Makanan Kucing Anggora

Makanan Kucing Anggora

Diposting pada

Memiliki kucing anggora sebagai binatang peliharaan pastilah membuat hari-hari jadi lebih menyenangkan. Selain memberikan kasih sayang, rawatlah ia dengan memberikan makanan kucing anggora yang menyehatkan tubuhnya.

Selayaknya ras kucing lainnya, kucing anggora juga butuh perawatan khusus dari asupan makanan yang dikonsumsinya. Makanan yang Anda berikan akan berpengaruh pada pertumbuhan kucing anggora.

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Gizi Kucing Anggora

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Gizi Kucing Anggora

Ketika kebutuhan gizi yang dibutuhkan kucing anggora terpenuhi maka daya tahan tubuhnya akan lebih baik. Kucing pun tumbuh bergerak lebih lincah dan tidak mengalami bulu rontok.

Jika makanan yang diberikan sudah tepat dan benar, bulu kucing anggora akan lebih lebat dan tampak indah. Matanya pun akan terlihat lebih sehat dan cemerlang.

Baca Juga: Harga Kucing Persia

Dengan memperhatikan jenis-jenis makanan pada kucing anggora, Anda pun dapat mencegah datangnya penyakit. Biasanya kucing anggora mudah terserang penyakit pencernaan seperti diare, jika mengalami masalah pada makanan.

Pada dasarnya, jenis kucing apa pun membutuhkan makanan yang mengandung protein, lemak, vitamin, asam amino, mineral dan sedikit karbohidrat. Seluruh kandungan gizi tersebut ditemukan pada daging ayam, sapi dan juga ikan.

Perlu diingat, kucing termasuk binatang karnivora sehingga asupan daging juga perlu dicukupkan pada porsi makanannya. Seluruh kebutuhan makanan ini bisa Anda dapatkan dengan membeli di toko hewan dan bahkan supermarket.

Kemudahan Anda untuk mengakses makanan tersebut juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh kucing. Untuk mengetahui kucing anggora cocok dengan makanan tersebut atau tidak, Anda cukup memperhatikan dari kotorannya.

Jika kotoran kucing tampak encer, hentikan pemberian makanan karena kucing anggora Anda tidak cocok dengan makanan tersebut. Jika kotoran yang keluar berbentuk cukup padat, Anda dapat memasukkannya ke dalam menu anggora.

Jika makanan kemasan tidak meningkatkan nafsu makan kucing anggora, Anda dapat mengolah makanannya sendiri. Untuk itu, mari kita bahas selengkapnya tentang makanan instan dan racikan makanan kucing anggora berikut ini.

Rekomendasi Makanan Kemasan untuk Kucing Anggora

Kucing Anggora

Makanan instan untuk kucing semakin mudah ditemukan dengan adanya situs belanja daring (e-commerce). Di supermarket dan minimarket bahkan tersedia rak khusus untuk makanan kucing.

Dari sekian banyaknya jenis makanan untuk kucing anggora di pasaran, Anda perlu meneliti kandungan gizi pada tiap kemasan. Anda juga perlu memperhatikan bentuk kemasan. Jika dalam kondisi rusak, kualitas isi makanannya juga tidak baik.

Makanan instan untuk kucing terbagi menjadi dua macam. Kedua jenis pakan kucing tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kondisi Anda beserta peliharaan.

Pertama, makanan basah. Kandungan gizi di dalamnya tinggi oleh vitamin dan protein. Kandungan air di dalamnya bahkan mencapai 78%. Kucing dipastikan akan sehat jika mengonsumsi makanan instan jenis basah atau kalengan.

Kedua, makanan kering. Kandungan airnya yang hanya mencapai 8% – 10% dapat mengakibatkan kucing dehidrasi. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan air tambahan sebagai minuman kucing di tempat makanannya.

Jenis makanan kering lebih unggul dibandingkan makanan basah karena tidak akan merusak gigi kucing. Daya tahannya pun lebih lama untuk disimpan. Sementara itu, makanan basah mudah basi.

Harga makanan kering juga lebih terjangkau. Ditambah lagi, Anda tidak perlu repot membersihkan makanan kering yang tercecer di ubin dibandingkan makanan basah yang membuat lantai lengket.

Banyaknya merek makanan instan untuk kucing juga kadang membuat Anda bingung, bukan? Berikut beberapa rekomendasi merek makanan kemasan yang biasanya cocok untuk dikonsumsi oleh kucing anggora kesayangan Anda.

Royal Canin

Royal Canin

Popularitas pakan kucing ini sudah tidak perlu disanggah lagi. Dokter hewan bahkan merekomendasikan pecinta kucing untuk memberikan Royal Canin sebagai makanan untuk kucing anggora.

Kualitas makanan kemasan ini paling unggul karena memiliki kandungan gizi terlengkap dibandingkan merek lainnya. Royal Canin bahkan tersedia dalam kemasan untuk kucing yang sedang hamil dan menyusui.

Anda pun tak perlu repot mencari makanan anak kucing anggora. Royal Canin juga menyediakan kemasan khusus untuk anak kucing yang sudah disterilisasi.

Dampak yang dapat terlihat jika kucing anggora rutin mengonsumsi Royal Canin adalah bulu tidak rontok dan bau kotoran tidak terlalu menyengat. Tubuh kucing pun tidak akan tumbuh menggemuk.

Whiskas

Whiskas

Iklan produk Whiskas sering kali muncul di televisi sehingga mudah dikenali. Varian harganya pun lebih terjangkau dibandingkan Royal Canin.

Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah tekstur pakan kucing ini tergolong lembab. Tidak semua kucing cocok mengkonsumsinya. Jika kucing anggora mengeluarkan kotoran encer dan berbau tak sedap, hentikan konsumsinya.

Di sisi lain, keunggulan dari Whiskas adalah dagingnya berbentuk kecil-kecil sehingga kucing mudah menelannya. Kandung gizi dan proteinnya pun cukup baik.

Pro Plan

Pro Plan

Jenis makanan kemasan satu ini sering kali dipadukan dengan Royal Canin. Pro Plan direkomendasikan bagi Anda yang ingin membuat tubuh kucing anggora tumbuh gemuk dari yang sebelumnya bertubuh kurus.

Dengan memberikan makanan instan Pro Plan, nafsu makan kucing anggora terangsang lebih kuat. Olahan daging ayamnya memiliki aroma lezat sehingga membuat kucing dapat makan lebih lahap.

Kandungan lemak dan protein yang tinggi pada Pro Plan juga diyakini dapat membuat kucing anggora Anda gemuk dalam tempo dua minggu. Pertumbuhan kucing jadi lebih cepat dan besar.

Me-O

Me-O

Jenis makanan kucing anggora seperti yang disajikan dalam kemasan Me-O juga cocok dikonsumsi oleh kucing berbulu lebat. Kandungan gizi dan nutrisinya cukup lengkap dan bermutu sama baiknya seperti pakan kucing lain.

Salah satu yang menjadi pertimbangan bila Anda ingin menggunakan Me-O sebagai makanan kucing yaitu dapat mengatasi kerontokan bulu. Jika kucing anggora Anda tengah hamil, Me-O juga cocok untuk dikonsumsi.

Friskies

Friskies

Kandungan gizi pada makanan kemasan Friskies tergolong seimbang. Dari segi harga juga terbilang ekonomis. Tidak jauh berbeda dari Whiskas. Varian rasanya tersedia beragam yang bercampur dengan olahan ikan salmon dan ikan tuna.

Rekomendasi Makanan Alami untuk Kucing Anggora

Bahan dasar makanan kucing anggora yang alami mudah ditemukan di pasar seperti ikan, ayam, sapi dan keju. Berikut resep makanan kucing yang dapat Anda olah dan racik sendiri di rumah.

Racikan Ikan Tongkol

Ikan adalah makanan dengan kandungan nutrisi yang cocok diberikan untuk kucing anggora berusia 2 bulan. Protein dan asam amino pada ikan sangat membantu pertumbuhan kucing.

Meski begitu, jenis makanan alami ini cukup diberikan sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Jika diberikan secara rutin, sebaiknya tambahkan multivitamin untuk melengkapi kebutuhan vitaminnya.

Untuk meracik makanan berbahan dasar ikan tongkol, langkah pertama Anda perlu merebus ikan tersebut sampai matang. Setelah itu, tiriskan dan dinginkan. Selanjutnya, suwir daging ikan menjadi potongan kecil-kecil.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Kemudian, siapkan satu buah wortel yang sudah direbus sebelumnya untuk menetralisir dari bakteri sayuran. Setelahnya, parut wortel tersebut.

Berikutnya, siapkan oatmeal dengan takaran 1/3 cangkir. Lalu, masak oat sampai keadaan matang dan melunak menjadi larutan kental.

Campurkan potongan ikan, parutan wortel dan oat pada mangkuk yang sama. Aduk semua bahan sampai merata. Makanan pun siap dikonsumsi.

Jika masih ada sisa, Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas. Daya tahan racikan ikan tongkol ini cukup lama sekitar 3 hari.

Racikan Ikan Tuna

Selain ikan tongkol, Anda juga dapat mengolah racikan pakan alami untuk kucing dengan bahan ikan tuna. Pertama-tama, pilihlah ikan tuna segar di pasar. Kemudian, rebus daging ikan tuna secukupnya.

Tidak butuh waktu lama untuk merebus ikan. Jika ikan sudah dalam keadaan lunak, segera matikan kompor. Ikan yang terlalu matang justru akan mengurangi kandungan nutrisinya.

Selanjutnya, siapkan satu sendok makan beras merah yang sudah matang. Kemudian, siapkan satu sendok makan minyak bunga matahari (sunflower oil).

Setelah bahan sudah siap, masukkan seluruhnya ke dalam blender. Sebelum digiling, tambahkan satu sampai dua sendok makan air biasa atau air sisa rebusan ikan tuna.

Jika racikan makanan masih tersisa, simpanlah di dalam kulkas. Daya tahan olahan makanan ini berlangsung selama tiga hari. Sesuaikan pula asupannya dengan porsi makanan kucing ras anggora milik Anda.

Racikan Daging Ayam

Kucing juga menyukai racikan daging seperti ayam dan sapi, yang akan berpengaruh pada kecepatan pertumbuhan kucing. Untuk melengkapi kebutuhan gizinya, Anda pun perlu menambahkan asupan vitamin.

Untuk jenis racikan alami berikut ini, gunakan daging ayam secukupnya yang sudah direbus. Kemudian, gunakan sayuran wortel dan brokoli yang sudah dikukus secukupnya.

Jika semua sudah direbus dan dikukus, tunggulah sampai dingin terlebih dulu. Kemudian, masukkan seluruh daging dan sayuran dalam blender.

Tambahkan secukupnya air dari rebusan ayam untuk memudahkan blender menggiling bahan hingga halus. Jika sudah, berikan pada kucing anggora sesuai porsi makanannya.

Racikan Daging Sapi

Racikan pakan kucing berikut ini tergolong mahal karena Anda perlu menggunakan daging sapi. Namun, kandungan gizinya cukup tinggi dan dapat meningkatkan nafsu makan kucing anggora.

Untuk memulai racikan, rebuslah daging sapi secukupnya. Kemudian, siapkan setengah cangkir beras masak yang sudah matang.

Selanjutnya, siapkan kentang sekitar 1/4 cangkir. Anda dapat mengolah kentang tersebut dengan cara dikukus atau direbus sampai matang melunak.

Setelah semua bahan siap, campurkan semua bahan menjadi satu untuk digiling dengan blender. Tambahkan sedikit air dari rebusan daging sapi untuk menambah rasa dan memudahkan blender menggiling halus.

Racikan Keju

Seluruh racikan ikan dan daging yang telah dibahas akan bertambah kaya akan nutrisi bila Anda juga menambahkan keju. Kalsium dan vitamin pada keju bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang anggora.

Keju dapat ditambahkan bersamaan dengan ikan dan daging dengan cara diparut atau dipotong kecil-kecil. Karena sifatnya sebagai pakan tambahan, Anda juga tidak perlu terpaksa untuk mencampurkan keju dalam makanan kucing.

Cara Memberi Makan

Selain perlu memilih jenis makanannya, Anda pun perlu memahami cara memberi makan pada kucing anggora. Untuk bayi kucing berumur hingga empat minggu, Anda cukup memberikan susu atau ASI dari sang induk.

Memasuki usia empat minggu, Anda dapat memberikan asupan makanan selain susu. Berikan kucing anggora Anda makanan basah karena lebih mudah dicerna dibandingkan makanan kering.

Jika kucing sudah berumur satu tahun, barulah Anda dapat mengkombinasikan makanannya dengan makanan basah atau kering. Kebutuhan kalori kucing dewasa secara ideal sebesar 4% dari ukuran berat badannya.

Berikan makanan secara teratur pada kucing Anda kira-kira dua sampai tiga kali sehari. Letakkan makanan dalam piring dan berikan minuman agar kucing tidak dehidrasi.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Sakit

Setelah mengetahui apa makanan kucing anggora yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, segeralah praktikkan. Semoga makanan kucing anggora Anda dapat membuat kucing tumbuh semakin sehat dan menggemaskan.

Tinggalkan Balasan