Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

Macam-Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

Diposting pada

Terdapat macam-macam jurusan kuliah dan prospeknya. Anda harus mengetahui secara rinci agar tidak salah memilih. Hal ini dikarenakan tidak sedikit mahasiswa yang kurang pengetahuan hingga akhirnya menyesal di kemudian hari.

Sebab, memilih jurusan dalam bangku kuliah juga akan mempengaruhi masa depan mahasiswa tersebut. Oleh karena itu, setiap individu dituntut untuk bisa membaca situasi dan kondisi masing-masing.

Mengenal Macam-macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

Macam-Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

Lanjut studi atau kuliah bukanlah sebuah kewajiban. Namun, ada banyak manfaat yang akan didapat. Dengan belajar di perguruan tinggi, kesempatan masuk ke dunia kerja pada level tinggi jauh lebih besar. Nah, di bawah ini akan dijabarkan berbagai program studi beserta prospeknya. Simak baik-baik!

Jurusan Biologi

Jurusan Biologi

Sepintas mungkin Anda tidak asing lagi mendengar jurusan ini. Biologi ialah ilmu dengan fokus studi mempelajari makhluk hidup beserta tingkah laku dan lingkungannya. Mata kuliah yang ditawarkan menarik mulai dari genetika, ekologi hingga embriologi. Bahkan, ada materi tentang anatomi di prodi tersebut.

Baca Juga: Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

Kuliah jurusan Biologi takkan merasakan bosan. Apalagi disertai praktik laboratorium bersama dosen. Lalu bagaimana dengan prospek kerja yang diberikan? Lulusan prodi ini dapat bekerja di berbagai tempat keren seperti LIPI, Puslitbang, dan tempat penelitian swasta.

Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi

Farmasi ialah ilmu yang mempelajari secara mendalam mengenai bagaimana pembuatan obat-obatan. Jika kuliah di jurusan ini, Anda akan belajar tentang kimia, biologi, fisika dan resep obat. Bahkan, mahasiswanya memiliki materi terkait cara membaca tulisan tangan dokter. Ini adalah hal menarik.

Jurusan ini memiliki prospek pekerjaan yang baik sebab selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Lulusannya bisa menjadi apoteker atau bekerja di industri makanan, kosmetika dan lembaga penelitian. Anda dapat membangun apotek sendiri jika suka menggeluti bidang farmasi sekaligus bisnis.

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

TI ini termasuk salah satu jurusan favorit anak muda. Di program studi Teknik Informatika mahasiswa diwajibkan studi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan komputer baik perangkat lunak maupun keras. Tidak hanya belajar teori, mereka bisa praktik langsung menggunakan media khusus seperti laptop.

Ada banyak pilihan saat lulus dari jurusan ini antara lain bekerja di Telkom, PLN dan Microsoft. Jika malas kerja kantoran serta memilih mengerjakan dari rumah, Anda bisa menjadi seorang programmer handal. Selanjutnya ada lagi prospek kerja yang menggiurkan yakni menjadi seorang Game Developer.

Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur

Arsitektur ialah salah satu jurusan paling bergengsi. Ada banyak hal menarik yang akan dipelajari di prodi ini. Salah satu materi perkuliahannya adalah mempelajari bagaimana membuat konstruksi ruang unik dan nyaman. Pembuatan model bahkan divisualisasi dengan kertas dibentuk seperti bangunan aslinya.

Bagaimana dengan prospek kerja jurusan Arsitektur tersebut? Anda ditargetkan menjadi arsitektur handal. Ada banyak proyek bisa dikerjakan mulai dari perumahan, gedung bertingkat hingga tempat umum. Pekerjaan itu banyak dilirik sebab hanya menggunakan kreativitas tinggi, lulusan prodi ini bisa memperoleh uang.

Jurusan Pertanian

Jurusan Pertanian

Dari namanya, mungkin Anda bisa sedikit menebak materi apa yang dipelajari di jurusan ini. Di Pertanian, mahasiswa belajar ilmu bercocok tanan serta perkembangannya. Selain itu, diajarkan mengenai agronomi dan ilmu tanah. Meski prodi tersebut dipandang sebelah mata, namun prospeknya sangat bagus.

Jika bercita-cita menjadi pegawai kantoran, Anda bisa bekerja di LPP, Departemen Pertanian dan BPPT. Namun, jika menginginkan mandiri, berusaha dalam bidang cocok tanam dapat menjadi pilihan bagus. Kini sangat jarang menemukan petani modern yang menggunakan cara kekinian. Kebanyakan masih bergaya konvesional.

Jurusan Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir

Ini salah satu jurusan yang cukup langka sebab tidak semua universitas memilikinya. Di Teknik Nuklir, Anda akan mempelajari mengenai proses fisik pada listrik. Materi perkuliahannya bervariasi mulai dari perancangan atom hingga pembuatan nuklir.

Para lulusan teknik ini tak perlu pusing mencari kerja di mana. Anda bisa mencoba peruntungan di PLN maupun lembaga-lembaga penelitian tentang nuklir. Dengan bekal pengetahuan cukup selama di bangku kuliah, mendapatkan pekerjaan tidak akan sesusah yang dibayangkan.

Jurusan Kimia

Jurusan Kimia

Anda menyukai pelajaran Kimia? Mungkin jurusan ini dapat dipertimbangkan. Materi yang dipelajari tidak jauh berbeda dengan saat di SMA, namun jauh lebih mendalam dan variatif karena SMA hanya mengenalkan teori dasarnya saja. Materi perkualiahannya antara lain kimia analitis, analitis serta organik.

Pekerjaan pasca lulus dari jurusan ini cukup banyak. Lulusannya bisa melamar ke industri makanan, tekstil, perkebunan dan kimia. Bahkan, tersedia pula lowongan di bidang perminyakan dan pertambangan. Apakah tertarik menjadi ahli kimia?

Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi

Astronomi ialah satu dari macam-macam jurusan kuliah. Sama seperti Teknik Nuklir, program studi ini cukup langka. Di perkuliahan akan dipelajari bidang-bidang astronomi mulai dari galaksi, bintang dan tata surya. Materi kuliah tentang benda-benda langit ini termasuk penerapan Fisika.

Ada banyak keunggulan menjadi astronomer. Di masa depan lulusan bisa melamar di observatorium dan lembaga penelitian. Prospek pekerjaannya memang tidak sebanyak jurusan lainnya. Namun, ilmu astronomi unik. Jika Anda sangat menyukai hal terkait dunia perbintangan, maka prodi ini sangatlah cocok.

Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran

Salah satu jurusan paling bergengsi di universitas ialah Kedokteran. Anda harus memiliki nilai yang cukup baik jika tertarik mengambilnya, Ada banyak hal akan dipelajari saat berkuliah antara lain patologi, anatom, biokimia dan mikrobiologi. Di sini, mahasiswa dibekali ilmu tentang bagaimana mengenali penyakit serta penyembuhannya.

Mengenai prospek kuliah di jurusan ini tak perlu dijabarkan lagi. Anda akan menjadi dokter dengan syarat melakukan koas dahulu. Lulusannya dapat bekerja di rumah sakit milik pemerintah maupun swasta. Anda juga bisa membuka praktek sendiri di rumah jika tidak ingin terikat.

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Ini merupakan jurusan dengan fokus ilmu tentang kesehatan masyarakat seputar perilaku tidak sehat, penyakit menular dan pelayanan lainnya. Jadi, fokusnya ialah sakit yang terjadi di lingkungan sekitar. Materi kuliah bervariasi antara lain kesehatan lingkungan, gizi, dan biostatistik.

Berbagai pekerjaan dapat dilamar oleh lulusan Kesehatan Masyarakat yakni konsultan kesehatan, peneliti dan instruktur. Tempat bekerja dapat bervariatif antara lain rumah sakit dan departemen. Anda juga bisa melamar di lembaga pendidikan atau menjadi seorang pendidik.

Jurusan Hubungan Internasional

jurusan hubungan internasional

Ini adalah salah satu jurusan yang diminati di Sosial Humaniora. Prodi ini akan mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mampu melakukan diplomasi dengan negara lain. Untuk bisa sukses kuliah di sini, Anda perlu meningkat kemapuan bahasa asing dan beradptasi.

Di sini ada banyak profesi bisa Anda yakni wartawan, peneliti, konsultan dan penyiar berita. Tamatan HI juga dapat menjadi diplomat. Ini merupakan salah satu incaran utama para lulusan yang telah menamatkan studinya. Jika menyukai hal berbau politik, silakan saja memilih jurusan ini.

Jurusan Arkeologi

Jurusan Arkeologi

Jurusan kuliah lainnya adalah yakni Arkeologi. Prodi ini cocok bagi yang senang berpetualang dan melakukan penelitian. Mahasiswanya akan dibekali ilmu mengenai sejarah beserta bebatuan. Selain mengajarkan teori, program studi tersebut memberikan praktik langsung dengan meneliti langsung.

Ada beberapa pekerjaan yang boleh Anda pertimbangkan yakni peneliti, arkeolog, penulis dan sejarawan. Selain itu, lulusan jurusan Arkeologi ini bisa berkarir di lembaga pendidikan atau ASN dalam instansi pemerintahan. Soal gaji tak perlu ragu karena pekerjan-pekerjaan tersebut mendapat gaji lumayan besar.

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi

Jika Anda ingin mengetahui macam-macam jurusan kuliah dan prospeknya, maka ini bisa dijadikan salah satu referensi terbaik. Jurusan Psikologi mempelajari perilaku manusia. Dapat dikatakan, program studi ini membekali mahasiswanya mengenai ilmu tentang jiwa dan cara menangani permasalahannya.

Materi perkuliahan yang diajarkan bervarisi dan unik seperi psikologi forensik, sosial, agama, dan kriminal. Prospek. Ada bebebrapa pekerjaan khusus tamatan jurusan ini antara lain Human Resource Development, Psikolog dan Konselor. Anda pun bisa menjadi pendidik jika meneruskan pendidikan S2.

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran

Apa yang terbayang saat mendengar jurusan ini? Mungkin Anda akan membayangkan setelan baju kerja rapi dan sepatu kerja mengkilat. Di prodi tersebut, mahasiswa dididik mengenai terkait administrasi suatu perusahaan. Pekerjaan itu memiliki prospek yang bagus dengan gaji menggiurkan.

Tamatan prodi ini bisa menjadi sekretaris baik di lembaga pemerintahan maupun swasta. Terlebih lagi para lulusan bisa melamar di perusahaan-perusahaan ternama di kota-kota besar. Dapat dikatakan, jurusan itu selalu dibutuhkan oleh kantor. Anda hanya perlu menyiapkan cv dan keahlian yang baik.

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan bahasa asing, ini bisa jadi pilihan paling tepat. Di sini ada banyak mata kuliah menarik seperti Creative Writing, mitologi, dan teori-teori budaya. Selain mempelajari Inggris hingga ke akar-akarnya, prodi tersebut juga membekali mahasiswa tentang pemahaman ilmu budaya.

Terdapat banyak pekerjaan yang bisa digeluti antara lain penulis, guru, tentor, wartawan, diplomat dan penerjemah. Anda dapat menyesuaikannya dengan passion. Jika suka menjelajah atau berpetualang, lulusan Sastra Inggris juga boleh melamar jadi pemandu wisata. Prospek yang sungguh menguntungkan, bukan?

Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi

Ada lagi jurusan dengan prospek menggiurkan yaitu Ilmu Ekonomi. Prodi ini menjadi incaran karena terkenal akan gajinya yang besar. Di sini akan diajarkan ilmu mengenai ekonomi negara baik mikro maupun makro. Pastikan keahlian berhitung Anda baik saat memutuskan belajar di program studi tersebut.

