Kriteria dan Jenis Ikan Aquascape Terbaik

Memelihara ikan hias bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan teknik aquascape yang sedang populer saat ini. Butuh perpaduan kreativitas dan imajinasi untuk menghasilkan Ikan Aquascape paling menarik, makanya tak semua orang bisa melakukannya. Mau tahu apa sebenarnya ikan yang dipelihara dengan teknik aquascape dan seluk beluknya?

Pengertian dan Kriteria Ikan Aquascape

Pengertian dan Kriteria Ikan Aquascape

Ikan yang masuk kategori aquascape adalah ikan kecil yang dipelihara dengan teknik aquascape.  Teknik penataan akuarium yang dibuat sealami mungkin, dengan menggunakan bahan dan alat yang biasa ada di sungai seperti koral, batu karang hingga tanaman asli sungai atau laut.

Ada juga yang menyebutnya ikan yang dipelihara di dalam kebun laut, karena didesain sedemikian rupa membentuk taman yang indah dan enak dipandang mata. Kreativitas dalam mendesain aquascape sangat luas tak berbatas, hanya saja tak semua jenis ikan hias bisa dikembangkan di akuarium jenis ini.

Baca Juga: Ikan Komet

Berdasarkan pengalaman para pecinta ikan hias aquascape ternyata hanya ikan dengan kriteria tertentu yang bisa dijadikan pengisi akuarium jenis tersebut. apa saja kriteria utamanya?

  1. Memiliki warna yang cerah dan unik, sehingga ketika diletakkan di dalam aquascape mampu menyempurnakan keindahan kebun laut tersebut.
  2. Mudah dalam perawatan, dan bisa hidup berbagi dengan jenis ikan lain. Sebab dalam aquascape akan masuk berbagai jenis ikan yang akan hidup berdampingan.
  3. Bisa hidup di perairan luas, karena biasanya aquascape dibuat pada box yang besar dan luas.
  4. Kuat pada suku di kawasan tropis, tanpa harus disediakan tempat khusus dengan suhu tertentu.
  5. Tidak takut terang, karena aquascape didominasi oleh cahaya dan warna-warna terang. Apalagi untuk kebutuhan kontes. Kalau tidak, maka pertumbuhan ikan akan terhambat dan membuat pemilik harus menambah anggaran untuk membeli ikan baru yang lebih tepat.

Jenis Ikan Terbaik untuk Aquascape

Jenis Ikan Terbaik untuk Aquascape

Kalau Anda tertarik untuk mengembang biakkan ikan untuk aquascape, pastikan untuk memilih ikan yang memang bisa hidup normal di dalam kolam laut buatan tersebut. apa saja jenis ikannya?

Ikan Sumatra (Tiger Barb)

Adalah ikan yang paling banyak dijadikan penghuni aquascape karena perawatannya sangat mudah, gerakannya lincah dan perpaduan warna emas, orange, dan hitam. Dengan tipe hidup bergerombol, Anda bisa memilih beberapa jenis terbaiknya. Harganya juga sangat murah yaitu berkisar Rp.3000/ekor.

Ikan Pelangi (Rainbow Fish)

Daya tarik ikan ini terlihat dari warna emas dan birunya yang berkilau membuat akuarium lebih berkarakter. Ditambah pula dia mampu hidup cukup lama dengan cara merawat yang juga mudah, dan mampu bertahan hanya dengan makan bakteri di dalam kolam.

Neon Tetra

Anda pasti akan senang memelihara ikan ini di dalam aquascape, karena dia sudah terlatih hidup dalam kelompok. Ditambah pula warnanya yang sangat cerah dan memantulkan cahaya, dengan ukuran mini yang tak bertambah Anda tak perlu memindahkan ke tempat lebih besar. Kalau Anda mau, bisa dibeli dengan harga Rp.1.500/ekor.

Guppy

Ikan ini punya bentuk yang sangat elegan, ditandai dengan bentuk ekor mengembang seperti menggunakan rok pesta. Banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih, tapi Anda harus waspada sebab siripnya sering jadi objek gigitan ikan jenis lain. makin bagus perpaduan warna akan semakin mahal harganya.

Pecostomus

Adalah ikan hias aquascape, karena memiliki kemampuan membersihkan akuarium. Dia bertahan hidup dengan memakan kotoran dan benda yang mengotori akuarium. hampir dipastikan semua pemilik akuarium menempatkan ikan ini di dalamnya, apalagi untuk mendapatkannya hanya perlu bayar Rp.6.000/ekor.

Angel Fish

Merupakan ikan mahal yang banyak dipilih sebagai penghuni aquascape, karena memberi kesan mewah dengan warna perak dan hitam yang elegan. Tapi memang untuk perawatannya butuh energi ekstra.

Jenis Ikan yang Tak Cocok Aquascape

Jenis Ikan yang Tak Cocok Aquascape

Beberapa ikan ternyata tak cocok untuk masuk dalam aquascape, walaupun memiliki bentuk yang sangat menarik. Diantaranya adalah ikan Rasbora yang Masuk kategori ikan pemalu, dan harus diperhatikan maksimal jika akan digabung dengan ikan lain. Kalau tetap ingin menjadikannya ikan aquascape sebaiknya dipelihara di kolam tersendiri.

Ikan berikutnya adalah Porthole catfish yang memiliki warna klasik kecoklatan yang mirip ikan lele versi kecil. Namun pamornya masih kalah dibandingkan ikan hias lainnya yang memiliki warna terang dan variatif.

Ada lagi ikan Otocinclus yang juga masuk kategori ikan pemalu, jadi agak susah untuk berbaur dengan ikan jenis lain. Banyak yang mengeluhkan sifat pemalunya yang berujung pada pertumbuhan ikan tidak maksimal dan tak sedikit yang jadi sakit dan mati.

Paradise Fish adalah ikan selanjutnya yang tergolong tak cocok masuk dalam aquascape apalagi digabungkan dengan ikan lain. Apalagi kalau Anda menempatkan beberapa ikan jantan dalam satu akuarium, dipastikan mereka akan saling serang dan berujung ada ikan yang jatuh sakit atau mati.

Cara Merawat Ikan Aquascape

Cara Merawat Ikan Aquascape

Untuk selalu mendapatkan pemandangan yang indah dari dalam aquascape, Anda harus melakukan perawatan yang benar pada ikan-ikan kesayangan yang pastinya masuk kategori ikan yang cocok untuk aquascape. Caranya adalah:

Membersihkan akuarium secara berkala

Lakukan pembersihan akuarium jenis aquascape Anda secara berkala. Mulai dari minggu pertama akuarium digunakan dengan membersihkan lumut dengan cara mengambil tanaman sumber lumut di dalam akuarium, kemudian dicelupkan dalam larutan 100 cc pemutih dengan 2 liter air dan bilas lalu ditanam kembali di dalam akuarium.

Pastikan air selalu bersih

Minimalnya adalah mengganti setengah jumlah air setiap minggu, agar kondisi air tidak kotor dan mengganggu siklus hidup ikan yang ada di dalamnya.

Bersihkan Kaca

Bersihkan kaca secara berkala untuk tetap mendapatkan view terbaik dari ikan yang ada di dalamnya. Kalau jarang dibersihkan Anda tak bisa melihat langsung kondisi ikan, siapa tahu ada yang mengalami sakit atau harus dipisah akibat terluka.

Apalagi yang namanya ikan hias sangat suka dengan kondisi bersih, sehingga mereka akan lebih lincah dan sehat.

Pangkas Tanaman

Jangan lupa untuk memangkas tanaman hias yang ada di dalam akuarium secara rutin, apalagi jika penggunaan akuarium sudah lebih dari tujuh minggu. Karena tumbuhan tersebut bisa jadi sumber munculnya lumut dan mengganggu pergerakan ikan.

Kelebihan Ikan Aquascape

Kelebihan Ikan Aquascape

Dari penelitian ahli ditemukan bahwa terdapat tiga kelebihan dari ikan aquascape, jadi tak ada salahnya Anda memilikinya di rumah. lantas apa saja kelebihannya itu?

Membantu Penyembuhan Penyakit

Ikan yang dipelihara di dalam aquascape akan menghasilkan visualisasi yang indah, dan sering dijadikan sarana menenangkan pikiran untuk berbagai penyakit. Seperti Alzheimer hingga sakit kepala. Sebab ada efek relaksasi ketika Anda melihat akuarium yang bersih indah dan banyak ikan berbagai warna dan bentuk.

Menambah Nilai Estetika Ruangan

Ketika Anda menempatkan aquascape yang berisi ikan dan dekorasi ala kolam laut di dalam sebuah ruangan maka akan muncul kesan beda. Ruangan akan terlihat lebih hidup, segar dan menyenangkan. Karena warna hijau dedaunan dan rumput air, dipadu dengan keelokan ikan-ikan hias akan menciptakan karakter kuat untuk ruangan tersebut.

Cocok Untuk Bisnis

Kalau Anda punya konsep-konsep aquascape dan pemilihan ikan yang tepat, maka tema yang diusung dapat menghasilkan uang. Apalagi jika Anda jual pada pecinta ikan hias, pasti akan untung besar. Makanya tak sedikit desain aquascape diperjual belikan sebagai produk bisnis yang menjanjikan untung besar.

Kekurangan Ikan Aquascape

Selain punya kelebihan, pemanfaatan ikan aquascape juga memiliki kekurangan yaitu pertama akan mempersulit pemeliharaan ketika Anda memilih ikan yang salah. Alih-alih menjadi senang bisa memelihara ikan, Anda bisa menerima kenyataan ikan cepat mati karena salah cara memelihara.

Kedua yaitu desain sulit memadu padankan jenis ikan aquascape dan pernak-perniknya. Sebab ada ikan yang hanya bisa hidup pada lingkungan dengan bentuk tertentu. Makanya beberapa pecinta aquascape mengaku kecewa ketika desain hebat mereka sia-sia karena ikan tak bisa berkembang dengan baik di dalam akuarium tersebut.

Ketiga yaitu biaya pembuatannya tergolong mahal, apalagi jika Anda memilih jenis ikan dengan harga selangit, dan bahan pendukung berkualitas. Belum lagi penerangan dan pompa air yang harus maksimal menyebabkan biaya perawatan yang lebih tinggi ketimbang akuarium biasa.

Hiasan Terbaik Untuk Ikan Aquascape

Hiasan Terbaik Untuk Ikan Aquascape

Untuk menghasilkan sebuah habitat terbaik untuk ikan aquascape, Anda butuh bantuan hiasan akuarium yang tepat agar ikan merasa hidup di habitat aslinya. Enam hiasan berikut adalah yang terbaik dan wajib ada.

Poster

Poster dengan warna kehidupan bawah laut, menjadi salah satu kiasan terbaik yang sering dipilih pecinta ikan hias. Alasannya karena memberikan nuansa laut yang sebenarnya, dan percaya atau tidak ternyata mampu meningkatkan kelincahan ikan

Batu Karang Jenis Lava

Batu jenis ini memberikan media hidup bagi penghuni aquascape. Sebab didalamnya terdapat bakteri baik yang membantu menjaga kualitas air agar tetap bersih dan sehat. Fungsi hebat lainnya adalah menghapus senyawa nitrat di dalam air sehingga ikan tidak terkontaminasi.

Rumah Buatan

Aksesoris ini memberikan kesan lucu dan unik pada aquascape Anda, apalagi jika memilih jenis rumah dengan bentuk dan warna menarik. Misalnya rumah ala Spongebob atau rumah putri duyung seperti dalam cerita kartun di televisi. Ikan juga sangat menyukainya, karena menganggap itu adalah rumah mereka.

Akar Rasamala

Akar ini juga menjadi hiasan utama yang wajib ada di dalam aquascape Anda. Karena mampu memberikan nuansa bawah laut yang lebih alami, dengan cabangnya yang cukup banyak.

Keramik

Batu berbentuk keramik juga bisa menjadi hiasan penyempurna aquascape Anda. apalagi jika memilih keramik berbentuk bebatuan unik atau lainnya. Tak perlu terlalu banyak, yang penting sesuai dengan tema aquascape dan cocok untuk ikan yang ada di dalamnya.

Batu Fosil

Untuk memberikan kesan bawah laut yang lebih kental, Anda bisa menambahkan batu jenis ini. Berbentuk alami dengan balutan pasir pantai yang pastinya akan membuat akuarium jadi lebih natural dan indah.

Baca Juga: Ikan Mas Koki

Demikianlah informasi lengkap seputar ikan aquascape, mulai dari pengertian, karakter, ikan yang cocok dan ikan yang tidak boleh di aquascape hingga hiasan penyempurnanya. Pasti Anda sudah tak sabar untuk memilikinya di rumah dan mendesain aquarium aquascape terbaik, untuk membuat rumah lebih bermakna.

Tinggalkan komentar