Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Kebun Buah Mangunan Jogja – Kali ini kita akan berwisata di sudut lain kota Jogja. Wisata alam yang sejuk dan indah dan kerap disebut negeri di atas awan. Kebun buah Mangunan merupakan sebuah perkebunan yang berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Tempat yang tepat untuk menikmati gulungan awan yang indah di Pegunungan Sewu. Jika Anda memandang ke arah selatan, ombak Pantai Parangtritis akan nampak terlihat dari ketinggian di Mangunan. Sungai Oya yang berkelok-kelok dan melintang juga terlihat jelas dari sini.

Bentang alam indah yang dimiliki objek wisata kebun buah Mangunan Jogja ini hampir mirip dan sama indahnya dengan wisata Desa Kalibiru yang sama-sama berada di Jogja tepatnya berada di wilayah Kulon Progo.

Tentang Kebun Buah Mangunan Jogja

Kebun Buah Mangunan

Taman buah Mangunan Jogja adalah nama lain dari tempat ini.  Berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul membuat orang-orang juga sering menyebut tempat ini dengan sebutan Kebun Buah Mangunan Bantul.

Baca Juga: Wisata Dekat Malioboro Jogja

Karena jarak Taman Buah Mangunan hanya sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan sekitar 35 km dari pusat kota Jogja. Namun tetap saja bagi sebagian orang tempat ini lebih popular dengan sebutan Mangunan Jogja.

Wisata Kebun Buah Mangunan merupakan alternatif tempat wisata alam yang dekat dengan kota Jogja. Dibangun di atas lahan dengan luas mencapai kurang lebih 34 hektar dan berada di ketinggian 150 hingga 200 meter di atas permukaan laut, membuat tempat ini berudara sejuk dan sangat nyaman untuk berwisata bersama keluarga. Terkadang kabut menjadi pemandangan bonus dari kebun buah ini dan menambah indah suasana kebun yang hijau.

Akses Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Rute dari Jogja

Kebun Buah Mangunan ini sudah dibuka sejak tahun 2003 silam. Lokasinya yang berada tidak jauh dari pusat kota Jogja, membuat kebun ini mudah dijangkau oleh wisatawan dengan beberapa alternatif kendaraan yang bisa dipilih.

Mulai dari kendaraan pribadi, menggunakan paket tour Jogja hingga menggunakan mobil sewaan baik ofline maupun online. Jika Anda mau sedikit repot, bisa menggunakan kendaraan umum namun harus dilanjutkan dengan ojek hingga ke Kebun Buah Mangunan.

Jika membawa kendaraan sendiri, dari pusat kota, arahkan kendaraan Anda melalui ringroad selatan sampai Anda menemukan perempatan Terminal Giwangan. Dari sini, lanjutkan perjalanan ke arah selatan untuk menuju Jl. Imogiri Timur hingga Anda melewati Pasar Imogiri.

Ikuti jalan hingga Anda menemukan lapangan. Setelah kurang lebih 500 meter dari lapangan, Anda berbelok ke kanan menuju ke arah Kebun Mangunan dengan memperhatikan papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke pintu gerbangnya.

Rute dari Kulon Progo

Jika Anda memilih jalur Kulon Progo, Anda bisa melewati Jembatan Progo ke arah timur yang menuju Jalan Sandakan hingga tembus ke Jalan Imogiri Timur. Setelah itu jalurnya akan sama dengan rute dari Jogja. Yaitu dari Pasar Imogiri perjalanan dilanjutkan hingga bertemu lapangan dan jalur yang menuju Kebun Buah Mangunan.

Lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Perhatikan dan cek kondisi kendaraan Anda sebelum mulai perjalanan karena jalanan menuju Kebun Buah Mangunan didominasi oleh jalanan kecil dengan track yang menanjak.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke dalam kebun buah ini Anda hanya perlu membayar Rp.5.000,- saja di pintu gerbangnya.

Sedangkan untuk biaya parkir, tempat ini menerapkan biaya Rp.3.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp.5.000,- untuk kendaraan roda empat. Cukup murah, bukan!

Jam buka

Kebun buah ini sudah dibuka sejak jam 4.30 pagi untuk mengakomodasi hasrta Anda yang ingin menyaksikan matahari terbit di gardu pandangnya dari ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Dan tutup di jam 18.00 sore namun Anda tetap bisa menikmati matahari terbenam yang merupakan kegiatan favorit para wisatawan di tempat ini.

Fasilitas

Sesuai dengan namanya, kebun ini memang merupakan sebuah perkebunan buah  yang dikelola secara profesional. Kemudian dikomersialkan untuk menarik minat wisatawan agar mengunjungi dan menjadikan kebun buah sebagai tempat wisata seperti tempat wisata lainnya.

Sebuah ide agrowisata yang cemerlang.  Di tempat ini Anda akan menemukan:

Aneka buah-buahan

Di tempat ini tersedia buah-buahan yang dijual untuk dimakan langsung ataupun sebagai oleh-oleh. Harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah dari harga di pasar sekalipun. Contohnya harga 1 kg buah rambutan hanya Rp.4.000 saja.

Apalagi jika Anda berkunjung di musim buah tertentu, harganya menjadi lebih murah dan Anda bisa memborong buah-buahan tersebut sebagai oleh-oleh untuk kerabat maupun tetangga.

Deretan pohon Jati dan Pinus yang cantik untuk spot berfoto

Tidak jauh dari tempat ini ada deretan pohon Jati dan Pinus yang sangat cantik yang masuk ke dalam area Hutan Pinus Mangunan. Kebun Buah Mangunan lokasinya memang berdampingan dengan Hutan Pinus Mangunan. Sehingga Anda bisa berwisata ke dua tempat ini sekaligus.

Pagi hari menjelajah kebun buah dan membeli aneka buah yang akan dijadikan buah tangan bagi tetangga, dilanjutkan dengan menikmati semilir angin di bawah deretan pohon Pinus yang menjulang tinggi. Sambil menunggu kehadiran semburat jingga matahari terbenam di salah satu gardu pandangnya. Sebuah kunjungan wisata yang sangat efektif bukan?

Gardu pandang

Sebagai tempat yang berada di dataran tinggi, Kebun Buah Mangunan melengkapi dirinya dengan gardu pandang yang biasa dijadikan tempat pengamatan atau spot foto. Jalan menuju gardu pandang cukup kecil, menikung dengan kondisi jalan yang kurang bagus.

Baca Juga: Wisata Malam Di Jogja

Sebaiknya Anda memarkirkan kendaraan di dekat kolam besar di bagian bawah dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan dan dinginnya udara pagi yang masih berkabut. Jalan yang ditempuh melewati jalan pintas yang sudah dicor rapi hingga ke atas gardu pandang.

Selalu berhati-hati terhadap anak tangga yang licin karena penerangan yang masih kurang di area ini di waktu subuh. Waktu yang ditempuh dengan berjalan kaki dalam kondisi santai ini kurang lebih 15 menit. Cukup sebagai pemanasan dan memberikan olahraga ringan untuk tubuh.

Belajar Pembibitan Sapi

Bagi Anda yang berminat beternak sapi, tempat ini menjadi tempat yang tepat untuk belajar segala hal tentang sapi. Mulai dari pembibitan, cara menambah populasi, sampai dengan proses pembuatan pupuk kandang yang bermanfaat sebagai pupuk yang juga digunakan pada tanaman yang ada di kebun ini.

Sehingga keberadaan pembibitan ini sangat menunjang kebutuhan pupuk alami bagi tanaman di kebun ini.

Beragam tanaman hias dan buah

Bentang alam yang berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut membuat tanah di lokasi kebun ini sangat subur untuk area pertanian. Terutama tanaman buah dan tanaman hias. Di sini terdapat kurang lebih 1500 pohon durian, 220 pohon jeruk, 950 pohon mangga, 300 pohon jambu air serta 200 aneka tanaman buah lainnya. Mungkin beberapa di antaranya, sudah tidak lagi bisa ditemukan.

Di sini Anda juga dapat mengenal dan mempelajari beragam tanaman hias dan tanaman buah yang dibudidayakan di sini. Teknik mulai dari mengenal jenis-jenisnya, teknik menanam dengan berbagai media tanam hingga teknik menghasilkan buah yang banyak bisa Anda pelajari secara lengkap di sini. Selain itu, bibit-bibit tanaman buah dan hias tersebut tersedia untuk dijual sehingga setiap orang mulai membiasakan menanam satu tanaman di rumah masing-masing.

Fasilitias umum

Area Parkir

Tersedia cukup untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Sedangkan untuk kendaraan besar seperti bis, agak terpisah letaknya.

Musholla

Dilengkapi dengan alat sholat yang bersih yang membuat wisatawan merasa nyaman melakukan ibadah sholat.

Toilet Umum

Dengan jumlah yang cukup dan berada di beberapa titik untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Serta kondisi toilet yang bersih dengan air yang segar karena berasal dari mata air.

Gazebo-gazebo

Gazebo ini menjadi semacam tempat istirahat selama dalam perjalanan menuju ke gardu pandang. Juga bisa digunakan untuk spot foto yang menarik.

Gedung Pertemuan

Kebun buah ini juga menyediakan Gedung pertemuan untuk rombongan yang ingin mengadakan acara. Dengan kapasitas 100  dan 300 orang, membuat acara di tempat terbuka yang berhawa sejuk menjadi tren baru di kota Jogja.

Penjual makanan dan minuman

Tidak lengkap tempat wisata tanpa warung makan/minum. Karena banyak aktivitas fisik yang dilakukan di tempat ini, dan tidak semua wisatawan membawa perbekalan, maka keberadaan tempat makan dan minum menjadi penunjang penting kebun buah ini.

Penginapan/homestay mulai dari Rp.300.000

Bagi Anda yang masih ingin menikmati suasana di kebun buah, tersedia homestay dengan tarif yang lumayan murah yaitu mulai dari 300 ribuan semalam.

Camping area

Untuk Anda yang tidak puas hanya seharian berada di tempat ini, dan ingin menikmati suasana malam di tempat ini bisa menginap di camping area yang disediakan. Hanya dengan membayar Rp.5.000, Anda bisa berkemping bersama teman-teman dan merasakan serunya berada di antara deretan pohon Jati dan pinus yang mengelilingi tempat ini.

Watu tumpang

Berjarak 1 km dari kawasan wisata, Anda akan melihat hutan pinus yang cantik. Di tempat ini terdapat watu tumpang yang dipercaya merupakan petilasan Syeh Siti Jenar dan Sunan Kalijaga. Watu tumpang adalah sebuah batu besar namun menumpang pada batu kecil.  Namun ajaibnya, batu besar tersebut tetap berada di atas batu kecil tersebut tidak jatuh walaupun posisi tanah dalam kondisi miring.

Pentas kesenian di hutan pinus

Pengelola objek kesenian menyediakan sebuah panggung yang bisa digunakan sebagai tempat untuk mengadakan acara kesenian. Lokasi ini dilengkapi dengan kursi-kursi penonton yang unik karena terbuat dari potongan-potongan batang pohon pinus yang telah tumbang. Terlihat sangat alami dan natural bukan?

Kolam pemancingan dan penyewaan alat pancing

Untuk mancing mania, tersedia kolam pemancingan yang menantang untuk ditaklukkan yang berada di tengah hutan. Anda tidak perlu repot-repot membawa alat pancing, karena di area tersedia kios sewa alat pancing lengkap dan hanya dikenakan biaya sewa Rp.2.000 per harinya.

Lintasan sepanjang 2300 meter untuk track sepeda dengan track downhill

Track menantang bagi pesepeda ini menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. Cukup dengan membayar Rp.10.000, Anda bisa menikmati track downhill dengan sepeda kesayangan dan melepaskan adrenalin di tengah sejuknya pepohonan. Tidak jarang pengunjung kebun buah ini membawa sepeda di kendaraan mereka untuk menaklukkan track downhill di sini.

Lintasan cross country sepanjang 3800 meter dengan sewa 50ribu untuk 5 orang

Anda bisa mencoba lintasan cross country yang tersedia di sini dengan panjang lintasan mencapai 3800 meter. Dengan biaya sewa yang sangat murah, hanya 50 ribu rupiah untuk 5 orang, lintasan ini tidak pernah sepi bagi pencari adrenalin.

Wahana Uji Adrenalin

  • Arena Outbond

Arena outbond kini selalu hadir di lokasi wisata alam. Biasanya ditujukan untuk anak-anak untuk melatih keberanian dan mental mereka dengan beberapa wahana yang menarik

  • Jembatan goyang sepanjang 100 m di atas Sungai Opak

Jembatan ini sangat sensitif. Jangankan dengan gerakan manusia, dengan hembusan angin di atas Sungai Opak sudah cukup untuk menggoyangkan jembatan yang akan membuat jantung berdebar lebih kencang. Namun dengan keindahan pemandangan yang Anda saksikan di depan mata, uji adrenalin di jembatan ini sangat sesuai untuk ditaklukkan oleh setiap pengunjung Kebun Buah Mangunan.

  • Flying Fox dan Reflying

Flying fox dan reflying seolah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan jika berada di alam terbuka seperti Kebun Buah Mangunan Jogja. Di antara pepohonan, tali-tali flying fox menggelantung dan memberikan hiburan tersendiri bagi pencinta olahraga yang agak ekstrim. Menggelantung dengan menikmati hijaunya perbukitan menjadi bonus dari kegiatan flying fox di tempat ini.

Berenang

Terdapat dua kolam renang di sini dengan biaya hanya Rp.2.000 per 1 jam. Cukup murah bukan! Namun jangan bayangkan sebuah kolam renang yang dalam yang bisa memuaskan hasrat berenang Anda.

Kolam renang di sini lebih cocok untuk anak-anak karena tidak terlalu dalam. Namun, Anda sebagai orangtua dapat mendampingi buah hati bermain air di sini sehingga keamanan anak Anda tetap terjaga. Dengan air yang jernih dan segar, tentunya orang dewasa tidak berkeberatan berendam di kolam renang ini dan menghabiskan waktu bersama anak-anak tercinta.

Berwisata alam ke Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu alternatif wisata alam di Jogja. Tempat ini bisa disebut sebagai lokasi eduwisata. Yaitu tempat berwisata yang memberikan edukasi mengenai tanaman dan peternakan. Sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga, wisata sekolah maupun wisata personal yang ingin mempelajari bidang agronomi dan peternakan.

Karena kini tempat wisata tidak hanya menjadi tempat relaksasi saja namun juga sudah didesain sebagai tempat mengedukasi masyarakat sesuai dengan tema tempat wisata tersebut. Sekaligus memasyarakatkan gerakan hijau kepada wisatawan sebagai usaha untuk menjaga kondisi bumi dari kerusakan.

Keindahan Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja akan lebih jelas terlihat jika menggunakan drone. Bentang alam kebun ini menunjukkan pengaturan yang baik dan sesuai untuk sebuah kebun buah. Di bagian bawah kebun buah dan kegiatan beternak menjadi aktivitas utama.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jogja

Dilanjutkan dengan trekking menuju gardu pandang dengan gazebo-gazebo di sepanjang jalan. Kemudian nuansa hijau dan gulungan awan yang menutupi pegunungan Sewu menjadi bonus keindahan di puncak Kebun Buah Mangunan Jogja ini. satu alasan lain yang membuat kebun ini pantas masuk ke dalam destinasi wisata impian.

Satu pemikiran pada “Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja”

Tinggalkan komentar