Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
03Apr, 2020

Belajar menjadi kagiatan yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan berpengaruh terhadap masa depan seorang siswa dan rasa malas seringkali menjadi penyakit kebanyakan siswa.

Cara untuk menghilangkan rasa malas bisa diatasi dengan berbagai cara dan rasa malas tidak boleh dibiarkan, harus diatasi dengan cepat.

Konsentrasi anak dalam belajar seringkali terganggu dengan bayangan main yang menghantui dan anak malas belajar biasanya akan memiliki pengetahuan yang sedikit.

Siswa dari semua tingkatan harus mempunyai mental berjuang yang baik dan harus memiliki rasa ingin tau yang besar. Upaya peningkatan semangat belajar anak bisa dicoba dengan bimbingan orang tua yang efektif.

Dambaan semua orang tua, pasti ingin memiliki anak yang berbakti dan mempunyai anak yang bisa membanggakan kedua orang tuanya dengan prestasi.

Anak pintar biasanya memiliki pola asuh yang benar dan tingkatan kemampuannya selalu bertambah secara bertahap. Anak yang terlalu banyak bermain biasanya akan malas untuk belajar, karena kegiatan mainnya terlalu besar.

Secara umum ada banyak cara meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan harus terus di evaluasi, agar siswa belajar tanpa rasa bosan.

Baca Juga: Apa Itu SKS, IP dan IPK Dalam Perkuliahan

Setiap siswa tentu memiliki cara belajar yang berbeda-beda dan metode pembelajarannya tidak akan sama, namun di sekolah diharuskan mengikuti metode yang dijalankan sekolah.

Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar Siswa

Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar Siswa

Metode Pembelajaran yang Variatif

Kegiatan belajar yang dilakukan secara terus menerus, tentu akan menimbulkan rasa bosan dan pola yang membosankan, akan membuat motivasi belajar siswa menjadi menurun. Guru harus menerapkan metode yang bervariatif, agar siswa tidak mudah bosan menyerap pelajaran dan buatlah suasana belajar menjadi menyenangkan, agar anak semangat untuk belajar.

Metode belajar yang diterapkan seorang guru biasanya menerangkan, melakukan pembagian peran dengan siswa, mengidentifikasi suatu kasus, debat dan presentasi yang dilakukan siswa. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki permasalahan rendahnya minat baca anak dan salah satu faktor penghambatnya adalah penggunaan teknologi yang berlebihan seperti bermain permainan.

Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan punya pengetahuan yang luas dan proses penyerapan ilmu dapat berlangsung dengan cepat. Cara belajar yang menyenangkan, akan membuat anak merasa bahagia dan anak bisa berperilaku menyenangkan dalam proses belajar. Jangan biarkan rasa malas yang dimiliki anak berlangsung dalam waktu lama dan perlu segera dievaluasi cara belajarnya.

Ceritakan Kesuksesan

Sukses dalam karir tentu menjadi impian semua orang dan cara sukses sangatlah bervariasi. Menceritakan kisah kesuksesan seseorang, akan membuat siswa termotivasi untuk belajar dengan giat dan ceritakan cara yang ditempuh untuk mencapai kesuksesan. Tokoh inspiratif di Indonesia memang sangatlah banyak, namun berilah contoh kesuksesan orang yang familiar.

Penghambat kesuksesan adalah rasa malas yang menahun, jadi beri penjelasan yang rinci mengenai kesuksesan dan sukses tidak bisa dicapai dengan instan, perlu perjuangan yang berat. Metode pembelajaran di Indonesia memang hampir seragam, jarang inovasi pembelajaran yang baik dan keterampilan guru harus ditingkatkan, agar bisa menciptakan metode yang keren.

Raffi Ahmad menjadi salah satu artis yang mencapai titik kesuksesan, karena berbagai limpahan penghargaan dan uang sudah diperoleh. Proses perjalanan sukses Raffi membutuhkan waktu yang lama dan kerja kerasnya sangatlah tinggi. Naik turun performanya membuat Raffi kuat menghadapi cobaan dan penghasilannya sudah sangat tinggi, dibanding artis lainnya.

Siswa Harus Aktif Dalam Proses Belajar

Siswa yang selalu bertanya mengenai hal yang diragukan menjadi siswa yang dibilang aktif dan siswa aktif biasanya memiliki daya ingat yang tinggi. Siswa aktif pasti memiliki motivasi belajar yang tinggi dan pola ini harus diterapkan untuk semua siswa yang malas. Siswa aktif akan mudah untuk bergaul, karena bisa mencairkan suasana bermain dan belajar.

Dengan menjadikan siswa sebagai peserta pembelajaran yang aktif, bisa membantu meningkatkan motivasi belajar dan biarkan kreativitas siswa berkembang dengan baik, jangan terlalu banyak larangan. Siswa yang dibiarkan berperan aktif akan memiliki tingkat emosi yang stabil, karena sudah biasa mengutarakan isi hatinya.

Jangan biarkan siswa memiliki sikap yang pasif terhadap pelajaran, karena akan berdampak pada tingkat kecerdasannya dan biarkan siswa memberikan tanggapan terhadap suatu permasalahan pembelajaran. Dengan membiasakan siswa bersikap aktif, maka komponen otak yang dimiliki anak akan berkembang dengan pesat dan daya ingat anak terhadap pelajaran menjadi bertambah.

Kelas yang Kondusif

Suasana kelas yang kondusif akan membuat proses belajar mengajar menjadi efektif dan buatlah kelas senyaman mungkin, agar pembelajaran berlangsung lancar. Kelas yang kotor biasanya sangat tidak sehat dan akan membuat konsentrasi belajar berkurang. Kelas harus dibuat nyaman, jangan sampai ada keributan dalam kelas dan jangan biarkan siswa sering main dalam kelas.

Untuk membersihkan kelas biasanya ada piket yang terjadwal dan hal ini dapat meningkatkan tingkat disiplin siswa. Semakin kondusif kelas, maka proses belajar akan mudah diikuti siswa dan konsentrasi belajar siswa akan lebih baik. Anak yang memiliki kebiasaan jorok, biasanya memiliki minat belajar yang jelek dan proses penyerapan belajar sangat lambat.

Motivasi belajar siswa bisa ditingkatkan dengan membentuk suasana kelas yang menyenangkan dan siswa yang rajin belajar, akan punya tabungan ilmu yang banyak. Motivasi belajar meningkat akan berpengaruh terhadap nilai rapot dan semakin rajin belajar, maka peluang untuk jadi juara kelas sangat terbuka. Siswa berprestasi biasanya selalu dihargai di sekolah.

Tugas Proporsional

Tugas adalah pekerjaan yang harus diselesaikan di rumah, baik secara individu atau kelompok dan tugas sekolah seringkali dilupakan siswa yang malas, karena proses pengerjaannya sebelum jam masuk kelas. Tugas yang terlalu banyak, akan membuat anak malas untuk belajar di rumah dan anak akan sulit belajar dengan konsentrasi tinggi.

Tugas yang harus diselesaikan langsung di dalam kelas, harus disesuaikan dengan nilai yang diberikan dan siswa yang ingin nilai tinggi, pasti termotivasi untuk mengerjakan tugas dengan cepat. Usahakan siswa untuk melakukan penguasaan materi yang baik dan siswa yang tidak mengerjakan tugas beri sanksi yang tegas, agar ada tekanan untuk belajar dengan giat.

Mekanisme tugas yang proporsional, akan membuat anak merasa di perhatikan dan tugas yang proporsional harus diterapkan untuk semua siswa. Guru harus berperan aktif dalam proses pemberian tugas, jangan sampai anak tidak paham dengan tugas yang diberikan dan beri waktu anak untuk bertanya tentang mekanisme pengerjaan tugasnya. Biarkan anak memperbaiki tugas yang salah dan berikan waktu yang proporsional.

Motivasi dari Orang Tua

Orang tua harus memberikan motivasi yang baik untuk anak, agar bisa belajar dengan giat dan berikan petuah tentang kesuksesan, agar anak termotivasi. Orang tua yang berperan aktif dalam mengawasi perilaku anak dan jaga pergaulan anak saat di lingkungan rumah, jangan biarkan anak bergaul dengan teman yang lebih tua.

Siswa yang hormat kepada orang tuanya, akan memiliki tatakrama yang baik dan sopan kepada orang yang lebih tua, perlu diterapkan oleh ajaran orang tua. Jangan sampai siswa selalu berfikir sendiri dalam pengerjaan materi sekolah, selalu tanyakan siswa mengenai kesulitan yang diperoleh dan motivasi dari orang tua harus dilakukan dengan baik.
Sampaikan berbagai hal yang diperlukan siswa saat melakukan kegiatan sekolah dan buatlah anak memiliki keinginan untuk sukses. Ajarkan mengenai cara belajar yang baik dan yakinkan kepada siswa, bahwa doa orang tua sangatlah penting. Berikan kebebasan anak untuk berpendapat dan jangan biarkan anak banyak melamun, karena bisa meningkatkan rasa stress.

Semangat Guru Dalam Mengajar

Guru adalah sebuah profesi yang dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dan profesi guru sangat disukai banyak orang. Profesi guru telah ada sejak jaman dulu dan jaman dulu guru sangatlah disegani, namun sekarang guru banyak dilawan oleh siswanya. Jaman dulu hukuman guru sangatlah tegas, karena belum ada aturan yang menjelaskan mengenai prosedur hukuman guru untuk siswanya.

Jumlah guru di seluruh Indonesia sangatlah banyak, dari mulai guru berstatus pegawai negeri sampai honorer dan guru biasanya selalu memberikan semangat belajar yang bagus, agar siswanya ikut termotivasi. Jumlah guru yang mengajar dengan tingkat keiklasan tinggi sangatlah banyak dan rela mengorbankan waktunya untuk mendidik anak bangsa.

Guru memiliki peranan penting dalam meningkatkan gairah belajar siswa dan guru yang menyenangkan biasanya disukai cara pengajarannya oleh para siswa. Guru harus bersikap netral untuk semua siswa dan guru mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mendidik siswa. Beban guru memang sangat berat, namun banyak orang yang mengecilkan arti penting guru.

Guru yang selalu mengajar dengan semangat tinggi, tentu mengupayakan penularan semangat untuk siswanya dan motivasi belajar siswa bisa terangsang dengan cara kerja guru yang semangat. Upaya guru untuk selalu tampil ceria di depan siswa, akan dijadikan contoh yang baik dan proses belajar anak akan lebih dikembangkan dengan baik.

Pemberian Penghargaan

Penghargaan yang diberikan guru untuk memotivasi siswanya bisa dilakukan dengan pemberian nilai atau hadiah kecil lainnya dan cara ini sangat efektif untuk menunjang motivasi belajar seorang anak. Secara umum karakteristik semua siswa bervariasi dan guru harus tau cara memperlakukannya, agar siswa merasa nyaman dalam proses belajar.

Dengan mengejar suatu target, tentu motivasi belajar akan terangsang dengan baik dan siswa yang memiliki target, akan termotivasi untuk belajar dengan giat. Cara ini bisa dilakukan sesekali saja, jangan terlalu keseringan dan jangan membuat anak ketergantungan terhadap hadiah yang diberikan gurunya. Siswa yang baik, pasti melakukan proses belajar dengan penuh tanggung jawab.

Guru yang selalu memberikan kejutan, tentu akan disukai siswa dan guru yang selalu mengajarkan kedisiplinan kepada siswa, akan sangat bermanfaat bagi kehidupan siswa kedepannya. Guru juga harus menerapkan norma kesopanan sejak dini, agar para siswa selalu menghargai dan selalu ingat berbagai pesan positif yang diberikan guru semasa bersekolah.

Untuk siswa yang mengalami kemajuan baik, tentu dorongan hadiah akan membuat semangat berlipat dan motivasi untuk selalu belajar akan tertanam dengan baik. Setiap guru tentu memiliki cara tersendiri untuk memberikan pendidikan pada siswanya dan guru pasti memiliki teknik yang disesuaikan dengan kondisi siswa didik, jadi tidak akan menimbulkan prahara atau masalah besar.

Jelaskan Mengenai Mimpi

Setiap manusia pasti memiliki mimpi yang bervariasi dan mimpi bukan hanya sekedar hal bohong, namun bisa dibuktikan dengan usaha. Siswa yang memiliki mimpi pasti mempunyai motivasi dalam belajar dan dengan miliki mimpi, maka semangat juang akan lebih besar. Manusia yang punya mimpi berarti punya tujuan hidup yang ingin dicapai.

Siswa yang ditanamkan kejar mimpi, akan semangat untuk mencapai mimpi dan keinginan untuk mengubah nasib kehidupan menjadi sangat besar. Membayangkan masa depan yang lebih baik dan strata ekonomi mengalami peningkatan, tentu dilakukan semua orang pemimpi. Miliki mimpi yang besar dan kejarlah mimpi dengan berbagai usaha yang keras.

Mimpi untuk sukses di masa depan bisa dilakukan dengan menjalankan sekolah dengan baik dan selalu menginginkan prestasi yang tinggi. Siswa yang bertekad wujudkan mimpi, tentu tidak akan kendurkan niat mengejar mimpi dan cara mengejar mimpi bisa dilakukan dengan kerja keras yang konsisten. Kebanyakan orang sukses adalah orang yang berhasil mewujudkan mimpi kecilnya.

Impian menjadi pendorong semangat secara tidak langsung dan impian menjadi suntikan motivasi yang berasal dari dalam diri. Anak yang selalu rajin belajar, pasti memiliki keinginan untuk mewujudkan mimpi dan kegiatan belajar di jaman sekarang dipermudah dengan adanya teknologi yang memanfaatkan jaringan internet tanpa kabel.

Cara Pandang Sekolah

Sekolah adalah tempat formal yang sengaja di bentuk untuk mendidik semua siswa yang terdaftar dan kegiatan sekolah dirancang dengan sistem yang rapih. Sekolah disiapkan dengan berjenjang dari mulai SD hingga perguruan tinggi dan konsep sekolah di setiap tingkatan sangatlah berbeda, karena pola pikir siswanya berbeda juga.

Sekolah jangan dipandang sebagai tempat yang sangat mengunci kebebasan, karena sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman untuk belajar dan bermain. Dengan sekolah, maka siswa akan banyak bertemu teman seusianya dan dengan umur yang hampir sama, maka pola pikirnya tidak akan jauh berbeda. Anggaplah sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan memberikan kontribusi besar untuk masa depan manusia.

Banyak siswa yang malas belajar, akibat pemahaman atau cara pandang sekolah yang keliru dan sekolah bukan tempat yang menyeramkan bahkan memberikan efekl bosan. Semakin jelek cara pandang, maka motivasi belajar akan semakin surut dan tingkat pengetahuan menjadi lebih kecil. Anggaplah sekolah sebagai gudangnya ilmu, agar proses sekolah dijalankan dengan senang.

Sekolah menjadi tempat yang cocok untuk pengembangan diri dan banyaknya teman sebaya, akan membuat kondisi di sekolah menyenangkan. Sekolah perlu dijalankan disiplin, agar hasilnya memuaskan dan sudah banyak contoh orang sukses yang melakukan sekolah dengan baik. Sekolah juga menjadi tempat bergaul yang tepat, karena di sekolah diskusi antar siswa selalu bisa dilakukan.

Kuasai Skill Belajar

Kebanyakan siswa tentu memiliki waktu bermain yang cukup banyak dan kegiatan belajar terlupakan dengan sangat tepat. Untuk bisa menguasai berbagai macam materi, tentu diharuskan untuk belajar dengan tekun. Indonesia memiliki jumlah pelajar yang sangat besar dari setiap jenjang pendidikan dan banyak potensi siswa berprestasi yang muncul ke tingkat nasional.

Siswa dengan motivasi belajar tinggi, akan berpeluang untuk mendapatkan tawaran dari berbagai perusahaan atau instansi dan siswa berprestasi juga sangat dibutuhkan negara Indonesia, agar bisa membantu membangun bangsa.

Baca Juga: Apa Itu Akreditasi

Demikian ulasan lengkap mengenai cara meningkatkan motivasi belajar siswa dan semoga semua artikel yang disajikan memberikan manfaat untuk pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *