Ikan Cupang Termahal

Jenis Ikan Cupang Termahal

Diposting pada

Ikan cupang adalah ikan kecil dan unik dengan bentuk sirip dan warna yang cantik. Ikan cupang juga merupakan ikan yang agresif serta suka menyerang. Alasan inilah yang membuatnya banyak dijadikan hiburan bagi pecintanya dengan cara diadu. Bahkan ada loh ikan cupang termahal untuk aduan.

Mengenal Ikan Cupang dari Dekat

Mengenal Ikan Cupang dari Dekat

Ikan cupang adalah ikan air tawar yang kadang hidup di air got atau selokan yang menggenang. Ia memiliki nama latin Betta Sp.

Ikan cupang termasuk ikan yang tangguh karena mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama. Anda bisa membuktikannya dengan meletakkan cupang ke dalam wadah yang volume airnya sedikit serta tanpa aerator atau alat sirkulasi udara.

Baca Juga: Umpan Ikan Mas

Tidak sedikit jenis cupang yang memiliki warna tubuh yang mempesona. Bukan hanya warnanya, bentuk siripnya juga menarik dengan gerakan yang tenang tapi berwibawa.

Karena keindahan bentuk dan warnanya yang menawan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengoleksinya dan dijadikan hewan peliharaan.

Ikan cupang juga tergolong ikan yang mengerami telurnya di mulut atau mouth breeder. Sementara jenis lainnya membangun sarang dengan busa atau disebut dengan bubble nest.

Ikan ini mudah ditemukan di negara-negara Asia Tenggara terkhusus Indonesia karena ia termasuk dalam jenis ikan tropis. Ukuran tubuhnya bermacam-macam tergantung jenis, umumnya lima sentimeter.

Selain menggunakan insang, ikan cupang juga memiliki alat pernapasan tambahan yang berfungsi untuk mengambil oksigen langsung dari udara, namanya adalah labirin. Karena termasuk dalam ikan tropis, ia tidak bisa hidup dalam suhu yang rendah. Ia bisa hidup dengan baik di tempat yang cukup hangat.

Jenis Ikan Cupang Termahal yang Cocok Dijadikan Peliharaan

Di dunia ini terdapat banyak sekali macam dan jenis ikan cupang. Jika dijabarkan detail maka akan ada sekitar 73 spesies ikan cupang di muka bumi ini.

Namun, tidak semua jenis ikan tersebut memiliki bentuk dan warna yang menarik.

Ada beberapa jenis pula yang khusus hanya digunakan untuk aduan. Jadi, ada tiga golongan ikan cupang secara keseluruhan yaitu ikan cupang liar, hias, dan aduan.

Dalam ketiga golongan ikan ini memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Mungkin Anda tertarik untuk mencoba memeliharanya juga, jika ya, coba perhatikan beberapa jenis ikan cupang berikut ini yang bukan hanya cantik tapi cantik juga harganya.

Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat

Yang pertama ada ikan cupang aduan termahal yaitu cupang plakat. Plakat atau ‘plakad’ adalah bahasa Thailand berarti ‘tarung’. Konon ceritanya, tradisi adu cupang berasal dari negara gajah putih yang kemudian banyak diasosiasikan.

Ciri-ciri ikan cupang plakat ialah ia memiliki ekor dan sirip yang pendek dan tumpul. Kebanyakan cupang plakat memiliki warna gelap dan tidak terlalu mencolok. Plakat juga cocok dijadiakan ikan aduan karena postur tubuhnya yang besar dan kokoh.

Sifat dari ikan ini juga sangat agresif bila melihat musuh mendekat. Harganya sangat bervariatif, di pasaran juga mudah ditemukan. Kisaran harganya dimulai dari Rp60.000,- hingga Rp2.000.000,- untuk satu ikan.

Untuk di Indonesia, ikan ini masuk sekitar tahun 2000-an yang melawan booming-nya ikan louhan yang pertama kali diperkenalkan oleh Henry Gunawan, Joty Atmaja, dan Hermanus.

Ikan Cupang Giant

Ikan Cupang Giant

Disebut Giant karena bentuk tubuhnya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan cupang biasanya. Postur tubuhnya yang berbeda ini diraih karena ia hasil dari perkawinan silang beberapa jenis ikan cupang.

Panjang dari ikan cupang Giant bisa mencapai sepuluh sampai lima belas sentimeter. Ikan ini banyak hidup di sungai atau danau-danau di Thailand. Tubuhnya yang besar ini sangat cocok dijadikan aduan.

Selain karena tubuhnya yang besar, sifatnya lebih agresif lagi. Untuk harga, harganya lebih memukau dibandingkan dengan cupang biasa yaitu berkisar antara Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- per ekor.

Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang Double Tail

Sekilas bentuknya mirip dengan halfmoon atau ikan bulan sepotong tetapi namanya berbeda yaitu double tail. Bedanya dengan halfmoon ikan ini memiliki ekor yang terbelah, bercagak dua, atau ekor ganda yang menjadi karakteristiknya.

Ekornya memang menawan mata, tapi karakteristik pangkal sirip punggung dan sirip anal berbentuk sama rata. Untuk melihat cupang ekor ganda yang baik dan bagus Anda bisa melihat siripnya baik dari anal, kaudal, hingga dorsal yang tidak memiliki celah atau jarak.

Ketika ikan bergerak dan mengembang sempurna maka ia akan membentuk satu kesatuan lingkaran utuh yang simetris.

Variasi warna yang dimilikinya cukup beragam, di pasaran ia cukup langka sehingga harganya pun melambung. Yang lebih sialnya lagi, ikan cupang jenis ini adalah ikan yang termasuk sulit dibudidayakan.

Untuk harganya sendiri paling murah dibanderol dengan harga Rp100.000,- dan paling mahal mencapai harga Rp2.000.000,- per ekornya. Tergantung kualitasnya saat diadu, semakin jawara maka semakin mahal.

Ikan Cupang Fancy

Ikan Cupang Fancy

Siripnya memang tak besar seperti halfmoon tetapi warnanya sangat ramai dan cantik sehingga dinamakan dengan ikan cupang fancy. Jadi, bukan karena warnanya hanya kombinasi tetapi merupakan degradasi seperti lukisan.

Harganya jangan ditanya ya, Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkannya yaitu dari Rp100.000,- sampai Rp2.000.000,- per ekornya tergantung usia, ukuran, kecantikan, serta gerakannya.

Jika dijabarkan lagi, ikan cupang Fancy anakan dihargai Rp100.000,-, untuk yang dewasa sekitar Rp300.000,-, indukannya dijual dari harga Rp350.000,-, dan paling mahal cupang Fancy juara yang mencapai Rp2.000.000,-.

Ikan Cupang Kachen Warachai

Ikan Cupang Kachen Warachai

Harga ikan cupang ini sangat cantik bahkan bisa tergolon fantastis di dunia yaitu Rp20.000.000,- dan penjualan ini tercatat di Thailand. Dengan demikian, tak heran jika rekor penjualan ikan cupang termahal diraih oleh ikan ini.

Sebenarnya, nama ikannya bukan Kachen Warachai, ini adalah nama pemiliknya. Jadi, tahu kan dari mana asal nama ikan cupang ini? Corak warnanya yang mirip dengan bendera nasional Thailand-lah yang menyebabkannya bisa terjual begitu mahal.

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

Seperti yang disebutkan di atas tadi, ikan ini memiliki ekor yang simetris menyerupai bentuk setengah bulan sehingga ia pun populer dengan nama ikan cupang bulan setengah.

Ekornya yang berbentuk setengah bulan ini sangat cantik dan mempesona, pada saat ia bergerak pun ia akan memperlihatkan keanggunan. Namun, bukan hanya dari sirip dan ekornya saja yang menarik, keseluruhan bentuk tubuhnya memang menawan.

Cupang ini bisa digunakan untuk aduan maupun hias, warnanya tak kalah beragam. Dilihat dari sejarah keberadaannya, ikan ini adalah hasil perkawinan silang yang dilakukan pada tahun 1980-an oleh breeder asal Amerika Serikat bernama Peter Goettner.

Ikan cupang plakat halfmoon adalah salah satu spesies baru yang terbentuk dari kawin silangnya dengan cupang Plakat.

Sekitar sepuluh tahun yang lalu alias 2010-an ikan ini mulai masuk ke Indonesia dan langsung mendapat respons positif dari berbagai pecinta cupang. Di pasaran Indonesia pun ikan ini berkembang cukup pesat.

