Jenis Ikan Air Tawar

Jenis Ikan Air Tawar

Diposting pada

Ikan air tawar di Indonesia sebagian besar dijadikan sebagai ikan hias dan sebagian lainnya dikonsumsi. Hal ini karena penjual ikan lebih banyak menawarkan ikan konsumsi dari air laut.

Dan masyarakat tampaknya lebih memilih ikan air laut karena kandungan gizi yang lebih banyak serta dagingnya lebih kaya rasa.

Ulasan berikut membahas berbagai jenis ikan air tawar yang menjadi ikan hias dan ikan konsumsi.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Memelihara ikan hias menjadi hobi segelintir orang. Dibanding ikan laut, para pecinta ikan hias lebih memilih ikan air tawar untuk dirawat dan dipelihara. Hal ini bukan tanpa alasan, merawat ikan hias air tawar lebih mudah serta tidak gampang terserang penyakit. Apa saja jenis ikan hias air tawar ?. Berikut ulasan lengkapnya.

Ikan Arwana

Ikan Arwana

Siapa yang tidak kenal dengan ikan hias mahal yang satu ini. Ikan arwana memiliki banyak peminat karena adanya kepercayaan atau mitos tentang keberuntungan yang bisa mendatangi pemilik ikan ini.

Ikan arwana juga memiliki tampilan yang menawan di dalam akuarium. Bentuk sisiknya yang besar dan tegas serta mampu memantulkan cahaya, warna yang menarik dan sifatnya yang aktif membuat orang jatuh hati pada ikan ini.

Sungut yang memanjang di bawah mulut ikan arwana menjadi ciri paling menonjol yang dimiliki ikan ini. Sungut tersebut membantu arwana mendeteksi mangsa yang berada di dekatnya.

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan hias populer kedua ada ikan louhan. Ikan louhan yang memiliki bentuk unik menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan ini. Keunikan yang dimiliki terletak pada benjolan pada kepala ikan. Benjolan yang dalam bahasa ilmiah disebut flowehorn menjadi penentu dari harga ikan louhan.

Semakin besar benjolan yang dimiliki ikan maka harganya juga akan semakin mahal. Warna ikan louhan yang cerah dengan motif bintik-bintik membuat ikan hias ini semakin menawan.

Ikan Koi

Ikan Koi

Ikan koi yang terkenal sebagai pembawa keberuntungan ini sangat populer di Jepang. Demikian juga di Indonesia, warna sisiknya yang unik dengan warna gelap hingga cerah menjadikan ikan hias ini sangat cantik berada di kolam atau akuarium.

Ikan koi lebih cocok dipelihara di dalam kolam dibandingkan di akuarium karena ikan ini terbilang sangat aktif.

Tidak hanya dijadikan ikan hias, ikan koi juga dijadikan ladang bisnis bagi pembudidaya ikan. Harganya yang fantastis membuat bisnis ikan koi punya prospek yang cerah kedepannya.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan Cupang sangat banyak dijumpai di pasar ikan hias dan diminati anak-anak karena sifat petarungnya. Ikan cupang bahkan memiliki kompetisi tersendiri yang biasa diselenggarakan di beberapa daerah.

Walaupun ikan ini berukuran mini namun tetap menarik dengan warna yang cantik dan beragam.

Ikan ini semakin menawan dengan rumbaian sirip dan ekor yang menjuntai dengan gerakan yang menawan. Ikan cupang banyak ditemukan di perairan sungai, waduk, rawa, danau, bahkan di sawah sekalipun.

Untuk memelihara ikan ini, anda tidak perlu akuarium berukuran besar cukup dengan toples kecil dengan aliran udara yang baik.

Ikan Koki

Ikan Koki

Ikan hias air tawar yang juga banyak diburu para pecinta ikan adalah ikan koki. Bentuk tubuhnya yang bulat dan pendek membuat siapapun bakal gemas dengan ikan yang satu ini.

Ikan hias yang berasal dari China ini memiliki beragam jenis dengan warna dan bentuk tubuh yang berbeda.

