Kenali Tanda Kucing Demam dan Cara Mengobatinya

Seperti halnya manusia, kucing juga bisa mengalami demam. Hanya saja mungkin Anda tidak menyadari jika kucing Anda terkena demam. Ketika kucing Anda mengalami demam, Anda perlu mengeceknya apakah si kucing benar benar terkena demam. Anda juga perlu mengobati si kucing agar segera pulih kembali.

Lalu, Apa tanda tanda kucing demam dan bagaimana caranya mengobatinya? Simak ulasan berikut ini.

Tanda-Tanda Kucing Demam dan Cara Mengobatinya

Ketika dalam kondisi sehat tentu kucing akan bergerak aktif dan memiliki nafsu makan yang normal. Jika kucing Anda cenderung lebih diam dan mengalami penurunan nafsu makan, bisa jadi kucing Anda terserang penyakit atau demam. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja penyebab kucing demam dan bagaimana tanda tanda atau ciri ciri kucing demam serta bagaimana cara mengobatinya. Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab Kucing Demam

Penyebab Kucing Demam

Anda pasti bingung jika kucing Anda yang biasanya aktif mendadak lesu dengan suhu tubuh yang panas. Anda perlu tahu jika Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kucing Anda sampai mengalami demam atau kenaikan suhu tubuh.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Mencret

Ada dua hal yang menjadi penyebab umum, yang pertama dinamakan hipertermi atau disebabkan karena paparan suhu panas berlebih pada kucing.

Penyebab yang kedua dinamakan pyrexia. Pyrexia yaitu suatu reaksi alami kucing yang sedang bekerja melawan penyakit. Namun, panas yang berlebih pada kucing akan membahayakan tubuhnya sehingga harus segera diatasi.

Sedangkan beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kucing demam antara lain yaitu adanya peradangan, infeksi dan menurunnya sistem imun.

Untuk itu, Anda harus tahu apa saja tanda tanda atau ciri ciri jika kucing Anda terkena demam. Hal itu supaya si kucing bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang baik dan tidak sampai menimbulkan gejala yang lebih parah yang bisa membahayakan kucing Anda.

Ciri Ciri Kucing Demam

Ciri-Ciri Kucing Demam

Tanda kucing mengalami demam yang pertama yaitu suhu tubuh yang tinggi atau panas. Seperti ketika manusia demam, ketika kucing demam maka tubuhnya akan panas.

Ketika kucing Anda terlihat lesu, Anda bisa memegang telinga, kepala maupun tubuh si kucing. Jika telinga dan tubuh si kucing panas, artinya kucing Anda terkena demam.

Tanda lainnya yaitu cenderung selalu tidur dan terlihat lesu. Ketika kucing sehat biasanya akan sering sekali berlarian namun ketika sakit atau demam maka kucing akan cenderung tidur karena imunnya yang lemah.

Selain itu, kerontokan bulu juga bisa menjadi salah satu tanda jika si kucing sakit karena daya tahan tubuhnya yang melemah.

Gejala lainnya yang bisa saja muncul yaitu tidak mau makan atau nafsu makan yang berkurang. Kucing yang sakit seperti demam biasanya juga mengalami penurunan nafsu makan bahkan ketika diberi makanan kesukaannya sekalipun. Ketika kucing Anda menolak makanan yang Anda berikan, bisa jadi kucing Anda mengalami demam.

Tanda lainnya yaitu kucing mengalami diare atau mencret. Jika Anda melihat kucing Anda mengalami diare, maka segera periksa suhu tubuhnya. Jika si kucing panas dan diare, bisa jadi kucing Anda terkena demam atau terkena gangguan pencernaan.

Gejala lainnya adalah muntah muntah dan hidung berair. Kucing biasanya muntah ketika menelan sesuatu yang bukan makanannya. Namun untuk gejala demam yang lebih lanjut kucing Anda bisa muntah karena pencernaan yang kurang baik.

Gejala yang juga bisa muncul yaitu kucing menjadi sering minum. Jika ketika demam si kucing akan menolak makan, di sisi lain kucing juga cenderung suka minum ketika badannya panas.

Suhu tubuh yang tinggi membuat tenggorokan si kucing kering sehingga ia mengalami kehausan atau dehidrasi, oleh karena itu ia cenderung banyak minum ketika demam.

Anda juga perlu memeriksa berat badan kucing Anda. Ketika demam, kucing cenderung memiliki nafsu makan rendah yang bisa membuat berat badan si kucing turun.

Cara Mengobati Kucing Demam

Cara Mengobati Kucing Demam

Setelah mengetahui apa saja tanda atau ciri ciri kucing mengalami demam, maka Anda harus segera mengobati si kucing agar bisa pulih kembali dan tidak timbul gejala lain yang lebih parah.

Beberapa cara mengobati kucing demam yaitu menyediakan banyak air putih untuk si kucing. Karena tenggorokan yang kering, maka kucing butuh banyak minum, jadi Anda bisa menyediakan lebih banyak air putih untuk si kucing.

Anda harus berhati hati jika kucing mengalami penurunan berat badan karena tidak makan. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan meningkatkan nafsu makan si kucing.

Ketika sakit kucing akan malas makan, Anda bisa menaikkan nafsu makan si kucing dengan memberinya makanan yang memiliki aroma kuat, memberinya makanan dengan tekstur yang lembut untuk mempermudah si kucing makan atau Anda juga bisa memberi vitamin pada si kucing.

Cara mengobati kucing yang demam bisa dengan mendinginkan tubuhnya.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Flu

Ketika tubuhnya panas tentu membuat si kucing merasa tidak nyaman, Anda bisa membasahinya sedikit dengan air, menyalakan AC atau kipas angin untuknya, atau membawanya keluar ke tempat yang sejuk agar kucing lebih nyaman. Biarkan si kucing banyak istirahat untuk pemulihan tubuhnya.

Cara yang lainnya yaitu dengan memberinya obat demam untuk kucing. Sama ketika manusia sakit dan minum obat, maka kucing juga bisa Anda beri obat agar lekas sembuh.

Namun Anda juga tidak bisa sembarang memilih obat untuk kucing. Beberapa obat yang bisa digunakan untuk meredakan demam kucing antara lain tolfenamic acid, untuk dosisnya Anda bisa tanyakan pada penjual obat atau hubungi dokter hewan agar tidak overdosis.

Ketika semua cara sudah Anda lakukan dan si kucing tidak lekas sembuh, Anda bisa memeriksakan kucing Anda ke dokter hewan untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Anda bisa membawanya jika sudah mengobatinya secara alternatif selama satu hari, namun jika kondisi kucing mengkhawatirkan, Anda bisa langsung membawanya ke dokter hewan.

Obat untuk Kucing Demam

Obat untuk Kucing Demam

Ketika kucing Anda sakit, Anda bisa memberinya obat kucing demam untuk meringankan demam si kucing.

Beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk meringankan demam pada kucing Anda yaitu dengan memberinya madu. Selain baik untuk tubuh manusia, madu juga bisa diberikan pada kucing untuk obat demam.

Selain itu, ada obat demam kucing yang bisa diberikan yaitu tolfenamic acid. Obat yang satu ini sangat baik untuk meredakan demam serta flu pada kucing.

Untuk dosisnya Anda bisa memberikan dosis 1 buah tablet perhari jika berat badan kucing Anda mencapai 1, 5 kg. Jika berat badan kucing Anda sekitar 4 kg Anda bisa memberinya dengan dosis 3 tablet perhari.

Jika Anda ragu, Anda bisa bertanya pada dokter tentang resep pemakaian obat tersebut.

Selain itu, ada juga obat kucing sakit meloxicam yang juga bisa membantu menyembuhkan demam pada kucing. Anda bisa memberikan dosis 0,5 mg/ ml pada kucing Anda setelah makan.

Hati hati dalam menggunakan obat ini, gunakan secukupnya agar kucing Anda tidak overdosis. Jangan berikan obat ini jika kucing Anda dehidrasi, karena obat ini bisa berbahaya untuk kesehatan kucing jika diberikan saat si kucing mengalami dehidrasi.

Jika biasanya kucing akan sedikit makan saat demam, Anda bisa memberikan kucing Anda vitamin B dan energi untuk memulihkan nafsu makan kucing Anda.

Menjaga Kesehatan Kucing Anda

Menjaga Kesehatan Kucing Anda

Agar kesehatan kucing Anda bisa terjaga, baik dari demam atau penyakit lainnya maka Anda harus benar benar memperhatikan kesehatan kucing Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna menjaga dan merawat kucing agar selalu sehat.

Pertama yaitu dengan menjaga kebersihan tempat kucing. Anda harus menyiapkan tempat yang nyaman dan bersih bagi kucing Anda. Anda bisa memelihara kucing Anda di rumah dengan kandang yang nyaman.

Jangan taruh kandang kucing di tempat yang tinggi agar kucing mudah beraktifitas.

Jangan lupa untuk membuat tempat khusus untuk kucing buang kotoran. Anda perlu menyiapkan tempat dengan pasir atau tanah agar kucing tidak buang kotoran dengan sembarangan. Anda juga harus rajin menggantinya agar kesehatan kucing terjaga.

Rutinlah dalam memandikan si kucing. Guna menjaga kebersihan dan kesehatan, tentunya mandi adalah hal yang bisa Anda rutin lakukan.

Anda bisa memandikan kucing Anda satu sampai dua kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk menggunakan shampo khusus kucing dan selalu keringkan bulunya setelah mandi.

Untuk menjaga kerapihan, Anda juga bisa memotong bulu dan kukunya jika sudah panjang. Anda bisa melakukannya sebulan sekali atau ketika dibutuhkan.

Anda juga harus memperhatikan makanan si kucing. Anda harus memberikan makanan yang bergizi dan steril baik berupa makanan kering atau basah.

Usahakan makanan tersebut mengandung karbohidrat dan protein yang cukup sehingga kesehatan kucing bisa terjaga dengan baik. Jangan berikan ikan atau telur mentah pada kucing karena makanan tersebut kurang baik untuk si kucing.

Untuk menjaga kekebalan tubuh, Anda juga bisa memberikan vaksin pada tubuh kucing Anda. Seperti yang Anda ketahui jika vaksin bermanfaat untuk menjaga imun tubuh begitu pula dengan kucing.

Anda bisa pergi ke dokter untuk pemberian vaksin yang tepat atau Anda juga bisa memberi kucing Anda obat cacing untuk menjaganya dari penyakit.

Anda harus selalu memeriksa kondisi kucing Anda dengan rutin. Jika kucing mengalami perubahan nafsu makan, suhu maupun pola tingkah laku bisa jadi kucing Anda terserang demam.

Anda bisa mengobatinya seperti yang telah disebutkan di atas seperti mengobati dari dalam dengan obat dan vitamin atau dari luar dengan membuat tubuhnya lebih segar.

Baca Juga: Obat Cacing Kucing

Anda bisa menjaga kesehatan si kucing agar tidak mudah terserang demam dan penyakit dengan memperhatikan pola hidup kucing Anda. Mulai dari makanan, lingkungan, kebersihan tubuh, ataupun dengan menggunakan vaksin dan ingat untuk memberikan jenis dan dosis obat kucing demam yang tepat agar tidak terjadi overdosis.

Ingat untuk tidak sembarang memberi makanan dan obat obatan pada kucing Anda.

Jika kucing demam sampai berhari hari itu artinya kucing Anda dalam keadaan yang buruk dan harus segera dibawa ke dokter. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter hewan untuk penanganan demam yang lebih baik dan bagaimana menjaga kesehatan kucing yang baik dan benar.

Tinggalkan komentar