Di Indonesia, ikan ini lebih populer dengan nama Big Ear karena sirip ekornya yang besar.

Ikan ini  dibanderol dari harga Rp50.000,- hingga Rp500.000,- per ekornya. Bahkan ada yang sampai Rp10.000.000,- satu ekor cupang juara.

Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang Crown Tail

Jenis ikan cupang ini disebut juga dengan cupang serit karena ekornya yang khas seperti sisir atau jika ia tengah menunduk dan ekornya tegak akan terlihat seperti mahkota raja. Ada pula yang menyebut jika ekornya mirip layar yang sobek.

Untuk jenisnya ada dua yaitu serit tunggal dan serit ganda (double). Ikan ini asli dari Indonesia dan hasil persilangan breeder Indonesia. Ikan ini juga dikembangbiakkan langsung oleh peternak asli yang kebanyakan berada di daerah Slipi, Jakarta.

Keindahan ikan cupang serit ini sudah diakui dunia bahkan pernah diikutsertakan dalam pertandingan IBC atau international Betta congress. Harganya cukup terjangkau ya, dari Rp20.000,- sampai Rp300.000,- per ekornya.

Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer

Cupang slayer juga hasil persilangan dari cupang serit dengan halfmoon., Dari persilangan itu juga menghasilkan jenis baru, spesies baru ini sangat populer di kalangan anak sekolah.

Kebanyakan yang membelinya memang anak sekolah untuk diadu dengan Slayer milik temannya. Untuk harga, ia dibanderol dari harga Rp30.000,- sampai Rp300.000,- per ekornya.

Perbedaan Cupang Hias dan Cupang Aduan

Meskipun cupang aduan juga bisa menjadi cupang hias, nyatanya ada perbedaan di antara keduanya, yaitu:

Ikan Cupang Hias

Seperti golongannya, ikan ini dinilai dari keindahannya dan ditentukan berdasarkan bentuk, warna, gerakan, serta mentalnya saat menghadapi musuh. Detailnya perhatikan ciri-cirinya berikut ini:

  • Bentuk sirip dan ekornya menjumbai panjang dengan struktur tulang yang khas bentuknya.
  • Warna tubuhnya sedap dipandang, tidak kusam, dan memiliki banyak varian warna.
  • Gerakannya tenang dan anggun dengan kibasan-kibasan sirip yang mempesona.
  • Karakteristiknya yang khas akan terlihat saat ia melihat musuh atau tengah bercumbu yang menyebabkan ekor dan siripnya terkembang sempurna.

Umumnya yang termasuk dalam kategori ikan ini adalah dari spesies Betta splendens, untuk yang sering dilombakan umumnya ada serit, plakat, halfmoon, cagak, dan atau giant.

Ikan Cupang Aduan

Cupang golongan ini umumnya dibuktikan dengan kehandalannya dalam bertarung. Seperti yang dibeberkan sebelumnya, ikan hias belum tentu tidak bisa menjadi ikan aduan.

  • Tubuhnya kokoh. Ketebalan, lebar, lebar dan tingginya dari leher hingga ekor dan pada ujung ekor tampak mengecil.
  • Gerakannya agresif, gesit, serta anggun di waktu bersamaan.
  • Untuk melihat mental bertarungnya, umumnya cupang yang merupakan petarung tangguh akan menampakkan kesempurnaan ekornya yang mengembang kala melihat musuh.
  • Bibirnya tebal, terkatup rapat, dan jika dilihat dari atas maka terdapat bintik-bintik di bibir bagian bawah yang mencirikan gigi yang runcing siap merobek lawan.

Ada beberapa spesies yang dimasukkan dalam cupang aduan seperti Betta splendens, Betta mahachai, Betta imbellis, dan beberapa variasi cupang hasil persilangan.

Wah, selain cantik bentuk dan warnanya ternyata cantik juga ya harganya. Gimana, Anda tertarik untuk memelihara salah satu ikan cupang termahal di atas?

Baca Juga: Jenis Ikan Air Tawar

Siapa tahu ikan Anda bisa ikut kontes dan menyabet juara yang bisa menaikkan harga jualnya. Coba saja memeliharanya, tak terlalu sulit kok.

Tinggalkan Balasan