Harganya yang terjangkau membuat ikan hias ini digemari siapapun. Umur ikan ini terbilang cukup panjang. Bisa mencapai 6-7 tahun jika dirawat dengan baik.

Ikan Discus

Ikan Discus

Ikan discus cukup diminati para kolektor ikan hias karena bentuk tubuhnya yang sangat tipis dengan warna yang sangat cerah seperti kuning, hijau, merah, dan lain-lain.

Ikan yang berasal dari perairan Amazon ini mampu hidup di daerah tropis dengan suhu 25 – 30 derajat sehingga bisa beradaptasi di Indonesia.

Warnanya yang cantik dan cerah membuat ikan ini cocok dipelihara dalam akuarium. Ikan cantik ini memiliki gerakan yang pasif dan lambat diakibatkan karena habitat aslinya di sungai dengan arus yang tenang.

Ikan Guppy

Ikan Guppy

Ikan dengan nama latin poecilia reticulate ini berasal dari Venezuela dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi.

Jadi tidak heran kenapa ikan guppy mudah ditemui di perairan yang ada di Indonesia. Ukurannya yang mini dengan corak warna yang beragam pada sisiknya menjadi ciri khas dari ikan guppy.

Ikan ini sangat mudah dibudidayakan, sekali melahirkan ikan ini bisa menghasilkan anakan hingga 100 ekor.

Ikan Guppy adalah ikan yang aktif bergerak dan suka berkelompok. Dengan corak warna-warni ikan ini akan sangat cocok berada di dalam akuarium.

Ikan Manfish

Ikan Manfish

Ikan manfish atau yang biasa dikenal dengan angelfish cukup populer sebagai ikan hias. Bentuk tubuhnya yang kecil dan pipih dengan corak warna seperti hitam, silver, dan biru yang membentuk garis menjadikan tampilan ikan ini semakin unik.

Ikan ini cukup agresif dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Sehingga untuk memelihara ikan ini sebaiknya jangan ditempatkan bersama ikan kecil lainnya karena bisa menjadi mangsa bagi manfish.

Ikan Niasa

Ikan Niasa

Tidak jauh berbeda dengan corak ikan manfish, ikan niasa juga memiliki corak bergaris di sepanjang tubuhnya. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil dengan warna dasar putih, kuning, biru dengan corak garis hitam.

Ikan ini sangat lincah dan bisa sangat agresif. ikan ini dapat dipelihara dalam akuarium bersama ikan lainnya. Karakter kuat dari ikan ini, mampu mendominasi di dalam akuarium bahkan jika digabung bersama ikan yang lebih besar.

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar

Ada banyak jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Beberapa diantaranya sudah dibudidayakan karena tingginya permintaan konsumen.

Berikut daftar nama-nama ikan air tawar yang umum dikonsumsi.

Ikan Gurame

Ikan Gurame

Ikan Gurame umum dikonsumsi di Indonesia. Ikan dengan ciri khas bentuk badan yang lebar dan cukup besar serta sisik yang padat mudah dikenali di pasar ikan ataupun di swalayan.

Ikan gurame biasa dihidangkan di restoran dengan harga yang cukup mahal.

Para penikmat ikan sangat menyukai gurame karena memiliki daging yang banyak dan tebal serta rasa yang lezat.

Apalagi jika dipadukan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia.

Ikan Lele

Ikan Lele

Ikan lele juga sudah biasa dikonsumsi di negara kita. Bahkan di beberapa daerah tertentu seperti di Jawa, ikan ini sudah menjadi konsumsi lauk harian yang sering ada di meja makan.

Walaupun bentuk dan warna ikan ini tidak menarik. Tapi, daging yang tebal, duri sedikit, ditambah harganya yang murah membuat ikan ini jadi favorit orang banyak.

Olahan yang umum dijumpai dari ikan lele adalah digoreng dan dimakan bersama sambal dan juga lalapan.

Ikan Mujair

Ikan Mujair

Ikan konsumsi air tawar ini cukup dikenal di masyarakat karena kandungan gizinya yang tinggi. Ikan ini mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tinggi, juga protein, dan mineral seperti fosfor, selenium, serta kalsium yang baik untuk tumbuh kembang anak-anak.

