Kucing Kampung

Kucing Kampung: Jenis, Harga & Cara Merawat

Diposting pada

Sebelum menentukan kucing jenis apa yang menjadi kegemaran Anda, mari lihat sekeliling Anda.

Kucing apa yang selalu ada disekeliling Anda?

Ya! Kucing Kampung merupakan kucing yang dapat ditemui dengan mudah.

Tidak jarang Anda mungkin menjumpai kucing jenis satu ini dengan mudah. Bisa saja di jalanan, pasar atau bahkan dengan tidak sengaja di pelataran rumah Anda. Tidak banyak yang tahu fakta-fakta menarik tentang kucing jenis ini, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Kucing Kampung?

Apa itu Kucing Kampung

Kucing Kampung memang terbilang mudah dijumpai di sekeliling Anda. Kucing-kucing tersebut tidak hanya satu dua, bahkan puluhan di tiap tikungan maupun sudut jalanan. Alasan utamanya, karena kucing tersebut dikategorikan sebagai kucing jalanan dan tidak banyak orang yang ingin merawatnya.

Menurut berbagai sumber, nenek moyang dari kucing itu sendiri bernama Miacis. Tidak hanya menjadi cikal bakal dari kucing jalanan, Miacis sendiri dianggap sebagai nenek moyang dari semua jenis kucing. Miacis berbentuk menyerupai seperti musang, dan ditemukan sudah berumur 50 juta tahun lamanya.

Kucing juga sudah ditemukan pada saat peradaban mesir kuno. Seperti yang Anda ketahui juga bahwa kucing dianggap hewan yang suci pada saat itu. Hampir setiap orang memelihara kucing pada saat itu.

Baca Juga: Kucing Himalaya

Hingga pada akhirnya hewan ini memiliki banyak sekali ras saat ini. Sedangkan untuk kucing jenis kampung sendiri memiliki sedikit keunikan. Kucing tanpa ras adalah sebutan untuk kucing jenis ini.

Hal ini dikarenakan kucing jenis kampung mengalami persilangan dari berbagai ras kucing, jadi sulit untuk mengetahui ras jenis yang mana kucing ini berasal. Kucing kampung juga memiliki sebutan yaitu “Moggy”. Dengan karakter jenis bulu pendek dan bulu yang bercorak ragam.

Karakteristik telinganya yang besar diikuti juga dengan badannya yang sama besar, terutama para jantan. Ekor kucing jenis ini lebih panjang dan berbulu tipis dengan warna yang beragam.

Ada penelitian baru-baru ini yang menyebutkan bahwa kucing jenis ini sangatlah mirip dengan ras kucing Tabby, Tabby sendiri merupakan kucing liar Afrika. Warna kucing Tabby yang terbilang sama, yang mana akhirnya kucing kampung dapat disebutkan sebagai hasil persilangan kucing ras Afrika ini.

Awal mulanya terjadi sebuah persilangan antara kucing liar Afrika ini dengan kucing  lokal pada masa menjinakkan kucing terdahulu. Setelah terjadinya persilangan dan menghasilkan kucing berbagai ras, yang mana akhirnya kucing ini tersebar akibat proses perdagangan jaman dahulu.

Jenis-jenis Kucing Kampung

Setelah membahas tentang asal usul kucing moggy ini. Saat ini Anda juga perlu tahu bahwa kucing moggy atau kampung ini memiliki jenisnya sendiri.

Yuk intip! Jenis kucing kampung yang ada saat ini.

Kucing Kampung Merah Bata

Kucing Kampung Merah Bata

Kucing yang banyak ditemui di pasar atau jalanan, yaitu kucing kampung merah bata. Mungkin bisa dikatakan kucing satu ini cukup viral beberapa bulan terakhir. Para penggemarnya biasa menyebutnya sebagai kucing orange.

Kucing ini terkenal sangat pemalas dan tidak pandai berburu. Kucing ini terbilang penurut dan hobi makan. Kucing kampung merah bata ini sangat lucu dan bisa Anda pelihara di rumah.

Kucing Kampung Calico

Kucing Kampung Calico

Kucing satu ini terbilang unik yaitu memiliki 3 varian warna atau disebut dengan kucing kampung Calico (telon). Hampir sebagian besar kucing jenis ini hanya berkelamin betina. Hal ini yang menyebabkan kucing jenis ini tidak pandai berburu tikus di dalam rumah.

Selain itu juga, kucing jenis ini lebih menyukai tinggal di luar dan bebas daripada harus menetap di dalam rumah. Walaupun demikian, kucing jenis satu ini cukup aktif.

Kucing Kampung Putih

Kucing Kampung Putih

Kucing kampung jenis yang ketiga adalah kucing kampung putih. Kucing ini terbilang lebih cantik dan termasuk sebagai warna kucing kampung yang bagus. Selain karena warna bulunya yang putih menyeluruh, kucing ini juga sangat aktif dan pintar.

Tapi yang cukup rumit dari kucing ini adalah ketika kucing ini kotor, karena warna bulunya yang putih mengakibatkan gampang terlihat kotor. Kebanyakan dari kucing ini sama seperti kucing telon yaitu jenis yang betina.

Kucing Kampung Hitam Putih

Kucing Kampung Hitam Putih

Kucing Kampung Hitam Putih terbilang kucing yang lumayan sulit diatur, semakin tua umurnya akan suka untuk hidup diluar. Kucing ini juga suka sekali berkelahi dengan sejenisnya.

Kucing Kampung Hitam

Kucing Kampung Hitam

Jenis-jenis kucing kampung yang kelima adalah kucing kampung hitam. Kucing yang sering dikaitkan dengan pertanda buruk ini juga termasuk kucing pemburu yang handal. Terdapat berbagai mitos aneh tentang kucing satu ini, yang mengakibatkan kucing ini terlalu menakutkan untuk dipelihara.

Walau sedikit menakutkan, kucing satu ini terbilang sangat patuh dan penurut kepada tuannya. Dan tentunya mudah dipelihara, karena bulunya yang  hitam, akhirnya tidak mudah kotor.

Kucing Kampung Putih Merah Bata

Kucing Kampung Putih Merah Bata

Kucing yang memiliki warna perpaduan yang unik antara putih dan merah bata ini merupakan kucing yang suka berkelahi dengan pemiliknya. Walau tidak terlalu suka berkelahi dengan kucing lain, kucing ini suka mencari masalah di dalam rumah.

Kucing Lokal Indonesia

Untuk Indonesia sendiri, terdapat kucing lokal Indonesia yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan karakter kucing kampung. Namun bedanya adalah kucing jenis ini merupakan kucing yang dilindungi oleh pemerintah.

Hal ini dikarenakan spesies yang langka dan biasanya berada didalam hutan belantara. Ada 3 jenis kucing lokal yang ada saat ini di Indonesia.

Jenis yang pertama adalah Bornean Red Cat, kucing yang banyak ditemui di daerah hutan Kalimantan ini juga sangat langka. Karakternya juga terlihat jelas dari namanya yaitu kucing merah borneo. Warnanya berwarna merah dan hampir menyerupai kucing dewasa.

Jenis selanjutnya adalah Leopard Cat, kucing yang hampir mirip bentuknya dengan kucing domestik. Namun dengan hiasan tutul hitam di badannya membuat kucing ini menjadi kucing yang sangat langka. Di Indonesia sendiri persebarannya hanya di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

Yang terakhir adalah Fishing Cat atau Kucing Bakau. Dinamakan demikian karena lokasi hidupnya dekat daerah lahan basah pada pohon bakau. Salah satu kucing lokal yang terancam sekali hidupnya, karena rusaknya ekosistem yang dekat dengan lahan pohon bakau adalah kucing ini.

Harga Kucing Kampung

Harga Kucing Kampung

Walau terbilang mudah ditemui, kucing kampung juga punya nominal tersendiri saat dijual. Terdapat beberapa harga yang beragam untuk kucing kampung yang  terawat dengan baik.

Walau tidak semahal kucing ras pada umumnya, berikut adalah daftar harga kucing biasa.

Ras Kucing Harga Umur
Kucing Kampung Hitam Rp. 100.000 – 150.000 3 bulan
Kucing Kampung 3 Warna (khusus Jantan) Rp. 150.000 3 bulan
Kucing Kampung Belang Telon Rp. 100.000 – 150.000 12 bulan

 

Kucing Kampung 3 Warna Rp. 250.000 4 bulan
Kucing Kampung Mix Ragdoll Rp. 350.000 3 bulan
Kucing Kampung Odd Eye Rp. 800.000 6 bulan

Harga kucing kampung yang terbilang lumayan mahal adalah kucing kampung 3 warna, Mix Ragdoll dan Odd Eye. Hal ini karena kucing ini terbilang langka dibanding kucing kampung jenis lainnya.

Baca Juga: Harga Kucing Anggora

Tapi keuntungan dari memelihara kucing kampung adalah harganya yang murah dan akan rentan dalam pencurian kucing. Karena saat ini masih saja rawan akan pencurian kucing ras dan pencuri menjualnya kembali.

Cara Merawat Kucing Kampung

Tidak ada salahnya untuk merawat kucing jenis kampung atau kucing liar seperti kucing ras pada umumnya. Selain Anda tidak perlu repot membeli kucing ini dengan mahal, Anda hanya tinggal merawat kucing yang biasa masuk kerumah Anda.

Berikut adalah cara merawat kucing kampung Anda agar berbulu cantik dan gemuk.

Makanan Kucing yang sesuai

Kucing jenis ini juga tidak asal makan semua jenis makanan. Banyak kasus kematian kucing kampung yang tidak diketahui karena kucing enggan untuk makan. Selain tidak berselera, akhirnya kucing kampung akan makan sembarang diluar rumah, tidak terkecuali rumput.

Jadi hal terpenting pertama adalah perhatikan makanan yang akan dimakan. Tentunya mencoba menjajal beberapa jenis, dan tentukan makanan yang mana yang sesuai selera kucing Anda.

Ada beberapa jenis makanan kucing yang murah dan banyak disukai kucing, seperti bold.

Periksa Kesehatan dan Psikis Kucing

Kesehatan semua jenis kucing sangatlah penting, tidak terkecuali kucing kampung. Terkadang malah kucing kampung yang rentan terkena virus, karena jarangnya melakukan vaksin terhadap kucing tersebut.

Jadi ketika Anda ingin merawat kucing Anda menjadi cantik dan gemuk, Anda harus memperhatikan kesehatannya.

Selain kesehatan fisik, kesehatan psikis juga mempengaruhi lebatnya bulu kucing. Saat kucing mengalami stress, biasanya bulunya akan mudah rontok. Dan hal itu juga bisa mempengaruhi umur kucing, dan kemungkinan bisa berujung kematian.

Memandikan dan Memperhatikan Kebersihan Kucing

Kucing kampung terbilang sulit untuk dimandikan. Selain karena kucing tersebut memang tidak terbiasa terkena air, biasanya kucing kampung suka untuk mandi sendiri dengan lidahnya.

Jadi tantangan yang berat bagi Anda untuk memandikan dan memperhatikan kebersihan kucing kampung Anda. Hal pertama yang diperhatikan dalam memilih shampo yang digunakan. Karena ditakutkan bukannya lembut, namun malah rontok hebat.

Selain itu juga, penggunaan shampo yang tepat dapat menghilangkan kutu yang biasa bersemayam di bulu kucing. Selain shampo, Anda juga harus menyiapkan cotton bud untuk membersihkan telinga kucing. Akan banyak sekali kotoran yang bersembunyi di telinganya.

Selain telinga, kuku kucing juga termasuk yang penting untuk diperhatikan. Namun untuk kuku sendiri, dapat dipotong sebelum mandi. Karena kalau tidak memotong kuku kucing sebelum mandi, akan rawan terkena cakaran kucing tersebut.

Membiasakan Menyisir Kucing

Untuk cara yang terakhir ini merupakan cara yang lebih fokus untuk membuat kucing kampung Anda halus dan lebat bulunya. Pastikanlah untuk selalu menyisir bulu kucing, tidak hanya setelah kucing mandi. Namun saat kucing tidur atau hanya bermain bersama Anda.

Karena rangsangan kasih sayang tersebut membuat kucing merasa nyaman dan tidak mudah stress. Seperti halnya manusia, kucing juga akan mudah stress saat diperlakukan dengan buruk. Itulah mengapa banyak kucing kampung yang tidak terurus terlihat lusuh.

Perhatikan Cuaca

Dalam melakukan grooming terhadap kucing, Anda juga harus memperhatikan cuaca yang ada. Karena ketika musim hujan, akan sangat tidak mudah untuk menaklukan kucing dalam memandikannya. Kucing sangat mudah sekali untuk kedinginan setelah mandi.

Baca Juga: Harga Kucing Maine Coon

Namun Anda bisa menggunakan air hangat dalam memandikan kucing untuk menghindari kucing akan kedinginan saat musim hujan.

Tidak ada salahnya, jika Anda ingin mulai memelihara kucing moggy ini. Penjelasan diatas merupakan informasi penting yang mungkin berguna bagi Anda dalam memelihara kucing kampung. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Tinggalkan Balasan