3 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menentukan Platfoam Digital Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Platfoam Digital
21Mei, 2019

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menentukan Platfoam Digital Yang Tepat Untuk Usaha Anda – Era ini adalah era digital. Dengan penetrasi pengguna internet yang sudah berada di angka 30%, dengan jumlah pengguna aktif sekitar 82 juta pengguna; Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar terbesar dari digital marketing.

Di era ini sudah banyak orang yang menggunakan smartphone di dalam bis atau kereta saat berangkat atau pulang kerja, menggunakan tablet di café untuk browsing, dan laptop di rumah untuk mengerjakan remote-project, pengelolaan OL Shop, dan aktivitas kerja di kantor.

Di masa depan, angka ini akan semakin bertambah. Intenet akan semakin mudah diakses, apalagi ketika semakin lama, harga smartphone juga kian bersaing. Intinya, dengan kondisi yang tercipta ini, masyarakat kita sudah bisa dikatakan siap untuk menghadapi era digital yang hanya akan terus berkembang.

Baca Juga : Mengenal Tentang Digital Marketing

Berdasarkan data Google, penggunaan media internet dewasa ini sudah melampaui pengguna media televisi. Artinya, traditional marketing yang menggunakan media tv sebagai medium penyampaian iklan kini memiliki market share yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan digital marketing.

Tentunya setiap metode pemasaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan suatu metode pastinya akan didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan masing-masing produk/layanan. Yang terpenting adalah bagaimana pesan brand tersampaikan pada target market.

Nah, bagaimana dengan digital marketing? Salah satu hal yang menjadi kendala dari implementasi digital marketing untuk bisnis adalah banyaknya pilihan dan alternatif-alternatif yang bisa dipakai untuk memasarkan. Dengan banyaknya kanal marketing dewasa ini, memilih yang tepat bisa menjadi tugas berat.

Dalam artikel kali ini, saya akan coba menguraikan bagaimana cara memilih platform digital yang cocok untuk keperluan bisnis anda. Pemilihan platform digital marketing yang tepat akan menyukseskan anda, sementara pemilihan platform digital marketing yang kurang tepat akan memberikan dampak buruk bagi usaha anda.

Cara Memilih Platform Digital Yang Tepat Untuk Usaha Anda

Dengan mengidentifikasi platform yang tepat untuk usaha anda akan memberikan fokus bagi usaha anda untuk terus-menerus membangun daya saing di era digital ini. Banyak sekali usaha-usaha baru yang membuat keputusan marketing yang keliru. Akhirnya mereka menggunakan metode trial-and-error untuk menentukan mana metode digital marketing yang cocok dan feasible untuk dilakukan. Metode seperti ini akan banyak sekali menghabiskan waktu dan energi.

Seperti kata pepatah: waktu lebih berharga daripada uang.

Maukah anda menghabiskan waktu anda yang sangat berharga untuk hasil yang tidak seberapa? Mulailah merencanakan metode digital marketing yang pas untuk usaha anda.

Sebelum anda memulai proses seleksi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manakah platform digital marketing yang populer kini. Nah, platform-paltform tersebut adalah:

  • Email Marketing
  • Pay-Per-Click Advertising (PPC)
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Display Advertising
  • Social Media Marketing (SMM)
  • Content Marketing dan Online P.R.
  • Affiliate Marketing
  • Online PR

Dihadapkan pada begitu banyak pilihan, manakah yang tepat?

Banyak perusahaan dewasa ini mulai menggunakan metode pemasaran cross-platform. Dengan menggunakan dan mengoptimalkan berbagai tools digital marketing yang tersedia untuk membangun brand awareness. Dengan banyaknya pilihan, tidaklah mengherankan jika kemudian banyak pengusaha kecil yang bingung menentukan pilihan.

Ditambah lagi, perlu kita ingat, marketing bukanlah ilmu pasti dimana 1+1 selalu sama dengan 2. Tidak ada solusi universal bagi segala persoalan marketing anda. Untuk menguasainya, dibutuhkan effort untuk mempelajari aspek teknis dan nuansa sosial dari masing-masing platform.

Berikut akan saya berikan uraian mengenai 3 hal yang harus diperhatikan untuk menentukan platform digital yang tepat bagi usaha anda. Saya harap dengan informasi yang saya share ini, bisa memberi pijakan dasar kerangka berpikir untuk memilih platform digital yang tepat bagi usaha anda,

1. Kenali jenis perusahan anda, resource dan skill apa saja yang dimiliki, dan juga apa saja yang menjadi target dan kebutuhan yang dapat di provide oleh digital marketing

Ya. Hal pertama yang harus kita pahami adalah diri kita sendiri. Kelihatannya remeh, namun justru inilah langkah utama dan terpenting yang tidak bisa ditinggalkan. Keliru disini. Sekarang coba kita bayangkan, kita sedang merencanakan suatu digital campaign untuk usaha kita.

Apa saja yang kita butuhkan? Yang pertama adalah budget yang jelas, kedua adalah ketersediaan personil dengan spesifikasi yang tepat untuk mengerjakannya. Spesifikasi macam apakah yang dimaksud? Tentunya ini ada kaitannya dengan skill untuk menuntaskan pekerjaan. Untuk mengelola suatu digital campaign, setidaknya anda harus memiliki skill-skill sebagai berikut:

  • Skill pengembangan web – agar desain laman web anda sesuai dengan kebutuhan
  • Kreatifitas – yang dimaksud kreatifitas disini luas, tapi yang umum dibutuhkan adalah skill menulis dan desain grafis.
  • Skill SEO – sangat penting untuk menaikkan google rank laman web anda sehingga dapat lebih mudah ditemukan dalam search engine
  • Skill sosial – sangat penting ketika anda menargetkan market engagement yang interaktif dan real-time. Disini skill komunikasi interpersonal memegang peranan yang sangat penting.

Jika kita tidak memiliki salah satu di antaranya apa yang bisa kita lakukan?

Skenario 1: budget kurang. Optimalkan personil dan skill yang anda miliki. Sederhanakan model digital marketing anda. Optimalkan penggunaan tools-tools gratis untuk digital campaign anda.
Skenario 2: personil tidak memadai. Di kasus ini anda bisa melakukan outsourcing untuk memenuhi kebutuhan skill anda.

Dalam rangka membangun digital campaign untuk pemasaran produk anda, anda tidak bisa hanya menggantungkan diri pada satu macam skill saja, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kombinasi antar skill dibutuhkan untuk hasil yang optimal bagi target yang anda inginkan.

Kedua adalah definisikan dengan jelas apa yang menjadi target digital campaign anda.

Jika yang menjadi target adalah brand awareness, maka indikator keberhasilan suatu digital campaign didasarkan pada bagaimana suatu produk/layanan dikenal oleh pangsa pasar. Untuk target ini platform yang cocok adalah yang kuat dalam sektor konten dan visual. Contoh-contoh platformnya antara lain:

  • Medsos:
  • Market engagement lewat fitur-fitur interaktif medsos
  • Kanal yang kaya akan visual, seperti Instagram dan Pinterest
  • Kanal yang kaya akan elemen audio-visual seperti Youtube, Vimeo
  • Model promosi lewat e-mail, newsletter, dan kupon
  • Integrasi cross platform, dan antara digital campaign dengan event

Target lain, semisal penjualan, akan membutuhkan platform yang berbeda.

2. Kenali siapa customer anda dan identifikasikan kanal marketing yang tepat untuk menjangkaunya

Disini kita membutuhkan sedikit imajinasi. Bayangkan siapakah customer potensial yang anda yakini membutuhkan produk/layanan anda. Semakin spesifik semakin baik.

Hal penting yang tidak boleh kita lewatkan di fase ini adalah

  • Apa jenis kelaminnya?
  • Berapa usianya?
  • Apa pekerjaannya?
  • Di kota mana dia bekerja?
  • Berapa penghasilannya?
  • Apa hobi dan interestnya?
  • Bagaimana cara dia menghabiskan waktu senggang?
  • Apa medsos yang dia pakai untuk mengekspresikan dirinya?

Dengan adanya data-data ini, anda bisa mulai melakukan search dengan tools premium Facebook, atau dari google bagi digital marketer. Dari situ anda bisa melihat sendiri seberapa besar potensi pasar anda, dan memberikan anda data yang cukup untuk menarik perhatian mereka lewat digital campaign yang anda rancang.

Baca Juga : 5 Prinsip Strategi Pemasaran Mutakhir Untuk Tahun 2019

3. Sesuaikan dengan budget anda

Setelah anda membuat planning platform mana yang akan anda gunakan, sekarang saatnya kita meninjau kelayakannya dari segi budget.

Perlu dipahami, walaupun cost yang diperlukan untuk membangun digital campaign relatif lebih murah jika dibandingkan dengan model marketing tradisional, tetap ada biaya yang harus dikeluarkan. Tergantung kompleksitas dan kualitas, biaya ini bisa jadi tidak sedikit, contoh alokasi budget untuk suatu digital campaign antara lain:

  • Bayaran untuk staff dan admin
  • Biaya untuk tools-tools berbayar yang digunakan dalam digital campaign
  • Pembayaran untuk pembuatan konten (jika outsourcing)
  • Biaya untuk menyewa videographer, fotografer, dan desainer grafis
  • Biaya web developing
  • Dan lain sebagainya

Disini anda bisa mulai memikirkan berbagai skenario dan solusi yang ditujukan untuk efisiensi biaya digital campaign anda 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menentukan Platfoam Digital Yang Tepat Untuk Usaha Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X