Lembaga Sosial

Lembaga Sosial: Pengertian, Fungsi, Jenis & Contoh

Diposting pada

Bicara tentang lembaga sosial, pengertian, fungsi, jenis dan contoh lembaga sosial, keberadaannya haruslah dipahami oleh masyarakat. Kehadirannya memiliki fungsi cukup banyak bagi kehidupan lingkungan sekitar sehingga ini wajib diketahui, apalagi perannya mampu memberikan faedah.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Lembaga Sosial

Sebelum beranjak ke manfaat serta jenis-jenisnya, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa pengertian dari lembaga sosial ini. Terdapat beberapa tokoh terkenal yang mendefiniskan tentang lembaga sosial. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Koentjaningrat

Pengertian lembaga sosial menurut Koentjaningrat ialah sistem yang berhubungan dengan berbagai aktivitas di masyarakat. Ini bertujuan memenuhi beragam kebutuhan manusia secara spesifik. Ia mendefinisikan bahwa keberadaan tata kelakuan tersebut bersifat menyeluruh.

Karena berupa sistem, maka lembaga sosial ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama pada aktivitas yang sifatnya khusus. Bisa dikatakan, keberadaannya hadir bukan hanya mengatur dan memberikan pedoman, namun terdapat pemenuhan dalam himpunan tersebut.

Pemenuhan kebutuhan dalam himpunan ini merupakan manfaat adanya lembaga sosial. Apabila terdapat masyarakat yang membutuhkannya. Sistem berlaku secara otomatis usai diberlakukannya aturan. Tentu untuk menciptakannya dibutuhkan musyawarah dahulu.

Soerjono Sukanto

Menurut Soerjono Sukanto, lembaga sosial ini ialah himpunan yang asalnya dari berbagai norma atau tindakan masyarakat didasarkan oleh kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Senada dengan Koentjaningrat, Sukanto menggarisbawahi bahwa manusia membutuhkan sistem.

Baca Juga: Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Sistem ini dikemas dalam bentuk himpunan yang mengatur tata kelakuan masyarakarat. Keberadaanya sangat penting sebab adanya lembaga sosial mampu memberikan kesempatan pada warga untuk memilah-milah mana hal baik dan benar. Definisi ini mengandung makna cukup luas.

Keberadaan lembaga sosial bukan hanya sebagai wadah, namun sistemnya bersifat menyeluruh hingga mampu memenuhi kebutuhan dasar para penggunanya, yakni masyarakat. Pengertian lembaga sosial menurut para ahli harus diresapi secara hati-hati agar mampu memahaminya.

WG Summer

Summer menyatakan bahwa lembaga sosial ialah sikap, tindakan, cita-cita dan berbagai peralatan budaya yang bersifat kekal. Sistem ini difungsikan dalam waktu cukup lama dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Definsi itu dilihat dari perspektif kacamata budaya.

Adanya sisi lain dari sudut pandang kebudayaan ini sejatinya sebenarnya tak jauh beda dengan definisi sebelumnya. Baik Koentjaningrat maupun Summer memiliki pengertian sama terkait tujuan akan lembaga sosial. Hanya saja, di sini lebih ditekankan pada aspek budayanya.

Lembaga sosial dianggap sebagai cita-cita karena tujuan didirikannya sistem tersebut untuk memenuhi kebutuhan utama masyarakat. Apabila masyarakat terpenuhi keinginannya, kehidupan bermasyarakat pun akan menjadi jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, lembaga sosial adalah aturan khusus yang memiliki fungsi untuk mengatur berbagai perilaku manusia dalam masyarakat. Serangkaian tata kelakuannya tertentu sehingga hanya kebutuhan khusus saja yang ditangani.

Lembaga sosial dalam pengertian ini harus dimengerti dengan baik agar tujuannya dapat terlaksana. Merujuk pada misinya, adanya sistem tersebut dapat membuat tata kelakuan di sekitar menjadi lebih berkualitas. Hal itu mampu tercipta apabila masyarakat mau menurutinya tanpa paksaan.

Apabila lembaga sosial berjalan dengan baik, niscaya kehidupan masyarakat akan jauh lebih tenang karena pola perilaku diatur sedemikian rupa. Orang tentu memiliki kebebasan untuk beraktivitas. Namun, warga diarahkan menuju ke arah yang baik guna menciptakan kedamaian hidup bermasyarakat.

Hamilton

Sedikit berbeda dari definisi lainnya, keberadaan lembaga sosial menurut Hamilton diungkapkan sebagai adanya tata cara yang digunakan pada kehidupan bermasyarakat. Apabila tidak dilakukan dengan semestinya, warga tersebut akan mendapat sanksi, baik ringan maupun berat.

Definisi ini cukup unik karena apabila masyarakat tak mampu menerapkan aturan yang diberikan oleh suatu lembaga. Konsekuensinya cukup ketat sebab jika tidak bersedia tunduk, seseorang dapat menerima hukuman. Sanksinya berbeda-beda berdasarkan tingkat kesulitannya.

Apabila masyarakat mampu hidup sambil mempertahankan perilaku baik, tentu hukuman tersebut takkan diberlakukan. Adanya sanksi itu diadakan agar warga memahami bahwa menjaga pola ketaraturan perilaku tersebut penting. Anda tidak boleh menyepelekannya karena sifatnya wajib.

Harry M Johnson

Pengertian lembaga sosial menurut Harry M Johson tentang lembaga sosial yang kini beredar di masyarakat. Ia mengatakan bahwa ini adalah seperangkat aturan wajib sehingga keberadaannya harus diakui. Terdapat peraturan di dalamnya dan mayoritas anggota telah menyetujui peraturannya.

Peraturan dalam lembaga sosial ini harus ditanggapi secara serius sebab apabila tidak dikerjakan, umumnya terdapat hukuman yang berlaku. Jenis sanksi bisa bervariasi. Semakin parah kenakalannya, makin berat pula punishment-nya. Itu adalah konsekuensi apabila tak mengindahkan aturan.

Di sini, Johnson mendefiniskan lembaga sosial secara tegas dengan harapan masyarakat mampu menjalani kehidupan bermasyarakat secara damai, namun tetap tunduk terhadap aturan. Memang, ini tidaklah mudah mengingat ada banyaknya perseteruan yang terkadang menghampiri.

Roucek dan Warren

Roucek dan Warren menyatakan bahwa lembaga sosial ialah pola pasti yang menghasilkan sebuah ketetapan sehingga beragam kebutuhan dasar masyarakat mampu terpenuhi dengan baik. Tujuan utama pada sistem ini yakni mempersatukan banyaknya keinginan manusia.

Kebutuhan utama antar manusia satu dengan lainnya terkadang tidak sama. Adanya lembaga sosial ini memberikan angin segar sehingga kebiasaan masyarakat yang berbeda tetap dapat disatukan. Penyatuan itu tidaklah mudah, namun umumnya ada cara tertentu.

Lembaga sosial memberikan solusi kepada masyarakat Indonesia yang hidup dengan beragam kebiasaan. Penduduknya sangat multikultural sehingga perbedaan adalah hal wajar. Apabila sistem itu berjalan baik, kehidupan masyarakat dapat terpantau jelas karena mampu dilakukan penyatuan norma.

Fitcher

Menurut Fitcher, lembaga sosial ialah hubungan sosial yang akhirnya menciptakan sistem. Interaksi di dalamnya sangat variatif sebab terdapat variasi nilai serta cara. Meskipun berbeda, namun semuanya memiliki tujuan sama, yakni mampu memenuhi kebutuhan dasar warga. Ini tidaklah mudah.

Namun, jika masyarakat bersatu padu dan tak menjadikan perbedaan sebagai halangan, tujuan lembaga sosial pun dapat tercapai. Pemenuhan kebutuhan ini bisa dilakukan apabila cara yang ditempuh untuk mewujudkannya dilakukan dengan baik. Apabila tidak dilaksanakan, tentu kehidupan akan carut marut.

Di sini, Fitcher menitikberatkan pada interkasi sosial. Seperti yang diketahui manusia tak bisa hidup sendiri sehingga membutuhkan komunikasi dengan orang lain. Adanya hubungan tersebut pun akhirnya menetapkan sebuah norma, baik langsung maupun tak langsung.

 Jenis-jenis Lembaga Sosial

Jenis-jenis Lembaga Sosial

Usai memahami tentang berbagai informasi tentang lembaga sosial, saatnya mengetahui tentang jenis-jenisnya. Setiap kategori memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing. Nah, berikut adalah beberapa di antaranya:

Lembaga Keluarga

Salah satu lembaga sosial yang harus diketahui ialah keluarga. Ayah berfungsi sebagai kepala rumah tangga. Di sini terdapat aturan tertentu disertai sanksinya. Apabila anak-anak tidak mematuhinya, umumnya mereka akan mendapatkan hukuman, baik ringan maupun berat.

Keluarga ialah satuan terkecil yang umumnya terdiri dari ayah, ibu dan anak. Lembaga sosial ini pun memiliki aturannya masing-masing. Meskipun terkadang peraturannya tidak tertulis, namun penghuninya telah memahami dengan baik. Ketika seseorang lahir, secara otomatis berada dalam lingkungan itu.

Lembaga sosial ini menerapkan peraturan cukup fleksibel. Terkadang, aturan bukan hanya dari orang tua saja, namun anak-anak juga diajak bermusyawarah untuk menetapkannya. Meskipun demikian, ayah yang merupakan kepala rumah tangga memiliki andil paling besar di sini.

Lembaga Pendidikan

Ada lagi lembaga sosial yang tak kalah penting untuk diketahui, yakni pendidikan. Keberadaannya sangat penting karena memberikan fasilitas kepada masyarakat terkait sarana dan prasarana untuk mencerdaskan bangsa. Di sini terdapat aturan tegas guna mendidik warga menjadi lebih patuh.

Jenis peraturannya secara umum tertulis dan tidak tertulis, sehingga masyarakat diwajibkan untuk mau mematuhi dengan baik. Apabila tidak dipatuhi, tentu ada hukumannya. Mengenai sanksinya sangat bervariatif. Hal ini bergantung pada seberapa besar kesalahannya.

Kesalahan yang kerap dilakukan di lembaga sosial ialah terlambat datang ke sekolah atau tidak mengerjakan PR. Konsekuensinya bisa berbeda-beda antar instansi satu dengan lainnya. Apabila tak ingin mendapatkan sanksi, sebisa mungkin hindari kesalahan atau melakukan perbuatan tercela.

Lembaga Ekonomi

Lembaga sosial lainnya ialah ekonomi. Di sini, berbagai transaksi dilakukan mulai dari perdagangan hingga pertukaran uang. Tak hanya itu, orang pun dapat mengurusi berbagai hal seperti ketenagakerjaan dan penjualan produk. Intinya berbagai kegiatan perekonomian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: Pengertian Infrastruktur

Adanya lembaga ekonomi ini memberikan pedoman kepada masyarakat terkait peraturan-peraturan dalam perekonomian, seperti nilai tukar rupiah. Kehadiran aturan itu mempermudah orang banyak sehingga berbagai transaksi dapat dilakukan dengan lebih praktis.

Lembaga ekonomi ini banyak macamnya sehingga Anda akan kaget mendapati berbagai aturan pada tiap-tiap instansi sangat berbeda. Ada yang diperbolehkan di tempat A, namun bisa saja itu dilarang ketika diterapkan dalam area lainnya.

Lembaga Agama

Lembaga sosial lainnya yang harus dipahami dan diresapi ialah agama. Ini berupa sistem ajaran, dibentuk untuk mengatur kehidupan  manusia. Tak hanya mengatur tingkah laku, namun keberadaannya mampu memberikan pedoman sehingga seseorang dapat memiliki hidup tenang.

Tata cara peribadatan juga dapat ditemukan dengan mudah. Apabila seseorang melanggar normanya, ada sangsi yang diberikan. Namun, hukumannya ini terkadang terintegrasi dengan hukum di suatu negara. Selain itu, jika orang melanggar aturan agama secara sengaja, semua akan dibalaskan di akhirat.

Itulah kepercayaan yang diyakini hingga saat ini. Setiap agama memiliki pedoman dan peraturan masing-masing. Adanya lembaga sosial itu sangat memudahkan masyarakat sehingga hidupnya menjadi jauh lebih terarah dibandingkan sebelumnya. Tanpa religion, mungkin hidup terasa hampa.

Lembaga Politik

Lembaga politik ialah sistem yang mengatur berbagai aktivitas penting dalam tata pemerintahan suatu negara. Bermacam-macam kegiatan politik dapat ditemukan di sini mulai dari lokal hingga pusat. Adanya aturan bertujuan untuk mengawasi kinerja masyarakat dalam lingkup tersebut.

Tak hanya itu, lembaga politik ini dibuat demi menjaga ketertiban kehidupan bermasyarakat jadi penduduk dapat hidup dengan tenang tanpa ada kerusuhan atau tindak kriminal. Keberadaannya sangat penting sehingga tidak bisa dipisahkan dari hidup.

Lembaga ini memiliki aturan sangat tegas sehingga jika sampai melanggar, ada kemungkinan seseorang bisa dibully selama beberapa saat. Untuk itu, adanya pedoman yang ada sebaiknya ditaati dengan baik sebab pelanggaran fatal dapat diberikan apabila orang melanggarnya.

Lembaga Kesehatan

Sebelum mengetahui fungsi dan peran lembaga sosial, ketahuilah jenis satu ini terlebih dahulu, yakni tentang lembaga kesehatan. Manfaatnya besar sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tujuan dibentuknya badan ini ialah guna melayani warga dalam menangani sakit fisik maupun mental.

Secara kasat mata, mungkin sakit fisik tak terlihat karena hanya dirasakan oleh penderita. Namun, apabila Anda lihat baik-baik, gangguan tersebut bisa sangat membahayakan efeknya bagi kesehatan. Tak tanggung-tanggung, seseorang dapat tiba-tiba bunuh diri sebab tidak kuat menahannya.

Adanya lembaga kesehatan tersebut merupakan solusi terbaik sehingga masyarakat dapat hidup sehat tanpa memiliki gangguan pada fisik maupun mental. Pelayanannya cukup bagus sehingga Anda tidak perlu ragu datang jika memang membutuhkan pertolongan. Dijamin, layanannya akan memuaskan.

Lembaga Budaya

Budaya ialah salah satu lembaga sosial yang harus diketahui oleh masyarakat. Keberadannya sangat penting sebab mampu melestarikan berbagai warisan leluhur. Badan ini memberikan wadah bagi benda seni untuk dilestarikan sehingga tidak punah termakan oleh waktu.

Jika tidak ada lembaga ini, bisa-bisa budaya Indonesia yang sangat kaya akan kebudayannya tersebut tak dapat dinikmati oleh anak cucu di masa mendatang. Oleh karena itu, badan tersebut memberikan fasilitas untuk memfasilitasinya sehingga masyakat bisa tetap menikmati kekayaan cagar budaya.

Adanya badan tersebut sungguh memberikan solusi atas permasalahan adat dan budaya yang terkadang kurang dilestarikan oleh masyarakat. Jika pemerhati mampu mengatasinya, tentu warga pun akan makin tergerak untuk melestarikan berbagai kerajinan serta kebiasaan unik suatu masyarakat.

Berbagai Fungsi Lembaga Sosial

Berbagai Fungsi Lembaga Sosial

Terdapat banyak fungsi lembaga sosial berdasarkan jenisnya. Adanya lembaga sosial, pengertian, fungsi, jenis dan contoh lembaga sosial memberikan kemudahan bagi masyarakat sehingga mereka akan tetap berada di jalan yang lurus. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Fungsi Lembaga Keluarga

Bicara tentang kegunaannya, lembaga keluarga ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah reproduksi. Dilaksanakannya perkawinan antara dua insan itu agar memiliki keturunan sah. Untuk diakui oleh negara, keduanya harus melakukan pernikahan yang sah.

Lembaga ini juga memiliki fungsi Afeksi, yakni untuk memperoleh kasih sayang antar anggota. Adanya manfaat itu dapat diperoleh apabila orang tua dan anak memiliki hubungan yang baik. Tanpa adanya kehangatan cinta, tentu hubungan ayah dengan si kecil akan dingin.

Keluarga juga dapat memberikan fungsi perlindungan. Lembaga sosial ini tinggal dalam satu atap sehingga jika terjadi sesuatu, anggota keluarga terutama ayah bisa memberikan proteksi. Selain itu, orang mampu merubah statusnya lewat pernikahan dari yang single menjadi menikah.

Fungsi Lembaga Ekonomi

Keberadaan lembaga ekonomi ini sangat penting sebab transaksi barang maupun jasa dapat tercapai dengan baik. Salah satu manfaat dari badan itu yakni memberikan pedoman mengenai harga suatu produk di pasaran. Adanya organisasi tersebut menjadi tolak ukur sehingga tidak ada kesewenangan.

Jika harga tidak dipatok, orang akan menjual produknya sewenang-wenang. Selain itu, lembaga ekonomi juga melayani orang untuk mendapatkan pedoman mengenai pertukaran barang. Dengan hadirnya institusi ini, kehidupan masyarakat terkait dunia ekonomi bisa lebih mudah.

Lembaga ekonomi ini juga memiliki fungsi yakni memberikan pedoman tentang ketenagakerjaan. Berkat instutusi tersebut, seseorang dapat memperoleh informasi tentang lowongan kerja yang sedang dibuka di sekitarnya. Aturan pun terasa lebih praktis karena diberikannya pedoman secara mendetail.

Fungsi Lembaga Agama

Lembaga agama ini memiliki fungsi yang vital bagi kehidupan masyarakat. Salah satu manfaatnya yakni memberikan pedoman agar hidup makin terarah. Tanpa badan tersebut, seseorang dapat berada dalam kesengsaraan hingga akhirnya bunuh diri. Di Indonesia, keberadannya sangat penting.

Agama memberikan identitas pemeluknya sebab pada setiap formulir selalu mencantumkan kolom religion. Dengan adanya lembaga sosial ini, manusia dapat menjaga perilakunya sebab di dalamnya terdapat aturan yang berlaku. Apabila dilanggar, ada hukuman dari masyarakat.

Lembaga sosial ini difungsikan sebagai pedoman akan keyakinan dalam menjalani kehidupan. Tanpa badan tersebut, hidup terasa kosong sehingga setiap manusia yang tinggal di Indonesia diwajibkan memeluk agama. Bahkan, institusi tersebut difungsikan untuk menghindari berbagai aksi menyimpang.

Fungsi Lembaga Politik

Bicara tentang politik, lembaga ini memiliki fungsi mengatur aturan kehidupan masyarakat melalui undang-undang. Adanya UU itu sangat penting, jadi jika ada pelangaran yang dilakukan oleh seseorang, sanksinya dapat ditentukan melalui peraturan tersebut.

Pembuatan UU ini cukup pelik karena disepakati bersama oleh para ahli. Diskusi alot ditempuh demi mewujudkan ketertiban masyarakat. Selain itu, lembaga agama tersebut memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan. Layanannya cukup bervariasi, mulai dari pemberian info hingga aturan.

Adanya kontrol dari lembaga ini penting sehingga potensi terjadinya kerusuhan atau keributan dapat berkurang secara signifikan. Jika tak ada masalah, tentu masyarakat bisa hidup tenang tanpa gangguan dari dalam ataupun luar. Agar hal itu terwujud, ikuti pedoman yang berlaku dalam organisasi tersebut.

Fungsi Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan ialah salah satu wadah penting yang memiliki banyak fungsi. Badan tersebut memberikan layanan terbaiknya, yakni mencerdaskan anak bangsa. Masyarakat kini bisa mengakses ilmu dan pengetahuan di sekolah. Tak hanya itu, mereka pun diajarkan untuk berpikir kritis serta efisien.

Keberadaan lembaga ini penting karena anak bisa menerima berbagai ilmu, mulai dari materi sekolah hingga kedisiplinan. Ilmu tersebut dapat diperoleh dengan mudah, yakni dengan mengikuti pendidikan formal maupun informal. Keduanya memiliki caranya masing-masing.

Lembaga ini juga memiliki fungsi melestarikan kebudayaan serta kebiasaan masyarakat sekitar. Itu sangatlah penting mengingat banyak hal tergerus oleh waktu dan keberadaannya tak bisa lagi ditemukan. Adat suatu daerah haruslah dilestarikan agar keberadannya tetap terjaga.

Contoh Lembaga Sosial di Masyarakat

Contoh Lembaga Sosial di Masyarakat

Lembaga sosial adalah sistem yang berkembang dan dianut dalam suatu masyarakat atau golongan. Untuk lebih memahaminya, sebaiknya Anda memahami beberapa contoh kongkret lembaga tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Lembaga Keagamaan

Salah satu contoh lembaga agama di Indonesia ialah MUI. Badan ini mewadahi para ahli agama yang sengaja dikumpulkan untuk memberikan pedoman serta arahan kepada umat muslim di Indonesia. Berdasarkan fungsinya, keberadaan badan itu difungsikan untuk menyampaikan informasi ke warga.

Berbagai informasi yang diberikan antara lain fatwa halal dan haram suatu hidangan. Di Islam, umat muslim diharamkan mengonsumsi makanan seperti babi serta darah. Jika berani melanggarnya, dosa akan didapatkan. Tak hanya hal itu, penentuan hari Raya Fitri pun dilakukan oleh MUI.

Setelah melakukan sidang isbat dengan durasi tertentu di hari terakhir puasa, MUI pun akan mengumumkan mengenai informasi kapan jatuhnya Idul Fitri. Intinya, lembaga tersebut memberikan info seputar penentuan dan hal penting tentang Islam.

Lembaga Pendidikan

Bicara tentang lembaga pendidikan, badan ini memiliki fungsi mencerdaskan bangsa. Salah satu contohnya yakni SMA. Institusi tersebut merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Biayanya cukup terjangkau, apalagi kini murid mendapatkan subsidi pemerintah.

Sekolah ialah lembaga pendidikan formal. Badan tersebut diatur oleh pemerintah atau swasta. Terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh siswa serta murid. Salah satu peraturannya ialah mengenakan seragam saat belajar. Adanya rule itu harus dipatuhi sebab apabila tidak dilaksanakan, ada sanksinya.

Contoh lembaga pendidikan informal pada pendidikan ialah kelompok bermain. Anak-anak usia belia tetap dapat menerima pengetahuan di sana. Berbagai permainan edukatif diberikan agar si kecil menguasai lingkungan sekitar. Tak hanya itu, kreativitasnya pun makin terasah berkat institusi tersebut.

Lembaga Ekonomi

Salah satu contoh lembaga ekonomi ialah koperasi. Keberadaan badan ini sangat memudahkan masyarakat meraih kesejahteraan. Di sana orang bisa melakukan simpan pinjam sehingga jika memiliki kebutuhan mendesak, orang dapat memperoleh jalan keluar.

Seperti yang diketahui, koperasi memiliki fungsi memajukan kesejahteraan umum masyarakat, terutama anggota. Uniknya, di akhir periode seseorang akan menerima SHU (sisa hasil usaha). Penerimaan uang tersebut berdasarkan jasa per anggota. Adanya badan itu sungguh memudahkan hidup orang banyak.

Diberlakukannya koperasi ini sesuai dengan isi Pancasila serta UUD 1945 yang menginginkan kesejahteraan umum bagi masyarakat di Indonesia. Tak perlu ragu untuk segera bergabung sebab badan tersebut memberikan banyak kemudahan terutama untuk anggotanya.

Lembaga Politik

Lembaga politik memiliki banyak fungsi untuk menertibkan kehidupan masyarakat, contohnya yakni DPR. Badan tersebut merupakan singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat. Keberadaannya penting sebab memiliki andil dalam membuat undang-undang.

Lembaga sosial tersebut dipilih oleh rakyat melalui pemilu yang dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Keberadaannya penting karena mampu melindungi masyarakat dengan membuat aturan-aturan. Peraturan itu sengaja diberlakukan agar mereka mampu menaatinya.

DPR mengemban aspirasi masyarakat sehingga wewenangnya menentukan kehidupan orang banyak. Jika kebijakan lembaga tersebut menguntungkan semua pihak, maka warga pun dapat hidup tenang tanpa gangguan apapun. Arti lembaga sosial ini sangat menguntungkan warga.

Lembaga Budaya

Salah satu lembaga budaya yang sangat terkenal di masyarakat ialah Lembaga Kebudayaan Betawi. Badan ini berfokus melestarikan kebudayaan masyarakat di Jakarta. Berbagai agenda dilakukan demi menyelamatkan adat dan kebudayaan. Adanya upaya pelestarian itu membangkitkan jiwa para seniman.

Masyarakat yang tadinya tidak mengetahui tentang adat Betawi, kini jadi tahu. Adanya pelestarian tersebut dilakukan secara rutin demi mengajak masyarakat melestarikan adat-istiadat. Keberadaan lembaga budaya ini sangat penting karena bisa memacu anak muda lebih menghargainya.

Berbagai event telah diadakan mulai dari pelestarian lenong, ondel-ondel serta pantun. Selain itu, pencak silat asli Betawi pun dilestarikan demi memberikan warisan budaya kepada anak cucu nanti. Keberadaan Lembaga Kebudayaan Betawi tersebut sangat menginspirasi masyarakat.

Lembaga Keluarga

Contoh pada lembaga ini adalah dilaksanakannya pernikahan antara 2 insan antara laki-laki dan perempuan. Dari perkawinan tersebut lahirlah anak. Di sini, terdapat pergantian status dari single menjadi menikah. Usai memiliki anak, orang dewasa berubah perannya menjadi seorang ayah atau ibu.

Orang tua memiliki fungsi melindungi buah hatinya dari berbagai serangan, baik fisik maupun tak kasat mata. Adanya proteksi ini dilakukan demi mewujudkan keharmonisan rumah tangga suatu keluarga. Umumnya, tiap rumah memiliki aturannya tersendiri.

Baca Juga: Pengertian Pendidikan

Semisal, seorang anak berusia 17 tahun maksimal pulang ke rumah di malam hari pukul 10 malam. Apabila ini dilanggar, umumnya orang tua akan memberikan hukuman tertentu seperti pemotongan uang jajan atau tidak boleh menonton TV.

Itulah informasi tentang lembaga sosial, pengertian, fungsi, jenis dan contoh lembaga sosial. Kini Anda mengetahui bahwa badan tersebut memiliki manfaat masing-masing.

Tinggalkan Balasan