MCM Mandiri

Mandiri Cash Management (MCM)

Diposting pada

Apakah Anda pengguna rekening Bank Mandiri? Bila iya, sudah tau belum mengenai layanan MCM Mandiri? Sebuah program atau layanan yang diberikan langsung oleh bank mandiri untuk mengelola keuangan perusahaan. MCM sendiri merupakan singkatan dari Mandiri Cash Management.

Tak dapat dipungkiri bila Anda memiliki sebuah bisnis maka merapihkan tata Kelola keuangan merupakan hal yang amat sangat penting. Sayangnya, ada Sebagian perusahaan yang merasa kesulitan untuk mengatur hal tersebut. Apalagi bila perusahaan kerap melakukan transaksi cukup tinggi sementara tidak ada SDM yang bisa menangani tata Kelola keuangan.

Nah, lantas bagaimana sih cash mandiri managemen ini bisa membantu perusahaan? Berikut adalah pembahasan mengenai MCM Bank Mandiri mulai dari penjelasan layanan, apa saja manfaatnya hingga bagaimana cara mengaksesnya. Yuk simak!

Manfaat MCM Mandiri

Layanan & Manfaat MCM Mandiri

Mengelola tata Kelola sebuah perusahaan apalagi bilah perusahaan tersebut sudah cukup besar, tentu buka perkara mudah karena membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu juga wajar, bila perusahaan besar memiliki transaksi keuangan dengan traffic tinggi.

Sehingga akan sangat tidak mungkin bila perusahaan harus melakukan pengamatan satu per satu transaksi yang sudah berjalan, atau bila ada kesalahan harus membetulkannya sendiri. Berkaitan dengan hal tersebutlah kita bisa tau bahwa ternyata pengawaran pada tata Kelola keuangan suatu perusahaan merupakan hal amat penting sekali.

Bayangkan saja bila ternyata tata Kelola keuangan tidak ditangani dengan baik. Bukan tidak mungkin keungan perusahaan malah akan menjadi kacau, bahkan mengancam bagaimana nasib perusahaan kedepannya.

Hal tersebut membuat beberapa Lembaga keuangan di Indonesia mulai menyadari perannya. Termasuk Bank Mandiri, sebagai salah satu bank yang masuk jajaran terbesar. Mandiri mulai menawarkan solusi untuk para pengusaha dalam system pengolaan keuangan dengan efisien dan mudah, yaitu melalui Mandiri Cash Managemen atau Mandiri MCM.

Namun, tidak sebuah nasabah bank mandiri bisa mendapatkan layanan ini. Hanya Anda menjadi nasabah dan memiliki rekening bisnis di Bank Mandiri saja yang bisa mendapatkan program layanan Cash Mandiri Managemen.

Adanya layanan ini, tentu akan sangat memudahkan para pengusaha. Apalagi dengan adanya MCM mandiri Online, dimana nasabah tidak harus datang ke kantor cabang atau pusat terdekat. Tapi bisa melakukannya dengan praktis secara online, kapan saja dan dimana saja.

Kalau secara online, bagaimana dengan keamanannya?

Tidak bisa dipungkiri, meskipun system bisa lebih mudah karena dijalankan secara online namun tingkat keamanan juga harus dipertimbangkan. Karena memang kasus pencurian data kerap dilakukan secara online oleh hacker.

Tidak sedikit juga perusahaan yang enggan menggunakan teknologi online dengan pertimbangan “bagaimana bila data perusahaan dicuri”. Tentu data-data tersebut adalah asset dan harus diamankan.

Atau ada orang-orang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan data perusahaan karena sudah tahu bagaimana mengakses data tersebut dengan mudah secara online. Terlebih bila tidak adanya pengamanan khusus untuk melindungi data. Ya, ini memang sebenarnya kekhawatiran yang dirasakan oleh banyak orang. Lantas, bagaimana dengan MCM Mandiri online? Apakah keamanannya terjamin?

Nah, bagi Anda nasabah yang ingin menggunakan MCM Mandiri Online, Anda tidak perlu khawatir. Layanan MCM ini sudah didikung oleh otoritas yang bertingkat serta dilengkapi dengan enskrip system. Dengan begitu, data-data perusahaan akan tersimpan dengan aman dan terjamin.

Program layanan ini nantinya akan memonitoring tiap aktivitas rekening yang keluar atau pun masuk, bagaimana transaksisnya serta juga melakukan reporting dengan tepat. Contohnya saja, dengan melakukan aktivitas penggelolaan Account Receivable (A/R) atau Account Payable (A/P). Anda bisa melakukan optimalisasi pada perusahaan.

Layanan MCM Mandiri

Sementara itu, berkaitan dengan layanan MCM Mandiri, ada beberapa layanan yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya:

Layanan Informasi Rekening

Sebuah layanan dari MCM mandiri, dimana nasabah bisa mendapatkan kemudahan saat melakukan monitoring. Termasuk juga di dalamnya untuk mendapatkan informasi besaran saldo rekening serta mutase rekening bisa dilakukan secara real time dan bisa langsung di unduh dalam berbagai macam format; PDF, Word, atau Excel.

Bila Anda ingin melakukan transasksi giro atau tabungan baik menggunakan rupiah hingga mata uang asing, Anda juga bisa memanfaatkan layanan ini. Bahkan bila membutuhkan cetakan rekening koran bisa Anda lakukan dengan cepat. Bagaimana, sangat dibutuhkan sekali bukan untuk bisnis Anda?

Layanan Pengaturan Transfer

Selanjutnya ada layanan pengaturan transfer. Sebuah layanan yang akan memberikan nasabah akses agar bisa melakukan aktivitas transfernya ke luar. Di dalam layanan ini juga sudah termasuk pemindah bukuan antar rekening bank mandiri. Lalu melakukan transfer ke bank domestic memakai mata uang rupiah atau pun ke bank lain menggunakan valuta asing.

Anda juga tak perlu khawatir soal proses transasksi, sebab bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan, mau immediate, standing instruction (post dated) sampai dengan recurring transaction. Selain itu, bila memang dibutuhkan, Anda bisa memakai template atau prefefined beneficiary list untuk melakukan proses transfer, tanpa harus meng input ulang data. Bila ingin menyesuaikan transaksi seperti single atau mass transaction juga bisa dilakukan dengan mudah.

Layanan Pengaturan Tagihan

Tidak mungkin bukan bila ada tagihan, Anda harus melakukannya secara manual apalagi bila jumlahnya banyak. Nah, dengan mcm mandiri, nasabah bisa mendapatkan layanan pengaturan tagihan.

Pada layanan ini, nasabah bisa dengan mudah mengoptimalisasi pengelolaan piutang perusahaan. Bisa dengan memberi akses pengaturan pembayaran tagihan atau pun dengan layanan auto debet untuk proses penagihan secara massal. Lebih mudah, lebih cepat, lebih termanage dengan baik.

Layanan Monitoring Transaksi

Memonitoring transaksi bila dilakukan secara manual tentu akan sangat memusingkan. Oleh sebab itu, MCM Mandiri Online memberila layanan monitoring transaksi. Dengan ini nasabah bisa mengontrol serta secara penuh mengawasi bagaimana sih transaksi pada rekening perusahaan, apakah berjalan dengan baik atau ternyata ada yang mencurigakan.

Prinsip Multi User & Dual Control MCM Mandiri

Prinsip Multi User & Dual Control MCM Mandiri

MCM Mandiri online ini mempunya 2 prinsip yang mendukung layanannya. Pertama ada multi user, kedua ada Dual Control. Apa sih maksud dari keduanya? Simak pembahasan berikut:

Prinsip Dual Control MCM Mandiri

Selain fitur-fitur andalan yang ada pada layanan MCM ini, Anda juga bisa mendapatkan kelebihan lain dari MCM yaitu prinsip penggunaan user. Apasih maksudnya? Ini adalah sebuah tata Kelola rekening pada bisnis nasabah yang terdaftar pada MCM Bank Mandiri, yang bisa dilakukan oleh beberapa individu.

Prinsip ini bisa menguntungkan nasabah karena lebih mudah melakukan aktivitas transaksi perusahaan serta bisa saling mengawasi satu sama lainnya. Nah, dalam aktivitas pengolaan ID nya, Anda bisa bisa mengajukan dua individu yang menjalankan MCM agar bisa mengatur kegiatan-kegiatan non finansial. Di dalam system ini, dua individu tersebu dinamakan Sysadmin1 dan Sysadmin2.

Pada sysadmin 1, individu akan memiliki tugas sebagai seorang admin atau seorang pengelola utama yang mempunya akses secara menyeluruh. Mulai dari mengatur struktur pengguna, akunnya hingga mengatur limin transaksi. Sydadmin1 juga bisa mengatur bagaimana skema prosedur saat hendak melakukan persetujuan transaksi yang akan dilakukan.

Sementara itu, untuk sysadmin2 para pengguna hanya akan bertugas menjadi dual control dari syadmin1. Artinya, tanggung jawab syadmin2 ini hanyalah sebatas menyetujui perubahan setting ID MCM yang sudah dilakukan oleh syasadmin1. Jadi, sudah jelas bahwa masing-masing admin dari MCM online ini tidak bisa menjalankan system tanpa adanya persetujuan antara kedua belah pihak.

Multi User

Nah, selain ada 2 admin yang sudah disebutkan di atas, layanan Mandiri Cash Managemen juga mempunyai 3 individu lain yang bisa berperan, dan ini dinamakan multi user. Peran-peran yang bisa dilakukan diantaranya sebagai pengguna transaksi atau biasa dikenal dengan istilah maker, approver, dan realeaser.

Melihat dari masing-masing namanya saja, sudah jelas bahwa para pengguna transaksi ini mempunyai tugas berbeda. Misalnya saja Maker, ia merupakan pengguna yang akan bertindak sebagai penggagas transaksi melalui system MCM Mandiri. Nantinya maker akan memasukan sejumlah data serta informasi yang diperlukan dalam pembuatan transaksi.

Bila maker selesai menginput data serta informasi lainnya, transaksi tentu tidak akan bisa langsung lolos sebab harus dilakukan pengecekan dan persetujuan lagi. Nah, ini adalah tugas dari approver sebagai pengguna transaksi kedua.

Saat approver sudah benar-benar menyetujui transaksi yang sudah dibuat oleh maker maka selanjutnya releaser akan melakukan tugas berikutnya. Apa tugas realeser? Yaitu mengirimkan transaksi pada pihak yang dituju dan sudah tersimpan di dalam system.

Sehingga dengan demikian, risiko-risiko seperti salah input data atau pun informasi bisa diminimalisir bahkan tidak terjadi. Proses pengecekan transaksi perusahaan pun bisa dengan mudah tersimpan dan terekam dalam rekening bisnis milik perusahaan.

Dua prinsip ini tentu semakin menguatkan bahwa MCM Mandiri online memang sangat dibutuhkan oleh para pengusaha, apalagi kalau skalanya sudah cukup besar.

Bila Anda ingin menjadi nasabah Cash Mandiri Management, Anda perlu memenuhi beberapa persayaratan. Sebab sebagaimana sudah dijelaskan di atas bahwa layanan ini merupakan layanan terbatas dan ekslusif, tidak semua nasabah bisa menggunakan. Sehingga pemenuhan syarat sangatlah diperlukan.

Syarat Menggunakan Mandiri Cash Management

Layanan MCM Mandiri

Berikut ini adalah beberapa syarat yang bisa Anda penuhi bila ingin menggunakan layanan mandiri cash manangemen.

Nasabah Sudah Terdaftar pada Form MCM

Bagaimana bisa mengikuti program layanan kalau tidak terdaftar? Sehingga syarat awalnya sudah jelas bahwa untuk bisa menggunakan layanan MCM, nasabah harus melakukan pengisian form mandiri cash managemen atas nama perusahaan.

Sebelum mengisi form, sebaiknya Anda pastikan dulu apakah perusahaan memang sudah terfaftar sebagai nasabah giro bank mandiri atau belum. Lakukan pengecekan di awal agar nantinya tidak merepotkan harus bulak-balik mencari data.

Nasabah Harus Mengakses Website Resmi MCM

Bila nasabah sudah selesai melakukan pengisian form dan sudah terdaftar menjadi nasabah giro Bank Mandiri maka selanjutnya nasabah harus mengakses website resminya. Bisa langsung masuk ke mcm.bankmandiri.co.id, lebih lengkapnya bisa ikut langkah berikut:

Cara Mengakses MCM Mandiri

  • Masuk ke situs website mcm mandiri login mcm.bankmandiri.co.id
  • Masuk ke layar transaksi dan nasabah akan diminta untuk mengisi sejumlah data diantaranya company ID, user, password, bila ingin mengubah Bahasa menjadi Bahasa Indonesia tinggal pilih Bahasa saja. Selanjutnya klik login.

Cara Mengakses MCM Mandiri

Pada dasarnya untuk mengakses mandiri cash managemen tidak terlalu menyulitkan. Bila memang sudah terdaftar dan memiliki akun, nasabah hanya memerlukan langkah login saja. Namun tentunya tidak jarang juga nasabah yang mengalami kendala, entah memang karena gangguan website atau ada kesalahan pribadi.

Bila Anda sudah mendaftarkan diri menjadi nasabah dan Anda mengalami gangguan, cobalah untuk menghubungi bagian help desk Mandiri di nomor telepon (021)500150. Anda bisa sampaikan apa yang menjadi keluhan Anda terkait dengan Mandiri Cash Managemen. Apakah perihal teknis atau non teknis saat penggunaanya.

Pembayaran Pajak Melalui MCM Mandiri

Bagi perusahaan yang hendak melakukan pembayaran pajak juga sudah dengan mudah bisa melakukannya melalui MCM Mandiri. Artinya nasabah perusahaan tidak harus datang ke kantor. Tinggal ikuti saja langkah berikut ini.

Langkah Pembuatan Billi ID & Membayar Pajak Melalui Layanan MCM Mandiri Online:

  1. Nasabah bisa menyiapkan koneksi internet dan laptop, lalu masuk pada menu tax paymen di bagian MPN Payment.
  2. Pilihlah From Account atau sumber rekening
  3. Selanjutnya nasabah bisa memasukan berapa nilai pembayarannya
  4.  Masukan juga NPWP sebagaimana data yang diminta
  5.  Nasabah bisa melakukan cek identitas NPWP dengan memiliki inquiry yang nantinya akan memperlihatkan refrensi atas NPWP
  6. Selanjutnya bisa pilih tax type
  7. Lalu, pilihlah tombol deposit type
  8. Nasabah bisa mengisi remark atau keterangan
  9. Selanjutnya pilih masa pajak
  10. Lalu pilih tahun pajak berlaku

Bila nasabah sudah selesai melakukan pengisian serta pengecekan, nasabah bisa langsung mengkonfirmasi atas transaksi yang sudah dibuat dan ini dilakukan dengan user approval. Selanjutnya, bila nasabah juga sudah melakukan proses pembayaran, nasabah tentunya membutuhkan bukti SSP atau bukti penerimaan negera agar bisa melakukan pelaporan SPT nantinya.

Nah, untuk nasabah yang ingin mencetak bukti SSP atau pun BPN, nasabah bisa melakukan langkah berikut:

  1. Lakukan login masuk Kembali ke user maker
  2. Tax inquiry bisa dilakukan melalui MPN Payment
  3. Pilihlah tangga nasabah sudah melakukan pembayaran pajak
  4. Pilihlah bukti yang hendak nasabah ambil misal BPN atau SSP
  5. Selanjutnya tinggal pilih download atau download all
  6. Selesai! Anda hanya tinggal memiliki folder mana yang akan digunakan untuk menyimpan bukti file nya dalam bentuk pdf. Sementara itu bila ternyata Anda memilih download all maka data yang akan diterima adalah dalam bentuk ZIP.

Tidak terlalu sulitkan melakukan pembayaran pajak melalui MCM mandiri online? Anda bisa melakukann dengan cepat. Anda juga bisa menghemat waktu hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet saja, semuanya sudah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Itulah pembahasan mengenai Mandiri Cash Managemen, sebuah layanan yang dikhususkan untuk nasabah mandiri yang memiliki bisnis. Adanya program ini tentu bisa memudahkan Anda sebagai nasabah dalam mengontrol transaksi dan mengawasi tata Kelola keuangan perusahaan.

Baca Juga: BCA Call Center

Untuk proses akses pun pada dasarnya tidak terlalu sulit, sebab Bank Mandiri sudah membuatnya secara online dan user friendly. Namun bila Anda tidak nyaman mendaftar secara online sendirian, Anda juga bisa dibantu oleh teller di Bank Mandiri terdekat. Sampaikan saja apa tujuan Anda dan pastikan kalau Anda memang sudah memiliki rekening bisnis ya agar tidak usah lama lagi membuatnya.

Tinggalkan Balasan