Jurusan Kuliah Yang Bagus Untuk Wanita

Jurusan Kuliah Yang Bagus Untuk Wanita
15Mei, 2020

Untuk mencapai cita-cita, memilih jurusan kuliah yang bagus untuk wanita yang tepat adalah satu-satunya cara menuju pencapaian tersebut. Namun, kaum Hawa memang harus melalui banyak pertimbangan untuk menentukan sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Bagus Untuk Wanita

Tidak dapat dipungkiri bahwa memilih jurusan kuliah secara tepat dapat menentukan kehidupan Anda ke depannya. Karena hal ini sangat mempengaruhi kesanggupan dan kesiapan untuk menjalani pendidikan yang tidak sebentar. Untuk kau Hawa, berikut rekomendasi terbaiknya:

Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran memang sangat cocok untuk wanita, karena memiliki tingkat kepeduliannya yang relatif lebih tinggi dibanding pria. Kemudian juga baik sebagai tempat berkeluh kesah dan dapat memberikan solusi kepada setiap permasalahan penyakit pasien.

Baca Juga: Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

Kehandalan komunikasi wanita inilah dapat membangun kondisi kondusif dan tenang bagi pasien. Selain itu, dalam mengamati sesuatu yang detail seorang perempuan memiliki ketelitian lebih dibanding pria sehingga sangat cocok dalam bidang ini.

Jurusan Desain Interior

Jurusan Desain Interior

Apabila Anda yang memiliki kemampuan mendesain sesuatu, jurusan kuliah terbaik untuk wanita ini akan sangat cocok sebagai pilihan. Kecintaan terhadap seni dapat membuat lebih nyaman menerima pendidikan dan mengaplikasikannya di lingkungan pekerjaan masa mendatang.

Selain itu lapangan pekerjaan ini juga sangat menjanjikan karena gaji yang di tawarkan cukup besar sehingga tak heran jika banyak wanita memilihnya sebagai tujuan hidup. Namun memang tak mudah masuk ke jurusan desain interior karena saingannya cukup banyak.

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi

Seorang wanita memang cukup hebat dalam berkomunikasi dengan orang lain dan mampu memberikan kenyamanan dan penyelesaian masalah. Kehandalan inilah yang membuat perempuan lebih cocok ditempatkan pada bidang tersebut.

Di jurusan psikologi ini Anda akan mendapatkan pengajaran mengenai cara memahami ilmu jiwa seseorang secara jelas dan bagaimana setiap pasien tersebut memerlukan solusi terbaik untuk kelanjutan hidupnya. Karir yang dapat dimasuki adalah psikolog, bagian HRD atau staf ahli. .

Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pangan

Jurusan yang cocok untuk perempuan adalah Jurusan Nutrisi lumayan diminati oleh calon mahasiswi, karena pada umumnya rata-rata wanita memiliki sifat melindungi yang tinggi. Maka, mereka kebanyakan lebih suka membuat kondisi nyaman bagi orang sekitarnya terutama keluarganya.

Jurusan nutrisi ini mempelajari bagaimana membuat suatu hidangan yang sesuai kebutuhan sehingga gizi setiap orang dapat terpenuhi secara sempurna. Profesi tersebut biasanya dibutuhkan di setiap rumah sakit dan di bidang keolahragaan atau atlet.

Jurusan Manajemen Personalia

Jurusan Manajemen Personalia

Jurusan manajemen personalia identik dengan pengorganisasian, perencanaan dan pengawasan. Walaupun kebanyakan laki-laki yang menempati bidang ini, tapi ternyata wanitapun tak mau kalah ingin mencobanya.

Tak sedikit wanita berhasil menempati divisi ini dan mampu meraih jabatan tinggi di perusahaan sehingga memiliki gaji yang cukup besar. Maka dari itu, banyak calon mahasiswi mengambil jurusan manajemen personalia untuk mencapai kesuksesan masa depannya.

Jurusan Desain Fashion

Jurusan Desain Fashion

Dunia wanita memang tidak dapat dijauhkan dari fashion. Jadi bagi Anda yang suka dan memiliki bakat di bidang seni, maka jurusan desain ini sangat cocok untuk mengembangkan kemampuan dalam melahirkan suatu trend mode.

Selain itu, perempuan memiliki kecenderungan ketelitian tinggi sehingga sangat cocok mengasah kemampuannya di jurusan kuliah yang bagus untuk wanita ini. Dengan begitu, mampu menciptakan model baju berkualitas dan berseni.

Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan Ilmu Keperawatan

Perkuliahan ini memang banyak dimintai oleh para wanita karena perempuan cenderung lebih telaten merawat orang dibanding laki-laki. Dengan mengikuti studi keperawatan, Anda dapat mempelajari teknik-teknik kesehatan terkini dan cara mengurus pasien.

Lulusan ilmu keperawatan banyak dibutuhkan di rumah sakit sehingga untuk peluang kerjanya cukup besar dan menjanjikan. Jadi tak heran jika sekarang, tidak hanya wanita saja yang antusias memasuki jurusan ini bahkan para laki-lakipun lumayan banyak.

Jurusan Pendidikan Tata Rias

Jurusan Pendidikan Tata Rias

Jika menyukai bidang tata rias, Anda dapat mendaftarkan diri untuk masuk ke sana. Karena suatu hal yang disukai maka akan lebih enjoy menjalani setiap tahapan perkuliahannya. Maka, menggali potensi diri dan keinginan diri adalah penting dalam memilih jurusan.

Memang tak akan bisa memisahkan antara wanita dengan tata rias karena dalam kehidupan sehari-harinya selalu menggunakannya dan mengaplikasikannya, jadi jurusan ini memang sangat cocok untuk perempuan.

Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi

Pasti Anda sering mendengar profesi ini di setiap perusahaan yang mengurus masalah keuangan. Lulusan jurusan akuntansi cukup sering dicari, karena suatu instansi pasti membutuhkan seorang untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Hal inilah yang membuat jurusan ini sangat cocok untuk perempuan karena butuh tingkat ketelitian tinggi agar tak ada kesalahan penginputan. Maka jangan heran jika profesi akuntansi kebanyakan dipegang oleh seorang wanita.

Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan

Jurusan satu ini memiliki syarat khusus yang tidak ditemui pada studi lain yaitu hanya untuk perempuan. Hal ini disebutkan secara jelas dalam Peraturan Kementerian Kesehatan nomor 28 tahun 2017. Maka sudah pasti kebidanan memang sangat cocok bagi wanita.

Pada jurusan kebidanan, mahasiswi akan mempelajari teknik-teknik proses persalinan beserta seluruh tahapan kehamilan hingga perawatan bayi yang baru lahir. Maka dari itu, hal ini sangat cocok untuk wanita karena sesuai dengan sifat telaten dalam mengurus orang di sekitarnya.

Jurusan Ilmu Administrasi

Jurusan Ilmu Administrasi

Lulusan ilmu administrasi menawarkan karier yang cukup beragam seperti bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, Tata Usaha, Sales, Produk Manager atau Konsultan Pajak. Karena jobdescnya memerlukan ketelitian tinggi maka sangat cocok untuk wanita.

Peluang kariernya lumayan menjanjikan, melihat hal ini tentu membuat banyak mahasiswi melabuhkan hatinya pada jurusan Ilmu Administrasi. Keterampilan yang telah diperoleh di bangku perkuliahan dapat digunakan sebagai modal untuk dijalankan pada dunia pekerjaan.

Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi

Jurusan kuliah terbaik untuk wanita satu ini memberikan peluang bagi para calon mahasiswi untuk mempelajari ilmu obat-obatan. Dengan begitu, nantinya akan diaplikasikan secara baik pada dunia pekerjaan dengan cara membuat racikan berdasar resep dokter.

Studi yang satu ini memerlukan ketelitian tinggi agar tidak terdapat kesalahan meracik obat, maka dari itu sangat cocok untuk wanita. Jadi jika Anda ingin mencoba kuliah di bidang kesehatan namun tak ingin berkaitan dengan perawatan, maka pilihlah jurusan Farmasi.

Jurusan Pendidikan Guru TK

Jurusan Pendidikan Guru TK

Hati seorang wanita pasti sangat tulus terhadap anak kecil, maka jurusan ini memang sangat pas untuk perempuan. Lulusan Pendidikan Guru TK akan bekerja sebagai pengajar di Taman Kanak-Kanak, jadi memang sudah memiliki karir yang pasti.

Jadi semua ilmu yang didapatkan di bangku kuliah langsung dapat di aplikasikan kepada seluruh siswa TK, mulai dari mendidik, berinteraksi hingga mengajari. Dalam profesi ini peranan paling utama adalah ketelatenan.

Jurusan Pertanian

Jurusan Pertanian

Pada jurusan Pertanian, mahasiswi dapat mempelajari secara detail mengenai teknik proses bercocok tanam dilengkapi dengan seluruh perkembangannya. Di dalamnya juga akan diberikan berbagai ilmu mengenai komponen-komponen yang terkait seperti ilmu tanah dan agronomi.