Mengapa banyak orang mengidamkan jurusan ini? Hal itu dikarenakan prospeknya yang menguntungkan. Ada banyak kerjaan dengan gaji besar antara lain akuntan, auditor, ekonom, dan pengajar bisnis. Selain itu, lulusannya dapat diterima sebagai pemeriksa keuangan.

Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum

Ada macam-macam jurusan kuliah dan prospeknya, salah satunya yakin Hukum. Program studi ini cocok untuk orang dengan passion lebih pada dunia hukum. Materi yang diajarkan bervariasi mulai dari teori-teori hukum hingga praktik di pengadilan. Anda yang suka dunia politik bisa langsung memilih ilmu tersebut.

Jurusan ini mempunyai prospek yang bonafit. Lulusan Ilmu Hukum dapat menjadi jaksa, pengacara dan hakim. Tidak terbatas di sana, Anda dapat berkarir menjadi seorang ahli hukum untuk organisasi maupun perusahaan-perusahaan ternama Indonesia. Selain itu, tamatan prodi ini bisa menjadi notaris.

Jurusan PGSD

Jurusan PGSD

PGSD ialah singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kini tidak semua lulusan S1 dapat menjadi guru SD. Telah ada prodi khusus yang mengampunya. Materi yang diajarkan adalah mata pelajaran SD dari kelas 1 hingga kelas 6. Selain itu, mahasiswa akan dibekali ilmu pendidikan dan ketrampilan lainnya.

Mengenai prospek, mayoritas dari jurusan ini menjadi seorang guru. Anda yang berhati mulia ingin mencerdaskan bangsa bisa memilih profesi tersebut. Tempat berkarir selalu ada sebab guru selalu dibutuhkan baik di lingkungan sekolah negeri maupun swasta. Bagaimana? Tertarik menjalani pahlawan tanpa tanda jasa?

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ini bisa Anda jadikan pilihan sebab komunikasi selalu digunakan dalam dunia kerja. Materi perkuliahan Ilmu Komunikasi antara lain mengenai media komunikasi dan jurnalistik. Anda yang suka berkomunikasi bersama orang lain tanpa canggung mungkin akan cocok sekali dengan prodi ini.

Prospek kerja yang ditawarkan sungguh menarik. Lulusan Komunikasi dapat menjadi presenter, wartawan, travel blogger, public relation dan redaktur. Anda yang tertarik berkarya secara online bisa mencoba menjadi seorang YouTuber. Dengan kemampuan bicara handal, diharapkan bisa berkarir di segala tempat.

Jurusan Tata Busana

Jurusan Tata Busana

Salah satu jurusan kuliah yang bisa Anda pilih adalah Tata Busana. Di prodi ini mahasiswa dibekali ilmu bagaimana merancang busana mulai dari pakaian anak, remaja hingga dewasa. Selain busana, mereka juga akan diajari membuat aksesoris fashion lainnya seperti kalung, cincin dan gelang.

Tak hanya diharuskan memahami teknik cara membuat baju yang baik dan benar, mereka juga harus kreatif dan mampu memperhatikan detail. Lulusan Tata Busana ini biasanya menjadi Fashion Designer sekaligus memiliki butik sendiri. Ada juga prospek kerja lainnya yakni jurnalis, marketing dan fashion buyer.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV ialah salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk orang-orang kreatif. Materi perkuliahannya sangat menarik. Salah satunya, Anda harus mempu memindahkan pesan tertulis ke media visual. Di sini akan dipelajari lebih mendalam bagaimana menuangkan ide-ide dalam sebuah karya.

Terdapat banyak pilihan pekerjaan untuk sang kreator antara lain animator, fotografer, desainer grafis dan web designer. Apabila tak ingin kerja di luar rumah, Anda tetap bisa menjalankan usaha dengan menjadi seorang freelancer sejati. Waktu lebih fleksibel, uang pun tetap masuk ke rekening.

Jurusan Kearsipan

Jurusan Kearsipan

Jurusan ini termasuk sepi peminat. Padahal, prospeknya sungguh besar. Di Kearsipan, mahasiswa akan belajar bagaimana memilah dan menata dokumen. Selain itu, diajarkan pula mengenai pelaporan analisis arsip. Terdapat banyak macam arsip sehingga penangangannya pun tidak sama.

Jurusan ini sangat dibutuhkan negara. Pekerjaan yang bisa dilamar yaitu arsiparis di lembaga pemerintahan dan swasta. Itu merupakan peluang yang baik dan memberikan gaji fantastis. Anda juga dapat berjung menjadi ASN sebab setiap pembukaan hampir selalu membutuhkan bidang kearsipan.

Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah

Bagi sebagian orang, sejarah ialah hal yang menarik untuk dipelajari. Betapa tidak, ilmu ini mempelajari lebih mendalam mengenai kehidupan di masa lampau. Meskipun sebagian orang menganggap jurusan ini kurang berprospek, namun sebenarnya ada banyak pekerjaan dengan gaji cukup tinggi.

Pekerjaan yang bisa dipilih antara lain dosen, guru, ilmuwan, sejarawan, dan peneliti. Sebagai lulusan Sejarah, Anda juga dapat menjadi penulis buku atau pembuat skenarion film bersejarah. Bagaimana? Apakah tertarik untuk menekuni pekerjaan keren?

Baca Juga: Macam-macam Jurusan Manajemen

Itulah macam-macam jurusan kuliah dan prospeknya yang harus diketahui. Setiap prodi memiliki prospek kerja keren denga gaji berjenjang. Anda hanya perlu menemukan passion sebelum mantap memilih program studi tersebut. Semoga sekilas info di atas dapat bermanfaat.

5 thoughts on “Macam-Macam Jurusan Kuliah Dan Prospeknya

  1. Permisi Kak.
    Saya mau minta saran.
    Saya anak IPA tapi agak sulit dalam materi Matematika, Fisika, dan Ekonomi. Saya sebenarnya bisa hanya saja tergantung dari gurunya. Saya juga suka tentang hal mengenai dunia, luar angkasa, sejarah, dan termasuk masalah kesehatan dan penyakit seperti kedokteran. Dari kecil Saya selalu ingin menjadi Pramugari karena Saya memiliki tinggi badan 170 cm tetapi Saya memiliki masalah penglihatan karena Saya minus 3. Saya juga menyukai Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya. Saya menyukainya karena rasa ingin tahu Saya melalui novel-novel yang Saya baca.
    Maka dari itu Saya ingin meminta saran jurusan kuliah apa yang mungkin bisa Saya tekuni.

    Mohon bantuannya. Terimakasih.

  2. yang paling anda sukai sekiranya anda mampu bertahan dan konsisten,,,,jangan terpacu kedepan mau jadi apa tapi bagaimana bisa sukses kedepannya,,,,karena banyak yang terpacu mau jadi apa sehingga gk sampe lulus udah berhenti dulu ,,,pada intinya mana yang paling anda sukai dan kuasai dan ikut pada passion anda,,,,dan yang pasti kosult ke guru dan orang tua

    menurut saya

  3. Assalamualaikum kak saya anak IPA tapi kurang di matematika dan fisika
    Saya bingung mau memilih jurusan yang tepat saya ingin mengambil jurusan Administrasi Perkantoran tapi orang tua menekan untuk mengambil jurusan kedokteran/teknik
    Saya juga suka membuat coretan dalam hal narasi untuk menuangkan imajinasi saya sempat terpikir ingin mengambil ilmu sastra dan sejenisnya tapi saya ingin realistis mengambil jurusan perkuliahan soalnya pikiran saya nanti bagaimana jika saya sudah sarjana dan menjadi pengangguran

    Mohon bantuannya dan sarannya kak🙏🏻. Terima kasih

  4. Assalamualaikum
    Saya mau minta saran nya
    Saya anak IPA tapi saya suka seni khususnya bidang menggambar sejak kecil dan juga pengusaha,saya suka dengan hal baru
    Kemungkinan saya ambil jurusan apa ketika kulia

Tinggalkan Balasan