Ikan mujair memiliki ciri warna hitam keabu-abuan dengan bentuk yang sedikit pipih. Ikan ini mudah dijumpai di pasar-pasar ikan tradisional dengan harga yang cukup ekonomis.

Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan konsumsi berikutnya, ada ikan mas. Ikan mas di beberapa daerah tertentu cukup jarang dijumpai. Ikan mas memiliki bentuk tubuh yang cukup besar dan melebar.

Ikan mas menonjol dengan bentuk sisiknya yang besar-besar dengan warna orange atau hitam keabu-abuan.

Olahan masakan berbahan dasar ikan mas yang biasa dijumpai yaitu gulai kepala ikan mas dan pepes ikan mas.

Baca Juga: Umpan Ikan Mas

Ikan Belut

Ikan Belut

Ikan belut kurang diminati beberapa orang sebagai lauk untuk dikonsumsi karena bentuknya yang mirip dengan ular. Ikan belut mudah ditemukan di perairan sekitar sawah.

Ikan ini juga sudah banyak dibudidayakan, mengingat karena harganya yang cukup mahal. Konsumsi ikan belut dipercaya dapat meningkatkan stamina, penambah darah, serta untuk pengobatan kanker.

Ikan Bawal

Ikan Bawal

Jika anda pernah melihat warna dan bentuk ikan piranha di TV, saat melihat ikan bawal pasti anda akan teringat dengan ikan piranha.

Ikan bawal yang berwarna abu-abu dengan warna orange di salah satu sisi tubuhnya membuat ikan ini mudah dikenali.

Ikan bawal diolah dengan cara dibakar dan dimakan bersama nasi hangat dan juga sambal.

Ikan Nila

Ikan Nila

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Dagingnya yang banyak dengan tekstur yang lembut jadi incaran para penikmat ikan.

Ikan nila tidak hanya sebagai sumber protein, ikan ini juga mengandung banyak kandungan gizi yang mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Ikan Patin

Ikan Patin

Di berbagai tempat makan dengan menu utama hidangan seafood tidak jarang anda akan menemui olahan ikan patin. Ikan yang masih satu kerabat dengan ikan lele.

Manfaat dari mengkonsumsi ikan patin yang cukup banyak menjadikan ikan ini semakin diminati. Diantaranya mampu menurunkan kolesterol, menyehatkan janin, mengoptimalkan fungsi otot dan juga tulang.

Ikan Bilis

Ikan Bilis

Ikan bilis yang memiliki ukuran kecil-kecil yang mirip ikan teri ini banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Biasanya ikan ini akan dikeringkan/diasinkan terlebih dahulu sebelum diolah menjadi suatu hidangan. Ikan bilis sangat populer di pulau Sumatra.

Dan olahan ikan ini sudah menjadi salah satu makanan khas orang Sumatera. Ikan bilis juga sering dijadikan Oleh-oleh khas Sumatera seperti sambal ikan bilis hingga kerupuk/rempeyek ikan bilis.

Ikan Belida

Ikan Belida

Mungkin bagi anda ikan belida kurang familiar sebagai ikan konsumsi air tawar. Ikan yang satu ini populer di Sumatera Selatan khususnya pada masyarakat sekitar Sungai Musi yang menjadi habitat asli ikan belida.

Ikan ini biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuatan kerupuk kemplang khas SumSel.

Selain itu, dulunya daging ikan belida diolah menjadi pempek yang kemudian diganti dengan daging ikan tenggiri. Ikan ini berbentuk pipih memanjang berwarna  abu-abu telah dibudidayakan karena populasinya yang hampir punah.

Itulah beberapa daftar jenis ikan air tawar yang layak konsumsi dan yang hanya berfungsi menghias akuarium dan kolam anda. Informasi tersebut semoga bisa menjadi bahan referensi dan menambah wawasan bagi pecinta ikan seperti anda.

Tinggalkan Balasan