Oleh-oleh Khas Bengkulu

Provinsi satu ini terletak di pantai barat Pulau Sumatera. Kota dengan julukan Bumi Raflesia tersebut terkenal memiliki sejuta pesona pariwisata dan berbagai oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib untuk Anda coba.

Cinderamata Khas Bengkulu

Cinderamata merupakan salah satu bentuk oleh-oleh menarik yang dapat dijadikan kenang-kenangan. Oleh karena itu, tak lengkap rasanya berkunjung ke Bengkulu tanpa membeli souvenir khas dari daerah tersebut.

Jenis cinderamata yang di jual di daerah Bengkulu sangatlah beraneka macam, mulai dari pakaian, peralatan, hingga hiasan. Berikut adalah beberapa pilihan souvenir khasnya:

Kerajinan dari Kulit Lantung

Kerajinan dari Kulit Lantung Bengkulu

Kerajinan dari Lantung merupakan salah satu souvenir khas Bengkulu yang banyak diburu oleh para wisatawan dalam negeri hingga mancanegara. Sebab, cinderamata satu ini memiliki bahan dasar kulit kayu dengan tekstur dan motif unik.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Lampung

Keunikan dari motif kulit kayu tersebut diubah ke dalam bentuk berbagai macam kerajinan. Salah satu olahan yang paling populer dari Lantung Bengkulu ialah tas wanita.

Kain Batik Besurek

Kain Batik Besurek Bengkulu

Batik merupakan salah satu kain khas dari Indonesia. Setiap daerahnya pasti memiliki motif unik berbeda, seperti halnya Bengkulu. Daerah tersebut mempunyai sebuah corak khas cantik yang dinamakan Besurek.

Motif dari batik Besurek didominasi oleh corak kaligrafi Arab yang dipadupadankan dengan ornamen bunga raflesia, rembulan, relung paku, ataupun burung kuau. Beberapa hasil olahan populer dari kain ini biasanya berbentuk rok dan sarung.

Kerajinan Olahan Bambu

Bambu adalah salah satu bahan yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Bengkulu untuk membuat berbagai macam bentuk kerajinan. Beberapa contoh hasil olahannya seperti tirai, tikar, tudung saji dan lain sebagainya.

Berbagai macam olahan dari bambu tersedia dalam berbagai ukuran dan model. Anda bahkan dapat membelinya secara custom di sentra oleh-oleh khas Bengkulu.

Kerajinan Replika Senjata

Kerajinan Replika Senjata Bengkulu

Bagi Anda yang hobi mengoleksi mainan senjata tradisional, kerajinan satu ini patut Anda beli saat berkunjung ke Kota Bengkulu. Beberapa toko oleh-oleh menjual cinderamata tersebut dengan harga yang cukup terjangkau.

Kerajinan replika senjata tradisional banyak dijual dengan berbagai ukuran dan model yang bervariasi seperti, keris, sewar, dodong, rudus dan rambai ayam.

Kerajinan Miniatur Kendaraan

Kerajinan Miniatur Kendaraan Bengkulu

Selain replika senjata, koleksi cinderamata menarik lain yang dapat Anda beli di Bengkulu ialah miniatur kendaraan dari kayu. Salah satu model terpopulernya berbentuk kereta lori molek. Angkutan tersebut merupakan salah satu transportasi khas yang kerap dipakai oleh masyarakat lokal.

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, miniatur tersebut, maka bisa membelinya di toko oleh-oleh sari rasa makanan souvenir khas Bengkulu yang terletak di jalan Anggut Atas.

Kerajinan Gerabah Tanah Liat

Kerajinan Gerabah Tanah Liat Bengkulu

Oleh-oleh lain yang dapat Anda beli di toko cinderamata adalah gerabah tanah liat. Tembikar khas Bengkulu ini cukup terkenal akan kualitasnya yang baik. Maka, tak heran bahwa produk tersebut juga sudah menembus pasar ekspor.

Beberapa hasil kerajinan gerabah tanah liat yang diproduksi di antaranya seperti guci, kendi, vas bunga, teko, hingga tungku memasak.

Kerajinan Miniatur Dol

Kerajinan Miniatur Dol Bengkulu

Dol merupakan alat musik khas Bengkulu yang memiliki bentuk mirip perkusi atau gendang. Akan tetapi apabila dibunyikan, ia terdegar berbeda serta mempunyai suara khas. Ukuran aslinya sangatlah besar, oleh karenanya versi yang di jual di pertokoan ialah miniaturnya.

Miniatur dol yang dijadikan sebagai cinderamata dibuat semirip mungkin dengan aslinya, kecuali pada ukurannya. Versi replika tersebut biasanya terbuat dari bahan dasar bonggol kelapa.

Kerajinan Aksesoris Pernak Pernik

Kerajinan Aksesoris Pernak Pernik

Pernak pernik selalu menjadi salah satu pilihan oleh-oleh cantik nan murah untuk keluarga atau teman-teman di rumah. Banyak toko cinderamata di Bengkulu yang menjual aksesori dengan desain khas dari daerah tersebut.

Toko-toko cinderamata di sana banyak menjajakan aksesori seperti kalung, gelang, cincin, hingga gantungan kunci dengan motif unik khas Bengkulu seperti bunga Raflesia.

Kerajinan Batu Akik Khas Bengkulu

Kerajinan Batu Akik Khas Bengkulu

Setiap daerah di Indonesia, pasti memiliki jenis batuan alam yang mempesona. Salah satunya adalah Bengkulu dengan Red Raflesianya. Batu satu ini sangatlah terkenal dan menjadi incaran banyak pecinta atau pengoleksi akik.

Akik Red Raflesia memiliki warna khas merah layaknya bunga bangkai yang menarik untuk dijadikan sebagai cincin atau liontin kalung dari Bengkulu.

Kerajinan Miniatur Bunga Raflesia

Kerajinan Miniatur Bunga Raflesia

Raflesia Arnoldi atau padma raksasa merupakan salah satu jenis tanaman langka di dunia yang menjadi bunga endemik dari Bengkulu. Karena unik dan khas, pemerintah pun menjadikannya sebagai lambang atau identitas khusus dari provinsi tersebut.

Bagi Anda yang ingin membawa pulang ikon raflesia arnoldi, maka dapat membeli miniaturnya di berbagai toko oleh-oleh di Bengkulu. Replika tersebut tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari lampu, piring, hingga hiasan dinding.

Kerajinan Miniatur Tabot

Tabot merupakan salah satu upacara tradisional bagi masyarakat Bengkulu. Biasanya ritual tersebut membutuhkan benda pelengkap, berbentuk seperti anjungan menara yang disusun menjulang tinggi dan digunakan dalam kegiatan.

Bagi masyarakat sekitar, Tabot merupakan salah satu acara yang diadakan untuk mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad, yakni Hussein. Apabila Anda tertarik dengan miniaturnya, maka dapat membeli di berbagai toko oleh-oleh souvenir tradisional.

Makanan Khas Bengkulu

Kuliner daerah selalu menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan apabila sedang mengunjungi suatu tempat. Selain patut dicoba, makanan khas tersebut juga bisa menjadi salah satu pilihan buah tangan menarik untuk kerabat di rumah.

Provinsi Bengkulu memiliki berbagai makanan khas unik dan spesial yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Lempok Durian

Lempok Durian Bengkulu

Makanan satu ini merupakan kuliner sejenis dodol yang terbuat dari bahan baku durian dan tepung gandum. Rasanya manis serta memiliki bau khas sedap. Selain original, oleh-oleh Bengkulu tersebut kini juga telah dikombinasikan dengan pilihan rasa lain.

Anda wajib membeli kuliner satu ini sebagai oleh-oleh bagi keluarga. Sebab, durian khas Bengkulu memiliki cita rasa yang terkenal sangat enak

Manisan Terong

Manisan Terong Bengkulu

Oleh-oleh khas Bengkulu lain nan unik dan patut untuk Anda coba ialah manisan terong. Buah yang biasa disajikan sebagai sayur tersebut kini diolah menjadi sebuah cemilan bercita rasa manis dengan tekstur lembut.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Riau

Anda dapat membeli cemilan satu ini di berbagai toko oleh-oleh dengan harga kurang lebih Rp. 15.000 per bungkus. Manisan terong juga cocok dibawa sebagai buah tangan bagi para wisatawan jauh yang berasal dari luar pulau, karena sangat awet dan tahan lama.

Jagung Marning

Jagung Marning Bengkulu

Marning terbuat dari bahan baku jagung pipil yang dijemur hingga kering dan kemudian digoreng. Kuliner satu ini dapat menjadi salah satu pilihan oleh-oleh berbentu snack. Pilihan rasanya bermacam-macam, mulai dari original, asin, sampai manis.

Harga dari kuliner satu ini cukup terjangkau. Kemasannya pun juga praktis dan tersedia dalam berbagai ukuran yang cocok dijadikan sebagai buah tangan. Jika tertarik, Anda dapat membelinya di berbagai pusat oleh-oleh khas Bengkulu.

Kue Lepek Binti

Kue Lepek Binti Bengkulu

Kue daerah satu ini merupakan oleh-oleh khas Bengkulu Utara yang wajib Anda coba dan bawa pulang. Makanan tersebut rasanya manis dan terbuat dari bahan baku seperti tepung ketan, lengkuas, santan dan daun Salam.

Beberapa bahan tersebut kemudian dibalut dengan daun pisang dan direbus. Anda dapat dengan mudah menemui kue tradisional ini di toko oleh-oleh atau pedagang keliling di sekitar daerah wisata Bengkulu.

Pisang Salai

Pisang Salai Bengkulu

Kuliner manis selanjutnya yang patut Anda jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Bumi Raflesia adalah pisang salai. Makanan satu ini, merupakan salah satu kue daerah dari Kecamatan Pondok Kubang, Bengkulu Tengah.

Kuliner tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau dan memiliki kemasan plastik kedap udara yang dipastikan awet atau aman jika disimpan lama saat perjalanan pulang.

The Oolong

Teh Oolong Bengkulu

Minuman berikut adalah salah satu oleh-oleh khas Kepahiang yang wajib Anda coba, terutama bagi para pecinta teh. Oolong dibuat melalui proses semifermentasi untuk menghasilkan produk berwarna kuning keemasan dengan cita rasa dan aroma sedap.

Selain enak, teh satu ini juga memiliki banyak khasiat. Beberapa manfaat dari konsumsi rutin Oolong di antaranya dapat membantu menurunkan berat badan, memperbaiki sistem organ dalam, hingga mencegah terbentuknya plak atau karang gigi.

Emping Bengkulu

Emping Bengkulu

Selanjutnya, rekomendasi snack pilihan lain untuk dibawa pulang sebagai buah tangan khas Bengkulu ialah emping. Makanan tersebut terbuat dari biji melinjo yang direbus, lalu ditumbuk dan kemudian dimemarkan.

Pada berbagai toko oleh-oleh, makanan khas satu ini dijual melalui dua pilihan penyajian yakni mentah dan sudah digoreng. Harga perkilo dari emping Bengkulu ini memang cukup mahal, yakni bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Akan tetapi hal tersebut sangat sebanding dengan cita rasanya

Kembang Goyang

Kembang Goyang Bengkulu

Kembang goyang merupakan salah satu cemilan dengan bahan dasar santan kelapa dan tepung beras. Ia dibuat dengan teknik dan cetakan unik melalui cara digoreng. Kue daerah tersebut kerap menjadi makanan khas saat acara-acara tradisonal seperti pernikahan adat.

Sajian berbentuk bunga ini memiliki cita rasa yang manis. Anda dapat membeli cemilan kembang goreng siap makan yang dikemas praktis dan tersedia di banyak toko oleh-oleh di daerah Bengkulu.

Kue Satu

Kue Satu Bengkulu

Makanan tradisional berikut merupakan salah satu oleh-oleh khas yang sangat sering disajikan sebagai hidangan saat lebaran atau idul adha oleh masyarakat Bengkuku. Kue satu memiliki cita rasa manis, gurih, dan nikmat. Oleh karena itu ia sangat patut untuk Anda bawa pulang

Resep masakan khas Bengkulu ini terdiri dari berbagai bahan dasar seperti kacang hijau, gula pasir, dan juga vanili halus yang dibuat menjadi adonan kue dengan teknik serta cara memasak tradisional.

Kue Cucur

Kue Cucur Bengkulu

Kuliner lain yang menjadi hidangan khas Bengkulu ialah kue cucur. Makanan tersebut terbuat dari bahan tepung terigu dan gula merah. Selain memiliki cita rasa manis, tekstur dari cemilan ini sangatlah lembut serta halus saat digigit.

Harga dari kue tradisonal ini sangatlah murah, yakni sekitar seribu rupiah perbijinya. Anda dapat membelinya dari berbagai pedagang-pedagang keliling yang ada di sekitar Kota Bengkulu.

Kue Siput Bengkulu

Kue Siput Bengkulu

Hidangan cemilan lain yang menjadi ciri khas dari daerah Bengkulu ialah kue siput. Kuliner tersebut terbuat dari tepung terigu dengan isi kacang, dan kemudian digulung dengan bentuk cangkang bekicot.

Cita rasa dari kue siput ini sangatlah renyah, dengan pilihan topping asin dan juga manis. Harga perplastik dari kuliner tersebut pun juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp. 15.000.

Lemang Tapai

Lemang Tapai Bengkulu

Makanan lain yang patut Anda coba dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Provinsi Bengkulu ialah lemang tapai. Kuliner tersebut terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan garam, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Selanjutnya, lemang tapai dimasak dengan cara tradisional, yakni dibakar di atas bara api dalam bambu muda. Setelah matang, hidangan tersebut kemudian disajikan dengan pelengkap ketan hitam di atasnya.

Keripik Ikan Beledang

Keripik Ikan Beledang Bengkulu

Keripik khas Bengkulu satu ini terbuat dari olahan ikan layur berbentuk ramping dan panjang yang banyak terdapat di perairan daerah tersebut. Ia memiliki cita rasa gurih, asin, sekaligus renyah sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh camilan.

Keripik tersebut saat ini dijual dengan kemasan plastik dan box praktis yang dapat Anda beli di berbagai toko oleh-oleh Bengkulu.

Kerupuk Gurita

Kerupuk Gurita Bengkulu

Cemilan berbentuk keripik lain yang tak kalah gurih dan renyah dari ikan beledang adalah kerupuk gurita. Ia banyak sekali diproduksi di sekitar Kabupaten Kaur, Bengkulu dan menjadi salah satu produk unggulan dari masyarakat daerah tersebut.

Kerupuk ini berbahan dasar gurita kecil yang dibuat adonan keripik pipih dan digoreng. Kini kuliner unik tersebut terdiri dari dua pilihan varian rasa, yakni original serta pedas.

Perut Punai

Perut Punai Bengkulu

Cemilan selanjutnya yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh unik ialah perut punai. Kue satu ini dijuluki dengan nama seperti itu, sebab memiliki bentuk mirip dengan bagian abdomen dari burung tersebut.

Cita rasa dari perut punai sangatlah nikmat dan gurih. Anda bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh di sepanjang jalan Kota Bengkulu dengan harga Rp. 10.000 per bungkus.

Sirup Kalamansi

Sirup Kalamansi Bengkulu

Oleh-oleh lain berbentuk minuman yang wajib Anda beli saat berkunjung ke Bengkulu ialah sirup Kalamansi. Ia terbuat dari bahan baku jeruk jenis citrus microcarpa dengan cita rasa manis nan segar dan kaya akan nutrisi.

Selain nikmat, nutrisi dari menuman tersebut memiliki banyak khasiat. Apabila dikonsumsi rutin, sirup kalamasi dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu menguatkan tulang-tulang agar tidak mudah keropos.

Kue Tat

Kue Tat Bengkulu

Kue tat atau sering disebut sebagai “Juday”, ini merupakan makanan khas Bengkulu Utara yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh. Kuliner tersebut memiliki bentuk seperti pie dengan topping selai nanas di atasnya.

Makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur dan juga santan ini konon merupakan salah satu makanan favorit dari Raja Bengkulu.

Kopi Naga Rantai

Kopi Naga Rantai Bengkulu

Para penikmat kopi wajib mencoba dan membeli minuman ini sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Bengkulu. Sebab Naga Rantai tersebut memiliki cita rasa nikmat dan aroma khas yang berasal dari bijih-bijih pilihan.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Palembang

Naga Rantai kemasan bubuk merupakan salah satu produk lokal dari masyarakat daerah Padang Guci Hulu yang patut dijadikan sebagai oleh-oleh. Kopi tersebut tersedia dalam berbagai macam kemasan praktis dengan harga terjangkau.

Ulasan di atas telah memberikan rekomendasi tentang berbagai cinderamata serta makanan yang patut dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai inspirasi buah tangan saat Anda berlibur ke sana.

Tinggalkan komentar