Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Dalam suatu wilayah di Banyuwangi tentu mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri terkait dengan hasil pangan, kebudayaan, kerajinan tangan, buah tangan dan lain-lain. Karena hal tersebut dapat digunakan untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung dan membeli berbagai oleh-oleh khas Banyuwangi.

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kekinian dan Termurah?

Saat Anda hendak mengunjungi sebuah tempat wisata, alangkah baiknya untuk membawa pulang buah tangan unik ke keluarga atau para tetangga. Banyuwangi memang dikenal sebagai kota yang memiliki keindahan dan berbagai pilihan makanan, pernak pernik hingga souvenir dan rekomendasinya adalah:

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kue Bagiak

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kue Bagiak

Merupakan cemilan khas Banyuwangi kekinian yang sering dibeli oleh wisatawan. Karena kuenya memiliki 2 rasa unik yaitu manis dan gurih. Dalam proses pembuatannya, kue dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti susu, tepung kanji, telur, gula, pelapah dan garam.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Malang

Kemudian langkah selanjutnya dibentuk menjadi persegi panjang yang bagian ujungnya berbentuk oval. Camilan ringan ini tersedia dalam berbagai varian rasa seperti coklat, stroberi, durian, jahe, pisang, wijen, keingar dan oka. Tak hanya itu saja, kue ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali di Banyuwangi.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Sale Pisang

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Sale Pisang

Banyuwangi memang terkenal akan produksi buah pisang yang memilki aroma khas dan cita rasa manis. Oleh karena itu membuat banyak produk makanannya diburu oleh banyak orang, karena berbeda dari lainnya. Selain itu juga salenya mempunyai tekstur empuk sehingga tidak susah saat gigitan pertama.

Sale pisang lezat ini dapat Anda temukan di pusat oleh-oleh khas Banyuwangi atau di toko bagiak gajah oling. Karena tersedia dalam jumlah banyak dan lebih lengkap. Selain itu biasa dijual dengan harga murah.

Oleh-OlehUntir-untir Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Untir-untir Khas Banyuwangi

Kemudian camilan selanjutnya adalah memiliki bentuk seperti obeng yang dipilin berputar dengan memanjang. Biasanya berukuran sekitar 2 sampai 4 cm dan terbuat dari tepung terigu, telur, garam, gula, hingga beberapa tambahan bahan lainnya. Lalu cara memasaknya yakni digoreng sampai kering.

Untir-untir ini memiliki rasa yang cukup manis dan gurih. Anda dapat mendapatkannya di pusat oleh-oleh khas Banyuwangi atau pada toko tradisional. Tak hanya itu saja, produk tersebut juga dikenal mempunyai tekstur renyah sehingga saat dimakan akan berbunyi kriuk-kriuk mirip seperti keripik.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Klemben

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Klemben

Salah satu kue khas Banyuwangi ini mempunyai tekstur lembut yang mudah lumer saat dimakan. Biasanya dibuat dari campuran telur, susu, gula, tepung terigu dan lain-lain. Dari segi bentuk, biasa dicetak menggunakan cetakan seperti ikan atau bunga sehingga memiliki motif salur pada bagian atas.

Klemben sebetulnya bertekstur seperti kue bolu sehingga rasanya manis dan lezat. Untuk mencicipinya, Anda dapat membelinya di pusat oleh-oleh khas Banyuwangi. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan berisi sekitar sepuluh hingga dua puluh biji per 200 gram. Selain itu dijual mulai dari Rp. 25.000 saja.

Oleh-Oleh Batik Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Batik Khas Banyuwangi

Salah satu kerajinan tangan kekinian ini memiliki desain yang unik dan jarang ditemui pada tempat lainnya. Yakni kain batiknya memiliki tampilan dengan motif berupa gajah oling, gadhegan, kangkung sengtingkes, sembruk cacing dan masih banyak lainnya. Produk ini dapat ditemui di toko atau seluruh pusat oleh-oleh

Kain batik ini menjadi oleh-oleh khas Banyuwangi bagiak gajah oling paling best seller. Karena banyak diburu oleh para orang tua seperti ibu-ibu untuk dijadikan sebagai buah tangan. Selain itu juga memiliki banyak pilihan warna cerah maupun gelap seperti hijau tua, merah, kuning, pink, biru dongker, coklat dan lain-lain.

Oleh-Oleh Keripik Pisang Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Keripik Pisang Khas Banyuwangi

Sama halnya dengan sale, makanan khas ini juga dibuat dari bahan yang sama. Namun terdapat sedikit perbedaan pada proses pengolahan atau cara menggorengnya.

Langkah pertama biasanya buah pisang dipotong secara tipis. Lalu digoreng menggunakan minyak goreng hingga kering dan berwarna kecoklatan. Produk keripik pisang ini dapat Anda temukan di pusat oleh-oleh khas Banyuwangi atau pasar tradisional.

Karena disana pilihan variannya lebih lengkap dan harganya pun cukup terjangkau. Biasanya tersedia rasa cokelat, original dan lain-lain. Bukan hanya itu saja juga memiliki tekstur yang renyah, kriuk dan lezat di mulut.

Oleh-Oleh Molen Pisang Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Molen Pisang Khas Banyuwangi

Kemudian makanan selanjutnya adalah memiliki kemiripan bahan dengan keripik dan sale. Karena dibuat dari material yang sama yakni menggunakan buah pisang. Dalam proses pembuatnnya, ditambahkan tambahan lain seperti tepung terigu, telurm susu dan bumbu lainnya seperti gula hingga garam.

Setelah itu proses selanjutnya adalah adonan diuleni hingga kalis dan dibentuk seperti lembaran. Lalu balut atau lilitkan pisang ke dalamnya. Kemudian siap digoreng hingga kering sampai berwarna kecoklatan. Biasanya tersedia dalam varian rasa lain seperti keju, kacang hijau, cokelat dan lain-lain.

Oleh-Oleh Kopi Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Kopi Khas Banyuwangi

Selain mencari buah tangan berupa makanan atau camilan, para wisatawan juga mencari produk lainnya. Yakni berupa biji kopi pilihan yang memiliki berbagai varian atau merk kekinian di pasaran. Di antaranya adalah kopi lanang, pingit, seblang dan kemrien.

Kopi-kopi ini mempunyai keunikan tersendiri terkait aroma khasnya. Misalnya yaitu kopi kemiran yang proses pembuatannya dibuat dari industri rumahan sehingga pasti berkualitas. Untuk membelinya, Anda dapat menemukannya di pusat Oleh-oleh khas Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Ladrang Sabrang

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Ladrang Sabrang

Merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Banyuwangi yang memiliki bentuk unik. Yakni berbentuk memanjang berukuran sekitar tiga sampai empat centimeter menyerupai stik keju. Dalam proses pembuatan, terbuat dari bahan dasar ubi berwarna ungu, tepung terigu dan beberapa bumbu lainnya.

Ladang sabrang ini mempunyai tekstur renyah dan memiliki rasa yang nikmat, manis dan gurih. Tak hanya itu saja juga menjadi cemilan sehat, tidak mengandung banyak kalori atau MSG sehingga aman untuk dikonsumsi oleh berbagai usia. Misalnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Pia Glenmore

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Pia Glenmore

Selain menjadi makanan terkenal di pulau jawa, Banyuwangi juga memiliki panganan bercita rasa tinggi yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Rasanya pun tak kalah nikmat dari lainnya. Selain itu harganya juga cukup murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Pia Glenmore merupakan salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang mempunyai banyak pilihan rasa. Mulai dari nanas, strawberry, pisang coklat, keju hingga kacang hijau dan merah. Dari berbagai varian tersebut biasanyamembuat para wisatawan atau pengunjung sering kalap dalam membelinya.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kue Savana

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kue Savana

Salah satu jenis oleh-oleh khas Banyuwangi yang satu ini dibuat dari bahan dasar pisang, tepung terigu, susu, telur, pengembang, gula dan lain-lain. Ini biasanya tersedia banyak varian rasa seperti coklat, red velvet, keju dan kacang.

Kue tersebut dikenal bercita rasa tinggi, sehinga saat dimakan akan lumer di mulut. Tak hanya itu saja, kuenya juga menjadi Oleh-oleh khas kawah ijen dan memiliki nama yang cukup unik seperti Savana green bay, red islan, sunrise of java, wedi ireng hingga blue fire.

Kebanyakan produk tersedia atau tersebar dalam jumlah banyak di seluruh pusat buah tangan khusus di seluruh kota Banyuwangi.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kanggi

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kanggi

Merupakan paketan atau bundle oleh-oleh khas Banyuwangi yang mendapatkan dukungan langsung dari BEKRAF. Oleh karena itu kemasannya mempunyai desain yang sangat menarik dan bagus. Lalu isi didalamnya adalah makanan dan camilan ringan, souvenir cantik, sabun tradisional hingga kain batik.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bali

Kanggi adalah singkatan dari keranjang khas Banyuwangi. Nama dari produknya dalam bahasa suku osing yakni biasa disebut dengan ‘kangge; yang memiliki arti sebagai persembahan. Untuk mendapatkan paket ini, Anda dapat mencarinya maupun berkunjung langsung ke lokasi pusat oleh-oleh.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kerupuk Rumput Laut

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Kerupuk Rumput Laut

Banyuwangi adalah salah satu daerah di Indonesia yang wilayahnya terletak di dekat pantai. Karena hal tersebut banyak petani membudidayakan rumput laut pada bagian pesisir. Saat Anda berjunjung kesini dapat membeli atau mencicipinya langsung dalam keadaan yang masih fresh.

Selain itu tersedia dalam bentuk lain, misalnya dijadikan menjadi kerupuk rumput laut Banyuwangi. Camilan ini menjadi salah satu produk unggulan karena terkenal renyah, tidak mengandung MSG, pengawet buatan atau pewarna berbahaya sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak dan jangka panjang.

Oleh-Oleh Kaos Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Kaos Khas Banyuwangi

Selain dalam bentuk makanan atau cemilan, para wisatawan juga paling sering berburu pernak pernik atau souvenir kekinian dari Banyuwangi. Yakni berupa baju yang memiliki desain sablon dengan gambar atau tulisan tertentu. Biasanya produk ini dijual cukup terjangkau, murah dan ramah di kantong.

Karena mempunyai bahan yang berkualitas tinggi, seringkali pengunjung membeli atau memborongnya dalam jumlah banyak. Karena kaosnya cocok sekali dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak saudara, keluarga dan tetangga di rumah. Lalu kaos ini dapat Anda temukan di pusat oleh-oleh khas Banyuwangi.

Oleh-Oleh Kerajinan Gintangan Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Kerajinan Gintangan Khas Banyuwangi

Produk yang satu ini terbuat dari lembaran bambu yang disusun atau dirangkai menjadi satu per satu hingga membentuk pola tertentu. Biasanya bentuknya seperti keranjang, hiasan kipas dalam ukuran besar, berbagai macam peraboran rumah tangga, kopyah, songkok dan masih banyak tipe lainnya.

Kerajinan tangan khas Banyuwangi ini berasal dari desa Gintangan. Produknya dikerjakan di industri rumahan dan kebanyakan yang mengerjakannya adalah para ibu-ibu rumah tangga. Untuk membelinya, Anda dapat mengunjungi lokasinya langsung atau mencari di pusat oleh-oleh terdekat pada daerah itu.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Panci-Dandang

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Panci-Dandang

Kota Banyuwangi memang terkenal dengan daerah penghasil banyak kerajinan tangan yang unik. Jika di desa gintangan terdapat aneka pernak pernik dari bahan dasar bambu, pada wilayah kalibaru juga menyediakan atau membuat berbagai peralatan dapur rumah tangga menarik dan berbeda dari lainnya.

Selain dalam bentuk panci dan dandang, juga tersedia model lain seperti wajan, alat saring penggorengan dan masih banyak lainnya. Kerajinan asal Kalibaru ini memang berkualitas tinggi dan telah diakui oleh dunia Internasional. Hal tersebut terbukti dari banyak sekali produk yang telah diekspor ke banyak Negara.

Oleh-Oleh Tape Buntut Khas Banyuwangi

Oleh-Oleh Tape Buntut Khas Banyuwangi

Kemudian yang terakhir adalah jenis panganan yang proses pembuatannya mirip dengan peyeum dari provinsi Jawa Barat. Namun memiliki perbedaan cukup unik di cara pembungkusan. Yakni menggunakan daun jati dan dibentuk menyerupai ekor lalu ditali bagian bawahnya dengan lidi kayu berukuran kecil.

Untuk mendapatkannya, biasanya banyak toko atau pusat oleh-oleh khas Banyuwangi yang menyediakannya dalam bentuk fresh. Selain itu juga bisa mengunjungi pasar tradisional di seluruh kota. Tape buntut biasa dijual mulai dari harga Rp. 4000 hingga Rp. 5.000 per bijinya.

Oleh-oleh Khas Banyuwangi Lainnya yang Wajib Anda Coba Langsung di Tempat

Selain camilan atau kue kering, biasanya para wisatawan juga mencari alternatif lain berupa jajanan yang tentunya memiliki rasa nikmat dan lezat. Biasanya panganan ini mudah ditemui di toko pinggir jalan atau pusat perbelanjaan sekitar daerah kawah ijen. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Rujak Soto Banyuwangi

Rujak Soto Khas Banyuwangi

Jenis makanan yang satu ini cukup unik dan mungkin terdengar aneh oleh sebagian orang. Karena menggabungan dua nama hidangan yang salah satunya berkuah. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab rasanya sangat nikmat dan lezat. Selain itu juga cocok apabila disantap dalam keadaan hangat.

Panganan rujak ini dibuat dari berbagai macam jenis sayuran, cingurm kacang dan tambahan bumbu petis. Lalu setelah itu disiram dengan kuah soto yang berisi potongan daging babat berukuran sedang. Biasanya juga mendapatkan kerupuk dan bawang goreng sebagai pelengkap makanan.

Rujak Kelang Banyuwangi

Rujak Kelang Khas Banyuwangi

Setelah Anda mencicipi rujak soto, terdapat alternatif lain yang bisa Anda coba langsung. Makanan ini terdiri dari buah ketimun, mangga, papaya, bengkoang dan lain-lain. Kemudian disiram kuah ikan pindang serta cabe rawit di atasnya.

Di dalamnya juga terdapat tambahan lain berupa kerupuk, tahu dan bawang goreng agar membuat rasanya menjadi lebih segar dan nikmat. Rujak kelang biasa disajikan di piring atau mangkok khusus. Sebaiknya sedia es sebagai pelengkap.

Sego Tempong Banyuwangi

Sego Tempong Khas Banyuwangi

Merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang terdiri dari nasi, sayur rebus seperti kangkung, bayam dan lain-lain. Lalu juga ditambahi dengan lauk pauk berupa ayam, tempe, tahu dan lain-lain. Selain itu biasa disediakan lalapan tambahan misalnya timun, kol hingga kemangi.

Sego tempong biasanya disajikan dalam piring yang terbuat dari anyaman kayu. Lalu setelah itu dilapisi dengan kertas minyak. Kemudian selanjutnya makanan khas Banyuwangi tersebut siap disajikan. Biasanya terdapat sambal tambahan untuk menambah rasa menjadi pedas.

Daftar Tempat Kekinian di Banyuwangi yang Menjual Oleh-oleh dengan Harga Murah

Terdapat beberapa lokasi tertentu yang wajib Anda kunjungi saat hendak berlibur ke suatu tempat wisata. Karena banyak sekali pusat perbelanjaan menyediakan berbagai macam produk buah tangan dengan pilihan rasa bervariasi dan jumlah tak terbatas. Salah satunya yakni pusat oleh-oleh khas Banyuwangi.

Tempatnya terletak di Taman Baru Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Tokonya berjualan setiap hari mulai dari jam 08.00 – 21:00 WIB. Anda dapat langsung kesana atau memesan oleh-oleh secara online dengan menghubungi Admin yang bertugas.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Lombok

Selain itu juga terdapat toko buah tangan lain yang bernama Oleh-oleh khas Banyuwangi bagiak gajah oling. Lokasinya di Jalan Imam Bonjol No. 34 tukang kayu, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Bangunan dari tokonya berasal dari kayu dan terdapat banyak angkung pada bagian depan rumah.

Oleh-oleh khas Banyuwangi ini banyak tersedia dalam berbagai macam bentuk. Itu semua tergantung selera masing-masing. Namun, selain berburu oleh-oleh ada baiknya Anda menikmati keindahan Bayuwangi beserta keramahan penduduknya. Dengan begitu, semua beban pikiran akan hilang.

Tinggalkan komentar