Oleh-oleh Khas Cirebon

Oleh-oleh Khas Cirebon

Diposting pada

Anda jangan lupa untuk membawakan oleh-oleh khas Cirebon jika berkunjung ke kota tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menyenangkan keluarga, teman, maupun handai taulan. Ragam jenisnya banyak dan harganya pun relatif terjangkau sehingga tidak akan menguras isi saku.

Macam-macam Oleh-oleh Khas Cirebon

Walaupun kota Cirebon tidak terlalu luas dan kurang ramai jika dibandingkan dengan Bandung, Jakarta atau Yogyakarta, namun siapa sangka bahwa di sana terdapat banyak sekali ragam jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para pelancong. Berikut ulasannya:

Terasi Cirebon

Terasi Cirebon

Perlu Anda ketahui bahwa terasi khas Cirebon memang tidak ada duanya. Rasanya sangat khas dan nikmat karena dibuat dari udang segar dan fresh langsung dari laut-laut yang ada di sana. Kualitas kebersihannya pun terjamin dan sudah pasti aman bagi kesehatan.

Terasi ini dapat Anda beli di berbagai penjual oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru Kota Cirebon. Ia sangat tahan lama dan pastinya sangat cocok jika dibawa pulang sebagai buah tangan bagi keluarga dan tetangga di rumah.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Jawa Barat

Produk tersebut dijual dalam berbagai kemasan mulai dari ukuran mini, sedang, jumbo hingga bentuk kiloan. Harganya sangat murah dan ramah di kantong yakni senilai Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 50.000,- bergantung pada ukuran serta beratnya secara keseluruhan.

Kerupuk Mlarat

Kerupuk Melarat

Jika dilihat dari namanya, mungkin Anda akan sangat penasaran dengan jajanan ini karena unik dan tiada duanya. Kerupuk mlarat memang dibuat dengan cara tidak biasa yakni digoreng menggunakan pasir bersih. Walaupun begitu, ia tetap nikmat, renyah dan sehat untuk dimakan.

Krupuk ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang miskin saja seperti namanya. Siapapun boleh membelinya. Harganya sangatlah murah yakni mulai dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,- saja per bungkusnya bergantung pada besar kecilnya ukuran.

Ciri khas dari kerupuk ini adalah warnanya yang berwarna-warni dan rasanya kombinasi antara asin dan sedikit manis. Buah tangan tersebut dapat Anda beli di berbagai penjual oleh-oleh khas Cirebon 24 jam di tepi-tepi jalan raya.

Emping Khas Cirebon

Emping Khas Cirebon

Masyarakat pada umumnya sering menikmati emping dengan rasa original dan pedas saja. Krupuk yang terbuat dari biji mlinjo ini memang masih menjadi favorit bagi kebanyakan orang karena rasanya terdapat sensasi pahit, asin serta gurih.

Nah, di Cirebon kerupuk yang satu ini bisa Anda nikmati dengan rasa yang beragam dan sedikit berbeda dari biasanya. Kini telah terdapat beberapa varian perisa seperti halnya udang, rumput laut, jangung bakar, sapi panggang, balado dan lain-lain semacamnya.

Emping ini cocok untuk dibeli sebagai oleh-oleh dan dijual dalam bentuk kerupuk mentahan maupun sudah matang dan siap santap. Teksturnya renyah dan harganya pun murah. Anda dapat membelinya di berbagai toko camilan ringan atau pabrik kerupuk di Cirebon.

Batik Cirebon

Batik Cirebon

Berkunjung ke Cirebon belum afdhol jika Anda belum membawa pulang salah satu model batiknya. Kota yang satu ini memang terkenal akan koleksi berbagai macam batik baik itu tulis, cap dan juga sablon. Harganya sangat terjangkau yakni mulai Rp. 50.000,- an saja.

Selain dalam bentuk kain murni, batik khas Cirebon juga banyak yang sudah dijahit menjadi berbagai macam jenis pakaian jadi diantaranya meliputi sarung pria maupun wanita, baju, kemeja, celana, rok, gamis dan lain-lain semacamya. Ini dapat dibeli di berbagai tempat toko tekstil.

Sekarang ini, juga merupakan oleh-oleh khas Cirebon di Jakarta. Jadi, Anda bisa membelinya juga di ibukota. Tempatnya yakni di berbagai butik kain batik maupun toko-toko tekstil milik orang Jawa Barat.

Jambal Roti

Jambal Roti

Jika membacanya dari namanya,mungkin Anda akan menganggap bahwa makanan khas Cirebon satu ini merupakan roti. Anggapan tersebut salah besar karena sejatinya merupakan ikan asin yang dibuat dari ikan Manyung dan diawetkan dengan garam supaya bisa tahan lama.

Jambal roti sangat pas jika dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena harganya terjangkau dan mengandung banyak vitamin. Anda dapat membelinya di sekitaran wisata-wisata pantai ternama atau pasar tradisional daerah Cirebon.

Rasa dari ikan ini tidak terlalu begitu asin, Durinya juga sedikit sehingga cukup aman jika digunakan sebagai lauk bagi anak-anak. Di samping itu, juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan menarik sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Jeniper

Jeniper khas Cirebon

Sejatinya nama Jeniper merupakan singkatan dari jeruk nipis peras. Ini adalah minuman khas Cirebon yang juga sangat digemari selain sirup. Rasanya perpaduan antara manis dan asam sehingga menimbulkan kesan segar ketika diteguk di tenggorokan.

Oleh-oleh khas Cirebon ini banyak dijual oleh para pedagang makanan di pinggir jalan. Dikemas dengan baik dalam bentuk botol yang bisa bertahan hingga beberapa hari maupun dengan cara minum langsung di tempat pembeliannya.

Jeniper juga merupakan oleh-oleh khas Cirebon di Bandung. Anda juga dapat menjumpainya ketika sedang berkunjung ke kota kembang. Harganya lumayan murah yakni mulai dari Rp. 10.000,- saja per botolnya bergantung pada banyaknya isi di dalamnya.

Tape Ketan Cirebon

Tape Ketan Cirebon

Berkunjung ke Kota Cirebon belum sempurna jika Anda belum menikmati hiruk-pikuknya pasar pagi. Di sini suasananya sangat ramai karena menjual berbagai macam oleh-oleh khas yang salah satunya yakni makanan tape ketan.

Tape ketan merupakan makanan yang terbuat dari ketan fermentasi sehingga baru dapat dinikmati dengan lezat ketikan telah didiamkan selama 2-3 hari. Biasanya pembungkusnya adalah daun pisang. Namun, seiring berkembangnya zaman, hal tersebut kebanyakan telah digantikan oleh wadah berbahan mika.

Tape ketan ini bisa juga Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh  keluarga. Bahkan, tidak mudah basi dan kemasannya pun  tersegel rapat sehingga sangat aman dan mencegah dari peristiwa tumpah.  Harganya terjangkau saja yakni mulai dari Rp. 20.000,- per kemasan ukuran sedang.

Sop Buah Khas Cirebon

Sop Buah Khas Cirebon

Ketika jalan-jalan siang di Kota Cirebon yang panas, maka tenggorokan Anda juga perlu disegarkan dengan makan sop buah khas. Rasanya sangat nikmat dengan sentuhan manis serta asam dan gurih dari buah-buahan beserta santan kelapa murni.

Sop ini terbuat dari buah khas Cirebon asli. Ragamnya sangat banyak dan akan menimbulkan warna yang cantik jika dipadukan menjadi satu. Anda bisa membelinya di para penjual es atau makanan pinggir jalan. Dijamin pasti dahaga hilang serta perut pun kenyang.

Harga dari sop buah ini terjangkau yaitu mulai dari Rp. 8.000,- hingga Rp. 10.000,- saja bergantung pada  dimana Anda  membelinya. Jika ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh, maka belilah bahan mentahnya saja kepada penjual dan tanyakan juga bagaimana resep cara meraciknya secara detail.

Rengginang Cirebon

Rengginang Cirebon

Siapa yang tidak suka dengan rengginang. Kerupuk dari bahan utama ketan ini sudah melegenda dan memilki rasa khas dengan sentuhan tekstur renyak. Saking nikmat rasanya, juga pernah ditampilkan pada perlombaan oleh-oleh khas Cirebon 2018 dan ternyata hal itu sukses diminati banyak orang.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ini ketika Anda sedang berada di Cirebon. Rasanya khas dan berbeda dari yang lain karena sentuhan sensasi udangnya sangat terasa. Di samping itu, bentuknya pun beragam sehingga menarik dan disukai oleh semua kalangan masyarakat termasuk anak-anak.

Rengginang ini dapat Anda beli secara langsung ke berbagai pabrik legendaris yang ada di Cirebon. Selain itu, para penjual pinggir jalan dan pusat oleh-oleh pun juga menjajakannya. Harganya dijamin sangat ramah di dompet yakni mulai dari Rp. 20.000,- untuk varian kerupuk matang maupun mentah.

Kue Gapit

Kue Gapit Cirebon

Kue Gapit khas Cirebon adalah makanan legendaris yang eksintensinya tetap bertahan dari zaman dulu hingga sekarang. Ia cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah karena tidak mudah basi dan harganya pun ramah kepada semua kalangan masyarakat.

Kue ini sifatnya kering dan cita rasanya merupakan perpaduan antara gurih serta manis. Bentuknya kebanyak bulat. Akan tetapi, saat ini bentuk dari roti gapit ini telah dimodifikasi dengan berbagai macam model supaya lebih menarik dan cantik.

Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini dibuat dengan cara digapit atau diletakkan di tengah-tengah sebuah alat cetakan. Teksturnya sangat renyah dan hal tersebut cocok disantap sebagai camilan atau snack teman santai. Ini dapat dibeli di berbagai pusat oleh-oleh terkenal Kota Cirebon dan sekitarnya.

Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay

Tjampolay merupakan nama sebuah sirup asli produksi dari Kota Cirebon Jawa Barat dan sudah ada sejak tahun 1963. Minuman ini mempunyai rasa manis yang khas dan selalu laris diburu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Harganya murah meriah dan pastinya ramah di kantong.

Sekarang ini, pabrik yang memproduksi sirup tjampolay ini memang sudah generasi kesekian, tetap rasanya tetap sama dan tidak ada yang berubah. Bahkan, menjadi minuman idola masyarakat yang tetap eksis dan tidak bisa tertelan oleh perkembangan zaman secara masif.

Sirup ini banyak dijual oleh para pedagang oleh-oleh yang berjejeran di pinggir jalan. Di samping itu, jika Anda ingin mengunjungi pabriknya dan penasaran mau mengetahui cara pembuatannya, maka silakan langsung datang saja ke alamatnya di Jalan Elang Raya No. 11-12.

Bakpia Cirebon

Bakpia Cirebon

Jangan Anda berpikiran bahwa Yogyakarta saja yang mempunyai makanan khas Bakpia. Ternyata, jajanan ini juga tersedia di Cirebon. Ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena sifatnya kering sehingga bisa tahan berhari-hari dan tidak cepat mengeluarkan jamur.

Selain menyediakan bahan isian yang rasanya manis, bakpia khas cirebon ini juga diisi dengan rasa asin bermana atom kocir. Hal tersebut sungguh unik karena tidak dapat ditemui di  daerah lain di Indonesia khususnya.

Untuk isian yang manis, maka disediakan berbagai varian rasa yang meliputi kacang hijau, ketan hitam, cokelat, melon dan lain-lain lagi. Teksturnya terasa sangat lumer ketika sedang digigit. Kulitnya pun juga lembut tiada tandingannya karena terbuat dari tepung murni pilihan terbaik.

Serabi Khas Cirebon

Serabi Khas Cirebon

Oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yakni serabi. Makanan tradisional satu ini disukai dari mulai kalangan anak-anak hingga orang tua sekalipun. Rasanya gurih dan teksturnya empuk sehingga sangat nikmat dikunyah dalam mulut.

Serabi ini bisa tahan hingga 2 hari jika pembuatan dan bahannya memang benar-benar berkualitas. Harganya sangat terjangkau yakni sekitar Rp. 3.000,- saja per biji ukuran sedang. Ini bisa dimakan secara original maupun bersama minuman.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka agar menyantap serabi terasa lebih nikmat, maka kini pun disediakam banyak toping dengan berbagai varian rasa seperti halnya strawberry, cokelat, keju, kaca dan lain-lain semacamnya.

Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

Sebagai kota yang didominasi dengan pantai, maka Cirebon memang terkenal akan hasil kekayaan alam lautnya. Berkaitan terhadap hal tersebut, maka kini juga terdapat olahan khas krupuk udang sebagai oleh-oleh.

Kerupuk ini sangat praktis jika dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah karena rasanya sangat gurih dan harganya pun murah yakni sekitar Rp. 60.000,- saja per kilogramnya. Dijual baik dalam bentuk mentah maupun matang dengan kemasan plastik tebal sehingga tetap renyah.

Jika Anda ingin membeli kerupuk ini, maka langsung datang saja ke berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di pusat Kota Cirebon. Dijamin kualitasnya baik dan tanggal kadaluarsanya pun masih lama sekali.

Aneka Camilan Toko Senang

Kalau mampir ke Cirebon, maka belum lengkap jika Anda tidak mengunjungi pusat oleh-oleh khas Toko Senang. Di sini disediakan banyak makanan mulai dari camilan dengan rasa manis, gurih, asin, hingga pedas.

Oleh-oleh yang dapat Anda beli di sini di antaranya yakni kerupuk kentang, aneka macam stik seperti halnya bayam dan labu, kue-kue keting khas Cirebon, manisan, asinan, sambal teri jadi serta lain-lain sebagainya.

Menyoal tentang harganya, maka Anda jangan khawatir karena semua jenis makanan yang dijual di toko senang ini pasti ramah di kantong. Harga jualnya mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 100.000,- untuk per bungkus atau menurut beratnya masing-masing.

Sultana Cirebon

Sultana Cirebon

Sulatana Cirebon merupakan kue kekinian milik artis Ibu Kota Indra Bekti yang outletnya berlokasi di Jalan Kartini No.5 Kecamatan Kejaksaan. Hal ini sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh bagi keluarga atau teman karena ia dapat tahan lama hingga berhari-hari.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan lumer ketika sudah dikunyah dalam mulut. Rasanya pun juara dengan variasi beberapa toping seperti halnya blueberry, chocho mango, choco banana dan masih banyak lagi lainnya.

Harga dari kue ini lumayan terjangkau yakni sekitar Rp. 60.000,- saja per box kemasan praktis yang tidak rawan tumpah. Outletnya buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB . Pastikan Anda  sabar mengantri karena selalu ramai pengunjung.

Kerupuk Lambak

Kerupuk Lambak

Anda ingin cari oleh-oleh yang enak dan sangat bertahan lama? Nah, jawaban tepatnya pasti kerupuk lambak. Ia dibuat dari bahan kulit hewan sapi atau kerbau sehingga terasa kriuk dan terdapat sensasi alot ketika dimakan.

Kaerupuk ini juga merupakan oleh-oleh yang selalu banyak dicari wisatawan ketika sedang berkunjung ke Cirebon. Ia dijual dalam bentuk mentah maupun matang. Harganya cukup ramah di kantong yakni sekitar Rp. 25.000,- per kemasan ukuran 250 gram.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Bogor

Jika Anda ingin membelinya, maka kerupuk ini banyak diperdagangkan oleh penjual oleh-oleh di sepanjang jalanan Kota Cirebon. Selain itu, di pusat buah tangan dan cinderamata pun juga pasti selalu disediakan.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai oleh-oleh khas Cirebon. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan para pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan