Hutan Pinus Mangunan

Area parkir hutan pinus mangunan yang tersedia cukup untuk jumlah kendaraan wisatawan selama ini. Baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Juga untuk kendaraan rombongan berupa mini bus, elf hingga bus besar. Karena biasanya pengunjung yang datang tidak serentak di satu waktu, sehingga kapasitas parkir tetap tersedia walaupun luasnya terbatas.

Toilet

Toilet dengan air dari mata air gunung membuat  air di toilet hutan pinus mangunan ini terasa segar dan nyaman. Kebersihan toilet selalu dijaga oleh pihak warung yang menyediakan fasilitas ini. Tersedia di beberapa titik membuat antrian ke toilet bisa dihindari untuk memberi kenyamanan kepada wisatawan.

Mushola

Untuk mengakomodir kebutuhan beribadah kaum muslim, tersedia mushola yang nyaman dan bersih di hutan pinus mangunan ini. Mukena atau alat shalat tersedia sehingga Anda bisa menggunakannya jika tidak membawa perlengkapan shalat pribadi.

Ruangannya tidak terlalu besar namun tidak sampai membuat antrian terlalu lama, karena wisatawan yang hendak shalat biasanya bergantian.

Warung Makan

Warung Makan Hutan Pinus Mangunan

Warung makan yang ada di hutan pinus mangunan akan membantu Anda untuk tetap fit dan segar dengan menu makanan yang khas Jawa. Bahkan Anda bisa beristirahat sejenak di sini setelah selesai makan atau sekedar mencharge baterai Anda dengan membayar sejumlah uang.

Tempat yang tersedia berbentuk warung sederhana dari kayu yang tidak terlalu besar namun bersih yang membuat pengunjung merasa nyaman.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Photo Session

Tentu saja berfoto dengan berbagai gaya menjadi tujuan utama berada di hutan pinus mangunan ini. Tempat yang cukup instagramable dengan deretan hutan pinusnya menjadi spot foto yang menarik untuk diabadikan dalam berbagai gaya dan sudut pemotretan. Bahkan hasrat berfoto ini didukung oleh pengelola dengan menyediakan beberapa spot foto yang tidak kalah menarik.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jogja

Jangan lupakan gardu pandang di mana Anda dapat mengambil pose foto sambil melihat pemandangan dari atas pohon. Dengan luas hutan yang mencapai 500 hektar, Anda dan teman-teman tidak akan kekurangan sudut foto yang menarik di tempat ini.

Picnic party

Berpiknik di tempat terbuka kini kembali menjadi tren bagi keluarga maupun anggota komunitas. Di sini Anda bisa mengadakan gathering di tempat terbuka sekaligus dengan acara makan-makan. Hal ini dibolehkan selagi setiap pengunjung menjaga kebersihan dan kealamian hutan.

Tidak dibenarkan merusak kayu pohon dan atau mencoret-coretnya dengan apapun. Menikmati momen kebersamaan bersama keluarga atau komunitas di tempat terbuka tidak bisa dilakukan setiap hari, bukan? Dengan biaya murah dan membawa makanan dari rumah, hal ini bisa Anda lakukan di sini.

Hammocking

Warna-warni hammock atau ayunan kain yang dipasang di antara pohon pinus kini menjadi pemandangan baru di hutan ini. Anda bisa memilih warna merah, kuning, oranye, biru atau hijau cerah untuk Anda sewa untuk bersantai sejenak. Jangan lupa untuk mengabadikan Anda dan hammock dengan sudut foto yang tepat.

Hammock ini memberi nuansa berbeda dan banyak disukai oleh wisatawan sebagai alternatif tempat duduk santai selama berada di hutan pinus.

Bersantai Di Bangku Kayu

Teater terbuka dengan deretan kursi kayu yang melingkari menjadi spot santai yang bisa Anda gunakan selama di sini. Bercengkerama bersama keluarga dan sahabat di tempat yang terjaga kealamiannya akan memberikan suasana yang berbeda. Nikmati masa-masa ini sebelum Anda kembali ke rutinitas kota.

Trekking

Sebelum Anda mengambil spot untuk bersantai, mengapa tidak melakukan trekking di sekitar hutan untuk mendapatkan tempat yang pas sekaligus menikmati pemandangan? Ya, jalur trekking yang disediakan sedikit menanjak namun aman sehingga tidak akan membuat pengunjung tersesat.

Berkeliling di hutan pinus sambil bercerita santai sungguh membantu proses relaksasi Anda. Trekking ini juga bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mendapatkan spot foto yang lain dari yang pernah ada dipost di Instagram.

Kemping

Menikmati alam terbuka di malam hari yang penuh dengan bintang yang bersinar terang perlu juga dilakukan sekali-kali. Dan bagi pencinta alam terbuka, kesempatan kemping di hutan pinus merupakan kesempatan yang tidak akan disia-siakan.

Wisata Yang Dekat Dengan Hutan Pinus Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Sesuai namanya, kebun buah ini memang berada dekat dengan hutan pinus Mangunan. Masih di desa yang sama yaitu di desa Mangunan. Kebun buah Mangunan merupakan bentuk kawasan lain dari hutan Mangunan berupa perkebunan. Karena di kebun buah ini banyak ditanam buah-buahan dan juga dijadikan tempat pembibitan ternak seperti sapi.

Dengan pengembangan menjadi kawasan wisata, kebun buah ini mulai dikomersilkan dengan membangun fasilitas pelengkap sekaligus untuk memasarkan hasil buah dari kebun ini.

Selain buah, kebun ini juga memberikan keindahan pemandangan dari gardu pandangnya dari ketinggian 200 mdpl. Di gardu pandang ini, keindahan sungai oyo yang berkelok-kelok dan hijaunya hamparan lembah dan ngarai membuat mata ini tak puas memandang keindahan yang ada.

Puncak Becici

Puncak Becici

Puncak Becici juga menjadi obyek wisata baru yang menarik. Sama-sama merupakan kawasan hutan pinus, Puncak Becici juga menyediakan keindahan pemandangan dari atas bukitnya. Di gardu pandangnya, Anda bisa menyaksikan keindahan dan kegagahan Gunung Merapi yang menjadi ikon kota Jogja.

Selain itu, di sini juga disediakan spot foto yang menarik, seperti sarang burung dengan berlatar belakang kota Jogja dari kejauhan. Menyaksikan matahari terbenam menjadi aktivitas yang banyak dinanti oleh wisawatan di sini. Berfoto dengan berlatar semburat merah dari spot foto berbentuk sarang burung akan menjadi foto yang ikonik untuk album Instagram Anda.

Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo

Selain dua tempat wisata di atas, kebun buah dan Puncak Becici, Anda bisa menyempatkan untuk mengunjungi tempat lain yang dekat dengan hutan pinus Mangunan. Yaitu air terjun Lepo yang letaknya di dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul. Air terjun ini sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang berada di daerah Dlingo.

Perbedaan air terjun ini dengan air terjun lainnya adalah, ketika air terjun langsung jatuh dari atas ketinggian tebing, tidak begitu halnya dengan air terjun ini. Air terjun ini akan masuk ke kedung-kedung atau kolam alami yang bertingkat. Dan Anda bisa berenang sepuasnya di dalam kedung alami tersebut sambil menikmati gemericik suara air terjun yang mampu memberikan efek menenangkan.

Berada di hutan pinus mangunan aktivitas, lokasi & tiket masuk yang asri mampu menjadi moodbooster terbaik  yang bisa Anda dapatkan. Tidak jauh dari kota Jogja dan tidak membutuhkan biaya besar. Bahkan Anda dapat melakukannya bersama keluarga besar Anda atau anggota komunitas.

Baca Juga: Kebun Buah Mangunan Jogja

Tempat ini menjadi ruang relaksasi besar untuk mengembalikan kesegaran dan Kesehatan wisatawan. Jadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata Anda dan nikmati kesegaran yang Anda dapatkan untuk Anda bawa pulang.

Tinggalkan komentar