Makanan Kura Kura Lokal Yang Mudah Didapat

Diposting pada

Bagi para pemula dalam memelihara kura kura, tentunya akan kebingungan baik dalam perawatan ataupun memilih makanan untuk kura kura. Untuk mempermudah dalam menentukan pemberian makanan kura kura lokal, maka ketahui terlebih dahulu jenis, umur dan ukuran kura kura yang dipelihara.

Jenis, umur dan ukuran kura kura merupakan informasi penting yang dapat digunakan untuk mempertimbangkan makanan yang harus diberikan. Berikut rekomendasi makanan untuk kura kura lokal yang mudah didapat:

1. Ikan dan Daging

Ikan merupakan makanan asli kura kura di habitat aslinya. Jenis ikan yang diberikan sebaiknya ikan-ikan kecil air tawar yang masih segar. Hindari memberi makan kura kura dengan ikan laut terutama ikan laut beku. Beberapa jenis ikan yang dibekukan dapat menyebabkan permasalahan jangka panjang bagi kura kura.

Selain ikan, kura kura juga menyukai daging terutama daging mentah. Namun sebaiknya hindari pemberian daging mentah pada kura kura karena dapat menyebabkan kegemukan. Jika hendak memberikan daging, diusahakan dimasak terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kura kura.

2. Serangga dan Cacing

Serangga merupakan makanan kura kura biasa dimakan di habitat aslinya, yang sering dijadikan makanan kura kura peliharaan biasanya adalah jangkrik kecil, belalang, semut, nyamuk ataupun jentik nyamuk. Selain serangga, kura kura peliharaan juga bisa diberi makan cacing. Jenis cacing yang biasa dimakan kura kura adalah cacing tanah.

Makanan kura kura lokal tersebut tidak selalu harus membeli, namun bisa juga didapat secara gratis yaitu dengan menangkapnya sendiri. Serangga dan cacing sangat mudah ditemui di lingkungan sekitar terutama di taman atau daerah perkebunan. Namun jika ingin lebih praktis, banyak toko makanan hewan yang menjual serangga dan cacing.

3. Sayur dan Buah

Tidak hanya makan daging atau ikan, namun kura kura juga biasa memakan sayur dan buah. Disarankan sayur dan buah yang diberikan mengandung gizi seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kura kura. Kesegaran sayur dan buah harus sangat diperhatikan. Karena sayur dan buah yang busuk dapat mengganggu kesehatan kura kura.

Tidak semua sayur dan buah bebas diberikan kepada kura kura. Kacang panjang, kacang kapri, buncis, taoge, lidah buaya dan mentimun tidak boleh terlalu sering diberikan, cukup satu kali dalam seminggu. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan pyramiding pada kura kura karena mengandung banyak protein.

Selain itu, ada beberapa sayur yang tidak boleh diberikan kepada kura kura. Sayuran tersebut diantaranya brokoli, bayam, daun singkong, bunga kol, kubis dan lobak. Jika mengonsumsi sayuran tersebut, kura kura akan mengalami gangguan pencernaan.

4. Pelet

Pelet diproduksi dengan memperhatikan kandungan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi hewan peliharaan. Sehingga pelet aman dijadikan makanan untuk kura kura peliharaan. Pakan ini dapat ditemui di berbagai toko makanan hewan. Jenis pelet sangat beragam sesuai dengan kebutuhan kura kura yang dipelihara.

Dalam pemberian pakan menggunakan pelet, porsinya harus disesuaikan juga dengan ukuran kura kura. Selain itu juga tidak boleh diberikan terlalu sering karena pelet ini sama seperti suplemen gizi. Jika kura kura berlebihan dalam mengkonsumsi pelet maka kesehatannya akan terganggu.

5. Tulang Sotong dan Cangkang Keong

Tulang sotong mengandung kalsium yang sangat penting bagi pertumbuhan kura kura. Kalsium merupakan bahan utama dalam pembentukan tulang. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium maka kura kura akan terhindar dari penyakit tulang metabolik. Cukup banyak toko hewan peliharaan yang menjual tulang sotong.

Selain itu, kura kura juga biasa mengkonsumsi cangkang – cangkang keong yang sudah kosong di habitat aslinya. Hal tersebut dilakukan kura kura untuk menyerap kalsium secara alami dari cangkang – cangkang tersebut untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

Dalam pemberian pakan kepada kura kura peliharaan harus memperhatikan variasi makananya. Selain itu juga harus memperhatikan kandungan dan porsi dari makanan yang akan diberikan sesuai dengan umur dan ukuran kura kura. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi sehingga kura kura peliharaan tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Itulah rekomendasi makanan kura kura lokal yang mudah didapat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terutama untuk para pemula yang baru memulai memelihara kura kura. Sehingga tidak kebingungan dalam mencari makanan untuk kura kura peliharaan.

Tinggalkan Balasan