Merk Power Bank Terbaik

Merk Power Bank Terbaik

Diposting pada

Mengalami habis baterai ketika sedang dalam perjalanan memang menjadi hal yang kurang menyenangkan. Oleh sebab itu, kini saatnya mengetahui merk power bank terbaik untuk isi ulang smartphone Kamu sehingga dapat menggunakan HP kapanpun dan dimanapun.

Namun, sebelumnya ketahui terlebih dahulu beberapa keunggulan serta kisarah harga yang dibenderol oleh masing-masing brand.

Merk Power Bank Berkualitas Khusus Smartphone

Sebelum membeli pengisi daya tanpa listrik ini Kamu harus mengetahui mana saja produk yang berkualitas dan memberikan hasil maksimal terhadap smartphone. Selain memperpanjang durasi pemakaian, power bank juga harus aman terhadap handphone penggunanya, seperti 20 merk power bank terbaik berikut:

Eser Power Bank

Eser Power Bank

Merk power bank satu ini menjadi produk pertama yang menciptakan inovasi berupa baterai lepas pasang. Jika biasanya pengisi daya tanpa listrik tersebut harus di-charge menggunakan kabek USB, maka kini Kamu bisa menggunakannya dengan pengisi berbeda.

Baca Juga: Harga Notebook Murah 1 Juta

Jika suatu saat baterai yang berada di dalam power bank tersebut rusak dan dayanya sudah habis, maka Kamu cukup menggantinya. Setelah itu produk ciptaan Eser ini bisa digunakan kembali. Jika berminat Kamu dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 252.000.

Samsung Power Bank

Samsung Power Bank

Siapa yang tidak mengenal brand elektronik ternama seperti Samsung? Perusahaan tersebut telah berhasil menembus industri karena produk smartphone ciptaannya dicintai oleh para penggunanya. Selain variannya beragam, kualitasnya juga tak dapat diragukan lagi.

Kini, brand ternama tersebut mengeluarkan produk pengisi daya, yakni power bank untuk menambah durasi penggunaan smartphone-mu. Selain itu, di dalamnya juga mendukung fitur fast charge sehingga tidak perlu menunggu waktu lama agar handphone bisa terisi kembali. Harganya mulai dari 300 ribuan.

Robot Power Bank

Robot Power Bank

Power Bank merk Robot saat ini tengah menjadi andalan bagi para pengguna smartphone. Tak hanya mampu memberikan tambahan pada durasi penggunaan saja, namun juga memiliki fitur berupa lampu LED yang berfungsi untuk menunjukkan sisa dari kapasitas daya produk tersebut.

Merk power bank satu ini juga bisa Kamu gunakan sebagai senter apabila sedang berada dalam kondisi darurat. Terdapat 2 LED pada produk bermerk Robot tersebut sehingga keduanya sama-sama bisa difungsikan. Dibandrol dengan harga mulai dari Rp 70.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Anker Power Bank

Anker Power Bank

Anker merupakan salah satu produsen yang khusus memproduksi perlengkapan smartphone dengan kualitas terbaik. Tak hanya power bank, mereka juga menjual aksesoris handphone seperti USB charger, kabel pengisi daya dan masih banyak lagi.

Adapun produk power bank terbaik yang menjadi primadona merk ini adalah PowerCore 10000 PD. Jenis tersebut didesain sangat tipis sehingga ringan untuk dibawa kemana saja dan memiliki kapasitas sangat besar serta memiliki fitur fast charging. Dibandrol dengan harga mulai Rp 200.000 hingga jutaan rupiah.

Delcell Power Bank

Delcell Power Bank

Power Bank dengan merk Delcell ini memiliki kapasitas yang sangat besar namun desainnya begitu tipis sehingga Kamu bisa membawanya kemana saja tanpa khawatir akan memberatkan tas. Selain itu, fitur fast charging juga semakin membuat produk tersebut disukai banyak pengguna.

Tak hanya ringan dan berkapasitas besar, power bank terbaik ini pun menyediakan 2 buah port USB sehingga Kamu dapat mengisi dua smartphone dalam waktu bersamaan. Selain itu, Delcell juga dilengkapi lampu LED sehingga bisa digunakan sebagai senter. Harganya hanya berkisar 100.000 rupiah.

Romoss Power Bank

Romoss Power Bank

Romoss merupakan produsen yang tergolong masih baru di Indonesia. Walaupun begitu, merk power bank satu ini disukai oleh para penggunanya bahkan dicari banyak orang karena fiturnya sangat canggih sehingga membuatnya semakin unggul di antara perusahaan lain.

Salah satu fitur yang sangat populer adalah Smart irCharge dimana fasilitas tersebut berfungsi untuk menyesuaikan frekuensi daya dengan beragam perangkat. Selain itu, Romoss juga memberikan kecanggihan berupa otomatisasi pemutusan aliran listrik apabila baterai smartphone sudah penuh.

Vivan Power Bank

Vivan Power Bank

Merk power bank terbaik selanjutnya adalah Vivan. Produsen satu ini termasuk ke dalam list favorit di Indonesia karena harganya terbilang ramah pada kantong, namun memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah dengan perusahaan lain karena terdiri dari tenaga profesional bersertifikat.

Tak hanya itu, produsen satu ini telah mengeluarkan power bank dengan berbagai varian dan dilengkapi oleh beragam fitur canggih untuk mengisi daya baterai smartphone. Harganya yang murah membuat Vivan disukai para penggunanya, yakni mulai dari Rp 50.000 hingga 3 juta rupiah.

Xiaomi Power Bank

Xiaomi Power Bank

Tak hanya Samsung, kini produsen smartphone ternama di Indonesia juga tak mau kalah untuk menciptakan produk pengisi daya dan beberapa aksesoris handphone lainnya. Seperti produknya yang lain, perusahaan ini juga memberikan kapasitas cukup besar untuk power bank.

Pada tahun 2020 mereka menciptakan power bank dengan kapasitas 1000 mAh dengan ukuran yang sangat tipis serta hanya sebesar kartu nama. Dengan begitu Kamu dapat membawanya kemana saja tanpa khawatir akan memberatkan tas. Harganya cukup terjangkau, yakni sekitar 100 – 300 ribu rupiah.

RAV Power Bank

RAV Power Bank

Produsen satu ini sangat terkenal di Amerika Serikat karena kecanggihan teknologi serta kelengkapan fitur yang ditawarkan pada berbagai produknya. Bahkan kerap menjadi incaran masyarakat. Pengisian daya menggunakan prower bank merk tersebut terbukti dirasa sangat cepat.

Hal itu disebabkan karena adanya fitur fast charging yang didukung dengan kapasitas power bank sebesar 20.0000 mAh dan daya 60 Watt sehingga pengisian daya pada smartphone Kamu tidak memakan banyak waktu. Harganya mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000.

Micropack Power Bank

Micropack Power Bank

Mikropack sendiri merupakan salah satu perusahaan di bidang elektronik khususnya aksesoris smartphone yang berasal dari Hong Kong. Produsen tersebut memberikan penawaran berupa power bank berkapasitas besar, yakni sebesar 31.200 mAh khusus bagi laptop.

Melalui kecanggihan tersebut, Kamu tak perlu khawatir akan kehabisan daya dan bisa membawa laptop kemana saja. Selain itu power bank merk Micropack ini dilengkapi baterai dari Qualcomm sehingga dapat melakukan pengisian dengan cepat. Harganya mulai dari Rp 170.000 hingga Rp 1.300.000.

Hippo Power Bank

Hippo Power Bank

Jika Kamu menyukai desain power bank yang simpel dan ringan maka merk Hippo wajib untuk dimasukkan ke dalam list. Pasalnya pengisi daya satu ini terbilang mudah dibawa kemana saja karena tidak memberatkan tas. Selain itu, kapasitasnya juga cukup besar.

Oleh karena kelebihan tersebut, merk satu ini menjadi power bank yang disukai bahkan dicari di Indonesia. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau, cukup merogoh kocek sebesar 50 ribu rupiah saja Kamu sudah bisa mendapatkan pengisi daya super canggih ciptaan Hippo.

Vyatta Power Bank

Vyatta Power Bank

Vyatta sendiri merupakan salah satu anak perusahaan di Amerika Serikat yang memiliki induk bernama AT&T. Keduanya sama-sama bergerak pada bidang telekomunikasi dan sudah terkenal sebagai instansi raksasa. Maka, tak heran jika berbagai produknya memiliki kualitas bagus termasuk power bank.

Power bank terbaik yang diciptakan oleh produsen Vyatta ini menyediakan fitur berupa pengisian daya smartphone turbo sehingga memungkinkan handphone Kamu terisi dengan cepat. Selain itu, harganya juga sangat ramah di kantong, yakni mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 400.000 saja.

Omni Power Bank

Omni Power Bank

Jika Kamu menginginkan power bank yang memiliki desain elegan dan terkesan berkelas, maka merk Omni ini menjadi pilihan cocok untuk dimasukkan ke dalam list. Namun, tak hanya unggul dalam hal penampilan, pengisi daya tersebut juga memiliki kualitas terbaik.

Kapasitas power bank dengan merk Omni ini cukup besar serta didukung oleh berbagai fitur terbaik sehingga dapat melakukan pengisian daya pada smartphone Kamu secara maksimal. Harganya juga ramah terhadap kantong, yakni mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 400.000 saja.

Aukey Power Bank

Aukey Power Bank

Aukey merupakan salah satu merk power bank yang bagus dan berkualitas. Produsen tersebut mendedikasikan dirinya untuk membuat produk-produk terbaik dengan desain elegan serta memiliki kualitas tinggi sehingga mampu membuat para penggunanya merasa puas.

Produsen ini dikenal dengan produk perangkat kerasnya yang super canggih, salah satunya adalah power bank. Alat pengisi daya tersebut dilengkapi oleh fitur fast charging sehingga mampu mengisi daya smartphone Kamu lebih cepat. Harganya terbilang murah, yakni mulai dari 200 ribu hingga jutaan rupiah.

Recci Power Bank

Recci power bank

Recci merupakan salah satu brand ternama yang telah berhasil melahirkan produk-produk berkualitas dan disukai oleh para penggunanya. Power bank ciptaan produsen tersebut terdiri dari berbagai kapasitas, mulai dari 500 hingga 10000 mAh dan disertai dengan beragam fitur menarik.

Beberapa fitur yang disediakan oleh merk Recci ini meliputi teknologi fast charging, lampu LED, pengisian daya secara wireless serta port USB dengan dua tipe berbeda, yakni type C dan micro compatible sehingga bisa disesuaikan terhadap smartphone Kamu.

Uneed Power Bank

Uneed Power Bank

Jika Kamu mencari merk power bank yang bagus, maka Uneed patut menjadi pertimbangan. Berbeda dengan produk lain, pengisi daya smartphone satu ini hanya menyediakan kapasitas sebesar 5.600 mAh namun sanggup dan tetap berfungsi baik untuk digunakan sebanyak 2 hingga 3 kali.

Dengan begitu, Kamu bisa membawanya kemana saja bahkan ketika travelling dengan jarak tempuh yang jauh sekalipun. Selain itu, power bank merk Uneed ini juga dilengkapi oleh fitur quick charge 3.0 sehingga mampu mengisi daya smartphone secara lebih cepat. Canggih sekali, bukan?

Veger Power Bank

Veger Power Bank

Veger merupakan sebuah produsen yang memproduksi power bank dari negri tirai bambu alias Tiongkok. Merk tersebut cukup terkenal. Hal itu dibuktikan dengan jumlah produksi oleh perusahaan mencapai 20 ribu unit per hari. Maka, tak heran jika produknya menjadi sangat laris di pasaran.

Selain karena harganya terjangkau, power bank merk Veger ini juga memiliki kapasitas yang sangat besar yakni mulai dari 10.000 hingga mencapai 25.000 mAh. Dengan begitu, pengisi daya tersebut memang paling cocok untuk dibawa kemana saja apalagi ketika Kamu sedang travelling.

Hame Power Bank

Hame Power Bank

Salah satu perusahaan yang menyediakan banyak tipe power bank adalah Hame. Produsen tersebut sering dibanjiri oleh pesanan dari pasar. Hal tersebut dikarenakan desainnya menarik serta elegan, kapasitasnya berukuran besar dan sangat ringan untuk dibawa kemana saja.

Tak hanya penampilannya yang menarik nan elegan, namun power bank ini juga didukung oleh fitur tap to show power status dimana Kamu bisa menekan salah satu bagiannya untuk mengetahui sisa kapasitasnya. Produk buatan Hame tersebut dibandrol dengan harga yang relatif murah.

Probox Power Bank

Probox Power Bank

Probox merupakan salah satu merk power bank yang sangat direkomendasikan untuk kaum Hawa, bahkan kebanyakan pembeli produk tersebut memang sebagian besar dari golongan wanita. Bagaimana tidak, desain produknya sangat lucu dan menarik minat para calon pelanggan.

Power bank merk Probox didesain mirip dengan kartun berupa kucing dan transformers ataupun tokoh lain yang diadaptasi dari berbagai film animasi. Tak hanya memiliki berdasarkan penampilan saja, kapasitas pengisi daya ini juga cukup besar serta variatif sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Mophie Power Bank

Mophie Power Bank

Satu lagi merk power bank yang patut menjadi pertimbangan untuk mengisi daya smartphone selama perjalanan atau travelling. Produsen tersebut benama Mophie. Brand ini bisa dikategorikan ke dalam golongan premium jika dilihat dari segi harga dan kualitasnya.

Meskipun terbilang relatif mahal, namun kualitas yang dimiliki oleh power bank bermerk Mophie ini tidak bisa diragukan lagi. Kualitasnya berada di atas rata-rata pengisi daya lain karena dilengkapi oleh berbagai fitur canggih dan juga didesain sedemikian rupa sehingga terlihat lebih elegan.

Power Bank Berkapasitas Besar untuk Smartphone dan Laptop

Saat ini keberadaan smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang sehingga memastikannya dalam kondisi baik dan memiliki daya yang penuh menjadi sebuah kewajiban. Namun, Kamu tak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Berikut 15 power bank berkapasitas besar paling recommended:

Anker PowerCore 20.100 mAh

Anker PowerCore 20.100 mAh

Jika kebanyakan power bank hanya bisa menampung kapasitas paling besar 10.000 mAh, maka produsen dengan nama brand Anker ini menciptakan pengisi daya yang mampu digunakan lebih lama karena berkapasitas sebesar 20.100. Jumlah tersebut terbilang sangat tinggi.

Baca Juga: Merk Tempered Glass Terbaik

Tak hanya soal kapasitasnya yang besar, Anker PowerCore 20.100 mAh ini juga dilengkapi oleh fitus hight-speed charging sehingga bisa mengisi daya smartphone milik Kamu secara lebih cepat. Oleh sebab itu, tidak heran jika brand tersebut dijuluki sebagai power bank terbaik pada tahun 2020.

V-Gen PB-V10K6

V-Gen PB-V10K6

Berbeda dengan kebanyakan power bank, merk V-Gen bertipe PB-V10K6 ini memiliki desain unik dan terkesan lebih mewah. Bagaimana tidak, bagian luar produk ini dibalut oleh material berupa kain premium sehingga membuatnya terlihat elegan.

Tak hanya unggul soal penampilan saja, kapasitas yang diberikan pada power bank satu ini juga cukup besar, yakno 10.000 mAh serta disediakan 2 port USB. Dengan begitu, Kamu bisa mengisi dua perangkat sekaligus. Harganya terbilang relatif murah untuk desain sebagus ini, yaitu berkisar Rp 270.000

Aukey Power Bank 20.000 mAh

Merk Aukey memang tidak bisa diragukan lagi kualitasnya, selain memiliki fitur berupa 2 port USB untuk mengisi daya dua perangkat sekaligus, brand ini juga memiliki kapasitas yang sangat besar, yakni mencapai 20.000 mAh sehingga bisa digunakan sebagai pengisi baterai laptop.

Selain itu, power bank merk Aukey ini juga dilengkapi oleh fitur lain seperti fast charging sehingga Kamu tidak membutuhkan waktu yang lama agar smartphone atau laptop terisi penuh. Harganya relatif terjangkau, yakni hanya dibandrol sebesar Rp. 500.000 saja.

iMuto Portable Charger X6 30.000 mAh

iMuto Portable Charger X6 30.000 mAh

Apabila Kamu sedang mencari power bank yang bisa digunakan untuk segala jenis perangkat, maka iMuto Portable Charger ini sangat cocok dan patut dijadikan sebagai pertimbangan. Selain kapasitasnya sangat besar, pengguna juga bisa menggunakannya pada laptop.

Dengan kapasitas sebesar 30.000 mAh tersebut, power bank terbaik ini dapat digunakan sebanyak 5 hingga 6 kali pemakaian. Selain itu, merk tersebut juga bisa diaplikasikan kepada perangkat iOS. Tak heran jika produknya diincar oleh semua orang. Harganya berkisar Rp 1.167.000.

POWERADD PD Portable Charger 20.000 mAh

POWERADD PD Portable Charger 20.000 mAh

Jenis power bank satu ini sangat cocok bagi Kamu yang menginginkan pengisi daya dengan kemampuan menampung banyak perangkat. Hal ini dikarenakan brand bernama Poweradd tersebut memiliki banyak jenis output sehingga memungkinkan untuk digunakan oleh berbagai smartphone.

Poweradd PD Portable Charger memiliki kapasitas sebesar 20.000 mAh. Dengan begitu, Kamu tidak perlu khawatir jika akan kehabisan daya apabila sedang bepergian. Selain itu, power bank satu ini juga dilengkapi oleh fitur fast charging. Harganya dibandrol sebesar Rp. 560.000 saja.

RAVPower Universal Power Bank Travel Charger

Memiliki kapasitas yang mirip dengan Anker, power bank merk RAVPower ini juga menjadi salah satu produk incaran pembeli maupun pelanggan. Bagaimana tidak, kapasitas pengisi daya tersebut mencapai 20.100 mAh sehingga bisa digunakan berulang kali oleh para penggunanya.

Tal hanya bisa digunakan untuk mengisi daya smarphone saja, namun juga dapat diaplikasikan pada MacBook sehingga Kamu tidak perlu khawatir apabila tablet milikmu akan kehabisan baterai. Dilengkapi pula dengan fitur fash charging menjadikan produk ini semakin berkualitas.

MAXOAK 50.000 mAh

MAXOAK 50.000 mAh

Satu lagi merk power bank terbaik dengan kapasitas super besar yang sangat direkomendasikan untuk Kamu adalah MAXOAK. Tak tanggung-tanggung, brand tersebut memberikan kapasitas sebesar 50.000 mAh kepada produk pengisi daya mereka serta port USB sebanyak 6 buah.

Melalui kecanggihan tersebut, Kamu bisa mengisi daya dari banyak smartphone sekaligus. Bahkan disediakan port DC20V/5A yang dikhususkan untuk colokan pada laptop sehingga power bank ini bisa dibilang sangat multifungsi bagi semua perangkat. Dibandrol dengan harga Rp. 1.600.000

Vivan BB64 62.400 mAh

Vivan BB64 62.400 mAh

Kapasitas yang dimiliki oleh power bank merk Vivan bertipa BB64 ini terbilang paling besar di antara brand lain. Bagaimana tidak, pada produk tersebut berisi kapasitas sebesar 62.400 mAh sehingga harus mengorbankan banyak ruang. Tak heran apabila beratnya hampir mencapai 2 kg.

Pada produk tersebut disediakan 4 port USB yang bisa digunakan secara bersamaan. Selain itu, power bank merk Vivan ini juga dilengkapi fitur berupa keamanan sehingga tidak akan terjadi overheat atau overcharge sehingga tetap bisa digunakan secara aman. Dibandrol dengan harga sekitar 1,8 juta rupiah.

Xiaomi Mi power bank 20.000 mAh

Xiaomi Mi power bank 20.000 mAh

Siapa yang tidak mengenal brand bernama Xiaomi? Produsen satu ini sangat sukses di bidang pembuatan smartphone berkapasitas besar dan memiliki kecanggihan luar biasa. Kini perusahaan tersebut juga mengeluarkan produk berupa power bank dan aksesoris handphone lain.

Salah satu power bank sebagai primadona dari merk tersebut adalah Mi power bank dengan kapasitasnya sebesar 20.000 mAh. Selain itu, pengisi daya buatan Xiaomi tersebut dilengkapi oleh baterai yang memiliki kepadatan 728 Wh/L sehingga bodinya terlihat kokoh namun sangat ramping.

ACMIC S20PRO 20.000 mAh

ACMIC S20PRO 20.000 mAh

Satu lagi merk power bank yang bagus dan memiliki kualitas terbaik untuk mengisi daya smartphone Kamu adalah ACMIC bertipe S20PRO. Memiliki kapasitas sebesar 20.000 mAh serta dilengkapi oleh fitus Quick Charge 3.0 sehingga tidak membutuhkan waktu lama ketika memenuhi baterai handphone.

Melalui power bank merk ACMIC tersebut Kamu bisa melakukan pengisian daya terhadap 3 perangkat secara bersamaan. Adapun dua tipe port yang disediakan oleh produsen meliputi 2 Qualcomm Quick Charge dan juga Type C dengan output-nya sebesar 18 Watt. Harganya sekitar 600 ribu rupiah.

Kelebihan Menggunakan Power Bank untuk Smartphone Kamu

Kebutuhan untuk membuat smartphone dalam keadaan menyala memang sudang menjadi hal yang harus dipenuhi. Salah satu cara agar bisa memenuhinya adalah dengan menggunakan power bank. Berikut beberapa kelebihan memanfaatkan pengisi daya tersebut bagi smartphone-mu:

Memudahkan Kamu saat Dalam Perjalanan

Kelebihan utama yang bisa Kamu dapatkan ketika menggunakan power bank adalah bisa menggunakannya kapan saja bahkan ketika sedang berada dalam perjalanan. Pasalnya, pengisi daya tersebut tidak membutuhkan listrik apalagi jika produk milikmu memanfaatkan energi dari baterai.

Melalui kecanggihan tersebut, Kamu tetap bisa memastikan smartphone berada dalam kondisi baik dan tentu saja menyala. Apalagi jika dibawa ketika travelling tentu penggunaan handphone akan lebih sering untuk kebutuhan foto. Maka, jangan lupa untuk membawa power bank saat sedang berlibur.

Praktis dan Mudah Dibawa Kemana Saja

Saat ini kepraktisan telah menjadi hal yang dipertimbangkan oleh para instansi di bidang digital maupun telekomunikasi, termasuk produsen pembuat power bank. Konsumen kini lebih memilih produk dengan tingkat kepraktisan tinggi sehingga bisa dibawa kemana saja.

Hal tersebut juga menjadi pertimbangan para perancang power bank. Saat ini pengisi daya tanpa listrik ini tersedia dengan berbagai macam bentuk dan desain. Bahkan kini bodi ramping serta ringan tengah menjadi tren agar konsumen lebih mudah membawanya.

Memiliki Kapasitas mAh yang Besar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kini power bank tersedia dengan berbagai kapasitas bahkan mampu mencapai 20.000 mAh. Melalui kelebihan tersebut Kamu bisa mengisi daya pada smartphone lebih cepat serta tidak membuang banyak waktu.

Tak hanya kapasitas yang besar, namun ada juga beberap fitu menarik seperti fast charging. Selain praktis, Kamu juga tidak perlu menunggu waktu lama. Apalagi jika sedang melakukan travelling tentu akan membutuhkan handphone agar bisa mengeksplor seluruh tempat wisata.

Tersedia dengan Beragam Port USB

Tidak hanya ditunjang oleh kapasitas yang besar dan fitur fast charging, power bank saat ini juga disediakan fasilitas lain seperti penyediaan port USB yang cukup beragam. Bahkan pada beberapa merk menyediakan colokan sebanyak 6 buah.

Tak hanya berfungsi sebagai colokan untuk USB smartphone saja, namun ada beberapa merk yang juga memberikan port khusus laptop sehingga power bank tersebut bisa digunakan mengisi daya pada perangkat lain. Kamu cukup menyambungkan keduanya menggunakan connector.

Baca Juga: Macam-Macam Nama Aksesoris HP Kekinian Paling Laris

Itulah beberapa ulasan mengenai merk power bank terbaik untuk isi ulang smartphone Kamu agar perangkat kesayangan tersebut tetap berada dalam keadaan aman serta bisa digunakan kapan pun. Pastikan membeli brand yang telah direkomendasikan pada artikel kali ini. Selamat berbelanja!

Tinggalkan Balasan