Obat Kutu Kucing

Obat Kutu Kucing Yang Recommended

Diposting pada

Kutu pada kucing memang menjadi permasalahan yang kerap kali mengganggu. Bagaimana tidak, parasit itu hidup untuk membahayakan kucing kesayangan kita, dan bahkan kita sendiri.

Jika kutu sudah menyerang, solusi tercepat untuk membasminya adalah menggunakan obat kutu kucing.

Cara menghilangkan kutu kucing tentunya juga perlu penanganan dan perawatan yang tepat. Agar nantinya tidak menimbulkan efek negatif.

Oleh karena itu, simak informasi tentang kutu kucing berikut ini agar Anda bisa mengambil langkah yang benar.

Penyebab Munculnya Kutu Pada Kucing

Penyebab Munculnya Kutu Pada Kucing

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana parasit bernama Ctenocephalides felis bisa ada di rambut kucing Anda. Ternyata, hewan yang hidup dengan menghisap darah makhluk lain itu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Baca Juga: Mata Kucing Berair

Berikut penyebab munculnya kutu pada kucing Anda.

Melalui Manusia

Tanpa disadari, ternyata Anda bisa menjadi perantara perpindahan kutu dari luar ke dalam rumah.

Kasus ini sebenarnya jarang terjadi, namun fakta bahwa kutu mampu melompat secara vertikal sejauh 6 inci tidak bisa diabaikan. Benalu itu bisa saja hinggap pada pakaian atau sepatu Anda.

Perantara Hewan Pengengat

Kucing Anda mungkin juga tertular kutu dari tikus yang berkeliaran di rumah. Sudah menjadi rahasia umum jika tubuh tikus menjadi tempat yang disukai parasit.

Bahkan, tikus juga bisa menyebarkan wabah penyakit lain kepada hewan peliharaan Anda.

Kunjungan ke Dokter Hewan juga Bisa Jadi Awal Munculnya Kutu

Ketika mengunjungi dokter hewan, Anda mungkin akan bertemu dengan hewan lain juga. Tentu saja tidak ada yang dapat memastikan apakah hewan lain berkutu atau tidak. Tapi, yang jelas, penyebaran kutu sangat mungkin terjadi disana.

Kenali Gejala yang Muncul Ketika Kucing Terkena Wabah Kutu

Kenali Gejala yang Muncul Ketika Kucing Terkena Wabah Kutu

Kutu adalah parasit yang tentu saja kehadirannya akan merugikan. Ketika kutu hidup di tubuh kucing, dia akan menggigit dan menghisap darah kucing. Berikut gejala-gejala yang muncul ketika kucing terkena kutu.

Ditemukan Benjolan

Gejala paling jelas terlihat jika kucing Anda terserang wabah kutu adalah kemunculan benjolan seperti kudis atau koreng. Gangguan kulit tersebut biasanya muncul di area leher dan punggung.

Gejala ini tentu saja menyakitkan untuk kucing kesayangan Anda.

Iritasi Kulit

Gejala berikutnya adalah kucing akan mengalami iritasi kulit akibat gigitan kutu. Iritasi kulit ini biasanya berupa ruam merah yang terletak di belakang leher dan ujung ekor kucing.

Jadi, coba periksa kondisi kulit kucing Anda dengan teliti untuk mendeteksi keberadaan kutu.

Menggaruk Secara Berlebihan

Menggaruk memang aktivitas yang sering dilakukan kucing. Tapi, garukan sebab tergigit kutu biasanya dilakukan dengan panik dan cukup intens.

Selain itu, jika kucing sering menggaruk daerah wajah juga bisa mengindikasikan adanya kutu.

Sering Menjilat

Selain menggaruk, kucing juga sering menjilati tubuhnya sendiri untuk membersihkan. Tetapi jika kucing menjilat secara berlebihan, Anda harus segera memeriksa tubuh kucing.

Hal ini dikarenakan kucing menjilat tubuhnya untuk mengatasi rasa gatal akibat gigitan kutu.

Bulu Kucing Mengalami Kerontokan

Anda juga harus waspada ketika bulu pada badan kucing mengalami kerontokan. Itu bisa menjadi pertanda kutu sedang berkeliaran di tubuh kucing.

Kucing Sering Menggelengkan Kepala

Rasa gatal dan panas akibat gigitan kutu kadang membuat kucing sering menggelengkan kepala.

Terlihat Parasit Coklat Melompat dan Merayap di Bulu Kucing

Jika jumlah kutu banyak, biasanya Anda akan sering melihat hewan kecil berwarna coklat melompat dan merayap di bulu kucing. Itu juga menunjukkan jika kutu sudah berkembang biak sehingga jumlahnya terus bertambah.

Tips Memilih Produk Pembasmi Kutu Kucing

Tips Memilih Produk Pembasmi Kutu Kucing

Saat ini banyak obat pembasmi kutu kucing yang beredar di pasaran dengan kandungan yang kadang berbeda-beda.

Jika kandungan tidak cocok, bisa saja menimbulkan efek samping yang tidak baik. Apalagi jika kucing memiliki riwayat alergi.

Agar tidak salah membeli produk, mari simak tips memilih produk pembasmi kutu kucing di bawah ini.

Perhatikan Bobot Kucing

Produk pembasmi kutu kucing biasanya diklasifikasikan berdasarkan jenis dan bobot badan kucing. Sebab, besar dan kecilnya berat kucing mempengaruhi kemampuannya menerima obat.

Oleh karena itu, dosis kandungan obat harus disesuaikan agar tidak menimbulkan efek samping.

Kesalahan pemberian dosis obat kutu pada kucing bisa berakibat fatal pada kondisi kesehatannya. Makanya, penting sekali untuk Anda memilih produk yang sesuai bobot dan jenis kucing Anda.

Pilih Jenis Obat Sesuai Kondisi Kucing

Obat kutu diproduksi dalam beberapa bentuk, seperti tablet, obat tetes tengkuk, dan spray. Opsi tersebut dibuat untuk mempermudah Anda karena setiap kucing memiliki kondisi yang tidak sama.

Ada yang susah minum obat dan ada juga yang berkulit sensitif. Jika kucing Anda termasuk hewan yang sulit minum obat, obat tetes atau spray adalah alternatif terbaik.

Penggunaan jenis obat tersebut juga lebih efisien untuk diaplikasikan. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dengan kebiasaan kucing yang suka menjilat tubuhnya sendiri.

Lain lagi jika kucing Anda memiliki kulit sensitif. Obat tetes dan spray tidak baik jika besentuhan langsung karena bisa menimbulkan reaksi tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan obat tablet untuk kucing berkulit sensitif.

Gunakan Obat yang Direkomendasikan Rumah Sakit

Anda bisa mendapatkan obat kutu kucing dengan mudah dan bahkan harganya terjangkau. Tetapi, banyak kasus dimana obat yang dijual bebas di pasaran tidak memiliki efek yang diharapkan.

Maka dari itu, ada baiknya Anda membeli obat kutu yang disarankan oleh rumah sakit.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Cacingan

Rumah sakit sudah pasti akan merekomendasikan obat dengan kandungan yang sesuai dengan kondisi kucing Anda. Banyak juga rumah sakit yang memproduksi obat kutu untuk kebutuhan para pecinta kucing.

Jadi, beli produk yang pasti-pasti saja yah!

Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Kucing Kualitas Terbaik

Diantara banyak obat kutu kucing yang dijual bebas, ada beberapa yang kualitas dan mutunya terjamin dan juga efektif untuk membasmi kutu. Langsung saja lihat daftar rekomendasi produknya di bawah ini.

Sisir Kutu

sisir kutu kucing

Produk pembasmi kutu yang wajib sekali dimiliki para pemelihara kucing pastinya sisir kutu. Alat ini bekerja cukup baik untuk membasmi kutu dan juga merapikan bulu kucing. Anda bisa membeli sisir kutu dengan kerapatan tinggi agar telur kutu juga tersapu dengan sempurna.

Penggunaan sisir kutu mungkin tidak efisien. Namun, alat ini bisa membantu jika Anda tidak ingin mengambil resiko adanya efek samping dari obat kutu.

Hartz UltraGuard Rid Flea & Tick Shampoo for Cats

Hartz UltraGuard Rid Flea & Tick Shampoo for Cats

Berikutnya ada shampo kucing yang terkenal ampuh membasmi kutu. Produk dari Hartz UltraGuard ini cocok untuk kucing yang berusia 12 minggu ke atas. Kandungannya aman dan tentunya memiliki wangi yang segar.

Shampo kucing yang satu ini bisa dijumpai hampir di seluruh pet shop. Harganya memang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 147.000. Tapi, manfaatnya tentu sebanding dengan kocek yang Anda keluarkan.

Detick Obat Kutu Tetes

Detick Obat Kutu Tetes

Jika Anda mencari obat kutu dengan harga terjangkau namun manfaatnya terasa, ada obat tetes merk Detick yang bisa jadi pilihan.

Bahkan, produk ini menjadi produk terlaris di online shop lho!

Obat tetes yang satu ini diformulasikan untuk kucing dengan bobot 1-10 Kg. Selain mengatasi permasalahan kutu, obat ini juga berkhasiat untuk mencegah kemerahan pada kulit kucing.

Jadi, pilih yang mahal atau yang ekonomis?

Obat Tetes Bayer Advocate

Obat Tetes Bayer Advocate

Produk Bayer Advocate sering direkomendasikan oleh dokter hewan karena manjur dalam membasmi kutu. Tidak hanya kutu, obat ini juga bekerja maksimal membasmi berbagai jenis cacing, scabies, demode, dan tungau telinga.

Produk ini juga recommended karena dapat membasmi parasit dalam tubuh kucing juga.

Bayer Advocate memproduksi obat tetes untuk berbagai bobot kucing. Jadi, mulai dari kucing kecil hingga besar dapat menggunakan. Untuk harganya, tidak terlalu murah dan tidak mahal juga. Hanya sekitar Rp. 97.000 saja.

Obat Spray Frontline Boehringer Ingelheim Spray

Obat Spray Frontline Boehringer Ingelheim Spray

Kandungan dalam spray dari Frontline ini bisa digunakan untuk kucing yang baru berumur 2 hari. Obat ini bermanfaat untuk membasmi kutu kecil hingga dewasa dan mengurangi rasa gatal juga. Yang paling penting, semprotkan obat ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

Obat Hisap NexGard Boehringer Ingelheim Chewables

Obat Hisap NexGard Boehringer Ingelheim Chewables

Jenis obat hisap yang paling recommended untuk kucing yang memiliki kulit sensitif adalah NexGard Boehringer Ingelheim Chewables. Obat ini aman dikonsumsi oleh hewan peliharaan dengan bobot minimal 2 Kg.

Perlu Anda perhatikan, setelah mengkonsumsi obat ini, pastikan hewan kesayangan kamu tidak terkena air. Selain itu, produk ini aman digunakan bersamaan dengan obat lainnya jika memang dibutuhkan.

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Menghilangkan Kutu Kucing

Selain membasmi kutu kucing dengan obat, Anda juga bisa melakukan langkah-langkah untuk menghilangkan kutu kucing di lingkungan rumah. Hal ini juga bisa mencegah Anda dan keluarga terkena wabah kutu.

Kutu kucing bisa mengganggu Kesehatan manusia juga lho!

Ketika tubuh tergigit kutu kucing, makan Anda akan merasa sangat gatal dan ingin menggaruknya terus menerus. Bahkan Anda juga bisa mengalami gejala seperti timbul ruam, suhu tubuh meningkat, hingga sesak nafas.

Berikut cara menghilangkan kutu kucing yang bisa Anda lakukan.

Bersihkan Rumah

Anda harus sering membersihkan rumah, terutama di tempat favorit kucing seperti sofa, karpet, dan sekitar tempat tidur kucing. Gunakan penyedot debu dan kantong hampa udara untuk membuang kotoran yang tersedot.

Cuci Tempat Tidur Kucing Secara Berkala

Berikutnya, Anda juga harus sering mencuci alas dan tempat tidur kucing. Gunakan sabun cuci yang bagus dan keringkan di bawah suhu panas untuk membunuh kutu yang menempel.

Mandikan Kucing Secara Rutin

Anda juga harus rajin memandikan kucing dan menggunakan sampo khusus. Selain kucing menjadi bersih dan wangi, kutu juga akan menjauh.

Sisir Kucing Sesering Mungkin

Untuk memastikan tidak ada kutu yang hidup di rambut kucing, sisirlah sesering mungkin. Selain dapat terbebas dari kutu, rambut kucing juga menjadi lebih rapih dan cantik.

Pakaikan Kalung Anti Kutu

Bila perlu, pakaikan juga kalung anti kutu sebagai perlindungan tambahan agar kucing Anda benar-benar sehat dari kutu.

Itulah ulasan tentang obat kutu kucing yang recommended dan cara menghilangkan kutu kucing yang dapat Anda lakukan. Mencintai kucing berarti juga harus merawatnya dengan baik. Kucing sehat, keluarga Anda juga akan sehat pastinya.

Tinggalkan Balasan