Laptop 1 Jutaan

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan teknologi untuk menunjang kegiatan pendidikan semakin meningkat. Kini, sekolah-sekolah menyarankan siswanya untuk memiliki perangkat komputer pribadi. Oleh karena itu, saat ini banyak daftar laptop murah terbaik cuma 1 jutaan yang laris manis dijual di pasaran dengan kemampuan pelajar.

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Laptop 1 Jutaan

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Laptop 1 Jutaan

Kemajuan zaman membuat teknologi semakin mudah dan terjangkau untuk didapatkan oleh siapa saja, bahkan dengan biaya rendah senilai 1 jutaan. Kira-kira apa penyebabnya? Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga laptop di pasaran :

Spesifikasi Laptop

Kompleksitas fitur laptop akan sangat mempengaruhi harga jualnya. Semakin lengkap, maka nilainya juga makin mahal. Notebook seharga 1 juta biasanya memiliki spesifikasi yang sangat standard, namun tetap mampu memenuhi fungsi dasar.

Oleh karena itu, laptop ini sangat cocok bagi para pelajar. Sebab, kebutuhan penggunaannya hanya untuk memenuhi fungsi dasar seperti kegiatan tulis menulis yang tidak terlalu kompleks. Jadi, spesifikasi seharga 1 jutaan sudahlah cukup bagi mereka.

Sistem Operasi Laptop

Laptop yang sudah memiliki sistem operasi di dalamnya, mempunyai harga lebih mahal daripada notebook DOS (masih dalam kondisi kosongan). Hal tersebut disebebakan oleh bertambahnya biaya produksi vendor akibat harus membayar tarif lisensi ke perusahaan OS.

Kebanyakan laptop seharga 1 juta biasanya dijual dalam kondisi belum memiliki sistem operasi, walaupun ada juga beberapa yang sudah. Jadi, jika Anda mendapat OS kosongan, harus membayar lagi ke penjual atau meminta jasa rental untuk menginstalkannya.

Jenis Penyimpanan Laptop

Penyimpanan laptop juga mempengaruhi mahal tidaknya harga perangkat tersebut. Model terbaru dengan kapasitas storage yang besar, tentunya memiliki harga lebih mahal. Sebab, tingginya spesifikasi perangkat tersebut berefek pada performa notebook.

Biasanya notebook seharga 1 juta, memiliki tipe penyimpanan standard yakni, HDD dengan kapasitas 320 GB dan storage speed 5400 RP.M. Spesifikasi tersebut sudah sangat cukup apabila digunakan oleh para pelajar.

Fitur Tambahan Laptop

Fitur tambahan juga menjadi aspek yang mempengaruhi nilai dari notebook. Meskipun, kehadiran perangkat tersebut sebenarnya tidak bersifat krusial dan hanya berfungsi untuk meningkatkan performa laptop. Semakin banyak extranya, biasanya memiliki harga makin mahal.

Salah satu contoh dari tambahan adalah cooler, yang berfungsi untuk mendinginkan CPU notebook. Laptop dengan harga murah 1 jutaan biasanya tidak memiliki extra pelengkap seperti itu dan hanya mengoptimalkan kegunaan fitur-fitur utama saja.

Tahun Keluaran Laptop

Tahun keluaran laptop juga sangat beRp.engaruh terhadap harganya. Semakin lama produk, maka tarifnya juga akan makin murah. Hal tersebut dikarenakan notebook tersebut telah digantikan oleh teknologi dengan versi yang lebih baru.

Notebook dengan harga sekitar 1 jutaan memiliki periode bervariasi. Akan teapi, rata-rata memiliki tahun keluaran di atas 2010.

Merk Laptop

Merk laptop tentu saja mempengaruhi harga jualnya. Brand yang sudah terkenal dan banyak diminati oleh masyarakat biasanya akan dijual lebih mahal. Contohnya adalah notebook jenis apple atau biasa disebut macbook.

Sayangnya merk tipe tersebut tidak memproduksi notebook seharga 1 juta. Beberapa brand yang menjual produk dengan harga tersebut antara lain seperti Acer, HP, Lenovo, dan lain sebagainya.

Kondisi Laptop

Kondisi laptop tentunya juga mempengaruhi nilai jualnya. Notebook sederhana dengan keadaan baru atau belum pernah dipakai bisa saja lebih mahal daripada PC keluaran lama yang bersifat bekas.

Oleh karena itu, selalu pastikan keadaan laptop sebelum memutuskan untuk membeli. Apabila ingin membeli notebook second, tanyakan kepada penjual dengan detail tentang kondisi, performa, atau cacat yang dimiliki produk tersebut.

Ketersediaan Laptop Berkualitas di Pasaran

Jumlah ketersediaan laptop berkualitas juga mempengaruhi tinggi rendahnya tarif. Notebook yang sengaja dibuat secara limited edition, diproduksi sedikit, serta bersifat custom tentunya memiliki harga lebih mahal.

Pada umumnya notebook berkualitas seharga 1 juta tidak diproduksi secara limited edition, walaupun ada beberapa perangkat dengan versi sama yang diberi desain tambahan dan dikeluarkan pada waktu tertentu.

Rekomendasi Daftar Harga Laptop Seharga 1 Juta yang Cocok Untuk Pelajar

Lenovo Ideapad S10

Notebook Ideapad S10

Notebook Ideapad S10 memiliki ukuran mini dan ringan, dengan berat 1,248 kg dan layar sebesar 10 inch. Oleh karenanya, laptop ini sangat praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja. Cocok diperuntukkan bagi para anak sekolah.

Walapun memiliki harga yang murah, spesifikasinya sudah cukup baik. Laptop tersebut telah dibekali dengan processor Intel Atom N270 1,6 GHz, memori RAM DDR 1 GB, Chipset Calistoga GME i945, kapasitas hardisk 160 GB, hingga batereai Li-Ion 3 cell 2522 mAh.

Laptop ini dibanderol seharga Rp. 1.600.000 dengan sistem operasi yang masih DOS. Akan tetapi, tarif tersebut sudah termasuk bonus untuk garansi selama 1 tahun.

Asus EEE PC 1015PX

Asus EEE PC 1015PX

Asus EEE 1015PX ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas belajar seperti membuat dokumen dan mengolah file di Microsoft office. Keunggulan dari laptop tersebut yakni, telah dilengkapi dengan processor mantap seperti Intel Atom DualCore N2800 1,86 GHz dan fitur Instant-ON.

Selain itu, laptop tersebut juga telah dibekali beberapa spesifikasi lain yang sudah cukup bagus seperti hard drive 320 GB SATA, Memory 2GB DDR3, Expansion WebCam, CardReader, RGB port, HDMI, baterai tipe Lion 6 cell rechargeable lithium ion, dan lain sabegainya.

Laptop ini memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada Lenovo Ideapad S10, namun memiliki harga sama yakni Rp. 1.600.000. Tarif tersebut belum termasuk sistem operasi, tetapi sudah mencakup garansi selama 1 tahun.

Acer Aspire One Happy 2

Acer Aspire One Happy 2

Laptop keluaran dari Acer berikut dibanderol dengan harga Rp. 1.800.000. Sangat cocok bagi para pelajar yang membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi standard. Meskipun tergolong sederhana, tetapi fitur-fiturnya sudah mampu memenuhi banyak fungsi dasar.

Laptop ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak banyak dimiliki oleh laptop lain seharga 1 juta, salah satunya yakni telah dilengkapi dengan Bluetooth. Selain itu, kelebihan lain dari perangkat komputer tersebut ialah kualitas audionya dan telah teRp.asangnya OS Windows 7 Multi-card Reader.

Selain beberapa keunggulan fitur di atas, laptop tersebut juga telah dibekali spesifikasi yang cukup baik seperti, Processol Intel Atom N570, CPU 1,6 GHz, RAM 1 GB, kecepatan memori 1066 Mhz, hard drive 320GB, port Ethernet 100 Mbit wired, headphone, dan lain-lain.

Acer Aspire One 522

Acer Aspire One 522

Laptop keluaran Acer seharga 1 juta berikutnya adalah Aspire One 552. Perangkat komputer tersebut terkenal sebagai ahlinya multimedia HD. Sebab notebook ini mampu memutar film atau video dengan resolusi 1080p, dimana hal tersebut tidak banyak dimiliki oleh pesaing sekelasnya.

Spesifikasi lain yang menunjang performa Aspire One 522 adalah fitur-fitur seperti dual core AMD fusion, APU Ontario C-50 1 Ghz, memori 2GB, DDR3, baterai 6-cell lion, sistem operasi windows 7 starter, hard disk 500 GB, HD webcam, dan lain sebagainya.

Dengan spesifikasi di atas, perangkat komputer tersebut sudah sangat mampu memenuhi kebutuhan penggunaan dari anak sekolah. Notebook dengan berat 1,30 kg tersebut dijual dipasaran dengan harga Rp. 1.900.000.

Asus EEE PC 1015B

Asus EEE PC 1015B

Selanjutnya, perangkat dengan harga notebook murah 1 juta lainnya adalah Asus EEE 1015B. Laptop ini telah dilengkapi dengan processor dual core AMD APU C50 1.0 GHz. Selain itu, ia memiliki keunggulan utama yakni baterainya hemat dan tahan lama.

Baterai dari Asus EEE PC 1015B mampu bekerja dalam kurun waktu 7,5 jam. Bahkan dengan kapasitas tinggal 5%, ia bisa bertahan hingga 30 menit lamanya. Keunggulan tersebut dikarenakan kualitas material battery yang digunakan, yakni 6 cells, 5200mAh, 56W/h)

Beberapa fitur lain yang dimiliki laptop keluaran Asus dengan harga Rp. 1.300.000 tersebut ialah RAM DDR3 1 GB, wireless data network WLAN 802.11, kamera 0,3 MP, hardisk 320GB HDD, unlimited web storage, audio high quality mic, dan lain sebagainya.

Asus K40IJ-VX198D

Asus K40IJ-VX198D

Laptop keluaran Asus selanjutnya yang cocok bagi pelajar adalah, seri K40IJ-VX198D. Perangkat komputer tersebut dibandrol di pasaran senilai Rp. 1.445.000. Dengan harga tersebut Anda telah akan mendapatkan operasi sistem bawaan berupa windows 7.

Beberapa spesifikasinya juga sudah cukup mumpuni, seperti processor core 2 duo pentium dual core dengan kecepatan hingga 2.1 Ghz, RAM 2 GB, Memori DDR2, penyimpanan HDD 320GB, dan kecepatan rotasi 5400 Rp.m.

Keunikan dari Asus seri K40IJ-VX198D tersebut ialah, memiliki ukuran yang lebih besar dari laptop-laptop sebelumnya. Ia memiliki lebar layar 14 inchi, berat 2,36 kg, dan dimensi 345 x 31 x 249.

HP Mini 110-3554TU

HP Mini 110-3554TU

Laptop rekomendasi untuk pelajar selanjutnya adalah HP Mini 110-3554TU. Notebook satu ini memiliki ukuran layar 10,1 inch, berat 1,4 kg dan dimensi 10,55 x 1,26 x 7.6 4. Harganya di pasaran dibanderol mulai dari Rp. 1.400.000

Notebook ini memiliki beberapa macam versi yang terdiri dari 3 software, yakni OS windows 7, XP, atau DOS. Selain itu, terdapat pula 2 pilihan HDD dan RAM yaitu, 160/1GB dan 320/2 GB. Anda dapat memilihnya sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

Selain itu, beberapa fitur penunjang lain yang dimiliki notebook tersebut yakni, processor Atom N270, model GPU intel graphics media accelerator 3150, kecepatan rotasi 5400 Rp.m, Ethernet 10/100 Mbps, WiFi 802.11b/g, Bluetooth, dan juga kamera.

Advan Vanbook PIN-46120S

Advan Vanbook PIN-46120S

Advan Vanbook PIN-46120S keluaran merupakan notebook murah keluaran tahun 2010 seharga Rp. 1.900.000 dengan pilihan 2 warna, yakni merah dan hitam. Ia memiliki ukuran layar 10,1 inch, berat 1,6 kg, dan resolusi layar 1024 x 600 pixel.

Hardware dari laptop tersebut terdiri dari processor intel N455 single core dengan tipe Atom dan kecepatan 1,6 GHz. Sayangnya software sistem operasi dari Advan Vanbook PIN-46120S masih DOS, sehingga Anda harus mengisinya sendiri.

Kemudian, fasilitas lain yang dimilikinya juga sudah cukup lengkap yakni baterai 6-cell 48 Whrs, kartu grafis intel integrated graphics 256 MB, RAM 1 GB, dan kapasitas HDD 250GB. Karena sudah tidak lagi mengeluarkan versi baru, Anda bisa membeli produk ini dengan harga laptop dibawah 1 juta.

Acer Aspire One Happy N578Q

Acer Aspire One Happy N578Q

Daftar laptop murah terbaik cuma 1 jutaan berikut ini cocok untuk para pelajar perempuan. Sebab, notebook tersebut hadir dengan pilihan warna cerah seperti pink, ungu, biru, dan hijau. Seri Aspire One Happy N578Q juga memiliki tampilan modis dengan layar 10,1 inch dan berat 1,25 kg.

Harga per unit Aspire One Happy N578Q di pasaran saat ini berkisar mulai dari Rp. 1.900.000. dengan tarif tersebut, Anda akan mendapatkan fasilitas seperti operating system windows 7, processor intel N570 dual core 1,6 GHz, dan RAM 1 GB 1066 MHz tipe DDR3.

Kemudian, Anda juga akan mendapatkan fitur storage 320 GB dengan tipe penyimpanan HDD dan kecepatan 5400 Rp.m, 3 port USB 2.0, graphic card memory size 256 MB, dan baterai 6 cell yang tahan kurang lebih 8 jam.

Acer Aspire One Happy N57C

Acer Aspire One Happy N57C

Seri notebook Aspire One lainnya yang memiliki kualitas dan harga terjangkau ialah N57C. Hampir sama dengan versi N578Q, model ini juga dipatok senilai Rp. 1.900.000 serta mempunyai banyak pilihan warna menarik seperti pink, ungu, hijau, dan biru dengan tambahan kombinasi putih.

Perbedaannya dengan versi N578Q adalah soal operating system bawaannya. Model ini tidak dibekali OS Windows, melainkan Linux. Jadi, jika Anda lebih terbiasa menggunakan Microsoft, sebaiknya jangan memilih notebook N57C.

Spesifikasi lain yang dimiliki oleh Acer Aspire One Happy N57C antara lain seperti, baterai 6 cell tahan hingga 8 jam, 1 hard drive storage 320 GB dengan tipe penyimpanan HDD dan kecepatan 5400 Rp.m, 3 port USB 2.0, serta rgraphic card memory size 256 MB.

Samsung XE500T1C-H01ID

Samsung XE500T1C-H01ID

Perangkat komputer rekomendasi selanjutnya adalah Samsung XE500T1C-H01ID seharga Rp. 1.850.000. Ia merupakan salah satu jenis notebook 2 in 1, yang memungkinkan keyboard laptop dapat dilepas dan monitornya dijadikan sebagai tablet.

Notebook unik satu ini, memiliki spesifikasi dasar processor Atom Z2760 dengan kecepatan 1,5 GHz dan model GPU Intel Graphics Media Accelerator. Selain itu, konektivitas dari perangkat komputer ini juga cukup lengkap dengan adanya fitur HDMI, USB 2.0, Bluetooth, dan juga kamera.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Samsung XE500T1C-H01ID adalah, sistem operasinpya cuku update. Berbeda dari notebook 1 juta lainnya, OS dari produk ini sudah mempunyai versi Windows 8.

HP Pavilion 10-f0001 au

HP Pavilion 10-f0001 au

Notebook berkualitas rekomendasi terakhir adalah HP Pavilion 10-f0001 au. Perangkat komputer tersebut saat ini dijual dalam 2 kondisi, harga baru per unitnya yakni sekitar Rp. 1.900.000. Sedangkan bekasnya biasa dijual senilai Rp. 1.300.000.

Notebook ini terdiri dari 2 versi, tipe pertama memiliki spesifikasi penyimpanan HDD 320GB. Sedangkan pilihan kedua mempunyai kapasitas storage 500 GB. Anda bebas untuk memilihnya sesuai kebutuhan.

Kemudian, notebook ini juga memiliki 2 pilihan versi, yakni dengan atau tanpa OS. Fitur lainnya yang dimiliki oleh HP Pavilion 10-f0001 au yaitu, processor AMD A4-1200 dengan kecepatan 1 GHz, RAM 2 GB, jaringan wifi 802.11 b/g/n,b konektifitas HDMI, USB 3.0, Bluetooth dan juga kamera.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal 4G

Saat ini, mencari gadget murah dan berkualitas bukanlah hal mustahil. Sebab terdapat banyak pilihan daftar laptop murah terbaik cuma 1 jutaan yang bisa Anda beli untuk menunjang kegiatan belajar para pelajar.

Tinggalkan komentar