Oleh-Oleh Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor
03Mei, 2020

Bogor dikenal sebagai kota hujan dengan berbagai wisata menarik. Suasana sejuk dan pemandangan indah mampu membuat mata serta pikiran terasa lebih segar. Ditambah dengan keberadaan oleh-oleh khas Bogor yang menjadi buah tangan menarik untuk dibawa pulang.

Selayang Pandang Kota Bogor

Bogor adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Memiliki luas daerah 118,50 km2 dengan jumlah penduduk terbesar berada pada kabupaten, yakni sekitar 4.966.621 jiwa. Ketika masa kolonial Belanda, kota ini dikenal sebagai Buitenzorg, artinya aman tentram.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Bandung

Kota dengan curah hujan tinggi ini memiliki banyak ikon wisata. Mulai dari dataran tinggi dengan keindahannya yang mampu memanjakan mata hingga taman-taman dan berbagai kolam renang yang dapat dijadikan rujukan untuk berkunjung bersama keluarga.

Keindahan wisata tersebut didampingi oleh beragam cinderamata. Salah satunya terdapat pada Jumbo (Jumpa Bogor) yang merupakan pusat oleh-oleh khas Kota Bogor. Lokasinya cukup strategis, yakni berdekatan dengan Botani Square dan hanya beberapa langkah dari Tugu Kujang.

Berbagai Macam Oleh-oleh Khas Bogor

Tidak lengkap rasanya jika pulang berwisata tanpa membawa oleh-oleh. Apalagi Kota ini menawarkan banyak pusat oleh-oleh Bogor murah dengan suguhan berbagai macam buah tangan, mulai dari makanan khas hingga kerajian-kerajinan unik yang jarang ditemui di tempat lain seperti:

Oleh-oleh Khas Mochi Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Mochi

Mochi Bogor atau biasa dikenal dengan nama Mochibo terbuat dari beras ketan dan bertekstur kenyal. Uniknya, isian dari makanan ini berupa buah segar utuh yang berasal dari daerah lokal seperti talas, pala, nanas serta strawberry. Perpaduan antara kedua bahan menciptakan harmonisasi ketika dikunyah.

Mochibo yang berukuran 3-4 centimeter ini telah menjadi andalan para turis dalam maupun luar daerah. Dibanderol dengan harga Rp 20.000 per kotak (berisi 10 mochi). Selain buah, ada juga varian rasa lain seperti coklat, keju dan kacang. Makanan ini dapat dijumpai hampir di seluruh sentra oleh-oleh Bogor.

Oleh-oleh Khas Bogor Roti Unyil

Oleh-oleh Khas Bogor Roti Unyil

Sesuai dengan namanya, buah tangan satu ini memiliki bentuk yang kecil dan imut. Meski demikian, rasa yang disuguhkan justru sangat nikmat. Hal itu dibuktikan dengan ketenarannya di kalangan masyarakat, baik dalam maupun luar Bogor. Permainan tekstur serta aroma roti Unyil sungguh menyenangkan.

Dalam 1 box terdiri dari 30 buah dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, sosis, keju, mocca, durian, talas, srikaya, dan lain-lain. Roti Unyil dibanderol dengan harga Rp 48.000 per kotak. Camilan mungil ini dapat ditemukan hampir pada semua tempat termasuk di Jl. Raya Padjajaran No. 1, Bogor, Jawa Barat.

Oleh-oleh Khas Lapis Bogor Sangkuriang

Oleh-oleh Khas Lapis Bogor Sangkuriang

Satu lagi makanan terkenal, yaitu bolu lapis yang merupakan produk oleh-oleh khas bogor Sangkuriang. Kue ini terbuat dari tepung talas yang didominasi warna kuning dan ungu. Pada bagian atas dihiasi dengan toping berupa limpahan keju parut sehingga terlihat sangat menggoda.

Lapis Bogor Sangkuriang juga termasuk oleh-oleh khas Cibubur yang kerap kali menjadi primadona dan sering diburu oleh turis luar kota. Harganya sangat terjangkau. Satu box kue bolu sekitar Rp 28.000 hingga Rp 35.000 dengan berbagai varian rasa, seperti talas susu dan brownies keju.

Oleh-oleh Khas Pie Talas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Pie Talas

Pie yang berbahan dasar buah lokal ini merupakan oleh-oleh khas Bogor di Depok. Perpaduan antara talas dan bahan campuran kue membuat proporsinya menjadi unik, yakni tidak terlalu manis. Kenikmatannya pun dapat dirasakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Pie Talas ini menyajikan beragam topping yang menggiurkan, seperti blueberry, strawberry, tiramisu, cokelat, cappuccino, brownies dan susu. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 17.000 hingga Rp 19.000 per box. Anda bisa menjumpainya hampir di seluruh sentra oleh-oleh Bogor.

Oleh-oleh Khas Asinan Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Asinan

Kuliner legendaris yang bisa ditemukan di Bogor adalah asinan. Satu porsi asinan berisi buah-buahan seperti manga muda, jambu air, pepaya, kedondong, pala dan nanas. Selain itu, juga disertai sayuran berupa sawi khusus asinan, taoge dan mentimun. Biasanya ditambahkan dengan tahu.

Buah, sayur dan tahu disiram dengan kuah cuka asam, manis dan pedas. Lidah akan dimanjakan dengan rasa asinan yang otentik. Untuk mencicipinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 19.000. Kuliner legendaris ini dapat di temui pada sepanjang jalan Kota Bogor. Mudan sekali, bukan?

Oleh-oleh Khas Bika Bogor Talubi

Oleh-oleh Khas Bika Bogor Talubi

Satu lagi inovasi yang dimunculkan dari olahan talas, yaitu Bika Bogor Talubi. Kue panggang ini terbuat dari campuran telur, gula dan santan. Teksturnya berpori kenyal seperti spons serta memiliki rasa legit pada setiap gigitan. Saat mencium aromanya saja sudah bisa membuat perut keroncongan.

Jajanan khas Bogor ini memiliki berbagai varian rasa, di antaranya ada ubi madu, talas, nangka, dan coco pandan. Untuk membeli satu box berisi 10 buah bika berbentuk mini, cukup merogoh kocek sebesar Rp 29.000. Dengan harga yang terjangkau, Anda beserta keluarga sudah bisa menikmatinya.

Oleh-oleh Khas Miss Pumkin Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Miss Pumpkin

Sesuai julukannya, Miss Pumkin, nama oleh-oleh khas Bogor ini sangat populer karena menciptakan inovasi unik berupa brownies dan bolu berbahan dasar labu. Buah berwarna kuning ini biasanya identik dengan Haloween, namun kini disulap menjadi jajanan enak dan mengenyangkan.

Miss Pumkin dibanderol dengan harga Rp 30.000 sampai Rp 35.000. Kue labu kuning ini bisa dijadikan alternatif oleh-oleh untuk dibawa pulang. Adapun variasi rasa yang ditawarkan meliputi cokelat, jeruk dan juga greentea.

Oleh-oleh Brownies Pisang Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Brownies Pisang

Masih berhubungan dengan kue, oleh-oleh satu ini berupa brownies yang diselingi dengan buah pisang. Rasa manis serta sedikit pahit berkolaborasi ketika telah masuk ke dalam mulut. Teksturnya sangat lembut sehingga membuat lidah seperti dimanjakan. Apalagi tampilannya sungguh menggugah selera.

Brownies pisang memiliki berbagai varian rasa, di antaranya cokelat, krim keju dan greentea. Untuk membelinya cukup merogoh kocek sebesar Rp 25.000 sampai Rp 40.000. Dengan harga yang terjangkau Anda sudah bisa merasakan kelezatan yang memuaskan indera perasa.

Oleh-oleh Khas Keripik Talas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Keripik Talas

Keripik masih menjadi primadona di tengah maraknya makanan kekinian yang sangat beragam. Rasa legit dari talas menjadikan jajanan ini tetap digemari banyak orang. Teksturnya renyah dan sedikit lembut sehingga menciptakan permainan harmonis di dalam mulut.

Harganya sangat terjangkau. Dengan uang sebesar Rp 30.000 sudah bisa menikmati keripik talas satu bungkus yang setara dengan 1 kilogram. Banyak sekali, bukan? Mengkonsumsinya bersama dengan kopi ataupun teh akan terasa lebih nikmat. Terlebih jika sedang berkumpul bersama keluarga.

Oleh-oleh Khas Kacang Bogor Istana

Oleh-oleh Khas Kacang Bogor Istana

Kacang yang asalnya dari Afrika Barat ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bogor. Proses pengolahannya cukup unik, yakni menggunakan minyak goreng Barco kualitas nomor satu. Dilanjutkan dengan memasukkannya ke dalam oven agar hasil olahannya terasa lebih renyah dan tidak berminyak.

Kacang Bogor mudah ditemukan di sekitar Jalan Baru Kedung Badak pada bulan Februari hingga April sebab pada saat tersebut tanaman ini baru bisa dipanen. Harganya sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 17.500 saja sehingga cocok untuk semua kalangan.

Oleh-oleh Wayang Golek Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Wayang Golek

Wayang golek merupakan kesenian yang berasal dari budaya sunda. Meskipun peminatnya semakin menurun, namun popularitasnya tetap meningkat terutama di Kota Hujan ini. Tak jarang banyak turis luar negeri dibuat kagum oleh warisan Indonesia yang eksis di kancah internasional tersebut.

Kerajinan khas Bogor ini berbahan dasar kayu Lame dengan alasan lebih kuat dan tahan lama. Dibuat sedemikian rupa hingga melahirkan bermacam-macam tokoh tertentu. Bagian wajah kemudian dilukis agar terkesan lebih hidup. Wayang golek dibandrol dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 100.000.

Oleh-oleh Wayang Bambu Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Wayang Bambu

Wayang bambu merupakan kesenian yang berasal dari tanah Kasundaan. Ketenarannya berkembang pesat di Kampung Cijahe, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat. Dikembangkan oleh seorang seniman bernama Ki Drajat dalam sebuah pertunjukan.

Kerajinan khas Bogor ini terbuat dari batang bambu bagian dalam. Berbeda dengan wayang golek, bagian wajahnya justru dibiarkan polos. Hal itu disebabkan agar para penonton dapat bebas berimajinasi ketika menonton pertunjukkannya. Untuk membelinya Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 50.000.

Oleh-oleh Batik Tulis Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Batik Tulis

Batik tulis bogor berkembang sejak tahun 2009 dengan dipelopori oleh Siswaya dan Rukayah. Memiliki berbagai motif unik yang melambangkan kota hujan ini, seperti rusa, tugu kujang, bunga bangkai, daun talas dan hujan gerimis. Kekayaannya juga diimbangi oleh kualitas terbaik.

Batik kini menjadi tren tersendiri bagi penggemarnya. Para ahli fashion bahkan telah melirik warisan kebudayaan ini untuk dijadikan pendukung dalam berbagai macam acara peragaan busana, termasuk kerajinan khas Bogor tersebut yang dibandrol dengan harga Rp 25.000 sampai Rp 30.000.

Oleh-oleh Tas Daun Pandan Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Tas Daun Pandan

Kalangan wanita dan pecinta fashion akan tergiur dengan buah tangan satu ini. Jika biasanya tas terbuat dari kulit hewan, kini barang yang banyak diminati kaum hawa itu dapat diciptakan melalui anyaman daun pandan. Bentuknya yang eksotik sangat cocok untuk menemani koleksi di rumah.

Di samping itu, tas dengan nilai seni yang tinggi tak jarang ditampilkan dalam berbagai acara peragaan. Kerajinan unik tersebut telah menjadi ikon Kota Bogor dengan beragam model. Di antaranya tali panjang, handbag dan clutch. Cindera mata satu ini dibandrol dengan harga Rp 160.000 sampai Rp 600.000.

Oleh-oleh Kujang Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Kujang

Kujang merupakan senjata yang berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari besi, baja dan bahan pamor. Memiliki panjang sekitar 20 sampai 25 centimeter dengan berat 300 gram. Kerajinan tersebut sering dimanfaatkan masyarakat sebagai ciri khas, alat pertanian, perlambang, hiasan ataupun cinderamata.

Kujang bahkan menjadi salah satu ikon, terbukti kini letaknya berada di atas monumen Kota Bogor. Nama senjata tersebut berasal dari kata “Ujang” yang berarti manusia, merujuk kepada Prabu Siliwangi sebagai orang yang sakti. Harganya cukup mahal, yakni mulai dari Rp 200.000 hingga jutaan rupiah.

Oleh-oleh Lesung Keramik Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Lesung Keramik

Lesung Keramik merupakan kerajinan yang dapat dimanfaatkan sebagai perabot rumah tangga. Pasalnya beberapa model memang dibuat untuk aksesoris, seperti vas bunga, aromaterapi, mangkok, wastafel, guci, mug, kendi dan sebagainya. Desainnya begitu elegan sehingga mampu menarik perhatian.

Ada beragam motif dan warna yang ditawarkan. Keunikan serta esensi seninya mampu menciptakan suasana menjadi lebih estetik. Lesung keramik dibanderol dengan harga mulai dari Rp 160.000 hingga jutaan rupiah. Kerajinan ini dapat ditemukan di semua pusat kerajinan Bogor.

Oleh-oleh Lukisan Kaca Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Lukisan Kaca

Lukisan di atas kanvas sepertinya sudah biasa. Warga Kota Bogor memiliki cara unik dalam mengekspresikan buah imajinasi, yakni melukis pada sebuah kaca. Selain bernilai seni tinggi, kerajinan ini juga dimaksudkan untuk mengurangi limbah. Yap, media yang digunakan berupa barang bekas.

Pembeli juga dapat memesan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Ada banyak motif yang ditawarkan, mulai dari model sederhana hingga paling rumit. Keunikannya mampu menyihir mata para turis beserta penikmat seni. Harganya bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000.

Oleh-oleh Ecodeo Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Ecodoe

Ecodeo merupakan salah satu kerajinan yang terbuat dari limbah. Berbeda dengan lukisan kaca, bahan dasar tersebut memanfaatkan sisa tanaman akar wangi setelah melalui proses penghasilan minyak untuk digunakan sebagai campuran membuat kosmetik, pelumas, obat-obatan dan sebagainya.

Ide ini diawali oleh Tatan Gunawan yang awalnya berinisiatif untuk mengurangi adanya limbah tak terpakai. Alhasil, temuannya justru menjadi kerajinan khas Bogor yang menarik banyak wisatawan. Ecodeo dibanderol dengan harga Rp 80.000 sampai Rp 200.000, tergantung model dan bentuknya.

Oleh-oleh Khas Kaus Unchal Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Kaos Unchal

Unchal yang berarti kijang dalam bahasa Sunda menjadi oleh-oleh unik khas Bogor. Berbagai kata jenaka berbahasa daerah dan nasional mampu menarik perhatian banyak turis. Kaus tersebut sedang populer di kalangan masyarakat. Pasalnya, kalimat yang tertulis tak jarang membuat nyengir para pembaca.

Bahan yang digunakan adalah kualitas premium. Adanya kesepakatan pemilik dengan pabrik terkait pembuatan kaus membuat buah tangan kekinian ini terjaga keasliannya. Yap, Anda tidak bisa menemukannya di pasaran. Harganya bervariasi mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 100.000.

Oleh-oleh Khas Bogor Miniatur Tugu Kujang

Oleh-oleh Khas Bogor Miniatur Tugu Kujang

Tugu Kujang merupakan salah satu ikon Kota Bogor yang terkenal. Tak ayal banyak sekali kerajinan yang berkaitan dengan monument tersebut. Salah satunya adalah miniature yang dibuat menyerupai namun berukuran lebih kecil. Biasanya digunakan sebagai pajangan di ruang tamu ataupun kamar tidur.

Keberadaannya mudah sekali ditemukan. Salah satu tempat yang menyediakan miniatur Tuju Kunjang adalah LBS dengan letak berada di Kabupaten Bogor. Tak heran jika terkadang kerajinan ini disebut sebagai oleh-oleh khas Bogor di Cibinong. Harganya berkisar mulai dari Rp 100.000.

Oleh-oleh Boneka Potty Khas Bogor

Oleh-oleh Khas Bogor Boneka Potty

Boneka Potty merupakan kerajinan yang terbuat dari limbah serbuk kayu dan berfungsi sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Kesenian ini berawal dari inisiatif seorang warga di Cikaret, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan maksud meningkatkan nilai guna dari barang tak terpakai.

Namun siapa sangka Boneka Potty ini justru menjadi ladang penghasilan warga di Kabupaten Bogor. Bahkan sering kali mendapat pesanan dari luar negeri. Untuk mendapatkan pot lucu ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 sampai Rp 30.000 tergantung ukuran.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Lombok

Itulah beberapa oleh-oleh khas Bogor yang bisa dijadikan pilihan ketika berkunjung kesana. Tak sedap rasanya jika mengunjungi suatu tempat namun tidak membawa sesuatu yang khas dari daerah tersebut. Barang kali dapat dijadikan penanda bahwa Anda pernah menapaki Kota Hujan ini. Selamat berbelanja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *