Obat Cacing Kucing Terbaik

Kucing menjadi hewan yang sangat disayangi bagi sebagian orang sekaligus menjadi sahabat terbaik. Saat mereka sakit, sang pemilik juga menjadi panik dan mencari cara untuk mengobatinya.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan obat cacing kucing di rumah sebagai persiapan.

Saat kucing kesayangan menjadi lebih lemas dan tidak seaktif biasanya, mungkin terjadi gangguan pada tubuhnya. Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan kucing mengalami hal tersebut.

Salah satunya ialah masalah pencernaan yang membuat mereka menjadi tidak aktif.

Ciri Ciri Kucing Cacingan

Ciri Ciri Kucing Cacingan

Terdapat berbagai penyakit yang bisa dialami oleh kucing, salah satunya ialah cacingan. Namun, sebelum anda membeli obat cacing untuk kucing alangkah baiknya mengetahui ciri ciri kucing yang terkena cacingan.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Sakit

Berikut ini ialah beberapa gejala dan ciri ciri yang bisa Anda perhatikan.

Memiliki Perut Buncit dan Badan Kurus

Ciri ciri pertama sebenarnya mirip juga dengan manusia yang mengalami cacingan. Kucing yang menderita cacingan pada umumnya memiliki perut yang buncit namun badannya tetap kurus.

Apakah  Anda memegang kucing dan langsung bersentuhan dengan tulang dan hanya memiliki sedikit daging namun perutnya besar?

Jika iya maka ini adalah hal yang bisa Anda curigai sebagai salah satu gejala kucing mengalami cacingan.

Sering Minum namun Hilang Nafsu Makan

Kucing kesayangan merasa sering haus dan lebih sering minum namun kehilangan nafsu makan?

Jika keadaan ini berlangsung dalam waktu yang lama maka Anda perlu memeriksanya.

Bisa saja ini merupakan pertanda bahwa kucing Anda mengalami cacingan dan membuatnya tidak nyaman. Anda harus mulai mencari cara mengobati kucing cacingan untuk membuat kucing dapat kembali nyaman dan aktif.

Gusi yang Terlihat Tidak Sehat

Tanda selanjutnya cacingan pada kucing yang bisa dengan mudah diidentifikasi ialah gusi yang terlihat tidak sehat. Gusi yang sehat pada kucing ialah berwarna merah muda seperti gusi manusia.

Namun jika Anda menemukan gusi kucing anda berwarna pucat maka hal ini bisa menandakan bahwa kucing mengalami infeksi parasit.

Bulu Kucing yang Tampak Kusam

Biasanya bulu kucing tampak berkilau dan lebat yang menunjukkan bahwa kucing sehat. Namun, jika Anda menemukan bulu kucing yang tampak kusam maka hal ini bisa menjadi pertanda kucing mengalami cacingan.

Bulu yang kusam dapat disebabkan karena kucing terinfeksi cacing yang membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih buruk.

Keluar Cacing saat Buang Air

Salah satu tanda yang bisa menunjukan apakah kucing Anda mengalami cacingan ialah memperhatikan kondisi kucing saat buang air. Jika saat buang air terdapat cacing, maka bisa dipastikan kucing mengalami cacingan.

Kucing yang mengalami diare juga menunjukan bahwa pencernaan mereka sedang tidak baik dan kemungkinan mengalami cacingan.

Penyebab Kucing Cacingan

Penyebab Kucing Cacingan

Sebagai seorang pecinta kucing, Anda penasaran apa yang dapat menyebabkan kucing kesayangan mengalami cacingan?

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Cornell, 45% kucing mempunyai parasit di pencernaan mereka.

Hal ini menyebabkan masalah cacingan sebenarnya adalah hal biasa yang dapat dialami oleh kucing. Namun, tentu saja Anda harus merawat kucing untuk dapat kembali sehat dan aktif.

Penyebab cacingan pada kucing juga bisa disebabkan karena penyebaran cacing yang berbeda beda. Pada umumnya, seekor kucing dapat terkena cacingan karena bersentuhan dengan kotoran yang sudah terinfeksi.

Seperti diketahui, kucing memiliki kebiasaan menjilat jilat tubuhnya sendiri dan tak memperdulikan kebersihan. Bakteri dan kotoran bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh kucing dan meningkatkan risiko terkena cacingan.

Jenis cacing yang dapat membuat kucing mengalami cacingan sebenarnya beragam. Namun, jenis yang paling umum adalah cacing gelang yang menyebabkan masalah pencernaan.

Keberadaan cacing gelang dalam tubuh kucing membuat makanan yang dikonsumsi dicuri nutrisinya oleh cacing. Cacing gelang ini bisa bertelur dan telurnya keluar dalam kotoran kucing. Hal ini menyebabkan kucing lainnya juga bisa tertular dan terinfeksi cacingan.

Jenis cacing lainnya yang dapat membuat kucing mengalami cacingan ialah cacing pita, cacing tambang dan cacing cambuk. Ternyata tidak hanya cacing, namun kutu atau tungau juga bisa menyebabkan kucing mengalami cacingan.

Ketika kucing memakan kutu atau tungau yang sudah terinfeksi cacing, maka telur ini akan menetas dalam tubuh kucing. Oleh karena itu Anda juga harus memeriksa kebersihan kucing selalu.

Cara Merawat Kucing Cacingan

Cara Merawat Kucing Cacingan

Jika Anda sudah mengetahui bahwa kucing kesayangan memiliki penyakit cacingan, maka rawatlah mereka dengan baik sampai sembuh. Terdapat berbagai cara mengobati cacingan pada kucing yang bisa Anda lakukan untuk membuat kucing menjadi aktif kembali.

Baca Juga: Cara Merawat Anak Kucing

Berikut ini ialah beberapa langkah dan cara yang perlu kamu ketahui.

Jauhkan Kucing Melakukan Kontak Dengan Inangnya

Jika Kucing Anda sering memangsa hewan hewan kecil seperti serangga, tikus dan lainnya maka segera hentikan kebiasaan ini. Hal ini akan memicu larva cacing masuk kedalam tubuh kucing lebih tinggi.

Oleh karena itu Anda harus memastikan bahwa kucing tidak makan dengan sembarangan dan hanya memakan makanan yang bersih.

Jika sering mengkonsumsi binatangyang membawa cacing, maka cacingan kucing Anda akan sulit sembuh.

Membersihkan Kandang Kucing

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa kutu ternyata bisa membawa larva cacing yang akan tumbuh dalam tubuh kucing. Menjaga kebersihan tempat tinggal kucing adalah hal yang harus dilakukan secara rutin.

Terlebih jika Anda memiliki lebih dari satu kucing di rumah, menjaga kebersihan penting sehingga penyakit tidak mudah tertular. Cacingan antar kucing bisa menular melalui kotoran yang juga mengandung cacing.

Memandikan Kucing Secara Rutin

Tidak hanya menjaga kebersihan kandang kucing, Anda juga harus memandikan kucing secara rutin. Terlebih kucing merupakan binatang yang sering menjilati tubuh mereka sendiri untuk membersihkan tubuh.

Oleh karena itu, pastikan tubuh si kucing ini bersih dan terjaga.

Jika tidak, maka bisa saja terdapat kutu maupun larva cacing yang terjilat dan masuk ke dalam tubuh kucing. Bersihkan secara rutin tubuh kucing Anda agar kesehatannya selalu terjaga.

Jaga Kebersihan Makanan

Kebersihan memang menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan makhluk hidup dan untuk menghindari berbagai penyakit. Selain tempat tinggal dan tubuh si kucing, kebersihan makanan juga harus diperhatikan.

Jangan sampai makanan yang Anda berikan justru membawa larva cacing yang bisa membuat kucing terkena cacingan. Oleh karena itu pastikan Anda memberikan makanan yang sehat dan tentunya bersih untuk kucing kesayangan.

Memberi Obat Cacing

Setelah semua hal diatas Anda lakukan, memberikan obat cacing juga bisa mempercepat penyembuhan si kucing. Hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan cacing sehingga membuat tubuh kucing menjadi lebih sehat.

Saat ini Anda bisa menemukan berbagai obat cacing yang bisa menyembuhkan dan mencegah cacingan pada kucing.

Rekomendasi Obat Cacing Kucing

Sedih melihat kucing kesayangan tersiksa karena mengalami cacingan dan tidak kunjung sembuh? Anda bisa memberikan obat kucing cacingan yang dapat meredakan perkembangan cacing pada kucing.

Bingung mencari obat yang dapat menyembuhkan cacingan pada kucing peliharaan? Berikut ini ialah rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi masalah cacingan pada kucing.

Drontal Cat

Drontal Cat

Merk pertama yang bisa Anda pilih ialah Drontal Cat yang dipilih oleh banyak pecinta kucing. Obat ini bisa digunakan untuk membasmi berbagai parasit dan cacing yang ada di tubuh kucing.

Cara menggunakan obat ini cukup mudah Anda hanya perlu menyesuaikan berat badan kucing dengan dosisnya. Dalam satu tablet obat diperuntukan untuk kucing yang memiliki berat 4 kg. Jika kucing Anda memiliki berat 2 kg, maka cukup diberikan setengah tablet.

Combantrine

Combantrin Kucing

Anda pasti sudah sering mendengar obat combantrine yang digunakan oleh manusia untuk mengatasi masalah cacingan. Ternyata tidak hanya untuk manusia, combantrine juga merupakan obat cacing untuk anak kucing yang aman dikonsumsi.

Parasit dan cacing gelang yang ada pada tubuh kucing akan teratasi dan bisa hilang. Namun, memang untuk dosis yang akan diberikan kepada anak kucing lebih baik dikonsultasikan ke dokter hewan.

Harga dari obat ini cukup murah dan pastinya mudah ditemukan di berbagai apotik.

Pilihlah combantrine cair sehingga Anda mudah memberikannya kepada kucing. Gunakan suntikan untuk langsung memasukan combantrine ke mulut kucing sehingga tidak banyak cairan yang tumpah.

Vermox

Vermox Kucing

Rekomendasi obat yang cocok untuk mengatasi masalah cacingan pada kucing kesayangan Anda ialah Vermox. Obat ini juga sebenarnya merupakan obat anti parasit yang dikonsumsi oleh manusia.

Namun, obat ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah cacingan yang terjadi pada hewan seperti kucing.

Hal ini dikarenakan kandungan pada vermox yakni mebendazole dapat membasmi berbagai jenis cacing dalam tubuh. Terutama cacing pita dan cacing gelang yang seringkali menjadi penyebab kucing mengalami cacingan.

Dosis pemakaian obat ini disesuaikan dengan bobot hewan peliharaan Anda.

Bio Pet

Bio Pet Kucing

Obat yang bisa Anda temukan di berbagai marketplace online dan toko hewan ialah Bio Pet. Bagi Anda yang bingung bagaimana menyembuhkan kucing Anda dari cacingan, maka obat ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

Bio Pet mampu membasmi berbagai jenis cacing yang berkembang biak dalam tubuh kucing. Baik dari bentuk telur hingga cacing dewasa semuanya bisa dibasmi dengan baik.

Namun obat ini tidak direkomendasikan dikonsumsi oleh kucing yang sedang hamil dan anak kucing yang baru lahir.

Dosis pemakaian obat ini ialah 0.5 ml / kg berat badan. Jadi, jangan sampai Anda salah hitung untuk menentukan dosis yang tepat.

Obat Obatan Alami

Sama seperti pengobatan pada manusia, Anda juga bisa melakukan pengobatan tradisional untuk mengatasi cacingan pada kucing. Diantaranya ialah dengan memanfaatkan buah Pinang. Langkah ini cukup efektif untuk membasmi berbagai jenis cacing yang membuat kucing menjadi lemas.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memarut buah pinang dan mengambil air perasan. Setelah itu berikan air perasan ini pada kucing untuk dijadikan obat cacing yang cukup efektif.

Melihat hewan kesayangan sakit tentu akan menyakitkan dan membuat Anda tidak tega. Oleh karena itu, rawatlah mereka dengan baik sehingga dapat terus aktif dan tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga: Vaksin Kucing

Saat kucing mengalami masalah cacingan maka pilihlah obat cacing kucing yang bagus dan efektif. Dengan obat yang terpercaya, maka penyakit cacingan akan hilang dan kucing menjadi lebih aktif dan sehat kembali.

Tinggalkan komentar