Oleh-oleh Khas Bangka Belitung

Oleh Oleh Khas Bangka Belitung
15Apr, 2020

Oleh-oleh khas Bangka Belitung sangat bervariasi antara lain, kuliner yang menggoyang lidah, baju khas tradisional dan kerajinan timah. Tak heran jika pelancong jauh-jauh datang ke daerah ini demi menikmati budaya masyarakat dari dekat.

Macam-macam Oleh-oleh Bangka Belitung

Bangka Belitung Icon Jembatan Emas

Indonesia terkenal akan keindahan pulau-pulaunya, salah satunya yakni Bangka Belitung. Daerah penghasil timah ini mempunyai kekayaan hayati menawan serta keunikan oleh-oleh yang menarik sekaligus unik. Penasaran? Berikut ulasannya:

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Pewter

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Pewter

Oleh-oleh Belitung murah yang bisa diberikan pada sanak saudara ialah pewter. Produk ini merupakan kerajinan tangan dari timah. Ada berbagai macam karya dihasilkan yakni perhiasan seperti gelang, kalung dan cincin. Selain itu, terdapat cinderamata berbentuk gantungan kunci serta miniatur perahu.

Olahan biji pasir timah tersebut akan membuat rumah terlihat menarik plus berkelas. Harganya sangat bervariatif tergantung ukuran dan desainnya. Jika Anda menginginkan oleh-oleh berkualitas yang tak terlupakan, jangan lupa membeli pewter asli Bangka Belitung ini.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Tenun Cual

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Tenun Cual

Ada lagi oleh-oleh tradisional menarik yakni kain tenun. Cual merupakan budaya turun-temurun yang hingga kini masih dipertahankan. Menurut masyarakat lokal, beberapa tahun silam popularitasnya sempat menurun. Namun pemerintah membangkitkannya lagi di tahun 1990.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Solo

Corak cual begitu unik. Warna-warnanya didominasi merah dan kuning dengan desain bergambar naga atau bunga cina. Kain ini dapat membuat pemakainya terlihat elegan sehingga sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh.

Harga kain tersebut bervariasi mulai dari Rp. 50.000 hingga jutaan rupiah. Bahkan, Anda bisa menemukan tenunan seharga 15 juta. Uniknya, cual ekslusif ini ditenun menggunakan benang emas sebesar 18 karat. Tak mengherankan jika ia memiliki harga cukup fantastis.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Sirup Jeruk Kunci

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Sirup Jeruk Kunci

Salah satu buah tangan andalan masyarakat Bangka Belitung ialah sirup tradisional. Minuman ini dibuat dari jeruk kunci, buah khas berukuran bola pingpong. Produk itu dapat disajikan saat dingin maupun hangat. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, manis bercampur asam dan memberikan kesegaran.

Harga sebotol sirup jeruk kunci cukup terjangkau yakni Rp. 38.000 untuk ukuran 35 ml. Bagi wisatawan yang ingin memberikan oleh-oleh nikmat dan terjangkau, silakan membeli minuman sari buah ini. Anda bisa menemukannya di berbagai toko oleh-oleh terdekat di pusat kota.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kue Rintak

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kue Rintak

Salah satu Kue khas Belitung yang wajib Anda beli ialah kue rintak. Jajanan ini sangat unik, rasanya perpaduan antara manis sekaligus gurih. Camilan khas tersebut dibuat dari campuran sagu, santan dan gula. Sangat pas disantap di pagi atau sore hari sambil menyeruput kopi panas.

Makanan itu selalu disajikan saat Idul Fitri. Namun, Anda tak perlu khawatir karena camilan tersebut dapat dengan mudahnya ditemukan di toko oleh-oleh Bangka Belitung. Terkadang, wisatawan juga bisa menemukan kue rintak disertai taburan wijen pada bagian atasnya. Ini akan jadi buah tangan spesial.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Satam

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Satam

Jika Anda penggemar hal-hal unik, mungkin satam bisa dijadikan buah tangan yang sesuai. Benda ini tercipta karena pertemuan antara meteor jatuh ke Indonesia dengan timah. Banyak orang mengatakan bahwa batuan tersebut bernilai magis. Tak heran jika para wisatawan memburunya.

Batuan unik asal Belitung ini tidak hanya dijual mentahan. Anda bisa menemukan berbagai cinderamata dari satam seperti kalung, gelang dan cincin. Selain bernilai seni tinggi, kerajinan tersebut dapat digunakan sebagai perhiasan. Oleh karena itu, jangan lupa membelinya saat bertandang ke sini.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Terasi Toboali

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Terasi Toboali

Siapa tidak mengenal toboali? Terasi asli Bangka Belitung ini memiliki cita rasa nikmat sehingga masakan akan menjadi lezat karenanya. Rasanya berbeda dengan produk daerah lain karena bahan baku utamanya ialah udang tanpa campuran hewan laut lainnya.

Toboali tersebut telah dikenal kenikmatannya sejak tahun 1972. Jika ingin mengetahui proses pembuatannya, Anda bisa datang langsung ke Kampung Padang Toboali. Harga per kilo cukup terjangkau yakni Rp. 50.000 hinga Rp. 60.000. Ini akan jadi oleh-oleh khas yang menyenangkan ibu-ibu.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kemplang

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kemplang

Kemplang ialah makanan ringan asli Bangka, camilan itu berwujud kerupuk. Ia terbuat dari tepung tapioka dengan cita rasa ikan yang nikmat. Rasanya bervariasi antara lain tengiri, udang dan cumi-cumi. Penggunaan hasil laut ini dikarenakan Belitung memiliki kekayaan alam berupa tangkapan nelayan sangat melimpah.

Kemplang cocok dimakan bersama keluarga di rumah. Sebungkus kerupuk itu dijual cukup murah yakni Rp. 19.000. Masyarakat sekitar umumnya menyantapnya dengan cocolan sambal sehingga rasanya menggelegar. Camilan ini dapat Anda jadikan list jika berkunjung ke Bangka.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Lempok Cempedak

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Lempok Cempedak

Salah satu oleh-oleh khas Bangka Belitung, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung ialah Lempok. Makanan yang terbuat dari cempedak ini memiliki cita rasa manis. Jika dilihat sekilas, maka penampakannya hampir sama seperti dodol. Namun camilan tersebut rasanya sangat khas.

Sebagai informasi, cempedak merupakan buah asli Bangka. Wujudnya menyerupai buah nangka, namun mempunyai aroma seperti durian. Flora tersebut tidak mudah ditemukan di daerah lain. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 60.000 untuk satu plastik lempok.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kerajinan Kerang

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kerajinan Kerang

Ada lagi oleh-oleh asal Bangka Belitung yang bisa dijadikan referensi saat berwisata yaitu kerajinan kerang. Daerah ini memang terkenal dengan kekayaan lautnya. Penduduk lokal pun memanfaatkannya untuk membuat cinderamata. Kreasinya cukup variatif misalnya bros dan pajangan lucu.

Cinderamata berupa pajangan ini dibentuk menjadi aneka hewan seperti burung, penyu dan kuda. Harga kerajinan tangan itu cukup murah. Satu bros kerang dihargai sekitar Rp. 8.000. Produk handmade ini akan menjadi oleh-oleh terbaik untuk keluarga Anda.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Sumpet

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Sumpet

Jika Anda menginginkan buah tangan super unik, mungkin sumpet bisa jadi pilihannya. Oleh-oleh ini merupakan benda tradisional buatan masyarakat Lom, suku tertua di Bangka. Ia terbuat dari anyaman pucet, sejenis tanaman rawa-rawa. Fungsinya untuk menaruh nasi atau buk pada zaman dahulu.

Selain digunakan untuk menempatkan nasi oleh masyarakat tertentu, sumpet dijadikan oleh-oleh Bangka yang sangat terkenal. Tempat nasi ini dapat mempertahankan nasi hingga 24 jam. Proses pembuatannya pun cukup lama. Bahkan untuk menganyam saja butuh belasan jam.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Bong Li Piang

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Bong Li Piang

Makanan khas Bangka selatan yang bisa Anda cicipi yaitu Bong Li Piang. Sekilas, mungkin kue ini seperti berasal dari China. Namun, jajanan tersebut asli Indonesia. Dahulu, terdapat suku Hakka dari Tiongkok.

Mereka berimigrasi dan menetap di Bangka. Lalu, menciptakan kue manis dengan memadukan citarasa 2 negara tersebut.

Camilan manis ini terbuat dari santan, gula aren, tepung dan nanas. Bentuknya roti dengan isi selai. Harganya cukup terjangkau sehingga laris manis di pasaran. Untuk bisa mencicipinya Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 10.000 saja.

Camilan ini boleh dijadikan salah satu oleh-oleh berkualitas dari Bangka. Anda bisa mencicipi sajian lezat perpaduan lokal dan internasional ini dengan harga terjangkau. Kini wisatawan dapat mendapatkannya di toko oleh-oleh.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Getas Bangka

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Getas Bangka

Ini merupakan salah satu makanan khas Belitung yang wajib dicoba. Jajanan ini bulat, putih, serta renyah. Ia terbuat dari getas dan ikan tengiri beserta rempah-rempah pilihan. Camilan lezat itu biasanya disantap bersama empek-empek atau nasi. Anda pun bisa mencobanya dengan makanan berkuah.

Salah satu daerah terbaik penghasil getas Bangka ialah Belinyu. Produk buatannya terkenal enak dan renyah. Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di pusat pertokoan yang menjual berbagai oleh-oleh khas Belitung. Kerupuk tradisional ini dijual cukup ekonomis sekitar Rp. 18.000 per bungkus.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kerupuk Sukun

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kerupuk Sukun

Ada lagi oleh-oleh Bangka yang perlu dijadikan tambahan yaitu kerupuk sukun. Tak perlu ditanyakan lagi soal rasa. Rasanya sungguh nikmat hasil perpaduan antara gurih dan manis. Sensasi renyah membuat camilan ini cukup laris manis di pasaran.

Baca Juga: Oleh oleh Khas Surabaya

Rasanya beraneka ragam antara lain original, pedas serta manis. Camilan tersebut berasal dari tepung tapioka dan buah sukun diiris tipis-tipis. Tidak perlu susah payah mencari keripik renyah ini karena Anda bisa menemukannya di pusat kota yang menjual oleh-oleh.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Asinan Kelubi

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Asinan Kelubi

Masyarakat Bangka memiliki makanan khas yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh yakni asinan. Buah kelubi bentuknya seperti salak, namun ada banyak perbedaan. Tak heran jika penduduk lokal menyebutnya salak palsu. Asinan ini sering dijadikan teman makan rujak oleh masyarakat sehingga ia cukup populer.

Satu toples asinan kelubi sini bisa Anda bawa pulang dengan membayar Rp. 40.000. Untuk membuat camilan tradisional itu diperlukan ekstra tenaga karena demi mendapatkan bahan bakunya, pembuat harus memasuki hutan. Alasannya, flora tersebut hanya dibudidayakan di sana.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kricu

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kricu

Kricu merupakan oleh-oleh khas Bangka Belitung yang sangat terkenal. Camilan ini seperti kerupuk dengan bentuk lonjong seperti jari. Bahan dasar pembuatannya ialah telur cumi dan tepung sagu. Kedua bahan tersebut dicampur beserta rempah-rempah pilihan dan rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Banyak orang merasa ketagihan dengan keripik cumi tersebut. Rasanya yang gurih dan lezat membuat wisatawan memasukkannya sebagai oleh-oleh wajib Bangka Belitung, tidak heran jika produk ini cukup laris manis. Pesanan camilan tersebut biasanya akan membludak saat hari raya.

Jika tertarik mencicipinya, datang langsung ke toko oleh-oleh yang berderet di Pangkalpinang. Harga sebungkus kricu Rp. 45.000 untuk ukuran 250 gram. Apabila menginginkan keripik cumi berukuran 100 gram, harganya lebih murah yakni belasan ribu rupiah saja. Ini merupakan andalan oleh-oleh Bangka Sungaililat.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Lada Putih

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Lada Putih

Apa lagi oleh-oleh selain camilan? Ada banyak, salah satunya ialah lada putih. Rempah-rempah daerah ini memiliki kualitas bagus. Bumbu masakan yang menciptakan rasa pedas secara alami itu dapat dijadikan buah tangan karena awet dan selalu digunakan untuk memasak.

Rempah-rempah tradisional ini cocok dijadikan buah tangan karena ia berkualitas tinggi. Bahkan, penelitian membuktikan bahwa bumbu Bangka tersebut termasuk yang terbaik di dunia. Harganya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 65.000 saja Anda mendapatkan satu kilo lada putih.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kopi Bubuk

Para penikmat kopi akan tersenyum sebab bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh khas Bangka. Proses penggilingan terjamin kualitasnya sehingga produk Belitung itu memiliki aroma kuat yang khas. Produk ini laris karena budaya ngopi ini telah ada sejak zaman dahulu kala.

Kopi cap Sungailiat ialah produk terkenal yang sangat laris di pasaran. Anda bisa sejenak meyeruput minuman hangat tersebut di kota Sungailiat dan pulang membawa bubuknya sebagai oleh-oleh. Harganya sangat murah, satu bungkus dijual seharga Rp. 16.000. Cukup terjangkau, bukan?

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kerupuk Siput Gonggong

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kerupuk Siput Gonggong

Di sini terdapat kerupuk andalan yang sering dibawa untuk soleh-oleh Bangka Belitung. Camilan tersebut dinamakan siput gonggong karena berasal dari nama hewan laut. Jajanan ini rasanya gurih dan nikmat. Bahkan, karena kelezatan membuatnya cepat ludes dibandingkan jajanan lainnya.

Penamaan siput gonggong ini disengaja agar masyarakat yang tak mengenal hewan laut tersebut dapat mengetahuinya. Harga satu bungkusnya terjangkau sekitar Rp. 30.000. Camilan renyah plus gurih ini bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Teri Krispi

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Teri Crispy

Oleh-oleh khas Belitung 2020 yang bisa dijadikan pilihan adalah teri krispi. Olahan ikan ini cukup digemari baik masyarakat sekitar maupun wisatawan. Jajanan renyah tersebut sangat terkenal di Tanjung Binga. Karena, merupakan daerah pesisir sehingga banyak nelayan memperoleh hasil laut.

Masyarakat sekitar yang kreatif pun menciptakan olahan ikan hingga akhirnya jajanan krispi ini dikenal sebagai oleh-oleh Bangka Belitung. Kuliner nikmat tersebut berbahan baku teri, tepung tapioka, dan tepung beras. Selain itu, ia dicampurkan dengan bumbu rempah tradisional.

Selain dimakan sebagai camilan, teri krispi ini juga bisa disantap bersama nasi dan sayur. Dijamin makan siang terasa lebih lezat. Ada berbagai varian rasa antara lain original, keju serta balado. Makanan ini akan menjadi oleh-oleh Bangka yang lezat. Rugi jika Anda tidak membelinya.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kopiah Resam / Songkok

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Kopiah Resam

 

Selain dikenal dengan kuliner khasnya yang menggoda, Bangka Belitung juga populer dengan kopiah resam. Penutup kepala tradisional ini kerap digunakan untuk beribadah dan pelindung. Ia dibuat dari tanaman resam tua yang dikeringkan lalu dianyam. Untuk menganyamnya memerlukan jarum khusus.
Harga songkok tradisional tersebut sangat bervariasi tergantung desain dan kualitasnya. Selain itu, faktor kerapian juga mempengaruhi harga, mulai Rp. 85.000 hingga jutaan rupiah. Jika tidak ingin kehabisan, segera beli songkok ini di toko oleh-oleh terdekat.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Sambal Lingkung

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Sambal Lingkung

Seperti yang diketahui Bangka Belitung dikelilingi oleh perairan sehingga ada banyak makanan asalnya dari ikan. Hal ini pun membuat masyarakat menciptakan hidangan lezat dari tengiri yaitu sambal lingkung. Jangan membayangkan bentuknya seperti saos karena ia lebih mirip abon.

Berbeda dari abon sapi yang mempunya serat, makanan lezat tersebut teksturnya halus dan berwarna coklat.

Rasa sambal itu gurih dan sedikit pedas dan aromanya harum sehingga membuat siapa saja ingin mencicipi. Untuk satu bungkus sambal lingkung dihargai Rp. 55.000. Jika mencari camilan awet bercita rasa tinggi, ini pilihannya.

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Batik Belitung

Oleh-oleh khas Bangka Belitung Batik Belitung

Oleh-oleh baju khas Bangka ialah batik Belitung. Siapa bilang jenis pakaian tersebut hanya milik oleh orang Jawa? Daerah ini pun memilikinya. Ada ciri khas mencolok yang membedakannya dengan area lainnya yaitu motifnya cenderung terinspirasi dari flora dan fauna.

Corak-corak terkenal khas Bangka Belitung antara lain daun simpor, tarsius dan kantong semar. Penemuan motif ini berasal dari flora dan fauna yang ada di daerah sekitar. Tak heran, batik tersebut digemari oleh para wisatawan.

Harganya bervariasi mulai Rp. 250.000 hingga jutaan rupiah. Tak hanya layak dijadikan oleh-oleh untuk kesayangan, Anda pun dapat membeli kain tradisional tersebut guna mempercantik penampilan diri. Batik ini dapat dijadikan list oleh-oleh khas Bangka yang menawan .

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Makassar

Nah, itulah berbagai macam oleh-oleh khas Bangka Belitung yang boleh dijadikan referensi. Anda bisa memilih sesuai keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *