Jenis Kucing

Jenis Kucing yang Ramah, Lucu dan Bersahabat

Diposting pada

Jika menyinggung hewan peliharaan lucu, menggemaskan dan paling digemari, tentu kucing akan menjadi salah satunya. Hewan berbulu satu ini difavoritkan oleh banyak orang, apalagi jenisnya cukup banyak sehingga bisa lebih leluasa dalam memilihnya.

Namun, dari sekian banyak jenis kucing, beberapa diantaranya sangat ramah dan dikenal bersahabat.

Jika Anda tertarik, maka Anda harus jeli mencari informasi seputar jenis jenis kucing dan harganya. Pasalnya, jenis dan harga kucing itu sangatlah bervariasi, dan selain itu pastikan pula Anda mengetahui cara merawatnya ya.

Jenis-Jenis Kucing yang Ramah, Lucu dan Bersahabat

Persia

Kucing Persia

Salah satu kucing yang banyak diidolakan oleh orang-orang ialah jenis kucing Persia. Sebenarnya kucing ini mempunyai wajah yang sedikit jutek dan tampak selalu bosan, namun perlu diketahui bahwa dia sangat sayang dengan pemiliknya.

Jangankan dengan pemiliknya, dengan orang yang belum dikenalnya pun dia akan bersikap sangat ramah.

Karakter kucing satu ini cenderung santai namun juga butuh perhatian. Jadi tidak heran bila si persia ini akan bersikap manja terutama jika sudah ditinggal dalam waktu yang lumayan lama.

Kucing persia ini sendiri masih terdiri atas beberapa jenis lagi yaitu peaknose, flatnose, persia medium, persia himalaya serta persia campuran kucing kampung.

Walaupun jenisnya berbeda-beda seperti itu, secara umum kucing persia masih menyimpan keistimewaan yang sama, yaitu ukuran tubuhnya yang cukup besar, wajahnya bulat, hidungnya juga tampak bulat, bulunya panjang, tidak begitu aktif dan penyayang.

Baca Juga: Kucing Himalaya

Mengenai harganya, tentu saja akan bervariasi menyesuaikan jenisnya.

Maine Coon

Kucing Maine Coon

Maine coon mempunyai fisik yang relatif besar dan bulunya panjang serta agak tebal. Namun coba lihatlah wajahnya, ekspresinya begitu menggemaskan.

Sebenarnya jenis satu ini sedikit agresif, namun begitu Anda berhasil menjinakkannya, dia akan berubah ramah bahkan aman bila didekatkan dengan binatang lainnya.

Alhasil, kucing satu ini juga bisa menjadi teman bermain untuk anak-anak. Maine coon ini sendiri mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya, tetapi dia takut akan ketinggian.

Dia juga tergolong cerdas dan suka mendapatkan perhatian. Bahkan setiap perhatian yang diterimanya akan direspon dengan suara ‘meong’nya.

Bila Anda tertarik untuk memeliharanya, maka harganya cukup bervariasi tergantung usia dan spesifikasinya. Namun Anda sudah bisa mendapatkannya dengan nominal uang yang dimulai dari Rp 5 jutaan.

Ragdoll

Kucing Ragdoll

Ragdol juga harus masuk dalam daftar pertimbangan untuk Anda yang menginginkan kucing yang baik, ramah serta bersahabat. Pasalnya, kucing ini mempunyai karakter tersebut, dan dia juga termasuk penyayang serta tidak suka merepotkan pemiliknya.

Terbukti dengan saat dia sakit, dia hanya akan bersikap kalem dan tidak berusaha menunjukkan sakitnya tersebut pada pemiliknya.

Ragdoll sendiri mempunyai tubuh yang cenderung besar, pipinya bulat dan cenderung suka mengejar serta mencari perhatian pemiliknya. Dia juga tergolong sebagai kucing yang mahal karena harganya sendiri mencapai angka jutaan rupiah.

Ragdoll juga termasuk kucing yang sangat suka digendong dan dipeluk, jadi tidak heran ya jika banyak yang menyukainya.

Russian Blue

Kucing Russian Blue

Sesuai dengan namanya, Russian Blue ini mempunyai bulu pendek yang warnanya abu-abu kebiruan. Bulunya juga tampak mengkilap dan matanya berwarna hijau yang cerah. Walaupun tampak selalu melotot, namun kucing satu ini sebenarnya ramah dan pemalu.

Jika belum kenal, dia akan bersikap hati-hati dan mengamati, namun begitu sudah merasa nyaman, dia ingin selalu dekat dengan pemiliknya serta selalu menjadi bagian dari berbagai hal yang dilakukan oleh pemiliknya. Jadi tidak heran juga jika si manis satu ini juga ingin berbagi tempat tidur.

Russian blue juga dikenal sebagai kucing yang introvert, namun sebenarnya dia hanya suka mengamati sebelum mengambil sebuah tindakan. Asalkan dia merasa nyaman, maka sifat aslinya yang ramah, lincah dan cerdas juga akan keluar.

Mengenai harganya, untuk russian blue yang asli mungkin baru bisa Anda bawa pulang setelah mengeluarkan dana sekitar Rp 40 jutaan.

Siamese atau Siam

Kucing Siamese

Jika membahas tentang jenis-jenis kucing yang mudah bergaul serta bertingkah layaknya anjing yang setia pada pemiliknya, jelas siamese harus diikutkan di dalamnya.

Bukan hanya setia, kucing ini juga terkenal peduli terhadap pemiliknya. Memang wajahnya tampak gelap, namun mereka mempunyai rasa ingin tahu yang besar.

Bulunya halus dengan warna putih dan keabuan. Namun, bulu tersebut mempunyai gradasi warna gelap – terang pada beberapa bagian tubuhnya seperti wajah, kaki dan ekor. Karakternya sendiri cerdas, suka bermain dan lincah.

Terlebih jika Anda tanggap terhadap apa yang dibutuhkannya, dia akan sangat menyayangi Anda.

Siamese mempunyai tubuh yang ramping dan ekor yang panjang. Suaranya juga lembut dan jika Anda berminat untuk memilikinya, maka Anda harus menyiapkan dana hingga puluhan juta rupiah.

Sphynx

Meski tampak ‘telanjang’, sebenarnya Sphynx mempunyai bulu yang sangat pendek dan halus. Akibat pendeknya bulu tersebut, kucing ini tampak sedikit menyeramkan, kulitnya seperti terlipat dan tubuhnya cenderung terlihat sangat kurus.

Meskipun demikian, kucing ini termasuk dalam jajaran kucing yang ramah, setia, penyayang dan juga aktif.

Bentuk kepalanya juga unik karena tampak seperti segitiga. Kepala ini cenderung kecil namun telinga dan matanya besar.

Walaupun terhitung kurus, sebenarnya tubuh si mungil ini cukup berotot loh. Anda bisa menjadikannya sebagai teman bermain karena kucing ini suka bermain.

Selain itu, dia juga suka berkeliaran dan mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Kucing ini juga termasuk kucing yang mahal karena keberadaannya cukup langka. Untuk Sphynx yang berusia 2 tahun dan berasal dari ras asli saja harganya sekitar Rp 20 jutaan.

Savannah

Kucing Savannah

Kucing savannah atau yang bisa disebut juga dengan sabana mempunyai tubuh yang besar, kuat dan juga berotot. Kucing ini tampak menarik karena mempunyai corak yang menyerupai macan tutul dan corak tersebut juga terkesan lebih halus.

Baca Juga: Harga Kucing Munchkin

Dia juga termasuk kucing yang aktif, gemar bermain, suka berinteraksi dengan manusia di sekitarnya dan cerdas.

Savannah sendiri lebih suka berkeliaran di luar rumah, oleh sebab itu Anda jangan mengurungnya di dalam kandang atau di luar rumah dalam waktu yang cukup lama ya.

Meskipun penampilan fisiknya terkesan sangar, namun savannah termasuk kucing yang setia sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan.

Savannah juga cenderung penurut dan pendiam.

Namun karena berbagai keistimewaannya itu, tidak heran jika kemudian savannah hanya bisa didapatkan dengan kocek yang banyak, yakni dimulai dari Rp 100 jutaan.

Anggora Turki

Kucing Anggora Turki

Angora adalah salah satu jenis kucing yang begitu populer di Indonesia. Angora sendiri terkenal akan kemolekan dan kecantikannya.

Bulunya panjang dan putih bersih, tubuhnya ramping namun berotot dan kepala serta telinganya seperti berbentuk segitiga.

Kucing ini juga mempunyai kaki yang jenjang dengan bulu ekor yang mengembang. Berbeda dengan kucing persia yang cenderung pesek, kucing angora justru memiliki hidung mancung yang semakin menambah keanggunannya.

Kucing ini juga lincah, aktif, cerdas namun penurut. Dia juga ramah, mudah beradaptasi, amat suka bermain bahkan suka ikut nimbrung dalam kegiatan yang dilakukan oleh pemiliknya.

Sementara untuk harganya dimulai dari angka Rp 1 jutaan.

Bengal

Kucing Bengal

Nama bengal yang disematkan pada jenis kucing ini seolah merujuk pada tampilannya yang seperti leopard.

Namun, walaupun penampilannya demikian, kucing yang juga biasa disebut sebagai kucing blacan ini termasuk hewan yang ramah dan jinak. Matanya hijau, tubuhnya panjang, otot tubuhnya kuat dan tampak gagah.

Bulunya juga sangat halus, pendek dan rapat yang warnanya didominasi oleh coklat dan hitam. Bengal juga termasuk kucing yang pemberani, aktif dan juga cerdas sehingga mudah untuk dilatih.

Uniknya lagi, kucing satu ini tidak takut terhadap air bahkan cenderung suka berenang.

Harga kucing bengal cenderung mahal yang dimulai dari angka Rp 7 jutaan. Bahkan untuk kucing bengal yang asli baru bisa didapat dengan dana sebesar Rp 40 jutaan.

Ashera

Kucing Ashera

Jika Anda termasuk orang yang alergi terhadap bulu namun ingin memelihara kucing, ashera bisa menjadi salah satu jawabannya. Pasalnya, ashera ini termasuk kucing yang hypoallergenic dan sulit menyebabkan alergi.

Selain itu, kucing satu ini juga mempunyai sifat yang mirip anjing seperti mempunyai rasa penasaran tinggi, mandiri, setia, protektif serta selalu ingin berdekatan dengan pemiliknya. Ashera juga termasuk kucing yang cerdas sehingga mudah diajari aneka jenis permainan.

Namun sayangnya harga ashera sangatlah mahal. Bahkan dia termasuk kucing yang paling mahal di dunia yang harganya menyentuh angka Rp 1,6 miliar.

Munchkin

Kucing Munchkin

Jika Anda suka dengan sesuatu yang mungil, maka kucing munchkin bisa dijadikan pilihan. Kucing satu ini mempunyai kaki yang cenderung kecil dan pendek, namun sangat enerjik dan juga aktif. Munchkin juga termasuk jenis yang mudah sekali berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Oleh sebab itu bisa dikatakan bahwa Munchkin suka berteman. Selain itu, munchkin juga suka bermain baik dengan anak-anak maupun dengan hewan yang lainnya. Dia pun sangat suka jalan-jalan dan cenderung memerlukan hal yang membuatnya tetap aktif.

Perawatan kucing munchkin cenderung mudah. Namun harganya juga cukup fantastis yang dimulai dari angka jutaan rupiah.

Kampung

Kucing Kampung

Nah, dari sekian banyak kucing yang lucu dan bersahabat, kucing kampung atau kucing domestik adalah salah satunya. Kucing ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai penjuru bahkan banyak diantaranya yang tanpa pemilik.

Jika sudah jinak seperti itu, maka kucing kampung pun bisa berubah ramah dan bisa Anda jadikan sebagai sahabat baik. Walaupun tidak sepopuler jenis yang lainnya, kucing kampung juga terdiri atas berbagai warna.

Kucing ini mempunyai kemampuan adaptasi yang baik.

Hebatnya lagi, para pemilik bahkan tidak akan direpotkan mengingat karakternya yang mandiri, cenderung tidak pilih-pilih makanan, tidak manja, mempunyai daya tahan tubuh yang baik bahkan sangat membantu mengatasi hama dalam rumah seperti tikus maupun serangga.

Scottish Fold

Kucing Scottish Fold

Seperti namanya, scottish fold ini adalah jenis kucing yang berasal dari Skotlandia dan mempunyai telinga yang terlipat ke arah depan. Bentuk telinga yang demikian ini tentunya menjadi ciri khas yang membuat jenis scottish fold sangat mudah dikenali.

Selain bentuk telinga yang unik itu, kucing jenis ini juga mempunyai posisi duduk yang khas, yaitu kedua kaki depannya berada di atas perut sementara kedua kaki belakangnya lurus ke arah depan. Lucunya lagi, kucing ini juga hobi sekali tidur dalam posisi yang terlentang.

Baca Juga: Jenis Kucing Hutan

Scottish fold adalah kucing yang aktif, ramah, mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan juga cerdas. Dia akan sangat menyukai pemilik yang selalu memberinya makan serta menemaninya bermain. Mengenai harganya, scottish fold bisa didapat dengan dana yang dimulai dari Rp 2 jutaan.

Itu dia berbagai jenis kucing dan harganya. Mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal, kira-kira Anda lebih menginginkan yang mana?

Tinggalkan Balasan