Jenis Kucing Persia, Karakteristik & Harganya

Jenis Kucing Persia, Karakteristik & Harganya

Diposting pada

Siapa sih yang tidak mengenal kucing persia?

Hampir setiap orang sudah tidak asing lagi dengan kucing jenis ini, terlebih jika Anda pecinta kucing. Dan Tahukah Anda? Ternyata kucing persia memiliki beberapa jenis. Meski secara garis besar memiliki karakteristik sama, masing-masing jenis kucing persia ini memiliki keunikan yang berbeda-beda.

Secara umum, kucing persia ini memiliki karakteristik seperti boneka dengan badan yang yang besar dan diselimuti dengan bulu lebat. Kucing persia juga cenderung diam jika berada di dekat manusia, sehingga banyak orang menyukainya.

5 Jenis Kucing Persia

Nah, berikut adalah jenis jenis kucing persia yang dapat Anda temukan di Indonesia.

Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose

Tahukah Anda?

Kucing persia ini ternyata sangat populer di Amerika Serikat karena memiliki bentuk fisik yang unik dan sedikit berbeda dibandingkan kucing ras yang lain. Ukuran tubuh persia flatnose ini cenderung kecil dan pendek dengan bentuk kaki yang sedang. Meski begitu, kaki kucing ini tampak begitu kokoh dan juga kuat.

Dengan kaki yang kokoh dan kuat membuat kucing persia flatnose aktif untuk melakukan berbagai kegiatan seperti melompat.

Tak hanya itu, kucing persia ini larinya juga sangat cepat. Bahkan, tak jarang mereka juga memainkan berbagai perabotan dengan cara mengambil atau mencakarnya.

Jenis kucing persia ini memiliki ciri khas hidung yang tampak lebih kecil dan pesek. Saking peseknya, tinggi hidung kucing ini bahkan terlihat seolah sejajar dengan kedua matanya. Dengan hidung yang kecil dan pesek ini persia flatnose terlihat sangat lucu dan juga menggemaskan.

Tak hanya memiliki hidung mungil yang lucu, persia ini juga memiliki bentuk wajah cenderung kotak, sehingga kedua pipinya terlihat chubby. Kupingnya pun terlihat kecil meruncing dan antara kedua telinganya memiliki jarak yang cukup jauh.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Uniknya lagi, tubuhnya yang pendek dan bantet ini tertutup dengan bulu yang panjang.

Berkat keimutannya, persia flatnose ini memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan hingga mencapai lebih dari 5 juta rupiah. Rincian harga untuk kucing persia yang satu ini dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini.

 Usia

Status Vaksin

Harga

3 bulan Sudah divaksin Rp7.000.000,00 – Rp8.000.000,00
3 bulan Belum divaksin Rp5.000.000,00 – Rp6.000.000,00
6 bulan Sudah divaksin Rp11.000.000,00 – Rp12.000.000,00
6 bulan Belum divaksin Rp9.000.000,00 – Rp10.000.000,00

Nah, jika Anda berniat untuk memelihara hewan ini, berhati-hatilah saat hendak memberinya makan. Pasalnya, hewan ini sangat menyukai makanan.

Jadi, jika Anda terus memberinya makan bisa mengakibatkan obesitas dan tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan si kucing.

Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya

Macam-macam kucing persia yang lain yaitu persia himalaya. Sedikit berbeda dengan kucing persia flatnose, kucing persia himalaya memiliki hidung yang mancung. Kucing persia jenis ini juga memiliki rambut yang sangat tebal, panjang, dan memiliki warna yang unik.

Warna rambut persia himalaya membentuk suatu pola, sehingga kucing ini sering disebut kucing berpola colourpoint. Pada bagian hidung, wajah, telinga, ekor, atau ujung kakinya biasanya berwarna hitam atau coklat tua. Sementara bagian tubuh yang lainnya memiliki warna yang berbeda, seperti putih atau coklat muda.

Dengan pola warna rambut yang unik, mungkin sebagian orang sedikit bingung membedakan persia himalaya dengan persia siam. Padahal, dari kedua jenis persia ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok, meski sama-sama memiliki warna rambut berpola.

Rambut kucing siam cenderung tidak begitu lebat dan tipis, sedangkan rambut kucing himalaya cenderung lebih panjang dan lebat. Tak hanya itu, ekor persia himalaya juga cenderung lebih dibandingkan dengan ekor kucing siam.

Umumnya, jenis persia himalaya ini sangat tenang, jinak, tetapi juga manja. Maka dari itu, tak heran jika kucing ini sering tidur dan berada di dekat orang-orang yang menyukai kucing. Bahkan, kucing ini tidak suka berada di tempat yang ramai dan juga bising, sehingga Anda sebaiknya tidak membawanya ke keramaian.

Tak hanya benci dengan keramaian. persia himalaya juga terbilang tidak suka melompat atau memanjat-manjat, sebagaimana kucing yang lain. Anda pun tidak perlu khawatir lagi sebab tidak akan banyak perabotan rumah yang dirusak oleh kucing ini. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memeliharanya?

Untuk harganya sendiri cenderung lebih murah dan mungkin paling murah dibanding kucing persia jenis yang lain. Rincian harga kucing kucing ini akan disajikan pada tabel berikut.

Jenis Kucing Usia Harga
Himalaya jantan 11 bulan Rp1.000.000,00
Himalaya betina 2 bulan Rp650.000,00
Himalaya asli 2 bulan Rp1.000.000,00
Himalaya indukan 1 tahun Rp1.000.000,00
Himalaya sudah divaksin 1 tahun Rp2.500.000,00

Kucing Persia Medium

Kucing Persia Medium

Kucing persia jenis ini memang banyak ditemukan di Indonesia. Meski begitu, ternyata penggunaan istilah persia medium hanya digunakan di beberapa negara saja, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Negara-negara Eropa bahkan tidak mengenal istilah tersebut.

Jika persia flatnose memiliki hidung pesek dan persia himalaya berhidung mancung, kucing persia medium memiliki hidung yang terbilang nanggung.

Kok nanggung?

Iya, pasalnya hidung kucing ini memiliki ukuran yang medium, alias tidak pesek dan juga tidak mancung.

Dengan hidung seperti ini membuat kucing medium mudah untuk dibedakan dengan jenis persia lainnya. Nah, persia jenis ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu persia medium short hair dan long hair. Dari namanya, sudah jelas bahwa perbedaan kedua kucing ini berada pada kondisi bulunya.

Bulu persia medium long hair cenderung panjang, sedangkan bulu persia medium short hair cenderung lebih pendek. Meski memiliki panjang bulu yang berbeda, kedua bulu kucing ini sama-sama sangat lebat dan membalut tubuhnya yang kecil, sehingga tampak sangat menggemaskan.

Bahkan, bulu kucing ini merupakan yang paling lebat dibanding dengan yang lain. Tak hanya bulunya saja yang berbeda, kaki kucing ini juga cenderung lebih panjang.

Bentuk mukanya pun sedikit berbeda dan memiliki moncong yang berbentuk lebih runcing dari yang lain. Selain itu, telinga persia medium lebih besar dan terletak berdekatan.

Selain menggemaskan, ternyata pemeliharaan kucing ini juga terbilang mudah karena ia tidak rewel. Anda hanya perlu menyiapkan tempat yang aman dan nyaman saja bagi dia.

Untuk perihal harga, harga yang ditawarkan untuk kucing juga masih terbilang murah.

Nah, kira-kira berapakah harganya? Rincian harga jenis kucing persia medium ini dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Usia Status Vaksin Harga
1 bulan Sudah divaksin Rp1.000.000,00 – Rp2.000.000,00
1 bulan Belum divaksin Rp800.000,00 – Rp2.000.000,00
6 bulan Sudah divaksin Rp500.000,00 – Rp1.500.000,00
6 bulan Belum divaksin Rp500.000,00 – Rp2.000.000,00

Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose

Ada yang mengatakan bahwa semakin pesek kucing persia, semakin mahal pula harganya. Nah, salah satu kucing persia termahal yaitu persia peaknose. Hal ini disebabkan lantaran kucing ini memiliki hidung yang sangat pesek. Bahkan, harganya sendiri dapat mencapai hingga 12 juta rupiah. Mahal sekali bukan?

Jika dilihat sekilas, sebenarnya persia jenis ini cenderung hampir sama dengan persia flatnose. Hanya saja, hidung persia peaknose ini lebih datar, lebih kecil, dan pastinya lebih pesek. Jika persia flatnose sudah terlihat menggemaskan dengan hidungnya yang mungil, persia peaknose tentu akan lebih menggemaskan lagi.

Persia jenis ini memiliki dua jenis, yaitu persia peaknose ekstrim dan persia peaknose. Kedua jenis ini memiliki perbedaan pada bagian hidungnya. Jika persia peaknose sudah memiliki ukuran hidung yang kecil dan pesek, persia peaknose ekstrim memiliki ukuran hidung lebih kecil dan juga lebih pesek lagi.

Agar Anda dapat lebih mudah untuk membedakannya, sebaiknya Anda melihat kedua jenis kucing peaknose ini dari samping. Persia peaknose ekstrim jika dilihat dari samping akan terlihat sangat datar dan rata. Bahkan, di sana tidak nampak adanya tonjolan hidung di sana.

Dengan hidung yang sangat pesek dan badan yang gemuk tentu membuat kucing ini terlihat sangat lucu dan unik. Maka dari itu, tak mengherankan juga jika para pecinta kucing banyak yang ingin memeliharanya.

Nah, jika Anda hendak memelihara kucing jenis ini, berikut adalah tabel harga beberapa jenis kucing persia peaknose dari berbagai umur. Jangan terheran-heran meski masih kecil kucing jenis ini sudah dijual sangat mahal.

Usia Status Vaksin Harga
3 bulan Sudah divaksin Rp8.000.000,00 – Rp9.000.000,00
3 bulan Belum divaksin Rp6.000.000,00 – Rp7.000.000,00
6 bulan Sudah divaksin Rp12.00.000,00 – Rp13.000.000,00
6 bulan Belum divaksin Rp10.000.000,00 – Rp11.000.000,00

Kucing Persia Campuran Kucing Kampung

Kucing Persia Campuran Kucing Kampung

Siapa yang menyangka jika kucing persia campuran dengan kucing kampung ini juga dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis2 kucing persia. Kucing ini merupakan buah perkawinan silang antara kucing kampung dengan salah satu jenis kucing persia yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Anda dapat mengenali kucing jenis ini dengan mudah melalui bulunya, terlebih pada bagian ekor. Warna matanya pun sedikit berbeda. Biasanya, kucing hasil perkawinan silang ini akan memiliki mata berwarna kuning hitam.

Jadi, jika Anda menemukan kucing persia berwarna seperti itu, sudah dipastikan bahwa itu adalah kucing campuran. Karena bukan kucing persia asli dan merupakan hasil perkawinan silang dengan kucing kampung, harga dari kucing ini tentu tidak terlalu mahal.

Satu ekor kucing persia campuran ini dibanderol dengan harga 1 juta hingga 3 juta rupiah, tergantung jenis dan kondisinya. Meski memiliki harga murah, kucing dengan jenis ini tetap unik dan memiliki ciri khasnya sendiri.

Terlebih lagi jika kita melihat dua karakteristik berbeda yang diturunkan dari kucing persia dan kucing kampung. Tentu hasilnya akan sangat unik bukan?

Namun, saat Anda sudah memutuskan untuk memelihara kucing jenis ini, Anda harus sedikit ekstra dalam merawatnya. Perhatikan betul-betul kondisi kebersihan tubuhnya mengingat bulu kucing ini sangat indah. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan gizi dan mengajaknya ke dokter hewan setidaknya 6 bulan sekali.

Seperti yang sudah kita bahas, kucing persia ini memiliki 5 jenis yang berbeda. Ada persia himalaya, peaknose, flatnose, medium, dan juga persia campuran dengan kucing kampung. Masing-masing jenis kucing persia ini memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda. Harga jual masing-masing jenisnya juga berbeda pula.

Nah, itulah tadi informasi mengenai jenis kucing persia beserta karakteristik dan harganya. Dari beberapa jenis persia yang sudah disebutkan di atas?

Anda ingin memelihara jenis apa?

Baca Juga: Harga Kucing Hutan

Apa pun jenis persia yang Anda pilih, selalu rawat dengan baik jika Anda sudah memutuskan untuk memeliharanya.

Tinggalkan Balasan