Ikan Mas Koki: Sejarah, Jenis, Hingga Cara Budidayanya

Siapa tak kenal dengan ikan mas koki, ikan yang memiliki warna menarik dan bentuk tubuh unik. Bagi pecinta ikan hias, hewan air dengan nama latin Carassius auratus  ini sangat populer. Selain muda di rawat, juga punya nilai cukup tinggi untuk diperjual belikan. Anda penasaran dengan ikan yang satu ini? Mari kuak informasi lengkapnya berikut!

Sejarah Munculnya Ikan Mas Koki

Sejarah Munculnya Ikan Mas Koki

Konon kabarnya ikan ini mulai dibudidayakan di China rentang tahun 960 masehi ke atas. Awalnya bentuk ikan kecil ini mirip dengan ikan mas pada umumnya, lalu karena mutasi yang terjadi sejak Dinasti Jin, akhirnya warna ikan dan bentuknya semakin beragam.

Keelokan dan kepopulerannya semakin meningkat ketika masa Dinasti Ming, karena saat itu ikan ini sudah boleh dipelihara masyarakat di dalam ruangan. inilah juga yang jadi cikal bakal ikan koki tidak bisa bertahan lama jika dibudidayakan di luar ruangan.

Baca Juga: Umpan Ikan Mas

Setelah terkenal di seantero China, pada tahun 1276 muncul varian unik dengan ekor ganda dan sangat diminati. Barulah pada tahun 1603 dia go internasional pertama kali di Jepang, yang kemudian ditandai dengan munculnya varietas khas Jepang yang dinamakan Tosakin dan Ryukin.

Sedangkan di kawasan Eropa, Ikan ini mulai dilirik oleh pecinta ikan hias pada tahun 1620, ketika muncul spesies dengan warna sisik keemasan yang dinilai sebagai lambang keberuntungan. Sedangkan di negeri Paman Sam dia baru dikenal pada tahun 1850.

Di Indonesia, ikan ini sudah mulai jadi idola sejak lama, terutama saat hadirnya spesies dengan karakter bulat, sirip panjang dan ekornya menjuntai. Bahkan orang Indonesia memiliki nama khusus untuk spesies tersebut yaitu maskoki.

Karakteristik Ikan Mas Koki

Karakteristik Ikan Mas Koki

Ikan yang satu ini memiliki karakteristik yang cukup unik, sehingga sangat mudah untuk membedakannya dengan jenis ikan lain. Apa saja karakternya?

  1. Pada bagian kepalanya terdapat bentuk menarik, ada sebagian yang daging pipinya menonjol, ada juga kepalanya yang menggembung. Seperti Oranda dan Ranchu yang terkenal karena hal tersebut.
  2. Ikan ini tergolong ikan yang tak memilih makanan, pelet buatan manusia akan dimakannya, begitu juga makanan alami seperti plankton. Tapi ikan ini tergolong sangat susah menyerap protein yang dicernanya.
  3. Siripnya sangat lengkap, mulai dari sirip ekor, perut, dada hingga dubur, dengan susunan yang rapi dan melindungi tubuhnya.
  4. Memiliki tubuh yang pendek dan cenderung gendut, sehingga terlihat sangat menarik dan beda dari ikan hias lainnya.
  5. Bagian iris mata ikan ini tidak bisa fleksibel tertutup dan terbuka, sehingga jarak pandangnya terbatas.
  6. Indera penciuman adalah andalannya untuk mencari makanan, hal ini diakibatkan fungsi mata yang tidak senormal ikan pada umumnya.
  7. Sisik semua jenis ikan mas koki tergolong unik dengan varian warna dasar berkisar antara hitam, merah, putih atau kuning.
  8. Telur spesies ikan ini hidup menempel pada benda di dalam air, dengan ukuran antara 0,7 milimeter hingga 1,5 milimeter.
  9. Ikan ini memiliki pigmen warna yang dipengaruhi cahaya, ketika dia berada di ruangan bercahaya maka warnanya akan terlihat maksimal. Sedangkan jika berada di ruang gelap maka warnanya akan cenderung kelabu.
  10. Ikan yang hidup di habitat alami bisa hidup maksimal 20 tahun, sedangkan ikan yang dipelihara dengan habitat buatan hanya bertahan maksimal delapan tahun.
  11. Ikan ini bisa hidup di dalam kolam dengan bagian permukaan beku, asalkan jumlah oksigen di dalam air masih mencukupi.
  12. Panjang maksimal dari ikan ini adalah 58,43 sentimeter dan bobot terberatnya adalah 4,5 kg.

Jenis Ikan Mas Koki

Dari sekian banyak jenis, ada beberapa yang unik karena kondisi matanya yang beda dari yang lain. mau tahu apa saja jenisnya?

Calico

Calico

Ikan ini punya lima warna dasar yang menarik yaitu perpaduan biru, hitam, putih, merah dan salah satu warna antara merah, oranye atau kuning. Karena dalam budidayanya sering dilakukan persilangan, maka warnanya semakin bervariasi, dan menjadi alasan menjadikan harganya mahal.

Lion Head

Lion Head

Keunikannya terletak pada bagian kepala yang diselimuti tudung. Awalnya ikan ini dikembang biakkan di China dengan ketahanan hidup hingga 15 tahun. Walaupun sangat mudah bergaul dengan jenis ikan lain, namun karena gerakannya sangat lambat mengakibatkannya sering sulit mendapat jatah makanan.

Sukiyu

Jenis ini tergolong mirip dengan pendahulunya Lion Head, namun bedanya terletak pada kumis di bagian mulut, serta warna yang lebih cerah diantaranya warna merah terang, atau perpaduan merah dan putih.

Bubble eye

Bubble Eye

Memiliki bagian mata yang besar ketimbang tubuhnya adalah ciri utama jenis ikan ini. hal itu menjadi penyebab gerakannya tak selincah jenis lain, namun merupakan salah satu jenis favorit pecinta ikan hias, karena terlihat unik, karena bagian kepala yang besar berpadu dengan bagian tubuh pendek dan berisi.

Ranchu

Ranchu

Merupakan varietas yang berasal dari Jepang dengan keunikan tudung di bagian kepala, dan warna keemasan yang mewah. Jenis ikan mas koki ini merupakan favorit di  berbagai negara seperti Thailand, Jepang hingga Indonesia, makanya perlakuan yang diberikan lebih detail dan hati-hati.

Harga Ikan Mas Koki Termahal Hingga Termurah

Harga Ikan Mas Koki Termahal

Menyigi harga ikan mas koki ternyata sangat bervariasi, sesuai dengan ukuran, jenis dan keunikannya. Harga termahal saat ini dimiliki oleh jenis Fancy Panda dengan bentuk bagian mata membulat dan kolaborasi warna hitam dan putih di seluruh bagian tubuhnya. Harganya mencapai Rp.100.000 untuk seekor ikan berukuran maksimal 10 sentimeter.

Di bawahnya menyusul jenis Oranda, Lion Head, Insang Keriting dengan harga berkisar Rp.50 ribuan untuk ukuran maksimal 10 sentimeter. Kemudian ada lagi jenis Tamasaba atau Macherel yang harganya Rp. 45.000/ ekor. Yang semuanya tergolong sangat unik dan tidak mudah didapatkan.

Sedangkan harga ikan mas koki termurah saat ini adalah Ranchu yang harganya kisaran Rp. 5000 hingga Rp. 10.000. Sebab jenis ini paling mudah ditemukan, sehingga tak butuh biaya mahal dalam proses pembudidayaannya yang mengakibatkan harganya murah.

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Kalau Anda tertarik untuk membudidayakan ikan hias yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghasilkan anakan berkualitas untuk dipelihara atau dijadikan produk bisnis. berikut ini penjelasannya.

Persiapan Sebelum Budidaya

Sebelum memulai budidaya, Anda harus memastikan beberapa hal diantaranya adalah lokasi budidaya yang harus bebas dari bencana banjir dan bencana alam lain, tidak ada pencemaran lingkungan. Pastikan juga kolam tidak jadi objek pemangsa seperti kucing, hingga burung.

Selain itu bentuk kolam harus mempertimbangkan posisi pintu masuk dan keluar air, kemudian ada spot untuk kubangan untuk mempermudah Anda saat melakukan panen ikan. Ketahanan dinding kolam terhadap tekanan air yang bisa terjadi, dan kemiringan kolam yang tepat agar mudah dibersihkan.

Budidaya

Untuk budidaya terbaik, pastikan Anda melakukan hal ini:

  • Ukuran kolam 2×2 meter yang sudah bersih dan diisi air hingga mencapai tinggi 30 centimeter, hal ini sama dengan persiapan pada jenis ikan mas hias
  • Gunakan air yang bebas zat kimia seperti air sungai murni, atau air pDAM yang sudah dinetralkan dari kaporit.
  • Siapkan media kakaban untuk menempatkan telur ikan, bisa dibuat dari ijuk dan bambu, atau tanaman air seperti enceng gondok dan ganggang.
  • Pilih indukan jantan berusia sekitar 7 bulan dengan gerakan sangat lincah, sedangkan ikan betina pilihlah yang sudah berusia sekitar 8 bulan
  • Lakukan pemijahan atau perkawinan, baik secara massal atau berpasangan pada kolam yang sudah disiapkan. Jangan lupa menempatkan kakaban di dalam kolam.
  • Masukkan tiga hingga empat pasang iklan ke dalam kolam setelah pukul 10.00 WIB. Lalu biarkan proses perkawinan terjadi.
  • Cek pada pagi hari berikutnya, dimana telur sudah melekat pada kakaban. Lalu pindahkan ikan jantan ke kolam induk.
  • Pastikan kolam tak terpapar sinar matahari langsung, karena akan membuat telur mati.
  • Telur akan menetas maksimal empat hari usai proses kawin. Biarkan bersama indukkan betina, dan berilah pakan moina sp atau mrutu di hari keempat dan seterusnya.

Perawatan Terbaik Ikan Mas Koki

Perawatan Terbaik Ikan Mas Koki

Untuk menghasilkan jenis jenis ikan mas koki terbaik, maka usai menetas maka Anda harus melakukan perawatan maksimal yaitu dengan cara:

  1. Memastikan pH lingkungan kolam antara 7-8. Sehingga ikan lebih mudah beradaptasi dengan kondisi air yang ada.
  2. Lakukan pergantian air secara bertahap, sehingga ikan tidak terkejut dengan perubahan air yang jadi habitatnya.
  3. Pastikan suku ideal di kolam berkisar antara 20-25 derajat celcius. Jika tidak sesuai akan berakibat pada pertumbuhan yang tidak maksimal bahkan kematian.
  4. Jangan menumpuk banyak ikan di dalam satu kolam, upayakan kepadatan ikan sangat rendah, sehingga proses tumbuh kembangnya tidak terganggu.
  5. Berikan makanan dengan nutrisi lengkap, salah satunya pelet yang komposisinya terdiri dari daging dan tumbuhan. Saat pemberian makanan jangan terlalu banyak, sebab sisa pelet akan menjadi sumber penyakit bagi ikan.
  6. Untuk anakan sebaiknya pemberian makanan dilakukan dua kali sehari, tepatnya pukul 09.00 dan 13.00. karena itulah jadwal makan terbaik dari ikan mas koki.

Penyakit dan Hama Yang Rentan Mengganggu Ikan Mas Koki

Anda harus mewaspadai penyakit yang sering dialami ikan ini, termasuk hama yang juga akan mengganggu proses tumbuh kembangnya seperti:

Penyakit

Penyakit yang paling sering ditemukan pada ikan mas koki adalah bintik merah, yang ditandai dengan terdapatnya bintik pada bagian tubuh ikan. Kemudian gerakannya lambat, dan sering menggosok tubuh pada benda yang ada di sekitarnya.

Untuk mengobatinya Anda bisa merendam ikan di dalam larutan garam dapur selama 10 menit dengan perbandingan maksimal 3 gram garam untuk 100 cc air. Bisa juga dengan direndam pada larutan 1 gram methylene blue dan 100 cc air selama maksimal 24 jam.

Baca Juga: Jenis Ikan Air Tawar

Itulah informasi lengkap seputar ikan mas koki, mulai dari sejarah, jenis ikan koki dan harganya hingga bagaimana cara merawatnya. Jadi kalau Anda berminat untuk mengoleksinya, pilih saja jenis terbaik sesuai yang Anda inginkan, lalu rawatlah dengan cara yang tepat agar keindahannya bisa dinikmati untuk waktu yang sangat lama.

Tinggalkan komentar