Oleh-Oleh Khas Gresik

Oleh-Oleh Khas Gresik

Diposting pada

Mencari oleh-oleh khas Gresik yang rekomended untuk dibawa pulang sebagai buah tangan dan kenang-kenangan memang harus benar-benar dipertimbangkan, baik dari segi besarnya, berat maupun ketahanannya selama di perjalanan.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Gresik

Gresik yang merupakan daerah tempat berdirinya pabrik semen terbesar dan pertama di Indonesia ini, patut Anda datangi. Selain banyak destinasi wisata memikat hati, beragam oleh-oleh baik kuliner maupun kerajinan memiliki daya tarik tersendiri. Berikut beberapa oleh-oleh khas Gresik Jawa Timur yang wajib Anda beli:

Kue Pudak

Oleh-Oleh Khas Gresik Kue Pudak Gresik

Kue Pudak adalah jajanan pasar khas dari Gresik. Berbalutkan ope (pelepah daun pinang) membuat tampilannya menjadi sangat unik. Cemilan ini terbuat dari campuran tepung beras, santan kelapa, gula pasir atau jawa, tapi juga ada yang berbahan dasar sagu.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Kediri

Cita rasa yang legit dan manis, membuat lidah tak dapat berhenti menyantapnya. Semakin berkembangnya kreatifitas, oleh-oleh khas Gresik ini memiliki empat macam varian yaitu pudak putih, merah, sagu dan pandan.

Kerajinan Bambu

Oleh-Oleh Khas Gresik Kerajinan Bambu

Kerajinan berbahan dasar bambu merupakan hasil kreatifitas masyarakat Gresik yang memiliki keunikan bentuk dan manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya di pasaran sering dijumpai tudung saji, keranjang buah, vas bunga dan lainnya.

Walaupun pada awalnya sebenarnya kreatifitas ini bermula dari keisengan masyarakat Gresik di kala santai, namun sekarang sudah mampu melebarkan sayap ke seluruh Indonesia. Jika ingin mencari oleh-oleh yang ringan, kerajinan bambu bisa menjadi pilihan.

Kaos Gresik

Oleh-Oleh Khas Kaos Gresik

Jika berlibur ke Gresik pasti Anda juga ingin berburu buah tangan berupa barang kenang-kenangan, tidak melulu kuliner. Kaos dengan desain yang menggambarkan ikon daerah ini bisa jadi salah satu pilihan cinderamata.

Kaos ini berbahan dasar kain katun combed 30 S, jadi sangat nyaman jika digunakan karena lebih mudah menyerap keringat dan teksturnya halus. Ditambah lagi beratnya hanya 150 gram, maka souvenir ini cocok sekali digunakan sebagai oleh-oleh untuk teman dan kerabat di rumah.

Petis Gresik

Oleh-Oleh Khas Petis Gresik

Tekstur petis ini agak berbeda dengan pada umumnya, lebih lembut namun tidak terlalu lengket. Pada umumnya, digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sambal oleh masyarakat Gresik. Namun ada juga yang memakainya sebagai bumbu pelengkap rujak.

Apabila Anda ingin membelinya bisa langsung berkunjung ke toko oleh-oleh khas Gresik, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Petis ini dikemas dengan sangat rapi sehingga jika dibawa dalam perjalanan jauh cukup aman dan praktis.

Damar Kurung

Oleh-Oleh Khas Gresik Damar Kurung

Jika Anda browsing mengenai kota Gresik pasti akan banyak menemukan gambar damar kurung. Karena kerajinan ini merupakan ikon penting yang melambangkan kehidupan jaman dulu masyarakat muslim setempatnya dalam merayakan malam lailatur Qodar.

Damar kurung ini biasanya juga disebut lampion, karena cara kerjanya juga sangat mirip. Hanya saja di sekeliling permukaannya terdapat gambar dan hiasan yang menarik sehingga banyak wisatawan terpikat oleh keindahannya.

Keripik Bayam

Oleh-Oleh Khas Gresik Keripik Bayam

Jajanan khas Gresik, kabupaten Gresik, Jawa Timur satu ini terbilang sangat gurih dan lezat. Sangat cocok untuk Anda yang tidak begitu suka dengan sayur bayam. Karena tampilan dan rasanya sudah berubah seperti keripik pada umumnya.

Olahan jajanan ringan ini menggunakan campuran tepung yang diberi bumbu sehingga rasa gurihnya sangat menonjol. Keripik bayam sangat ringan dan tahan lama, jadi cocok sekali dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di kampung.

Rebana

Oleh-Oleh Khas Gresik Rebana

Gresik sering disebut sebagai kota santri dengan seribu masjid. Maka dari itu, banyak pengrajin yang membuat rebana untuk kebutuhan pesantren. Namun semakin berkembangnya jaman, produk ini malah sering dibeli sebagai cinderamata oleh para wisatawan.

Maka masyarakat Gresik mulai memproduksi secara rutin untuk memenuhi keinginan wisatawan. Jika dilihat kualitasnya, rebana ini memiliki keunggulan yang sangat istimewa. Mampu bertahan berpuluh-puluh tahun dan tidak merubah suara sedikitpun.

Songkok

Oleh-Oleh Khas Gresik Songkok

Sama halnya dengan rebana, songkok juga merupakan produk yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan santri di pesantren-pesantren. Menggunakan bahan bludru khas dan warna hitam polosnya dihiasi border menarik dan indah.

Songkok ini diproduksi di kecamatan Bungah, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Namun sekarang sudah dapat menembus pasaran internasional. Jika Anda berkunjung kesana bisa langsung mendapatkannya di toko-toko di pusat kota.

Kopi Asli Gresik

Kopi Asli Gresik

Sebagai pecinta kopi, Anda harus mencicipi robusta racikan orang Gresik ini. Sensasi rasanya istimewa membuat mulut tak ingin berhenti menyeruput. Daya tarik yang disajikan memang mampu memanjakan penikmatnya.

Apabila Anda ingin langsung merasakan sendiri, minuman khas Gresik ini sangat mudah dijumpai pada warung-warung di pinggir jalan. Tapi jika berencana membawanya pulang, tersedia juga yang sudah berupa kemasan rapi.

Ndog Bader

Oleh-Oleh Khas Gresik Ndog Bader

Lauk yang satu ini berbahan dasar telur ikan bader dengan campuran berbagai bumbu sehingga aromanya khas dan cita rasanya sangat lezat. Pengolahannya juga cukup mudah, hanya langsung digoreng sampai matang kemudian siap dinikmati bersama nasi.

Jika ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh, Anda tak perlu kawatir akan rusak atau basi karena bandeng asap ini cukup awet dan dikemas sangat rapi dalam sebuah kotak sehingga dapat melindunginya dari goncangan.

Otak-Otak Bandeng

Otak-Otak Bandeng Gresik

Makanan khas Gresik yang terbuat dari ikan bandeng adalah otak-otak. Kuliner ini sangat populer dan cukup dikenal di seluruh Indonesia. Terlebih lagi cita rasanya lezat sehingga mampu menggugah selera makan menjadi lebih tinggi.

Otak-otak bandeng memiliki daya tahan yang cukup lama, maka dari itu terbilang sangat awet jika dibawa pulang. Kemudian harganya juga terbilang relatif terjangkau, jadi sangat cocok dibeli sebagai oleh-oleh khas Gresik untuk kerabat atau teman kerja.

Kerajinan Kaca

Oleh-Oleh Khas Gresik Kerajinan Kaca

Selain songkok, Bungah juga memproduksi kerajinan berbahan dasar kaca yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah bangunan miniatur unik dan indah. Produk ini cukup digemari sebagai hiasan melengkapi dekorasi rumah Anda.

Bentuk kerajinan yang biasa ada di pasaran adalah berbentuk bangunan rumah, pagoda atau logo klub bola favorit. Jadi Anda dapat memilihnya sesuai keinginan. Para wisatawan cukup antusias melihat hasil karya ini dan berlomba-lomba membelinya sebagai kenang-kenangan.

Glass Painting

Oleh-Oleh Khas Gresik Glass Painting

Glass painting merupakan produk berbahan dasar kaca yang dilukis dengan tusuk sate sebagai pengganti kuas. Hasil gambarannya bermacam-macam dari sebuah bangunan hingga pemandangan mampu dituangkan di sana.

Produk glass painting ini diproduksi di desa Kramatinggil, kabupaten Gresik. Disana banyak pengrajin dengan kreatifitas tinggi yang mampu menghasilkan desain indah bernilai tinggi. Jadi jika berlibur kesana jangan lupa untuk membelinya.

Gantungan Kunci Kuliner Gresik

Gresik memang terkenal dengan berbagai kulinernya. Para pengrajinpun membaca peluang ini dan menjadikannya sebuah gantungan kunci berbentuk makanan yang anti mainstream. Motifnya juga cukup beragam mulai dari pudak, jubung hingga nasi krawu dapat dibentuk sempurna.

Cukup banyak karya yang mampu dihasilkan dan dijual ke beberapa negara di Asia, Eropa hingga benua Amerika. Namun wisatawan dalam negeripun juga memburu hasil kreasi ini karena cukup unik dan memikat hati.

Kalender Kartus Pos Kuliner Gresik

Selain gantungan kunci, pengrajin Gresik mampu menghasilkan kalender kartu pos berisi gambar kuliner khas yang dibuat dengan sangat unik dan menarik. Kerajinan ini sangat digemari oleh generasi milenial karena konsepnya sangat kekinian.

Desain modern dan unik sangat cocok jika diletakkan di atas meja belajar, atau buffet sebagai penghias ruangan. Bisa juga digunakan sebagai hadiah atau oleh-oleh untuk teman terkasih atau kerabat dekat. Harganya juga cukup terjangkau yaitu hanya kisaran 50 ribuan saja.

Kerajinan Kerang

Oleh-Oleh Khas Gresik Kerajinan Kerang

Lokasi kabupaten Gresik ini terletak di sepanjang pesisir pantai. Jadi banyak hasil laut yang didapatkan dari sana mulai ikan, kerang, udang dan lainnya. Karena hal itu, masyarakat setempat memanfaatkan seluruh limbahnya menjadi suatu karya bernilai tinggi.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Karya yang dihasilkan cukup beragam dari mulai hiasan lampu, korden dan lainnya. Jadi jangan sampai lupa berburu kerajinan ini di pasar pusat kota Gresik. Karena pasti akan sangat indah jika diletakkan di dalam rumah.

Kue Bonggolan Asli Gresik

Oleh-Oleh Khas Gresik Kue Bonggolan

Kue Bonggolan merupakan jajanan yang dahulu biasa dibuat oleh masyarakat pada saat musim penghujan, karena ketersediaan ikan berkurang drastis. Dengan begitu, seluruh warga tidak akan merasakan kelaparan dan kekurangan.

Makanan khas Gresik dan sejarahnya itu sangat jarang diketahui oleh generasi muda. Maka dengan terusnya diproduksi kue Bonggolan ini, dapat melestarikan warisan budaya agar tak hilang tergerus oleh waktu. Terlebih lagi rasanya yang tak kalah dari jajanan lainnya.

Ikan Bandeng Asap

Oleh-Oleh Khas Gresik Ikan Bandeng Asap

Lagi-lagi Gresik memproduksi lauk berbahan dasar ikan bandeng yang memiliki cita rasa khas. Maka tak heran apabila setiap wisatawan jauh-jauh datang hanya untuk berburu kuliner satu ini sebagai oleh-oleh atau dinikmati langsung disana.

Memang jika dilihat dari letak kotanya, Gresik memiliki posisi yang membentang di pesisir pantai sehingga tidak aneh jika hasil lautnya memang cukup melimpah. Maka dari itu, bandeng menjadi salah satu kuliner populer dengan kelezatannya.

Sarung Tenun Gresik

Oleh-Oleh Khas Gresik Sarung Tenun

Kabupaten Gresik memiliki produk sarung tenun yang kualitasnya cukup diperhitungkan. Dengan benang dan tenik pewarnaan jempolan, coraknya dapat bertahan hingga puluhan tahun. Keunggulan inilah membuat nilai harganya cukup tinggi di pasaran.

Pemasaran sarung tenun mencapai hingga ke mancanegara. Maka dari itu, komoditas ini merupakan produk andalan kabupaten Gresik untuk unjuk diri di pasar dunia. Dengan demikian, untuk mendapatkannya memang harus merogoh kocek sedikit dalam.

Kerajinan Koran

Oleh-Oleh Khas Gresik Kerajinan Koran

Masyarakat Gresik memiliki daya kreatif yang cukup tinggi, banyak karya yang berhasil dihasilkan seperti kerajinan koran ini. Tumpukan limbah bertumpuk dan tak terpakai didaur kembali menjasi sebuah miniatur-miniatur menarik.

Cara pembuatannya dengan cara menggulung satu persatu koran dan menyusunnya sedemikian rupa hingga membentuk suatu bangunan kecil. Dalam prosesnya dibutuhkan imajinasi dan kreativitas yang tinggi dari pengrajinnya

Talenan Kayu

Oleh-Oleh Khas Gresik Talenan Kayu

Apabila berlibur ke kota Gresik jangan sampai tidak membeli kerajinan kayu ini. Karena selain memiliki bentuk yang bervariasi, talenan juga cukup bermanfaat untuk digunakan sebagai alat memasak di rumah.

Talenan ini memang banyak dicari oleh ibu-ibu, namun semakin berkembangnya teknologi produk ini diubah menjadi hiasan dinding dengan tambahan aksen bunga atau lukisan indah. Maka dari itu, sekarang produksinya semakin meningkat terus secara signifikan.

Martabak Usus

Oleh-Oleh Khas Gresik Martabak Usus

Mungkin kuliner Gresik ini sudah cukup familiar di telinga karena di seluruh Indonesia jajanan martabak sudah sangat umum. Biasanya diisi dengan campuran telur, daun bawang dan daging ayam atau sapi.

Namun martabak usus memiliki perbedaan isian, berupa campuran mie putih, daun bawang, wortel, telur dan seledri. Untuk penyajiannya juga agak sedikit istimewa yaitu dimakan bersamaan dengan nasi krawu sehingga kelezatan dan kenikmatannya menjadi berkali-kali lipat.

Batik Gresik

Oleh-Oleh Khas Gresik Batik

Kabupaten Gresik juga memiliki motif batik sebagai identitas daerahnya. Warna beragam membuat corak semakin memikat mata yang melihatnya. Kain ini bisa dijadikan baju formal atau non formal sesuai keinginan pembeli.

Motif yang ditawarkan antara lain, bandeng, flora fauna, rusa bawean, tumbuhan bakau dan damar kurung. Teknik pewarnaan menggunakan cara sederhana dengan memakai tumbuh-tumbuhan berupa daun atau bunga sebagai tinta alaminya.

Kurupuk Ikan

Oleh-Oleh Khas Gresik Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan banyak diproduksi di daerah Ujung Pangkah, Gresik. Masyarakat di sana mampu memanfaatkan hasil tangkapannya menjadi sebuah bentuk lain. Karena biasanya ikan yang terlalu melimpah jika tidak diolah sesegera mungkin akan mengalami kebusukan.

Namun dengan diproses menjadi kerupuk, hal ini dapat sedikit mengatasi terlalu melimpahnya hasil ikan. Namun karena alat yang digunakan oleh masyarakat masih sangat manual, maka hasil produksinya hanya mampu memenuhi kebutuhan beberapa daerah saja.

Wedaran Gresik

Oleh-Oleh Khas Gresik Wedaran

Wedaran adalah cemilan kering yang memiliki beberapa cita rasanya sangat manis. Sebenarnya jika dilihat dari tampilannya, bentuknya cukup familiar. Anda juga bisa menemuinya di daerah lain. Bahan dasarnya adalah santan kelapa, telur, tepung ketan putih dan garam.

Proses pembuatan wedaran Gresik memang sama persis dengan yang ada pada umumnya. Tapi ada tambahan pada tahapan pembuatannya, yaitu pencelupan hasil akhirnya ke dalam rebusan gula. Jadi rasanya muncul lebih legit nan manis.

Kerajinan Rotan

Oleh-Oleh Khas Gresik Kerajinan Rotan

Di Gresik juga terdapat sentra industri rotan, tepatnya di Kecamatan Menganti. Hasil kreasi yang dibuat cukup beragam dari tas, vas, kursi dan lain-lain. Semakin bertambahnya waktu, produksi kerajinan ini semakin menurun drastis.

Hal ini dikarenakan dibukanya jalur ekspor rotan ke luar negeri sehingga Menganti kekurangan pasokan. Namun sekarang Sulawesi dan Kalimantan dapat memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga proses produksi dapat terus berjalan.

Anyaman Tikar Pandan Pulau Bawean

Anyaman Tikar Pandan Pulau Bawean

Pulau Bawean merupakan daerah yang termasuk ke dalam Kabupaten Gresik. Di sana terdapat hasil karya berbahan dasar daun pandan, dianyam secara sempurna hingga menghasilkan tikar dengan motif warna menarik.

Anyaman ini ternyata tidak hanya bisa dibuat menjadi sebuah tikar dapat juga dirancang menjadi sebuah tempat tisu, keranjang baju dan lainnya. Dengan keunikan dan corak warna yang indah membuat kerajinan ini menjadi cukup populer di kalangan wisatawan.

Kue Jubung Gresik

Oleh-Oleh Khas Gresik Kue Jubung

Kue Jubung Gresik merupakan jajanan pasar yang cukup melegendaris. Cemilan tradisional ini terbuat dari ketan hitam asli, di atasnya terdapat taburan wijen. Kemudian dikemas menggunakan pelepah pohon pinang.

Baca Juga: Oleh-Oleh Khas Blitar

Cita rasa jajanan pasar ini legit manis, teksturnya kenyal dan halus kemudian aroma khas wijennya tercium harum. Sensasi kelezatan jubung Gresik memang tak dapat diabaikan begitu saja, tak heran apabila sangat banyak wisatawan yang memburunya.

Itulah informasi mengenai macam-macam oleh-oleh khas Gresik. Semoga dapat membantu Anda yang berencana berlibur ke kota semen tersebut.

Tinggalkan Balasan