Jenjang karier jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita ini juga beragam, jika Anda ingin bekerja kantoran maka bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil. Tapi apabila berencana berbisnis secara mandiri maka dapat melakukan cocok tanam dengan modal sendiri.

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika merupakan jurusan yang diidam-idamkan para calon mahasiswa. Maka bisa dilihat pada passing grade pasti sangat banyak peminatnya, namun kuota penerimaan tidak sebanding. Hal ini dikarenakan setiap tahun selalu jadi bahan rebutan oleh peminatnya.

Program studi ini mempelajari teknik-tenik komputer yang berkaitan dengan perangkat lunak dan keras. Di masa perkuliahannya juga dilakukan praktek langsung menggunakan PC atau laptop agar lebih mudah memahami dan mengaplikasikan teori.

Jurusan Hukum

Jurusan Hukum

Jika bercita-cita ingin bekerja di bidang hukum, maka jurusan ini sangat cocok untuk Anda. Jenjang karier yang ditawarkan juga cukup jelas, semua berkaitan dengan penanganan tindak pidana baik dalam bisnis, dagang dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Beasiswa

Jurusan Hukum juga mempelajari beragam tindakan pidana untuk menegakkan keadilan. Studi ini cocok bagi wanita energic, kritis dan suka keseruan karena di dalamnya banyak undang-undang yang harus dihafal dan dipahami.

Jurusan Peternakan

Jurusan Peternakan

Sama halnya dengan pertanian, peternakan ini juga merupakan ilmu yang mempelajari perkembangan cara-cara dalam membesarkan hewan sehingga dapat diambil hasilnya sesuai standart, baik daging, telur, kulit dan sebagainya.

Selain itu mahasiswa juga akan menguasai cara perkembangbiakannya, membuat pakannya juga memasarkannya. Jurusan ini cocok untuk wanita karena pada dasarnya setiap perempuan pasti memiliki rasa kasih sayang hingga ternaknya dapat besar dengan baik dan memberikan hasil.

Jurusan Seni Rupa

Jurusan Seni Rupa

Apabila menyukai berbagai hal tentang kesenian dan sering membuat kreasi-kreasi menarik, maka jurusan ini sangat cocok untuk Anda. Pada program studi Seni Rupa akan dipelajari berbagai cara penciptaan kreatifitas dalam beragam bentuk.

Kuliah akan terasa menyenangkan karena sesuai dengan kesukaan dan fokus Anda selama ini. Untuk jenjang karier yang ditawarkan cukup bermacam-macam tergantung tujuan, bisa ikut di bawah suatu perusahaan atau menggunakan modal pribadi sebagai pengusaha mandiri.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Pasti pernah mendengar jurusan ini? Karena memang Ilmu Komunikasi cukup populer di telinga. Bagi Anda yang memiliki tujuan ingin bekerja di bidang media, marketing, Public Relations dan periklanan bisa langsung mendaftarkan diri di kampus penyedia program studi tersebut.

Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan cara manusia dalam berinteraksi kepada sekitarnya, maka bisa dikatakan bahwa jurusan ini memang pas untuk wanita karena pada umumnya perempuan lebih peduli sekelilingnya.

Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga

Setiap wanita pasti suka memasak. Nah, saat ini sudah ada jurusan yang mempelajari secara detail mengenai kuliner. Jadi Anda gemar melakukan kreasi makanan, mungkin bisa mendalaminya dengan cara mengambil program studi Tata Boga.

Tak dapat dipungkiri bahwa Tata Boga merupakan jurusan kuliah yang bagus untuk perempuan. Lulusan dari program studi ini bisa menjadi koki, bartender, barista, chef, baker dan profesi lain berkaitan dengan kreasi masakan.

Jurusan Perhotelan

Jurusan Perhotelan

Perhotelan merupakan jurusan yang mempelajari manajemen hotel, meliputi aspek wisata serta pelayanan agar para pelanggan dapat merasakan kepuasan. Kemudian juga berkaitan dengan pelestarian budaya lokal dan memperkenalkannya hingga ke mancanegara.

Selain hal di atas, jurusan ini juga akan membekali Anda dengan bahasa internasional agar perluasan pengenalan budaya lokal dapat benar-benar tercapai. Jadi jika ada turis mancanegara dapat mudah memberi mereka pelayanan terbaik.

Jurusan Public Relation (PR)

Jurusan Public Relation

Seperti yang banyak orang ketahui program studi Public Relation memiliki alur tujuan menjadi seorang pembaca berita dan host. Bidang ini berkaitan dengan segala aktivitas berbicara di muka umum sehingga harus memiliki kepercayaan diri tinggi.

Sebenarnya profesi Public Relation cukup berat karena mampu memegang rahasia perusahaan agar reputasinya tidak mengalami penurunan. Sebab ini dianggap dapat menguasai seluruh audience secara baik.

Jurusan Pemasaran

Ilmu pemasaran memang dapat diperoleh secara otodidak, namun jika Anda pelajari dengan benar maka pasti hasilnya lebih baik dari yang hanya sekedar mengetahuinya dari belajar sendiri. Maka memilih program studi ini tidaklah merugikan.

Lulusan program studi pemasaran memiliki peluang kerja yang sangat besar karena memang dibutuhkan sekali oleh setiap perusahaan untuk mengembangkan bisnis kedepannya. Jadi bisa dibilang profesi ini merupakan pemegang utama kesuksesan.

Jurusan Sastra

Jurusan Sastra

Bagi Anda yang suka sastra, jurusan ini merupakan pilihan tepat. Karena didalamnya mempelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan penyusunan kata-kata hingga dapat menghasilkan kalimat menghibur, menyenangkan serta mendidik.

Apabila Anda suka menulis dan membaca dongeng, puisi hingga cerita pendek, maka jurusan ini memang sangat cocok untuk Anda. Untuk jenjang karier, biasanya rata-rata lulusan Sastra banyak yang menghasilkan buku, novel dan lain-lain.

Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan jurusan yang mempelajari bahaya yang bisa terjadi pada saat bekerja. Jadi bagaimana cara meminimalisir resiko agar pekerja dapat tetap aman dan jauh dari kecelakaan.

Jurusan ini cocok untuk wanita karena perempuan lebih teliti sehingga tidak ada lagi bahaya yang dapat terjadi. Lulusan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja cukup banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar.

Jurusan Statistika

Jurusan Statistika

Statistika adalah jurusan yang mempelajari cara pengolahan data yang benar sehingga dapat dianalisa secara baik. Jadi dengan begitu, nantinya dapat diambil sebuah kesimpulan dan keputusan dari hasil tersebut.

Namun jika pengambilan data tidak benar maka analisis tidak dapat dilaksanakan. Maka dari itu, apabila wanita yang memegang posisi ini, kemungkinan kesalahan adalah sangat kecil. Lulusan ilmu statistik ini sangat dicari-cari oleh banyak perusahaan.

Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi

Secara sekilas program studi ekonomi mirip sekali dengan matematika, sangat cocok untuk wanita yang memiliki kemampuan menghitung baik dan teliti. Prodi ini juga pas bagi pembisnis atau penjual karena mempelajari transaksi jual beli, keuntungan dan kerugian.

Kebanyakan wanita berminat menimba ilmu di bidang studi ini karena memang sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari baik dalam hal interaksi penjual dan pembeli hingga kesuksesan berbisnis yang meliputi laba dan rugi suatu transaksi.

Jurusan Arsitek

Jurusan Arsitek

Jurusan Arsitektur merupakan program studi yang mempelajari desain suatu bangunan yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi secara baik. Mahasiswa nantinya akan bergumul dengan kertas karena seluruh ide dan inspirasi dituangkan dalam bentuk gambar.

Bagi wanita yang sangat suka tantangan dan memiliki ketelitian tinggi, jurusan ini sangat cocok untuknya karena memang dibutuhkan desain manarik dengan skala yang tepat sehingga dapat direalisasikan sesuai pemikiran.

Jurusan MIPA

Jurusan MIPA

MIPA ini merupakan kepanjangan dari Matematika dan IPA. Jurusan ini mempelajari semua yang berhubungan dengan materi kedua studi tersebut. Jenjang karier dari lulusan prodi ini biasanya dibutuhkan sebagai peneliti, guru dan dosen.

Tapi untuk memaksimalkan ilmu yang didapat, biasanya mahasiswa meneruskannya ke pasca sarjana. Atau bisa juga mengikuti penerimaan CPNS yang diadakan secara nasional karena biasanya terdapat lowongan dengan kualifikasi tersebut.

Baca Juga: Apa Itu SKS, IP dan IPK Dalam Perkuliahan

Demikian jurusan kuliah yang bagus untuk wanita yang recommended, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *