Marketing Mix: Pengertian, Tujuan dan Konsep Bauran Pemasaran

Marketing Mix
08Nov, 2020

Apakah Anda pernah mendengar marketing mix? Istilah ini memang sering juga disebut bauran pemasaran. Yaitu suatu strategi penjualan yang digunakan sebagai upaya menarik respon konsumen, untuk mengenali dan membeli barang atau jasa guna meningkatkan keuntungan perusahaan.

Namun saat melakukannya, pengguna dituntut untuk memberikan informasi yang sesuai dengan keadaan. Tidak diperbolehkan melebih-lebihkan karena bisa merusak pemasaran itu sendiri.

Pengertian Marketing Mix Menurut Beberapa Ahli

Dalam upaya meraih keberhasilan usaha, dibutuhkan strategi pemasaran dan pengelolaan manajemen yang tepat. Maka dari itu mempelajari marketing mix adalah salah satu cara terbaik untuk menuju ke kesuksesan. Jadi hal ini mampu mempengaruhi meningkatnya keuntungan perusahaan.

Berbagai pendapat marketing mix menurut para ahli menjelaskan betapa pentingnya hal ini dalam meningkatkan laba perusahaan. Berikut beberapa pengertiannya:

Dhaimesta & Irwan 

Menurut Dhaimesta dan Irwan marketing mix merupakan, suatu sarana yang digunakan oleh perusahaan untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan pembeli. Jadi seluruh konsepnya berpatok pada respon konsumen terhadap produk.

Bisa dikatakan bahwa perusahaan akan mengeksplor dahulu apa saja yang sedang disukai oleh kebanyakan masyarakat, bukan hanya dari satu tingkatan tapi bahkan seluruh lapisan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Konsultan Internet Marketing

Tanpa adanya marketing mix ini, suatu usaha pasti tidak akan berjalan dengan baik. Karena manajemen dan pemasaran merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis, sehingga hal ini selalu fokus dipikirkan secara serius.

Kotler & Armstrong 

Sesuai pendapat Kotler & Armstrong, marketing mix didefinisikan sebagai suatu alat yang digunakan untuk memasarkan. Di dalamnya terdapat perpaduan harga, produk, strategi taktis, pendistribusian dan promosi sehingga dapat memenuhi keinginan pasar.

Jadi Menurut Kotler & Armstrong paduan variabel-variabel di atas dapat digunakan untuk meningkatkan target penjualan sesuai keinginan. Jadi perusahaan bisa mengendalikannya dan menyelaraskannya sebagai bentuk upaya pencapaian kesuksesan serta keberhasilan bisnis.

Selain itu variabel-variabel di atas memang disesuaikan keinginan atau kebutuhan pasar, sehingga bentuk dan wujud produk bisa dianggap berhasil apabila disukai oleh konsumen. Begitu juga dengan jasa, dapat dilihat dari bukti fisiknya berupa orang yang telah merasakan prosesnya.

Buchari Alma 

Menurut pendapat Buchari Alma, marketing mix merupakan suatu strategi pemasaran yang berupa kombinasi dari berbagai kegiatan. Dengan begitu, bisa menciptakan hasil maksimal dan dapat mencapai target sesuai dengan keinginan perusahaan.

Strategi pemasarannya terdiri dari campuran aktivitas marketing yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menguasai pasar dan memberikan kepuasan bagi para konsumen. Jadi bisa dikatakan bahwa semuanya telah direncanakan sematangnya untuk mencapai keberhasilan penjualan.

Hasil penjualan dengan hasil memuaskan memang tidak dapat diperoleh secara mudah, namun dengan usaha perusahaan dalam merencanakan strategi bisa membuat pencapaian lebih maksimal. Paduan yang selaras dan taktis akan menjadikan upaya pemasaran semakin menarik konsumen.

Sofyan Assauri 

Pengertian bauran pemasaran menurut para ahli selanjutnya adalah menurut pendapat Sofyan Assauri. Marketing mix merupakan perpaduan beberapa variabel kegiatan pemasaran yang bisa dikendalikan oleh perusahaan untuk meningkatkan respon positif konsumen.

Karena variabel kegiatan merupakan inti pokok dari teknis pemasaran, maka seluruh elemennya harus selalu diperhatikan baik dan dikendalikan secara mudah. Agar apabila terjadi sesuatu bisa segera diubah sesuai dengan keinginan perusahaan.

Kombinasi variabel pemasaran yang baik pasti akan menarik para konsumen untuk datang membeli produk barang dan jasa dari perusahaan Anda. Maka dari itu, wajar saja apabila elemen-elemen ini harus benar-benar dikoordinasikan secara maksimal.

Angipora 

Angipora menyatakan bahwa marketing mix merupakan suatu kombinasi beberapa variabel pemasaran yang dipadukan secara terkontrol. Dengan begitu, mampu mendapatkan respon positif dari konsumen sesuai target dari perusahaan

Menurut Angipora, tanggapan atau respon konsumen merupakan target pasar yang sudah ditentukan dan diharapkan oleh perusahaan. Jadi setiap produk barang atau jasa dibuat sesuai kebutuhan serta keinginan para pelanggannya.

Selain itu, konsep strategi marketing mix ini dianggap sebagai upaya dari suatu perusahaan dalam mempengaruhi jumlah permintaan konsumen akan produk. Jadi perpaduan variabel pemasaran yang tepat bisa meningkatkan keuntungan secara signifikan.

Sumarni & Soeprihanto 

Pengertian marketing mix menurut Sumarni & Soeprihanto adalah kumpulan beberapa variabel pemasaran yang dipadukan hingga menjadi suatu kesatuan. Ini akan menciptakan sebuah strategi jitu sehingga mampu meningkatkan penjualan produk.

Sumarni & Soeprihanto juga menjelaskan bahwa produk (barang atau jasa), cara pendistribusian, nilai harga dan strategi promosi merupakan inti dari pemasaran yang sangat berpengaruh terhadap respon pelanggan. Jadi hal ini harus benar-benar dirancang dengan baik.

Gugup Kismono 

Sesuai dengan pendapat Gugup Kismono bahwa, marketing mix merupakan campuran variabel-variabel kegiatan yang dirangkai menjadi sebuah sistem pemasaran guna meningkatkan penjualan produk. Maka dari itu, otomatis akan membantu perusahaan dalam meraih kesuksesan.

Penentuan marketing mix dalam sebuah perusahaan dalam meningkatkan penjualan produk harus dibuat sesuai target pasar yang ingin dicapai. Jadi tentukan dengan baik sasaran marketnya dahulu sebelum memilih strategi pemasarannya.

Campuran kegiatan pemasaran yang disatukan untuk mencapai keberhasilan penjualan suatu produk dirancang sedemikian rupa. Dengan begitu, mampu menarik konsumen dengan selera sesuai karakteristik produk. Misal barang bermutu tinggi, harganya lebih mahal dan sasarannya orang berpenghasilan tinggi.

Konsep Marketing Mix yang Perlu Diketahui

Konsep Marketing Mix

Marketing mix memiliki konsep pemasaran yaitu 4P yang nantinya dipadukan. Dengan begitu, menciptakan suatu strategi jitu dalam menarik konsumen untuk membeli produk dari perusahaan Anda. Namun hal ini memang membutuhkan ketepatan rancangan dengan konsep seperti berikut:

Produk (Product)

Produk merupakan elemen utama dalam menjalankan bisnis. Karena tanpa adanya hal ini, maka transaksi jual beli pun tidak dapat berlangsung. Maka dari itu, keberadaan stoknya harus tetap stabil dan tersedia sehingga tidak membuat konsumen merasa kecewa sebab kehabisan.

Namun, menciptakan sebuah produk baik berupa barang atau jasa harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tambahkan berbagai inovasi menarik yang bisa membuatnya lebih terlihat oleh pelanggan dibanding lainnya.

Maka dari itu, seorang pebisnis harus benar-benar memikirkannya secara serius. Karena di dalamnya harus terkandung berbagai nilai, kualitas, fungsional dan Unique Selling Proposition. Hal ini bertujuan untuk tetap bertahan di tengah-tengah kompetitor.

Tempat (Place)

Tempat juga merupakan elemen pemasaran yang harus diperhatikan dengan baik, karena apabila lokasi pendistribusian sulit dijangkau pasti mempengaruhi minat beli konsumen. Jadi apabila ingin meraih kesuksesan dalam penjualan, maka pasanglah beberapa cabang untuk menyalurkan produk.

Selain pembukaan cabang di beberapa lokasi, Anda juga dapat membuat toko penjualan secara virtual. Terlebih lagi saat ini sudah sangat banyak terdapat pasar-pasar online yang banyak dikunjungi konsumen untuk mencari berbagai barang dan jasa sesuai kebutuhan mereka.

Berbagai kemudahan sudah ditawarkan saat ini untuk mencakup seluruh konsumen bukan hanya di dalam negeri, namun juga mampu melebar hingga ke mancanegara. Maka dari itu, untuk untuk melancarkan marketing mix, perhatikan juga tempat pendistribusian agar lebih terjangkau.

Harga (Price)

Dalam penjualan suatu produk pastilah harus memiliki nilai jual berupa harga yang telah ditentukan sesuai modal awal pembuatan. Hal ini harus diperhatikan dengan baik agar kelak perusahaan tidak mengalami kerugian.

Harga merupakan sebuah nilai yang ditanamkan pada sebuah barang sebagai imbalan atas kerumitan proses dan tawaran inovasinya. Maka dari itu, pada umumnya penentuan nilainya diperhitungkan secara rinci serta detail karena perusahaan mengharapkan suatu keuntungan sebagai hasil kerja kerasnya.

Jadi sebagai pengusaha, apabila benar-benar serius membesarkan perusahaannya pasti akan menetapkan harga secara tepat. Sebab hal ini dapat menciptakan bauran pemasaran yang sempurna sehingga mampu menarik konsumen dengan mudah.

Promosi (Promote)

Setelah memahami pengertian marketing mix dengan baik, maka Anda juga pasti paham bahwa hal yang satu ini tidak mungkin diabaikan begitu saja. Karena promosi merupakan alat penting dalam proses pemasaran produk kepada konsumen.

Dengan promosi yang tepat, inovatif dan berkualitas akan mampu mempengaruhi para konsumen untuk mencoba produk andalan perusahaan. Karena sebagus apapun suatu barang atau jasa apabila tidak dirasakan terlebih dahulu, maka pelanggan tak akan mengetahui keunggulannya.

Kegiatan promosi ini memiliki beberapa teknis, seperti salah satunya berupa katalog dengan tampilan gambar serta grafis menawan bisa membuat konsumen tersihir untuk membelinya. Atau dapat juga berupa iklan, pameran, word of mouth dan lain-lain.

Konsep Marketing Mix Tambahan Khusus untuk Produk Jasa

Untuk memasarkan suatu produk berupa jasa memerlukan konsep tambahan (4P) untuk melancarkan strategi pemasaran kepada calon pelanggan. Hal ini tentu tidak dapat diabaikan begitu saja, karena suatu layanan bukan dinilai dari layaknya suatu barang. Lantas, bagaimana konsep dari marketing mix?

Orang (People)

Orang merupakan alat yang cukup penting dalam memasarkan suatu layanan. Dengan keramahan dan sambutan terbaik karyawan kepada pelanggan, tentunya dapat memberi nilai plus kepada produk perusahaan Anda.

Kemudian karyawan mampu menerima dan merespon secepat mungkin apabila terdapat komplain dari konsumen. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas serta mulai menginformasikannya kepada teman-teman beserta kerabatnya untuk merasakan produk layanan Anda.

Maka dari itu, memang interaksi antar manusia lebih berperan di sini, karena suatu layanan jasa tidak dapat terlihat oleh mata. Orang akan mengetahui rasanya dengan cara mencobanya secara langsung. Terlebih lagi mendengar rekomendasi dari teman atau saudaranya sendiri pastinya lebih mudah teryakini.

Bukti Fisik (Physical Evidence)

Seperti sudah diketahui sebelumnya, produk yang berupa layanan tidaklah bisa dilihat secara langsung, karena tidak memiliki wujud layaknya benda. Dengan begitu, penilaian suatu bentuk jasa hanya dapat dirasakan dengan mencobanya sendiri.

Bukti fisik ini bisa juga berupa tampilan bentuk perusahaan dengan interior bangunan unik dan menarik. Dengan begitu saat ada yang berkunjung, mereka akan lebih yakin bahwa bisnis Anda memang benar-benar dapat menyajikan layanan yang berkualitas.

Selain itu, bukti fisik bisa berupa faktur untuk meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan akan bekerja secara profesional. Maka dari itu, menyertakan physical evidence di dalam kegiatan pemasaran dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda secara signifikan.

Proses (Process)

Dalam menjalankan strategi marketing kombinasi proses yang tepat juga sangat penting dalam upaya memasarkan produk perusahaan kepada calon pembeli. Karena tanpa prosedur jelas, maka bisa saja di tengah perjalanan bisnis Anda mengalami suatu hal.

Membangun kredibilitas perusahaan melalui konsep proses ini memang memiliki cara yang bervariasi, seperti pada bengkel motor. Di sana pengerjaan dapat langsung dilihat oleh pelanggan, termasuk penggunaan alat-alat canggih dan cara penyelesaiannya.

Maka dari itu, selain karyawan kompeten, alat pengerjaan yang canggih juga sangat mendukung dalam proses penyelesaian. Dengan disaksikannya seluruh kegiatan oleh pelanggan, pasti mereka lebih yakin untuk menggunakan jasa dari perusahaan Anda.

Fungsi Marketing Mix

Fungsi Marketing Mix

Dalam mengkombinasi elemen pemasaran agar menjadi suatu strategi sempurna, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk memerlukan inovasi baru dan serius. Hal ini bertujuan untuk menarik para pelanggan yang terus mengalami perubahan pemikiran. Untuk fungsinya sebagai berikut:

Fungsi Pertukaran

Fungsi bauran pemasaran satu ini sangat berguna untuk menukarkan produk baik dengan uang atau barang. Hal ini tentu bermanfaat untuk memberi pemasukkan kepada perusahaan, berupa keuntungan yang bisa dipakai sebagai fasilitas mengembangkan bisnis kedepannya.

Dengan adanya marketing mix, konsumen dapat mudah membeli produk yang diinginkannya dan melakukan pembayaran untuk menghargai upaya perusahaan dalam menciptakan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan pembeli.

Pertukaran elemen ini tentu memberikan keuntungan dari kedua pihak baik bagi penjual dan pembeli. Karena produk memang diciptakan untuk memberi kepuasan bagi pelanggannya, tidak mungkin suatu perusahaan membuat sesuatu yang kurang laku di pasaran.

Fungsi Distribusi Fisik

Marketing mix memiliki fungsi distribusi fisik, yaitu menyalurkan produk kepada konsumen melalui reseller sehingga kondisi barang dapat tetap terjaga hingga sampai ke tangan pembeli. Selain itu pelanggan juga lebih mudah menjangkaunya.

Baca Juga: Contoh Bisnis Plan

Distribusi fisik ini juga berupa kegiatan menyimpan dan menjaga baik kondisi serta pasokan produk, agar bisa memenuhi seluruh permintaan pembeli. Jadi tidak akan terjadi kekurangan stok sehingga konsumen tetap dapat menikmati produk tersebut.

Selain itu, fungsi marketing mix ini juga sangat menjaga kondisi barang agar tidak mudah rusak. Jadi benar-benar diperhitungkan masa salurnya sehingga tidak terlalu lama disimpan. Dengan teknik pemasaran yang baik perusahaan dapat mengontrol kualitas produk.

Fungsi Perantara

Fungsi marketing mix selanjutnya adalah sebagai perantara untuk menyalurkan produk kepada pelanggan yang berada di dua kegiatan, yaitu pertukaran dan distribusi fisik. Jadi strategi pemasaran ini bisa juga menyampaikan barang ke pelanggan.

Fungsi perantara ini merupakan hal yang sangat penting dalam proses pemasaran suatu produk. Karena dengan begitu, produsen sangat terbantu sebab itu dapat menyampaikan barang langsung ke konsumen dan bisa memenuhi seluruh permintaan.

Marketing mix ini sangat efektif meningkatkan keuntungan perusahaan, perpaduannya menghasilkan strategi dalam manajemen penjualan, sehingga dapat menarik banyak konsumen untuk mencoba dan membeli produk Anda.

Fungsi Promosi

Marketing mix berfungsi sebagai alat promosi produk sehingga produk dapat dikenali oleh masyarakat luas. Dengan metode tepat, iklan yang ditampilkan berupa gambaran barang akan terlihat lebih menarik dan pembeli pun tertarik untuk mencobanya.

Fungsi promosi ini merupakan elemen yang sangat efektif dalam membuat seluruh produk laku di pasaran. Karena kegiatan ini berisi berbagai aktivitas pemasaran berkaitan dengan pengenalan dan penggambaran detail barang.

Saat proses promosi, ini juga dilakukan pembacaan respon pembeli akan produk tersebut. Kemudian bisa dijadikan masukkan bagi perusahaan untuk berinovasi dan membuat sesuatu yang lebih baik lagi sesuai kebutuhan konsumen saat ini.

Fungsi Komunikasi

Fungsi marketing mix selanjutnya adalah komunikasi, jadi dengan adanya proses pemasaran produk ini secara otomatis perusahaan akan menjalin hubungan antara distributor dan konsumen. Karena melakukan promosi kesana kemari pasti nantinya akan bertemu berbagai macam pelanggan.

Pelayanan yang baik akan membuat konsumen lebih mempercayakan kebutuhan hidup mereka kepada Anda. Jadi usahakanlah menjalin hubungan dengan pelanggan, karena tanpa adanya pembeli maka produk tidak akan bisa cepat laku.

Ibarat kata “tak kenal maka tak sayang”, jadi menjalin komunikasi dengan para konsumen memberi Anda kesempatan untuk terus memperkenalkan produk terbaru kepada mereka. Dijamin, pelanggan akan sangat nyaman apabila pelayanan diutamakan.

Fungsi Riset dan Pengembangan

Kegiatan bauran pemasaran juga berfungsi sebagai alat untuk melakukan riset pasar serta pengembangan suatu bisnis. Jadi di dalam prosesnya marketing harus sanggup menerima dan menyerap segala informasi berkaitan dengan perusahaan.

Saat memasarkan, riset pasar dapat dilakukan dengan melihat respon pembeli dalam menghadapi produk. Apabila data ini sudah ada di tangan, maka selanjutnya perusahaan bisa langsung menganalisa hal apa saja yang harus diperbaiki.

Jadi dengan begitu, dapat sangat efektif dalam mengembangkan bisnis Anda kedepannya karena suatu produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen akan lebih cepat laku. Maka keuntungan perusahaan juga akan meningkat drastis serta berpeluang mengembangkannya ke skala besar.

Fungsi Sales

Marketing mix memiliki fungsi sebagai sales yang mampu menawarkan berbagai produk kepada konsumen. Tentunya peran ini akan berjalan sebagai mestinya apabila kombinasi pemasaran dapat mendukung satu sama lain.

Pada dasarnya tujuan utama dari fungsi sales ini adalah meningkatkan penjualan produk sehingga otomatis akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Penawaran yang dilakukan pada saat marketing mix berlangsung akan bisa menarik pembeli.

Bahkan jika perpaduan seluruh elemen marketing bisa mensupport satu sama lain dengan baik, maka dapat merubah pemikiran konsumen dan beralih pada produk perusahaan Anda. Karena sales mampu memberikan gambaran detailnya.

Fungsi Perencanaan Produk dan Jasa

Melakukan kombinasi kegiatan pemasaran merupakan cara efektif dalam meningkatkan keuntungan. Dengan dilakukannya marketing mix secara tepat, maka perusahaan akan lebih mudah merencanakan produk atau jasa.

Menciptakan suatu produk baik berupa barang atau jasa harus melalui riset pasar yang tepat agar penjualan bisa berjalan lancar tanpa harus menunggu lama. Maka dari itu, menjaga komunikasi dengan konsumen adalah cara terbaik untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan market.

Selain itu, mempelajari kompetitor juga sangat efektif untuk mengetahui jenis produk apa yang harus dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini bisa dilengkapi dengan berbagai inovasi sehingga dapat terlihat berbeda dari lainnya.

Fungsi Analisis Peluang

Fungsi marketing mix selanjutnya adalah berguna menganalisis peluang di pasaran yang meliputi beberapa hal yaitu modal, resiko serta manfaat. Jadi perusahaan dapat memberi keputusan dan mencari inovasi sesuai keinginan market.

Menganalisa pasar adalah hal yang harus dilakukan dalam menjalankan suatu bisnis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen terhadap produk. Selain itu, juga dapat dilihat dari banyaknya kompetitor sebagai motivasi menciptakan suatu inovasi baru.

Dalam proses analisis peluang ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu menghitung total cost, kemudian pikirkanlah manfaat dari produk. Karena setiap barang atau jasa harus memiliki keunggulan agar bisa laku di pasaran.

Fungsi Penetapan Harga

Saat menjalankan strategi marketing mix, Anda juga dapat melakukan riset pasar sehingga bisa terlihat harga di luaran itu kondisinya bagaimana. Karena seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa hal ini memegang peranan penting dalam pemasaran.

Jadi menggunakan marketing mix juga sangat membantu dalam menentukan harga suatu produk. Karena perhitungan bukan hanya berdasar dari banyaknya biaya yang dikeluarkan saja, namun posisi di pasaran juga perlu diperhatikan.

Apabila di pasaran nilai cukup tinggi, Anda dapat membuatnya lebih rendah dengan cara meminilisir biaya pengeluaran dan keuntungan. Hal ini bertujuan untuk menarik minat para konsumen agar mau membeli barang yang ditawarkan.

Tujuan Marketing Mix

Tujuan Marketing Mix

Usai memahami marketing mix beserta pengertiannya, sebaiknya Anda mengetahui tujuan dilakukannya aktivitas tersebut. Beberapa bauran pemasaran adalah:

Advertising (Periklanan)

Tujuan penggunaan marketing mix adalah periklanan. Perusahaan menggunakan cara ini untuk memberitahukan informasi terkait layanan atau layanannya kepada konsumen. Dilakukannya kegiatan ini untuk meningkatkan penjualan. Produknya sangat bervariasi berdasarkan kepemilikan suatu usaha.

Periklanan ini umumnya menggunakan berbagai cara mulai dari iklan internet hingga media cetak. Perusahaan terkadang memakai metode unik seperti baliho demi menyiarkan produknya. Hasilnya sangat efisien. Berkat diiklankan, suatu barang dapat lebih cepat laku di pasaran.

Penggunaan periklanan ini juga bisa memberikan citra pada perusahaan sehingga produk terlihat lebih bernilai. Sebagai contoh, beriklan lewat televisi diminati karena membuat barang cepat terkenal. Hal itu dikarenakan penampilannya jauh lebih menarik. Apalagi dibuat dengan menggandeng artis.

Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Selain periklanan, tujuan marketing mix adalah promosi penjualan. Penggunaan pemasaran bauran ini bertujuan agar pelanggan bersedia membeli barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Berbeda dari advertising, aktivitas ini dilakukan hanya tertentu dan secara langsung kepada konsumen.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menarik pelanggan, antara lain, memberikan sampel produk atau voucher dan mengadakan perlombaan dengan hadiah menarik. Berkat promosi ini, calon konsumen dapat mengetahui keberadaan serta keunggulan dari barang atau layanannya.

Umumnya, sales promotion ini menggunakan karyawan seperti SPG atau SPB untuk mempromosikan secara langsung. Karena sifatnya langsung, konsumen dapat bertanya langsung mengenai keistimewaannya pada staf tersebut.

Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Tujuan marketing mix adalah melakukan pemasaran langsung. Direct marketing ini dilakukan dengan cara menargetkan konsumen tertentu agar potensi barang terbeli semakin besar. Penggunaan metode itu berpotensi menguntungkan perusahaan karena klien lebih tertarget.

Tertarget di sini maksudnya perusahaan mengirimkan promosi langsung ke calon pembeli seperti email berisikan katalog atau penawaran menarik. Direct marketing ini juga minim biaya dan hasilnya bisa berkualitas jika pebisnis memanfaatkannya dengan baik.

Agar direct marketing berhasil, maka pengiriman email harus sopan dan harus stand by di depan laptop atau gadget. Sewaktu-waktu konsumen mengontak, pihak perusahaan dapat melayaninya. Dengan pemasaran langsung, pelanggan akan lebih merasa dispesialkan dibandingkan cara lainnya.

Manfaat Marketing Mix

Manfaat Marketing Mix

Marketing mix tidak hanya memiliki tujuan positif. Namun, keberadaannya juga mampu memaksimalkan kondisi internal serta eksternal perusahaan. Dalam kehidupan sehari-hari, pemasaran bauran mengandung banyak manfaat. Berikut merupakan penjabarannya:

Pembagian Peran dan Tugas dalam Perusahaan Lebih Mudah

Salah satu manfaat marketing mix adalah petinggi perusahaan akan dimudahkan dalam mengatur pembagian tugas. Pemasaran bauran memberikan kesempatan pada pemilik untuk memberikan jobdesk secara adil sesuai kapasitasnya. Hal itu dilakukan sesuai dengan kesepakatan di awal pendirian usaha.

Tiap orang di suatu perusahaan mungkin memiliki perbedaan jobdesk. Adanya variasi ini umumnya ditentukan oleh perbedaan jabatan yang diampu. Sebagai contoh, tugas admin akan berbeda dengan tim produksi. Jika keduanya diberikan pekerjaan sama, ini tidak akan berjalan sesuai harapan.

Pembagian peran ini diharapkan mampu membentuk tim yang solid dan bisa saling bekerja sama. Apabila sebuah perusahaan tidak memiliki karyawan loyal, kemungkinan produk tidak akan mencapai target maksimal sesuai harapan. Untuk itu, penggunaan marketing mix sangat dibutuhkan.

Mengalokasikan Sumber Daya Lebih Efisien

Marketing mix memberikan banyak keunggulan, salah satu manfaatnya adalah pebisnis mampu mengalokasikan sumber daya sehingga menjadi lebih efisien. Hal itu disebabkan owner mengetahui teknik apa saja yang dapat digunakan dalam memasarkan produk atau layanannya.

Owner akan memaksimalkan sumber dayanya dengan mengerahkan seluruh strategi marketing baik menggunakan advertising maupun direct marketing. Berkat penggunaan marketing mix, omset akan secara signifikan meningkat dibandingkan sebelumnya.

Pengalokasian sumber daya tentu tidak boleh dilakukan asal-asalan. Agar dampaknya bagus, pemilik usaha harus mempertimbangkan keunggulan dan kekurangan dari teknik pemasaran yang dilakukan. Jika cara tersebut dilakukan, potensi produk terbeli dalam waktu singkat bukanlah sebuah mimpi.

Pemasaran Terasa Lebih Simpel

Marketing mix digunakan oleh banyak pebisnis dikarenakan pemasaran ini mempermudah segalanya. Pebisnis kini tidak perlu ragu lagi jika ingin mempromosikan barangnya. Terdapat berbagai metode yang dapat dipilih mulai dari advertising hingga direct marketing.

Namun, hasilnya akan jauh lebih baik jika pemilik memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki. Hal ini dilakukan karena tidak semua teknik mampu membuat pelanggan membeli barang perusahaan. Jika melakukan semuanya, maka akan didapat metode terbaik.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran

Berkat marketing mix, perusahaan dapat memahami apa saja yang bisa dilakukan. Salah satu metode terbaik adalah periklanan. Advertising ini disukai karena mampu memperkenalkan produk dalam waktu singkat. Namun biayanya cukup tinggi, jika ingin biaya ekonomis, manfaatkanlah direct marketing.

Mengasah Kemampuan Mengatur Keuangan

Salah satu manfaat marketing mix adalah mengasah kemampuan menganalisis keuangan. Hal ini dikarenakan pebisnis dapat mengetahui pemasaran secara detail. Jika menggunakan semua elemen dalam pemasaran bauran, maka ada banyak hal yang bisa diperoleh.

Pertama, pebisnis jadi lebih berhati-hati saat membelanjakan uangnya. Ia akan lebih menghemat pengeluaran karena dana untuk pemasaran cukup menguras. Biaya marketing di awal memang menghabiskan, sebab produk diperkenalkan ke masyarakat lewat berbagai cara.

Namun, pebisnis yang handal akan memutar otaknya jika tidak bisa menggunakan banyak biaya. Sebagai contoh, dia dapat memilih direct marketing yakni pengiriman tawaran berupa email ke calon pembeli. Cara ini dinilai praktis dan hanya membutuhkan koneksi internet serta perangkat laptop.

Proses Komunikasi Menjadi Lebih Terorganisir

Marketing mix tidak hanya memudahkan pebisnis membuat jobdesk. Namun, proses komunikasi antar karyawan pun terasa jauh lebih mudah. Adanya kemudahan ini dikarenakan seluruh staf telah dibagi menurut divisinya. Setelah pengelompokkan, interaksi menjadi tertata.

Hal ini dikarenakan pemasaran bauran membuat pebisnis menata karyawannya dengan baik. Jika hal itu dilakukan, maka potensi untuk berinteraksi pun makin tinggi. Ketika komunikasi antara staf dan pegawai lainnya bagus, kegiatan memproduksi barang serta jasa pun berjalan lancar.

Kunci utamanya adalah pembagian job desk yang jelas, kemudian dilanjutkan pemberian informasi mengenai pentingnya menjaga interaksi dengan sesama pegawai. Jika memungkinan, lakukan briefing secara rutin agar antara pegawai satu dan lainnya lebih tercipta keharmonisannya.

Meningkatkan Kreativitas untuk Berinovasi

Manfaat penggunaan marketing mix adalah mengasah kreativitas pebisnis untuk lebih berinovasi. Jika memahami elemen pemasaran, pemilik usaha jadi mengetahui tren terkini yang sedang ada di pasaran. Ia akan menciptakan terobosan baru dengan cara menaikkan kualitas dan keunikan.

Suatu barang harus diinovasi agar keberadaannya sesuai tuntutan zaman, dengan berinovasi lebih, pelanggan akan tertarik untuk melakukan pembelian banyak. Salah satu contohnya adalah membuat tiwul, makanan khas Yogyakarta dengan berbagai rasa menarik seperti blackcurrant atau coklat.

Adanya pemberian rasa yang kekinian ini secara otomatis membuat masyarakat penasaran hingga akhirnya memutuskan untuk membelinya. Sebelum menjual produk, pebisnis diharapkan mengujinya terlebih dahulu apakah layak atau tidak. Setelah pengujian, barang dapat diketahui keunggulannya.

Dapat Lebih Siap dengan Persaingan

Marketing mix ini memberikan manfaat bagi penggunanya, salah satunya owner bisnis akan lebih siap ketika menghadapi persaingan. Seperti yang diketahui, dunia usaha sangat erat hubungannya dengan kompetitor. Dengan bersaing, pebisnis makin tahan banting dalam menghadapi tantangan.

Pebisnis yang menggunakan marketing mix akan menggunakan strategi terbaik untuk mengalahkan pesaingnya. Tentu metode menggunakan cara sehat sehingga dapat memberikan keuntungan maksimal. Dari pemasaran bauran, ia jadi mengetahui kelemahan sebuah teknik marketing.

Jika teknik A kurang maksimal ketika digunakan, maka pebisnis dapat menggunakan solusi alternatifnya. Pemasaran bauran memberikan langkah efektif untuk mempersiapkan segalanya lebih matang, termasuk saat berhubungan dengan pesaing.

Mengetahui Tempat Strategis untuk Pemasaran

Manfaat menggunakan marketing mix dalam memasarkan usaha adalah pebisnis jadi mengetahui dimana tempat terbaik untuk mempromosikan barang. Adanya keuntungan ini dapat diperoleh karena ia telah mencoba berbagai cara pemasaran yang ada.

Di antara berbagai teknik yang telah digunakan, tentu minimal ada satu opsi terbaik. Pilihan tersebut umumnya berpotensi menghadirkan banyak pelanggan. Jika penggunaan marketing mix ini benar, akan diketahui area strategis untuk memasarkan seperti event atau secara online.

Promosi secara online atau menggunakan periklanan via internet ini diminati karena dana yang dibutuhkan tidak terlalu banyak jika dibandingkan iklan di TV. Jika setelah dicoba cara itu menghasilkan banyak keuntungan, maka jangan ragu menggunakan periklanan tersebut.

Penentuan Harga Barang Makin Mudah

Ketika melakukan marketing mix, ada banyak hal yang bisa dicapai, salah satunya penentuan harga barang makin mudah. Saat memasarkan barang, pebisnis jadi mengetahui bagaimana daya beli masyarakat beserta peminatnya. Jika biaya produk terlampau tinggi, maka harus dievaluasi.

Terkadang, suatu barang kurang diminati oleh masyarakat karena daya beli mereka tidak sama. Jika hal itu terjadi, pebisnis dapat membuat diferensiasi produk dengan cara membuat variasi lainnya yang lebih murah. Jika ini dilakukan, maka omset perusahaan pun akan naik dalam waktu berkala.

Penentuan harga tidak hanya melihat biaya produksi dan keuntungan saja. Pebisnis diharapkan menyesuaikannya dengan daya beli masyarakat agar potensi terbeli makin besar. Jika ini diterapkan, dijamin pelanggan akan lebih bersemangat untuk membeli.

Dapat Mengetahui Media Terbaik untuk Pemasaran

Marketing mix juga bermanfaat untuk mengetahui media terbaik yang bisa digunakan untuk marketing. Berkat pemasaran bauran, penggunaan promosi suatu produk dapat dimaksimalkan. Pebisnis bisa menggunakan seluruh tekniknya mulai dari periklanan televisi hingga sales promotion.

Dengan memakai seluruh media, pebisnis jadi tahu kekurangan atau keunggulan. Dari seluruh media tersebut, akan terlihat mana opsi terbaik yang menguntungkan untuk dilakukan. Agar omset meningkat, owner sebaiknya menjadikannya media utama untuk mempromosikan barang atau jasa.

Sebagai contoh, jika iklan televisi kurang menguntungkan, maka bisa menerapkan periklanan lewat sosial media yang berbayar. Dengan berfokus pada teknik tertentu, ia dapat memaksimalkan keuntungannya. Memang, semua cara berpotensi menghasilkan, tapi opsi terbaik adalah berfokus pada 1 atau 2 media.

Macam-macam Marketing Mix

Macam-macam Marketing Mix

Marketing sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Pemasaran bauran ini terbagi menjadi beberapa jenis. Menurut Tjiptono, terdapat 5 macam marketing mix yang perlu diketahui. Berikut adalah penjelasannya:

Personal Selling

Personal selling adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara langsung. Antara penjual dan pembeli bertemu (tatap muka). Adanya promosi dengan cara ini bertujuan menargetkan pelanggan agar lebih mudah dibujuk untuk melakukan pembelian barang atau pemesanan layanan.

Jika melakukan promosi langsung ke seorang pelanggan, penjual dapat memberikan sugesti positif. Selain itu, pelayanan jadi lebih spesial karena berfokus pada konsumen tersebut. Dengan pendekatan, umumnya calon pembeli akan lulus hingga akhirnya percaya kepada pebisnis.

Jika telah nyaman dan percaya, menjual barang terasa jauh lebih mudah. Selain melakukan penjualan door to door, pebisnis juga bisa mengadakan demonstrasi yang menargetkan banyak pelanggan. Saat melakukannya, pastikan memberitahukan keuntungan serta keistimewaan produk.

Mass Selling

Salah satu jenis marketing mix adalah mass selling. Jenis ini dilakukan dengan cara mempromosikan barang ke masyarakat umum menggunakan suatu teknik pemasaran. Penggunaan metodenya umumnya memakai media komunikasi agar lebih cepat disampaikan pada khalayak ramai.

Penggunaan mass selling ini sangat sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil hingga besar. Selain praktis, biayanya pun bervariasi dan bisa disesuaikan anggaran. Pemasaran dengan teknik ini terdiri dari 2 jenis antara lain:

  • Periklanan

Salah satu bentuk marketing mix adalah periklanan. Jenis ini diciptakan dengan cara membuat sebuah konten menarik yang bisa menarik pelanggan menggunakan jasa atau membeli barang milik suatu perusahaan. Penggunaan iklan itu bervariasi mulai dari televisi hingga media cetak.

  • Publisitas

Kategori ini mempromosikan suatu barang secara tidak langsung. Pesan keunggulan barang disisipkan dalam sebuah konten seperti artikel sehingga pembaca dapat mengetahui manfaatnya secara otomatis. Bahkan, terkadang khalayak tidak menyadari bahwa itu termasuk dalam promosi.

Sales Promotion

Salah satu jenis marketing mix adalah sales promotion. Penggunaan pemasaran tipe dilakukan untuk menargetkan konsumen secara langsung. Terdapat beberapa cara antara lain, pemberian voucher, sampel gratis dan diskon di saat-saat tertentu.

Pemberian diskon ini menjadi salah satu cara terbaik karena umumnya pihak pelanggan merasa diuntungkan dengan adanya tawaran menarik tersebut. Selain itu, pemberian giveaway juga dapat meningkatkan antusias konsumen untuk berpartisipasi di dalamnya.

Direct Marketing

Direct marketing adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mempromosikan barang. Cara ini dilakukan dengan cara online marketing, catalog marketing, telemarketing dan direct mail marketing. Tiap-tiap pilihan mempunyai keunggulan serta kelemahannya masing-masing.

Sebagai contoh, direct mail marketing ini bisa menargetkan pelanggan. Namun, keberadaannya dapat diabaikan oleh pelanggan yang jarang membuka surelnya. Teknik lainnya bisa pula menggunakan online marketing. Meskipun membutuhkan sedikit dana, namun konsumen mengetahuinya dengan jelas.

Public Relation

PR juga menjadi salah satu cara yang dianjurkan untuk mempromosikan barang atau jasa. Fokus utama public relation adalah mempromosikan sebuah informasi akan layanan atau produk dengan menggandeng media massa seperti koran atau majalah.

Selanjutnya, berbagai kegiatan yang diagendakan oleh perusahaan diliput sebagai informasi berwujud berita. Secara tidak langsung, info tersebut memuat produk atau layanan milik pebisnis. Meskipun, bukan mempromosikan sesuatu, namun dampaknya cukup baik bagi citra usaha itu.

Pelanggan yang kebetulan membaca artikel itu mungkin akan semakin percaya bahwa produk tersebut bermanfaat sehingga memutuskan untuk repeat order. Adanya penggunaan public relation ini dapat dijadikan sebagai cara alternatif demi memaksimalkan keuntungan.

Beberapa Contoh Marketing Mix

Pemasaran bauran memberikan solusi terkini tentang kewirausahaan. Agar mampu menerapkan marketing mix, berikut akan diinformasikan mengenai contohnya:

Product

Salah satu produk yang saat ini digemari adalah minuman kekinian seperti dalgona. Pemilik usahanya akan melakukan riset mengenai produk dengan melihat daya beli masyarakat.

Setelah melihatnya, akhirnya penjual memutuskan untuk menyediakan 3 variasi berdasarkan ukuran gelas. Pemilihan produk tersebut dikarenakan saat ini sedang tren serta mampu menghilangkan rasa haus dengan cepat.

Price

Harga yang dipatok untuk satu gelas dalgona bervariasi. Adanya perbedaan harga ini dikarenakan tersedia 3 pilihan yakni small, large dan jumbo.

Biaya untuk mendapatkan segelas minuman kekinian adalah mulai Rp 5000. Ini telah disesuaikan dengan daya beli anak sekolah. Di saat-saat tertentu, akan diadakah promo atau diskon demi memaksimalkan jumlah pelanggan. Dibandingkan jenis lainnya, minuman tersebut termasuk murah.

Place

Penjualan dalgona ini dilakukan di 3 titik yakni di pusat kota, di dekat sekolahan dan alun-alun. Pemilihan lokasi itu dikarenakan target pasarnya adalah masyarakat serta anak sekolahan.

Dengan menempatkan kedai di area tersebut, potensi menghasilkan omset juga bertambah. Selain itu, ditempatkannya di titik keramaian untuk menjaring turis yang sedang berwisata.

People

Dalgona ini dibuat oleh anak muda yang memiliki inovasi tinggi. Seluruh anggota merupakan mahasiswa jurusan tata boga sehingga memiliki keahlian di bidang kuliner. Dapat dikatakan, timnya merupakan orang berkompeten.

Process

Konsumen akan menerima pelayanan terbaik karena dalgona ini dapat dibeli secara online menggunakan jasa Go Food.

Pelanggan bisa merasakan kenikmatan dan kesegarannya sehingga minuman kekinian tersebut akan populer. Pembuatannya memakai bahan berkualitas jadi pembeli tidak perlu mengkhawatirkan kualitasnya. Produk disajikan ketika ada pemesan sehingga akan terasa lebih segar karena baru dibuat.

Physical Evidence

Meskipun harga minuman Dalgona ini terjangkau, namun packagingnya elegan dan bisa dituliskan nama di setiap gelasnya.

Desainnya menarik serta akan membuat pembeli merasa lega karena dapat menghilangkan dahaga. Di dalam kemasannya juga tersedia kata-kata motivasi sehingga pelanggan akan lebih bersemangat saat meminumnya.

People Opinion

Perusahaan akan memberikan anggapan di masyarakat bahwa Dalgona ini dapat dinikmati dengan harga cukup terjangkau. Alhasil, semua orang mampu mengkonsumsi minuman kekinian itu. Kesan positif ini dimunculkan agar konsumen tertarik untuk selalu menikmati produk tersebut.

Baca Juga: Pengertian Startup

Demikian beberapa informasi menarik mengenai marketing mix. Apabila ingin memaksimalkan omset perusahaan, penggunaan pemasaran bauran adalah opsi terbaik. Selain mudah dilakukan, pebisnis juga boleh memilih salah satu teknik marketing yang dianggapnya mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *