Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Di Masa Mendatang

Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan
06Apr, 2020

Kuliah adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, karena persaingan dunia kerja semakin ketat dan ijasah SMA sudah mulai tidak relevan, karena banyak perusahaan atau instansi yang membutuhkan sarjana. Banyak lulusan SMA yang memilih jurusan kuliah dengan alasan yang tidak penting, sehingga lulusannya menjadi tidak berkualitas.

Pemilihan jurusan kuliah sangatlah penting dilakukan, karena bisa berdampak untuk kehidupan di masa depan dan pada dasarnya semua jurusan kuliah memang penting, karena tergantung siapa yang menjalaninya. Jurusan kuliah harus disesuaikan dengan minat dan jangan memilih jurusan kuliah yang tidak disukai sama sekali, karena akan menjadi bom waktu yang merusak jati diri.

Pemilihan jurusan yang dirancang dengan baik, pasti akan menghasilkan rancangan masa depan yang sukses dan setidaknya ada beberapa jurusan yang memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang besar.

Untuk bisa sukses dalam persaingan dunia kerja, tentu harus pintar melihat peluang yang terbuka dan jangan mudah tergiur dengan tawaran jurusan lain yang tidak sesuai dengan keahlian.

Jurusan Yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan Di Masa Mendatang

Jurusan Yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan Di Masa Mendatang

Jurusan yang banyak peluang kerja dan mudah mendapatkan pekerjaan apalagi kuliah yang langsung kerja bisa sekali untuk didapakan karena di masa mendatang persaingan didunia pekerjaan sangat ketat untuk itu banyak perusahaan sangat selektif untuk memilih kandidat.

Banyak perusahaan membutuhkan kandidat dari jurusan terbaik di indonesia. Untuk itu daya saing peluang kerja pun menjadi lebih meningkat. Berikut jurusan kuliah yang peluang kerjanya besar, bagus dan menjajikan di masa mendatang.

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan sastra Inggris adalah jurusan kuliah yang bagus yang memiliki potensi sangat besar, karena jumlah peminat sastra Inggris sangatlah sedikit dan bahasa Inggris menjadi modah yang penting untuk melakukan hubungan internasional. Sastra Inggris bisa menghadirkan beberapa jenis pekerjaan dengan gaji yang besar dan jumlah perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah sangatlah banyak.

Baca Juga: Apa Itu SKS, IP dan IPK Dalam Perkuliahan

Lulusan sastra Inggris juga bisa melakukan pengajaran dengan cara membuka kursus dan dunia pariwisata menjadi bidang yang sangat membutuhkan lulusan sastra Inggris. Memandu para turis asing yang datang ke Indonesia dan melakukan pelayanan dengan ramah, menjadi pekerjaan yang dibutuhkan para pengusaha travel.

Lulusan sastra Inggris memang bisa bekerja di berbagai bidang yang ada hubungannya dengan pihak internasional, semakin mahir berbahasa Inggris maka semakin banyak peluang kerja yang terbuka. Kedutaan luar negeri juga membutuhkan lulusan sastra Inggris yang berkualitas, karena akan berhubungan langsung dengan pihak asing.

Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran

Untuk bisa mendapatkan ilmu kedokteran, tentu bukanlah perkara yang mudah dan murah, karena biaya pendidikan jurusan kedokteran terbilang mahal. Banyak sekali lulusan SMA yang memiliki keinginan menjadi dokter, namun sulit untuk terwujud akibat biaya pendidikan yang mahal. Jurusan kedokteran sangatlah dibutuhkan, karena kesehatan manusia tidak ada ujungnya dan pekerjaan dokter menjadi pekerjaan yang sangat mulia.

Secara rasio, peminat jurusan kuliah yang cepat dapat kerja seperti jurusan kedokteran terus meningkat dari tahun ke tahun dan jurusan kedokteran kebanyakan diisi oleh mahasiswa yang orang tuanya terbilang kaya. Pendapatan seorang dokter terbilang sangat besar, jadi seimbang dengan biaya tempuh pendidikannya dan dokter menjadi pekerjaan yang sangat sensitif, karena berhubungan langsung dengan kesehatan manusia.

Jurusan Hukum

Jurusan Hukum

Hukum adalah sebuah hal yang sangat berhubungan dengan keadilan, karena hukum menjadi hal yang sangat penting dan perkara hukum terus dibutuhkan setiap waktu. Hukum di Indonesia dianggap tumpul ke atas dan tajam ke bawah, fenomena ini sudah lama muncul. Seseorang yang sangat sudah berdebat, tentu sangat cocok untuk berkuliah dengan jurusan hukum.

Hukum menjadi jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, karena pekerjaan di bidang hukum sangatlah berlimpah dan fakultas hukum menjadi paling banyak di Indonesia, karena peminat jurusan hukum sangat banyak. Dengan berkuliah hukum, tentu mahasiswa akan terbebas dari kebutaan aturan hukum dan tidak mudah dikendalikan oleh hukum.

Baca Juga: UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Kini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga hukum, agar bisa membantu berbagai permasalahan hukum perusahaan. Sengketa yang dihadapi masyarakat menjadi permasalahan hukum yang perlu dibantu, hal ini membuat profesi pengacara sangatlah dibutuhkan dan penghasilan pengacara juga sangatlah besar.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan yang cerah, karena ilmu komunikasi sangatlah dibutuhkan oleh intansi hingga perusahaan. Industri kreatif sangatlah membutuhkan jurusan ilmu komunikasi dan prospek industri kreatif sangatlah bagus untuk berkembang. Dengan komunikasi yang baik, maka kerjasama akan terjalin dengan baik.

Ilmu komunikasi memiliki beberapa cabang ilmu seperti periklanan dan jurnalistik. Dengan menempuh ilmu komunikasi, maka penyampaian pesan bisa dilakukan dengan efektif dan komunikasi seringkali menghasilkan kerjasama yang profesional. Dengan munculnya penemuan baru di bidang teknologi, maka ilmu komunikasi sangatlah diperlukan dan dibutuhkan pemilik perusahaan.

Melakukan iklan perusahaan, tentu tidak akan tepat sasaran tanpa ilmu komunikasi yang baik dan hadirnya media sosial membuat lowongan pekerjaan ilmu komunikasi semakin besar. Komunikasi yang baik, akan membuat banyak orang tertarik dengan iklan yang ditampilkan dan akan menghasilkan keuntungan yang besar buat pihak perusahaan.

Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi

Ekonomi menjadi salah satu prospek jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan, karena kegiatan perekonomian tidak ada hentinya dan setiap kegiatan yang dilakukan manusia, pasti ada hubungannya dengan bidang ekonomi. Jurusan ekonomi tentu dibutuhkan semua perusahaan, karena semua perusahaan pasti melakukan kegiatan perekonomian untuk mendapat keuntungan.

Jumlah lapangan kerja di bidang ekonomi sangatlah besar dan cabang dari ekonomi adalah jurusan akuntansi. Apabila tidak mendapatkan pekerjaan, lulusan ekonomi bisa membuka jasa akuntan publik dan penghasilan pekerjaan di bidang ekonomi sangatlah bervariasi, tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan beserta kapabilitas perusahaannya.

Lulusan ekonomi juga bisa mengambil jurusan HRD dan nantinya dibutuhkan perusahaan untuk mengelola usahanya. Jumlah lowongan kerja untuk HRD terbilang sangat besar, jadi sangat berpotensi untuk berkembang dengan cepat. Semakin besar suatu perusahaan, maka akan semakin banyak HRD yang dibutuhkan dan semakin besar omset perusahaan, maka gaji HRD akan terus meningkat.

Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika

Juran teknik Informatika adalah jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan. Pasalanya perkembangan dunia digital memang mengharuskan sistem kerja manual diganti dengan mesin dan pembuatan mesin tentu dirancang dengan algoritma yang jelas. Sebuah sistem digital dirancang langsung oleh pembuat program atau dikenal programer dan kemajuan dunia digital, membuat banyak pihak yang membutuhkan peran programer.

Kini banyak bermunculan marketplace dengan berbagai kelebihannya seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada. Konsep marketplace tentu dirumuskan oleh programer, sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya dan programer dengan kemampuan tinggi sangat dibutuhkan juga berbagai perusahaan besar. Jurusan Informatika tentu sangatlah berpotensi di masa depan, karena perkembangan teknologi terus berlanjut.

Para programer juga familiar dengan istilah bisnis online dan lahan bisnis online bisa dijalankan oleh perorangan atau perusahaan. Kini sudah banyak fakultas yang membuka jurusan teknik informatika dengan susunan pelajaran yang berbobot dan bermanfaat untuk masa depan. Jumlah peminat teknik informatika terus bertambah dari waktu ke waktu.

Informasi menjadi sebuah kebutuhan yang sifatnya penting dan informasi harus bisa disampaikan dengan cepat dan kini hampir semua lini kerja membutuhkan perangkat komputer, jadi teknik informatikan sangat dibutuhkan. Penghasilan para programer sangatlah bervariasi, tergantung dari kemampuannya dan semakin jago dalam merancang program, maka semakin besar penghasilannya.

Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin

Teknik mesin adalah kajian ilmu yang sangat berhubungan dengan prinsip fisika dan jumlah lowongan pekerjaan di bidang permesinan sangatlah banyak. Mesin dibutuhkan untuk menghidupkan berbagai produk bermanfaat seperti motor, mobil dan jenis lainnya. Sistem pemeliharaan mesin yang baik, akan dipelajari dalam jurusan teknik mesin.

Kendaraan menjadi alat transportasi yang mengandalkan kekuatan mesin dan mesin kendaraan harus dipelihara dengan teknik yang tepat. Banyak sekali perusahaan besar yang membutuhkan ahli mesin dan mampu membayar ahli mesin dengan harga yang tinggi. Dengan pemeliharaan yang baik, maka tingkat kerugian kerusakan mesin menjadi lebih rendah dan perusahaan sangat diuntungkan dengan adanya ahli mesin.

Untuk bisa membaca cara kerja suatu mesin, bukanlah perkara yang mudah dan harus memerlukan ilmu yang cukup, karena mesin yang eror bisa berdampak para keselamatan pekerja. Operator mesin juga dibutuhkan, agar bisa memantau keadaan mesin secara berkala dan selalu membetulkan mesin secara cepat. Jadi jurusan teknik mesin sangatlah rekomended untuk dicoba.

Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro

Teknik elektro adalah jurusan kuliah yang sudah mulai populer di Indonesia dan memiliki prospek yang cerah di masa depan. Kini semua kegiatan perusahaan selalu berhubungan dengan elektronika dan ilmu elektro sangatlah luas, jadi pengembangan ilmunya sangatlah patut dipelajari. Listrik dalam suatu instansi atau perusahaan harus berjalan dengan baik, agar tidak menimbulkan konslet.

Jurusan elektro sering juga disebut sebagai jurusan yang berkaitan dengan kelistrikan dan banyaknya perusahaan peralatan listrik, tentu membutuhkan tenaga ahli elektro. Lulusan teknik elektro pemula bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar, apalagi tenaga yang sudah berpengalaman dan sudah banyak fakultas yang mulai membuka studi ilmu elektro.

Lulusan SMA sederajat yang menginginkan masuk ke teknik elektro terus bertambah setiap tahunnya dan jumlah pengajar di bidang elektro juga banyak dicari sekolah-sekolah tingkat SMA. Guru pengajar teknik elektro, tentu harus menguasai berbagai hal yang berkaitan dengan kelistrikan dan harus menanamkan cara pemasangan aliran listrik yang tepat.

Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mengkaji tentang perancangan dan pembangunan dengan konsep yang benar. Teknik sipil dengan teknik arsitektur hampir mirif, bahkan banyak orang yang beranggapan sama dan teknik sipil juga mempelajari bagaimana cara pemeliharaan bangunan dengan baik. Pemeliharaan fasilitas umum juga dipelajari, karena fasilitas umum sangat penting untuk dijaga.

Teknik sipil menjadi pengajaran yang mengedepankan cara untuk membuat bangunan yang telah dirancang arsitektur dan teknik arsitektur lebih membahas cara merancang desain suatu bangunan. Dengan teknik arsitektur, maka sebuah bangunan bisa memiliki tampilan yang lebih menarik dan berbagai ruang di bangunan berguna dengan tepat.

Baca Juga: Telkom University Bandung

Penghasilan seorang teknik sipil tidak main-main, karena bisa memperoleh keuntungan yang besar dan teknik sipil berpengalaman selalu dicari oleh pihak yang membutuhkan jasanya. Tidak hanya perorangan, teknik sipil juga dibutuhkan oleh perusahaan besar dan berbagai instansi pemerintah juga sering membutuhkan jasa teknik sipil.

Jurusan Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan

Jurusan perminyakan termasuk salah satu jurusan yang sulit ditemukan, karena hanya beberapa universitas yang membuka jurusannya dan teknik perminyakan memang belum terlalu familiar di masyarakat Indonesia. Teknik perminyakan sangatlah berhubungan dengan cara produksi hidrokarbon, karena akan ditemukan dalam minyak atau gas mentah.

Jurusan perminyakan tidak hanya dibutuhkan secara nasional, namun dibutuhkan juga secara internasional dan dengan masuk ke jurusan perminyakan, maka kajian yang akan ditemui mengenai pengolahan sumber daya alam yang benar. Indonesia memiliki beberapa daerah yang digunakan sebagai tambang minyak dan gas. Jurusan perminyakan sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan gas dan perusahaan perminyakan.

Besaran gaji yang akan diterima ahli perminyakan sangatlah mengiurkan, karena tanggung jawabnya sangat besar dalam pengelolaan sumber daya alam. UPN Veteran yang berada di Yogyakarta menjadi salah satu kampus yang menyediakan jurusan perminyakan dan biaya menempuh jurusan perminyakan memang tergolong masih mahal, karena potensi kerjanya sangat besar.

Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia

Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah Jurusan teknik kimia sangatlah berhubungan dalam proses senyawa kimia untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan peminat teknik kimia memang masih jarang, jadi tingkat persaingan tidak terlalu besar. Perusahaan kimia di Indonesia memang ada beberapa dan jumlahnya tidak terlalu besar, namun teknik kimia juga dibutuhkan dunia internasional.

Banyak yang menganggap bahwa ilmu kimia sangatlah rumit dan tidak banyak yang menguasai teknik-teknik dalam ilmu kimia. Kimia juga banyak menggunakan teori-teori jaman dulu, namun pelajar juga bisa membuat sebuah kajian yang bermanfaat untuk banyak pihak dan universitas yang menyediakan teknik kimia sejak dulu adalah Universitas Gajah Mada atau UGM.

Penawaran gaji dalam teknik kimia terbilang cukup besar, sehingga sangat rekomended untuk dipilih dan tingkat persaingan yang sedikit, membuat peluang sukses menjadi lebih besar. Industri yang berhubungan dengan pengolahan bahan kimia memang sangat membutuhkan tenaga kimia yang handal, agar perkembangan industri bisa stabil dan bisa bersaing dengan industri luar negeri.

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi adalah suatu kajian ilmu yang sangat berhubungan dengan kondisi kejiwaan manusia dan artian ilmu psikologis sangatlah luas. Orang yang memiliki perilaku aneh tentu membutuhkan jasa ahli psikologi untuk memperbaiki perilakunya dan ahli psikologi harus memiliki cara komunikasi yang baik, agar para pelanggannya puas dengan layanannya.

Perusahaan juga sering membutuhkan ahli psikologi untuk menjadi konsultannya dan membuat pola komunikasi perusahaan lebih baik. Kisaran gaji psikologis terbilang tinggi dan pekerjaan psikologis memerlukan pengamatan yang jeli. Kini prospek jurusan psikologis sangat berkembang di mancanegara, karena tenaga ahli psikologis sangat dibutuhkan.

Universitas Gajah Mada menjadi salah satu universitas yang menyediakan jurusan psikologis sejak lama dan biaya tempuh pendidikannya terbilang sangat terjangkau. Kisaran gaji psikologis terbilang tinggi, karena pekerjaannya berhubungan dengan orang banyak dan instansi juga sering membutuhkan ahli psikologis, agar bisa mengelola psikologis para pekerja.

Jurusan Matematika

Jurusan Matematika

Matematika adalah mata pelajaran yang sangat familiar, karena diajarkan dari mulai sekolah dasar dan matematika sangatlah penting dipelajari, karena bisa bermanfaat untuk jangka panjang. Prospek jurusan matematika sangatlah besar, karena lowongan pekerjaan menjadi guru matematika sangat banyak dan peminat matematika juga berlimpah.

Matematika seringkali dianggap sebagai pelajaran menegangkan dan banyak siswa yang takut dengan pelajaran berhitung ini. Semua lini kehidupan masyarakat, tentu membutuhkan pola matematika dan matematika menjadi ilmu yang memiliki jawaban tepat. Ahli matematika juga sangat dibutuhkan perusahaan, agar bisa menghitung laba dengan pengeluaran dengan tepat.

Baca Juga: Motivasi Belajar Siswa

Universitas yang membuka jurusan matematika sangatlah banyak dan hampir tersebar diseluruh wilayah. Jurusan matematika sangat berpotensi untuk berkembang, karena selalu dibutuhkan oleh semua lini kehidupan dan matematika sering disebut ilmu yang tidak ada matinya.

Demikian ulasan lengkap mengenai prospek jurusan kuliah yang menjanjikan dan semoga semua pembahasannya bermanfaat bagi para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *