Lembaga Keuangan Bukan Bank: Pengertian, Fungsi & Tujuan

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. LKBB merupakan solusi terkini, karena dinilai mampu menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat terkait perekonomian. Mulai dari biaya pendidikan anak hingga modal usaha pebisnis.

Layanan dan fasilitasnya pun juga tidak jauh beda dari perbankan, mulai dari menabung, meminjam, menanam saham dan masih banyak lagi lainnya.

Daftar isi:

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah lembaga atau badan yang memiliki aktivitas dalam perekonomian khususnya keuangan, baik langsung maupun tidak langsung. Fungsinya cukup banyak, salah satunya yakni memberikan pinjaman kepada masyarakat.

Dengan bergabung ke berbagai LKBB, rakyat golongan rendah bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Ajaibnya, berkat lembaga tersebut,masyarakat di kota serta desa dapat mendapatkan pinjaman bunga rendah. Itulah kenapa banyak orang rela mengantri demi menikmati layanan terbaiknya.

Lembaga Keuangan Non Bank ini sangat menguntungkan sebab keberadaannya dibutuhkan. Tidak hanya petani di desa, bahkan pemilik perusahaan besar pun memerlukannya karena LKBB mampu menyelesaikan segala masalah di bidang keuangan.

LKBB juga disukai karena persyaratan membuatnya cukup mudah. Umumnya Anda hanya perlu menyiapkan kartu identitas semisal KTP atau SIM. Mengenai syarat lengkapnya dapat menyesuaikannya tergantung lembaga yang didaftarkan. Tiap instansi memiliki aturan tersendiri yang perlu dipatuhi.

Tujuan Lembaga Keuangan Non Bank

Keberadaan lembaga keuangan ini memiliki tujuan yang mulia. Berkatnya, masyarakat (terutama golongan menengah ke bawah) dapat menikmati hidup sejahtera. LKBB membantu mereka dalam hal perekonomian sehingga rakyat pun bisa jauh lebih mandiri. Beberapa tujuan lainnya yaitu:

Menghimpun Dana Masyarakat

Salah satu tujuan lembaga keuangan non bank ialah menghimpun dana masyarakat. Keberadaannya dibutuhkan guna mengumpulkan uang guna kepentingan bersama. Institusi ini berbeda dari bank yang memiliki hak untuk memberikan layanan deposito maupun giro pada nasabah.

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking BNI

Namun, LKBB tetap bisa menyejahterakan masyarakat, antara lain, asuransi, simpan pinjam dan pegadaian. Dengan aktivitas-aktivitas tersebut, nasabah dapat memenuhi kebutuhannya dengan baik. Sebagai contoh jika tidak memiliki uang serta membutuhkan dana, maka gadaikan cincin emas.

Orang itu bisa datang ke pegadaian untuk mendapatkan dana pinjaman. Setelah mengurusi berkas-berkasnya, maka ia dapat memperoleh uang senilai barang tersebut. Melihat kasus ini, terbukti bahwa LKBB memberikan solusi terkini dengan cara yang sangat mudah.

Membantu Permodalan

Salah satu tujuan pemerintah mengizinkan LKBB berdiri adalah membantu permodalan para pengusaha. Banyak orang merasa kesulitan untuk mengembangkan usahanya dikarenakan memiliki keterbatasan modal. Akan tetapi, hal itu bisa dibereskan dengan Lembaga Keuangan Non Bank.

Lembaga itu memberikan pinjaman modal dengan biaya rendah sehingga tidak menyulitkan para pengusaha. Jika memiliki usaha dan bergabung dalam sebuah koperasi, maka ajukan pinjaman di instansi tersebut. Pengurus akan merasa senang saat memberikan informasi terkait persyaratannya.

Tujuan lembaga tidak lain untuk membantu menyediakan modal sekaligus perputaran dana di koperasi. Jadi, para anggota yang memiliki simpanan di sana juga mampu mendapatkan hasilnya. Ini akan diperoleh dalam SHU (Sisa Hasil Utang) dalam periode tertentu.

Menjamin Terjualnya Surat Berharga

Tujuan dibentuknya Lembaga Keuangan Non Bank adalah menjamin terjualnya surat-surat berharga. Setelah menghimpun dari berbagai sumber, pihaknya akan menjualnya ke pasar modal. Dari dana tersebut nantinya didistribusikan demi kepentingan masyarakat.

Didirikannya LKBB itu sejak 1972 dan sejak kemunculannya, masyarakat Indonesia memiliki kesempatan untuk membiayai para pengusaha maupun pemilik usaha kecil-kecilan. Keunggulan apabila bekerja sama dengan lembaga ini adalah resiko mengalami kerugian sangat sedikit.

Jadi, lembaga keuangan non bank itu memiliki dana dari hasil penjualan surat-surat berharga. Dalam kasus ini fungsinya ganda, selain pengumpul pihak tersebut juga menanggung segala resiko dalam pasar modal. Selain itu, saham serta serat utang juga dapat dijual secara bebas di sini.

Menjadi Perantara Antara Swasta dan Pemerintah

Seorang pebisnis umumnya akan dihadapkan berbagai persoalan salah satunya kekurangan modal. Ketika ia mencari pinjaman di pihak tertentu seperti rentenir, bunganya tergolong tinggi. Namun, terdapat solusi yakni mencari dana di LKBB yang memberikan uang dengan cara lebih praktis lagi.

Negara biasanya memiliki dana berlebih untuk dipinjamkan ke masyarakat. Pihak LKBB akan dengan sigap membantu Anda mengatasi permasalahan permodalan. Dalam praktek perekonomian, keberadaan Lembaga Keuangan Non Bank ini kerap dijadikan perantara.

Pihak tersebut akan menyambungkan permodalan antara pihak swasta dan pemerintah. Anda tidak perlu bingung dengan cara mendapatkannya, karena semua bisa dilakukan secara praktis. Apalagi dana pinjaman tersebut aman sehingga transaksinya pun menguntungkan pengusaha.

Dasar Hukum Lembaga Keuangan Non Bank

Pendirian LKBB ini secara resmi yakni sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 38/KMK/IV/1972. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu aturan tersebut diubah ke dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 280/KMK.01/1989.

Dalam prosesnya pemerintah menetapkan bahwa LKBB memiliki aktivitas umum meliputi penyediaan dan penghimpunan dana masyarakat secara tidak langsung. Hal tersebut sesuai berdasarkan Undang-undang No.7 Tahun 1992. Adanya ketetapan itu sangat mendasar serta bisa dipertanggungjawabkan.

Mengenai rincian pendanaan ini tergantung pada masing-masing instansi. Seperti yang diketahui, Lembaga Keuangan Non Bank terdiri atas beberapa jenis, antara lain, asuransi, pegadaian serta koperasi simpan pinjam. Tentu pengurus memiliki aturan dan persyaratan yang berbeda-beda.

Prinsip-prinsip yang Ada di Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Prinsip-prinsip yang Ada di Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Keberhasilan Lembaga Keuangan Non Bank (LKBB) menyejahterakan masyarakat dikarenakan lembaga ini memiliki prinsip berkualita. Berikut beberapa di antaranya:

Adanya Sistem Pelaporan Transaksi Mencurigakan

Mengapa LKBB sukses di Indonesia? Hal itu dikarenakan lembaga tersebut mengatur sistem keuangannya sangat baik. Terbukti, apabila ada kecurangan atau ketidaksesuaian antara pembukuannya admin di pusat, maka akan ditelusuri dengan baik.

Keberadaan sistem pelaporan tersebut akan memberikan bukti nyata apakah telah terjadi kecurangan atau tidak. Ketika laporan itu sesuai dan seimbang, maka dana dapat tersimpan dengan baik. Penggunaan penghitungannya pun terkadang dilakukan berkali-kali demi mencari selisihnya.

LKBB tidak membenarkan adanya kecurangan sehingga pelaporannya sistematis dan terpercaya. Karena mampu menjaga amanah masyarakat dengan baik, akhirnya rakyat pun bersedia melakukan transaksi peminjaman modal atau dana usaha di lembaga bereputasi tersebut.

Melakukan Pendekatan pada Nasabah

Lembaga Keuangan Non Bank adalah salah satu penyelesaian tercepat ketika menghadapi kendala dalam keuangan. LKBB ini terkenal dan mendapatkan banyak apresiasi karena hadir dengan cara yang elegan. Pihak lembaga akan menghubungi serta membuat nyaman anggota atau kliennya.

Jika mendapat perlakuan sopan dan baik, tentu secara otomatis menambah kepercayaan masyarkat terhadap lembaga non keuangan tersebut. Pihak karyawannya biasanya memanggil identitas klien dengan namanya. Alhasil, pelanggan merasa dispesialkan. Selain itu, layanannya pun sangat membantu.

Pinjaman yang diberikan oleh lembaga keuangan tersebut relatif rendah, jadi pihak masyarakat dapat membayarnya dengan mudah. Ketika kreditnya macet, maka lembaga terkadang memberikan kompensasi keterlambatan sehingga pelanggan merasa sangat dimudahkan.

Bentuk Usaha Lembaga Keuangan Non Bank

LKBB hadir sebagai solusi masalah keuangan Anda. Ada beberapa bentuk Lembaga Keuangan Non Bank yang ada di Indonesia. Sebelum memahami fungsinya, ketahuilah beberapa di antaranya:

  • Berbadan hukum dalam negeri yang dirintis oleh WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Berbadan hukum asing berbentuk perwakilan serta lembaga keuangan yang berkedudukan di negara lain atau luar negeri.
  • Berbadan hukum negara Indonesia berbentuk kerja sama dengan badan hukum asing.

Beberapa Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank

Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Lembaga Non Bank memiliki banyak fungsi dalam membangun peradaban manusia. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut ini:

Memfasilitasi Kredit 

Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank yaitu memfasilitasi kredit. Lembaga ini memiliki andil besar dalam memberikan layanan terbaik, untuk melakukan perputaran uang di bidang ekonomi. Bahkan, dinilai mampu menyejahterakan rakyat karena membiarkan pengusaha kecil menjalankan bisnisnya.

Lembaga Keuangan Non Bank ini memiliki dana yang akhirnya disalurkan untuk masyarakat. Jadi, anggaran di institusi tersebut diolah dalam bentuk pinjaman kepada rakyat. Uniknya, sistem tersebut memudahkan peminjam karena bunganya tidak setinggi rentenir.

Ada beberapa pilihan mulai dari koperasi pasar hingga KUD. Untuk pengajuannya sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa jaminan seperti sertifikat tanah dan juga BPKB. Namun, nominal pinjaman juga menyesuaikan dengan jaminan tersebut.

Perantara bagi Perusahaan untuk Mendapatkan Modal

Lembaga keuangan non bank juga memiliki fungsi sebagai perantara bagi perusahaan yang membutuhkan dana segar untuk menunjang bisnisnya. Sebab terkadang pebisnis mengalami kerugian dan modal yang mereka miliki tersedot habis.

Keberadaan lembaga keuangan ini memberikan solusi yang mudah. Pebisnis dapat menyelamatkan bisnisnya dengan cara mengajukan pinjaman ke LKBB. Tentu untuk mendapatkannya tidak bisa langsung cair. Namun, terdapat beberapa persyaratan yang harus dijalankan.

Bahkan modal yang akan didapat tidak hanya dari dalam negeri saja, namun pihak lembaga keuangan terus akan mencoba mencarikan uang dari luar negeri. Adanya pilihan ini memberikan solusi tepat dengan jumlah dana yang didapat akan jauh lebih banyak lagi.

Menyediakan Modal

Lembaga keuangan non bank juga menyediakan modal bagi Anda yang berencana untuk merintis sebuah usaha. Selain itu, LKBB pun memberikan uang kepada pihak tertentu setelah prestasi. Sebagai contoh, PNS memperoleh dana pensiun setelah selesai mengabdi pada bangsa.

Adanya jaminan tua ini membuat seseorang yang dulunya berjasa dapat hidup tenang. Setiap bulannya, dia mendapatkan kucuran dana. Tidak perlu takut menghadapi hari tua karena lembaga tersebut akan membantu Anda untuk menyediakan modal.

Tentu untuk mendapatkan dana pensiun ini hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai PNS. Pendistribusian tersebut umumnya dilaksanakan setiap bulan sekali. Mengenai tanggalnya, disesuaikan dengan peraturan masing-masing instansi.

Sebagai Perantara dalam Kegiatan Kredit

Fungi LKBB berikutnya yaitu sebagai perantara antara perusahaan dan pemerintah. Adanya kerja sama antara swasta dengan negara tersebut difasilitasi sehingga terjadi kesejahteraan di bidang ekonomi terus meningkat.

Namun, lembaga keuangan tersebut tidak langsung menyetujui kerja sama antar keduanya. Umumnya, pihak swasta akan dilakukan survey terlebih dahulu dan dilihat apakah boleh mengajukan kredit ke negara atau tidak. Untuk waktunya sendiri menyesuaikan dengan pihak terkait.

Penyeleksian ini digunakan agar perputaran modalnya bisa kembali dan tidak macet di tengah jalan. Oleh karena itu, lembaga keuangan non bank akan memberikan berbagai persyaratan yang masuk akal. Namun, syaratnya tidak terlalu sulit sehingga pebisnis dapat mengembangkan perusahaannya.

Mendorong Perkembangan Perekonomian

Lembaga keuangan non bank seperti koperasi simpan pinjam dapat mendorong perekonomian bangsa. Dengan mengadakan kredit untuk rakyat kecil, masyarakat pun akan mampu merintis usahanya, sehingga secara otomatis hidupnya bisa lebih baik dibanding sebelumnya.

Kredit memang beresiko, karena jika tidak dikelola dengan baik akan merugikan pihak peminjam. Namun apabila ini digunakan untuk kepentingan usaha, perputaran dananya bagus sehingga peminjam bisa membayar hutangnya di tempat tersebut.

Keuntungan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan taraf hidup. Jika usahanya maju maka bisnispun akan meluas. Secara tidak langsung, fungsi dari lembaga keuangan non bank tersebut akan mendorong perekonomian bangsa.

Mendorong Daya Saing

Salah satu fungsi yang dimiliki oleh lembaga keuangan non bank adalah mendorong daya saing, khususnya bagi pebisnis. Pengusaha adalah salah satu pihak yang paling banyak menggunakan jasa di lembaga keuangan. Dengan melakukan pinjaman usaha, mereka akan lebih terpacu untuk sukses.

Sebuah usaha tentunya didirikan demi meraih keuntungan. Sayangnya, terkadang kompetitor hadir sehingga daya beli masyarakat pun akan terbagi. Oleh karena itu, semua pengusaha dituntut agar lebih bersemangat untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Jika tidak berhasil, tentu ini bisa merugikan sebab itu berpotensi membuat pembayaran hutang ke LKBB pun terhambat. Oleh karena itu, pebisnis akan memutar otak sehingga bisnisnya lancar hingga mendapatkan omset yang lebih tinggi untuk menutupi pinjaman.

Mendukung Ekspor Industri

Fungsi lembaga keuangan non bank ialah ikut mendukung aktivitas ekspor. Hal ini bisa terjadi karena, pihak swasta yang membutuhkan dana mendapatkan bantuan sehingga mampu menjual produknya ke luar negeri. Sebab, tidak semua pengusaha berasal dari keluarga terpandang.

Terkadang pengusaha yang berlatar belakang dari keluarga miskin berkeinginan untuk mengekspor barang ke luar negeri. Sayangnya, dananya belum mencukupi karena ongkos kirim dan pengadaan produk tidak murah. Berkat lembaga keuangan tersebut, kini semua bisa merealisasikan impiannya.

Barang yang dianjurkan untuk diekspor adalah produk buatan negeri selain migas. Dengan meningkatkan kegiatan tersebut, pemerintah akan diuntungkan karena mampu meningkatkan devisa negara, menyediakan lapangan kerja, serta mampu mengenalkan karya anak Bangsa di mata dunia.

Melakukan Aktivitas Lain di Bidang Keuangan

Salah satu fungsi lembaga keuangan non bank adalah melakukan aktivitas lainnya yang masih memiliki kaitannya dengan perekonomian. Kegiatannya harus mendapatkan izin dari pemerintah atau menteri keuangan lainnya. Jadi, sifatnya cukup fleksibel karena mampu menunjang bidang ekonomi.

Diberikannya izin ini agar Indonesia tumbuh menjadi negara makmur. Seperti yang dketahui, dibandingkan dengan negara tetangga lainnya, bumi pertiwi masih berjuang untuk maju. Keberadaan LKBB akan memberikan pengembangan potensi, terutama bagi pebisnis.

Macam-macam Lembaga Keuangan Non Bank

Macam-macam Lembaga Keuangan Non Bank

LKBB dapat memudahkan kehidupan seseorang. Sebelum mantab menggunakan jasanya, ketahui macam-macam lembaga keuangan bukan bank. Berikut beberapa di antaranya:

Perum Pegadaian

Perum Pegadaian adalah badan usaha milik negara yang memiliki fungsi mendistribusikan kredit kepada masyarakat. Tujuan didirikannya lembaga itu agar rakyat tidak terbebani dengan para rentenir. Pihak tersebut umumnya bersedia meminjamkan orang uang, namun bunganya pun sangat tinggi.

Ada beberapa tugas dari perum pegadaian. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang ada di Keputusan Menteri Keuangan No.KEP-39/MK/6/1/1971 mengenai Perum Pegadaian. Berikut adalah penjelasannya:

  • Melakukan pembinaan ekonomi khususnya pada masyarakat mengenai cara pendistribusian kredit. Di sini diterapkan prinsip hukum gadai. Sasarannya adalah seperti rakyat menengah ke bawah seperti kepada, petani, nelayan, pedagang kecil serta industri kecil potensial. Selain itu, karyawan dan pegawai negeri yang mempunyai kondisi ekonomi di bawah standar diperbolehkan meminjam dana.
  • Ikut dalam pencegahan praktik pinjam-meminjam ala rentenir. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian masyarakat menengah ke bawah.
  • Penyalur kredit yang berfaedah kepada masyarakat dengan keterbatasan ekonomi.
  • Ikut serta dalam pembinaan mengenai perkreditan yang benar agar masyarakat mengetahui dengan baik informasinya.

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam adalah bagian LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank) yang beroperasi di Indonesia. Lembaga ini berbadan hukum serta difungsikan untuk membantu perekonomian bangsa. Keberadaannya memiliki peran penting dalam perkembangan masyarakat.

Prinsipnya ialah simpan pinjam yang bisa digunakan secara demokrasi oleh anggota koperasi. Apabila ingin menggunakannya, pastikan bergabung ke lembaga tersebut. Persyaratannya tidak terlalu sulit karena didirikan demi mensejahterakan masyarakat.

Koperasi ini memiliki sifat unik karena pemasukannya bersumber dari pinjaman yang diperoleh dari anggotanya. Selanjutnya, dana tersebut dapat disalurkan kembali kepada non-anggota maupun anggotanya dengan syarat tertentu. Ada beberapa contoh koperasi simpan pinjam, antara lain:

  • Koperasi Pasar

Koperasi pasar adalah lembaga yang diawasi secara langsung oleh pihak pedagang di sebuah area. Lembaga ini memiliki beberapa jenis antara lain, koperasi primer, koperasi sekunder dan koperasi tersier. Pembagian itu berdasarkan jumlah anggotanya.

Selain itu, LKBB itu juga terbagi ke 2 kategori menurut fungsinya yakni,: koperasi pasar fungsional serta koperasi struktural.

  • Koperasi Serba Usaha

Koperasi ini beranggotakan banyak orang dan berlandaskan prinsip menyeejahterakan rakyat. Usahanya berjalan di bidang ekonomi seperti pengkreditan, produksi, konsumsi. Keberadaannya menganut ekonomi kerakyatan yakni kekeluargaan.

Ada syarat yang harus dipenuhi apabila ingin menjadi anggotanya, yakni Perorangan (orang yang bersedia menjadi anggota koperasi tanpa sukarela). Kedua badan hukum, yakni koperasi yang menjadi bagian anggota dalam koperasi dengan lingkup lebih luas.

  • Koperasi Unit Desa

Koperasi unit desa adalah salah satu koperasi yang ada di Indonesia. Lembaga ini hadir demi memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Kegiatannya yakni mendistribusikan produksi semisal hasil pertanian milik para petani.

Selain itu, institusi tersebut juga membimbing warganya sehingga dapat meningkatkan usahanya. Masalah utama di pedesaan umumnya alat-alatnya masih tradisional jadi menghambat perekonomian.

Perusahaan Modal Venture

Modal venture merupakan pendanaan yang sengaja disediakan bagi investor dari pihak swasta. Lembaga itu sangat menguntungkan karena mampu mengembangkan usaha menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah startup. Perusahaan ini memiliki potensi besar untuk memakmurkan bangsa.

Tidak semua startup mendapatkan hak peminjaman dana itu. Namun, lembaga tersebut juga menargetkan perusahaan dengan tingkat pertumbuhan baik serta potensial. Hal itu dilakukan demi perputaran uang yang maksimal. Pendanaan ini berbeda dari pinjaman pada umumnya.

Pinjaman menargetkan pebisnis dan dilakukan dengan cara memberikan dana dan harus dikembalikan dalam tempo tertentu. Sedangkan modal ventura ini membuat pihak yang meminjamkan tersebut memiliki hak terhadap perusahaan tersebut.

Perusahaan Leasing

Leasing adalah salah satu lembaga yang memberikan dana dengan menggunakan sistem kontrak sewa dan pembelian memakai angsuran kepada perorangan atau perusahaan. Terdapat beberapa perusahaan terkenal di Indonesia antara lain:

  • BFI Finance
  • Astra Credit Companies (ACC)
  • BCA Finance
  • Summit Oto Finance
  • Indomobil Finance Indonesia
  • Federal International Finance (FIF)
  • Adira Dinamika Multi Finance, Tbk

Pasar Modal

Pasar modal ialah tempat bertemunya antara yaitu investor, sang pemilik dana dengan emiten, yakni badan usaha yang memerlukan uang serta mengeluarkan surat berharganya untuk dijual secara bebas. Selain itu, Anda akan menemui beberapa pihak ikut andil dalam pasar modal tersebut.

  • Penjamin Emisi

Kehadiran penjamin emisi di pasar modal mempunyai peran cukup penting, sebab pihak tersebut mempunyai tanggung jawab saat wanprestasi yang dilakukan oleh emiten. Ketika di bursa efek, Anda dapat menemukannya berupa bank investasi, perusahaan pialang, maupun bank komersial.

  • Broker

Di setiap kegiatan penjualan serta pembelian surat berharga di bursa efek Indonesia, Anda mungkin menemukan broker atau pialang. Pihak tersebut memiliki peran utama sebagai perantara jual beli antara pihak investor dengan emiten.

  • Manajer Investasi

Selain beberapa poin di atas, Anda mungkin dapat bertemu dengan manajer investasi yang tugas mengelola dampak dari para nasabah yang telah berinvestasi.

Perusahaan Dana Pensiun

Perusahaan Dana Pensiun merupakan salah satu lembaga yang memberikan jaminan terbaik untuk masa tua. Hal itu dilakukan dengan cara mengumpulkan uang sejumlah tertentu per bulannya dari gaji seorang PNS.

Dari uang tersebut. nantinya diserahkan kembali kepada masyarakat saat ia tidak bekerja lagi atau pensiun. Dilakukannya penghimpunan dana ini adalah agar karyawan mempunyai dana setiap bulannya. Keberadaan uang itu adalah tabungan jangka panjang. Berikut adalah contohnya:

  • BPJS Ketenagakerjaan
  • DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan)
  • DPPK (Dana Pensiun Pemberi Kerja)
  • Taspen
  • Asabri

Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah perjanjian yang dilakukan dengan cara si penanggung mengikatkan diri kepada pihak tertanggung. Sebagai gantinya, ia akan menerima premi sebagai ganti ruginya. Jenisnya bisa bervariasi mulai dari asuransi biaya pendidikan hingga asuransi jiwa.

Asuransi yang ada di Indonesia ini dibedakan menurut kebutuhan konsumen. Pembayarannya pun berbeda-beda bergantung dengan paket pada masing-masing perusahaan. Berikut adalah beberapa jenisnya:

  • Asuransi Pendidikan 

Asuransi pendidikan adalah asuransi yang kehadirannya sangat penting bagi masa depan. Hal itu disebabkan masyarakat memiliki anggapan ini dapat menjamin pendidikan anak menjadi lebih baik. Dengan menyetorkan uang setiap bulannya, seseorang bisa menyekolahkan buah hatinya.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ialah kategori asuransi yang memberikan sejumlah dana atas kematian seseorang yakni pihak tertanggung. Hal itu direalisasikan dengan pemberian profit secara finansial. Ada banyak perusahaan asuransi terkenal di Indonesia yang bisa menguntungkan ahli waris, ketika keluarganya meninggal dunia.

  • Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang ini sangat terkenal yakni pihak perusahaan memberikan penanggungan, karena permasalahan kesehatan dialami oleh penanggung. Anggota asuransinya akan diberikan pelayanan terbaik yakni melindungi serta menanggung pembayaran biaya rumah sakit. Ada beberapa kasus seperti, cacat, cidera, sakit, dan kecelakaan tunggal di jalan raya.

Perusahaan Anjak Piutang

Peran utama perusahaan anjak piutang adalah mengurus piutang Hal ini dilakukan sesuai kesepakatan dengan pihak yang memiliki piutang. Usaha itu berkaitan dengan cara pengelolaan dana perusahaan, yang mana akan disesuaikan permintaan pihak kreditor.

Aktivitas perusahaan anjak piutang ini berdasarkan surat keputusan dari Menteri Keuangan Nomor1251/KMK.013/1988. Mengacu pada aturan tersebut, ada beberapa hal yang perlu diketahui, yakni:

  • Mengambil alih sebuah tagihan milik perusahaan dengan syarat yakni membayarkan fee.
  • Membeli piutang perusahaan perdagangan sesuai kesepakatan dengan pihak penjualnya.
  • Sebagai pengelola kredit perusahaan yang mana perusahaan anjak piutang mengurus segala kegiatan kreditnya berdasarkan kesepakatan di awal.
  • Tujuan utamanya adalah mencari profit. Keuntungan milik perusahaan ini berasal dari berbagai biaya yang dibebankan terhadap kliennya. Selanjutnya, dari profit tersebut inilah perusahaan anjak bisa menutup kegiatan operasionalnya.

Manfaat Lembaga Keuangan Non Bank

Manfaat Lembaga Keuangan Non Bank

Lembaga Keuangan Non Bank ini didirikan karena memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Selain menyediakan pinjaman, LKKB juga memberikan hak pada anggotanya. Berikut beberapa manfaat lembaga keuangan bukan bank di antaranya:

Memberikan Dana Kepada Masyarakat

Lembaga non bank ini menyediakan dana kepada masyarakat dengan cara elegan yakni menerbitkan surat-surat berharga. Kemudian pihaknya mendistribusikan kembali uang tersebut demi memberikan modal bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Jika perusahaan mendapatkan modal secara sementara dari lembaga tersebut, pebisnis dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan baik. Keberadaan LKBB ini sangat memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan suatu usaha. Apabila perputaran uangnya baik, maka pengusaha bisa meraih untung.

Baca Juga: Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Sebaliknya, jika perputaran dana usahanya kurang lancar, secara tidak langsung akan mempengaruhi pembayaran hutang ke lembaga no bank tersebut. Oleh karena itu, persyaratan peminjaman modal memiliki syarat tertentu, salah satunya apakah bisnis yang dijalankan potensial untuk maju atau tidak.

Memberikan Kesejahteraan Masyarakat

Lembaga Keuangan Bukan Bank memiliki manfaat karena mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Rakyat dengan penghasilan pas-pasan terkadang memiliki kendala ketika membayar tagihan atau membeli kebutuhan pokok sehari-hari. Namun, kini LKBB dapat menyelesaikannya.

Anda bisa menggadaikan barang di pegadaian tanpa repot. Dibandingkan meminjam di rentenir dengan bunga sangat tinggi, metode itu lebih mudah serta aman. Persyaratannya adalah melampirkan identitas diri serta membawa barang bernilai seperti emas atau barang elektronik.

Pegadaian ini sangat populer karena mampu menangani permasalahan yang dialami seseorang. Terdapat beberapa kategori antara lain, pegadaian syariah, gadai emas dan pegadaian konvensional. Setiap instansi memiliki aturan berbeda-beda.

Memberikan Anggota Haknya

Lembaga Keuangan Non Bank ini juga bermanfaat bagi masyarakat karena mampu mendistribusikan hak anggotanya dengan baik. Salah satunya bisa dilihat pada sistem di koperasi. Jenis LKBB tersebut dapat memperoleh haknya, antara lain, menjadi pengurus, menyatakan pendapat serta memanfaatkannya.

Adanya pemberian hak tersebut karena pihak lembaga memahami secara baik aturannya. Selain itu, anggota akan menerima SHU sesuai dengan besaran dana yang digelontorkan. Makin besar uangnya, semakin berpotensi mendapatkan banyak keuntungan di periode akhir.

Keberadaan koperasi yang ialah salah satu lembaga keuangan negara ini merupakan opsi terbaik. Berkat adanya LKBB, semua orang akan menjadi lebih sejahtera karena keuntungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhannya. Pemberian hak itu sangat menguntungkan.

Menyediakan Pinjaman

Salah satu manfaat menggunakan lembaga keuangan non bank adalah tersedianya pinjaman untuk masyarakat. Tidak hanya pebisnis atau karyawan diperbolehkan guna mengambil dana di salah satu institusi yang dipilih. Dengan meminjam, ia akan memiliki potensi guna mengembangkan bisnisnya.

Jenis Lembaga keuangan non bank bermanfaat, namun persyaratannya akan bervariasi berdasarkan instansinya. Ketika pencairan dana, Anda diinformasikan mengenai batas waktu peminjaman beserta ketentuan lainnya. Agar mampu membayarnya, usahakan mengambil sesuai kemampuan pribadi.

Pinjaman di lembaga keuangan non bank ini menyenangkan dan relatif praktis karena semua orang berpotensi bisa mendapatkannya. Dengan aliran dana dari LKBB, mereka dapat meraih kesuksesan di bidang masing. Bahkan ada potensi meningkatkan devisa negara.

Menciptakan Kebersamaan

Manfaat Lembaga Keuangan Non Bank ini mampu merekatkan antar individu sehingga seseorang bisa lebih peduli dengan sesamanya. Sebagai contoh ketika pebisnis menyimpan dananya di koperasi, pengurus akan menyalurkan ke anggota lainnya yang membutuhkan.

Penyimpanan dana di koperasi ini menunjukkan bahwa orang tersebut memikirkan kepentingan rakyat. Menariknya, kegiatan itu juga bisa menguntungkan pemilik modal karena di akhir periode akan mendapatkan SHU. Adanya manfaat itu tentu memacu untuk lebih mengembangkan usahanya.

Tidak mengherankan jika pemerintah mencanangkan masyarakat untuk menggunakan layanan yang diberikan oleh Lembaga Keuangan Non Bank. Keberadaannya pun mampu memakmurkan rakyat secara tidak langsung karena dananya diperoleh dari pihak lain.

Memperlancar Proses Pembangunan Bangsa

Salah satu manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah mampu memperlancar proses pembangunan negara, karena secara tidak langsung memberikan kemakmuran bagi bangsa. Hal itu dikarenakan permodalan yang diberikan oleh institusi ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Pebisnis sukses akan menggunakan pinjaman dari LKBB demi menaikkan omsetnya. Kebanyakan pelaku usaha berani meminjam, karena telah memperhitungkan mengenai tagihannya. Jadi, ia tetap bisa membayar pinjaman dengan keuntungan yang dihasilkan dari usahanya tersebut.

Ketika pebisnis mampu mendirikan usaha, umumnya akan mempekerjakan banyak orang sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan. Lambat laun, orang-orang di sekitarnya pun menjadi lebih sejahtera dibandingkan sebelumnya. Dengan LKBB, pebisnis dapat memakmurkan bangsa.

Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank

Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Selain menyediakan dana pinjaman, lembaga ini juga memberikan hak anggotanya secara adil. Agar mengetahuinya secara mendalam, sebaiknya Anda melihat contoh-contohnya:

Taspen

Taspen adalah salah satu lembaga keuangan non bank yang ada di Indonesia. Namun, tidak semua orang dapat mendaftarkan menjadi pesertanya, karena PT. Taspen ini dikhususkan bagi para Pegawai Negeri Sipil saja. Jika bekerja di swasta, maka tidak akan diterima.

Apabila Anda seorang PNS, secara otomatis terdaftar di PT. Taspen. Selanjutnya, terdapat potongan gaji guna membayarkan iuran dana pensiun itu. Dana tersebut oleh PT. Taspen akan dikelola sebagai investasi guna diputar kembali untuk masyarakat (semisal uang pinjaman rakyat).

Adanya dana pensiun yang dikelola oleh PT Taspen memberikan kemudahan bagi pensiunan, tokoh pengabdi negara. Mereka tidak perlu takut menghadapi masa tua karena kebutuhan sehari-hari dapat tercukupi dengan baik. Bahkan bila mampu berinovasi, uang tersebut bisa dipakai untuk usaha.

BPJS

BPJS adalah salah satu Lembaga Keuangan Non Bank yang paling populer. Kini banyak orang menggunakan layanan ini karena mampu mensejahterakan masyarakat. Apabila sakit, Anda tidak perlu khawatir dengan biayanya sebab akan dibiayai hingga sembuh.

Pembiayaan ini dapat dilakukan karena setiap bulannya Anda harus membayarkan iuran sebesar paket yang dibayarkan. Di BPJS terdapat 3 tarif dan bisa disesuaikan dengan kemampuan. Biayanya terbagi menjadi 3 kelas yakni kelas III, II dan I. Itu akan mempengaruhi fasilitas saat berada di klinik kesehatan.

Pasien dari masyarakat menengah bawah kini bisa terobati sakitnya karena anggaran yang terkumpul di BPJS. Lembaga itu bertanggung jawab ke petinggi negara yakni Presiden secara langsung. Sistemnya sangat baik sehingga rakyat merasa nyaman ketika menggunakan layanan berbayar tersebut.

BCA Finance

BCA Finance adalah contoh LKBB yang bermanfaat. Dengan layanannya, masyarakat dapat hidup lebih nyaman. Salah satu produknya adalah car financing. Jadi, pihak perusahaan akan memberikan kemudahan hingga klien mendapatkan mobil disertai biaya terjangkau.

Uniknya, BCA Finance ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan mobil baru atau bekas sesuai kebutuhan. Masyarakat yang berkenan menginginkan kendaraan tersebut diharuskan memenuhi persyaratan. Salah satunya ialah berkewarganegaraan Indonesia serta usia saat lunas adalah 64 tahun.

Dokumen BCA Finance ini menguntungkan karena prosesnya cukup cepat. Selain itu, cicilannya lumayan rendah, jadi tidak memberatkan ketika pembayarannya setiap bulan. Bila membutuhkan kendaraan untuk memenuhi kebutuhan, jangan ragu menggunakan Lembaga Keuangan Non Bank.

Summit Oto Finance

Summit Oto Finance didirikan pada tahun 1990. Lembaga keuangan non bank ini dulunya bergerak di bidang pembiayaan sewa guna usaha dan mempunyai nama PT. Summit Sinar Mas Finance. Akan tetapi, di tahun 2003 perusahaan itu mengubah bisnisnya menjadi pembiayaan kendaraan bermotor.

Perusahaan yang membiayai kendaraan ini memiliki kebebasan untuk membiayai segala merk motor. Menariknya, hingga tahun 2013 sudah ada 171 cabang bisnis milik Summit Oto Finance. Tidak hanya itu saja, lembaga itu juga bekerja sama dengan pihak penting seperti bank serta PT. Pos Indonesia.

Summit Oto ini memiliki peranan penting untuk mensejahterakan masyarakat. Seseorang yang tidak memiliki cukup dana membeli motor dapat memilikinya dengan cara mencicil tiap bulan. Menggunakan kendaraan tersebut, ia bisa beraktivitas atau bahkan menjadikannya sumber penghasilan.

Gadai Emas di Pegadaian

Lembaga Keuangan Non Bank yang populer dan memiliki manfaat bagi rakyat Indonesia adalah Pegadaian. Jika membutuhkan dana segar dan bersedia untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, Anda bisa menggadaikan emas di Pegadaian. Cara ini cukup efisien karena dapat dilakukan dengan cepat.

Harga emas umumnya naik terus sehingga investasi emas sangat disarankan. Jika memiliki perhiasan tersebut, sewaktu-waktu Anda bisa menggadaikannya. Syaratnya cukup mudah yakni dengan datang langsung ke kantor sambil membawa barang itu sambil membawa emas dan suratnya.

Surat ini adalah bukti bahwa emas tersebut asli dan dapat dijual kembali. Umumnya, dana yang dikucurkan oleh pihak pegadaian sebesar 86,5 % dari harga aslinya. Selain itu pastikan membawa KTP atau identitas diri Anda. Jika perhiasannya original, maka bisa langsung mendapatkan uang.

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi ada banyak macamnya, salah satunya koperasi simpan pinjam. Lembaga keuangan non keuangan non bank ini mampu memakmurkan masyarakat. Terbukti, para anggotanya bisa merealisasikan usahanya berkat pinjaman LKBB tersebut. Berikut beberapa jenisnya:

  • Simpanan Pokok

Simpanan Pokok adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh setiap anggota kepada koperasi, saat masuk dan mendaftarkan diri menjadi anggota. Jenis ini tidak bisa diambil selama masih terdaftar sebagai anggota.

  • Simpanan Wajib

Simpanan Wajib adalah dana yang jumlahnya tidak sama dan sifatnya wajib dibayar oleh anggota koperasi dalam kesempatan tertentu. Jenis simpanan ini dapat diambil asalkan masih menjadi anggota. Namun, ada persyaratan dan ketentuan sebelum pengambilan.

  • Tabungan Koperasi

Tabungan Koperasi adalah simpanan secara sukarela dan penarikannya hanya bisa dilakukan apabila anggota mempunyai kuasa yakni menggunakan Buku Tabungan Koperasi miliknya.

Ada berbagai hal penting yang harus Anda ketahui. Jadi, jika berkenan mengambilnya di akhir masa periode di koperasi, secara otomatis akan Anda memperoleh hak untuk mengambil keputusan dalam rapat. Ini adalah hak istimewa bagi pemilik tabungan tertentu.

  • Simpanan Berjangka Koperasi

Simpanan Berjangka Koperasi adalah simpanan yang disetorkan sekali setiap waktu tertentu, berdasarkan perjanjian antara penyimpan dengan koperasi.

Terdapat berbagai syarat perlu Anda pahami, salah satunya yakni membayar setoran minimal. Selain penyimpan sebaiknya memiliki tabungan koperasi. Berbeda dari simpanan wajib, jenis itu tidak dapat ditarik uangnya sebelum periodenya berakhir.

Berkat koperasi, seseorang dapat menyimpan dananya dengan aman. Bahkan, ia juga dapat menerima keuntungan. Hal ini bisa diterima karena uang tersebut diputar oleh pihak koperasi untuk dipinjamkan ke masyarakat yang membutuhkan.

KUD (Koperasi Unit Desa)

Koperasi Unit Desa adalah salah Lembaga Keuangan Non Bank yang bermanfaat. Lembaga ini mampu membawa perubahan besar bagi masyarakat pedesaan. Terbukti, para petani kini bisa meningkatkan pendapatannya karena hasil produksi diawasi langsung oleh pihak pengurusnya.

KUD ini memiliki banyak fungsi yang mampu mensejahterakan masyarakat terutama anggota koperasi. Berikut adalah beberapa perannya:

  • Menyediakan Barang atau Jasa

Koperasi Unit Desa merupakan saran terbaik yang bisa dimanfaatkan rakyat. Lembaga keuangan non bank tersebut menjual berbagai produk mulai dari beras hingga bumbu dapur.

Dibandingkan dengan kios-kios di sekitarnya, harganya relatif murah jadi memudahkan masyarakat kecil memenuhi kebutuhan. Memang perbedaannya tidak terlalu banyak, tetapi jika dikalkulasikan akan lumayan menghemat pengeluaran harian.

  • Mengolah Sekaligus Memasarkan Hasil Produksi

Koperasi Unit Desa adalah solusi terbaik yang didirikan di pedesaan. Betapa tidak, berkat KUD para petani dapat mendapatkan keuntungan lebih, karena produksi panen dibeli langsung dengan harga lumayan.

Dibandingkan dibeli oleh juragan atau pihak lainnya, profitnya umumnya sedikit lebih banyak. Koperasi tersebut tidak hanya mempromosikan hasil pertanian, namun pihaknya juga mengolahnya sehingga bernilai tinggi.

  • Memberikan Pinjaman Dana Disertai Bunga yang Rendah

Lembaga Keuangan Keuangan Non Bank menyediakan pinjaman bagi masyarakat di desa yang membutuhkan uang untuk berbagai keperluan.

Berita baiknya, bunganya cukup rendah jadi tidak akan menyulitkan para petani atau pedagang di sana. Apalagi syaratnya relatif mudah sehingga rakyat merasa dimudahkan. Berkat LKBB, rakyat dapat hidup lebih makmur.

  • Memberikan Edukasi Terkait Pengelolaan Barang

Kebanyakan anggota Koperasi Unit Desa memiliki profesi sebagai petani atau pedagang di pasar. KUD pun mensejahterakan masyarakat dengan cara mengedukasi mengenai pengolahan hasil pertanian sehingga rakyat memiliki keterampilan tambahan.

Dengan keahlian tersebut, mereka dapat menambah penghasilan karena produk olahannya dapat dijual. Sebagai contoh, jagung diolah menjadi snack kering lezat dan awet. Jajanan ini akan bernilai lebih dibandingkan menjualnya dalam bentuk bahan mentah.

Bursa Efek Indonesia

Salah satu LKBB lainnya adalah Bursa Efek Indonesia. Lembaga ini ikut serta dalam mempromosikan surat-surat berharga. Di sini Anda juga bisa menjual saham, obligasi, maupun surat hutang. Hanya surat dari oleh pihak pemerintah saja yang dapat diperdagangkan dalam pasar modal tersebut.

Baca Juga: Cara Daftar BRI Mobile

Bursa Efek Indonesia hadir demi menyejahterakan masyarakat. Terbukti, berkat sarana tersebut dapat digunakan guna menjual aset terpenting yang dimiliki sehingga dananya mampu dialokasikan untuk usaha atau keperluan lainnya. Adanya pasar modal ini ikut mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Demikian penjelasan mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank yang perlu Anda ketahui. Dapat disimpulkan, keberadaan LKBB ini mampu memakmurkan bangsa. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, kehadirannya pun juga bisa mendatangkan devisa bagi negara.

Tinggalkan komentar