Kucing Himalaya: Jenis, Harga & Cara Merawat

Memiliki hewan peliharaan membuat Anda lebih senang dan dapat melepaskan rasa penat saat beraktivitas. Hewan peliharaan yang paling sering dipilih ialah kucing yang menggemaskan.

Jenis kucing himalaya merupakan salah satu yang menarik perhatian para pecinta hewan berbulu ini.

Kucing jenis ini juga sering disebut sebagai kucing persia himalaya yang merupakan hasil persilangan dua ras. Dua ras yang disilangkan ialah kucing persia dan kucing siam, sehingga dihasilkan badan seperti kucing persia dan warna layaknya kucing siam.

Hal yang membuat kucing ini berbeda ialah corak warna tubuhnya yang tidak sama dari kepala hingga ekor. Kucing ini telah diperkenalkan pada awal tahun 50 an di benua Eropa.

Meskipun telah didaftarkan sebagai ras kucing yang berbeda dari ras persia pada tahun 1957, namun masih banyak yang beranggapan rasnya sama.

Oleh para peternak kucing, kucing himalaya masih memiliki warna lain dari ras persia sehingga tidak dipisah dalam pengelompokan rasnya.

Ciri Ciri Kucing Himalaya

Ciri Ciri Kucing Himalaya

Setiap ras kucing memiliki ciri khas dan karakteristik masing masing yang membedakan antara satu ras dan lainnya. Begitu Pula dengan kucing jenis himalaya yang memiliki ciri khas tersendiri yang bisa Anda perhatikan.

Baca Juga: Jenis Kucing Persia

Berikut ini ialah beberapa ciri khas yang ada pada jenis kucing ini.

Warna Bulu

Ciri khas pertama yang membuat Anda gemas dengan kucing ini ialah warna yang ada pada tubuh mereka. Warna pada bulu kucing ini tidak merata di semua bagian tubuh.

Kucing ini memiliki color point yang menjadi karakteristik dan pesona dari warna bulunya. Color point merupakan corak gelap yang menunjukan adanya perbedaan warna pada berbagai sudut tubuhnya.

Bagian tubuh kucing yang memiliki warna lebih gelap diantaranya ialah ekor, telinga, bagian tengah wajah dan juga kaki. Varian dari color point yang dimiliki kucing seperti coklat kehitaman, abu abu kecoklatan, krem kemerahan dan warna lainnya.

Bentuk Tubuh

Jenis kucing ini memang diminati banyak orang karena memiliki perawakan yang menggemaskan dan lucu. Bentuk tubuh kucing himalaya ini cenderung bulat dengan ukuran kaki yang pendek, pertanda kucing ini merupakan keturunan persia.

Namun tidak semua kucing jenis himalaya berbadan pendek, ada pula kucing yang memiliki badan kecil, kuat dan lincah. Kucing yang memiliki karakteristik ini merupakan peranakan dari kucing siam.

Bentuk badan kucing himalaya yang pendek dan berbadan gempal ini membuat Anda akan senang menghabiskan waktu bersama. Setelah lelah beraktivitas Anda pasti akan senang bermain bersama kucing kesayangan ini.

Bulu

Kucing Himalaya sekilas memiliki bentuk dan ukuran panjang bulu yang sama dengan bulu yang ada pada kucing persia lainnya. Panjang ukuran bulu kucing ini berada pada kisaran 2 hingga 3 cm .

Bulunya yang cukup tebal membuat kucing jenis ini tampak menggemaskan dan juga lebih besar. Bagi Anda yang menyukai hewan berbulu, kucing ini cocok dijadikan hewan peliharaan.

Bentuk Wajah

Terdapat dua jenis bentuk wajah yang bisa Anda perhatikan yakni himalayan doll face dan ultra face. Kucing bentuk doll memiliki wajah yang datar dan hidung pesek yang membuatnya semakin gemas.

Sedangkan pada kucing dengan bentuk ultra face memiliki wajah yang lebih pesek jika dilihat dari samping. Oleh karena itu jika Anda melihat dari arah samping maka bentuk wajahnya sangat datar.

Kesehatan

Dilihat dari sisi kesehatan, kucing ini termasuk salah satu kucing yang cukup jarang terkena penyakit. Namun, ternyata terdapat satu penyakit keturunan yang bisa diderita oleh kucing himalaya yakni penyakit kista pada ginjal.

Penyakit ini biasanya dialami oleh bayi kucing dan akan merusak fungsi ginjal yang menyebabkan proses filtrasi racun menjadi terhambat. Fungsi tubuh lainnya juga akan menurun jika pemiliknya tidak mengatasi penyakit ini dengan tepat.

Sifat

Selain karakteristik fisik, karakteristik sifat juga bisa membedakan kucing himalaya dengan kucing lainnya. Kucing jenis ini memiliki sifat tenang, cerdas dan tidak ragu untuk berinteraksi dengan siapapun.

Meskipun tenang, namun kucing ini tetap antusias bermain jika ada berbagai benda yang menarik untuk mereka. Dengan sifat ini, tentu kucing himalaya sangat cocok untuk dijadikan teman bermain di rumah.

Cara Merawat Kucing Himalaya

Cara Merawat Kucing Himalaya

Sebelum memiliki kucing ini, Anda harus mengetahui cara merawat kucing Himalaya yang tepat dan benar. Dengan penanganan yang baik dari Anda, tentu hewan peliharaan akan lebih sehat, aktif dan tidak mudah sakit.

Berikut ini ialah beberapa cara yang perlu diperhatikan saat merawat kucing himalaya.

Memperhatikan Kebersihan Kandang

Tidak hanya merawat kucing himalaya, ketika Anda memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan maka perhatikanlah kebersihannya. Terutama terkait tempat tinggal dan kandang yang menjadi tempat paling sering mereka datangi.

Berikanlah tempat yang bersih dan tidak terdapat berbagai kotoran yang mengganggu. Jika terdapat kotoran dan hewan kecil yang terkontaminasi cacing lalu masuk ke dalam tubuh kucing, maka kucing akan mengalami cacingan.

Pasir Kucing

Masih dalam memperhatikan kebersihan, Anda juga harus menyiapkan pasir kucing untuk hewan peliharaan melakukan buang air. Jangan lupa untuk menyaring terlebih dahulu kotoran dan memastikan pasir diletakan dalam wadah yang tepat.

Jaga Kondisi Kucing Agar Tidak Stress

Tidak hanya manusia, Anda juga harus menjaga agar kucing selalu dalam keadaan senang dan jauh dari stress. Jika kucing mengalami stress maka akan membuat mereka jadi mudah terkena penyakit.

Beberapa ciri kucing stress yang bisa Anda ketahui ialah tidak mau makan, suka menyendiri, sering tidur lebih lama hingga lebih sering menggaruk. Untuk mengurangi rasa stress pada kucing maka Anda harus sering bermain dengan kucing dan mengelus tubuhnya.

Perhatikan Makanan dan Minuman

Jika kucing himalaya masih berusia kecil, maka berilah makanan basah yang mudah dicerna oleh kucing. Terdapat berbagai makanan kucing himalaya yang bisa Anda berikan untuk mendukung pertumbuhan kucing kesayangan.

Merk makanan instan yang bisa Anda berikan diantaranya ialah Blackwood, Vitakraft, Kit Cat dan Orijen Cat & Kitten. Makanan tersebut mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing.

Selain makanan instan, Anda juga bisa memberikan makanan alami seperti keju, ikan serta daging. Anda juga bisa menambahkan berbagai vitamin yang diperlukan untuk membuat kucing semakin sehat.

Cara Merawat Kuku dan Bulu Kucing

Kuku kucing jika dibiarkan panjang terlalu lama akan membuat mereka mudah merusak perabotan rumah. Terlebih jika sedang bercanda dengan pemiliknya akan membuat luka karena cakarannya.

Baca Juga: Cara Merawat Anak Kucing

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa kuku kucing pendek dan tidak terlalu panjang. Anda bisa menggunakan gunting kuku biasa ataupun khusus kucing. Jika memang ingin perawatan lebih, Anda bisa membawa kucing peliharaan ke petshop.

Selain kuku, cara merawat kucing persia himalaya ialah dengan menjaga kesehatan bulu. Anda bisa menyisir bulu kucing sampai rapi dan memandikannya. Dengan perawatan yang tepat, maka bulu kucing bisa terlihat lebih bersih dan sehat.

Jenis Kucing Himalaya

Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat dua jenis kucing himalaya yang bisa ditemui. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai kedua jenis kucing ini.

Ultra Face

Jenis pertama ialah Ultra Face yang merupakan kucing dengan bola mata berwarna hitam. Kucing ini memiliki sorotan mata yang tajam, wajahnya tidak selalu berwarna coklat. Beberapa kucing memiliki warna putih kotor dengan ciri khasnya yakni hidung pesek dan wajah yang nampak datar.

Kucing dengan jenis Ultra Face ini memiliki dahi yang menonjol sehingga membuat wajahnya menjadi agak cekung. Hal ini membuat kucing terlihat sangat menggemaskan dan juga lucu.

Doll Face

Seperti namanya, kucing ini memiliki bentuk yang lucu layaknya boneka. Hidungnya juga mirip seperti jenis ultra face yang memiliki hidung yang pesek dan wajah yang datar.

Wajahnya memiliki warna yang beragam bisa saja coklat dan juga putih pucat. Bola mata kucing ini berwarna biru dan memiliki sorotan mata yang lebih layu dibandingkan ultra face.

Tips Memiliki Kucing Himalaya

Ingin memiliki kucing himalaya dan tertarik untuk menjadikannya hewan peliharaan di rumah? Memilih hewan peliharaan memang bukan hal yang mudah Anda harus melakukan berbagai hal.

Anda harus mengetahui berbagai tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kucing himalaya terbaik. Berikut ini ialah beberapa tips dalam membeli kucing yang harus dilakukan.

  • Menyesuaikan budget dengan jenis kucing yang ingin dimiliki, Anda bisa membeli kucing yang baru berusia 3 bulan atau 1 tahun tergantung kebutuhan.
  • Bila memang Anda benar benar ingin memiliki kucing himalaya, maka belilah di toko hewn yang sudah terpercaya. Toko profesional ini akan merawat kucing dan memberikan yang terbaik.
  • Tanyakan apakah ada surat imunisasi dari pemilik kucing sebelumnya yang menandakan bahwa kucing sudah divaksin.
  • Melakukan perbandingan harga di pasaran sehingga Anda tidak membeli dengan harga terlalu mahal.
  • Tanyakan mengenai makanan dan perawatan apa yang cocok dilakukan pada kucing himalaya pilihan Anda
  • Melihat kredibilitas dari toko hewan maupun pemilik sebelumnya sehingga Anda tidak mengalami penipuan.

Harga Kucing Himalaya

Harga Kucing Himalaya

Dengan segala kelucuan yang dimiliki oleh kucing ini, banyak para pecinta kucing yang ingin memelihara mereka. Tak heran, sampai saat ini kucing himalaya masih menjadi salah satu jenis kucing yang cukup diminati.

Terkait dengan harga kucing himalaya memang berbeda beda sesuai dengan usia kucing dan juga perawatan lainnya yang telah dilakukan.

Berikut ini ialah rincian harga yang bisa Anda jadikan patokan

Umur Vaksin Harga
3 bulan belum vaksin Rp 800.000
3 bulan sudah vaksin Rp 1.200.000
6 bulan belum vaksin Rp 1.000.000
6 bulan sudah vaksin Rp 1.600.000
1 tahun belum vaksin Rp 1.500.000
1 tahun sudah vaksin Rp 3.000.000
Top Quality wajib vaksin Rp 15.000.000

Memiliki hewan peliharaan menjadi obat tersendiri bagi sebagian orang dan merupakan hal menyenangkan.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Diantara banyak pilihan hewan peliharaan, kucing menjadi salah satu primadona. Memiliki kucing memberikan kesenangan kepada para pemiliknya dan dapat berbagi kebahagiaan bersama.

Itulah berbagai informasi penting mengenai kucing himalaya mulai dari ciri ciri, jenis, tips hingga harga yang bisa Anda ketahui. Segera cari kucing impian Anda dan dapatkan teman bermain yang menyenangkan.

Tinggalkan komentar